Dear All :
Dengan maraknya perkembangan isu pengalihan premium 88, sungguh
disayangkan kurang ada aksi nyata dari Pemerintah utk memberikan
solusi bagi masyarakat akan bahan bakar yg harganya terjangkau &
sekaligus ramah lingkungan.
Kita semua mengetahui CNG / LPG dapat menjadi alternative bagi para
pengguna kendaraan berbahan bakar bensin, terlebih lagi total cadangan
gas alam kita konon mencapai 180 TCF ditambah lagi deposit CBM (Coal
Bed Methane) yg konon total volumenya lebih dari 300 TCF.
Sedangkan solusi bagi mesin Diesel jika suatu hari Pemerintah sudah
"tidak sanggup" lagi menyubsidi solar / biosolar salah satunya adalah
dengan mengembangkan DME alias Dimethyl Ether, yaitu zat semi liquid /
semi gas yg memiliki karakteristik bakar mirip Diesel fuel, dgn CN 55,
hanya saja heating value 25 - 30% lebih rendah dr HSD, tetapi harga
DME mirip dengan LPG.
Sebetulnya DME sudah lama kita kenal / gunakan, hanya saja dalam
bentuk aerosol / propellant utk kaleng2 spray.
http://en.wikipedia.org/wiki/Dimethyl_ether
DME dapat dibuat / disintesa dari berbagai sumber, mulai dari Gas
alam, batubara, hingga biomassa & limbah pabrik kertas (Black Liquor).
Yang paling menarik adalah yg berasal dari biomassa (sampah) & Black
Liquor karena sekaligus menjadi solusi bagi TPA / limbah pabrik kertas.
selengkapnya mengenai DME :
http://www.greencarcongress.com/dme/index.html
Berapa volume sampah di TPA kota2 besar di Indonesia ?
Berapa besar potensi black liquor yg dihasilkan pabrik2 kertas yg ada
di Indonesia ?
Berapa besar potensi biomassa dari proses land clearing utk pembukaan
areal perkebunan / HTI yg seringkali menjadi asap yg mengganggu negara
tetangga ?
Belum lagi potensi batubara muda / sub lignite yg potensinya amat sgt
besar, dimana batubara muda / brown coal nilai ekonomisnya sgt rendah,
tetapi justru sgt baik jika diolah menjadi bahan bakar sintetis spt FT
Syn Diesel fuel / DME / Naphta.
Selain ekonomis, penggunaan CNG / LPG utk mesin bensin & DME utk
mesin2 Diesel sekaligus menurunkan emisi asap knalpot, dimana CNG /
LPG / DME kandungan sulphurnya amat sgt rendah / nyaris nol. Mesin2 yg
menenggak LPG / CNG / DME dipastikan lulus uji emisi Euro II.
Percobaan akan berbagai Bahan bakar alternative oleh Volvo, termasuk DME :
http://www.greencarcongress.com/2007/08 ... .html#more
Koreksi kalau salah.
CNG/LPG/DME bahan bakar alternative utk kend. Bensin & D
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
Re: CNG/LPG/DME bahan bakar alternative utk kend. Bensin & D
cuman project pengalihan bbm yg saat ini ada duitnya utk dikorupsi
gapain urus yg lain ?
gapain omongin cng/lpg/dme ? wong emang pemerintah sengaja tutup mata koq soal ginian. Urus gas aje ga becus, enak ngurus yg ada duitnye donk, yah ngurus bbm lah
buat mereka, ini mah EGP bang
gapain urus yg lain ?
gapain omongin cng/lpg/dme ? wong emang pemerintah sengaja tutup mata koq soal ginian. Urus gas aje ga becus, enak ngurus yg ada duitnye donk, yah ngurus bbm lah
buat mereka, ini mah EGP bang