(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
lapor juga ah
berdasrkan kabar b imsus pas enreyen klo santinya rpm 3000 masih pada 125 Kpj
santiku kmarin coba beberapa kali rpm 3000 masih dapet dgn speed sekitar 125 kpj bahkan lebih, apa kesimpulannya ?
apa boilku masih bagus or dah harus di PnP spt saran b imsus
berdasrkan kabar b imsus pas enreyen klo santinya rpm 3000 masih pada 125 Kpj
santiku kmarin coba beberapa kali rpm 3000 masih dapet dgn speed sekitar 125 kpj bahkan lebih, apa kesimpulannya ?
apa boilku masih bagus or dah harus di PnP spt saran b imsus
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
lapor lagi ah
tadi pagi ana test drive lagi ke jkt
wah enank euy tarikan bawahnya
pas nyaliip bisa langsung mak nyuuuus
jadi gak kwatir, gak cukup speednya tuk ngaliip, makin sayang aja deh ama si santi
dan cocok kayaknya dengan gaya ngebut aku cuman tapi ambis nabrak blakang rasanya sudah pelan ternyata spped msh tinggi mak nyiiiiiit
betul kata p imsus harus ati2 ama remnya, ngegas enak aja tapi pas ngerem bisa cium blakang tuh
enak banget ane bisa selip kanan kiri dengan tarikan yg spontan dan cepet gitu
tadi pagi ana test drive lagi ke jkt
wah enank euy tarikan bawahnya
pas nyaliip bisa langsung mak nyuuuus
jadi gak kwatir, gak cukup speednya tuk ngaliip, makin sayang aja deh ama si santi
dan cocok kayaknya dengan gaya ngebut aku cuman tapi ambis nabrak blakang rasanya sudah pelan ternyata spped msh tinggi mak nyiiiiiit
betul kata p imsus harus ati2 ama remnya, ngegas enak aja tapi pas ngerem bisa cium blakang tuh
enak banget ane bisa selip kanan kiri dengan tarikan yg spontan dan cepet gitu
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Thu Apr 10, 2008 12:34
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Pak inoz dan pak imsus, posting dong pic santa fe nya, kalo udah pernah ya di tambah deh pic nya hehehe... 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Thu Apr 10, 2008 12:34
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Kok jadi sepi nih tret?
Pak inoz dan pak imsus pada ke mana?
Pak inoz dan pak imsus pada ke mana?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
he eh jadi sepi lagi pd mudik kali atao tapa brata
sebab pic nya blm bisa dibuat jd malu ama b yates gituuu
klo dah difoto pasti diupload deh
sebab pic nya blm bisa dibuat jd malu ama b yates gituuu
klo dah difoto pasti diupload deh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
halo semua, sorry, sibuk banget nih di kerjaan sama di keluarga, jadi 5 hari terakhir ini ga sempat online.
Pak inoz, kecepatan 120Kph di rpm3000/gigi 5 tu relatif sih... saya dulu di gigi 5 rpm 3000, dapetnya cuma sekitar 100kph. Kalo beda dengan santi pak inoz, kemungkinannya banyak, bisa karena ukuran ban berbeda (punya saya 235/75R15, jadi termasuk gemuk), dan juga muatannya.... Biasanya yg naik Santi saya 3 orang dewasa plus barang bawaan (barang kerjaan). Kondisi jalan pun berpengaruh. Atau malah memang Santinya pak inoz bisa jadi kondisinya lebih fit dari Santi saya, maklum KM Santi saya dah tembus diatas 130.000 hehehe....... Banyak yg dah "kendor".
Yg saya rasakan, setelah PNP, ya itu tadi....gigi 5 rpm 3000 bisa sampai 120kph. Trus keluaran tenaganya saya rasakan sudah ada di rpm yg relatif lebih rendah dibanding sebelum pnp.
Menurut saya, ga ada ruginya kok pnp itu...malah sekalian bisa lihat dalemannya mesin kita kondisinya seperti apa. Cuma mendingan nanti aja pak sekalian ganti timing belt. Kalo ga salah timing belt santi-nya pak inoz kan masih baru. Soalnya acara pnp ini termasuk buka-pasang timing belt lagi...
Cita2 saya sih, saya mo upgrade ke penggeraknya (mo saya ubah ke AWD) sekalian pasang turbo hehehe....tapi biayanya itu loh....
Buat bro YatesRow, saya pernah upload foto santi saya dulu kok, kalo ga salah di topic isi angin nitrogen pada ban mobil (forum common topic of car or automotive). Tapi sesuai janji saya, saya mo uploadin lagi foto-fotonya deh...cuman ga bisa janji waktunya kapan.
Pak inoz, kecepatan 120Kph di rpm3000/gigi 5 tu relatif sih... saya dulu di gigi 5 rpm 3000, dapetnya cuma sekitar 100kph. Kalo beda dengan santi pak inoz, kemungkinannya banyak, bisa karena ukuran ban berbeda (punya saya 235/75R15, jadi termasuk gemuk), dan juga muatannya.... Biasanya yg naik Santi saya 3 orang dewasa plus barang bawaan (barang kerjaan). Kondisi jalan pun berpengaruh. Atau malah memang Santinya pak inoz bisa jadi kondisinya lebih fit dari Santi saya, maklum KM Santi saya dah tembus diatas 130.000 hehehe....... Banyak yg dah "kendor".
Yg saya rasakan, setelah PNP, ya itu tadi....gigi 5 rpm 3000 bisa sampai 120kph. Trus keluaran tenaganya saya rasakan sudah ada di rpm yg relatif lebih rendah dibanding sebelum pnp.
Menurut saya, ga ada ruginya kok pnp itu...malah sekalian bisa lihat dalemannya mesin kita kondisinya seperti apa. Cuma mendingan nanti aja pak sekalian ganti timing belt. Kalo ga salah timing belt santi-nya pak inoz kan masih baru. Soalnya acara pnp ini termasuk buka-pasang timing belt lagi...
Cita2 saya sih, saya mo upgrade ke penggeraknya (mo saya ubah ke AWD) sekalian pasang turbo hehehe....tapi biayanya itu loh....


Buat bro YatesRow, saya pernah upload foto santi saya dulu kok, kalo ga salah di topic isi angin nitrogen pada ban mobil (forum common topic of car or automotive). Tapi sesuai janji saya, saya mo uploadin lagi foto-fotonya deh...cuman ga bisa janji waktunya kapan.

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah nyambung lagi neeeh
he ..eh kmarin test pada gigi 4 dapat rpm 3000 dg 120 kpj tapi klo gigi 5 bisa dpt rpm 3000 pada 140 kpj di tol, klo jalan nasional ampun takut banget, banyak yg sliweran trutama motor
ane experimen beberapa kali ngebandingin klo pake premium ama pertamax
hasilnya pas ane isi full pertamax, gasnya galak pada posisi km bwh dan maknyooooos pada high speed dan cepet sampe top speednya sekitar 160 kpj, tapi posisi jalan datar dr pwkt ke jkt dan sebaliknya enak tenang, gak grogi klo salip kiri kanan, sebab pasti bisa nyusul
tapi ane coba full premium, jalan dari pwkt ke bdg, pas jalan datar kurang galak pd km rendah dan susah capai top speednya, appalagi jalan nanjak, lemot rasanya klo dibandingkan pake pertamax, saya kira spt sebelumnya klo santi perlu ron yang tinggi dan mesin tipe panas, jadi jangan ngelawan spesifikasi mesin mobil, namanya juga nekad bin aneh, klo gak gini, khan gak bisa nulis thread ini haaaaa.....haaaaa
nyoba bandingin ini sebab harga pertamax kmrin bikin kaget sdh capai rp 8750,-
kmarin ke bandung balapan ama serena highstar, pas mau nyalip dia, malu euy santiku lemot, ama dia mau disusul, tancap aja gas ampe 150 kpj, baru ketinggalan dia, kukasih asep santiku, trus sebelum masuk bandung ane dikejar ama mitsu L200, tapi kukasih asep juga dia sebab ane tembus trus lewat bahu jalan, dia gak brani, dan kedua mbl tadi baru bisa nyalip pas mau masuk pintu tol
betul bung imsus klo mau nyaman harus mau berkorban, kantong siap bolong, gak apa2 tapi happy haaaa.haaaaa
setelah habis premium ini, santiku mau kusuapin pertamax aja, biar puas dan awet di mesin
he ..eh kmarin test pada gigi 4 dapat rpm 3000 dg 120 kpj tapi klo gigi 5 bisa dpt rpm 3000 pada 140 kpj di tol, klo jalan nasional ampun takut banget, banyak yg sliweran trutama motor
ane experimen beberapa kali ngebandingin klo pake premium ama pertamax
hasilnya pas ane isi full pertamax, gasnya galak pada posisi km bwh dan maknyooooos pada high speed dan cepet sampe top speednya sekitar 160 kpj, tapi posisi jalan datar dr pwkt ke jkt dan sebaliknya enak tenang, gak grogi klo salip kiri kanan, sebab pasti bisa nyusul
tapi ane coba full premium, jalan dari pwkt ke bdg, pas jalan datar kurang galak pd km rendah dan susah capai top speednya, appalagi jalan nanjak, lemot rasanya klo dibandingkan pake pertamax, saya kira spt sebelumnya klo santi perlu ron yang tinggi dan mesin tipe panas, jadi jangan ngelawan spesifikasi mesin mobil, namanya juga nekad bin aneh, klo gak gini, khan gak bisa nulis thread ini haaaaa.....haaaaa
nyoba bandingin ini sebab harga pertamax kmrin bikin kaget sdh capai rp 8750,-
kmarin ke bandung balapan ama serena highstar, pas mau nyalip dia, malu euy santiku lemot, ama dia mau disusul, tancap aja gas ampe 150 kpj, baru ketinggalan dia, kukasih asep santiku, trus sebelum masuk bandung ane dikejar ama mitsu L200, tapi kukasih asep juga dia sebab ane tembus trus lewat bahu jalan, dia gak brani, dan kedua mbl tadi baru bisa nyalip pas mau masuk pintu tol


betul bung imsus klo mau nyaman harus mau berkorban, kantong siap bolong, gak apa2 tapi happy haaaa.haaaaa
setelah habis premium ini, santiku mau kusuapin pertamax aja, biar puas dan awet di mesin
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
betul pak, sesuai saran saya di awal, mending isi pertamax. Soalnya spek mesin aslinya pun minta min. ron91-unleaded.
Soal tanjakan agak lemot, nah itu emang karakter mesin/mobil ini. Soalnya keluaran tenaganya di rpm tinggi dan rasio giginya pun kecil....jadi saat nanjak dan putaran mesin masih rendah (rpm 1500-2000)...terasa lemot sekali. Hal inilah salah satu alasan kenapa saya dolo pnp+overhaul. Ga tau sama pak mekanik di OMS di "obok-obok" apanya hehehe....yg jelas, kalo tanjakan sekarang ngga kalah sama mobil niaga (maksudnya mobil dengan tenaga di putaran bawah dan rasio gigi kasar).
Yg jelas, habis overhaul kmaren di test kompresi, angkanya sudah 12:1. Efeknya, mesin mejadi lebih "panas" di waktu normalnya. Hal ini saya perhatikan, kalo lagi setir luar kota, jarum temperatur mesin cepet sekali mencapai "titik normal" alias di garis tengah turun dikit. Dulu sebelum overhaul, setelah mencapai "titik normal" ini, biasanya dalam waktu 5 menit dah mulai turun, trus saat sampai garis 1/4, baru naik lagi. Tapi sekarang sesudah overhaul, setelah capai titik normal, biasanya nunggu 10-15 menit baru mau turun, barusan turun 3-5 menit....naik lagi. Mungkin kapan2 mo saya upgrade juga cooling systemnya deh....mungkin ta tambahin kipas atau ganti kipas yg lebih ademmm....
Wah, ternyata pak inoz sudah ngerasakan lari sampai 160 pake Santi ya? To be quite honest, seumur-umur saya pake Santi ni, kecepatan tertingginya cuman 140 kph.....gas+tenaga masih sisa banyak....tapi nyalinya yg keburu habis hehehehe................
omong2 harga bbm, jumat kemaren isi di Jombang saya kaget setengah mati, harga P+ sudah Rp.9.200/L....edaaannnnn. Mo dikasi premium ngga tega, lagian menurut info berita, sepertinya pemerintah mo naikkin premium di angka rp.6000an tuh....
Soal tanjakan agak lemot, nah itu emang karakter mesin/mobil ini. Soalnya keluaran tenaganya di rpm tinggi dan rasio giginya pun kecil....jadi saat nanjak dan putaran mesin masih rendah (rpm 1500-2000)...terasa lemot sekali. Hal inilah salah satu alasan kenapa saya dolo pnp+overhaul. Ga tau sama pak mekanik di OMS di "obok-obok" apanya hehehe....yg jelas, kalo tanjakan sekarang ngga kalah sama mobil niaga (maksudnya mobil dengan tenaga di putaran bawah dan rasio gigi kasar).
Yg jelas, habis overhaul kmaren di test kompresi, angkanya sudah 12:1. Efeknya, mesin mejadi lebih "panas" di waktu normalnya. Hal ini saya perhatikan, kalo lagi setir luar kota, jarum temperatur mesin cepet sekali mencapai "titik normal" alias di garis tengah turun dikit. Dulu sebelum overhaul, setelah mencapai "titik normal" ini, biasanya dalam waktu 5 menit dah mulai turun, trus saat sampai garis 1/4, baru naik lagi. Tapi sekarang sesudah overhaul, setelah capai titik normal, biasanya nunggu 10-15 menit baru mau turun, barusan turun 3-5 menit....naik lagi. Mungkin kapan2 mo saya upgrade juga cooling systemnya deh....mungkin ta tambahin kipas atau ganti kipas yg lebih ademmm....
Wah, ternyata pak inoz sudah ngerasakan lari sampai 160 pake Santi ya? To be quite honest, seumur-umur saya pake Santi ni, kecepatan tertingginya cuman 140 kph.....gas+tenaga masih sisa banyak....tapi nyalinya yg keburu habis hehehehe................
omong2 harga bbm, jumat kemaren isi di Jombang saya kaget setengah mati, harga P+ sudah Rp.9.200/L....edaaannnnn. Mo dikasi premium ngga tega, lagian menurut info berita, sepertinya pemerintah mo naikkin premium di angka rp.6000an tuh....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
betul p imsus, tapi pas pake pertamax enak tenan tanjakan dan jalan datar kenceng, kadang gak puas dg kondisi santiku, tp skarang dah tahu kelmahannya jd balik ke pertamax, ntar mau sy coba pake p+, dan coba rasakan beda tarikanya. tapi yaaaa takut aja ama remnya klo pas high speed. klo ngali sih ada klo di tol. ada renc libur panjang minggu dpn mau tes ke jatim pake santi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
@bro imsus, before & after pnp apakah di dyno? trus apakah ada kenaikkan hp yg signifikan? Apakah pnp menambah irit FC? Trus after overhaul besar2an dapat kenaikkan hp berapaan? Saya yg dulu email bro imsus tp sdh ga aktif, krn wkt itu lagi hunting si yaris & skrng ud jd istri ke 3



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah....pak benzz89 akhirnya join juga....asyik dong... btw, email saya masih aktif kok, [email protected], WLM juga iya. Yaaa cuma, di kehidupan sehari-hari saya jarang di depan komputer ajah hehehe....
Kalo kenaikan tenaga+torsi, saya yakin ada, besarnya berapa terus terang ngga tahu, soalnya nggak ditest sih.... Menurut "feeling", saya anggap kenaikan cukup signifikan, yg saya rasakan, si Santi sudah jago dan powerfull di tanjakan, bisa mencapai kecepatan yg sama di gigi yg sama tapi rpm lebih rendah.
Untuk FC, saya blom observasi sih... Yg jelas, mau nggak mau, sekarang harus pake pertamax+ atau seapes-apesnya pertamax. Kemarin, rute Mojokerto-Jombang-Kertosono-Ngawi-Solo-Semarang, kondisi lumayan padat dan jalan naik turun, pake pertamax plus dapat 1:9an...
Kalo kenaikan tenaga+torsi, saya yakin ada, besarnya berapa terus terang ngga tahu, soalnya nggak ditest sih.... Menurut "feeling", saya anggap kenaikan cukup signifikan, yg saya rasakan, si Santi sudah jago dan powerfull di tanjakan, bisa mencapai kecepatan yg sama di gigi yg sama tapi rpm lebih rendah.
Untuk FC, saya blom observasi sih... Yg jelas, mau nggak mau, sekarang harus pake pertamax+ atau seapes-apesnya pertamax. Kemarin, rute Mojokerto-Jombang-Kertosono-Ngawi-Solo-Semarang, kondisi lumayan padat dan jalan naik turun, pake pertamax plus dapat 1:9an...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah....akhirnya member SM yg pake Santi nambah juga hehehe....
1. Pak andra (jarang OL)
2. om Sithlord (dah dijual)
3. Pak Inoz (masih aktif)
4. imsus2c (kompornya)
5. Bro benzz89 (diharapkan aktif di SM supaya thread ini lebih rame dan konstruktif)
Masih nungguin 1-2 orang lagi neh yg aktif email2 an ma saya hehehe...........
1. Pak andra (jarang OL)
2. om Sithlord (dah dijual)
3. Pak Inoz (masih aktif)
4. imsus2c (kompornya)
5. Bro benzz89 (diharapkan aktif di SM supaya thread ini lebih rame dan konstruktif)
Masih nungguin 1-2 orang lagi neh yg aktif email2 an ma saya hehehe...........
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah slamat datang bro benz88 smoga bisa tetap sharing di smers, emang kasihan pemilik santi amat sedikit, cuman rajin aja OL jd rame. termasuk owner yg aneh kali. tks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
@bro imsus, sayang jg yach blo tau kenaikkan hp & torsi scr pst.... sy bru pasang unicip di santi hasilnya lumayan sih meskipun tdk terlalu signifikan ada kenaikkan 10 hp jd 153 dr sebelumnya 143, torsi jg naik jd 250 nm/3000 rpm (sori agak lupa sebelumnya krn datanya ada di mobil lg malas ambil).
Utk kondisi stop & go sdh enak saat ini krn torsi di rpm bwh sdh tercapai jd sdh tdk "cape ati" lg kl macet. Mbl jg jd enteng krn di gas sedikit sdh jalan. Utk FC dr sebelumnya 1:5-6, skrng dpt 1:7-an lumayan ada kenaikkan dgn catatan kondisi jln di jkt yg tau sendiri macetnya kaya gimana.....
Krn di unicip ada 5 mapping sehingga kita bs pilih utk map 1 (max), Map 2 (FC/efisien), Map 3 (max & timing -1), Map 4 (max & timing -2), map 5 kosong (belum di isi) jd kl mo isi premium bs di map 3 or 4. Kalo pertamax di map 1 & 2.
Oh ya apakah bro ismus jg pake piggyback setelah pnp? Sebenarnya sy jg mo pnp tp denger2 dr temen2 katanya pnp itu untung2an kalo pnp-nya tepat maka berhasil tp kalo tdk tepat alias yg ngerjainnya tdk pengalaman pnp santi maka mesin bs jd ngempos....jd mikir2 banget nih mo pnp, makanya sy mo consult dulu ama "masternya si santi"
Sampai saat ini sih sy cukup puas dgn performa santi after pasang unicip ini, krn tenaga sangat terasa sekali dr rpm bwh sampai atas, dimana kecepatan 165 kpj sgt mudah skl tercapai. Oh ya mengenai santi ini di rpm 3000 pd gigi 5 sy punyai spt bro inoz punya yaitu tercapai di 120 kpj makanya sy agak bingung kl di santi bro imsus sebelum pnp hny tercapai di 100 kpj (kl tdk salah ingat ya?) Di kecepatan 120 kpj rpm 3000 (gigi 5) inilah posisi kecepatan yg menurut sy paling enak wkt cruising dgn santi, ga tu yach dgn pengalaman teman2 yg lain....
Bro Imsus utk pnp ini kira2 habis biaya brp-an yach? di jkt bs kena 2 jt-an blom termasuk part yg hrs di ganti...cuma ya itu td takut malah jd gagal & mesin jd ngempossss
Utk kondisi stop & go sdh enak saat ini krn torsi di rpm bwh sdh tercapai jd sdh tdk "cape ati" lg kl macet. Mbl jg jd enteng krn di gas sedikit sdh jalan. Utk FC dr sebelumnya 1:5-6, skrng dpt 1:7-an lumayan ada kenaikkan dgn catatan kondisi jln di jkt yg tau sendiri macetnya kaya gimana.....
Krn di unicip ada 5 mapping sehingga kita bs pilih utk map 1 (max), Map 2 (FC/efisien), Map 3 (max & timing -1), Map 4 (max & timing -2), map 5 kosong (belum di isi) jd kl mo isi premium bs di map 3 or 4. Kalo pertamax di map 1 & 2.
Oh ya apakah bro ismus jg pake piggyback setelah pnp? Sebenarnya sy jg mo pnp tp denger2 dr temen2 katanya pnp itu untung2an kalo pnp-nya tepat maka berhasil tp kalo tdk tepat alias yg ngerjainnya tdk pengalaman pnp santi maka mesin bs jd ngempos....jd mikir2 banget nih mo pnp, makanya sy mo consult dulu ama "masternya si santi"

Sampai saat ini sih sy cukup puas dgn performa santi after pasang unicip ini, krn tenaga sangat terasa sekali dr rpm bwh sampai atas, dimana kecepatan 165 kpj sgt mudah skl tercapai. Oh ya mengenai santi ini di rpm 3000 pd gigi 5 sy punyai spt bro inoz punya yaitu tercapai di 120 kpj makanya sy agak bingung kl di santi bro imsus sebelum pnp hny tercapai di 100 kpj (kl tdk salah ingat ya?) Di kecepatan 120 kpj rpm 3000 (gigi 5) inilah posisi kecepatan yg menurut sy paling enak wkt cruising dgn santi, ga tu yach dgn pengalaman teman2 yg lain....
Bro Imsus utk pnp ini kira2 habis biaya brp-an yach? di jkt bs kena 2 jt-an blom termasuk part yg hrs di ganti...cuma ya itu td takut malah jd gagal & mesin jd ngempossss

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
waduh...lupa nih
minta maaf ama bung moderator... bukannya mo promosi (u.i.ip) nih tp bener2 lupa, sy cuma mo sekedar sharing & tidak bermaksud lain, next time akan lebih hati2 d maklum newbie...
Tq atas pengertiannya.....

Tq atas pengertiannya.....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
hallo bro benzz89.....pertama, ga usah khawatir nyebutin merk deh hehehe....yg penting ngga nawarin ngejual/beli soalnya kan ada kamarnya sendiri.....ini kan sharing jadi emang sebaiknya nyebutin merk juga.
Untuk "modul", dulu juga kepikiran....cuma dari saran pak mekanik bengkel langganan, mendingan dicoba urut satu-satu peningkatan performanya. Mulai tune up, cek hasil trus pnp, cek hasil, trus remapping cek hasil, lanjut pasang modul, cek hasil....gitu seterusnya....
Jadi ya sementara saya menikmat hasil pnp-nya. Dasarnya saya ga begitu suka ngebut....saya sih dah cukup puas dengan hasil pnp ini. Kalo besok-besok ada dana lebih, saya kok malah lebih suka modif santi ni ke model penggerak AWD (dari yg sekarang FWD). Secara teori, hasil pnp ini jika dilakukan dengan "tepat" bisa menaikkan power&torque hingga 15%. Jadi ya bisa dihitung sendiri kan...?
Biaya pnp di santi (ongkos kerja+parts) berkisar di Rp.3.5-4.5 jutaan. Punya saya, cyl-headnya di papas 0.83mm (kalo ga salah ingat lho....). Saya kena Rp.4.25an juta di Surabaya (termasuk parts).
Justru karena 100Kph@Rpm3000@5 itulah menandakan mesinnya dah agak capek dan ada yg berubah....makanya di otak-atik dikit trus di tambah pnp. Efeknya....ya normal lagi seperti sekarang. Yg dulu saya rasakan, kemampuan akselerasi di tanjakan juga kurang dan juga tenaga di putaran bawahnya kurang juga. Setelah pnp ini, kedua masalah itu juga hilang. Malah saya rasakan putaran bawahnya sekarang terlalu galak....jika oper gigi 1 ke 2 dan atau 2 ke 3, jika lepas koplingnya "timingnya ga tepat", biasanya langsung "menyentak" mirip gejala ndut-ndutan (jerking). Untuk FC, saya pernah coba Pertaplus+premium (50:50), dalam kota bisa 1:7, luar kota bisa 1:10an.
Untuk pnp, emang gitu sih...kalo bengkelnya ga mahir, tenaga ngempos dan mesin cepet panas. Jadi lumayan harus selektif pilih bengkel. Untuk gambaran ajah (seperti yg sudah saya dan pak inoz coba), bisa cari rujukan ke bengkel/mekanik spesialis engine tuning mitsubishi. Seperti yg pernah saya tulis di post sebelumnya, teknologi mesin santi ni satu DNA dengan mesin mitsu yg dipake di seri evo. Cuman beda di cc (bore x stroke-nya), lainnya persis plek. Bahkan kalo suka ngebut...tinggal pasang turbo-nya evo (kalo ga salah yg evo 4), tinggal bolt on. Cuman ya harus ganti beberapa parts jeroannya (terutama pistonnya) yg harus ganti dgn spek turbo....kalo engga ya alamat jebol tu piston aslinya.
Kalo mo pnp, sekalian kalo mo ganti timing belt aja. Jangan lupa habis itu juga ganti seluruh cairan plus servis engine-cooling system (radiator etc).
Terus terang saya kagum dengan pak inoz dan bro benzz89 yg berani bawa mid-SUV (mobil tinggi besar) sampe 165Kph hehehe....kalo saya....hmmm....
Untuk "modul", dulu juga kepikiran....cuma dari saran pak mekanik bengkel langganan, mendingan dicoba urut satu-satu peningkatan performanya. Mulai tune up, cek hasil trus pnp, cek hasil, trus remapping cek hasil, lanjut pasang modul, cek hasil....gitu seterusnya....
Jadi ya sementara saya menikmat hasil pnp-nya. Dasarnya saya ga begitu suka ngebut....saya sih dah cukup puas dengan hasil pnp ini. Kalo besok-besok ada dana lebih, saya kok malah lebih suka modif santi ni ke model penggerak AWD (dari yg sekarang FWD). Secara teori, hasil pnp ini jika dilakukan dengan "tepat" bisa menaikkan power&torque hingga 15%. Jadi ya bisa dihitung sendiri kan...?
Biaya pnp di santi (ongkos kerja+parts) berkisar di Rp.3.5-4.5 jutaan. Punya saya, cyl-headnya di papas 0.83mm (kalo ga salah ingat lho....). Saya kena Rp.4.25an juta di Surabaya (termasuk parts).
Justru karena 100Kph@Rpm3000@5 itulah menandakan mesinnya dah agak capek dan ada yg berubah....makanya di otak-atik dikit trus di tambah pnp. Efeknya....ya normal lagi seperti sekarang. Yg dulu saya rasakan, kemampuan akselerasi di tanjakan juga kurang dan juga tenaga di putaran bawahnya kurang juga. Setelah pnp ini, kedua masalah itu juga hilang. Malah saya rasakan putaran bawahnya sekarang terlalu galak....jika oper gigi 1 ke 2 dan atau 2 ke 3, jika lepas koplingnya "timingnya ga tepat", biasanya langsung "menyentak" mirip gejala ndut-ndutan (jerking). Untuk FC, saya pernah coba Pertaplus+premium (50:50), dalam kota bisa 1:7, luar kota bisa 1:10an.
Untuk pnp, emang gitu sih...kalo bengkelnya ga mahir, tenaga ngempos dan mesin cepet panas. Jadi lumayan harus selektif pilih bengkel. Untuk gambaran ajah (seperti yg sudah saya dan pak inoz coba), bisa cari rujukan ke bengkel/mekanik spesialis engine tuning mitsubishi. Seperti yg pernah saya tulis di post sebelumnya, teknologi mesin santi ni satu DNA dengan mesin mitsu yg dipake di seri evo. Cuman beda di cc (bore x stroke-nya), lainnya persis plek. Bahkan kalo suka ngebut...tinggal pasang turbo-nya evo (kalo ga salah yg evo 4), tinggal bolt on. Cuman ya harus ganti beberapa parts jeroannya (terutama pistonnya) yg harus ganti dgn spek turbo....kalo engga ya alamat jebol tu piston aslinya.
Kalo mo pnp, sekalian kalo mo ganti timing belt aja. Jangan lupa habis itu juga ganti seluruh cairan plus servis engine-cooling system (radiator etc).
Terus terang saya kagum dengan pak inoz dan bro benzz89 yg berani bawa mid-SUV (mobil tinggi besar) sampe 165Kph hehehe....kalo saya....hmmm....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Bro Imsus, sejujurnya sy jg tdk suka ngebut sih cuma kalo lg terpaksa apa boleh buat
krn kondisi jkt yg sering macet jd kalo ada appointmnet terutama yg di luar kota terpaksa ngejar waktu lari sampe 165 kpj itu tp itu jg tdk lama & dalam kondisi jalan tol yg memungkinkan alias tdk membahayakan pengendara lain.
Tp emang hrs dia akui bhw si santi lebih enak di ajak "lari kenceng" di banding buat "jalan2" sih
mngkn sdh bawaan oroknya kali yach... disamping "kencingnya" jg banyak jd musti sering2 melirik fuel indikator
Kalo lepas kopling "timingnya tdk tepat" alias ndut2an @ gear 1 & 2 di low rpm, sepertinya jg sdh jd bawaan oroknya si santi ini. Dulu saya pikir jg ada masalah dengan drive trainnya tp stlh tny ke beres ternyata memang begitu-lah "normalnya" makanya kalo lg merayap agak tersiksa jg rasanya alias cape ati....
Justru sy pikir after bro imsus pnp bisa mengurangi gejala oroknya si santi ini tp ternyata tidak berubah jg yach... Oh yach knp hrs smpe papas cylinder head segala ya? Apakah hal ini yg akan meningkatkan power lebih signifikan? Trus apakah skrang santi bro Imsus sdh naik di 2.500 cc?

Tp emang hrs dia akui bhw si santi lebih enak di ajak "lari kenceng" di banding buat "jalan2" sih


Kalo lepas kopling "timingnya tdk tepat" alias ndut2an @ gear 1 & 2 di low rpm, sepertinya jg sdh jd bawaan oroknya si santi ini. Dulu saya pikir jg ada masalah dengan drive trainnya tp stlh tny ke beres ternyata memang begitu-lah "normalnya" makanya kalo lg merayap agak tersiksa jg rasanya alias cape ati....
Justru sy pikir after bro imsus pnp bisa mengurangi gejala oroknya si santi ini tp ternyata tidak berubah jg yach... Oh yach knp hrs smpe papas cylinder head segala ya? Apakah hal ini yg akan meningkatkan power lebih signifikan? Trus apakah skrang santi bro Imsus sdh naik di 2.500 cc?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Hebat nih tret, yang pake santa fe cuma dua orang tapi tretnya rame....
Hallo semuanya, sorry saya udah lama gak OL, bukannya malas atau gak tertarik lagi, tapi semata-mata karena kesibukkan aja, maklum setengah dari kerjaan saya masih ngikut orang.
Jangankan utk OL, utk ngurusin Santi saya aja kadang2 gak sempat, kadang2 seminggu sekali baru dibawa ke tempat cuci mobil itupun pada hari libur aja bisanya.
Salut buat pak imsus2c & Pak inoz yg masih setia OL.
Saya pengennya kita2 yg cuman beberapa org ini Kopdar, jangan hanya ketemuan di SM aja, ada yg minat?
Hallo semuanya, sorry saya udah lama gak OL, bukannya malas atau gak tertarik lagi, tapi semata-mata karena kesibukkan aja, maklum setengah dari kerjaan saya masih ngikut orang.
Jangankan utk OL, utk ngurusin Santi saya aja kadang2 gak sempat, kadang2 seminggu sekali baru dibawa ke tempat cuci mobil itupun pada hari libur aja bisanya.
Salut buat pak imsus2c & Pak inoz yg masih setia OL.
Saya pengennya kita2 yg cuman beberapa org ini Kopdar, jangan hanya ketemuan di SM aja, ada yg minat?

Fly Like a Bird
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
masalah ndut2an, sebelum pnp ngga begitu terasa sih. Yg ada cuman dikit menyentak...khas kendaraan FWD dengan torsi besar. Tapi sekarang gejalanya terasa, apalagi koplingnya juga dah diganti dengan yg lebih "menggigit" (kalo ga salah saya pake merk valeo), makanya begitu kopling dilepas..langsung tenaga tersalur ke roda.benzz89 wrote:Bro Imsus, sejujurnya sy jg tdk suka ngebut sih cuma kalo lg terpaksa apa boleh buatkrn kondisi jkt yg sering macet jd kalo ada appointmnet terutama yg di luar kota terpaksa ngejar waktu lari sampe 165 kpj itu tp itu jg tdk lama & dalam kondisi jalan tol yg memungkinkan alias tdk membahayakan pengendara lain.
Tp emang hrs dia akui bhw si santi lebih enak di ajak "lari kenceng" di banding buat "jalan2" sihmngkn sdh bawaan oroknya kali yach... disamping "kencingnya" jg banyak jd musti sering2 melirik fuel indikator
![]()
Kalo lepas kopling "timingnya tdk tepat" alias ndut2an @ gear 1 & 2 di low rpm, sepertinya jg sdh jd bawaan oroknya si santi ini. Dulu saya pikir jg ada masalah dengan drive trainnya tp stlh tny ke beres ternyata memang begitu-lah "normalnya" makanya kalo lg merayap agak tersiksa jg rasanya alias cape ati....
Justru sy pikir after bro imsus pnp bisa mengurangi gejala oroknya si santi ini tp ternyata tidak berubah jg yach... Oh yach knp hrs smpe papas cylinder head segala ya? Apakah hal ini yg akan meningkatkan power lebih signifikan? Trus apakah skrang santi bro Imsus sdh naik di 2.500 cc?
Untuk papas cyl-head, tujuannya untuk menaikkan kompresi. Kalau ga salah kompresi asli si Santi ni 10:1. Sekarang punya saya sudah 11:1an lebih. Kompresi naik jelas logikanya menaikkan performa.
Efek samping dari naiknya kompresi yg musti harus dikontrol; BBM harus berkualitas (saya pake pertamax plus atau minimum pertamax), kalo pake premium biasa pasti ngelitik. Efek samping lainnya, suhu kerja mesin meningkat (mesin lebih "panas" diwaktu "normal"...nah....bingung kan hehehe). Makanya cooling-systemnya mesti sehat dan kalo sering dalkot macet, harus upgrade tuh...misalnya tambah extra fan.
Untuk cc, blom sampai 2500 tapi yg jelas dah diatas spek awal (kalo ga salah 2351cc). Sempet juga dulu mikirkan naikkin volume (oversized), tapi cari pistonnya susah. Yg ada merk teikin atau wiseco, tapi sayangnya yg tersedia di kedua merk itu dengan ukuran yg saya cari; hanya spek "low compression", kalo nekat dipasang, ya mau ngga mau harus pake turbo, soalnya kalo engga, kompresinya hanya 8:1 yaa ga bisa lari deh....tapi ya itu, kalo pasang turbo+intercooler...biayanya jadi membengkak kemana-mana

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
sama pak andra, saya juga masih ngikut orang hehehe....jadi ga bisa selalu OL, biasanya kalo lagi suntuk atau sepi, baru saya OL.andra wrote:Hebat nih tret, yang pake santa fe cuma dua orang tapi tretnya rame....
Hallo semuanya, sorry saya udah lama gak OL, bukannya malas atau gak tertarik lagi, tapi semata-mata karena kesibukkan aja, maklum setengah dari kerjaan saya masih ngikut orang.
Jangankan utk OL, utk ngurusin Santi saya aja kadang2 gak sempat, kadang2 seminggu sekali baru dibawa ke tempat cuci mobil itupun pada hari libur aja bisanya.
Salut buat pak imsus2c & Pak inoz yg masih setia OL.
Saya pengennya kita2 yg cuman beberapa org ini Kopdar, jangan hanya ketemuan di SM aja, ada yg minat?
Iya nih, pengin juga kopdar, sayang posisi berjauhan. pak andra coba hubungi bro benzz89, kalo ga salah juga domisilinya sama2 DKI tuh....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Bro Andra posisi di jkt? boleh2 aj sih kalo mo kopdar atau mo kopdar di tengah2 di tempat bro Inoz di bandung yach kalo ga salah....andra wrote:Hebat nih tret, yang pake santa fe cuma dua orang tapi tretnya rame....
Hallo semuanya, sorry saya udah lama gak OL, bukannya malas atau gak tertarik lagi, tapi semata-mata karena kesibukkan aja, maklum setengah dari kerjaan saya masih ngikut orang.
Jangankan utk OL, utk ngurusin Santi saya aja kadang2 gak sempat, kadang2 seminggu sekali baru dibawa ke tempat cuci mobil itupun pada hari libur aja bisanya.
Salut buat pak imsus2c & Pak inoz yg masih setia OL.
Saya pengennya kita2 yg cuman beberapa org ini Kopdar, jangan hanya ketemuan di SM aja, ada yg minat?

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Thu Apr 10, 2008 12:34
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Semakin rame aja nih penghuni tret santa fe. Tapi pengguna santa fe second generation belom ada ya??? Atau udah ada tapi diem2 aja kali...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
walah gak OL sehari aja udah pada rame nih thread
met datang bro andra dan benz, dah lama euy ingin dapat pencerahan santi
oke ane siap Kopdar bisa aja ke tempatku khan di tengah2 antara bdg dan jkt yi Pwkt
atau sua di bdg yang gak terlalu macet juga oke
tapi jangan week end ini sebab ane mau pulkam dolo ke SBY trus ke PAS
mungkin mau lewat mojokerto dan japanan nih, biar bisa kopdar dolo ama b imsus, smoga gak pulkam juga

met datang bro andra dan benz, dah lama euy ingin dapat pencerahan santi
oke ane siap Kopdar bisa aja ke tempatku khan di tengah2 antara bdg dan jkt yi Pwkt
atau sua di bdg yang gak terlalu macet juga oke
tapi jangan week end ini sebab ane mau pulkam dolo ke SBY trus ke PAS
mungkin mau lewat mojokerto dan japanan nih, biar bisa kopdar dolo ama b imsus, smoga gak pulkam juga

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
lho...om YatesRow gimana seh...? Kita kan termasuk golongan penggemar barang/mobil aneh. Tar deh....kalo ada yg mau menanggung depresiasi pertamanya, saya mau tuh....hehehe...alias menunggu jandanya.....YatesRow wrote:Semakin rame aja nih penghuni tret santa fe. Tapi pengguna santa fe second generation belom ada ya??? Atau udah ada tapi diem2 aja kali...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
halo pak, kebetulan sabtu besok (17/5/08) saya ga pulkam, soalnya kerjaan banyak dan ngepasin mantan pacar lagi liburan ke Bali dgn temen2nya....jadi kalo pulkam ke SMG sama ajah....kesepian jadi bujang dadakaninoz wrote:walah gak OL sehari aja udah pada rame nih thread
met datang bro andra dan benz, dah lama euy ingin dapat pencerahan santi
oke ane siap Kopdar bisa aja ke tempatku khan di tengah2 antara bdg dan jkt yi Pwkt
atau sua di bdg yang gak terlalu macet juga oke
tapi jangan week end ini sebab ane mau pulkam dolo ke SBY trus ke PAS
mungkin mau lewat mojokerto dan japanan nih, biar bisa kopdar dolo ama b imsus, smoga gak pulkam juga

Oya, kalo pulkamnya agak lama, mampir aja ke OMS, biar dicek-cek dikit santinya....bilang aja referensi dari saya hehehe....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking