terus terang, pertama melihat agak puyeng dengan speedo vios... digital dan 3dimensi. padahal akan lebih sporty jika dibuat 'biasa aja' ... meskipun ditempatkan ditengah dashboard.Risol1 wrote:vios punya speedometer walaupun ditaro di tengah, tapi engga bisa kebaca yang penumpang di kursi kiri karena speedo digitalnya mengarah ke pengemudi.Hansen wrote:biar bisa ditonton oleh penumpangnya...biar penumpangnya kaga bosen di perjalanan...jd kaga usah pasang tv...cukup nonton optitron meter di tengah aja...gunawan98 wrote:VIOS sih bagus... cuman yang paling nyebelin itu meteran ada ditengah... kenapa yah ada orang design begitu?
jadi males deh...
Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Re:

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
ya itu yg janggal dari vios, kok speedometernya ditengah...rada aneh sih...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
unlike most cars; lay-out model tengah ini weird, utk passanger oriented juga, tapi kalo ga salah ga bisa dilihat dgn jelas dari sisi penumpang.
so, what for...??
so, what for...??
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
speedo tengah bukan utk passenger, sebenernya hanya masalah produksi, karena tiap negara mempunyai 2 aturan dalam hal mengemudi... yaitu di kiri dan kanan. So, agar produksi bisa dilaunching secara global maka dibuat oleh designer speedo meter ditengah...GTR wrote:unlike most cars; lay-out model tengah ini weird, utk passanger oriented juga, tapi kalo ga salah ga bisa dilihat dgn jelas dari sisi penumpang.
so, what for...??
keuntungan : Launching dapat dilakukan tanpa membuat design baru utk bagian kiri dan kanan, cost utk produksi dapat ditekan, spare parts dapat digunakan dimana2.
utk vios, hanya masalah design saja... kebetulan design nya yg menjadi kekurangan org tidak suka, mungkin lebih baik distandarkan jadi analog.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
IMO, dashboard desain tengah (khususnya untuk vios), gak bisa dibuat sebagai dashboard generik untuk mobil setir kanan maupun kiri karena walaupun meter cluster ada di tengah, tapi menghadap ke pengemudi, jadi kalo kita duduk di kursi penumpang kiri depan, gak bakalan keliatan.poeticmind wrote:speedo tengah bukan utk passenger, sebenernya hanya masalah produksi, karena tiap negara mempunyai 2 aturan dalam hal mengemudi... yaitu di kiri dan kanan. So, agar produksi bisa dilaunching secara global maka dibuat oleh designer speedo meter ditengah...GTR wrote:unlike most cars; lay-out model tengah ini weird, utk passanger oriented juga, tapi kalo ga salah ga bisa dilihat dgn jelas dari sisi penumpang.
so, what for...??
keuntungan : Launching dapat dilakukan tanpa membuat design baru utk bagian kiri dan kanan, cost utk produksi dapat ditekan, spare parts dapat digunakan dimana2.
utk vios, hanya masalah design saja... kebetulan design nya yg menjadi kekurangan org tidak suka, mungkin lebih baik distandarkan jadi analog.
di vios, bukan cuma meter cluster aja yang menghadap ke pengemudi (spt halnya xtrail), tapi kubah dashboard (plastik dashboard yang menutup meter cluster) juga menghadap ke pengemudi. Spt halnya toyota previa/estima dan mungkin daihatsu ceria dan chevy spark, kubah dashboardnya pun menghadap ke pengemudi jadinya gak bisa tempel plek ke mobil setir kiri. Please CMIIW

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
iya, mknya orientasinya salah kaprah; speedo udah di tengah2 (less driver oriented) tp juga ga bs diliat penumpang (no passanger oriented).
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
tetap, persoalan design saja... karena perbedaan hanya ditengah. lebih mahal produksinya jika dibuat khusus kiri dan kanan... meski hanya beda beberapa dollar, utk puluhan ribu produksi sangat ada artinya. Soal isi dari dash speedo, dapat diatur anglenya. sesuai steering side setiap daerah distribusinya. dan tidak ada artinya penumpang selain driver melihat speedo, kecuali utk race balap dengan co-driver.
waktu pertama kali diproduksi bebrapa tahun lalu tidak ada alasan lain speedo ditengah utk penekanan ongkos produksi, jika ada, artinya ada pengembangan design. itu saja.
but, again... gue juga setuju kok kalo vios termasuk the weird dashboard ever.. ditambah dengan feature yg sangat minim dibanding sekelasnya.
waktu pertama kali diproduksi bebrapa tahun lalu tidak ada alasan lain speedo ditengah utk penekanan ongkos produksi, jika ada, artinya ada pengembangan design. itu saja.
but, again... gue juga setuju kok kalo vios termasuk the weird dashboard ever.. ditambah dengan feature yg sangat minim dibanding sekelasnya.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
feature vios terbaru komplit loh, yg disayangkan adalah aplikasi transmisinya masih pakai yg lama than new ist-150 yg sudah cvt-i, tanya kenapa?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
mungkin harga... like we had discussed... vios nanggung secara review, meskipun new vios dijulukin "baby camry" (wat?!! ...' gonna b kiddin' me!) ...tetep ada lah kekurangan2 feature yg justru bisa jadi andalan.
this end february new corolla altis keluar (CBU thailand) mungkin bisa 'turn on' toyota minded.
this end february new corolla altis keluar (CBU thailand) mungkin bisa 'turn on' toyota minded.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
iya tapi mesinnya juga masih pake yg lama, pdhal diluar pake dual vvti.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Thu Nov 03, 2005 3:58
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
desain speedometer di tengah dimaksudkan agar lebih memudahkan driver utk melihat spedometer dibandingkan desain yg kuno (di depan, agak bawah). Rekan2 bisa coba simulasikan, pasti respon mata manusia lebih mudah/cepat melirik ke samping utk kemudian konsentrasi kembali ke jalan daripada melirik ke bawah seperti posisi spedo yg biasa. Tapi memang jujur aja, rasanya masih aneh melihat spedo ada di tengah krn dari kecil kita lihatnya spedo di depan driver. Seperti juga kalau kita lihat suicide door, rasanya aneh meskipun ada kelebihan yaitu akses keluar/masuk lebih cepat & mudah..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
justru menurut gw, new vios dibandingkan dengan kompetitiornya mempunyai feature jauh lebih komplit (bahkan bisa dibilang fiturnya toyota corolla) CMIIWpoeticmind wrote:but, again... gue juga setuju kok kalo vios termasuk the weird dashboard ever.. ditambah dengan feature yg sangat minim dibanding sekelasnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
Kok aneh ya, kalo baca di majalah2, review nya mengatakan fiturnya paling komplit.poeticmind wrote: .. ditambah dengan feature yg sangat minim dibanding sekelasnya.
Sapa yang salah ya?
Jangan2 yang Anda lihat itu Limo?

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
rasanya postingan saya ga nyebut new vios minim feature... saya cuman liat vios lama dirumah ibu saya dashboardnya menyedihkan.
...dan new vios sebagai baby camry.
...dan new vios sebagai baby camry.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
jadi kalo new vios lebih baik kan daripada vios lama.... malah katanya juga new vios diklaim lebih nyaman (walupun mengorbankan kesatabilan)... yang saya heran ko fitur check tekanan angin ban dari dalam ko belum familiar yah? baik itu salesnya mapun orang bengkelnya...setiap ditanya malah melongo.... ada yang tau fiitur ini dihargain berapa? dan cara kerja atau pemasangan gimana di new vios?
Seeing is believing[*][/size]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik
makanya lampu depan kalo nyala sebelah kiri aja gapapa yah...
[quote="redvolcano"]desain speedometer di tengah dimaksudkan agar lebih memudahkan driver utk melihat spedometer dibandingkan desain yg kuno (di depan, agak bawah). Rekan2 bisa coba simulasikan, pasti respon mata manusia lebih mudah/cepat melirik ke samping utk kemudian konsentrasi kembali ke jalan daripada melirik ke bawah seperti posisi spedo yg biasa. Tapi memang jujur aja, rasanya masih aneh melihat spedo ada di tengah krn dari kecil kita lihatnya spedo di depan driver. Seperti juga kalau kita lihat suicide door, rasanya aneh meskipun ada kelebihan yaitu akses keluar/masuk lebih cepat & mudah..[/quote]

[quote="redvolcano"]desain speedometer di tengah dimaksudkan agar lebih memudahkan driver utk melihat spedometer dibandingkan desain yg kuno (di depan, agak bawah). Rekan2 bisa coba simulasikan, pasti respon mata manusia lebih mudah/cepat melirik ke samping utk kemudian konsentrasi kembali ke jalan daripada melirik ke bawah seperti posisi spedo yg biasa. Tapi memang jujur aja, rasanya masih aneh melihat spedo ada di tengah krn dari kecil kita lihatnya spedo di depan driver. Seperti juga kalau kita lihat suicide door, rasanya aneh meskipun ada kelebihan yaitu akses keluar/masuk lebih cepat & mudah..[/quote]