banding-banding busi nihhh...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
- Location: Solo - Cilegon
- Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina
banding-banding busi nihhh...
dear moderator..
mo nanya2 nih buat seraya motor mania..
saya pernah beda pendapat dengan seseorang tntang busi rcing ma busi standart..
menurut guru fisika saya (ehmm...ehmm...ehmmm..)pernah nerangin tentang bab torak2 gitu deh..trus bilang bahwa busi racing bisa membuat bbm lebih irit sebab pembakarannya lebih terpusat pada busi tersebut..
tapi si temen saya ini bilang klo busi standar tu lebih membuat bbm irit, kan busi racing itu lebih membakar bbm lebih banyak, tntu saja bbm yang terbakar lebih banyak..
koq beda ya pendapat mereka?????
mohon donk pencerahannya..
serta alasan2 nya ya/..
trims
]
GBU
mo nanya2 nih buat seraya motor mania..
saya pernah beda pendapat dengan seseorang tntang busi rcing ma busi standart..
menurut guru fisika saya (ehmm...ehmm...ehmmm..)pernah nerangin tentang bab torak2 gitu deh..trus bilang bahwa busi racing bisa membuat bbm lebih irit sebab pembakarannya lebih terpusat pada busi tersebut..
tapi si temen saya ini bilang klo busi standar tu lebih membuat bbm irit, kan busi racing itu lebih membakar bbm lebih banyak, tntu saja bbm yang terbakar lebih banyak..
koq beda ya pendapat mereka?????
mohon donk pencerahannya..
serta alasan2 nya ya/..
trims
]
GBU
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3718
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: banding-banding busi nihhh...
katanya sih emang gitu. pake iridium yg diameter tip 0,4 mm lebih oke
tp jgn sampe heat range nya ganti
katanya malah jadi ga bagus
gw pake iridium ga jadi boros.
tp jgn sampe heat range nya ganti
katanya malah jadi ga bagus
gw pake iridium ga jadi boros.
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: banding-banding busi nihhh...
wah teman anda salah tuh bro.. dengan kondisi sama persis, hanya gonta -ganti busi, pake busi racing jadinya kan membakar lebih banyak. sedangkan pake busi standard membakarnya jadi lebih sedikit..
Kan kondisi sama persis tuh, berarti jumlah bbm dan udara juga sama kan? Nah kalo busi iridium membakar lebih banyak, mana yang lebih bertenaga? Kalo tenaga besar, berarti ga usah gas lebih dalam donk? Jadinya lebih irit kan?
Kalo pake busi biasa, pembakaran BBM lebih sedikit, berarti banyak BBM yang kebuang, dan tidak terbakar donk? tenaganya gimana? harus gas lebih dalam kan? dan jadinya banyak bensin yang terbuang percuma...
Jadi bagusan mana?
Kan kondisi sama persis tuh, berarti jumlah bbm dan udara juga sama kan? Nah kalo busi iridium membakar lebih banyak, mana yang lebih bertenaga? Kalo tenaga besar, berarti ga usah gas lebih dalam donk? Jadinya lebih irit kan?
Kalo pake busi biasa, pembakaran BBM lebih sedikit, berarti banyak BBM yang kebuang, dan tidak terbakar donk? tenaganya gimana? harus gas lebih dalam kan? dan jadinya banyak bensin yang terbuang percuma...
Jadi bagusan mana?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29
Re: banding-banding busi nihhh...
klo busi yang bagus justru yang bisa ngebakar seluruh bbm yg dimasukan keruang bakar spy pembakarannya lebih efisien=irit. Jadi yg hrs diperhatikan percikan api diantara elektrodanya hrs cukup besar.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: banding-banding busi nihhh...
pake iridium recommended
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: banding-banding busi nihhh...
info dari bung saft sih, simpangan rata2 yg paling kecil itu NGK:
http://saft7.com/?p=213
Kualitas busi :
http://saft7.com/?p=212
http://saft7.com/?p=213
Kualitas busi :
http://saft7.com/?p=212
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 868
- Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
- Location: serpong
Re: banding-banding busi nihhh...
beli ngk iridium CR7HIX dimana ya...kutkuy wrote:pake iridium recommended
thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: banding-banding busi nihhh...
Saya setuju ama dua2nya... Dthomas89 wrote:dear moderator..
mo nanya2 nih buat seraya motor mania..
saya pernah beda pendapat dengan seseorang tntang busi rcing ma busi standart..
menurut guru fisika saya (ehmm...ehmm...ehmmm..)pernah nerangin tentang bab torak2 gitu deh..trus bilang bahwa busi racing bisa membuat bbm lebih irit sebab pembakarannya lebih terpusat pada busi tersebut..
tapi si temen saya ini bilang klo busi standar tu lebih membuat bbm irit, kan busi racing itu lebih membakar bbm lebih banyak, tntu saja bbm yang terbakar lebih banyak..
koq beda ya pendapat mereka?????
mohon donk pencerahannya..
serta alasan2 nya ya/..
trims
]
GBU
Tergantung mobil nya. Kalo standardnya udah pake modul pengapian/Ignition Control Management, gonta ganti kabel busi dan busi, nggak memberi efek positif. Malah ada kemungkinan efek negatif.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
- Location: Solo - Cilegon
- Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina
Re: banding-banding busi nihhh...
emang pengalaman guru sebagai pengajar tu lebih mantap dari sekedar pendapat temen yang gak punya basic fisika yang kuat.hehehehehehe
iya juga sih,.
btw ada tambahan yang lain juga gak KK ??
iya juga sih,.
btw ada tambahan yang lain juga gak KK ??
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25
Re: banding-banding busi nihhh...
menurut gw, pengaruh busi kecil sekali, yang berpengaruh besar justru koilnya... busi standar dengan koil racing bisa menghasilkan api yang lebih besar ketimbang businya racing tapi koilnya standar... kan percuma aja businya dah bagus tapi arusnya masih segitu-gitu aja
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
- Location: Solo - Cilegon
- Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina
Re: banding-banding busi nihhh...
thanks bgt bro Frozen Fire atas infonya,.
nah trus kira2 harga dan merk koil yang pas untuk semi kebut2an tuk motor SUPRA X 100 apa ya??ada masukan lagi gak?
nah trus kira2 harga dan merk koil yang pas untuk semi kebut2an tuk motor SUPRA X 100 apa ya??ada masukan lagi gak?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25
Re: banding-banding busi nihhh...
hehehe coil XP Andrion CMC 2A ! kalo dah pake coil racing, tar coba ganti pake busi racing, gak gitu jauh beda rasanya
mantap deh koil itu, harga cuman 150rb, silaken dicoba
mantap deh koil itu, harga cuman 150rb, silaken dicoba
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: banding-banding busi nihhh...
betul, ganti busi racing tanpa koil racing hampir tidak berpengaruh. justru ganti koil racing efeknya lebih terasa. mau yang agak murah, bisa pake koil mobil 2nd, lumayan besar tegangannya. tidak recommended buat busi standar, bisa meleleh. juga bkn untuk harian, kecuali businya ganti busi racing berkualitas bagus.
1 more, busi racing dikatakan racing karena bukan hanya materialnya, (iridium, silver, gold, atau copper) namun juga rentang suhunya. Busi standar memiliki suhu elektroda dan keramik lebih panas, karena jarak ujung elektroda dan keramik sebagai isolator listrik (tapi perambat panas juga) jauh dengan badan busi. coba bro lihat, busi standar rata2 punya celah dalam antara badan busi (ulir ) dengan keramik.
Beda dengan busi racing, celahnya dangkal, lebih cepat merambatkan panas.
jadi lebih dingin dong?
Mana yang bagus?
lihat mesin dulu, kalo mesin standar, suhu yang dihasilkan sesuai dengan busi standar, jadi pake busi standar (ato yang setara), busi lebih awet, tidak berkerak hitam, pembakaran lebih sempurna, soalnya suhu self cleaning effect (kira2 membersihkan diri sendiri) tercapai optimal.
kalo mesin std pake busi racing, panas di busi akan lebih cepat dilepas. suhu self cleaning effect tak tercapai. busi mudah jadi hitam, pembakaran kurang sempurna, dan cepat mati. Usia busi racing juga tidak selama busi harian, soalnya lebih mementingkan performa daripada ketahanan. Coba bro tanya sama mekanik2 balap, busi racing dipakai buat berapa race?
1 more, busi racing dikatakan racing karena bukan hanya materialnya, (iridium, silver, gold, atau copper) namun juga rentang suhunya. Busi standar memiliki suhu elektroda dan keramik lebih panas, karena jarak ujung elektroda dan keramik sebagai isolator listrik (tapi perambat panas juga) jauh dengan badan busi. coba bro lihat, busi standar rata2 punya celah dalam antara badan busi (ulir ) dengan keramik.
Beda dengan busi racing, celahnya dangkal, lebih cepat merambatkan panas.
jadi lebih dingin dong?
Mana yang bagus?
lihat mesin dulu, kalo mesin standar, suhu yang dihasilkan sesuai dengan busi standar, jadi pake busi standar (ato yang setara), busi lebih awet, tidak berkerak hitam, pembakaran lebih sempurna, soalnya suhu self cleaning effect (kira2 membersihkan diri sendiri) tercapai optimal.
kalo mesin std pake busi racing, panas di busi akan lebih cepat dilepas. suhu self cleaning effect tak tercapai. busi mudah jadi hitam, pembakaran kurang sempurna, dan cepat mati. Usia busi racing juga tidak selama busi harian, soalnya lebih mementingkan performa daripada ketahanan. Coba bro tanya sama mekanik2 balap, busi racing dipakai buat berapa race?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: banding-banding busi nihhh...
O ya, self cleaning effect bukan berarti busi mampu membersihkan diri sendiri, namun berarti kondisi dimana bahan bakar mampu terbakar secara tuntas, paling sedikit meninggalkan residu seperti karbon, berarti busi lebih jarang dibersihkan. kalo dibuka warnanya kira2 merah bata, atau merah abu2, ato abu2, yang bagus merah bata ato merah kecoklatan , ok?
tambahan, busi racing yang ditawarkan di pasaran belum tentu benar2 racing, mungkin modelnya saja yang racing, kalo bener2 racing, pasti tidak seawet busi standar.
Pembakaran yang bagus, api harus besar, namun tidak kebesaran. kenapa? coba dibayangkan, butuhnya memanaskan air 1 liter hingga mendidih selama 1 menit, tapi kalornya ditambah. 1/2 menit udah mendidih. kan percuma, kan butuhnya 1 menit?
Pada busi standar, tegangan dinaikkan berlebih bisa mengakibatkan busi meleleh, bahkan bisa merusak kepala piston dan kepala silinder.
Penggantian busi racing, disertai koil racing (tegangan lebih tinggi) sebaiknya diimbangi penyetelan ulang waktu pengapian, karena mempengaruhi lamanya bensin dibakar di ruang bakar. atau mudahnya, ganti busi n koil racing, sebaiknya ganti cdi racing juga (sesuai spek mesin) untuk menghindari tekanan berlebihan akibat pembakaran yang lebih cepat.
tambahan, busi racing yang ditawarkan di pasaran belum tentu benar2 racing, mungkin modelnya saja yang racing, kalo bener2 racing, pasti tidak seawet busi standar.
Pembakaran yang bagus, api harus besar, namun tidak kebesaran. kenapa? coba dibayangkan, butuhnya memanaskan air 1 liter hingga mendidih selama 1 menit, tapi kalornya ditambah. 1/2 menit udah mendidih. kan percuma, kan butuhnya 1 menit?
Pada busi standar, tegangan dinaikkan berlebih bisa mengakibatkan busi meleleh, bahkan bisa merusak kepala piston dan kepala silinder.
Penggantian busi racing, disertai koil racing (tegangan lebih tinggi) sebaiknya diimbangi penyetelan ulang waktu pengapian, karena mempengaruhi lamanya bensin dibakar di ruang bakar. atau mudahnya, ganti busi n koil racing, sebaiknya ganti cdi racing juga (sesuai spek mesin) untuk menghindari tekanan berlebihan akibat pembakaran yang lebih cepat.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
- Location: Solo - Cilegon
- Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina
Re: banding-banding busi nihhh...
Bro,.Cloud wrote:O ya, self cleaning effect bukan berarti busi mampu membersihkan diri sendiri, namun berarti kondisi dimana bahan bakar mampu terbakar secara tuntas, paling sedikit meninggalkan residu seperti karbon, berarti busi lebih jarang dibersihkan. kalo dibuka warnanya kira2 merah bata, atau merah abu2, ato abu2, yang bagus merah bata ato merah kecoklatan , ok?
tambahan, busi racing yang ditawarkan di pasaran belum tentu benar2 racing, mungkin modelnya saja yang racing, kalo bener2 racing, pasti tidak seawet busi standar.
Pembakaran yang bagus, api harus besar, namun tidak kebesaran. kenapa? coba dibayangkan, butuhnya memanaskan air 1 liter hingga mendidih selama 1 menit, tapi kalornya ditambah. 1/2 menit udah mendidih. kan percuma, kan butuhnya 1 menit?
Pada busi standar, tegangan dinaikkan berlebih bisa mengakibatkan busi meleleh, bahkan bisa merusak kepala piston dan kepala silinder.
Penggantian busi racing, disertai koil racing (tegangan lebih tinggi) sebaiknya diimbangi penyetelan ulang waktu pengapian, karena mempengaruhi lamanya bensin dibakar di ruang bakar. atau mudahnya, ganti busi n koil racing, sebaiknya ganti cdi racing juga (sesuai spek mesin) untuk menghindari tekanan berlebihan akibat pembakaran yang lebih cepat.
minta merk dan kisaran harganya dunks..ha.ha.ha
takut dikerjain ma bengkelnya nih ..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: banding-banding busi nihhh...
hohoh.. busi racing yang dimaksud apa dulu nih ya? saya jadi bingung...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
- Location: Solo - Cilegon
- Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina
Re: banding-banding busi nihhh...
smuany dah kaya koil busi ma busi racing ma CDI nya dan yang penting cocok dengan motor gw, supra X tercinta.r1210g wrote:hohoh.. busi racing yang dimaksud apa dulu nih ya? saya jadi bingung...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: banding-banding busi nihhh...
maksudnya busi iridium kali ya?
itu muantap koq bro...
Koil juga boleh kalo mau ganti yang gede...
CDI kurang tau dah...
Smua yang pasti bikin performa motor naik, dan dampak buruknya
limit
n-->0
hahaha,, rumus matematika...
itu muantap koq bro...
Koil juga boleh kalo mau ganti yang gede...
CDI kurang tau dah...
Smua yang pasti bikin performa motor naik, dan dampak buruknya
limit
n-->0
hahaha,, rumus matematika...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
- Location: Solo - Cilegon
- Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina
Re: banding-banding busi nihhh...
iya bro
kisaran brp ya busi iridium tuk supra X
ma koil yang cocok dah skalian...
kisaran brp ya busi iridium tuk supra X
ma koil yang cocok dah skalian...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: banding-banding busi nihhh...
kalo iridium itu harganya sekitar 80rb rupiah..
kalo koil itu pake XP mungkin.. saya baru rencana mau beli itu sih..
harganya sekitar 150-170 rb..
kalo koil itu pake XP mungkin.. saya baru rencana mau beli itu sih..
harganya sekitar 150-170 rb..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: banding-banding busi nihhh...
Wah, kalo merek disebut ntar dikira promosi, tapi merek2 yang sudah disebutkan bro di atas sudah cukuplah untuk dipakai, Busi dari hasil tes kebanyakan yang paling stabil tahanannya adalah N*K, koil juga banyak macamnya lo, ada B**e Thun**r, B*T, No***y, dan masih banyak lagi. Yang penting disesuaikan dengan budget, eh tapi busi racing (bener2 racing) kalo dipasang tanpa ganti koil bisa hitam lo,
Kalo CDI, banyak juga macamnya, ada B*T, R***or, dsb, pokoknya cari yang khusus harian (kalo dipakai buat harian). Nah, tergantung bro mau milih yang mana, ntar kalo dikasi penilaian dikira td adil (kan penilaian seseorang thdp merk berbeda). Yang jelas, semua merk punya keunggulan baik dilihat dari segi performa, harga, atau reliabilitas.
Kalo CDI, banyak juga macamnya, ada B*T, R***or, dsb, pokoknya cari yang khusus harian (kalo dipakai buat harian). Nah, tergantung bro mau milih yang mana, ntar kalo dikasi penilaian dikira td adil (kan penilaian seseorang thdp merk berbeda). Yang jelas, semua merk punya keunggulan baik dilihat dari segi performa, harga, atau reliabilitas.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Apr 10, 2008 0:07
Re: banding-banding busi nihhh...
menurut saya paling bagus sih NGK iridium IX. harganya 6 biji sekitar 50 dollar an.
g coupe
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
- Location: Solo - Cilegon
- Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina
Re: banding-banding busi nihhh...
Cloud wrote:Wah, kalo merek disebut ntar dikira promosi, tapi merek2 yang sudah disebutkan bro di atas sudah cukuplah untuk dipakai, Busi dari hasil tes kebanyakan yang paling stabil tahanannya adalah N*K, koil juga banyak macamnya lo, ada B**e Thun**r, B*T, No***y, dan masih banyak lagi. Yang penting disesuaikan dengan budget, eh tapi busi racing (bener2 racing) kalo dipasang tanpa ganti koil bisa hitam lo,
Kalo CDI, banyak juga macamnya, ada B*T, R***or, dsb, pokoknya cari yang khusus harian (kalo dipakai buat harian). Nah, tergantung bro mau milih yang mana, ntar kalo dikasi penilaian dikira td adil (kan penilaian seseorang thdp merk berbeda). Yang jelas, semua merk punya keunggulan baik dilihat dari segi performa, harga, atau reliabilitas.
wah bro..newbie gak tau apa2 gw..hahahahaha
di PM aja deh..
thanks berat yahh
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Fri Feb 08, 2008 7:16
- Location: Solo - Cilegon
- Daily Vehicle: Nissan - Grand Livina
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Sat May 03, 2008 9:46
- Location: no where
Re: banding-banding busi nihhh...
NGK and DENSO