tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Fri Mar 14, 2008 8:19
tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
Halo , mau tanya tentang kuras (flush) matik.
rencananya mau kuras matik (honda city Exi 99) pake oli Z1 , pas kebetulan ada di kawasan
BSD tanya ama bengkel disana ada alat untuk kuras matik ngak , tapi kata pemilik bengkel kuras matik itu ngak perlu pakai alat , secara manual/konvensional juga bisa (dia juga bilang kalo suhunya matik sendiri , si Ricardo matik juga menyarankan kalo kuras matik secara manual). si pemilik bengkel juga pernah kuras matik manual untuk volvo , kia dll dan dia bilang semuanya puas. yang saya mau tanyakan apa bener kuras matik secara manual di jamin bisa mengeluarin oli2 yg sudah kotor dibanding dengan pemakaian alat kuras. mohon pencerahannya.
rencananya mau kuras matik (honda city Exi 99) pake oli Z1 , pas kebetulan ada di kawasan
BSD tanya ama bengkel disana ada alat untuk kuras matik ngak , tapi kata pemilik bengkel kuras matik itu ngak perlu pakai alat , secara manual/konvensional juga bisa (dia juga bilang kalo suhunya matik sendiri , si Ricardo matik juga menyarankan kalo kuras matik secara manual). si pemilik bengkel juga pernah kuras matik manual untuk volvo , kia dll dan dia bilang semuanya puas. yang saya mau tanyakan apa bener kuras matik secara manual di jamin bisa mengeluarin oli2 yg sudah kotor dibanding dengan pemakaian alat kuras. mohon pencerahannya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Mon Feb 18, 2008 13:36
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
kalo mobil g (crv) ma bokap (galant), 2" matik.
kalo di honda (crv) mank beres ya ganti oli matik secara manual,setiap 15-20rb,kalo menurut saya mah, kalo rajin ganti oli matiknya pake cara manual juga ga masalah soalnya olinya rutin ganti baru.tentunya oli matiknya harus sesuai dengan kriteria transmisi lo,mahal dikit gpp, wong dipake 15-25rb kok.
kalo galant, karena saya berdomisili didaerah pedesaan n beres ya kurang modal jadi ganti oli matiknya pake cara manual.
kalo g lagi jalan" ke bandung/jkt n mank ada acara service n ganti ole matik, g minta ya pake alat ngurasnya. mank kalo pake alat butuh oli yang lebih banyak tapi kotoran yang mengendap bisa dikuras secara tuntas, beda ma kuras manual.
sebagai perbandingan, galant hiu kalo kuras manual cuma butuh 3-4 liter, kalo pake alat bisa 8-9liter.
oh ya,g ga tau kalo mobil loe ada filter oli matik (galant ada2, didalam transmisi ma diluar transmisinya(bukan filer oli mesin), biasanya setiap 30-50rb g ganti filter oli matiknya (luar), kalo yang didalam tranmisi harus buka transmisinya jadi jarang bgt yang ganti, beda kalo turun transmisi), kalo mbl lo ada filter oli matik (luar) mending sekalian ganti filter oli matik (usianya lebih panjang daripada oli mesin,cuma kalo belum pernah diganti mendingan diganti).
semoga membantu n CMIIW
kalo di honda (crv) mank beres ya ganti oli matik secara manual,setiap 15-20rb,kalo menurut saya mah, kalo rajin ganti oli matiknya pake cara manual juga ga masalah soalnya olinya rutin ganti baru.tentunya oli matiknya harus sesuai dengan kriteria transmisi lo,mahal dikit gpp, wong dipake 15-25rb kok.
kalo galant, karena saya berdomisili didaerah pedesaan n beres ya kurang modal jadi ganti oli matiknya pake cara manual.
kalo g lagi jalan" ke bandung/jkt n mank ada acara service n ganti ole matik, g minta ya pake alat ngurasnya. mank kalo pake alat butuh oli yang lebih banyak tapi kotoran yang mengendap bisa dikuras secara tuntas, beda ma kuras manual.
sebagai perbandingan, galant hiu kalo kuras manual cuma butuh 3-4 liter, kalo pake alat bisa 8-9liter.
oh ya,g ga tau kalo mobil loe ada filter oli matik (galant ada2, didalam transmisi ma diluar transmisinya(bukan filer oli mesin), biasanya setiap 30-50rb g ganti filter oli matiknya (luar), kalo yang didalam tranmisi harus buka transmisinya jadi jarang bgt yang ganti, beda kalo turun transmisi), kalo mbl lo ada filter oli matik (luar) mending sekalian ganti filter oli matik (usianya lebih panjang daripada oli mesin,cuma kalo belum pernah diganti mendingan diganti).
semoga membantu n CMIIW
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Fri Jul 06, 2007 14:03
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
Bro,
Kalo tinggal seputar BSD, saya ada saran ke bengkel Limurti aja (lokasi seberang Auto Part - Lama; sebelum tempat les inggris elokuensi) dsana pake mesin dijamin akurat
Rgd
Kalo tinggal seputar BSD, saya ada saran ke bengkel Limurti aja (lokasi seberang Auto Part - Lama; sebelum tempat les inggris elokuensi) dsana pake mesin dijamin akurat
Rgd
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Jun 27, 2007 3:26
- Location: Bandung
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
jadi sebenernya kuras oli matik yang pake alat tiap berapa KM?
Kalo yg manual tiap berapa KM?
Thanks
Kalo yg manual tiap berapa KM?
Thanks
Yg mau beli My Green Oil (MGO) klik :http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 30#p316130
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Mon May 19, 2008 2:37
- Location: Bandoeng
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
Kalo pengalaman saya selama 5th make matic & rekomended dr ahlinya. Penggantian oli matik berkisar 5000 - 10.000km (tergantung kondisi), sedangkan pengurasan 20.000-30.000 termasuk penggantian filter (sebaiknya pake mesin).
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Tue May 29, 2007 7:15
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
Kl ngk salah yg dimaksud dgn kuras manual sama Ricardo Matic bukan cuma buka lubang trus diisi lagi tapi transmision pan dibuka, dibersihin, filter oli di transmisi dicek and kalo kotor diganti. Prosesnya jauh lbh lama dan ribet. Dulu pernah tanya ongkosnya aja buat 42ner 150rb.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
kuras oli transmisi matik berbeda dengan cara transmisi manual, kuras transmisi matik ada alat khusus untuk menyedot oli, kalau cara biasa oli yang keluar paling 4-5 liter, kalau judulnya kuras trasn matik bisa sampai 9 literan..... mau kuras transmisi matik yang kudu pake alat khusus dan dibengkel yang menyediakan alat tsb.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Fri Mar 14, 2008 8:19
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
bro Agim bengkel limurti yg di bsd (castrol minded ya) kalo boleh tahu ongkos kuras matik nya brp ? tadi lewatin bengkelnya (agak sepi) sih.kayanya mendingan poake alat kuras dech
thanks
thanks
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Jun 27, 2007 3:26
- Location: Bandung
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
jadi tiap 10.000Km oli matik tuh cukup dikuras manual?jadi yg diganti paling cuma 4 literan yah?
trus yg kuras pake mesin tiap 30.000KM, gt kah?
trus mesti pake oli yg sama yah?
Thanks
trus yg kuras pake mesin tiap 30.000KM, gt kah?
trus mesti pake oli yg sama yah?
Thanks
Yg mau beli My Green Oil (MGO) klik :http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 30#p316130
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Mon May 19, 2008 2:37
- Location: Bandoeng
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
Kira2 begitulah bro. Tapi saran gue, jangan terlalu terpaku ama jumlah km. Sebulan sekali coba aja chek olinya lewat deepstick yg letaknya di atas bak persneling (gearbox), kalo warnanya dah item & ada bau2 gosong, segera ganti olinya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Jun 27, 2007 3:26
- Location: Bandung
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
waduh..yg g udah 15.000KM blom diganti...
Yg mau beli My Green Oil (MGO) klik :http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 30#p316130
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Oct 20, 2010 3:50
- Location: Danau Sunter Blok A1/5
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
Bro bedain ganti oli matic sama kuras oli matic, kalau ganti oli matic paling sekirat 4 l aja yang bisa diganti, tapi kalau kuras bisa sampai 8 l.
Ganti oli matic gampang dilakukan tinggal buka aja kran pembuangan, tapi kalau kuras ya harus dilakukan dengan bantuan mesin ATF Changer.
Ganti oli matic gampang dilakukan tinggal buka aja kran pembuangan, tapi kalau kuras ya harus dilakukan dengan bantuan mesin ATF Changer.
Agung Jaya Motor
Bengkel Umum, Body Repair & Car Rental
Jl. Danau Sunter Utara Blok B 1A No. 1 Jak-Ut
http://www.bengkelmobiljakarta.co.cc
Bengkel Umum, Body Repair & Car Rental
Jl. Danau Sunter Utara Blok B 1A No. 1 Jak-Ut
http://www.bengkelmobiljakarta.co.cc
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Fri Jan 23, 2009 11:21
Re: tanya Kuras matik (pakai alat atau manual)
Bro sekalian,
kayaknya kuras manual ini ada pengertian lain selain yg dibicarakan di atas.
pernah baca di web mana gitu, cara pengurasan tanpa alat.
Kira-kira begini: pertama oli matic dibuang lewat lubang oil drain.
Setelah terbuang kira2 4 literan, oli dikuras melalui oil line-nya yaitu melalui 2 selang yg telah dilepas dari 2 pipa besi yg mengarah ke arah depan mobil (biasanya ke arah radiator) karena pipa oli matic biasanya ada pendinginan standard melalui radiator.
Oli dikuras dengan cara menyalakan mesin sambil memindahkan tuas matic beberapa detik ke setiap posisi (P/R/N/D).
Maka oli akan terpompa keluar melalui selang tadi, dengan catatan: Segera matikan mesin, sebegitu oli nya tidak keluar lagi alias habis. Bila lalai, atau terlalu lama membiarkan mesin nyala akan merusak pompa maticnya karena dalam keadaan kosong tanpa oli.
Jumlah oli yang keluar bisa mencapai 8-9 literan untuk jenis mobil sedan atau mpv.
Nah, gimana pendapatnya para SMers, mungkin kita serahkan aja pada para suhu matic disini.
kayaknya kuras manual ini ada pengertian lain selain yg dibicarakan di atas.
pernah baca di web mana gitu, cara pengurasan tanpa alat.
Kira-kira begini: pertama oli matic dibuang lewat lubang oil drain.
Setelah terbuang kira2 4 literan, oli dikuras melalui oil line-nya yaitu melalui 2 selang yg telah dilepas dari 2 pipa besi yg mengarah ke arah depan mobil (biasanya ke arah radiator) karena pipa oli matic biasanya ada pendinginan standard melalui radiator.
Oli dikuras dengan cara menyalakan mesin sambil memindahkan tuas matic beberapa detik ke setiap posisi (P/R/N/D).
Maka oli akan terpompa keluar melalui selang tadi, dengan catatan: Segera matikan mesin, sebegitu oli nya tidak keluar lagi alias habis. Bila lalai, atau terlalu lama membiarkan mesin nyala akan merusak pompa maticnya karena dalam keadaan kosong tanpa oli.
Jumlah oli yang keluar bisa mencapai 8-9 literan untuk jenis mobil sedan atau mpv.
Nah, gimana pendapatnya para SMers, mungkin kita serahkan aja pada para suhu matic disini.
