Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

suogg
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Feb 19, 2013 8:43

Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by suogg »

Halo om om semua , udah lama bet ga posting :off_no:

mau tanya dong

daily driver skg pake ANBRV Prestige non sensing, udah hampir 3 tahun pake no komplain , power keiritan kenyamanan cukup lah.
cuman lg mempertimbangkan alih Hybrid car biar lbh efisien , jatuh ke Toyota secara engkong nya hybrid dan udah jago lah soal hybrid, top of mind
Nah paling murah kan YarCross, cumann kan DNGA, udah pernah TD , quality ride so so, tp kualitas kabin emang serasa AvXen [emo-me-too]
Then, Pilihan jatuh antara Zenix Q dan Corolla cross facelift, secara harga mirip2 lah, 600 jt an kecil , sama2 TNGA-C , cuman CorCross CBU thailand kan ya

Nah, ada yg udah pake ni 2 boil gmn xperiencenya ? dari ride quality, kenyamanan sbg driver, dan tentu saja efisiensi hybrid nya. Tak lihat di website luar CorCross udah pake Hybrid 3.0 (malaysia) CMIIW

Soal 7 atau 5 seater ga masalah, wong keluarga kecil dan sering nya pergi sendirian.

Thanks
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 938
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by zonepublic »

Kalo ga mentingin seater ya corolla cross mobil makin compact tetep paling enak buat didrive di lalin negara ini,zenix itu panjang,cape bawanya
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by alexand »

IMHO, budget tipe Q beli tipe G selisih uangnya di buat modif sendiri sampe jadi enak walaupun ada beberapa hal yg hanya ada di tipe Q
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by timbermaniac123 »

Setau saya, corcross masih pake system hybrid gen 4, sedangkan zenix udah gen 5. Kalau yang dimaksud tss 3.0 mungkin iya.

Tapi corcross facelift ini juga modelnya baru masuk di jepang sana. Sering dibandingin sama hrv. Saya punya hrv, kalau dari segi kenyamanan hrv itu ga enak buat dipake jauh, sedangkan denger2 corcross ga cape dipakenya. Minusnya corcross ini legroom bangku belakang masih kalah sama hrv yang B segment dan juga bagasi ga bisa rata lantai.

Kalau dari segi keiritan, saya yakin si lebih irit jauh corcross, karena yang saya denger2 dari temen, mereka punya zenix Q itu termasuk boros sehari2 cuma dapet 1:14-16. Mungkin karena velg nya pake R18 kalau dibandingkan dengan model G yang pake R16 bisa dengan mudah di atas 1:20. Walaupun corcross juga pake R18, saya yakin bisa 1:20-21 dengan rute yang sama.

Buat saya pribadi sebenernya corcross tuh kemahalan di angka 600. Cocoknya ni mobil di 500an kecil. Apalagi udah cukup berumur model nya. Alternatif nya ada hrv di 380 juta / xforce ultimate di 310 juta. Ga perlu pusingin kondisi atau harga batre.

Buat saya kalau 7 row, walaupun cuma keluarga kecil. Anak bisa tiduran di row 3 dengan leluasa, istri bisa leluasa tiduran di row 2 (kalau compact suv, row 2 ga bisa rebah), sedangkan row 1 bisa dipake buat taroh tas / belanjaan tanpa perlu masuk bagasi.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 756
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by peterming77 »

timbermaniac123 wrote: Thu Apr 24, 2025 23:52 Setau saya, corcross masih pake system hybrid gen 4, sedangkan zenix udah gen 5. Kalau yang dimaksud tss 3.0 mungkin iya.

Tapi corcross facelift ini juga modelnya baru masuk di jepang sana. Sering dibandingin sama hrv. Saya punya hrv, kalau dari segi kenyamanan hrv itu ga enak buat dipake jauh, sedangkan denger2 corcross ga cape dipakenya. Minusnya corcross ini legroom bangku belakang masih kalah sama hrv yang B segment dan juga bagasi ga bisa rata lantai.

Kalau dari segi keiritan, saya yakin si lebih irit jauh corcross, karena yang saya denger2 dari temen, mereka punya zenix Q itu termasuk boros sehari2 cuma dapet 1:14-16. Mungkin karena velg nya pake R18 kalau dibandingkan dengan model G yang pake R16 bisa dengan mudah di atas 1:20. Walaupun corcross juga pake R18, saya yakin bisa 1:20-21 dengan rute yang sama.

Buat saya pribadi sebenernya corcross tuh kemahalan di angka 600. Cocoknya ni mobil di 500an kecil. Apalagi udah cukup berumur model nya. Alternatif nya ada hrv di 380 juta / xforce ultimate di 310 juta. Ga perlu pusingin kondisi atau harga batre.

Buat saya kalau 7 row, walaupun cuma keluarga kecil. Anak bisa tiduran di row 3 dengan leluasa, istri bisa leluasa tiduran di row 2 (kalau compact suv, row 2 ga bisa rebah), sedangkan row 1 bisa dipake buat taroh tas / belanjaan tanpa perlu masuk bagasi.
Please no, NVH CorCross dan HRV seperti bumi dan langit. Baris ke 2 HRV memang lebih lega dari CorCross, tapi dari sisi power dan nyaman CorCross jauh lebih mending, agak sempit sedikitttttttt tapi terbayar dng ride quality. Surabaya JKT PP saya yg setir nga ada rasa capek, nyaman2 aja.

Kalo Zenix dibilang lebih boros mungkin krn mesin 2000cc + kurb weight dan bentukan yg nga aerodinamis.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by timbermaniac123 »

peterming77 wrote: Fri Apr 25, 2025 1:08 Please no, NVH CorCross dan HRV seperti bumi dan langit. Baris ke 2 HRV memang lebih lega dari CorCross, tapi dari sisi power dan nyaman CorCross jauh lebih mending, agak sempit sedikitttttttt tapi terbayar dng ride quality. Surabaya JKT PP saya yg setir nga ada rasa capek, nyaman2 aja.

Kalo Zenix dibilang lebih boros mungkin krn mesin 2000cc + kurb weight dan bentukan yg nga aerodinamis.
Nah makanya saya juga dilema cari compact suv untuk pengganti voxy. Hrv sejauh ini dipake buat anter jemput sekolah aja. Sebenernya pilihan yang sensible di segemen compact suv ya hrv. Rv tinggi, global design,sparepart banyak bertebaran, banyak service center di pelosok indo. Tapi kalau buat jadi family car emang ga enak. Bangku belakng tegak, dudukan tengah keras jadi anak ga bisa tiduran.

Harga corcross ini depresiasi nya mayan ya. Tapi entah de model baru yg udah tss , panoramic dan epb apakah lebih bertahan. Sejauh ini pake corcross dapet fc nya berapa om pake di dalem kota ? Selalu di atas 1:20 ? Trus maintanance service berkala nya mahal ga ? Battery health masih oke ? Harga batre nya berapaan ya, nanya orang beres ga tau, tapi katanya camry aja 50an. Pilihan lain si ada cx30 di harga 510an, tapi ngeri harga sparepartnya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16637
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by ChZ »

kalo nggak fancy dengan build quality sebenernya lebih enak beli zenix, lebih ada larinya. teknologi hybridnya lebih baru.

sisanya mending corcross.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 756
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by peterming77 »

timbermaniac123 wrote: Fri Apr 25, 2025 1:36
peterming77 wrote: Fri Apr 25, 2025 1:08 Please no, NVH CorCross dan HRV seperti bumi dan langit. Baris ke 2 HRV memang lebih lega dari CorCross, tapi dari sisi power dan nyaman CorCross jauh lebih mending, agak sempit sedikitttttttt tapi terbayar dng ride quality. Surabaya JKT PP saya yg setir nga ada rasa capek, nyaman2 aja.

Kalo Zenix dibilang lebih boros mungkin krn mesin 2000cc + kurb weight dan bentukan yg nga aerodinamis.
Nah makanya saya juga dilema cari compact suv untuk pengganti voxy. Hrv sejauh ini dipake buat anter jemput sekolah aja. Sebenernya pilihan yang sensible di segemen compact suv ya hrv. Rv tinggi, global design,sparepart banyak bertebaran, banyak service center di pelosok indo. Tapi kalau buat jadi family car emang ga enak. Bangku belakng tegak, dudukan tengah keras jadi anak ga bisa tiduran.

Harga corcross ini depresiasi nya mayan ya. Tapi entah de model baru yg udah tss , panoramic dan epb apakah lebih bertahan. Sejauh ini pake corcross dapet fc nya berapa om pake di dalem kota ? Selalu di atas 1:20 ? Trus maintanance service berkala nya mahal ga ? Battery health masih oke ? Harga batre nya berapaan ya, nanya orang beres ga tau, tapi katanya camry aja 50an. Pilihan lain si ada cx30 di harga 510an, tapi ngeri harga sparepartnya.
FC dalam kota jarak tempuh 10 km rumah ke kantor biasa 1:19-21, kondisi jalan rame nga macet. Kalo kantor rumah saya naik tol jarak 10km juga, ketemunya paling 1:16-18. Weekend dalam kota bisa 1:23-25 tergantung jarak dan kondisi lalin.

Maintenance free 6x yg keluaran terbaru (punya saya cuma free 5x). Januari servis ke-6 yg bayar sendiri habis 2jt, kondisi batre hybrid masih sehat menurut beres.

Harga batre belum tau, infonya sekitar 70 an di Toyota. Camry XV50 mungkin 50 an tapi itu teknologi batre lama, lebih sering drop denger2nya.

Aki kalo beli di beres 6jt, beli di luar aja 2-3jt dapat. Saya baru ganti aki bulan Jan setelah 3 tahun efektif dipake.

CX30 spare parts belum tentu juga sengeri itu, saya pernah piara CX3 setahun servis rutin ya tetap antara 1-2jt tergantung kebutuhan. Mungkin kalo yg non fast moving inden agak lama, tapi mesinnya kembar dng Mazda3 dan CX3 2.0 populasi banyak harusnya aman.

Sejujurnya setelah pake CorCross hybrid ini saya tetap penginnya bukan EV tapi balik ke full ICE dng catatan yg cc gede dan bertenaga (bukan gerobak dikasih genset ya) :big_biglaugh: krn concern akhir tetap kalo batre HEV mati itu mobil nga akan bisa dipake krn motor ICE nya butuh generator HEV buat starter.
EdgarDrake
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 GT

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by EdgarDrake »

suogg wrote: Thu Apr 24, 2025 14:41 Then, Pilihan jatuh antara Zenix Q dan Corolla cross facelift, secara harga mirip2 lah, 600 jt an kecil , sama2 TNGA-C , cuman CorCross CBU thailand kan ya
Zenix CKD Indonesia buatan TMMIN vs Corolla Cross CBU Thailand? Beda kualitas sayangnya... Gw percaya badaknya Toyota Manufacturing, bahkan di Indonesia. Tapi utk kenyamanan dan peace of mind, CBU Thailand always better.
Hiroshima 46V
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1754
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by AbdulHakim »

suogg wrote: Thu Apr 24, 2025 14:41 Halo om om semua , udah lama bet ga posting :off_no:

mau tanya dong

daily driver skg pake ANBRV Prestige non sensing, udah hampir 3 tahun pake no komplain , power keiritan kenyamanan cukup lah.
cuman lg mempertimbangkan alih Hybrid car biar lbh efisien , jatuh ke Toyota secara engkong nya hybrid dan udah jago lah soal hybrid, top of mind
Nah paling murah kan YarCross, cumann kan DNGA, udah pernah TD , quality ride so so, tp kualitas kabin emang serasa AvXen [emo-me-too]
Then, Pilihan jatuh antara Zenix Q dan Corolla cross facelift, secara harga mirip2 lah, 600 jt an kecil , sama2 TNGA-C , cuman CorCross CBU thailand kan ya

Nah, ada yg udah pake ni 2 boil gmn xperiencenya ? dari ride quality, kenyamanan sbg driver, dan tentu saja efisiensi hybrid nya. Tak lihat di website luar CorCross udah pake Hybrid 3.0 (malaysia) CMIIW

Soal 7 atau 5 seater ga masalah, wong keluarga kecil dan sering nya pergi sendirian.

Thanks
saya udah 3 tahun pake CorCross Hybrid, kalau nambah mobil lagi, pengennya Zenix Hybrid.
Toyota terbukti robust, mesin dan kaki-kaki strong padahal jalan yang dilalui jalan jelek banyak lubang, khas jalan wakanda.
bbrp kali sempat nerjang banjir, daripada ga nyampe rumah ye khan, alhamdulillah aman sampai skrg.
suogg
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Feb 19, 2013 8:43

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by suogg »

alexand wrote: Thu Apr 24, 2025 22:11 IMHO, budget tipe Q beli tipe G selisih uangnya di buat modif sendiri sampe jadi enak walaupun ada beberapa hal yg hanya ada di tipe Q
Pernah kepikiran ini juga sih bang, pajaknya apalgi terpaut 2 jutaan ama yg Q
Sunroof ga begitu guna, RSE mubadzir , TSS blm butuh bgt
Palingan Retract spion auto ntah udah ada modulnya apa blm
suogg
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Feb 19, 2013 8:43

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by suogg »

timbermaniac123 wrote: Thu Apr 24, 2025 23:52 Setau saya, corcross masih pake system hybrid gen 4, sedangkan zenix udah gen 5. Kalau yang dimaksud tss 3.0 mungkin iya.

Tapi corcross facelift ini juga modelnya baru masuk di jepang sana. Sering dibandingin sama hrv. Saya punya hrv, kalau dari segi kenyamanan hrv itu ga enak buat dipake jauh, sedangkan denger2 corcross ga cape dipakenya. Minusnya corcross ini legroom bangku belakang masih kalah sama hrv yang B segment dan juga bagasi ga bisa rata lantai.

Kalau dari segi keiritan, saya yakin si lebih irit jauh corcross, karena yang saya denger2 dari temen, mereka punya zenix Q itu termasuk boros sehari2 cuma dapet 1:14-16. Mungkin karena velg nya pake R18 kalau dibandingkan dengan model G yang pake R16 bisa dengan mudah di atas 1:20. Walaupun corcross juga pake R18, saya yakin bisa 1:20-21 dengan rute yang sama.

Buat saya pribadi sebenernya corcross tuh kemahalan di angka 600. Cocoknya ni mobil di 500an kecil. Apalagi udah cukup berumur model nya. Alternatif nya ada hrv di 380 juta / xforce ultimate di 310 juta. Ga perlu pusingin kondisi atau harga batre.

Buat saya kalau 7 row, walaupun cuma keluarga kecil. Anak bisa tiduran di row 3 dengan leluasa, istri bisa leluasa tiduran di row 2 (kalau compact suv, row 2 ga bisa rebah), sedangkan row 1 bisa dipake buat taroh tas / belanjaan tanpa perlu masuk bagasi.
Sorry Ak koreksi, CorCross pake hybrid gen 4 (kulihat di situs web nya Toyota malay)

mesin :
CorCross : 2ZR-FXE 1.8 DOHC dual VVT-i 4 cyl inline , 122 Ps max output, 142 Nm max torque
Zenix : M20A-FXS 2.0 DOHC dual VVT-i 16 valve 4 cyl inline, 186 Ps max output, 188 Nm max torque

Battery
CorCross: Nickel metal hydride battery 201.6 V, 6.5 Amr
Zenix : Nickel metal hydride battery

TSS
CorCross: ?
Zenix: 3.0

Kerb weight:
CorCross: 1430 kg
Zenix Q: 1685 kg
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Zenix HV type Q vs Corolla cross facelift

Post by timbermaniac123 »

suogg wrote: Fri Apr 25, 2025 13:59
alexand wrote: Thu Apr 24, 2025 22:11 IMHO, budget tipe Q beli tipe G selisih uangnya di buat modif sendiri sampe jadi enak walaupun ada beberapa hal yg hanya ada di tipe Q
Pernah kepikiran ini juga sih bang, pajaknya apalgi terpaut 2 jutaan ama yg Q
Sunroof ga begitu guna, RSE mubadzir , TSS blm butuh bgt
Palingan Retract spion auto ntah udah ada modulnya apa blm
Sebenernya dari dulu tuh innova jelleknya 6 airbags cuma ada di trim tertinggi.