bro poetic dah muncul lagi neh
murah kok harganya tapi yg lebih mahal adalah nyawa kita haaaaa..... hrs dilindungi
Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
semakin bertenaga kendaraan yg kita pake...otomatis perangkat safety-pun harus makin lengkap n well protecting......yg jg bikin harga semakin mahal, tapi masi lebih murah dari nyawa kita kok......
di liat jg tujuan perjalanan nya apa dan kemana......klo cuma ke pasar doang seh g perlu protector yg lengkap2 amat kaleee
di liat jg tujuan perjalanan nya apa dan kemana......klo cuma ke pasar doang seh g perlu protector yg lengkap2 amat kaleee
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
mo nambahin aja
1. rata2 touring anak HD/moge club, klo jumlahnya sampe 200an motor seperti jalur merah putih, ga memungkinkan lari di atas 100km/h, apalagi dijalan berkelok dan sempit. Palingan kisaran 60-80km/h. Kalo rombongan hanya sekitar 20-30 motor, mungkin bisa lari agak kenceng, tapi itupun di jalan besar dan lurus/sepi, kalo sudah masuk pegunungan, sekitar 60-80an, contoh jalur puncak kbn teh-cipanas-cianjur.
2. Body protector bukan soal mampu ga daya beli. Liat dulu posisi seat hd/touring bike/cruiser beda dengan sportsbike. Kalo pake back protector apalagi yg sampe tulang ekor, rider harus agak membungkuk ke depan sebgmana di motor2 sports, dan itu akhirnya membuat rider tegang dan lebih cepet cape, apalagi kalo touring jarak jauh. Kalo sekedar armor suit atau jacket touring bahan kulit atau gore tex lengkap dengan ventilator nya yg ada elbow/shoulder pad banyak yg pake.
Beda dengan motor2 sportsbike yg memang posisi seat nya membungkuk, back protector mungkin bikin agak nyaman. Biasanya sportsbike owner seperti yamaha r1, hayabusa, gsxr 1000, cbr999rr, pake armor suit back protector sampe full body wearpack yg sampe belasan juta, helm kayak nolan shoei arai gitu sekitar 5jtan, handgloves dan sepatunya.
3. daya tahan tubuh. biasanya klo touring jarak jauh, tiap 2 atau 3 jam pasti berhenti. Nah kebayang tuh acara JMP padat, pasti waktu tidur/istirahat kurang. Cape/ngantuk sangat fatal dimotor, ga bisa fokus dan gampang ilang balance.
Bener kalo pk hd/moge lari 60-80km/h ga terasa kenceng..kalo di jalan gede! kalo jalan kecil, ya terasa lah. Soal 0-100 cuma itungan kedipan mata istilahnya, ya betul, apalagi R1...
soal kecelakaan itu memang sangat tragis, tapi ya mo gimana ya..repot juga, resiko berkendara...ga ada yg jago di jalan raya, valentino rossi/casey stoner aja kadang2 jatoh...
yg penting hati2 always wear helmet dan eye protector (kcmata), apparel/protective gear yg sesuai, kendalikan emosi, see and be seen, kalo lambat/nyantai di sebelah kiri aja.
1. rata2 touring anak HD/moge club, klo jumlahnya sampe 200an motor seperti jalur merah putih, ga memungkinkan lari di atas 100km/h, apalagi dijalan berkelok dan sempit. Palingan kisaran 60-80km/h. Kalo rombongan hanya sekitar 20-30 motor, mungkin bisa lari agak kenceng, tapi itupun di jalan besar dan lurus/sepi, kalo sudah masuk pegunungan, sekitar 60-80an, contoh jalur puncak kbn teh-cipanas-cianjur.
2. Body protector bukan soal mampu ga daya beli. Liat dulu posisi seat hd/touring bike/cruiser beda dengan sportsbike. Kalo pake back protector apalagi yg sampe tulang ekor, rider harus agak membungkuk ke depan sebgmana di motor2 sports, dan itu akhirnya membuat rider tegang dan lebih cepet cape, apalagi kalo touring jarak jauh. Kalo sekedar armor suit atau jacket touring bahan kulit atau gore tex lengkap dengan ventilator nya yg ada elbow/shoulder pad banyak yg pake.
Beda dengan motor2 sportsbike yg memang posisi seat nya membungkuk, back protector mungkin bikin agak nyaman. Biasanya sportsbike owner seperti yamaha r1, hayabusa, gsxr 1000, cbr999rr, pake armor suit back protector sampe full body wearpack yg sampe belasan juta, helm kayak nolan shoei arai gitu sekitar 5jtan, handgloves dan sepatunya.
3. daya tahan tubuh. biasanya klo touring jarak jauh, tiap 2 atau 3 jam pasti berhenti. Nah kebayang tuh acara JMP padat, pasti waktu tidur/istirahat kurang. Cape/ngantuk sangat fatal dimotor, ga bisa fokus dan gampang ilang balance.
Bener kalo pk hd/moge lari 60-80km/h ga terasa kenceng..kalo di jalan gede! kalo jalan kecil, ya terasa lah. Soal 0-100 cuma itungan kedipan mata istilahnya, ya betul, apalagi R1...
soal kecelakaan itu memang sangat tragis, tapi ya mo gimana ya..repot juga, resiko berkendara...ga ada yg jago di jalan raya, valentino rossi/casey stoner aja kadang2 jatoh...
yg penting hati2 always wear helmet dan eye protector (kcmata), apparel/protective gear yg sesuai, kendalikan emosi, see and be seen, kalo lambat/nyantai di sebelah kiri aja.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Safety Gear: Kecelakaan, Sophan Sophiaan Meninggal Dunia
saya rasa, HD pake body protector tetep aneh... sama dengan yg naek sportsbike' dikasih rompi kulit dan helm HD. wekekeke...
but anyway... ada satu rules, yaitu kondisi badan... apapun motornya, jika kondisi tidak fit jatoh juga. dulu saya pernah flu berat, naek bebek 40km/jam pun tewas jatoh di depan kampus.
but anyway... ada satu rules, yaitu kondisi badan... apapun motornya, jika kondisi tidak fit jatoh juga. dulu saya pernah flu berat, naek bebek 40km/jam pun tewas jatoh di depan kampus.