inoz wrote:
ane ngiler juga tuh pas lihat-lihat di bengkel semua mitsu dah pake stutbar antara 2 per kiri dan kanan di kabin mesin
ane jadi pengen nambahin stutbar kayak gitu, katanya fungsinya agar mobil stabil klo pas kenceng dan gak oleng
langsung ane mau beli dan segera dipasang deh klo ada, yaaa pasti gak usah tanya dulu ama menteri keuangan RT
ngiler juga ada lancer 99 yang dah pake gitu ori lagi ada tulisan mitsu nya
tapi sayaaang pas tanya ada gak tuk santiku, mereka jawab gak ada pak, yaa bikinin aja ntar aku bayar deh
gak mahal sih sekitar rp. 300 rb
nasib dah walau skarang dah cukup stabil khan biar lebih mantaaap gitu loooo klooo pake stutbar agar bisa lebih highspeed
Betul pak, strutbar yg dikuncikan ke suspensi (terlihat di kompartemen mesin) itu emang buat kestabilan terutama saat speed-cornering.
Btw, omong2 soal kompor, kemarin pas santi saya check-in di OMS, anak2 sana manas2in lagi neh... Yg dulu panas2i pasang turbo (untunglah menteri keuangan di rumah berhasil menjaga saya hehehe...), kali ini mereka panas2in supaya santi saya dipasangi/modifikasi "full time AWD (all wheel drive) system". Ckckck....jujur aja, iman saya goyah lagi kali ini.... Full time AWD ni juga bisa dicomotin dari bawaannya Evo. Tapi ya itu...mahal dan ribet, harus ganti transmisi sak gelondong, plus modifikasi kaki2/roda belakang supaya bisa dipasangi "kokel" (as penggerak). Full time AWD ni nanti cara kerjanya pake visco (model2 LSD gitu loh...), jadi disaat satu roda hilang traksi, tenaga+torsi akan otomatis tersalur ke bagian tsb. Kalo kondisi normal, tenaga cuma disalurkan ke roda depan aja (murni FWD). Kata mereka, dengan full time AWD ni, boil akan semakin stabil lagi....terutama saat jalan licin, fast cornering di jalan licin atau light off road.
Sayang, biaya untuk pasang full time AWD ni lumayan mahal, mungkin lebih mahal daripada pasang turbo....sayang seribu sayang....
Mungkin buat pak inoz yg hobby ngebut cocok ni....pasang turbo, perkuat rem trus pasang full time AWD