Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
poeticmind wrote:masih dalam topic... bro... hehe ganti velg ke diameter diatas 2" dari standar memang hubungan nya ke rem, fender, ban, kaki kaki, laher (ini harus diperhatikan) dan PCD (lubang 4/5/6).
cheers!
Bagaimana jika Rim Size nya naik 2" tapi diameter total rodanya (velg+ban) masih relatif sama? Misalnya:
Spek awal 235/75R15 (diameter roda kira2 28.9" alias 734mm) diganti 235/65R17 (diameter roda kira2 29.03" alias 737 mm), berarti selisih diameternya kira2 cuma 3 mm...(cuman 1.5 mm tiap sisi)
Apakah pengaruhnya masih cukup "dahsyat" buat konstruksi asli kaki2 mobil?
tidak masalah, kaki kaki masih kuat utk R17. karena seperti manual pabrikan memang menyebutkan penggantian rims dianjurkan sampai batas 2" diatasnya...
tapi yg menjadi masalah sedikit adalah laher, saya pikir umurnya pasti tidak akan selama jika memakai rims standarnya... misal, sehrusnya laher bisa bertahan sampai 6-7tahun, akan ada penggantian lebih cepat di tahun ke 4 atau ke 5. tapi ini tidak dapat diprediksi, sesuai dengan umur pemakaian dan kondisi jalan yg biasa dilalui...
dan yang terakhir adalah FC, jika rims baru lebih berat pasti ada pengaruh sedikit... (tidak begitu kerasa sih...)
note: kelebihan nya handling jadi semakin mantap dan lebih rigid.
^^^
oce deh... Brarti selain diameter, kalo bisa bobot total roda-nya juga harus mirip2 dengan yg spek aslinya gitu kali ya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
imsus2c wrote:^^^
oce deh... Brarti selain diameter, kalo bisa bobot total roda-nya juga harus mirip2 dengan yg spek aslinya gitu kali ya?
yup... tapi pasti lebih berat, ga masalah. hanya sebagai catatan saja utk kita... jika terasa sedikit lebih berat itu karena rims diganti, bukan mesin jadi boyo...
hehehe, soalnya ada beberapa kasus complain ke bengkel karena tenaga drop... padahal setelah tune up dia ganti rims dari 15 ke 19inch, ya jelas lah...
ga masalah lah! jika mas imsus mau ganti ke 17, saya yakin pengaruh nya hampir tidak terasa... malah semakin mantap di tol... biasanya 140km/j sudah melayang, ini masih stabil seperti di 90km/j.
dan jalan tidak rata pun masih oke, karena mas masih bisa dibilang tebel ban nya... (235/65/17).
bantingan akan mulai terasa keras jika ban sudah masuk ke tebel 50. misal, 225/50/17.
^^^
trims atas sharingnya bro, tinggal tunggu penerbitan SK pengadaanya-nya dari Menteri Keuangan di rumah nih...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Jangan lupa, ganti velg ke diameter yg lebih besar juga menimbulkan sedikit error dalam proses pembacaan jarak tempuh oleh odometer.
Tapi ga bgitu signifikan sih. Jadi kesimpulannya, hayuu pak Imsus diganti aja velgnya....(kompor, hehehe.....)
tp kl kita pake velg gede,kita jg harus pinter2 pilih jalan yang mulus biar mobil ga cepet rusak kaki2nya, soalnya aku pake 17" di estilo dengan keadaan suspensi standart tiap lewat jalan rusak pasti bunyi glodak2.....
Wah.. sipp... Datanya kumplit.. Kalu twincam standarnya pake yg 13 apa 14 ya? Soalnya gw pernah liat ada yg pake rim 13. Kecil bgt keliatannya dibandingin punya gw.
Mungkin pake yg 15 dipakenya lebih enak kali ya. Yg 16 sekarang ini rada2 anti pipa kejut (polisi tidur) atau lobang gede. Apalagi pipa kejut di kawasan industri rata2 gede2, maklum buat truk. Jadi kalu buat sedan suka mentok euy...
Wah.. sipp... Datanya kumplit.. Kalu twincam standarnya pake yg 13 apa 14 ya? Soalnya gw pernah liat ada yg pake rim 13. Kecil bgt keliatannya dibandingin punya gw.
Mungkin pake yg 15 dipakenya lebih enak kali ya. Yg 16 sekarang ini rada2 anti pipa kejut (polisi tidur) atau lobang gede. Apalagi pipa kejut di kawasan industri rata2 gede2, maklum buat truk. Jadi kalu buat sedan suka mentok euy...
memang sebenernya 15" itu velg yg pas utk daily use, karena keliatan gede (seperti 16) tapi jelas diatas 14.
that's why, pemilihan velg kalo saya pikir lebih baik di ganjil, dibanding genap... 13 looks like 14, 15>>16, 17 seperti 18, 19 seperti 20. well, just my opinion aja...
dan correct me if i'm wrong, ban genap harganya beda seperak dua dengan ganjil diatasnya. malah... pernah kena dulu ban 16 lebih mahal dari 17... lupa kapan, sekitar tahun 97an, no idea sekarang.
Guys, mau tanya, ganti velg ke velg bermerek tapi asli tu mubadzir ga? Ato mending beli replikanya aja?
Kmaren dapet info dari temen ada yang ngejual Rays Engineering 15" satu set asli 10 juta tanpa ban. Kalo pilih replika khan 10 juta udah dapet pelek gede tuh, temen aja ada yang dapet replika HRE 18" cuma 8,5juta termasuk bannya...
Ragu-ragu juga nih mau ganti, kalo ganti pelek yang ukurannya sama-sama 15 inci gayanya ga gitu keliatan. Pelek bermerek yang asli ukuran 16" aja harganya udah ga ketulungan tuh, 15" aja dah mahal. Trus kalo pake replika yang gede (17" keatas) jadi boros nih bbmnya, padahal skarang harga pertamax khan semakin mencekik, tapi pengen tampil keren dunk pake pelek non-standar...
kl pake yg asli, meskipun gaya kurang nendang tp harga diri naik......truz karena ringan (velg bertipe forged) tarikan jd lebih enteng,tp ya itu td harus pinter2 pilih jalan soalnya kl velg forged udah peyang, betulinnya susah bahkan g bs2 g bs d betulin lg......kan sayang jd nya.........
eternorockstar wrote:kl pake yg asli, meskipun gaya kurang nendang tp harga diri naik......truz karena ringan (velg bertipe forged) tarikan jd lebih enteng,tp ya itu td harus pinter2 pilih jalan soalnya kl velg forged udah peyang, betulinnya susah bahkan g bs2 g bs d betulin lg......kan sayang jd nya.........
>>>
hanya masukan, bro ddaru akan sampai mana dimodifikasi? dibawa keluar kota kah? atau mau di performance? atau hanya sebatas standar tapi fancy saja?
jika bro akan di performance, pilih velg jepun... keuntungan nya ringan, dan kuat. ini diperlukan utk nanti jika mobil sudah upgrade mesin dsb.
jika mobil bro hanya dipakai di dalam kota, silahkan pilih velg replika... nah replika ada bbrapa macam, buatan lokal dan taiwan... pilih saja taiwan. soal berat, bisa dicari kadang ada seri yg cukup ringan... meski tidak bisa menyaingi velg jepun.
utk keluar kota, pemakaian velg replika memang harus extra hati2 apalagi menggunakan ban tipis... teman saya pulang pergi bdg semarang dengan velg 18inch... sangat berhati2 waktu berkendara... capek lah resikonya.
yang dimaksud oleh bro eterno, harga diri naek mungkin secara itu velg asli... jadi yaaa... makenya pede gitu...
jika bro ambil rays engineering, hanya org2 tertentu saja yg mengetahui kalo itu velg mahal... tapi, aman.
nah, kalo saran saya... kalo bro ambil velg gede, simpan velg asli dan ban nya... jika mau keluar kota, ganti dulu! mudah kok... tidak sampai 1jam dikerjakan sendirian... kan?!
yep..bro ddaru kalo ganti velg orientasi ke performance yah pilih velg forged macam SSR ato VOlk ato rays deh..tapi pilih yg 1 piece forged aza..ringan itu velg..kuat, tapi bkn berarti anti peang...kalo dihantam jg peyang sih....bagusnya sih akselerasi mobil bakalan meningkat deh soale velgnya ringan, otomatis beban roda berkurang (tergantung kenaikan lebar tapak ban yah).
umumnya, velg2 ringan macam beginian style nya lbh ke arah racing, kalo mo arah elegance sih velg nya jg berat..sami mawon sama velg buatan Taiwan misalnya...paling ada pun ringan dikit...yg membedakan biasanya kualitas buatan dan finishing antara velg asli buatan jepun ato taiwan(velg taiwan yg kredible aza skg finishing nya sdh sgt sge bagus)..jangan takut bro, biasanya velg aftermarket walo buatan taiwan asal gak abal2an bgt, lebih ringan dari velg OEM mobil kita..CMIIW.
kalo HRE ga usa tanya bro..muahal..denger2 katanya bisa custom made sesuai spek yg kita mau..tapi yah itu,,muahal..hehehehe...walo ga pnh lihat aslinya...finishing nya mantab dah..tapi saya yakin ini velg gak ringan sampe kemana mana..konstruksi 3pieces sih:)
mksd harga diri naek itu yg spt bang poectic sebutin, kalo make barang asli kan gengsi naek..tapi yah jarang jg yg tau..hehehe...
yg penting tentukan dulu orientasi modifikasi nya kemana deh bro..ikutin kata ati...hihihihi...kalo mo ke performa pure yah ambil forged wheels....kalo mo elegan yah tetep ke arah velg2 gambot itu..hehehe..contoh saya cuma maunya melebarkan tapak ban tanpa mengorbankan kenyamanan akhir nya pake velg 18 aza...that's all...
Iya juga ya, malah saya bingung nih nyari arah modif saya...
Interior udah elegan mampus, jok udah motif kotak-kotak tahu warna Burgundy Red. Tapi pengennya memaksimalkan performa standar & ga perlu repot ganti-ganti ban kalo mau ke luar kota, jadi pengennya tu velg Jepun. Tapi interior udah elegan gitu bakal aneh juga kalo pasang velg macem Volk, Rays, ato Enkei, dan kalo pake velg dish replika yang gede repot juga dijalan. Harus dipikirkan lebih matang ni... Sebenernya ga peduli juga kalo orang ga tau kalo velg 15" Volk/Rays/Enkei tu mahal harganya, yang penting rasa mantap di hati tuh uda pake velg asli berperforma tinggi (yang cukup mahal), lebih bangga dari pake velg asli tu.
Saya sih kayaknya ga bakal utak-atik mesin, sayang tuh, masih perawan mesinnya, hehehe, dirawat aja, standarnya udah lumayan kenceng kok. Saya juga ga bakal mau repot kalo pake pelek gede. Kalo ga diceperin keliatan cingkrang, kalo diceperin jadi keras & gampang mentok sana-sini. Sementara pake standar dulu dah...
Bro ddaru,
Beli velg yg branded, mubazir atau engga sih IMHO tergantung plan saat akan membeli, apakah hanya untuk show off atau memang untuk merasakan performance-nya?
Klo hanya untuk show off, pasti deh dalam tempo singkat akan merasa mubazir. Karena kecenderungan show off itu hanya sesaat, udah gitu nyesel deh... (sounds like pengalaman pribadi, wakakakak.....)
ah pak satyr..itu temennya ga tau yg namanya barang bagus..hahaha..sorri..no offense though:)
yah bro ddaru..gud thought...yg penting puas sendiri..kalo gitu mah ga usa pusing2 aliran lagi dah..hehehe..mo elegant di interior racing di luar...yg penting performa nya dapet...rasa puas nyembat di hati..hehehe..well, me myself jg gitu koq..ga terpatok pada aliran2 lhar..yg penting sor,..kalo pun output nya secara penampilan aneh,. yg penting ane uda puas ama ubahannya...ane cm perlu tanggung jwb sama diri ndiri..hehehehe..
oiya bro..keras ga keras itu tergantung pilihan ban dan profil ban yg bakal dipakai, kalo naek 2 inch, masi dapet ban profil 50 ga kan keras kali bantingannya dibandingkan standar asal pemilihan bannya tepat...one more., kalo pake velg jepun forged yg ringan ga usa ribet2 upgred rem lagi dah....soale velg berat ditambah telapak ban yg lbh lebar py kecenderungan menarik jarak pengereman..CMIIW
ZombiEE wrote:...kalo naek 2 inch, masi dapet ban profil 50 ga kan keras kali bantingannya dibandingkan standar asal pemilihan bannya tepat...
Ban profil 50 menurut saya pilihan yang tepat, both untuk show off dan daily use. Sebenernya 45 pun masih oke kok, tergantung "rasa" masing2 saat driving. Yg pasti, profil 40 udah ga nyaman...
ZombiEE wrote:ah pak satyr..itu temennya ga tau yg namanya barang bagus..hahaha..sorri..no offense though:)
yah bro ddaru..gud thought...yg penting puas sendiri..kalo gitu mah ga usa pusing2 aliran lagi dah..hehehe..mo elegant di interior racing di luar...yg penting performa nya dapet...rasa puas nyembat di hati..hehehe..well, me myself jg gitu koq..ga terpatok pada aliran2 lhar..yg penting sor,..kalo pun output nya secara penampilan aneh,. yg penting ane uda puas ama ubahannya...ane cm perlu tanggung jwb sama diri ndiri..hehehehe..
oiya bro..keras ga keras itu tergantung pilihan ban dan profil ban yg bakal dipakai, kalo naek 2 inch, masi dapet ban profil 50 ga kan keras kali bantingannya dibandingkan standar asal pemilihan bannya tepat...one more., kalo pake velg jepun forged yg ringan ga usa ribet2 upgred rem lagi dah....soale velg berat ditambah telapak ban yg lbh lebar py kecenderungan menarik jarak pengereman..CMIIW