Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
poeticmind wrote:begini mas imsus, akselerasi itu boleh2 saja tapi bukan tiba2 (one shoot), sebaiknya jangan dulu... pemakaian oli kental agar aman saja... jadi si empu mobil meskipun bejek gas, ada pengamanan (efek ke tenaga berat)... sebaliknya oli encer, agar si empu mobil tidak usah bejek gas... cukup tempel gas, mobil ringan..tapi control jangan sampai akselerasi one shoot.
nah... mana kira2 yg mas mau pilih? itu terserah kepada mas...
masa break in ga masalah dipakai jauh... malah bagus, karena akan memberi irama yg seimbang pada mesin... istilahnya seperti joging. beban tidak menjadi masalah, asal sesuai dengan kemampuan rekomendasi setiap mobil. asal dibawah kapasitas maksimum, silahkan saja... mesin tidak akan ngomel...
jadi sebenernya bukan argumen, mas... tapi pilihan saja, kalo saya biasanya memakai oli biasa dulu (tidak perlu yg bagus), selama 2-3kali recommend penggantian oli, baru memakai oli yg 'oke'. setiap hari ada ritual jalan2 keliling2 kota, maksudnya sekalian checking up jika ada keanehan di mesin or apa saja yg ganjil bisa langsung ditangani...
hal2 lain yg perlu di cek setelah overhaul: seal packing set, air radiator (berkurang atau tidak) + water pump, dinamo + kelistrikan, throttle body (sensor), AC, CO, dan temperatur mesin.
Ok deh..advice taken...
soalnya melihat kesibukan saya, agak susah buat ngehabisin yg 2000km itu loh... maunya sih mo ta pinjem-pakaikan sama temen buat test drive/engine break ini, tapi ya agak ngeri juga mo instruksi ke dia harus pake cara gimana.
ayo - ayo...dibuka lowongan test driver untuk engine break in ...hehehehe.................j/k
perkiraan, boil serah terima tgl 5, 6 atau 7 besok, rencananya, paling mo ta kasih mesran/fastron yg 20-50W, bbm tetep pertaplus, trus bawa jalan2 sehari 50-75an Km lewat rute dalkot padat dan di hari minggu depan (tgl 13 April) mo ta coba mendaki di gn.penanjakan/bromo (2700 Mdpl) muat 4 orang termasuk driver. Gimana nih, ok ngga bang poetic?
sebenernya pengen test drive....
cuman ngeri kasih minumnya.... sudah spec up dr standar.....
poeticmind wrote:hahahaha! oke oke... sebenernya dipakai tiap hari sudah cukup lho...
pilihan oli sudah mantap, mas... bbm oke, dan ke bromo pun tidak masalah... karena perjalanan dari sby sudah cukup utk memberi latihan pada mesin. pas nanjak di bromo ga masalah... menimbang, mesin mas imsus lebih besar dibanding sebelumnya, jadi pasti tidak ada kendala waktu menanjak.
oya ada baiknya, setelah pulang dari bromo langsung ganti oli lagi...
Thanks...taken again advice-nya
Kalo cuman ganti oli lagi sih no problemo, asal jangan dari bromo suruh ganti engine ma boil-nya huehehehe................................... ..............
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
poeticmind wrote:begini mas imsus, akselerasi itu boleh2 saja tapi bukan tiba2 (one shoot), sebaiknya jangan dulu... pemakaian oli kental agar aman saja... jadi si empu mobil meskipun bejek gas, ada pengamanan (efek ke tenaga berat)... sebaliknya oli encer, agar si empu mobil tidak usah bejek gas... cukup tempel gas, mobil ringan..tapi control jangan sampai akselerasi one shoot.
nah... mana kira2 yg mas mau pilih? itu terserah kepada mas...
masa break in ga masalah dipakai jauh... malah bagus, karena akan memberi irama yg seimbang pada mesin... istilahnya seperti joging. beban tidak menjadi masalah, asal sesuai dengan kemampuan rekomendasi setiap mobil. asal dibawah kapasitas maksimum, silahkan saja... mesin tidak akan ngomel...
jadi sebenernya bukan argumen, mas... tapi pilihan saja, kalo saya biasanya memakai oli biasa dulu (tidak perlu yg bagus), selama 2-3kali recommend penggantian oli, baru memakai oli yg 'oke'. setiap hari ada ritual jalan2 keliling2 kota, maksudnya sekalian checking up jika ada keanehan di mesin or apa saja yg ganjil bisa langsung ditangani...
hal2 lain yg perlu di cek setelah overhaul: seal packing set, air radiator (berkurang atau tidak) + water pump, dinamo + kelistrikan, throttle body (sensor), AC, CO, dan temperatur mesin.
Ok deh..advice taken...
soalnya melihat kesibukan saya, agak susah buat ngehabisin yg 2000km itu loh... maunya sih mo ta pinjem-pakaikan sama temen buat test drive/engine break ini, tapi ya agak ngeri juga mo instruksi ke dia harus pake cara gimana.
ayo - ayo...dibuka lowongan test driver untuk engine break in ...hehehehe.................j/k
perkiraan, boil serah terima tgl 5, 6 atau 7 besok, rencananya, paling mo ta kasih mesran/fastron yg 20-50W, bbm tetep pertaplus, trus bawa jalan2 sehari 50-75an Km lewat rute dalkot padat dan di hari minggu depan (tgl 13 April) mo ta coba mendaki di gn.penanjakan/bromo (2700 Mdpl) muat 4 orang termasuk driver. Gimana nih, ok ngga bang poetic?
sebenernya pengen test drive....
cuman ngeri kasih minumnya.... sudah spec up dr standar.....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
^^^ klo tinggal nge-Gas ajah... namanya ra sopan Boss....
klo emang mau test drive minimal harus tau rasa nya lah...
rasanya ngasih minum & rasanya injek gas nya....
poeticmind wrote:hahahaha! oke oke... sebenernya dipakai tiap hari sudah cukup lho...
pilihan oli sudah mantap, mas... bbm oke, dan ke bromo pun tidak masalah... karena perjalanan dari sby sudah cukup utk memberi latihan pada mesin. pas nanjak di bromo ga masalah... menimbang, mesin mas imsus lebih besar dibanding sebelumnya, jadi pasti tidak ada kendala waktu menanjak.
oya ada baiknya, setelah pulang dari bromo langsung ganti oli lagi...
Thanks...taken again advice-nya
Kalo cuman ganti oli lagi sih no problemo, asal jangan dari bromo suruh ganti engine ma boil-nya huehehehe................................... ..............
wakakakaka ! ga lah mas, malah rasanya semakin enteng mesin nya. saya punya pengalaman soalnya, karena dulu mobil saya overhauling di bandung setelah itu langsung bawa ke bali... nonstop, hanya istirahat makan di jogja, ketmuan sama teman di solo dan maen2 ke adek sepupu di ngagel - sby, langsung tancep ke bali.
warning : setelah overhauling, mesin akan terasa sangat ringan... nah, diusahakan jangan langsung dibawa kenceng2 (sekitar 500km lah pada kecepatan maksimal 80km/j) dan jangan di gas mendadak... berbeda dengan mobil keluar dari pabrik. overhauling lebih spt sehabis di PnP, lebih halus...
hallo p imsus
santiku kmarin cuman discan aja mesinnya pake alat biasa yg dipakai trus diatur atur apanya gitu lalu disaranin pake pertamax
yaaa ane itulah hasilnya enak tenan
slamat deh klo dah mau beres santi nya dioverhaul
yaa pengen juga sih nyobaiin enrenyen santi p imsus
wah banyak juga tuh pencerahan tentang gimana mobil yg baru baru dandan
punyaku sih sdh puas dulu lah, sb sudah kenceng bin stabil
^^^
ikutan seneng juga nih pak, akhirnya santi-nya bisa "normal"
iya nih, rencananya sabtu besok (5 april) overhaulnya kelar...dah ga sabar...
kapan - kapan kalo ada budget lagi, giliran body+interior-nya yg di"overhaul" juga hehehe.....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
iya nih bang...sayang menteri keuangan dirumah sudah ga mau acc budget tambahan neh... Padahal kemaren rencananya buanyaakkk, mo ganti cat, ganti roda, bangun interior... Akhirnya budget-nya dibelokkin buat renovasi rumah+carport...ya udah ngalah...
Saya juga sering lihat Santi putih mulus dijalan loh...biasanya kalo ada konvoy pejabat negara atau militer, dia pasti lewat paling depan tuh... Hanya saja di atapnya ada lampu rotary/strobe warna biru trus di sisi sampingnya/di pintu ada logo perisai warna biru-hijau-hitam bertuliskan "POLISI MILITER" wakakaka...... ..... sayang ngga sempat ambil foto-nya, kapan2 kalo papasan dijalan ta ambil fotonya deh....
Kira2 kalo santi saya ta bikin seperti itu ditangkap ga ya?
Btw...iseng2 dapat gambar dari internet, ada yg modif si Santi kayak gambar ginian di US sono...kira2 bagus ga tuh?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
boleh juga, tuh... mas imsus... mungkin utk tahap awal... di dandani sek... yg US, headlamp projector itu, hahaha! keren sih, sayang saya susah mendapatkan bahan projector ini... kalo ada bisa saya bantu modifnya!
kalo spion ditambah lampu sen oke juga itu, pake yg LED.
dan modifikasi pada sektor fog lamp... terakhir velg. nah utk velg, saya recommend jangan terlalu besar... yg penting ban masih tebal. soalnya saya menebak mas imsus suka jalan2 ke luar kota utk travelling.
kalo saya jadi mas, saya akan lebih fokus pada interior... senyaman dan serapih mungkin.
brita gembira telah lahir kembali santi p imsus
mohon doa restunya agar tetap jadi santi yang cantik dan setia ama juragannya
iri euy ama reborn santinya
bro poeticmind nuhun pisan betul aki ku mesti dikasih penutup panas
segera deh aku mau mampir bengkelmu
blon ada waktu nih lewat bdg lagi
besok minggu siang rencana ada jalan ke bdg, tapi klo bro ada waktu ntar saya kontak deh
yuuuuk kita bikin kembang api buat kelahiran santi bung imsus....................ha ha ha
gimana nih warta rebornnya ?
pasti masih ditimang-timang sayang tuh santi p imsus sb belum ada reportnya
mas poeticmind maaf kmarin gak jadi ke bdg, poke klo ke bdg sy upayakan mampir deh
mhn bantuan lagi nih, santiku suka kedengaran gluduk-gluduk di bagian depan bawah pas lewati jalan gelombang or rusak, tapi shickbeaker masih oke, sebab klo ane rem mendadak mobil stabil dan goyang-goyang spt naik prahu, goyang sekali trus diam, kenapa yaaa ?
sudah saya bawa ke Beres, tapi belum sempet diangkat mblnya sebab perlu waktu agak lama untuk lihat kaki kakii dan karet-karetnya, ane waktu itu gak punya waktu lama, belum kesana lagi
trus penyakit yang lama masih kadang muncul, ini udah 2 kali aku alami, yaitu mobil jalan tapi pas digas gak ada tenaga dan gak galak, ijak gak tetep aja lemot, lalu solusinya sy matiin mesin, trus dihidupin lagi baru balik tuh tenaganya, gimana yaaa ? apa jaringan elektriknya gitu yaang masih maslah. mohin pencerahan
eman belum ane tambahin octane bosster atau injector cleaner atau aditif lainnya.
mas inoz, silahkan kembali ke bengkel... utk dilihat lagi, takutnya memang sensornya ngaco lagi. Memang kemaren teman di bengkel juga bilang, kalo masalah muncul lagi dibawa kesana saja... ntar dilihat ECU nya kembali, berubah tidak seting nya... octane booster dan injector cleaner tidak ada hubungan nya dengan masalah santi mas inoz.
terus terang, kalo masalah ini kadang2 muncul... artinya ada yg salah dengan kelistrikan. karena jika dimatikan mesin dan dihidupkan kembali baru seting nya kembali normal. nah, buat solusi nya biar ntar di bengkel dilihat.
utk gluduk2, sepertinya memang karet2. biasanya dudukan per... bener ga mas imsus? hehehe!
ntar kalo mau ketemuan lagi di bengkel, sekalian saya pasangkan peredam panas utk aki nya.
ini saya juga lagi menunggu report mas imsus 1 chapter lengkap, reborn santa fe...
mas tonie betul ane setuju kayaknya bushingnya sdh perlu diganti
dan poeticmimnd suwun sarannya
betul kayaknya elektrik atau aliran listriknya ada yang kurang beres, kadang ngadat, bisa setelan ECU nya berubah kali
coba besok pagi klo dah beres urusan di kantor, ane mau mluncur ke bdg, mau priksaiin santiku
sorry neh...baru sempet ke SM dan ga bisa berlama-lama....kerjaan uanyak skalee....
Sabtu kemarin (5 April 2008), Santi dah bisa diambil...langsung test+engine break.
Sampe hari ini, sudah dapet 950an KM (whew...what a job!!!), besok mo dikembaliin ke bengkel buat "final analyzing+tuning".
Mesin sih secara kasat mata ga ada bedanya ma dolo hehehe...no surprise in it, tapi secara performa, terasa banyak perbedaan.
Selama 950an KM ni mungkin saya blom bisa kasih full review...masih days oftrial and error hehehe....
Tapi yg saya rasakan gasnya lebih galak dan narik, koplingnya lebih empuk...jadi kalo nyetir pelan malah ndut2an....
Yang saya cukup berkesan, powernya nambah cukup signifikan (menurut saya loh...), dulu (sebelum overhaul) di ruas tol Surabaya Gempol, gigi 5/Rpm 3000, speednya 100Kph. Kemaren dicoba dengan gigi/rpm yg sama dan di ruas jalan yg sama, kecepatan tembus 120-125Kph.
Di tanjakan pun begitu, di beberapa ruas yg harus pake gigi 1 atau 2, sekarang berani 2 ato malah kalo ancang2nya cukup jauh berani 3. Ngeri juga seh...kan sedang masa engine break (nekat....)
Sekarang masih ada trouble di beberapa sensor, kalo mesin masih dingin, suka batuk2 dan mati sendiri, tapi kalo dah panas bisa ngacir lancar....
Besok habis tune up 1000KM mo dijajal Mojokerto-Pandaan-Bromo-Pandaan-Mojokerto...wish me luck yah?
Untuk BBM dan yg lain2, blom bisa kasih review...tapi pasti saya update disini...
Btw, buat pak Inoz, suara gluduk2 tu most definitely dari kaki2 dan bushingnya. Seperti kata om Tonie, mendingan bawa ke bengkel spesialis onderstel (kaki2).
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Dari yang dibicarakan di sini ternyata Santa Fe generasi pertama gak seperti yang dibilang orang ya (banyak negatifnya), cuma emang modelnya bukan selera semua orang, kurang main stream.
yup! banyak yg melihat santa fe hanya luarnya saja... saya berani buktikan, tidak kalah dengan merek lain. apalagi setelah melihat langsung santi nya mas inoz...! wah, oke banget!
masalah2 yg timbul hanya seputar pemakaian saja, karena sudah beberapa tahun... wajar.
soal model, itu preference tiap orang...
poeticmind wrote:yup! banyak yg melihat santa fe hanya luarnya saja... saya berani buktikan, tidak kalah dengan merek lain. apalagi setelah melihat langsung santi nya mas inoz...! wah, oke banget!
masalah2 yg timbul hanya seputar pemakaian saja, karena sudah beberapa tahun... wajar.
soal model, itu preference tiap orang...
worth it.
Katanya santa fe tu kaki2nya badak ya pak? Jadi no problem kalo di bawa ke medan2 kasar...??