Review Avanza S M/T vvti
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Review Avanza S M/T vvti
byk yg dimodif utk kenyamanan, terutama avanza.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sat Mar 24, 2007 2:51
Re: Review Avanza S M/T vvti
setuju, heheh..GTR wrote:byk yg dimodif utk kenyamanan, terutama avanza.
tp yg 1.5 modifnya lebih sedikit drpd yg 1.3 utk mencapai tingkat kenyamanan yg cukup (tp soal ini tiap orang beda2).
beberapa yg perlu d modif menurut sy:
- suspensi (terutama versi 1.3)
- kestabilan, perlu pasang strutbar n klo mau bisa jg ditambah stabilizer
- peredam panas d plafon, terutama yg warna hitam, ngaruh banget pake ginian secara peredam plafon d avanza tipis sekali.
- peredam suara, ada yg bisa rekomen peredam suara yg bagus? sy masih ngumpulin duitnya dulu ni heheh.. (pengennya peredam yg bagus tp sedikit saja nambah bobot mobilnya)
- mesin, tdk perlu sampe pnp n sebangsanya, tp cukup semacam tune up++ d rs tuning n masang cai ala phoenix
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Review Avanza S M/T vvti
Kalu utk kenyamanan mendingan pake Gran Max aja. Tinggal copot jok tengah dan belakang, trus pasang sofa, pasang lcd tv yg gede, pasang karpet bulu, pasang kulkas, dll. Kalu Avanza rada2 sempit. Tapi kalu mau coba bisa juga sih..


Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Review Avanza S M/T vvti
drpd modif2, biayanya bisa buat ganti mobil yg better.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: Review Avanza S M/T vvti
ayo dong review lagi...
pegimane kek.... tentang avansa 1.5 lawan livina 1.5.....ato saat lawan vios or yaris...
ato saat vios or yaris ga bisa angkut penumpang sementara si apanja dengan santainya memasukan 7 0rang dewasa....(maksudnya kestabilan full loaded masing-masing mobil)
pegimane kek.... tentang avansa 1.5 lawan livina 1.5.....ato saat lawan vios or yaris...
ato saat vios or yaris ga bisa angkut penumpang sementara si apanja dengan santainya memasukan 7 0rang dewasa....(maksudnya kestabilan full loaded masing-masing mobil)
Seeing is believing[*][/size]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: Review Avanza S M/T vvti
wah bole juga tuh
siap2 nonton deh
siap2 nonton deh

Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Review Avanza S M/T vvti
Di autobild kemarin katanya dia mau buat komparasi antara Avanza S dgn APV Arena. Tunggu aja. Btw utk full load, tetep aja yg menang Gran Max. Bisa masuk anak TK sekelas tuh... 

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Review Avanza S M/T vvti
kalo baru kayaknya avanza deh...kalo bekas gw bakal ambil escudo 1.6 bagus dan murah lagi.......thn 2003 paling 100jeti
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Review Avanza S M/T vvti
Di majalah motor ada komparasi antara Avanza S A/T dgn GL SV yg sama2 140jtan. Hasilnya kurang lebih :
1. Avanza lebih nyaman utk penumpang, terutama karena plafon lebih tinggi, dan jarak antara kursi lebih lega.
2. GL lebih lega di bagasi belakang (tanpa melipat bangku baris ke-3). Lalu utk pelipatan lebih rapi dibandingkan Avanza.
3. Posisi driver lebih nyaman GL karena lebih mirip sedan, sedangkan Avanza lebih lega pandangannya karena tinggi (sesuai dgn karakter mpv).
4. Penyaluran tenaga ditanjakan lebih baik Avanza. Kemungkinan besar karena penggunaan RWD dibandingkan FWD pada GL.
5. Di jalan datar, tenaga GL dirasa lebih responsif dibandingkan Avanza. Faktor ini jelas hanya karena faktor transmisi otomatis Avanza.
Jadi kesimpulannya.... kembali kepada masing2. Soalnya di majalah tsb tidak ada kesimpulannya juga.
1. Avanza lebih nyaman utk penumpang, terutama karena plafon lebih tinggi, dan jarak antara kursi lebih lega.
2. GL lebih lega di bagasi belakang (tanpa melipat bangku baris ke-3). Lalu utk pelipatan lebih rapi dibandingkan Avanza.
3. Posisi driver lebih nyaman GL karena lebih mirip sedan, sedangkan Avanza lebih lega pandangannya karena tinggi (sesuai dgn karakter mpv).
4. Penyaluran tenaga ditanjakan lebih baik Avanza. Kemungkinan besar karena penggunaan RWD dibandingkan FWD pada GL.
5. Di jalan datar, tenaga GL dirasa lebih responsif dibandingkan Avanza. Faktor ini jelas hanya karena faktor transmisi otomatis Avanza.
Jadi kesimpulannya.... kembali kepada masing2. Soalnya di majalah tsb tidak ada kesimpulannya juga.

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Review Avanza S M/T vvti
Tambah reviewnya lagi ya..
Jum'at kemarin pas ada tugas ke Semarang, pas malemnya sempet jalan ma boss pakai Xenia 1300cc (lupa tipenya). Tadinya sempat terpikir 1000cc, tapi kata boss karakternya mirip Avanza G punya dia. Xenia keluaran Jan 08, udah jalan sekitar 6000km (mobil rental). Kondisi koplingnya rada keras dan jarak mainnya pendek bgt. Jadi musti halus bgt. Rada aneh jg mengingat mobil baru 1-2 bulan umurnya. Lalu kondisi setir juga rada goyang. Kalu pernah tabrakan sih kyknya ga juga, soalnya mobil masih mulus tuh.
Btw bila dibandingkan dgn Avanza S yg gw punya, terasa banget perbedaan ada di mesin. Dari suara dan akselerasi terasa sekali. Top speed ga tau deh, soalnya di Semarang jarang ada jalan yg panjang. Sebentar2 udah perempatan. Tetapi saat keluar dan masuk daerah pabrik (kawasan industri candi), terasa sekali tenaganya mentok. Ga sentakan sedikitpun. Muatan saat itu 3 orang dewasa. Khawatir melorot sih nggak, karena mobil masih melaju dgn rpm tertahan di sekitar 4000. Biar ditekan lagi pedal gasnya, rpm ga mau naik-naik.
Kawasan candi memang lumayan banyak medan naik-turun. Tapi bila dibandingkan dgn Avanza S sewaktu mudik dulu beda bgt. Utk medan naik-turun yg lumayan curam, Avanza S lebih enteng tarikannya. Ga ada mentok di tenaga saat tanjakan. Padahal muatan lebih berat saat mudik dulu.
Jum'at kemarin pas ada tugas ke Semarang, pas malemnya sempet jalan ma boss pakai Xenia 1300cc (lupa tipenya). Tadinya sempat terpikir 1000cc, tapi kata boss karakternya mirip Avanza G punya dia. Xenia keluaran Jan 08, udah jalan sekitar 6000km (mobil rental). Kondisi koplingnya rada keras dan jarak mainnya pendek bgt. Jadi musti halus bgt. Rada aneh jg mengingat mobil baru 1-2 bulan umurnya. Lalu kondisi setir juga rada goyang. Kalu pernah tabrakan sih kyknya ga juga, soalnya mobil masih mulus tuh.
Btw bila dibandingkan dgn Avanza S yg gw punya, terasa banget perbedaan ada di mesin. Dari suara dan akselerasi terasa sekali. Top speed ga tau deh, soalnya di Semarang jarang ada jalan yg panjang. Sebentar2 udah perempatan. Tetapi saat keluar dan masuk daerah pabrik (kawasan industri candi), terasa sekali tenaganya mentok. Ga sentakan sedikitpun. Muatan saat itu 3 orang dewasa. Khawatir melorot sih nggak, karena mobil masih melaju dgn rpm tertahan di sekitar 4000. Biar ditekan lagi pedal gasnya, rpm ga mau naik-naik.
Kawasan candi memang lumayan banyak medan naik-turun. Tapi bila dibandingkan dgn Avanza S sewaktu mudik dulu beda bgt. Utk medan naik-turun yg lumayan curam, Avanza S lebih enteng tarikannya. Ga ada mentok di tenaga saat tanjakan. Padahal muatan lebih berat saat mudik dulu.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Review Avanza S M/T vvti
mungkin quality control produk nya buruk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Review Avanza S M/T vvti
sy jg perna test pas pameran xenia itu kopling ny keras bgt.pas sy tny kt ny gr2 blm inreyen kt sales nya..tapi da gt sy blg ke dia perna test avanza G blm inreyen jg and kopling nya empuk an dibanding c xenia.dia ga bs jwb and cm blg av-xe itu 1pabrik.itu ma sy jg tau...ad yg tau knp??pa kualita av am xe dibedain???
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Review Avanza S M/T vvti
Soalnya yg atu toyota, yg atu lagi daihatsu.. :p Tp kata drivernya temen, emank beda di beberapa bagian. Cuma salesmannya daihatsu memang selalu mengatakan sama persis. Padahal kenyataannya ga sama persis.
Btw harga part koplingnya bukannya sama? Koq bisa beda qualitynya ya?
Btw harga part koplingnya bukannya sama? Koq bisa beda qualitynya ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Review Avanza S M/T vvti
yg beda sekali kualitasnya, jahitan sambungan bahan jok2 & headrest nya parah, miring2 dan tidak rata. Busanya juga lembek tidak sekeras avanza.
Kopling avanza 1300 lama or baru juga berat deh, juga setirnya sama2 berat dan agak berdetak2 kalo jalan tidak rata.
Perseneling nya juga seret, terutama yg mundur.
Juga sama2 tersendat di rpm rendah.
Kopling avanza 1300 lama or baru juga berat deh, juga setirnya sama2 berat dan agak berdetak2 kalo jalan tidak rata.
Perseneling nya juga seret, terutama yg mundur.
Juga sama2 tersendat di rpm rendah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Review Avanza S M/T vvti
ga jelas jg..pa bda2 keras lembek ny kopling y?wkt itu cb AV c enteng xenia krs.persneling mndr ny susa msk ma tersendat ny itu sma..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Review Avanza S M/T vvti
Kalu itu mah karena disainnya gearboxnya. Waktu itu pernah dibilangin ma orang auto2k bintaro. Katanya kalu susah masuk, pedal koplingnya diinjek 2 kali trus masukin gigi mundur. Gw coba langsung masuk tuh. Setelah itu kalu mau mundur selalu injek kopling 2 kali.
Oiya, utk terios/rush sama juga.
Oiya, utk terios/rush sama juga.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Review Avanza S M/T vvti
harus pelan2.
selain syncromesh nya kurang presisi, per2 pada plat kopling dan juga pegas pada dekrup kurang bagus kualitasnya, sehingga kadang mudah masuk juga tapi timbul bunyi gesekan keras dari kolong.
malah ada bbrp kasus pecah koplingnya.
selain syncromesh nya kurang presisi, per2 pada plat kopling dan juga pegas pada dekrup kurang bagus kualitasnya, sehingga kadang mudah masuk juga tapi timbul bunyi gesekan keras dari kolong.
malah ada bbrp kasus pecah koplingnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Re: Review Avanza S M/T vvti
Hiks membaca review bung anjasmara jadi pingin upgrade ke tipe S...
Sebenarnya tipe G 1.3 sudah cukup lumayan untuk dalam kota,utk lalin yg macet dan padat jg masih enak.
Cuma kalo udah di pake lari di jalan tol terasa bgt tenaganya ngeden.Gila,gak tega dengar raungan mesin utk mencapai 120kpj!Disamping jg BBM jadi lbh boros krn rpm nya tinggi(diatas 4000).
Satu lagi keluhan,kalo buat lari di jalan nanjak dg beban AC,terasa bgt tenaganya ngos2an.Dalam bbrp kasus(ketika full loaded orang dan barang),gw harus matiin AC dulu buat ngejar akselerasi....
Mgk gw kurang pengalaman bawa mobil ke Puncak,tapi bener2 terasa bgt beratnya mau mendahului mobil lain di jalur yg mananjak kayak di Puncak,alhasil seringnya cuma bermain digigi 1 dan 2,itupun AC harus di matikan.....
Sebenarnya tipe G 1.3 sudah cukup lumayan untuk dalam kota,utk lalin yg macet dan padat jg masih enak.
Cuma kalo udah di pake lari di jalan tol terasa bgt tenaganya ngeden.Gila,gak tega dengar raungan mesin utk mencapai 120kpj!Disamping jg BBM jadi lbh boros krn rpm nya tinggi(diatas 4000).
Satu lagi keluhan,kalo buat lari di jalan nanjak dg beban AC,terasa bgt tenaganya ngos2an.Dalam bbrp kasus(ketika full loaded orang dan barang),gw harus matiin AC dulu buat ngejar akselerasi....
Mgk gw kurang pengalaman bawa mobil ke Puncak,tapi bener2 terasa bgt beratnya mau mendahului mobil lain di jalur yg mananjak kayak di Puncak,alhasil seringnya cuma bermain digigi 1 dan 2,itupun AC harus di matikan.....

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Review Avanza S M/T vvti
Emank berasa banget avanza-xenia bermesin 1300cc dibanding avanza s bermesin 1500cc, terutama ditanjakan. Pengalaman di Semarang bulan lalu benar-benar membuktikan. Waktu lebaran haji tahun lalu, dgn muatan penuh, melewati tanjakan di pinggiran Semarang benar-benar tidak ada masalah. Namun feb kemarin, hanya diisi 2 orang (gw dan boss), 2 koper dan 1 tas, terasa sulit sekali berakselerasi di tanjakan. Kecepatan seperti mentok, tidak bisa ditambah lagi meski pedal gas diinjak dalam-dalam. Makin diinjak, cuma raungan mesin yg terdengar, namun kecepatan tidak bertambah. Mungkin karena desain mesin tipe yg dipakai Avanza S benar2 beda. Tak heran dipakai juga di Rush-Terios dan Gran Max yang notabene memiliki bobot lebih berat.
Tapi sepertinya untuk upgrade dari G ke S sepertinya sangat sulit, kecuali dgn lem biru alias dilempar trus beli baru. (Kalu di jawa pakai lem kuning ya, dilempar tuku maning
)
Tapi sepertinya untuk upgrade dari G ke S sepertinya sangat sulit, kecuali dgn lem biru alias dilempar trus beli baru. (Kalu di jawa pakai lem kuning ya, dilempar tuku maning

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Review Avanza S M/T vvti
avanza kurang cocok(lebih underpower) yg 1300cc, idealnya memang 1500cc, disini terlihat final ratio 1300cc cukup besar drpd yg 1500cc.
Kalo Ruster cocoknya 1600/1800, krn ruster terasa underpower juga deh, terlihat final rationya diperbesar lagi daripada Avanza 1500 padahal mesinnya sama...
Kalo Ruster cocoknya 1600/1800, krn ruster terasa underpower juga deh, terlihat final rationya diperbesar lagi daripada Avanza 1500 padahal mesinnya sama...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Review Avanza S M/T vvti
avanza 1300 cc cuma cocok buat dalkot ky ny buakn buat tanjakan2 di luar kota
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Review Avanza S M/T vvti
avanza 1.3L buat tanjakan diparkiran mall aja udah susah. Terutama kalau berhenti tepat ditanjakan. Lalu setelah berhenti jalan naik, wuh raungan mesin yang keras tapi susah naiknya....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Re: Review Avanza S M/T vvti
Hehehehe iya maksud gw, upgrade itu ya lem biru atau lem kuning.... 

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Mar 20, 2008 8:07
Re: Review Avanza S M/T vvti
Salam kenal Om-om sekalian, saya neo serayamotorism nich...
Mohon review "long term use Avanza 1.5 S" nya, terutama soal mesin. Saya kira banyak yang pengen tahu ketangguhan mesin 3SZ-VE.
Terimakasih sebelumnya.
Ezra

Mohon review "long term use Avanza 1.5 S" nya, terutama soal mesin. Saya kira banyak yang pengen tahu ketangguhan mesin 3SZ-VE.
Terimakasih sebelumnya.
Ezra
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Review Avanza S M/T vvti
Kenapa kok dulu Toyota ga ngasih mesin 1NZ-FE ya? Khan tenaganya lebih mantap tuh? Apa karena konstruksinya tidak cocok ditaruh di posisi membujur dengan tarikan roda belakang ya? Saya sehari-hari biasa bawa Yaris, begitu bawa Avanza S 1.5 punya temen rasanya tarikannya jauh lebih berat. Masak perbedaan bobot segitu aja ngaruh benget sih?
Btw, saya heran banyak orang yang brani ngebut diatas 120kmpj pake Avanza 1.3.
Pernah saya lagi pake Chevrolet Aveo (1500cc) lari 110kmpj di ringroad utara Jogja, tiba-tiba disalip sama Avanza 1.3, kayaknya dia lari 130kmpj gitu, beuh, saya ngejarnya susah banget. Pada gila ya supir-supir Avanza?
Pernah lagi waktu saya pulang dari Semarang, selepas Muntilan saya pake Yaris iseng ngikutin Avanza 1.3, dan busyet, dia sepanjang jalan Muntilan-Jogja lari 130kmpj & jarang melambat (lalulintas kosong), saya sih santai ngikutin pake Yaris, tapi saya perhatiin bodi Avanzanya udah pontang-panting naik turun ga karuan, kayaknya ga ideal deh Avanza diajah lari diatas 120kmpj.
Kalo datar mungkin oke tuh Avanza, ga tau deh kalo nanjak. Saya ngebandingin Avanza S 1.5 sama Yaris sih, jadi mungkin saya belum terkesan. Tapi herannya para sopir Avanza 1.3 tu lho! Pada doyan ngebut! Saya belum pernah liat orang pake Avanza S 1.5 yang kayak gitu, mungkin karena populasinya masih dikit.
Btw, saya heran banyak orang yang brani ngebut diatas 120kmpj pake Avanza 1.3.
Pernah saya lagi pake Chevrolet Aveo (1500cc) lari 110kmpj di ringroad utara Jogja, tiba-tiba disalip sama Avanza 1.3, kayaknya dia lari 130kmpj gitu, beuh, saya ngejarnya susah banget. Pada gila ya supir-supir Avanza?
Pernah lagi waktu saya pulang dari Semarang, selepas Muntilan saya pake Yaris iseng ngikutin Avanza 1.3, dan busyet, dia sepanjang jalan Muntilan-Jogja lari 130kmpj & jarang melambat (lalulintas kosong), saya sih santai ngikutin pake Yaris, tapi saya perhatiin bodi Avanzanya udah pontang-panting naik turun ga karuan, kayaknya ga ideal deh Avanza diajah lari diatas 120kmpj.
Kalo datar mungkin oke tuh Avanza, ga tau deh kalo nanjak. Saya ngebandingin Avanza S 1.5 sama Yaris sih, jadi mungkin saya belum terkesan. Tapi herannya para sopir Avanza 1.3 tu lho! Pada doyan ngebut! Saya belum pernah liat orang pake Avanza S 1.5 yang kayak gitu, mungkin karena populasinya masih dikit.