Khusus TOP SPEED - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

bhp & hp harusnya sama... , majalah eropa sebagian tulis bhp pada spec, sisanya hp & kw..
tambahan info, panjang stroke (under/over square) pengaruh ke torque pada mesin, makin panjang relatif lebih besar torque nya relatif pada rpm rendah, namun ada limit panjang stroke (sekitar 9x mm) karena speed piston limit.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by andy1800 »

LowSpeed wrote:yang bro andy maksud cc adalah jarak gerak naik turun piston (langkah) x diameter piston? atau ruang diatas piston setelah titik mati atas.

setelah gua baca malah jadi bingung, jadi patokan cc tuh yang mana.
tadinya gua pikir papas head bisa nambah cc.
yg gw maksud, yg pertama bro:
konsepnya begini, cylinder capacity = volume yg digantikan (displace), utk pergerakan piston dari BDC (TMB)...sampai ke TDC (TMA).
nah, lbh praktisnya spt yg bro kemukakan itu= jarak gerak naik turun piston (langkah) x jari2 silinder kuadrat x Phi.
jadi, ruang diatas piston setelah TMA itu tidak dihitung.

satuannya, adalah satuan volume, ...umumnya diekspresikan dg mili liter, cm3 atau cc (cubic centimeter).

dari pemahaman ini, tentu saja papas head tidak menambah cc.....
namun pangkas head adalah memperkecil volume ruang bakar.....
memperkecil volume ruang bakar = memperbeasr ratio kompresi .. yg biasanya mengakibatkan peningkatan tenaga yg dihasilkan.

karena, rasio kompresi adalah: Total dari Cylinder Capacity (Displacement Volume itu tadi) ditambah dengan volume ruang bakar..... lalau dibandingkan (atau dibagi) dengan Volume dari ruang bakar (itu sendiri)

sorry belum bisa ngasih gambar bro....sebenarnya dg gambar, akan lebih mudah menjelaskannya....silakan cari gabarnya sendiri ya...
kalau ttg Daya (maks) ....sedikit referensi sempat juga dibahas bro-bro di thread:
Cara Baca Daya Maksimum >>>> http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... a&start=25

sedikit menambahkan hal benar yg udah dikemukakan bro getar itu... adalh, nantinya torque (dan daya), jg dipengaruhi oleh bobot (dan dimensi) dr roda gila (flywheel).
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

andy1800 wrote:
LowSpeed wrote:yang bro andy maksud cc adalah jarak gerak naik turun piston (langkah) x diameter piston? atau ruang diatas piston setelah titik mati atas.

setelah gua baca malah jadi bingung, jadi patokan cc tuh yang mana.
tadinya gua pikir papas head bisa nambah cc.
yg gw maksud, yg pertama bro:
konsepnya begini, cylinder capacity = volume yg digantikan (displace), utk pergerakan piston dari BDC (TMB)...sampai ke TDC (TMA).
nah, lbh praktisnya spt yg bro kemukakan itu= jarak gerak naik turun piston (langkah) x jari2 silinder kuadrat x Phi.
jadi, ruang diatas piston setelah TMA itu tidak dihitung.

satuannya, adalah satuan volume, ...umumnya diekspresikan dg mili liter, cm3 atau cc (cubic centimeter).

dari pemahaman ini, tentu saja papas head tidak menambah cc.....
namun pangkas head adalah memperkecil volume ruang bakar.....
memperkecil volume ruang bakar = memperbeasr ratio kompresi .. yg biasanya mengakibatkan peningkatan tenaga yg dihasilkan.

karena, rasio kompresi adalah: Total dari Cylinder Capacity (Displacement Volume itu tadi) ditambah dengan volume ruang bakar..... lalau dibandingkan (atau dibagi) dengan Volume dari ruang bakar (itu sendiri)

sorry belum bisa ngasih gambar bro....sebenarnya dg gambar, akan lebih mudah menjelaskannya....silakan cari gabarnya sendiri ya...
kalau ttg Daya (maks) ....sedikit referensi sempat juga dibahas bro-bro di thread:
Cara Baca Daya Maksimum >>>> http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... a&start=25

sedikit menambahkan hal benar yg udah dikemukakan bro getar itu... adalh, nantinya torque (dan daya), jg dipengaruhi oleh bobot (dan dimensi) dr roda gila (flywheel).
jadi papas dan pangkas beda toh?

pangkas bisa diibaratkan dengan menambah permukaan piston (misalnya 1mm) sehingga ruang bakar jadi kecil, betul tidak ?
sehingga kompresi jadi naik.

kalau papas diibaratkan mempertipis permukaan piston, betul tidak?

masih cupu nih bgt:(
Last edited by LowSpeed on Thu Aug 14, 2008 7:53, edited 1 time in total.
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

GTR wrote:bhp & hp harusnya sama... , majalah eropa sebagian tulis bhp pada spec, sisanya hp & kw..
tambahan info, panjang stroke (under/over square) pengaruh ke torque pada mesin, makin panjang relatif lebih besar torque nya relatif pada rpm rendah, namun ada limit panjang stroke (sekitar 9x mm) karena speed piston limit.
thanks bro :) kalau supercar kebalikannya rata2 strokenya pendek jadi torsi di high main high rpm terus.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

mass production car; stock s2000, up to sekitar 932km/jam piston topspeed nya..
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

128 BHP didapat dari dyno dan diukur dari wheel..Mungkin maksud yang bener memang 128 WHP,.

Klo BHP=HP trus kenapa ada istilah BHP? Bukannya BHP=WHP?

Ah tau deh,.

Papas head berarti head silinder dikurangi ketebalannya,.Jadi kepala piston semakin dekat dengan head,.Perasaan istilah papas sama pangkas sama,.Mengurangi ketebalan head,.

Klo menaikkan kompresi bisa aja pake piston high dome kayak punya TRD,HEMI dll,.Cuma ongkosnya lebih mahal daripada papas,.Tapi head lebih awet,.

Mobil sport langkahnya pendek,.Makanya bisa sampe 11 ribu RPM di AE 86 formula atlantic (4AGE 20 Valve VVT) ato 20.000 RPM di F1,.
Kecuali muscle car lawas yang RPMnya rendah2,.meski HP ga bgtu besar tapi torque mereka sangat besar,.
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Pasaran galant taun 2000-2001 berapa yah?
Perawatannya rewel ga om? Maklum pengen tampil elegan+kencang and nyaman,.
bensinnya yang mungkin perlu dipikirin he3x,.Sama Accord VTi 2001 terpaut jauh ga om konsumsi BBMnya?
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

kalau galant dan accordd tahun 2001 rata2 beda hampir 20jt.
jangan lupa siapin dana utk betulin sana sini.

kalau accord tahun segitu cari yg vti, gua denger blm ada catalytic converter.
jadi anda tidak perlu khawatir pemilik sebelumnya pakai bahan bakar timbal.
ium
accord tahun segitu kompresinya rendah , kalau gak salah dibawah 1:9, kalau diisi premium masih mending.

kalau mobil diatas 2000cc tentu lebih boros dibanding mobil 1500cc.
blm lagi kalau tenaganya kurang, bisa injek gak lebih dalam, malah tambah boros lagi.
semprotan injector ke dalam cylinder kan tentu lebih besar.

mobil cc besar cuma bisa irit kalau diajak jalan tol.
hiu gua pernah mencatat 14.11 km/ltr itu karena faktor engine break pulang dari bdg-jkt,
tapi setelah gua rata2kan dgn perjalanan pergi jkt-bdg, cuma dapat 12.5 - 12,6 km/ltr.

pengalaman gua bawa mobil 1500cc jkt-bdg pp dapat 14.3 km/ltr, kalau dibandingkan dgn 12,5-12.6 2500cc tentu keliatan yang 1500cc boros.



-------------------------
ini cuma ber-andai2 secara kasar, silahkan dikoreksi bila ada kesalahan. gua masih cupu, jadi mohon bantuan yang lain.

kalau misalnya utk 1ltr bensin: (asumsi debit semprotan injector permenit sama)
mobil 1500cc, butuh 30menit utk nelan 1ltr.
mobil 3000cc, paling tidak cuma butuh 15 menit
mobil 2300cc, paling kisaran 21 menit.
ini sih iseng2 hitungan kasar saja. silahkan di koreksi bila hitungan kasar diatas salah, karena masih banyak faktor yg mempengaruhi.

mobil 1500cc juga ada yang masih dibawah 1:10 kan? blm lagi kalau rasio gigi nya sekelas SUV, tapi bilangnya seirit sedan :D , sudah ketahuan gak masuk akal :)
kecepatan/jarak yang didapat dengan menggunakan gigi tertinggi dengan rpm yang sama, sudah cukup bisa membantah pernyataan SUV bisa seirit sedan :)

kalau mau hitung jarak tinggal dikonversikan ke km,

siap2 terima pahit saja, kalau harapan tidak sesuai.
seperti inova 2000cc, tapi konsumsinya bisa lewatin mobil yang cc besar sekalipun.

cuma saran, jangan percaya mitos :)
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

tgl tes : sabtu, 29 maret 2008 , jam 4:30 pagi.

Galant M/T 2500cc V6 SOHC. sementara baru 212km/h (belum top speed)
lokasi : tol kb jeruk - karawaci.
bahan bakar : premium.
kapasitas : 1 orang.
tangan kanan pegang kamera sambil tekan stir, tangan kiri shifting gear dan bantu pegang stir

situasi tidak memungkinkan, kecepatan naik turun terus karena banyak truk arah ke merak,
utk sementara dapat 212km/h.

http://www.youtube.com/watch?v=j1u4OOvRT7k
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Om ati2 ngebut..inget anak dirumah,.
Klo gue ngebut inget meteran bensin he3x,.
saya cuma 180 tapi itu baru masuk gigi 5,.
Ga tau lebih ap tidak wong speedonya cuma sampe 180,.Nempel BMW 320i baru,.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by nescafe »

LowSpeed wrote:tgl tes : sabtu, 29 maret 2008 , jam 4:30 pagi.

Galant M/T 2500cc V6 SOHC. sementara baru 212km/h (belum top speed)
lokasi : tol kb jeruk - karawaci.
bahan bakar : premium.
kapasitas : 1 orang.
tangan kanan pegang kamera sambil tekan stir, tangan kiri shifting gear dan bantu pegang stir

situasi tidak memungkinkan, kecepatan naik turun terus karena banyak truk arah ke merak,
utk sementara dapat 212km/h.

http://www.youtube.com/watch?v=j1u4OOvRT7k
that's very LowSpeed... :e-clap: :e-clap: :e-clap:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

@paddock, gua jarang ngebut kok, top2nya cuma stay di 120 .
itu kan sengaja cari waktu bangun pagi buat ngetest, tau2nya diluar dugaan tol arah merak penuh. padahal pengalaman dulu2 jam segitu sepi.

akhirnya muter balik arah cikampek, tapi waktu tol dalam kota juga keliatan ramai, jadi gua pikir percuma diterusin ke cikampek.
akhirnya belokin ke kiri muter tol dalkot, di atas bypass klpgading sempat dapat 198 sebentar.
sepanjang menuju ancol jadi kayak orang alim, soalnya ada mobil patroli sedan (lupa type) nyalain lampu, jadi tahu diri :D

318 e46 facelift topnya 190, (spec diatas 200),
kayaknya mesinnya sama dgn new 320 ?

@nescafe, masih kategori cupu lah :( , kalau c240 om alim ulama tuh baru gila :beer:
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Sudah om low speed bikin saya wet dream ma galant neh,.
Galant sering rewel ga? Maksudnya sering masuk bengkel gtu,.berapa om uang yang dikeluarin selama punya galant buat beli parts?

Iya ya dipikir pikir daripada beli accord gen 6 2300 cc sekalian galant aja yah,.
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

Galant 2.5L V6 M/T SOHC , top speed 231-232 km/h.
Tanggal : 02 Oktober 2008 , jam 05.25 - 05.45 pagi.
Lokasi : Tol Karang tengah - Karawaci pp.

Mungkin 95% bisa dibilang top speed, karena pada saat kecepatan tersebut gua lepas gas, kelihatan ramai dan ada mobil polisi, jadi tidak tahu masih bisa naik atau sudah mentok?)

Mesin 100% Full Standart (tidak ada modifikasi electric , tdk ada piggyback, intake/exhaust standart).
Bensin 100% premium (tidak ada mixing/kombinasi)
Stelan variable 2200 (dibawah nilai standart yg dianjurkan 2500), tujuannya biar lebih irit, tapi performa sedikit menurun.


ini tiket tol
Image



ini videonya top speed tercapai saat gigi 5 di 5500rpm kecepatan menunjukkan 231-232 km/h.
perhatikan pada saat gigi 5 tepat di 5500rpm saat 02min 09sec.
http://www.youtube.com/watch?v=UnYgSn78_HI

supaya lebih besar dan jelas, pakai link ini:
http://www.youtube.com/v/UnYgSn78_HI&hl




ini foto saat gigi 5 masih di 5450 rpm (belum top speed), kecepatan menunjukkan kisaran 229,75 km/h (nyaris 230 km/h)
Image
gua terangin dikit biar lebih jelas.
Image



ini foto saat gigi 5 mencapai 5500rpm, kecepatan menunjukkan 231-232 km/h
foto dibawah ini bukan diambil saat kejadian, tapi di-capture dari video diatas saat gigi 5 mencapai 5500rpm , scene saat 2 min 09 sec.
Kalau mau membuktikan kebenarannya, silahkan smer klik "PAUSE" video tersebut (pakai link gambar yang besar supaya lebih jelas kelihatan) , saat gigi 5 tepat di 5500rpm.
Image
gua terangin dikit biar lebih jelas.
Image


Claim ini cuma berdasarkan speedometer di mobil , bukan berdasarkan Vericom, ataupun GPS.

gua tidak tahu apakah ini sudah top speed atau belum, mungkin 95% sudah top speed ,alasan gua karena :
> saat gigi 5 menyentuh 5500 rpm di 231-232km/h, saat itu langsung gua lepas gas karena kelihatan ramai dan ada mobil polisi.

> bisa jadi "iya sudah top speed" krn naiknya sudah pelan.

> bisa jadi juga "belum top speed" (tidak tertutup kemungkinan masih bisa nambah sedikit, tapi belum berani pastiin sebelum ada bukti),
krn saat itu nilai stelan variable mesin cuma 2200 (dibawah nilai standart yang dianjurkan 2500), bensin cuma premium , tidak start dari kondisi diam 0 km/h.
naldo

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by naldo »

Bos lowspeed yang juga posting di forum sebelah toh... Hehehe... Galant memang kenceng... Very good car, sayang yang mesin V6 dah ilang. Coba mesin V6 masih ada, wah keren tuh, masalahnya ledakan businya 2x, bukan seperti mobil biasa, ledakan busi 1x, jadi mobilnya jadi kenceng. Pas jaman galant hiu, udah ga gitu lagi...
Bos lowspeed coba ke aussie d, ntar posting top speed Mitsu 380. Itu kenceng banget mobilnya. 3800CC, V6, 250HP, 350NM torquenya. Gw pernah coba, 0-100nya cepet banget, kisar 7 detik. Sayang ga ada foto nyoba lari segitu, but Mitsu 380 itu, handlingnya mantep banget, sasis flexible, suspensi bagus, FWD serasa AWD, nempel banget ke jalan.. Jadi menulis kenangan...
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

naldo wrote:Bos lowspeed yang juga posting di forum sebelah toh... Hehehe... Galant memang kenceng... Very good car, sayang yang mesin V6 dah ilang. Coba mesin V6 masih ada, wah keren tuh, masalahnya ledakan businya 2x, bukan seperti mobil biasa, ledakan busi 1x, jadi mobilnya jadi kenceng. Pas jaman galant hiu, udah ga gitu lagi...
Bos lowspeed coba ke aussie d, ntar posting top speed Mitsu 380. Itu kenceng banget mobilnya. 3800CC, V6, 250HP, 350NM torquenya. Gw pernah coba, 0-100nya cepet banget, kisar 7 detik. Sayang ga ada foto nyoba lari segitu, but Mitsu 380 itu, handlingnya mantep banget, sasis flexible, suspensi bagus, FWD serasa AWD, nempel banget ke jalan.. Jadi menulis kenangan...
boleh dong pinjem coba:) ... bodynya sudah bisa nopang engine seberat 3.8L sih pasti sudah mantap, apalagi kalau ada yang versi turbo.
kayaknya di yutub banyak yg 2.4L

itu dia galant yang gagal masuk indo, mesin 2.4 dan 3.8, yang keluaran terakkhir dashboardnya sudah bagus, fururistik , rapi :) payah KTB.

tapi kalau 3.8L dapat 7sec sih gua bilang lelet :Peace: ,mungkin main di 6 kali :Peace:
soalnya hiu manual 2.5L aja tanpa main kopling , start gelinding , premium, alias start cara tolol :( bisa dapat 8.0sec (bukan pakai vericom & GPS) . , maaf kalau gak akurat.

new mazda6 2009 yang 3500 atau 3800cc gua lupa, bacanya di majalah motortrend cmiiw, itu estimasi 6.x sec . gua bilang ini sempurna utk ukuran mobil standart cc segitu.
mazda bok... :)
nah kalau accord indo dan camry indo yang 3.5L gak tahu tuh dpt berapa.
kalau gak salah camry 3.5L main di 7.x sec.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by GTR »

kalo mau bener2 test mobil, sebaiknya performa jg dlm kondisi top, spt baru tune-up & juga keselarasan roda2/spooring, barang2 yg tidak perlu jg diturunkan spt kondisi mobil baru.
mazda yg kenceng di US, mazdaspeed 6 dan mazdaspeed 3, ~270-280hp, sekitar 5.x sec.

<$20k:
http://www.caranddriver.com/reviews/hot ... 00_feature

$20-25k:
http://www.caranddriver.com/reviews/hot ... 00_feature

$25-30k:
http://www.caranddriver.com/reviews/hot ... 00_feature
naldo

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by naldo »

Itu galant yang versi amrik dengan mitsu 380 sama sih... Maticnya bagus, engine brake terasa semua. Di aussie sih cuma AUD$30rb. Sampe indo bisa 500an juga, n ntar ga jadi laku... Liat aja lancer evoX, IU cuma jual 750juta yang matic, ATPM jual 850juta. Apalagi pajeronya, 900juta, IU cuma 700juta... memang mesin IU yang pajero cuma 3.0L, tapi cukuplah, harga ketinggian, brand mitsu, pasti ga laku... Gw pengen masukkin Mitsu 380.. hehehe... bisa 250 itu mentok...
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

naldo wrote:Itu galant yang versi amrik dengan mitsu 380 sama sih... Maticnya bagus, engine brake terasa semua. Di aussie sih cuma AUD$30rb. Sampe indo bisa 500an juga, n ntar ga jadi laku... Liat aja lancer evoX, IU cuma jual 750juta yang matic, ATPM jual 850juta. Apalagi pajeronya, 900juta, IU cuma 700juta... memang mesin IU yang pajero cuma 3.0L, tapi cukuplah, harga ketinggian, brand mitsu, pasti ga laku... Gw pengen masukkin Mitsu 380.. hehehe... bisa 250 itu mentok...
tunggu exo X second aja :D

bos masukin 380, jangan lupa ngundang2 buat test drive ya :D
naldo

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by naldo »

Iya kalo ada duit sendiri... Sayang ga punya duit... hehehe... Baru bisa beli beginian rentang waktu 5-10 tahun lagi... hehehe... berharap aja nanti ada mitsu baru lagi yang interesting... :e-pray:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Risol1 »

naldo wrote:Bos lowspeed coba ke aussie d, ntar posting top speed Mitsu 380. Itu kenceng banget mobilnya. 3800CC, V6, 250HP, 350NM torquenya. Gw pernah coba, 0-100nya cepet banget, kisar 7 detik. Sayang ga ada foto nyoba lari segitu, but Mitsu 380 itu, handlingnya mantep banget, sasis flexible, suspensi bagus, FWD serasa AWD, nempel banget ke jalan.. Jadi menulis kenangan...
Yg 230 hp masih mesin lama non MIVEC, sekarang galant mesin V6nya udah pake MIVEC, tenaganya tambah 28hp, tapi sayangnya tetep SOHC. Tapi mukanya tetep lebih gahar yg lama (hiu)
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

@low Speed

gile lu om,hehe
Mau bikin project Galant FFA kayak punya Herman yah? hahaha

Galant ente tinggal PnP+Dastek Type Q
Di Dyno pake Pertamax+campur bensol dah dapet 200 HP lo bro,.

Galant Matic temen ane pernah dalam kota 170 kpj surabaya malem2 di jalan darmo..

Dijual ke gue Minta 90 juta,matic tahun 2000 warna silver Km 67 rebu,.Ex mantan gubernur jatim

Guenya ga punya duit hehehe,.sayang juga yah
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by Danny »

@Paddock
The Legend Is SOLD.
hehehe
LowSpeed
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Aug 08, 2008 9:59

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by LowSpeed »

paddock wrote:@low Speed

gile lu om,hehe
Mau bikin project Galant FFA kayak punya Herman yah? hahaha

Galant ente tinggal PnP+Dastek Type Q
Di Dyno pake Pertamax+campur bensol dah dapet 200 HP lo bro,.

Galant Matic temen ane pernah dalam kota 170 kpj surabaya malem2 di jalan darmo..

Dijual ke gue Minta 90 juta,matic tahun 2000 warna silver Km 67 rebu,.Ex mantan gubernur jatim

Guenya ga punya duit hehehe,.sayang juga yah
manual dan matic bedanya dibawah 1 detik, kalau start dari 0 km/h.

dari gaya setir om paddock , keliatannya bukan aliran matic :D , harus disodorin yang manual.

mobil ane buat daily use, kalau upgrade diatas 200HP keliatannya sudah harus minimal pertamax/+ , gua sih sudah bersyukur selama ini bisa di cekokin premium :)

buat ane 8.0 detik (start cara tolol, bukan pakai GPS & vericom) sudah lebih dari cukup tenaganya.

hari ini baca di autobild terbaru. ada test drive new accord 3.5L hasilnya 8.2 detik.
kalau gua liat sih utk ukuran 3.5L kok cuma dapat segitu. New Camry dapat 7.1 detik malah lebih kenceng.

ini kutipan dari autobild :
accord 3.5 V6
mesin 3471cc , V6 , 275 dk
0-100km/h : 8,2 detik
konsumsi bbm tol/kombinasi : 14.5 / 8.1 km/l
harga = 579 juta

toyota camry 3.5Q
mesin : 3456cc , V6 , 277 dk
0-100 km/h = 7.1 detik
konsumsi bbm tol / kombinasi = 14.1 / 8.0 km/l
harga = 565.4 juta

kemarin sempat ketemu saudara yang pakai new camry 2.4L , dia pakai pertamax dapat 6-7 km/l .
berarti mobil cc segitu rata2 sudah ditakdirkan main di angka segitu :( , iritnya cuma di tol.

baca sekilas cara kerja VCM memang efisien sekali , tapi rewel gak ya kalau sudah uzur?
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Khusus TOP SPEED - Part 02

Post by paddock »

Hah 3500 cc V6 275 dk cuma 8,2 detik? Mana orang dulu yang ngeyel and bela2in accord bro jose 2.4 bisa 7.8 detik? hahaha,.padahal bro Jose sendiri dah bilang klo itu stopwatch and spin2,.Tapi ada some one yg (ga bisa gue sebutin namanya) ngeyel terus,hehehe,.

Klo ngalahin 8.2 detik sih cukup pake Dastek type Q+Header 4-1 stepped type,sama pengapian full dah bisa under 8 second 0-100 for my soluna hehe

Benernya suka juga ma matic bro tapi untuk galant gue pikir bukan kodratnya klo punya galant hiu tapi matic hehe

Rizkybas aja meski 0-100nya (hmm secret, liat aja di serie 4) masih takut klo lawan Hiu di tol soalnya top speednya Hiu paling bikin ngeri menurut dia untuk kapasitas mesinnya,,

Meski VCM diklaim sangat irit,tapi diliat di spek autobild yang ente kasih,VCM cuma lebih irit 0,1 km/L ketimbang camry 3500 cc biasa yang silindernya nyala terus hehe

So lebih baik mesin camry 3.5 emang,selain FCnya bisa mendekati ACCORD VCM juga akselerasi jauh lebih baik..

Klo uzur atau tidaknya memang belum terbukti ketahanannya,bgtu juga ketahanan engine toyota sekarang yang dah ga pake Throotle body alias dari filter disedot dan diatur langsung ma mesin.Tapi gue heran aja andai sistem fluids di bantalan mesin (engine mounting) accord VCM bocor,apa ga geter2 ga karuan tuh waktu cuma nyala 3 silinder? hehe,.Mobilnya ada vibratornya,.

Pengalaman pernah taruna cuma nyala 2 silinder aja itu dah geter2 ga karuan,.Padahal stationer alias ga gerak,cuma diem aja,.