All Bout Radiator...

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: All Bout Radiator...

Post by Cloud »

Ada temen yg tanya, kalo air biasa dicampur oli 50-100 cc bisa mencegah karat di engine gk? btw, engine block dari besi tuang (diesel, mitsu 100 ps)
ada lagi yang tanya, air biasa dicampur soda api untuk menurunkan keasaman, apa efeknya bg sistem pendingin? apa benar bisa mengurangi keasaman n mencegah karat?
User avatar
altops
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Jul 22, 2008 8:20
Location: Karawang

Re:

Post by altops »

hery_jul wrote:first off all, gue sendiri nggak terlalu suka pake engine coolant, mungkin pemikiran gue begini, tuh cairan kan hasil eksperimen orang "sono" yg mungkin kondisi airnya beda, baik unsur yg terkandung maupun yg terlarut
nah jeleknya tuh banyak orang indonesia (mohon maaf) yg menggunakan sesuatu itu karena gaya tanpa memperdulikan apasih efek yg dihasilkan dari make campuran itu. belum lagi efek cuaca yg pasti beda dgn negara asal cairan itu.
nah banyak yg berakibat negatif pada pemakaian cairan tsb karena ketidaktahuan dari produk
kalo gue sih, mending pake air aki (bukan accu zuur) buat ngisi radiator, karena air ini adalah air suling yg bisa dibilang air yg sudah bebas dari berbagi macam partikel, dan setiap 3 bulan dikuras tuh radiator (selain tiap hari diawasi volumenya) dan setahun sekali diobongkar buat dibersihkan
dijamin tuh radiator bebas karat dan mesinakan adem terus ...
Bro, gue pernah baca artikel, sayangnya lupa baca dimana, bahwa mengisi radiator dengan air destilasi (air refill accu) tidak dianjurkan, alesannya karena air yang sudah mengalami destilasi(suling) cenderung berkadar asam lebih tinggi, yang dapat menyebabkan karat? ... soalnya pernah juga saya isi pake air sulingan buat isi aki, gak lama kemudian baca tuh artikel jadi was-was...
Tapi saya blm menemukan artikel ilmiahnya sih... moga2 ada yang bisa bantu di review. ths
Dulu Kesekolah naik Bajaj, Kemarin Kekampus naik Bajaj, Sekarang Kerja naik Bajaj..... Hidup Bajaj.
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: Re:

Post by mansetha »

altops wrote:
hery_jul wrote:first off all, gue sendiri nggak terlalu suka pake engine coolant, mungkin pemikiran gue begini, tuh cairan kan hasil eksperimen orang "sono" yg mungkin kondisi airnya beda, baik unsur yg terkandung maupun yg terlarut
nah jeleknya tuh banyak orang indonesia (mohon maaf) yg menggunakan sesuatu itu karena gaya tanpa memperdulikan apasih efek yg dihasilkan dari make campuran itu. belum lagi efek cuaca yg pasti beda dgn negara asal cairan itu.
nah banyak yg berakibat negatif pada pemakaian cairan tsb karena ketidaktahuan dari produk
kalo gue sih, mending pake air aki (bukan accu zuur) buat ngisi radiator, karena air ini adalah air suling yg bisa dibilang air yg sudah bebas dari berbagi macam partikel, dan setiap 3 bulan dikuras tuh radiator (selain tiap hari diawasi volumenya) dan setahun sekali diobongkar buat dibersihkan
dijamin tuh radiator bebas karat dan mesinakan adem terus ...
Bro, gue pernah baca artikel, sayangnya lupa baca dimana, bahwa mengisi radiator dengan air destilasi (air refill accu) tidak dianjurkan, alesannya karena air yang sudah mengalami destilasi(suling) cenderung berkadar asam lebih tinggi, yang dapat menyebabkan karat? ... soalnya pernah juga saya isi pake air sulingan buat isi aki, gak lama kemudian baca tuh artikel jadi was-was...
Tapi saya blm menemukan artikel ilmiahnya sih... moga2 ada yang bisa bantu di review. ths
kayaknya threat ini pernah dibahas, tapi dimana ya lupa. om mod mungkin bisa bantu.
Saya agak bingung dg pernyataan air suling memiliki kadar asam tg tinggi, kok bisa...setahu saya air suling itu hasil dari proses suling memakai cara penguapan...seperti siklus air, dari air laut menguap menjadi awan dan kemudian hujan..kalau di Arab, air laut disuling buat utk dikonsumsi jadi air minum dll....

Kalau air aki memang asam pekat....air zuur, tapi kalau untuk menambah air aki bukan lagi air zuur tapi air hujan...memang bisa rusak radiator kalo pake air aki....ilustrasinya bila kita merebus air garam, maka air akan menguap dan meninggalkan garamnya... air yang menguap itu bila kembali jadi air itulah air murni. seperti air hujan. (walau mungkin nggak 100% murni, ada pengaruh sekitar).