(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
betul bro, klo ada fotonya lebih asyik tuh santi black
ntar kuminta kawanku foto boilnya
iyaaa saya juga nyesel knp baru bilang skarang klo santi itu mau dijual, klo gak khan bisa kubeli
abis juga baru ketemu kmarin jadi yoooo emang bukan jodohnya, spt kata bro imsus
emang salah kamar harusnya masuk di bisnis corner
ditunggu yaaa
trus pesanan tutup roofrail tuk santi bro imsus ntar saya pesan klo pas servis sbentar lagi
ntar kuminta kawanku foto boilnya
iyaaa saya juga nyesel knp baru bilang skarang klo santi itu mau dijual, klo gak khan bisa kubeli
abis juga baru ketemu kmarin jadi yoooo emang bukan jodohnya, spt kata bro imsus
emang salah kamar harusnya masuk di bisnis corner
ditunggu yaaa
trus pesanan tutup roofrail tuk santi bro imsus ntar saya pesan klo pas servis sbentar lagi
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Fri May 23, 2008 14:18
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Wah canggih bro imsus, coba nanti sy liat nya ada ga ya 2 titik itu? Indicator temperatur sih normal, tapi disarankan AC selalu hidup supaya membantu pendinginan. Sy baru tahu klo Fan radiatornya ada 2, punya sy tinggal 1 sih..inoz wrote:bro imsus ntar sy bantu nanya ke BERES ttg tutup roof railnya
slamat juga tuk P karjo atas kenekatannya turun ke lautan pasir bromo![]()
oh yaa kmrin bro andra juga ngalami gitu pas kopdar di bdg pd km 88 tol purbaleunyi, dari radiator ada asap tapi gak over heating {panel suhu di dashboard pd posisi normal kurang1 strip dr setengah). gak tahu sebabnya, yg jelas dia gak pake AC dan slalu high speed apa itu sebabnya
santiku juga pernah gitu pas keadaan berhenti ane gas2 pd rpm tinggi, tiba2 kluar asap dari radiator, panik juga, ane lihat fan mesin gak muter, lalu ada inisiatif agar lebih cepat dingin ane pasang AC kuat2 dimana kedua kipas AC dan mesin muter, asap segera hilang
ane pikir gitu kali asap dr radiator karna gak pake AC spt yg dialami bro andra
tapi knp dua kali pulang balik bandung, ane gak nyalaiin AC, hanya andelin angin yg masuk lwt ventilasi, ternyata aman aja tuh
mungkin betul ada yg gak beres dari radiator or bag lain spt ditulis bro andra diatas
betul tuh barusan ane lihat ada 2 titik di panel suhu mesin spt ditulis diatas, wah giiileee bro imsus sampe tahu detil gitu, makanya ane angkat sbg "SUHU" nya santi haaaa. ... haaaaa

Memang klo thermostat di lepas, jadi lebih dingin, tapi lebih boros.
Coba bro, nanti sy tanyakan ke bengkel alternatif langganan sy utk order cover roof rail + MAF sensor ( MAF itu singkatan apaan ya??

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
walah baru kamis keluar bengkel eh malah jumat masuk bengkel lagi, mekaniknya prediksi tensioner timing beltnya, tapi dia masih cari2 sumber bunyi2 tsb, padahal waktu timing belt diganti tensionernya juga udah digantisekalian jadi bingung neh

Fly Like a Bird
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
yaa..bukan canggih pak, kan cuma mengamalkan peribahasa "tak kenal maka tak sayang" gitu loh hehehe.......Karjo wrote:Wah canggih bro imsus, coba nanti sy liat nya ada ga ya 2 titik itu? Indicator temperatur sih normal, tapi disarankan AC selalu hidup supaya membantu pendinginan. Sy baru tahu klo Fan radiatornya ada 2, punya sy tinggal 1 sih..inoz wrote:bro imsus ntar sy bantu nanya ke BERES ttg tutup roof railnya
slamat juga tuk P karjo atas kenekatannya turun ke lautan pasir bromo![]()
oh yaa kmrin bro andra juga ngalami gitu pas kopdar di bdg pd km 88 tol purbaleunyi, dari radiator ada asap tapi gak over heating {panel suhu di dashboard pd posisi normal kurang1 strip dr setengah). gak tahu sebabnya, yg jelas dia gak pake AC dan slalu high speed apa itu sebabnya
santiku juga pernah gitu pas keadaan berhenti ane gas2 pd rpm tinggi, tiba2 kluar asap dari radiator, panik juga, ane lihat fan mesin gak muter, lalu ada inisiatif agar lebih cepat dingin ane pasang AC kuat2 dimana kedua kipas AC dan mesin muter, asap segera hilang
ane pikir gitu kali asap dr radiator karna gak pake AC spt yg dialami bro andra
tapi knp dua kali pulang balik bandung, ane gak nyalaiin AC, hanya andelin angin yg masuk lwt ventilasi, ternyata aman aja tuh
mungkin betul ada yg gak beres dari radiator or bag lain spt ditulis bro andra diatas
betul tuh barusan ane lihat ada 2 titik di panel suhu mesin spt ditulis diatas, wah giiileee bro imsus sampe tahu detil gitu, makanya ane angkat sbg "SUHU" nya santi haaaa. ... haaaaa![]()
Memang klo thermostat di lepas, jadi lebih dingin, tapi lebih boros.
Coba bro, nanti sy tanyakan ke bengkel alternatif langganan sy utk order cover roof rail + MAF sensor ( MAF itu singkatan apaan ya??) Biasanya bengkel ini cepat klo dipesenin, klo ga ada di Indonesia/jkt, dia langsung contact Korea. Biasanya yg import lebih murah. Memang yg banyak stok di bengkelnya part-part import Trajet, krn populasinya banyak. Santi jarang nyetok. Siapa tau MAF sensor nya compatible dg Trajet. Untuk radiator aja, Santi ori 2.2 jt, Trajet ori 2 jt, tp klo Trajet import Korea "cuma" 1.3 jt.
MAF = Mass Air Flow sensor, tujuannya mendeteksi debit dan kualitas udara (oksigen) yg masuk ke mesin/pembakaran. Di santi, posisinya di pipa setelah filter udara dan tepat sebelum masuk ke TB (throttle body). Keliatan kok kalo dilihat diruang mesinnya. Untuk santi ini (mesin G4JS), original MAF sensor-nya dari Bosch-germany, naaa...itu yg bikin mahal. Kemarin waktu cek2 di OMS, sama pak mekaniknya mo dicarikan "substitusi"-nya, misalnya eks-Mitsu eh ternyata ga ada yg cocok. Iseng2 nanya, kalo emang ada yg cocok, berapa sih harga MAF seken eks evo? dia bilang kalo masih "waras" sekitar 1.5-2 jutaan....wakkkss...berapa harganya tuh kalo "brand new"? bisa2 3-4 jutaan dunk?
Karena MAF ni kasih info-nya ke ke ECU ngaco...ya jadinya ECU-nya kasih perintah ke pembakarannya juga ikutan gila. Dari input MAF yg "salah", ECU mengira pembakaran terlalu "lean" (kelebihan udara kurang bensin), dia lantas perintahkan injector utk kasih lebih banyak bensin....akibatnya ya...bensin boros, lambda jelek, emisi kacau...keliatan dari lubang knalpotnya hitam berjelaga kering. Trus asepnya sangat pedih (di hidung dan mata) dan menusuk baunya...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
imsus2c wrote:wah...coba kalo ad foto-nya, kan asik pak, bisa upload disini or di business corner gitu.... kampanye penyemarakan santiers hehehe....inoz wrote:bro imsus
ada kabar dr bro andra klo tutup roof rail nya gak dijual sebab mrpk satu bagian gitu kata BERES
bagi yang mau beli santa fee ada yg mau jual neh :
warna hitam th 2002 km 60000 an, interior dan ekterior masih mulus, tgn I, ex wanita, bodi mulus
service rekord lengkap dan rawatan BERES arteri pondok indah, ada manual book, remote, jok kulit
plat nomer jakarta selatan
ban pirelly tp sdh agak tipis, dg velg standat racing
buka harga sekitar rp 80 jt bisa nego
siapa yang minat bisa sms gw
Sebearnya waktu ngeliat santi diatas aku lagi gak bawa kamera, hanya kebetulan aja mobilnya pas lagi disitu, lokasi pemiliknya dekat rumah aku (Bintaro), mungkin kalo emang ada yg minat bisa aku kontak org nyautk minta difoto.
Pas aku abis liat mobil itu langsung ngeubungin Bro Inoz karna aku kemungkinan lagi gak bisa posting malam harinya karna ada planning pulang tengah malam.

Fly Like a Bird
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
tuh bisa langsung hubungi bro andra klo ada yg mau ama santi item di atas
bro imsus, klo MAF nya ngaco, gimana dg tarikan mesin, apa ndut 2an gitu atau tenaga hilang gitu ?
sebab penyakit santiku masih kadang muncul tuh, tenaga ngempos, injak gas tetep aja gak bisa jalan kenceng dan jadi boros klo dipaksa jalan, lemooot aja.
matiin mesin dan dibiarin aja sebentar, kunci putar ke AC, tunggu sbentar lalu kadang bisa jalan, biasanya klo abis full tank gak ditambahkan octane booster/OB gejala ini muncul
skarang dah sembuh sebab setiap abis isi fulltank premium langsung tambahkan juga OB sesuai takaran
spt bro andra tuk hemat BBM ane gak pake AC, tapi kadang klo lagi lari kenceng lalu pasang AC tenaga sedikit berkurang
gimana tuh pengaruhnya klo sering2 gak pake AC thp mesin, panel suhu mesin normal, kabin tdk panas sb udara masih bisa masuk lwt ventilasi dr mesin atau yaaa kaca buka sedikit
apa ada efek jeleknya terhadap mesin ?, sudah barang tentu fan nya yaaaa harus sehat alias jalan gitu ? mhn info para suhu.

bro imsus, klo MAF nya ngaco, gimana dg tarikan mesin, apa ndut 2an gitu atau tenaga hilang gitu ?
sebab penyakit santiku masih kadang muncul tuh, tenaga ngempos, injak gas tetep aja gak bisa jalan kenceng dan jadi boros klo dipaksa jalan, lemooot aja.
matiin mesin dan dibiarin aja sebentar, kunci putar ke AC, tunggu sbentar lalu kadang bisa jalan, biasanya klo abis full tank gak ditambahkan octane booster/OB gejala ini muncul
skarang dah sembuh sebab setiap abis isi fulltank premium langsung tambahkan juga OB sesuai takaran
spt bro andra tuk hemat BBM ane gak pake AC, tapi kadang klo lagi lari kenceng lalu pasang AC tenaga sedikit berkurang
gimana tuh pengaruhnya klo sering2 gak pake AC thp mesin, panel suhu mesin normal, kabin tdk panas sb udara masih bisa masuk lwt ventilasi dr mesin atau yaaa kaca buka sedikit
apa ada efek jeleknya terhadap mesin ?, sudah barang tentu fan nya yaaaa harus sehat alias jalan gitu ? mhn info para suhu.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Fri May 23, 2008 14:18
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Emang gitu Bro, OB bikin mesin kecanduan, sekali ga di kasih langsung ngempos. Untungnya Santiku ga biasa minum OB jadi performa tetap terjaga, udah pernah coba pake MGO blum? Saya pake terus, dan hasilnya cukup memuaskan dan ga bikin ketagihan, karena bukan OB sih..inoz wrote:tuh bisa langsung hubungi bro andra klo ada yg mau ama santi item di atas
bro imsus, klo MAF nya ngaco, gimana dg tarikan mesin, apa ndut 2an gitu atau tenaga hilang gitu ?
sebab penyakit santiku masih kadang muncul tuh, tenaga ngempos, injak gas tetep aja gak bisa jalan kenceng dan jadi boros klo dipaksa jalan, lemooot aja.
matiin mesin dan dibiarin aja sebentar, kunci putar ke AC, tunggu sbentar lalu kadang bisa jalan, biasanya klo abis full tank gak ditambahkan octane booster/OB gejala ini muncul
skarang dah sembuh sebab setiap abis isi fulltank premium langsung tambahkan juga OB sesuai takaran
spt bro andra tuk hemat BBM ane gak pake AC, tapi kadang klo lagi lari kenceng lalu pasang AC tenaga sedikit berkurang
gimana tuh pengaruhnya klo sering2 gak pake AC thp mesin, panel suhu mesin normal, kabin tdk panas sb udara masih bisa masuk lwt ventilasi dr mesin atau yaaa kaca buka sedikit
apa ada efek jeleknya terhadap mesin ?, sudah barang tentu fan nya yaaaa harus sehat alias jalan gitu ? mhn info para suhu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wh gawat dong bro karjo klo kejadiannya kayak gitu bisa mabok OB deh kayak narkoba aja sekali dicoba pengen terus
apa ada alasan lain yaaa ? mohon pencerahan
apa krena santi minta RON tinggi hiongga dopping aja gak cukup gitu jadi hrs ganti dengan pertamax ?
apa ada alasan lain yaaa ? mohon pencerahan
apa krena santi minta RON tinggi hiongga dopping aja gak cukup gitu jadi hrs ganti dengan pertamax ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Fri May 23, 2008 14:18
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
penjelasan tehnis saya ga tau Bro, tp emang semua mobil yg sering minum OB jadi kecanduan, klo udah ngempos baru ke bengkel, trus kata mekaniknya biasa minum OB ya??.. setidaknya itu pengalaman mekanik saya. Logika mungkin kaya kita juga, biasa minum susu, klo ga minum langsung lemes.. perlu waktu untuk adaptasi lagi...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
he eh kali yaa biasa minum susu OB klo gak jadi kolokan
tapi ntar klo stok OB dah abis akan ane coba gak pake lagi apa kira2 ada dampaknya, sb kmarin beli 3 btl di bro poetic pas kopdar di garasi dia
klo sempet mas karjo mhn tanya ke mekaniknya di bengkel langganan, gmn penjelasan teknisnya, sebab santi khan bukan bayi gito lohhhh haaaa......haaaa

tapi ntar klo stok OB dah abis akan ane coba gak pake lagi apa kira2 ada dampaknya, sb kmarin beli 3 btl di bro poetic pas kopdar di garasi dia
klo sempet mas karjo mhn tanya ke mekaniknya di bengkel langganan, gmn penjelasan teknisnya, sebab santi khan bukan bayi gito lohhhh haaaa......haaaa

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Kalo udah kecanduan OB mesti direhab di RSKO neh he.he..he..
Santi ku kl tarikannya nangu pake gigi 2 pasti agak ngegelitik, paling mainin kopling dikit, bahaya gak yah ama koplingya?
Santi ku kl tarikannya nangu pake gigi 2 pasti agak ngegelitik, paling mainin kopling dikit, bahaya gak yah ama koplingya?

Fly Like a Bird
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Selama 1 minggu kemarin santiku belanja hampir 2 juta di Beres. Akhirnya kejawab juga pertanyaan selama ini kenapa kl sparepart di Beres lebih mahal dari pada yg di fatmawati, ternyata di beres sparepartnya di garansi 1 tahun, kl di bengkel biasa gak gak ada garansi. Pengalaman ku waktu ganti T.Belt + tensioner di bengkel biasa emang lebih murah, eeehhh baru dipake sebulan (pemakaian kira2 500 km) udah jebol salah satu tensionernya, pas diganti di Beres, mekaniknya bilang kl part yg aku pake itu no. serinya beda dgn yg asli & dia langsung ngebandingin fisiknya & keliatan kl yg aku pake sebelumnya gak ada logo Hyundainya.
Sorenya aku datangin toko sparepartnya, aku tanya apa yg dia jual asli apa bukan dia malah jawab ini langsung diimport dari korea, pas aku liatin dari Beres baru dia dia, aku minta duitnya dikembaliin. Org tokonya pertamanya gak mau,akhirnya aku paksa & berhasi.
Kesimpulannya hati2 kl beli part di toko onderdil bisa2 keluar duit dobel.
Sorenya aku datangin toko sparepartnya, aku tanya apa yg dia jual asli apa bukan dia malah jawab ini langsung diimport dari korea, pas aku liatin dari Beres baru dia dia, aku minta duitnya dikembaliin. Org tokonya pertamanya gak mau,akhirnya aku paksa & berhasi.
Kesimpulannya hati2 kl beli part di toko onderdil bisa2 keluar duit dobel.

Fly Like a Bird
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Beberapa kali perbandingan antara sesama santi:
- Bagian mesin : Ada yg pake cover & ada juga yg gak pake cover dimesinnya
- Kap mesin : ada yg pake hidrolik & ada yg manual alias pake tongkat besi.
- Roof : ada yg pake roof rack & ada yg ga pake roof rack dari baru.
Ada yg mo nambahin gak?
- Bagian mesin : Ada yg pake cover & ada juga yg gak pake cover dimesinnya
- Kap mesin : ada yg pake hidrolik & ada yg manual alias pake tongkat besi.
- Roof : ada yg pake roof rack & ada yg ga pake roof rack dari baru.
Ada yg mo nambahin gak?

Fly Like a Bird
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah bro andra sudah shopping neh tuk ngrawat santinya
betul bro andra klo barang BERES ada garansinya tapi kayaknya gak mungkin 1 th
pernah sy pas ganti semua belt ada sensor yg diganti tapi masih gak jalan maka langsung diganti yg baru ama mereka
yaaa itulah kalo part mesin dan sebagainya, gw pilih ke BERES, tapi kadang klo tune up masih pake ahli mesin mitsu sementara ini.
trus tambahan jenis santi dg asesorisnya dr pabriknya:
1. ada yg pake jok kulit dan cover mesin, tapi gak pake roofrail, foglamp spt santiku dan santimu
2. ada yg pake jok kain, roofrail, foglamp, antene di kaca samping tapi gak pake cover mesin
klo generasi 1 masih pake tongkat besi penyangga cap mesinnya, blm hidrolik
tambahan jenis santi yg pernah saya lihat
gw mau cari tuh tongkat hidrolik yang sudah dipake pada santi generasi 2
betul bro andra klo barang BERES ada garansinya tapi kayaknya gak mungkin 1 th
pernah sy pas ganti semua belt ada sensor yg diganti tapi masih gak jalan maka langsung diganti yg baru ama mereka
yaaa itulah kalo part mesin dan sebagainya, gw pilih ke BERES, tapi kadang klo tune up masih pake ahli mesin mitsu sementara ini.
trus tambahan jenis santi dg asesorisnya dr pabriknya:
1. ada yg pake jok kulit dan cover mesin, tapi gak pake roofrail, foglamp spt santiku dan santimu
2. ada yg pake jok kain, roofrail, foglamp, antene di kaca samping tapi gak pake cover mesin
klo generasi 1 masih pake tongkat besi penyangga cap mesinnya, blm hidrolik
tambahan jenis santi yg pernah saya lihat
gw mau cari tuh tongkat hidrolik yang sudah dipake pada santi generasi 2
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Fri May 23, 2008 14:18
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Tips ngisi BBM yang benar... smoga bermanfaat
OFF THE JOB SAFETY
“TIPS CARA MENGISI BENSINâ€Â
TIPS CARA MENGISI BENSIN/BAHAN BAKAR
KENDARAAN ANDA
Seorang teman mengirimkan catatan seperti tertulis di bawah ini:
Saya tidak tahu berapa sebenarnya anda membayar saat mengisi bensin………tetapi di sini, di
Durban, harga bahan bakar juga mahal. Saya telah bekerja di bidang bahan bakar/bensin
selama 31 tahun, sehingga saya bisa memberikan beberapa cara agar uang anda menjadi lebih
berharga untuk setiap liter bahan bakar yang anda beli.
Di Marian Hill Pipeline tempat saya bekerja di Durban, dalam waktu 24 jam kami
memompakan/menyalurkan kurang lebih 4 juta liter.
Satu hari solar, hari berikutnya bahan bakar pesawat jet dan bensin, LRP dan Unleaded.
Kami di sini mempunyai tanki penyimpanan sebanyak 34 dengan kapasitas seluruhnya
16.800.000 liter.
BELILAH BAHAN BAKAR ATAU ISILAH MOBIL ATAU MOTOR ANDA DENGAN
BAHAN BAKAR PADA WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH
MASIH DINGIN. Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah.
Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai
panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang. Jadi jika membeli bahan bakar pada
siang hari atau petang hari……..sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki
kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli.
Dalam business perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan
bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1
derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam business ini. Tetapi SPBU tidak
memberikan ganti rugi/kompensasi karena temperatur.
SALAH SATU YANG PALING PENTING ADALAH ISI BAHAN BAKAR SAAT TANKI
KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin
sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada
yang bisa kita bayangkan. Tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap
yang mengapung yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga
penguapannya bisa dikurangi. Tidak seperti SPBU, tempat saya bekerja di sini setiap truck
yang kami muati ada ganti rugi/kompensasi karena temperatur, sehingga setiap liter yang
dibeli jumlahnya benar-benar sesuai/tepat.
YANG PERLU DIINGAT LAGI, JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR
SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki
penyimpanan, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk
naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
Saya berharap hal ini akan menolong anda untuk mendapatkan nilai yang maksimal dari rupiah
yang anda gunakan untuk membeli bensin.
BAGIKAN TIPS INI KEPADA YANG LAIN! MARI KITA SALING BERBAGI INFORMASI
UNTUK KEPENTINGAN BERSAMA, UNTUK KEBAIKAN MANUSIA.

OFF THE JOB SAFETY
“TIPS CARA MENGISI BENSINâ€Â
TIPS CARA MENGISI BENSIN/BAHAN BAKAR
KENDARAAN ANDA
Seorang teman mengirimkan catatan seperti tertulis di bawah ini:
Saya tidak tahu berapa sebenarnya anda membayar saat mengisi bensin………tetapi di sini, di
Durban, harga bahan bakar juga mahal. Saya telah bekerja di bidang bahan bakar/bensin
selama 31 tahun, sehingga saya bisa memberikan beberapa cara agar uang anda menjadi lebih
berharga untuk setiap liter bahan bakar yang anda beli.
Di Marian Hill Pipeline tempat saya bekerja di Durban, dalam waktu 24 jam kami
memompakan/menyalurkan kurang lebih 4 juta liter.
Satu hari solar, hari berikutnya bahan bakar pesawat jet dan bensin, LRP dan Unleaded.
Kami di sini mempunyai tanki penyimpanan sebanyak 34 dengan kapasitas seluruhnya
16.800.000 liter.
BELILAH BAHAN BAKAR ATAU ISILAH MOBIL ATAU MOTOR ANDA DENGAN
BAHAN BAKAR PADA WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH
MASIH DINGIN. Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah.
Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai
panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang. Jadi jika membeli bahan bakar pada
siang hari atau petang hari……..sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki
kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli.
Dalam business perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan
bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1
derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam business ini. Tetapi SPBU tidak
memberikan ganti rugi/kompensasi karena temperatur.
SALAH SATU YANG PALING PENTING ADALAH ISI BAHAN BAKAR SAAT TANKI
KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin
sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada
yang bisa kita bayangkan. Tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap
yang mengapung yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga
penguapannya bisa dikurangi. Tidak seperti SPBU, tempat saya bekerja di sini setiap truck
yang kami muati ada ganti rugi/kompensasi karena temperatur, sehingga setiap liter yang
dibeli jumlahnya benar-benar sesuai/tepat.
YANG PERLU DIINGAT LAGI, JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR
SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki
penyimpanan, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk
naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
Saya berharap hal ini akan menolong anda untuk mendapatkan nilai yang maksimal dari rupiah
yang anda gunakan untuk membeli bensin.
BAGIKAN TIPS INI KEPADA YANG LAIN! MARI KITA SALING BERBAGI INFORMASI
UNTUK KEPENTINGAN BERSAMA, UNTUK KEBAIKAN MANUSIA.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
tks bro karjo tiipnya
gw dah baca di ruang sebelah dan sudah aku prktekkan dengan baik beberapa kali'
tapi belum kliatan apa betul apa gak tiip tsbt sebab gimana cara ukurnya

gw dah baca di ruang sebelah dan sudah aku prktekkan dengan baik beberapa kali'
tapi belum kliatan apa betul apa gak tiip tsbt sebab gimana cara ukurnya

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Bro Inoz, kl utk tune up di bengkel mitsu aku sih mau aja tapi kan bengkelnya di bdg mesti keluar ongkos paling gak 500 rb jkt-bdg pp, kan jadi rugi.

Fly Like a Bird
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
bro andra gak usah ke bandung di jkt juga banyak kok
coba cari di forum www.modifikasi.com bengkel2 mitsu di jkt
ane juga nemu disitu kmarin, tapi ane cari yg di bdg trus dinater ama bro poetic
atao skalian pas main ke bdg agak pagian skalian tune up kesana, tp bengkelnya libur pd hari minggu

coba cari di forum www.modifikasi.com bengkel2 mitsu di jkt
ane juga nemu disitu kmarin, tapi ane cari yg di bdg trus dinater ama bro poetic
atao skalian pas main ke bdg agak pagian skalian tune up kesana, tp bengkelnya libur pd hari minggu

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah paaaada kemana neh para santiman kok gak pada OL
absen dolo deh bro andra, imsusu, karjo, nama nih bro benzz dan gak OL lago
smoga pada sehat deh
absen dolo deh bro andra, imsusu, karjo, nama nih bro benzz dan gak OL lago
smoga pada sehat deh

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Waahhhh bro Inoz jam 6 pagi udah ada didepan komputer, ato abis lembur dikantor sampe pagi neh?.
Kalo pagi aku paling bisanya start mulai jam 9.30 pulang abis antar anak sekolah, biasa jadi bapak yg baik.
Kalo pagi aku paling bisanya start mulai jam 9.30 pulang abis antar anak sekolah, biasa jadi bapak yg baik.

Fly Like a Bird
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
hadir pak....sorry baru balik ngantor lagi,...seminggu kemarin full time diluar...jadi ga sempet tuh nyentuh yg namanya komputer apalagi internet...inoz wrote:tuh bisa langsung hubungi bro andra klo ada yg mau ama santi item di atas
bro imsus, klo MAF nya ngaco, gimana dg tarikan mesin, apa ndut 2an gitu atau tenaga hilang gitu ?
sebab penyakit santiku masih kadang muncul tuh, tenaga ngempos, injak gas tetep aja gak bisa jalan kenceng dan jadi boros klo dipaksa jalan, lemooot aja.
matiin mesin dan dibiarin aja sebentar, kunci putar ke AC, tunggu sbentar lalu kadang bisa jalan, biasanya klo abis full tank gak ditambahkan octane booster/OB gejala ini muncul
skarang dah sembuh sebab setiap abis isi fulltank premium langsung tambahkan juga OB sesuai takaran
spt bro andra tuk hemat BBM ane gak pake AC, tapi kadang klo lagi lari kenceng lalu pasang AC tenaga sedikit berkurang
gimana tuh pengaruhnya klo sering2 gak pake AC thp mesin, panel suhu mesin normal, kabin tdk panas sb udara masih bisa masuk lwt ventilasi dr mesin atau yaaa kaca buka sedikit
apa ada efek jeleknya terhadap mesin ?, sudah barang tentu fan nya yaaaa harus sehat alias jalan gitu ? mhn info para suhu.
kalo MAF bermasalah, "sepertinya" tidak begitu berpengaruh ke performa (misalnya akselerasi). "setahu" saya sih, efeknya di kekacauan pembakaran (bensin jadi boros, emisi tinggi, dll). Pak mekanik malah bilang, di mesin galant V6-2.4L, kalo MAF-nya tewas atau error, FC-nya bisa2 1:2 atau 1:4 tuh...kalo ngacirnya sih sama aja.
Pengaruh OB, trus terang saya belum tahu karena blom pernah pake dan melakukan penelitian disitu hehehe....

Yaah...kemungkinan si ECU ni dah ketagihan ma OB tadi, kalo kurang OB-nya jadai nagih n sakauw huehehe....jadinya kasih perintah ke mesin juga ngaco...
Speeding tanpa AC sih sah2 aja pak, ya tapi itu, kecepatannya harus setidaknya di "cruising speed", sekitar 60-100Kph. Dengan kecepatan seperti itu, terpaan angin akan cukup kuat untuk membantu mendinginkan mesin.
Sebenarnya ini salah kaprah lho....yg mendinginkan mesin tu sirkulasi dan kenormalan "cooling system" alias radiator. Nah, fan atau terpaan angin bertugas "mendinginkan" radiator tsb. Jadi yg didinginkan radiator-nya (atau cairan radiator-nya), bukan mesinnya hehehe.... Mesinnya sih sudah seharusnya emang engga boleh dingin, tapi di "suhu kerja" supaya pembakaran lebih optimal dan efisien.
Justru yg engga dianjurkan tuh (terutama dengan sistem electric fan pada radiatornya), kalo jalan pelan/macet trus matiin AC. Kalo lagi ngebut, yaa...terpaan angin dah cukup kuat utk mendinginkan radiator.
Trus bagi yg suka ngebut, mendingan pake olinya agak kentel dikit, misalnya 15-40/20-50 atau sekurang-kurangnya 10-40. Tidak dianjurkan dibawah itu. Karena salah satu fungsi oli mesin, selain buat pelumas juga buat pendingin jeroan mesin. Dengan ngebut/rpm tinggi, dikhawatirkan membuat oli yg sudah encer menjadi semakin encer dan akhirnya fungsi pelumas/pendinginnya kurang optimum. Bagi yg suka nyetir santai (seperti saya nih...), pake oli encer sah2 aja....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Kalo ga salah motif pelek juga beda deh....di Santi saya, velg ori-nya palang enam, tapi saya beberapa kali lihat santi pake velg palang lima, cmiiwandra wrote:Beberapa kali perbandingan antara sesama santi:
- Bagian mesin : Ada yg pake cover & ada juga yg gak pake cover dimesinnya
- Kap mesin : ada yg pake hidrolik & ada yg manual alias pake tongkat besi.
- Roof : ada yg pake roof rack & ada yg ga pake roof rack dari baru.
Ada yg mo nambahin gak?
di bengkel, saya juga pernah lihat santi di trim dashboard-nya pake kayu (asli kayu, bukan cat motif kayu), sayang saya ga ketemu owner-nya, jadi ga tau kalo itu asli bawaan atao dah modif sendiri.
Saya sertakan foto roda santi saya nih:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
setahu saya, rasio gigi 1 ke 2 emang agak jauh bro andra, jadi kalo torsi puncak belum tercapai, yaa itu...kinerja mesin menjadi berat. Dan jika BBM-nya kurang OK, akibatnya ya ngelitik/knocking tadi. Hal ini emang bisa dibantu dengan cara dikasih "setengah kopling". Seperti yg saya tulis diawal2 thread ini, saya kalo pindah gigi ditanjakan, sengaja kopling saya tekan tapi gas ga saya lepas supaya rpm mesin terjaga di 2000-3500an untuk menjaga momen torsi.andra wrote:Kalo udah kecanduan OB mesti direhab di RSKO neh he.he..he..
Santi ku kl tarikannya nangu pake gigi 2 pasti agak ngegelitik, paling mainin kopling dikit, bahaya gak yah ama koplingya?
tapi emang cara tsb tidak direkomendasikan mengingat nantinya ada resiko kopling jadi selip dan cepat aus.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
betul emang ada beberapa jenis asesoris santi spt diatas
wah sdh balik lagi neh bro imsus dg pencerahannya
nanya lagi neh skarang agak sering tuh mobil sdg langsam tapi tiba2 jadi ndut2 an dan bodi mobil pd bergetar dan klo dijalanin abis gak ada tenaga
kenapa yaaa ? apa saringan bensin kotor gitu ? tp pernah dibongkar dan dibersihin ? tp distart dimatiin distart beberap kali baru nrOmal lagi
apa betul elektrik yg dibagian kanan bawah mesin gitu tapi ada 3 buah ndak bisa dibuka sendri, apa mesti ke bengkel ?
emang blum ada waktu aja ke bengkel tuk cek itu ? ngeselin juga tuh sebab terjadi beberapa kali ?
wah sdh balik lagi neh bro imsus dg pencerahannya
nanya lagi neh skarang agak sering tuh mobil sdg langsam tapi tiba2 jadi ndut2 an dan bodi mobil pd bergetar dan klo dijalanin abis gak ada tenaga
kenapa yaaa ? apa saringan bensin kotor gitu ? tp pernah dibongkar dan dibersihin ? tp distart dimatiin distart beberap kali baru nrOmal lagi
apa betul elektrik yg dibagian kanan bawah mesin gitu tapi ada 3 buah ndak bisa dibuka sendri, apa mesti ke bengkel ?
emang blum ada waktu aja ke bengkel tuk cek itu ? ngeselin juga tuh sebab terjadi beberapa kali ?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
mobil sdg langsam tapi tiba2 jadi ndut2 an
Bro Inoz, apa santinya udah ganti Tbelt? kalo blm jangan2 Tbelnya harus udah diganti, mungkin juga sensor si Tbeltnya. Atau mungkin juga belalai gajahnya ada yg bocor alias ada yg sobek, pengalaman saya waktu itu belalai gajahnya sudah ada yg sobek dikit, kata meaniknya sudah getas / aus & ama mekaniknya di lem dibagian yg sobek. Harga belalai gajahnya kl gak salah 700 ribuan (yg selang besar warna hitam dekat mesin)inoz wrote:betul emang ada beberapa jenis asesoris santi spt diatas
wah sdh balik lagi neh bro imsus dg pencerahannya
nanya lagi neh skarang agak sering tuh mobil sdg langsam tapi tiba2 jadi ndut2 an dan bodi mobil pd bergetar dan klo dijalanin abis gak ada tenaga
kenapa yaaa ? apa saringan bensin kotor gitu ? tp pernah dibongkar dan dibersihin ? tp distart dimatiin distart beberap kali baru nrOmal lagi
apa betul elektrik yg dibagian kanan bawah mesin gitu tapi ada 3 buah ndak bisa dibuka sendri, apa mesti ke bengkel ?
emang blum ada waktu aja ke bengkel tuk cek itu ? ngeselin juga tuh sebab terjadi beberapa kali ?

Fly Like a Bird