Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
Bro, tanya dunk
Twincam gw dah dari beli udah ada power ampli, subwoofer n 2 speaker belakang. Karena sering nyetir sendiri, otomatis biar ga ngantuk di jalan tol gw sering setel kenceng2. Dah setaun ini altenator bermasalah melulu. 3 kali gosong, dan 2 diantaranya mpe putus. Tau sendiri kan kalo altenator putus di jalan, tu mobil ga bisa diapa-apain selain ditarik. Kalu ngandelin aki, paling cuma tahan beberapa kilo doank. Padahal rute gw jauh-jauh.
Kira-kira kenapa ya? Kata temen gara2 audionya. Bener ga sih? Trus gimana solusinya? Fyi : besar ampernya kyknya masih standar.
Thx before
Twincam gw dah dari beli udah ada power ampli, subwoofer n 2 speaker belakang. Karena sering nyetir sendiri, otomatis biar ga ngantuk di jalan tol gw sering setel kenceng2. Dah setaun ini altenator bermasalah melulu. 3 kali gosong, dan 2 diantaranya mpe putus. Tau sendiri kan kalo altenator putus di jalan, tu mobil ga bisa diapa-apain selain ditarik. Kalu ngandelin aki, paling cuma tahan beberapa kilo doank. Padahal rute gw jauh-jauh.
Kira-kira kenapa ya? Kata temen gara2 audionya. Bener ga sih? Trus gimana solusinya? Fyi : besar ampernya kyknya masih standar.
Thx before
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Dilangsungin aja gitu ya? Tapi gimana tau ada hubungannya apa nggak. Masa nunggu mpe bulanan.
Trus kalu kabel emank pengaruh ke altenator? Bukannya cuma ke sekring doank?
Btw sekring utk audio pernah sekali putus n boxnya mpe meleleh gitu. Ga tau karena arusnya terlalu panas atau karena panas mesin. Soalnya masangnya di deket aki. Tapi putusnya sekring ga barengan dgn gosongnya altenator.
Trus kalu kabel emank pengaruh ke altenator? Bukannya cuma ke sekring doank?
Btw sekring utk audio pernah sekali putus n boxnya mpe meleleh gitu. Ga tau karena arusnya terlalu panas atau karena panas mesin. Soalnya masangnya di deket aki. Tapi putusnya sekring ga barengan dgn gosongnya altenator.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Hmmm... Kayaknya bukan masalahdi kelistrikan...
Boil gw pernah korslet juga... Tapi buat alternator ok2 aja..
Untuk Soundsystem.. Memangnya ekstrim ya?
Biasa kan? Banyak mobil yg pake SS baik2 aja..
Pertanyaan pertama :
Waktu gosong, ganti alternatornya dimana? Ato diservis doank?
Liat dulu original tidak? Takutnya dari pemilik sebelum pernah ganti eks-singapur ato sejenisnya...
Pertanyaan kedua :
Ada foto letak alternatornya? Mungkin ada yang salah..
Boil gw pernah korslet juga... Tapi buat alternator ok2 aja..
Untuk Soundsystem.. Memangnya ekstrim ya?
Biasa kan? Banyak mobil yg pake SS baik2 aja..
Pertanyaan pertama :
Waktu gosong, ganti alternatornya dimana? Ato diservis doank?
Liat dulu original tidak? Takutnya dari pemilik sebelum pernah ganti eks-singapur ato sejenisnya...
Pertanyaan kedua :
Ada foto letak alternatornya? Mungkin ada yang salah..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Waktu gosong, ganti alternatornya dimana? Ato diservis doank?
Total sama yg kemarin jadi 3 kali ganti. Kata orang bengkel langganan, masalah di ampernya. Kurang gede. Kata dia utk yg ekstrim, bisa pake yg lebih gede lagi. Ga tau bener apa nggak. Ya trus gw ganti aja, soalnya kalu altenator putus berabe juga khan?udah pernah ganti alternator brapa kali bos?
Kyknya sih barang eks sing deh. Soalnya gw ga tau nyari yg ori tapi murah dimana. Denger2 mayan mahal ya? Yg ini 450rban. Cuma kalu posisi masangnya ya biasa aja. Trus terang cukup aman, ga mungkin ketetesan oli p/s atau semacemnya.
Masih biasa aja koq. Ampli cuma satu, subwoofer juga cuma satu, speaker cuma 2 dibelakang doank, tweeter ga ada, sama hu alpine yg udah buluk. Udah koq, cuma itu doank.Untuk Soundsystem.. Memangnya ekstrim ya?
Biasa kan? Banyak mobil yg pake SS baik2 aja..
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Pada saat overload ... Alternator cuman bisa tahan 1 menit aja ... secara umum alternator bekerja pada 50% kapasitasnya. Jadi kalau digunakan untuk audio system yang kadang-kadang mencapai PEAK POWER ampe lebih dari 1000 Watt ... ya alamat alternatornya jebol (geseng) ... mesti diganti dengan alternator yang kapasitasnya lebih besar ... dimana pada saat full usage ... Malem Lampu semuanya menyala ... Sound System digeber-habis-habisan ... semua dijumlahin ... setelah itu dari jumlah yang diperoleh dikalikan dua ... itulah kapasitas Alternator yang diperlukan.
Apalagi kalau pas IDLE ... nyetel lagunya kuenceng buanget ... sementara alternator gak bisa supply ya overloaded ... overheated ... jadi geseng.
Apalagi kalau pas IDLE ... nyetel lagunya kuenceng buanget ... sementara alternator gak bisa supply ya overloaded ... overheated ... jadi geseng.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Bro.. Mending jangan yang eks2 gitu..y_anjasrana wrote: Total sama yg kemarin jadi 3 kali ganti. Kata orang bengkel langganan, masalah di ampernya. Kurang gede. Kata dia utk yg ekstrim, bisa pake yg lebih gede lagi. Ga tau bener apa nggak. Ya trus gw ganti aja, soalnya kalu altenator putus berabe juga khan?
Kyknya sih barang eks sing deh. Soalnya gw ga tau nyari yg ori tapi murah dimana. Denger2 mayan mahal ya? Yg ini 450rban. Cuma kalu posisi masangnya ya biasa aja. Trus terang cukup aman, ga mungkin ketetesan oli p/s atau semacemnya.
mending baru..
ogud dulu beli 900rban...
belinya di toko sparepart ori..
Biasa dikasih diskon,buat untung bengkel..
Untuk bro penyu...
Setau ogud, alternator bakal ngasih semaksimal dari yang dia bisa...
Ga mungkin dia memberikan berlebih...
Paling kalo sering2 digeber..
karbonnya ya kalo ga salah, cepet habis..
Biasanya kalo SS di geber tapi alternator ga kuat, ya biasa sub bakal kehabisan tenaga...
Suara bassnya suka ilang, kalo ga aki tekor...
(pengalaman pribadi)
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Ooo.. gitu ya ceritanyaa... Hehehe...Apalagi kalau pas IDLE ... nyetel lagunya kuenceng buanget ... sementara alternator gak bisa supply ya overloaded ... overheated ... jadi geseng.
Kemaren sih diganti yg 90amp. Sebelumnya kalu ga salah 70amp-an deh.Mesti nyari alternator yang pada saat IDLE bisa ngasih ARUS yang cukup BESAR. Check dulu berapa kapasitas alternator yang sekarang terpasang ... mungkin cuman 60 Amp atau 80 Amp ... coba ganti yang 100 Amp ke 110 Amp.
Btw yg di galerimotor.com itu barang rekondisi ya?
Oiya, dulu pernah denger alat namanya capasitorbank. Gunanya buat apa ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
sepertinya itu cukup membantu buat yang akinya suka tekor...y_anjasrana wrote:Ooo.. gitu ya ceritanyaa... Hehehe...Apalagi kalau pas IDLE ... nyetel lagunya kuenceng buanget ... sementara alternator gak bisa supply ya overloaded ... overheated ... jadi geseng.
Kemaren sih diganti yg 90amp. Sebelumnya kalu ga salah 70amp-an deh.Mesti nyari alternator yang pada saat IDLE bisa ngasih ARUS yang cukup BESAR. Check dulu berapa kapasitas alternator yang sekarang terpasang ... mungkin cuman 60 Amp atau 80 Amp ... coba ganti yang 100 Amp ke 110 Amp.
Btw yg di galerimotor.com itu barang rekondisi ya?
Oiya, dulu pernah denger alat namanya capasitorbank. Gunanya buat apa ya?
Kalo buat alternator kurang tau juga...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
secara gw br apes kena altenator sekarat. yep sekarat.. matinya pelan2 ampe ga kerasa tau2 koit di tol.. bah!!!
cerita aja nih..
alkisah gw beli lancer GTi 95 gw des04. sejarah altenator sblomnya ga tau. aman2 aja ampe setahunan. smp akhirnya akhir 05 rada aneh pas gw liat di indikator. mesin idup koq ampe 15v lbh. weleh.. over charge.. akhirnya ama temen gw disaranin ganti ic regulator ama rectifer. digarap sendiri deh ama temen gw. harganya lumayan jg kisaran 400rb. abis itu voltage normal di 14an saat ga ngidupin apa2 selain mesin.
nah.. ampe kmrn sblom lebaran gw ga pernah liat2 lg tuh indikator batere. tanpa disangka akhirnya sekarat panjang altenator berakhir. pdhal gejalanya ada aja tuh misal : kadang stater agak susah, ac ga dingin dst.. dasar pikun aja gw. hahahaha... tanya toko langganan.. barang ori lokal 1,95jt dan ori jepang 4jt lebih.. weks... ya udah lokalan aja deh.. byk barang KW tp ogah bgt deh gw.. knp gw ga ganti isinya lg kyk 2 thn lalu? sebab mekanisnya dah makin uzur.. percuma ganti elekroniknya.
seblomnya lg gw punya lancer 97. altenatornya jg koit.. saat itu sok ngirit ke tukang altenator. dalihnya dah kayak marketing obat jenggot (lho koq?? ) akhirnya diusulkan altenator copotan merk mobil lain. krn gw ga ngerti ya ho'oh aja.. dipasang deh walau konektornya ga sama. waktu berjalan.. byk bgt keluhannya.. meski berfungsi ternyata amperenya dibawah aslinya.. sialan tuh tukang dinamo.. pantes sering nyala cek engine klo dah byk make listrik. akhirnya gw ganti altenator baru yg emang standartnya. masalah beres ampe mobil gw jual.
buat bro y_anjasrana.. gw cuma sok tau aja nih.. cmmiw
ampere altenator kyknya hrs > ampere aki. nah y_anjasrana akinya yg brp ampere? kurangin 10 ampe 15 ampere kyknya ga papa tuh.. di mobil gw gitu soalnya. klo aki penuh khan altenator autocut ngecharge. soal kasus altenator elo jebol mulu kyknya bukan soal konsumsi.. tp krn altenatornya yg busuk.. murah bgt soalnya altenator cuma dibawah 500rb. hehehe..
kaitan ama sound sistem nih.. sound sistem elo ga ekstrim2 amat.. masih beratan gw dikit. tp kyknya ada yg salah pasang ampe meleleh mulu sikringnya. ini bisa jd ngaruh ke akinya yg tekor mulu. akhirnya mungkin jg altenator yg kebetulan busuk jd kerja berat.. game over deh..
cerita aja nih..
alkisah gw beli lancer GTi 95 gw des04. sejarah altenator sblomnya ga tau. aman2 aja ampe setahunan. smp akhirnya akhir 05 rada aneh pas gw liat di indikator. mesin idup koq ampe 15v lbh. weleh.. over charge.. akhirnya ama temen gw disaranin ganti ic regulator ama rectifer. digarap sendiri deh ama temen gw. harganya lumayan jg kisaran 400rb. abis itu voltage normal di 14an saat ga ngidupin apa2 selain mesin.
nah.. ampe kmrn sblom lebaran gw ga pernah liat2 lg tuh indikator batere. tanpa disangka akhirnya sekarat panjang altenator berakhir. pdhal gejalanya ada aja tuh misal : kadang stater agak susah, ac ga dingin dst.. dasar pikun aja gw. hahahaha... tanya toko langganan.. barang ori lokal 1,95jt dan ori jepang 4jt lebih.. weks... ya udah lokalan aja deh.. byk barang KW tp ogah bgt deh gw.. knp gw ga ganti isinya lg kyk 2 thn lalu? sebab mekanisnya dah makin uzur.. percuma ganti elekroniknya.
seblomnya lg gw punya lancer 97. altenatornya jg koit.. saat itu sok ngirit ke tukang altenator. dalihnya dah kayak marketing obat jenggot (lho koq?? ) akhirnya diusulkan altenator copotan merk mobil lain. krn gw ga ngerti ya ho'oh aja.. dipasang deh walau konektornya ga sama. waktu berjalan.. byk bgt keluhannya.. meski berfungsi ternyata amperenya dibawah aslinya.. sialan tuh tukang dinamo.. pantes sering nyala cek engine klo dah byk make listrik. akhirnya gw ganti altenator baru yg emang standartnya. masalah beres ampe mobil gw jual.
buat bro y_anjasrana.. gw cuma sok tau aja nih.. cmmiw
ampere altenator kyknya hrs > ampere aki. nah y_anjasrana akinya yg brp ampere? kurangin 10 ampe 15 ampere kyknya ga papa tuh.. di mobil gw gitu soalnya. klo aki penuh khan altenator autocut ngecharge. soal kasus altenator elo jebol mulu kyknya bukan soal konsumsi.. tp krn altenatornya yg busuk.. murah bgt soalnya altenator cuma dibawah 500rb. hehehe..
kaitan ama sound sistem nih.. sound sistem elo ga ekstrim2 amat.. masih beratan gw dikit. tp kyknya ada yg salah pasang ampe meleleh mulu sikringnya. ini bisa jd ngaruh ke akinya yg tekor mulu. akhirnya mungkin jg altenator yg kebetulan busuk jd kerja berat.. game over deh..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
Ow gitu ya.. Hehehe..
Btw cara ngukur overcharge atau undercharge itu gimana sih? Maklum dah lama ga main strum2an..
Btw cara ngukur overcharge atau undercharge itu gimana sih? Maklum dah lama ga main strum2an..
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
Re: Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
buset... mengangkat kasus yg udah jd mummy.. bhahahaha...y_anjasrana wrote:Ow gitu ya.. Hehehe..
Btw cara ngukur overcharge atau undercharge itu gimana sih? Maklum dah lama ga main strum2an..
dgn sok tau (maaf klo salah) biasanya klo blom diidupin mesin si accu di angka 12,2 - 12,5v. klo dah stater dan idup awal2nya di 14,1v lalu turun ampe 13,7an.
nah klo angkanya diatas ato dibawah itu dah mesti ati2..
* Mpu Gondring *
www.saptaaji.multiply.com
www.saptaaji.multiply.com
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
sama, gimana ngukurnya, apa pake multitester, tapi caranya itu yg penting, hehee... trus kalo mo ditambah suatu alat indikator dipasang didashboard bagaimana?y_anjasrana wrote:Ow gitu ya.. Hehehe..
Btw cara ngukur overcharge atau undercharge itu gimana sih? Maklum dah lama ga main strum2an..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
Re: Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
secara sok tau.. nyalain mesin lalu tempel aja si multitester di kepala aki. klo ga salah yg maen soundsistem ada capasitor bank yg ada angka voltagenya deh.. mirip2 tuh..mansetha wrote:sama, gimana ngukurnya, apa pake multitester, tapi caranya itu yg penting, hehee... trus kalo mo ditambah suatu alat indikator dipasang didashboard bagaimana?y_anjasrana wrote:Ow gitu ya.. Hehehe..
Btw cara ngukur overcharge atau undercharge itu gimana sih? Maklum dah lama ga main strum2an..
klo alat indikator sih dr jaman dulu gw dah liat di mobil2 lawas.. dulu punya mikrolet kijang doyok dipasang volt meter di dashboardnya
* Mpu Gondring *
www.saptaaji.multiply.com
www.saptaaji.multiply.com
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
misal kapasitas aki 45 Ampere 12 volt = 540 watt (VA). Kalo pake power amp 1000watt kan tekor jadinya tuh aki, cara mengatasinya gimana, apa tambah kapasitas aki saja cukup.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
Kyknya dah mulai tekor lagi nih. Tiap pagi kalu baru jalan, speaker ga bunyi semua. Begitu jalan kira2 15-30menit baru nyala semua. Wah repot jg nih. Pdhl accu baru 3 bulanan. Kondisi air jg full koq.
Musti cek pake multitester dulu ya. Mmm.. cari pinjeman dulu nih.
Btw capasitor bank itu gunanya buat apa aja sih?
Musti cek pake multitester dulu ya. Mmm.. cari pinjeman dulu nih.
Btw capasitor bank itu gunanya buat apa aja sih?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
ga bro...mansetha wrote:misal kapasitas aki 45 Ampere 12 volt = 540 watt (VA). Kalo pake power amp 1000watt kan tekor jadinya tuh aki, cara mengatasinya gimana, apa tambah kapasitas aki saja cukup.
1000 watt power ga murni... cuma membesar2kan aja.. murni ga segitu kalo buat speaker paling 150watt...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
yup, memang konsumsi daya audio ada yang RMS dan PMPO. kalo yang PMPO 1000watt paling watt aslinya cuman sekitar 100watt, namun kan pada sistem perangkat audio pasti ada watt aslinya, itu dihitung berapa total outputnya...kalo total konsumsi outputnya melebihi kapasitas aki, ya jelas tekor donk akinya... kayaknya perlu power saving tuh, power bank... untuk menyimpan arus listrik tambahan...r1210g wrote:ga bro...mansetha wrote:misal kapasitas aki 45 Ampere 12 volt = 540 watt (VA). Kalo pake power amp 1000watt kan tekor jadinya tuh aki, cara mengatasinya gimana, apa tambah kapasitas aki saja cukup.
1000 watt power ga murni... cuma membesar2kan aja.. murni ga segitu kalo buat speaker paling 150watt...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
hmm.. kalo itung2an ogud kurang tau bro...
tapi untuk soundsystem dengan 2sub,2power,4speaker.. dan mainnya buat hari2, aki standard cukup bro..
lagian aki kan kerjanya hanya menampung, yang memberi supply kan alternator..
Jadi semuanya tergantung alternator..
alternator ogud pernah udah jelek.. nah waktu itu malem2 coba geber2 sub yg cuma 1..
jadinya lampu besar kedip2, dan suara subnya suka ilang, ga kuat...
sekarang setelah ganti alternator dengan aki yang malah lebih kecil, baik2 aja...
tapi untuk soundsystem dengan 2sub,2power,4speaker.. dan mainnya buat hari2, aki standard cukup bro..
lagian aki kan kerjanya hanya menampung, yang memberi supply kan alternator..
Jadi semuanya tergantung alternator..
alternator ogud pernah udah jelek.. nah waktu itu malem2 coba geber2 sub yg cuma 1..
jadinya lampu besar kedip2, dan suara subnya suka ilang, ga kuat...
sekarang setelah ganti alternator dengan aki yang malah lebih kecil, baik2 aja...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
kalo kapasitas aki nggak memadai, akan membebani alternatornya bro, kacian alternatornya kerja keras untuk mensupply daya ke perangkat sound systemnya...wajar kalo sering gosong tuh...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Ask : Altenator sering terbakar/putus vs Audio
Berarti harus ukur daya yg dibutuhin sound system juga dunk. Kan musti sesuai ma aki dan altenatornya jg. Cara ngukurnya gimana?
Accurate V5 Accounting System Consultant