Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sazsch wrote:om, mau tanya nie... kalo misalnya saya mau vulkanisir ban buat truk2 gt kira2 ada yg tau nggak tempatnya di mana?
trus biayanya kira2 brapa yah?
thanx before nie...
wah bro dimana?
kalo soal harga, tergantung jenis ban truk nya. dan vulkan nya yg kualitas apa... sebaiknya coba tanya tempat ban di daerah bro... mereka pasti bisa rekomen.
Setuju dengan om frontier, pakai nitrogen berasa lebih empuk. Saya sudah coba di beberapa mobil dan yakin bukan sugesti. Justru saya bisa isi nitrogen sesuai dengan tekanan yang di wajibkan oleh buku pedoman pemilik. Sebab kalau diisi pakai angin biasa berasa keras.
Sudah pake Nissan Frontier dari baru tahun 2005 (mobil kantor), lalu harus dibalikin tahun 2006 karena aku keluar dari kantor itu.. BTW sudah sempat juga dipasangin turbo timer kok....
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Oh iya, mau nanya aja, kalo ban kita diisi nitrogen, pada saat ban kita kekurangan tekanan n cuma ada tukang ban pinggir jalan, boleh ngga langsung tambah angin gitu aja?
Kalo misalnya ngga boleh, apa sebabnya?
Apa akan ada efek buruknya ke ban itu sendiri?
jadi bagaimana solusinya?
Tolong di share pengalamannya..
Thanks...
RicardoMaru wrote:Oh iya, mau nanya aja, kalo ban kita diisi nitrogen, pada saat ban kita kekurangan tekanan n cuma ada tukang ban pinggir jalan, boleh ngga langsung tambah angin gitu aja?
Kalo misalnya ngga boleh, apa sebabnya?
Apa akan ada efek buruknya ke ban itu sendiri?
jadi bagaimana solusinya?
Tolong di share pengalamannya..
Thanks...
Kalau tekanannya sudah harus benar2 ditambah, daripada bannya rusak ya terpaksa tambah angin biasa. Tapi setelah itu idealnya dibawa ke tukang isi nitrogen untuk diganti total. Kenapa begitu, IMO itu semua hanya masalah kadar nitrogen saja. Di udara biasa kadar nitrogennya juga lumayan tinggi, jadi tidak ada masalah kalau semula isi nitrogen ditambah angin biasa, hanya kadar kemurnian nitrogennya menjadi berkurang. Idealnya, sewaktu penggantian total dari angin biasa ke nitrogen atau pun pada saat pengisian baru langsung pake nitrogen, sebaiknya divacuum dulu pake kompresor vacuum yang biasa untuk periksa AC mobil untuk menghisap sisa udara yang ada di dalam ban, baru setelah itu isi pake nitrogen.
Efek buruknya tergantung banyaknya penambahan angin itu sendiri, semakin banyak tambah angin biasa berarti semakin hampir seperti isi angin biasa, termasuk semakin berasa keras bantingannya.
Btw, minggu lalu saya baru isi total nitrogen di CR-V di Surabaya, 4 ban hanya kena 24 ribu saja? Saya tanya kalau hanya tambah nitrogen 2 ribu rupiah saja. Memangnya harganya lagi turun? Kok aneh ya semua harga pada naik, yang ini malah turun.
Aku dulu pakai Nitrogen,trus ganti dengan angin biasa,di tempatku masih jarang hanya bengkel bengkel besar aja,kalau empuk memang empuk kalau aku tekan banya,bukan kerasa di mobil,kalau di mobil angin sama nitrogen perasaan sama.Ada perasaan yang bawaanya ingin sering- sering cek tekanan,dan pakai ongkos cek juga,dung...h..h...h.
Suatu ari pd saat gw maseh muda, ban boil gw kena paku neh...hiks...
trus gw pegi ke tukang tambel ban di pinggir jalan. Trus ditambelin deh ntu ban nyang kempes.
Eee, baru beberapa ari aje ntuh ban nyang baru ditambel ternyata kempes lagi, mane ude malem & ujan gede lagi. Terpaksa deh gw jalanin trus ntu mbl.
Besoknye gw liat2 lagi ntuh ban & ternyata penyebabnye adalah tambelan tsb bocor lagi. Jadi terpaksa deh gw pegi lagi ke tukang tambel ban, tapi kli ini gw pegi ke tukang ban nyang agak bonapid.
Ternyata gw mesti ganti ban baru, krn ban tsb sdh rusak, en nyang punya toko bilang klo penyebabnya adalah tambelan yg sebelumnye kaga bener cara nambelnye en bahan nyang dipake bukan dari bahan nyang bagus, tapi cuma dari ban dalem nyang dipotong2 & dikasih lem biasa aja.
Pantesan aja ban gw bocor lage.
Nah, klo ade nyang pernah ngalamin hal yg serupa, silahkan berbagi. Siape tau berguna bagi nyang laen, mumpung lagi banyak nyang pade mo mudik.
ban nya rusak karena sudah kempes tapi tetap di bawa jalan, dan bukan karena kualitas tambalan walaupun berhubungan cerita nya. Untuk emergency dan menghindari penambalan ban di pinggir jalan skrg ini sudah banyak produk2 tyre repair kit. Kalau untuk tau bagaimana cara nambal yg bener sih saya gak perlu tau, cukup hindari tukang tambal ban pinggir jalan.
Beruntunglah mereka yang mampu membeli dan memakai tipe ban runflat karena mobil bisa tetap melaju dalam keadaan ban kempis sekalipun. Sayangnya, harga ban jenis ini masih sangat mahal. Nah, mobil premium BMW X6 xDrive35i yang hari ini diluncurkan menjadikan varian ban runflat tersebut sebagai ban standar.
Memang sih awalnya gw udah tau, klo ban yg kempes kaga boleh dijalanin, tapi dalam keadaan terpaksa mau tidak mau deh dijalanin aja, daripada kena todong & gw kaga berani ganti ban di jalan tol (sorry lupa nulis di awal), takut ditabrak dari belakang. So gw pikir paling2 korbanin aja tuh ban.
Selang beberapa bulan kemudian gw kena lagi ban kempes, tapi gw langsung pergi ke tempat jual ban yg lumayan besar, bukan yg di pinggir jalan. Kelihatannya sih bagus, tapi tetep aja gw kaga puas, krn hasil tambalannya cuma bertahan kira-kira 2 bl saja.
Setelah itu timbul rembesan angin di bekas tambalan tsb. Capeee deh.... kena gw keluarin duit lagi buat nambelin tuh ban.
Saking keselnya, akhirnya pada sebuah pameran mobil, gw belajar cara tambel ban nyang bener, krn kebetulan agen penjual alat tambal ban ikut pameran.
Hasil yg gw dapet antara lain:
1. Perhatikan pada waktu paku dicabut.
Pada ban tubeless, lubang bekas paku akan dimasukkan alat untk menambal. Pada saat memasukkan alat tsb, harus sama dengan posisi paku dicabut. Klo paku dicabut pada posisi miring, alat tsb jangan dimasukkan lurus tapi harus miring juga.
2. Setelah alat menambal dimasukkan, biasanya alat tsb diputar2. Nah disini yg perlu diperhatikan. Putaran alat tsb harus satu arah, klo mo ke kanan ya ke kanan aja, jangan kasih putar kiri dan kanan.
3. Selain itu pastikan klo merk tambalan ban harus yg baik.
Nah, stelah mendapatkan pelajaran ini, alhasil di manapun gw mo tambal ban sedikit banyak bisa membantu gw supaya mendapatkan hasil tambalan yg baik.
Kalau kita kena masalah ini,seharusnya pinggirin mobil trus pasang segitiga merah kurang lebih 2 setengah meter dari belakang mobil, trus kita ganti dengan ban cadangan,nah langkah selanjutnya cari tukang las..eh tukang tambal.
Bro Syam maksain ban kempis tetep jalan,,berarti lupa nggak ready ban cadangan,dung..
avansa wrote:Kalau kita kena masalah ini,seharusnya pinggirin mobil trus pasang segitiga merah kurang lebih 2 setengah meter dari belakang mobil, trus kita ganti dengan ban cadangan,nah langkah selanjutnya cari tukang las..eh tukang tambal.
Bro Syam maksain ban kempis tetep jalan,,berarti lupa nggak ready ban cadangan,dung..
Bukan maksain, tapi takut ditabrak bis dari belakang krn bus suka nyalip seenak jidatnye. So daripada daripada mendingan gw korbanin deh tuh ban. Klo ban cadangan ampe alat tambel tubeless berikut pompa anginnya selalu tersedia di boil gw, kali2 aja bisa nolongin nyang alus2 trus kenalan dst, dst kayak cerita ente di kbl jumper tuuuuhhhhhhh..... hehehe..... ... ......
btw gw pernah denger di jalan tol, orang lagi ganti ban di pinggir jalan diseruduk ama bis (amit2 deh). Klo begene khan gw jadi ngeri, hayooo akhirnye jadi lebih mahal nyang mane?......
kalo... masalah tambal menambal mank.. gak enakk...
neo aja seringg namball... gilanyaa.. 1 bulan bisa namball 5 kali
cuma gara2 tukang tambal bannya yg begoo.. (dipinggir jalan sihh n lagi kondisi malam gelap )
si "tukang ban" tsb cuma nambal aja tanpa melihat permasalannya... yg ternyata jarum (keci.llll banget) masihh nancepp
sialll dehhh
soo... saran NeO kaloo.. tuhh ban dahh di tembel lebih dari 2 kali n umurnya ga panjang... nn fuluss banyakkk
GANTI Aja dengan yg baruu.... jamminn color=#0040FF]PUA....SSSSSSSS [/color]
Maximum speed ......................... Setting ON
ganti ban baru sih gampang, tapi klo bannye baru diganti khan kesel juga.
gw kadang2 bingung, krn klo lagi kena paku kadang2 bisa berturut2. tapi klo lagi kaga ya jarang2 .
Sekali waktu gw keliling seputaran komplek gw (pake mtr), kebetulan di komplek gw banyak tuh polisi tidurnya. Trus gw perhatikan hampir di setiap polisi tidur ada pakunya, entah itu 1 buah, kadang 2 buah & gw pernah temukan hampir 5 bh. Rupanya yg diberitakan di tv itu ada benarnya juga deh, klo ada orang yg dgn sengaja menebar paku. Akhirnye gw bawa aja besi berani dan gw buangin deh ntu paku ke kali, biar org lain kaga kena getahnye.
waktu itu ane denger di radio, menurut para polisi ada beberapa titik yg diyakini sebagai daerah rwan ranjau paku.. salah satunya di daerah tugu tani..
kalau tambal-menambal an udah 2 kali berturut2 nambel ban.. hr yg kanan depan, besoknya yg kanan belakang..
Rekan2 SMers.... berapa psi biasanya mengisi ban yg dipakai di mobil?
Gw lagi nyari tekanan yg pas nih... saat ini ban gw, Toyo Proxes4 195/60/R16 di depan diisi 30, sedangkan belakang Toyo Proxes T1R ukuran sama diisi 32. Tukang di toko ban yg ngisiin segitu. Dia bilang pasnya segitu. Padahal gw biasa kebalik, 32 di depan, 30 di belakang.
Karakter ban ini adalah karetnya lembut, jadi kalo kurang angin bener2 keliatan kempes. Bahkan kalo dijepit ke pinggiran trotoar aja bisa keliatan agak kempes walopun tekanannya 30-32. Kalo ban gw yg lain, Bridgestone Potenza ato Turanza ga begitu.
Nah, menurut rekan2 gw sebaiknya isi berapa? post juga dunk biasa pada isi berapa... Thanks
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear