Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Mar 18, 2008 8:32
- Location: kotabesar
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
turut berduka cita..
----------
berdasarkan info dari tv (infotainment ), almarhum belum terlalu lama menjadi rider, jadi mungkin menjadi panik ketika terjebak di lubang itu. Setau gw kalo naik moge, pas jatuh sebaiknya motor dilepas karena bahaya terbesar justru ada di motor itu sendiri CMIIW
untuk masalah lubang yang panjang itu, kalo gak salah lebarnya 20cm-an (pas sama roda HD), mungkin beliau mencoba keluar dari lubang jadi malah terpelanting. Mungkin sebaiknya jangan coba keluar, tapi tetep aja ikutin lubang itu sampe ujung sambil sedikit2 mengurangi kecepatan... CMIIW lagi...
Ada pendapat lain?
----------
berdasarkan info dari tv (infotainment ), almarhum belum terlalu lama menjadi rider, jadi mungkin menjadi panik ketika terjebak di lubang itu. Setau gw kalo naik moge, pas jatuh sebaiknya motor dilepas karena bahaya terbesar justru ada di motor itu sendiri CMIIW
untuk masalah lubang yang panjang itu, kalo gak salah lebarnya 20cm-an (pas sama roda HD), mungkin beliau mencoba keluar dari lubang jadi malah terpelanting. Mungkin sebaiknya jangan coba keluar, tapi tetep aja ikutin lubang itu sampe ujung sambil sedikit2 mengurangi kecepatan... CMIIW lagi...
Ada pendapat lain?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
ya kalo lihat dari lubangnya lumayan gede juga sih. Memang bener mungkin "skill" dan pengalaman rider juga menentukan. Kaya gw dulu belajar motor bebek hampir aja jatuh waktu ketemu jalanan pasir (nah lho ga ada hubungannya)
Gw rasa sih kalo memang kecepatan kencang diatas 60 km/jam ga ada waktunya lagi buat panik, pasti kejadiannya begitu cepat.
Ya memang ironis, jalanan rusak dimana-mana, tapi usaha perbaikannya sistim tambal seadanya. Yang ironis lagi Pemda Jkt, yang katanya kehabisan dana buat perbaikan jalan, tapi giliran jalur busway "sanggup" mengecor jalanan berpuluh-puluh kilometer...
Gw rasa sih kalo memang kecepatan kencang diatas 60 km/jam ga ada waktunya lagi buat panik, pasti kejadiannya begitu cepat.
Ya memang ironis, jalanan rusak dimana-mana, tapi usaha perbaikannya sistim tambal seadanya. Yang ironis lagi Pemda Jkt, yang katanya kehabisan dana buat perbaikan jalan, tapi giliran jalur busway "sanggup" mengecor jalanan berpuluh-puluh kilometer...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Mar 18, 2008 8:32
- Location: kotabesar
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
kalo busway kan "project baru"
kalo tambel jalan itu "maintenance"
tau dong bedanya...
kalo tambel jalan itu "maintenance"
tau dong bedanya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
Bedanya di duit yang bisa dikantongin ya? Bukannya kalo namanya "usaha" pasti yang dikantongin sama aja jumlahnya? Sori jadi OOT, back to topic ya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
memang diakui bahwa almarhum jg dalam kondisi kelelahan.kawiki wrote:berdasarkan info dari tv (infotainment ), almarhum belum terlalu lama menjadi rider, jadi mungkin menjadi panik ketika terjebak di lubang itu. Setau gw kalo naik moge, pas jatuh sebaiknya motor dilepas karena bahaya terbesar justru ada di motor itu sendiri CMIIW
untuk masalah lubang yang panjang itu, kalo gak salah lebarnya 20cm-an (pas sama roda HD), mungkin beliau mencoba keluar dari lubang jadi malah terpelanting. Mungkin sebaiknya jangan coba keluar, tapi tetep aja ikutin lubang itu sampe ujung sambil sedikit2 mengurangi kecepatan... CMIIW lagi...
Ada pendapat lain?
itu rombongan sudah merampungkan sekian ratus km perjalanan.
kelelahan adlh faktor krusial.
seringkali, kelelahan tidak dirasakan secara fisik...atau lbh parah, tidak diakui oleh seorang driver.
tp, secara motorik, itu benar2 berbahaya:... reflek dan insting jelas drop tanpa disadari.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
dari dolo gw gak pernah rela bayar pajak, tapi terpaksa karena udah dipotong langsung ama kantor... hiks...andy1800 wrote:masih rela bayar pajak ?
klo boleh memilih, gue lebih rela bayar sejumlah pajak itu ke DOMPET DHUAFA REPUBLIKA / PKPU / RUMAH ZAKAT, dll yg sejenis.
Karena rakyat miskin langsung merasakannya baik yg di kota besar atau di pelosok2 negri (berobat gratis, ambulan gratis, dibayarin uang sekolah/kuliah, dll.)
Yah seandainya boleh memilih... hiks...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
terus terang gw ogah bayar pajak kalo pengelolaannya tetep begn2 aja..pajak kita dimakan sama orang-orang ga jelas doank.mana bukti itu pajak??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3455
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
Sekarang untuk pengajuan kredit ke bank sudah diwajibkan harus ada NPWP Bro. Jadi mo gimana lagi?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
hasil ngobrol dengan kakak di jkt... :
waktu itu gue ga ikut rom, capek... karena event2 sebelumnya memang penuh.
mas sophian sebenernya menderita vertigo, dia sudah kecapaian waktu kembali ke jkt. makanya mbak wid naik mobil... so, ini karena kondisi juga, bukan hanya karena jalan yg rusak saja.
kecepatan kata teman2 antara 90-120an lah... wajar segitu. minimal di 60km/j.
sekian.
waktu itu gue ga ikut rom, capek... karena event2 sebelumnya memang penuh.
mas sophian sebenernya menderita vertigo, dia sudah kecapaian waktu kembali ke jkt. makanya mbak wid naik mobil... so, ini karena kondisi juga, bukan hanya karena jalan yg rusak saja.
kecepatan kata teman2 antara 90-120an lah... wajar segitu. minimal di 60km/j.
sekian.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
Woooow...... vertigo + naik moge crusing speed 90-120kpj = naek roler coaster tanpa pengaman....
wait ajah deh... klo sempet seh.. see
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
susahnya, vertigo itu tidak bisa diprediksi kapan on dan kapan off...
kadang, seger2 abis mandi saja bisa vertigo. nah ini agak berbahaya bagi yg suka berkendara...
well, ini hanya tebakan beberapa orang ya... yg mengenal almarhum mas sophian... yg sebener2nya ga tau deh...
kadang, seger2 abis mandi saja bisa vertigo. nah ini agak berbahaya bagi yg suka berkendara...
well, ini hanya tebakan beberapa orang ya... yg mengenal almarhum mas sophian... yg sebener2nya ga tau deh...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
update terbaru.... pengakuan istrinya to the press:
Mr. Sophiaan blm meninggal ketika jatuh dr motor... tp menjadi parah ketika motor di belakangnya tdk bs menghindarinya, dan lalu "menghantam nya".
*note; pengakuan ini muncul stlh Mrs. Sophiaan tersinggung oleh ucapan si pengendara motor, yg (tidak bisa menghindari) menabraknya itu.
selama ini, kejadian sebenarnya itu, berusaha diredam oleh komunitas HD.
Mr. Sophiaan blm meninggal ketika jatuh dr motor... tp menjadi parah ketika motor di belakangnya tdk bs menghindarinya, dan lalu "menghantam nya".
*note; pengakuan ini muncul stlh Mrs. Sophiaan tersinggung oleh ucapan si pengendara motor, yg (tidak bisa menghindari) menabraknya itu.
selama ini, kejadian sebenarnya itu, berusaha diredam oleh komunitas HD.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
@poticmind: vertigo bukannya penyakit pd ketinggian oom?
@andy1800: yup2 sy liat update beritanya d tv tadi pagi
@andy1800: yup2 sy liat update beritanya d tv tadi pagi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
Saya ikut menyela yg bagian medis ini aja yah?andy1800 wrote:menyela sebentar.
FYI saja....dikatakan oleh dokter yg memeriksanya:
secara medis, beliau meninggal karena dadanya terhantam dg sangat keras.
mengakibatkan ada tulang rusuk yg patah...
ada kemungkinan patahan ini juga menusuk organ dalam.... tp yg jelas, paru2nya mengalami pendarahan fatal.
Menurut apa yg saya ketahui,kebanyakan kasus kecelakaan lalin(kll) yg melibatkan trauma/hantaman ke dada itu sangat riskan,bisa di katakan korbannya akan mengalami situasi 'life threatening' yg klo gak di tangani dg cepat bisa mengakibatkan kematian seketika.
Kenapa?
Trauma dada (tergantung besar kecil nya hantaman)bisa berpotensi:
Patah tulang iga,yg konsekuensi berikutnya adalah patahannya menusuk paru2.Ini betul2 situasi kritis yg butuh management cepat dlm itungan detik!
Paru2 yg tertusuk akan dg cepat akan terisi darah,shg gak bisa berfungsi,terjadi apa yg disebut flail chest,kolaps paru dan tentu saja korbannya meninggal krn gak bisa napas....
Saya kurang tau apakah beliau sempat masuk ambulance,dan apakah kru ambulance cukup mendapat pelatihan yg tepat dalam menangani kasus kritis macam ini?
Apakah ada seorang dokter umum di dalam ambulance(dokter bedah sbrnya yg plg ideal)?
Apakah peralatan di dalam ambulance 'memadai' utk menangani kasus ginian?
Apakah petugas di lapangan medisnya quailified utk di panggil sbg EMT(emergency medical team)?
Saya pribadi menyangsikan....
Klo head nya free(gak kehantam di kepala,asumsi kepala terprotek helmet)dan pula tdk cedera leher yg jg berkontribusi thd kematian mendadak,maka trauma to chest sbrnya asal cepat di tangani (dlm itungan detik spt saya sebut diatas)sebnarnya masih ada peluang utk tertolong,asalkan pula tim medis dg cepat melakukan tindakan bedah sederhana di tempat.
Namun sbg komunitas yg beradab dan beragama,kita semua juga melihat bhw sebaik apapun usaha kita,ada takdir yg mutlak berlaku atas tiap diri....
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
Nah klo pake yg ini baru 'well protected'.....tonie wrote:klo misal rider moge pke upper body protector, cedera dari kecelakaan mungkin bisa di kurangi
minimal energi benturan tereduksi oleh bahan pelindung ini....
Ibarat kata,kalo udah bisa beli HD yg ratusan juta,sekian juta rp lg utk protection suit ini tentu sangat worth to buy....
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
pak edward, pada gambar terakhir, pada bagian belakang body protector, itu gunanya untuk menyangga punggung dan leher?
kalau pada body protector pembalap moto GP, kanapa bagian tengkuk/punuk leher lebih menonjol?
untuk melindungi kepala maksudnya?
kalau pada body protector pembalap moto GP, kanapa bagian tengkuk/punuk leher lebih menonjol?
untuk melindungi kepala maksudnya?
Permisii .............................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3455
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
Itu body protector untuk grass/dirt tracker, berbeda dengan motogp karena posisi badan grass tracker lebih tegap waktu mengendarai motornya dengan jangkauan lengan lebih lebar. Berbeda dengan motogp yang lebih menunduk dan lengannya lebih tertutup untuk meminimalkan resistensi angin.
Selain itu pada grass tracker jarang terjadi kecelakaan yang menyebabkan biker-nya hingga sliding di atas tanah, tidak spt motogp. Makanya pada motogp back-protector-nya dibuat spt punuk.
Selain itu pada grass tracker jarang terjadi kecelakaan yang menyebabkan biker-nya hingga sliding di atas tanah, tidak spt motogp. Makanya pada motogp back-protector-nya dibuat spt punuk.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
Saya jawab disini yah?
Utk body protektor yg gemuk dipunggung itu memang utk melindungi area punggung pas jatuh.
Jangan anggap sepele klo jatuh tanpa protektor punngung krn sepanjang area punggung itu terdapat tulang belakang(vertebra namanya) yg klo cedera bisa mengakibatkan kelumpuhan anggota badan bagian bawah smp kekaki.
Klo yg di motor GP yg keliatan spt punuk unta(bukan Camel toe loh.... )
itu jg utk melindungi leher pembalap klo pas resiko terjatuh....
Sedikit tentang cedera leher.
Ini jg sgt berbahaya.Klo orang kena cedera leher apalagi klo ada tulang leher yg retak/patah.Tunggu dulu,leher kita cukup kuat sebenarnya,tetapi ada bagian2 kyk sirip di belakang leher tempat urat syaraf lewat,nah bagian ini yg suka retak/patah yg mengakibatkan urat syaraf terjepit dan penderitanya bisa lumpuh total maupun sebagian!
Pada pengendara mobil,ada suatu keadaan yg di sebut whipsplash injury,dimana pas terjadi kecelakaan,kepala akan tergerak kedepan lalu balik lg kebelakang dg cepat(itungan detik) yg mengakibatkan injury pada syaraf leher.(silahkan di google:whipsplash injury)
.BBrp pabrikan mobil sdh punya teknologi utk mengeliminasi efek ini,antara lain Mercy dan lexus yg membuat sandaran kepala otomatis akan bergerak jg kedepan pas accident utk menahan leher dan kepala dari resiko whipsplash injury ini....
Saya juga cukup salut dg pencapaian para engineer otomotif ini dalam hal tingkat keselamatan mobil/motor baik bagi driver maupun orang2 di sekitarnya...
Utk body protektor yg gemuk dipunggung itu memang utk melindungi area punggung pas jatuh.
Jangan anggap sepele klo jatuh tanpa protektor punngung krn sepanjang area punggung itu terdapat tulang belakang(vertebra namanya) yg klo cedera bisa mengakibatkan kelumpuhan anggota badan bagian bawah smp kekaki.
Klo yg di motor GP yg keliatan spt punuk unta(bukan Camel toe loh.... )
itu jg utk melindungi leher pembalap klo pas resiko terjatuh....
Sedikit tentang cedera leher.
Ini jg sgt berbahaya.Klo orang kena cedera leher apalagi klo ada tulang leher yg retak/patah.Tunggu dulu,leher kita cukup kuat sebenarnya,tetapi ada bagian2 kyk sirip di belakang leher tempat urat syaraf lewat,nah bagian ini yg suka retak/patah yg mengakibatkan urat syaraf terjepit dan penderitanya bisa lumpuh total maupun sebagian!
Pada pengendara mobil,ada suatu keadaan yg di sebut whipsplash injury,dimana pas terjadi kecelakaan,kepala akan tergerak kedepan lalu balik lg kebelakang dg cepat(itungan detik) yg mengakibatkan injury pada syaraf leher.(silahkan di google:whipsplash injury)
.BBrp pabrikan mobil sdh punya teknologi utk mengeliminasi efek ini,antara lain Mercy dan lexus yg membuat sandaran kepala otomatis akan bergerak jg kedepan pas accident utk menahan leher dan kepala dari resiko whipsplash injury ini....
Saya juga cukup salut dg pencapaian para engineer otomotif ini dalam hal tingkat keselamatan mobil/motor baik bagi driver maupun orang2 di sekitarnya...
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
tp tingkat safety seperti itu belum mencapai ke mobil di indonesia pak edward..
Permisii .............................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3455
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
Mau gimana tercapai? Safety belt untuk penumpang belakang aja belum ada kewajiban bagi produsen mobil.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
nah.. ntu buktinya..
Permisii .............................
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
Utk negara kita,sepertinya perlu puluhan tahun lg buat menyadarkan betapa pentingnya unsur2 safety di mobil.Unsur safety rendah,tingkat kecelakaan tinggi berakibat tingkat kematian jg meningkat.
Gak bisa 100% salahkan produsen mobil juga sih...
Ada unsur historis psikologis yg sudah mengakar kuat pada budaya dan kultur kita.
*Kita orang timur yg menjunjung tinggi norma kesopanan.Ngebut adalah tindakan ugal2an yg tidak bisa kita tolerir.Orang yg suka ngebut masih dilihat sbg orang yg tidak berbudaya(bener gak?) thus tidak sesuai dg norma ketimuran kita.So masyarakat secara psikologis berharap pada kesadaran para driver utk tidak ngebut,shg tidak membahayakan diri orang lain...
*Orang jawa suka bilang:alon2 waton kelakon.Pelan2 aja yg penting selamat.
Klo mobilnya jalannya aja pelan2 dan hati2,trus buat apa piranty safety yg mahal2?
Bukankah resiko cilaka sudah diminimkan dg jalan alon2 waton kelakon?
*Klo pun kmdn terjadi accident,orang2 kita secara budaya adalah orang2 yg cukup beradab dan santun.Betapa byk dr kita yg bisa nerima penuh maupun tidak penuh,bahwa cilaka ini adalah takdir saja.Udah nasib,lagi apes,lagi ketiban sial dan berapa byk lg kata2 yg di tujukan utk diri sendiri,tanpa mau merunut lbh jauh bhw kecelakaan itu sbenarnya bisa di hindari kalo ini dan kalo itunya tidak di langgar....?
Ban kempis,rem blong,ngantuk,belok tanpa sein,ngebut dll bukankah semua itu bisa di hindari?
Seandainya pun semua mobil sudah di lengkapi dg piranti safety yg canggih ala airbag dsb nya,apakah budaya kita sudah cukup bagus menyerapnya?Apakah kita secara ekonomi jg sanggup menebusnya?
Apakah kita nanti jg tidak iseng dg kecanggihan teknologi seperti apa yg dilakukan seorang nenek thd Mercy SLK ini?
http://www.youtube.com/watch?v=fGdS8TKcChc
Gak bisa 100% salahkan produsen mobil juga sih...
Ada unsur historis psikologis yg sudah mengakar kuat pada budaya dan kultur kita.
*Kita orang timur yg menjunjung tinggi norma kesopanan.Ngebut adalah tindakan ugal2an yg tidak bisa kita tolerir.Orang yg suka ngebut masih dilihat sbg orang yg tidak berbudaya(bener gak?) thus tidak sesuai dg norma ketimuran kita.So masyarakat secara psikologis berharap pada kesadaran para driver utk tidak ngebut,shg tidak membahayakan diri orang lain...
*Orang jawa suka bilang:alon2 waton kelakon.Pelan2 aja yg penting selamat.
Klo mobilnya jalannya aja pelan2 dan hati2,trus buat apa piranty safety yg mahal2?
Bukankah resiko cilaka sudah diminimkan dg jalan alon2 waton kelakon?
*Klo pun kmdn terjadi accident,orang2 kita secara budaya adalah orang2 yg cukup beradab dan santun.Betapa byk dr kita yg bisa nerima penuh maupun tidak penuh,bahwa cilaka ini adalah takdir saja.Udah nasib,lagi apes,lagi ketiban sial dan berapa byk lg kata2 yg di tujukan utk diri sendiri,tanpa mau merunut lbh jauh bhw kecelakaan itu sbenarnya bisa di hindari kalo ini dan kalo itunya tidak di langgar....?
Ban kempis,rem blong,ngantuk,belok tanpa sein,ngebut dll bukankah semua itu bisa di hindari?
Seandainya pun semua mobil sudah di lengkapi dg piranti safety yg canggih ala airbag dsb nya,apakah budaya kita sudah cukup bagus menyerapnya?Apakah kita secara ekonomi jg sanggup menebusnya?
Apakah kita nanti jg tidak iseng dg kecanggihan teknologi seperti apa yg dilakukan seorang nenek thd Mercy SLK ini?
http://www.youtube.com/watch?v=fGdS8TKcChc
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
beruntung sy mulai rutin pk mobil pd saat pemerintah lg galak2nya kampanye safety belt.......akhirnya jd kebiasaan n pasti ngerasa "aneh" klo pas nyetir g pk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
edward wrote:Saya jawab disini yah?
Utk body protektor yg gemuk dipunggung itu memang utk melindungi area punggung pas jatuh.
Jangan anggap sepele klo jatuh tanpa protektor punngung krn sepanjang area punggung itu terdapat tulang belakang(vertebra namanya) yg klo cedera bisa mengakibatkan kelumpuhan anggota badan bagian bawah smp kekaki.
Klo yg di motor GP yg keliatan spt punuk unta(bukan Camel toe loh.... )
itu jg utk melindungi leher pembalap klo pas resiko terjatuh....
Sedikit tentang cedera leher.
Ini jg sgt berbahaya.Klo orang kena cedera leher apalagi klo ada tulang leher yg retak/patah.Tunggu dulu,leher kita cukup kuat sebenarnya,tetapi ada bagian2 kyk sirip di belakang leher tempat urat syaraf lewat,nah bagian ini yg suka retak/patah yg mengakibatkan urat syaraf terjepit dan penderitanya bisa lumpuh total maupun sebagian!
Pada pengendara mobil,ada suatu keadaan yg di sebut whipsplash injury,dimana pas terjadi kecelakaan,kepala akan tergerak kedepan lalu balik lg kebelakang dg cepat(itungan detik) yg mengakibatkan injury pada syaraf leher.(silahkan di google:whipsplash injury)
.BBrp pabrikan mobil sdh punya teknologi utk mengeliminasi efek ini,antara lain Mercy dan lexus yg membuat sandaran kepala otomatis akan bergerak jg kedepan pas accident utk menahan leher dan kepala dari resiko whipsplash injury ini....
Saya juga cukup salut dg pencapaian para engineer otomotif ini dalam hal tingkat keselamatan mobil/motor baik bagi driver maupun orang2 di sekitarnya...
sedikit tambahan....punuk tsb jg berguna utk melindungi batang otak yg letaknya kira2 s/d setengah leher keatas which is very2 vulnerable klo kna benturan
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
duh gue agak2 gatel kalo harus pake protector seperti itu... hehe! hanya ingin tau aja, kira2 brp dana yg dikeluarkan buat beli body protector? cukup mahal rasanya ya...