(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

he eh ane pas ke bdg kemarin di prapatan pasteur di blakang mobilku ada santa fe gen 2 hitam wah gagah banget euy, hanya mampu lihat di spion aja sambil ngiler, betul kata b imsus nunggu jandanya aja, atao klo sdh dapet lottre atau undian berhadiah kali yaaaa
yaaa pulkamnya sih gak lama
pengen touring aja ama santi sebab blm pernah dipake jauh, yaaa sambil skalian tes mesin dan indurance tour de java haaa.....
coba nanti klo sempet mampir ke OMS, lokasi dimana yaaaa ?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

pak Inoz, OMS (OlimartMotoSport), lokasinya di Jalan Semarang (daerah makam tembok) Surabaya. Jadi kalo dari arah pasar Turi, masuk jalan semarang, itu kira-kira 500an meter sesudah Stasiun KA Pasar Turi Surabaya. Posisi kanan jalan. Liat aja kalo banyak sedan mitsu pada ngumpul...nah disitu tuh....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

hallo....hallo....hallo...
pada kemana nih? pak inoz gimana? jadi pulkam pak?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

hallo bro aku muncul lagi
sebelum lupa met punya momongan baru tuk bung poetic yg lahir pada hari senin 19 mei 2008 di bdg, slamat sdh terbukti jadi bapak dan ibu haaa hiiii....
wah bener begitu salah satu pemilik santi absen jadi sepi bangat nih thread
aku sdh balik dari pulkam
wah laporan test drive dan endurance santi, emang nih mobil tarikannya enak banget dan cepet capai top speed, enak tenan klo pas tuk nyalip dg ruang yang kecil bisa nyelip diantara dua truk, puas tenan amat beda kalo pulkam naik kapsul
rute yang saya ambil dari pwkt crb smg lalu mengikuti ritual b imsus dr smg-gemolong-sragen(sy gak masuk solo)-ngawi-caruban-jombang-mojokerto-mojosari-gempol-pasuruan. lama perjalanan sekitar 14 jam sebab lalin lancar dan gak kesasar.
perjalanan lwt selatan enak banget walaupun padat lalinnya, jln bergelombang, sempit dan berlubang sana sini termsuk di hutan yang memakan korban bung sophan
betul sy juga ngalami disemprit polisi di tengah hutan caruban pas jalan ke arah timur sebab motong garis tdk putus, mrk ngumpet, tapi ane kebut aja gak brenti sebab lagi nyalip parade truk, tanjap gas terus ternyata mereka gak bisa ngejar dan untungnya mrk gak minta bantuan temannya tuk nyegat di pos lainnya. padahal tengah malam dasar cari kesalahan org.
jalan gelombang gak kerasa pas pake santi, trutama pas lewati jembatan di panturan khan tinggi2 oppritnya dan bergelombang, ane tancap gas aja dan gak krasa bergoyang tetap aja stabil dan empuk gitu
trus ane napak tilas lagi rute b imsus seputar gn bromo yi pasuruan-pwdadi-nongkojajar-tosari-pananjakan-gnbromo lalu pulangnya langsung lewat tosari dan ke pasrepan-pasuruan, tapi ane gak turun ke pasir takut dan sayang ama si santi, malah ditawari pake hardtop aja
wah pemandangannya bagus dan banyak kabut serta mobil enak tenan diajak nanjak trasa ringan dan tenaga cukup kuat, masih bisa dengan gigi2 jarang banget pake gigi 1. akhirnya bisa juga ane napak tilas santi b imsus termasuk stelah enreyen.
ane mau tanya neh apa bahaya tuk kaki2 mobil apabila kita pake tuk nglabas jln gelombang dan lubang2 dikit dg kec tinggi, walau shocknya empuk dan ke kemudi gak krasa ? tahu sendiri aja pantura khan jalannya sdh pada rusak dan bolong2, walau ada sebagian yg sdh mulus
setelah perjalanan jauh dan lwati lubang apa perlu santi ini di balancing spooring ? mhn infonya
tarikan mesin cukup kuat dan cepat capai top walo ane isi bensin, sebab ane tambahkan octanebooster merk bradhall spt saran b poetic dan tarikan jd enteng, oleh karena itu skarang setalh fulltank ane tambahkan 1 btol. konsumsi BBM sekitar 1:8-9 km/L.

5 jam sbelum b sophan lwt ane juga lwt rute itu dan slamat gak kejeblos lubang, tapi ane yakin mrk lebih dr 100 kpj dg MOGE nya jadi pas kena lubang langsung munting dan bergelimpangan, santi ku aja agak goyang pas nglibas jln tsbt. ikut duka cita. pokoknya ikut merasakan deh susahnya tim merah putih nglibas jln tsbt.
ntar dilanjut deh
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

oya....selamat buat bung poetic deh....

Btw,...asyik juga nih pengalaman pulkam naik santi pak! Yaa...itulah rute saya kalo kebetulan bawa boil. Hati-hati lho....di jalur Mantingan (Ngawi) dan Caruban (Nganjuk), banyak polisi yg memang "ngumpet" alias kita ga ngelihat. Tahu2 dah disemprit ajah....

Pengalaman saya pak, saya ritual "kuras-balancing-rotasi-spooring" biasanya tiap 8000-10.000KM. Tapi ya itu....kalo kelhatan jalan lubang2 besar engga saya gasak habis sih...pelan-pelan aja hehehe. Kalo operator "kuras-balancing-rotasi-spooring"nya jago...biasanya ngga masalah sih. Tapi ya dirasakan ajah, kalo handlingnya ngga mantap...ya harus ritual. Lagian kalo jalan lubang digasak, bukan cuma settingan kaki2 yg geser tapi ban+velg+suspensi bisa "kena".

Trus terang saya blom coba pake octane booster sih, tapi ya tar saya coba deh hehehe. Sekarang ini untuk mensiasati harga P+ yg aje gile...saya campur aja dikit (+/- 25%) dengan premium.

Kapan nih pak inoz ke Bromo-nya, kebetulan hari minggu kemaren (18 Mei 2008) saya juga kesana ma temen2 kerja, tapi agak sore (pk 16.00-19.00) emang waktu itu kabut tebal sih. Iya pak, saya ngga sarankan pake santi di pasir-nya....sayang.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

betul emang mesti pelan2 dan halus bawa mobilnya agar awet kaki2 nya
saya akan ikuti ritual tiap 10.000 km sebab belum nyampe, baru skali ini dipake touring yg jauh

oh yaaa kita gak sua sayang deh sebab sy ke pananjakan pagi sekitar jam 11 pd hr ahad kmarin 18/5, udara cerah dan sedikit berkabut
pas turun kabut banget harus nyalaiin lampu. wah klo janjian bisa lihat tuh santiku di bromo

barusan saya ganti oli mesin pake castrol multivarian 10W40 ukuran 4 L seharga rp 207.000, sb repsol naiknya banyak banget dulu beli rp 190.000 per 4 L tp skarang dah 294.000. gile deh, klo p imsus pake castrol ukurna brop dan gimana baik2 aja sebab sy elum pernah, biasanya pake repsol dan top 1.
knp yaaa kok ada oli netes di bagian siil pada bgian dimana ada baut temp kuras oli, tp bukan bautnya olinya, apa packing perlu diganti blm sy bawa ke bengkel sih seb br pagi ini kliatan.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

iya nih pak...hmmm....kapan2 deh kalo pulkam lagi ....

Saya sudah setahun pake Castrol Magnatec 10-40, ganti oli tiap 4000-5000Km, sejauh ini cukup memuaskan. Waktu overhaul kemarin, dilihat jeroan mesinnya masih bersih dan kinclong (tidak ada kerak atau sludge/lumpur/residu oli), ya saya berasumsi pelumasnya bekerja dengan baik. Sebelumnya saya juga pake top1, dan jujur aja tanpa menjelekkan merk lain, hasilnya masih lebih bagusan Castrol.
Selain itu, pake castrol tarikan mesin jadi lebih ringan dan temperatur mesinnya juga normal. Konsumsi BBM, ya sekitar 1:7 dalkot pake pertamax. Kalo saya ngobrol2 dengan mekanik OMS, untuk santi nih paling bagus pake 10-40, bisa yg semi-synthetic atau full synthetic. Kalo bisa ganti olinya lebih "deket". Tidak disarankan pake oli dengan kekentalan diatas 15-40 (misalnya pake 20-50), soalnya mesin santi ni sudah pake klep HLA (hidrolis), jadi nanti mesinnya bisa "berisik bin kasar". Juga nggak dianjurkan dibawah 10-40 (misalnya 5-40 atau 0-30), soalnya terlalu encer buat mesin santi dan juga resiko penguapan terlalu tinggi. Tidak disarankan juga pake oli yg berumur panjang....misalnya sampe 10.000KM.

Kalo ada rembesan oli, mendingan di cek pak....karena berari ada kebocoran entah dimana tapi yg jelas ya bocor gitu loh....hehehe....

Oya pak inoz, kalo pas rotasi ban, sewaktu ban depan dilepas, jangan lupa sempatkan periksa karet boot penutup joint as penggerak (kalo mekanik sini bilang "boot kokel"), santi kan mobil dengan sistem FWD, jadi cukup sensitiflah parts ini. Soalnya kalo sampe robek nggak ketahuan, gemuknya (grease) bisa habis trus kotoran masuk....akibatnya rontok tuh joint-nya. Karet boot penutup ini susah dicek kalo ban-nya masih terpasang, terutama yg dibagian deket gearbox (transaxle/transmisi).
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
YatesRow
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Thu Apr 10, 2008 12:34

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by YatesRow »

inoz wrote:hallo bro aku muncul lagi
sebelum lupa met punya momongan baru tuk bung poetic yg lahir pada hari senin 19 mei 2008 di bdg, slamat sdh terbukti jadi bapak dan ibu haaa hiiii....
Oh...selamat ya buat bro poetic, ngomong2 anak keberapa ya??
Dynamic duo-nya (bro imsus dan bro inoz) harus hadir dua2nya baru tret ini rame....
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

betul b yates dah nongol lagi neh
b imsus, setelah ane scek ternyata pas ganti oli kemarin kayaknya ada yang netes, sudah ana lihat lagi ternyata sdh tidak ada tetesan di lantai, lalu ane bersiin ama engine degreaser dan sdh bersih skarang jadi bukan siil nya yang bocor, serta mesin bisa kinclong lagi, abis kmarin berdebu abis tour de java

benar ane ganti castrol magnetec 10W40 sesuai dengan saran bengkel sebab cocok tuk mobil kluaran diatas th 2000, emang kerasa suara mesin agak halus dan spertinya tarikan agak ringan gitu, tapi belum saya coba jalan jauh, ntar dikabari hasil tes pake castrolnya
ane sdh ganti wiper pake moonS yg double tuk pd bagian sopir aja dulu dan ane pake rain X juga ,jadi pas hujan kmarin pulkam bersih banget dan kelihatan bedanya antara wiper bawaan boil dan yg baru
sebab sebelum diganti wipernya,walo pake rainX hasilnya gak nyata bersihnya.

ane msh punya masalah pada bagian kaki2 depan klo lewat jalan glombang masih bunyi gluduk2, ini yg bikin sebel blum ketemu,
apa mungkin jenis shockbreakernya yang gak pas/ gak cocok sb terlalu empuk gitu, mereknya SBM bikinan blanda kata mekanik mitsu, emang bukan yg ori hyundai
:capede:

klo karet penutup antara roda dan mesin ane intip sih masih bagus, tapi kmarin lupa gak dilihat pas ganti kaki2,
akan sy cek pas rotasi roda nanti, tks pencerahannya
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Om-Om semuanya,

Apa masih tertarik gak bikim perkumpulan Santa Fe ?, kl masih ayo kita matangkan rencananya.
Image
Fly Like a Bird
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

oke siap dan masih minat banget bikin club santi
bro imsus gimana neh sdh ada yg siap neh tuk gabung bikin club ???
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

ini ane kirim foto santi pas kmarin manjat ke gn bromo
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

INI ANE KIRIM RAMBU JALAN CURAM YG GAK STANDART TAPI BAGUS JUGA MRUPAKAN HAL HAL ANEH DI JALAN
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

inoz wrote:oke siap dan masih minat banget bikin club santi
bro imsus gimana neh sdh ada yg siap neh tuk gabung bikin club ???
Oke2 aja pak...yaah itulah....domisili saya yg berjauhan gitu loh....jadi ga enak juga kalo cuman sekedar member pasif alias penggembira aja....

Btw, kemaren saya baca autobild edisi minggu ini, di rubrik "how to buy" lagi ngebahas Santa Fe generasi 1. Cuman sayangnya (menurut saya loh...), infonya kurang lengkap dan ada beberapa yg agak "kurang pas".
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

wah....setelah liat2 fotonya pak inoz, jadi kepengin upload foto juga nih. Kalo ga salah, itu foto2 diatas yg rute mo ke penanjakan ya pak?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

he eh itu foto santiku pas sblm pananjakan. ntar kirim foto santiku luar dlm lainnya blm sempet
Karjo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Fri May 23, 2008 14:18

Santa fe 2002 ?

Post by Karjo »

Bpk2/mas2... aku mo nanya nih, berapa harga pasaran Santa Fe 2002?
Ada buka harga 90jt, ada pula yg 83 jt..musti nawar brp ya..?
Bagusan di showroom ato perorangn? trus biaya mutasi/balik nama ke Jogja berapa sih?
:thanks:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa fe 2002 ?

Post by inoz »

hallo bro
klo santa fe 2002 seharga rp 83 jt cukup bagus harganya tapi mesti ditawar dolo, sekitar rp 78 jt trus naik pelan2
dan tergantung kondisinya, sy beli seharga rp. 84.5 jt tp kondisinya yahuud, km baru 48.000, ban serep blm turun, jok kulit
test drive dulu, trus yg penting adalah riwayat perawatan ada gak, km nya brp ? sehingga kita hrs siap anggaran tambahan agar mbl bisa siap pake
harga biasanya lebih murah ke perorangan/pemakai, tdk ke pedagang mobil
pajak tahunan sekitar rp.2,2 jt
biaya mutasi sekitar 2 jt an
smoga membantu
Karjo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Fri May 23, 2008 14:18

Re: Santa fe 2002 ?

Post by Karjo »

Iya nih, KM 85 ribu, servis record Hyundai ada.. ada pendapat yg mengatakan lebih baik mobkas yg KM nya normal2 saja, yakni max 30rb/tahun, alasannya klo dipakai normal berarti pemiliknya pasti care dg mobilnya shg jika ada yg "aneh" dikit aja pasti langsung di servis, sebaliknya jika dibawah normal artinya jarang dipakai, shg pemilik belum tentu merasakan gejala keanehannya.
btw konsumsi BBM nya gimana ya? apa sudah ada yg nyoba pakai pengirit BBM macam MGO.
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa fe 2002 ?

Post by inoz »

konsumsi BBM normal aja dg 2.4 L yg cocok lah dg tarikannya yg spontan sekitar 1:9-10, klo suka stop n go yaaaa agak minum dikit sekitar 1:8
betul makanya pilih mobil sekend mesti lihat juga tipe pemakai dan kebiasaan dr servis rekordnya akan bany bantu
:beer:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa fe 2002 ?

Post by inoz »

ini pak gambar santiku semoga bisa jadi bandingan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Karjo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Fri May 23, 2008 14:18

Re: Santa fe 2002 ?

Post by Karjo »

Thanks mas Inoz.. ngga nyangka th 2002 interior +mesinnya so clean.. benar ini bisa membantu saya untuk bargaining.
Minggu ini soalnya mau tawar-menawar nih..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa fe 2002 ?

Post by imsus2c »

hayo pak...ditawar dan dipinang ajah... Kalo dah dijajal rasanya, sharing di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7697
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: Santa fe 2002 ?

Post by WP »

wah pengin juga neh saya Santa Fe... bodynya gede, desain oke lah...

kalo Terracan ada yg jual ga seh? ga dimasukin resmi seh soalnya
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

sundul lagi aaaaah pamerin interior santiku
:ungg:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.