Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ane yg awalnya silent reader jadi penasaran sama produk yg beredar di indo sekarang, dari mulai harga yg murah banget sampe harga mahal banget juga ada.
Kebetulan lagi nyari shock buat menambah kenikmatan fortuner yg rasanya kaya gerobak biar berasa kaya naik suv monokok, tapi ragu mau ganti shock apa.
Kira kira ada ga ya user lain yg mengalami hal serupa dengan pengalaman mbah guatel?
Dari range harga segitu kayanya shock ini bukan kelas entri level lagi, tapi termasuk murah dikelasnya 1way adjuster dan pake tabung.
Nah yang bikin curious itu kelas dibawah ini, shock twintube yg ada klikan nya kira kira apakah worth untuk dibeli dari merek cungkuo,thai,jepun etc?
Saya yakin banyak yg pake twintube yg punya klik2an krn harga sedikit diatas shock standar tapi punya tambahan klik2an.
Kali aja ada yg mau sharing biar jadi insight buat ane nentuin shock dan kalo dibolehin nyoba lebih enak lagi.
goboy wrote: Fri Dec 05, 2025 16:27
Ane yg awalnya silent reader jadi penasaran sama produk yg beredar di indo sekarang, dari mulai harga yg murah banget sampe harga mahal banget juga ada.
Kebetulan lagi nyari shock buat menambah kenikmatan fortuner yg rasanya kaya gerobak biar berasa kaya naik suv monokok, tapi ragu mau ganti shock apa.
Kira kira ada ga ya user lain yg mengalami hal serupa dengan pengalaman mbah guatel?
Dari range harga segitu kayanya shock ini bukan kelas entri level lagi, tapi termasuk murah dikelasnya 1way adjuster dan pake tabung.
Nah yang bikin curious itu kelas dibawah ini, shock twintube yg ada klikan nya kira kira apakah worth untuk dibeli dari merek cungkuo,thai,jepun etc?
Saya yakin banyak yg pake twintube yg punya klik2an krn harga sedikit diatas shock standar tapi punya tambahan klik2an.
Kali aja ada yg mau sharing biar jadi insight buat ane nentuin shock dan kalo dibolehin nyoba lebih enak lagi.
perlu diingat agar tidak kecewa dikemudian hari.
engga mungkin dengan upgrade shock&spring yg semahal apapun bisa membuat SUV ladder frame menjadi senyaman SUV monokok.
saya pake queen series (non tabung) shock coil over profender.
tingkat kenyamanan memang improve (jadi engga mantul2 kasar), menjadi smooth. tapi tetap karakter ladder frame nya masih sangat terasa.
12punch wrote: Mon Nov 03, 2025 8:45
gila.. seru bgt bacanya ampe ada datanya gitu gokil
baru tau ada dyno test buat shock gini wkwkwk keren banget
nyimak aja saya om ga ngerti tapi seru bacanya jadi nambah knowledge
Yup betul.. Kalo ga ada Om Gatel bikin trit ini, ane gak bakal paham data teknis dyno dunia per & shock-an..
Kalo ane, beli dulu.. gak cocok ya buang, cari merek lain
Sampe Om Paidjo bilang, daripada beli - buang berbagai macam merek shock, mending sekalian beli coilover
Emang dasar ane nya aja tambeng, tetep beli shock ini itu... Soalnya biar gak penasaran ampe kebawa mimpi
coba kasih ulasan om buat shock/spring yg pernah dipake.
mungkin bisa berguna untuk kita disini.
Kalo spring ane selalu main ori pabrikan bawaan mobil Om.. Kalau shock breaker, ada di trit saya: "Review Shockbreaker Aftermarket Kijang Innova Ladder Frame"
goboy wrote: Fri Dec 05, 2025 16:27
Ane yg awalnya silent reader jadi penasaran sama produk yg beredar di indo sekarang, dari mulai harga yg murah banget sampe harga mahal banget juga ada.
Kebetulan lagi nyari shock buat menambah kenikmatan fortuner yg rasanya kaya gerobak biar berasa kaya naik suv monokok, tapi ragu mau ganti shock apa.
Kira kira ada ga ya user lain yg mengalami hal serupa dengan pengalaman mbah guatel?
Dari range harga segitu kayanya shock ini bukan kelas entri level lagi, tapi termasuk murah dikelasnya 1way adjuster dan pake tabung.
Nah yang bikin curious itu kelas dibawah ini, shock twintube yg ada klikan nya kira kira apakah worth untuk dibeli dari merek cungkuo,thai,jepun etc?
Saya yakin banyak yg pake twintube yg punya klik2an krn harga sedikit diatas shock standar tapi punya tambahan klik2an.
Kali aja ada yg mau sharing biar jadi insight buat ane nentuin shock dan kalo dibolehin nyoba lebih enak lagi.
perlu diingat agar tidak kecewa dikemudian hari.
engga mungkin dengan upgrade shock&spring yg semahal apapun bisa membuat SUV ladder frame menjadi senyaman SUV monokok.
saya pake queen series (non tabung) shock coil over profender.
tingkat kenyamanan memang improve (jadi engga mantul2 kasar), menjadi smooth. tapi tetap karakter ladder frame nya masih sangat terasa.
I see om
Dari hasil nyemplung sana sini nyari literasi di yt dan lain2 pasti kesimpulan akhir dari ganti shock merk a, b ,c etc hasilnya lebih "nyaman" dari originalnya
Ane jadi tambah bingung om apa arti "nyaman" yg dimaksud
"Nyaman" ini bisa dapet kalo shock nya diempukin atau dikerasin yah?
Based on experience om lamat pakai queen series, karakter ladder frame yg masih nyisa apa om? Karakter kaku nya kah?
Dengan spend money 20jtan, perubahannya terasa banget ga sih? Agak ngeri nih spending duit beli shock seharga 10% dari harga seken nya fortuner old model kalo hasilnya ga sesuai ekspektasi
KielConstantine wrote: Sat Dec 06, 2025 6:21
Sepengalaman ane . Kalo pake ladderframe. Usahain cari shock yg type monotube . Regardless any brands
Type Twin-tube ditambah klik2 an cuman gimmick lah. Walaupun emang lebih better (a little bit) drpd shock ori . Or lower grade lainnya.
Fortuner 4x4 (tetra drive) pake shock monotube original dari toyota. Coba aja cari shock itu, pasang ke fortuner penggerak 4x2
Tapi tetep sasis ladder frame kg bisa kalahin kodrat, mau upgrade kaki2 semahal kek apa juga . Masih lebih enak nyetir monocoque oem suspension
Makanya klo ada yg bilang Land cruiser jauhh lebih enak dari alphard / lexus RX ya gw diem aja sambil nyimak (kebodohannya)
Fortuner tetra taun brp om yg udah pake monotube?
Barangkali ada yg bisa kasitau ane part numbernya buat tanya harga dulu ke a2k
Kebetulan banget om, ane belom pernah coba mobil2 yg om sebutin, pengen nyoba juga takut jadi kepengen soale ga bakal kebeli.
Wakakakkaka
goboy wrote: Sat Dec 06, 2025 16:49
Fortuner tetra taun brp om yg udah pake monotube?
Barangkali ada yg bisa kasitau ane part numbernya buat tanya harga dulu ke a2k
Kebetulan banget om, ane belom pernah coba mobil2 yg om sebutin, pengen nyoba juga takut jadi kepengen soale ga bakal kebeli.
Wakakakkaka
Diliat2 ada yang penasaran dg shockbreaker jadinya saya ijin ikut share sedikit mobil Fortuner 2.8 GRS 2022 keluhannya goyang kiri kanan (paling berasa di polisi tidur yang posisinya miring roda kiri ato kanan kena dluan). Aduhai deh goyangannya berasa badan di kocok
Sebenarnya dengan shockbreaker bawaan saya suka nih empuk (dulu pake CX5 jadi pindah ke fortuner berasa empuk kena jalan rusak) cuma masalah goyang kiri kanan. Solusi awal pasang stabilizer di bagian bawah driver dan gardan, hasilnya berkurang gerakan kiri kanannya (sekitar 10-20%) tapi manusia tak pernah puas hahaha
Desember 2024 kmrn sewaktu main ke surabaya ketemu bengkel jual magic collar kit dan tertarik mau pasang, lalu gas deh kesana. Di bengkel tsb sang owner cek kondisi mobil saya yang masih pakai shockbreaker bawaan dengan tambahan beberapa stabilizer, saya juga ditanya keluhannya apa (saya jawab goyangan kiri dan kanan di jalan rusak). Disarankan jangan pasang magic collar kit tapi ganti shockbreaker dlu (buat coba2 bisa pasang si kuning). Saya liat harganya beda dikit nih dan pasang deh si kuning buat bagian belakang terus bbrp hari kemudian tes jalan pulang jakarta. Wah di tol cipali yg banyak jembatan berasa beda bagian depan mobil dg shockbreaker standar goyang kiri kanan, sedangkan bagian belakang anteng. Puas jg harga terjangkau tapi hasilnya lumayan signifikan.
Beberapa bulan kemudian shockbreaker depan saya ganti juga ganti dengan si kuning biar lbh enak. Overall di harga sgtu menurut saya oke bgt shockbreaker ini. Kepikiran mau ganti per dengan yang standart height comfort suspension tapi masih nyari2 review dari yang udah pernah pasang.
goboy wrote: Sat Dec 06, 2025 16:41
I see om
Dari hasil nyemplung sana sini nyari literasi di yt dan lain2 pasti kesimpulan akhir dari ganti shock merk a, b ,c etc hasilnya lebih "nyaman" dari originalnya
Ane jadi tambah bingung om apa arti "nyaman" yg dimaksud
"Nyaman" ini bisa dapet kalo shock nya diempukin atau dikerasin yah?
Based on experience om lamat pakai queen series, karakter ladder frame yg masih nyisa apa om? Karakter kaku nya kah?
Dengan spend money 20jtan, perubahannya terasa banget ga sih? Agak ngeri nih spending duit beli shock seharga 10% dari harga seken nya fortuner old model kalo hasilnya ga sesuai ekspektasi
kalau dari pengalaman pribadi ganti ke profender queen series, ride quality jadi lebih comfort nyaman, tidak se-harsh shock & spring standard kendaraan (1 gd thn 2023).
seberapa banyak improvement nya ? yaah paling sekitar 30% mentok.
karakter ladderframe masih terasa, limbung masih ada juga.
kalau saya melihatnya, harga 20jt coilovernya, mobil bakal di pakai 5 tahun, jadi setahun jatuh 4 juta atau sebulan 300rb-an. bagi saya pribadi sih worth it lah.
12punch wrote: Mon Nov 03, 2025 8:45
gila.. seru bgt bacanya ampe ada datanya gitu gokil
baru tau ada dyno test buat shock gini wkwkwk keren banget
nyimak aja saya om ga ngerti tapi seru bacanya jadi nambah knowledge
Yup betul.. Kalo ga ada Om Gatel bikin trit ini, ane gak bakal paham data teknis dyno dunia per & shock-an..
Kalo ane, beli dulu.. gak cocok ya buang, cari merek lain
Sampe Om Paidjo bilang, daripada beli - buang berbagai macam merek shock, mending sekalian beli coilover
Emang dasar ane nya aja tambeng, tetep beli shock ini itu... Soalnya biar gak penasaran ampe kebawa mimpi
Kalo coilover tapi jg bukanya trial and error om? Spring ratenya dan karakter shocknya kan beda beda
Yup bener banget Om.. Coilover bagus.. Tapi buat ane cuman nambah pikiran buat hitung2an sama nambah kekuatan feeling buat menambah sense of feeling klo ada error..
Stiap bulan pasti setingan bisa berubah kalo mobil jalan tiap hari..
Pengalaman pake coilover di motor mio butut ya gitu.. Brand nya YSS pulak
Yup betul.. Kalo ga ada Om Gatel bikin trit ini, ane gak bakal paham data teknis dyno dunia per & shock-an..
Kalo ane, beli dulu.. gak cocok ya buang, cari merek lain
Sampe Om Paidjo bilang, daripada beli - buang berbagai macam merek shock, mending sekalian beli coilover
Emang dasar ane nya aja tambeng, tetep beli shock ini itu... Soalnya biar gak penasaran ampe kebawa mimpi
Kalo coilover tapi jg bukanya trial and error om? Spring ratenya dan karakter shocknya kan beda beda
Yup bener banget Om.. Coilover bagus.. Tapi buat ane cuman nambah pikiran buat hitung2an sama nambah kekuatan feeling buat menambah sense of feeling klo ada error..
Stiap bulan pasti setingan bisa berubah kalo mobil jalan tiap hari..
Pengalaman pake coilover di motor mio butut ya gitu.. Brand nya YSS pulak
kalo setingan berubah terus, pasti ada yg engga bener masangnya.