pas gw liat ternyata dia udah ganti pake cakram belakang, terlalu pakem kali..

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
lumanyan kaya gimana ?? kalo supra x 125 pa ya termasukk lumayan spontan ???riofhaloho wrote:
Mesin motor yg udah diatas 100 cc dan akselerasinya lumayan spontan.. ada baiknya make disc brake jg...
Ada satu kekurangan tromol, ini gw rasakan saat menggunakan tiger 2000 thn 2003..
Rem terasa gak pakem saat hujan ato tromolnya terkena air...
oo..hh betulkann kalo kepanasan jd kurang pakem ychh?? smpai seberapa panas, apa klo dijemur dibawah matahari aja bisa kurang pakem? atoo gara2 dipakai ngebutt?anak_singkong wrote:
rem blkg tromol klo udah kepanasan jd kurang pakem..
klo disc brake lbh cepat melepas panas krn ada lubang ventilasinya.
nahh itu diaa.. mungkin untuk safety nyaa ya broo... cause depan cakram kan dahh pakem yg belakang ga perlu terlalu pakem supaya bisa menyesuaikan dgn yg didepan.. biar ga selip CMIIWJESKONENG wrote:
cuma tersisa tandatanya : kenapa di road race itu motor balap rem blakangnya kok pake tromol ??
maksudnya pa broo tidak terjadi sliding? sliding = slip yach ?y_anjasrana wrote:
Dengan memakai rem tromol, diharapkan saat pengereman tidak terjadi sliding. Lain dgn halnya motor balap pada MotoGP, dgn tapak ban lebar, sliding tidak menjadi masalah karena masih dapat dikontrol. Apalagi di MotoGP sudah banyak digunakan piranti elektronik yg rumit. Jadi ga heran kalu kita sering lihat Danny Pedrosa ngerem sampai stoppie (roda belakang naik), atau Valentino Rossi ngerem sampai roda belakang sliding.
Disamping itu perlu dilihat juga keperluannya. Pada motor standar yg tenaganya ga lebih dari 20hp, atau mobil yg ga lebih dari 200hp, tidak perlu juga memasang rem cakram di roda belakang. Dengan kecepatan maksimum 120-150kmpj, relatif belum butuh rem yg terlalu mahal
bener lebih berat cos liat aja di spek. motor yg tormol n cakaram pasti lebih berat kurang lebih 2 KG, mm.mm tp kalo krn masalah gesekan lebih.. neo ga tau.. ntar neo coba puter jg dehhr1210g wrote:
wah malahan mau ganti tuh rem blkang satria hiu ogud..
dari cakram ke teromol..
cakram lebih berat.. ada gesekan lebih..
coba aja diputer antara teromol ama cakram..
lebih dulu berhenti yang cakram daripada teromol..
efisiensi tenaga keknya lebih baik walaupun kecil..
mungkin ada alasan juga ke race2 gitu lebih enteng..
soalnya temen ogud ada yang drag, rem belakangnya pake teromol juga ubah dari cakram..
ii.dihh.. ngeri... tacu...tt, mmm but thankss infonya..vega wrote:
barusan liat bebek di depan gw yg ngesot gak karuan gara2 ban belakangnya nge-lock, dia ngerem disekaligusin soalnya ada angkot berhenti mendadak.. padahal jalan pelan aja, gw liat spedo cuman +- 30km/jm..
pas gw liat ternyata dia udah ganti pake cakram belakang, terlalu pakem kali..
murah mana broo...? praktiss mana broo?birkov wrote:
semantara kalau perawatan jelas cuma beda di harga aja intinya sama sama harus bongkar saat ganti kampas, tapi kalau untuk penampilan jelas cakram lah yang jadi pilihan.
neo ga perlu mpeek terangkat berkali2y_anjasrana wrote:
Sekedar info.
.......
Contoh yg gampang dilihat Dani Pedrosa. Bisa dibilang dia sama sekali tidak pakai rem belakang. Ga heran tiap adu late braking dgn Rossi, ban belakangnya sampai terangkat berkali-kali.
Jadi kesimpulannya kalu pakai cakram belakang, musti bisa sliding tuhh... Kalu ga bisa, mendingan pakai rem tromol aja buat roda belakang
@neoneo88 wrote:oo..hh betulkann kalo kepanasan jd kurang pakem ychh?? smpai seberapa panas, apa klo dijemur dibawah matahari aja bisa kurang pakem? atoo gara2 dipakai ngebutt?anak_singkong wrote:
rem blkg tromol klo udah kepanasan jd kurang pakem..
klo disc brake lbh cepat melepas panas krn ada lubang ventilasinya.![]()
m..mmm kalo gara2 lubang sihhh kliatannya bukan dehhh... mungkin krn disc nya kan di luar n bisa terkena angin (sbg pendingin) CMIIW
[/color][/size]
sjamsul wrote:"rem cakram lebih berat...ada gesekan lebih..... " mungkin jarang diserpis kali remnya bro ato ada kotoran yg nempel ama brake pad nya, shg terjadi gesekan lebih.
TUFF Stough wrote:Piston remnya jarang dilumasi kali tuh Bro. Pistonnya jadi macet dan menahan cakram walaupun tuas rem gak diinjak. Pernah kejadian sama rem depan Shogun SP gw.
wah rem pernah servis om.. pernah bongkar smua..doq wrote: biasanya klo kampas rem dah mo abis, mank suka ngegesek ke cakramnya oom.....coba d cek aja
Salam kenal Mas Bro sjamsulsjamsul wrote:@wongcilik:
Ane sih bukan expert di bidang ini.
Tapi ane punya sedikit pengalaman wkt pake ninja. Pada mtr ini ane kaga pernah menemukan hal yg spt nt ceritakan. Oke2 aja tuh. Mungkin aja di mtr tsb kualitas dari sistim pengeremannye ada yg kurang baik, misalken bahan2 kanpas remnya yg kurang bagus, dll.
Waaaah.....TUFF Stough wrote:Kalau aku lihat, ini lebih disebabkan karena posisi selang minyak rem cakram belakang yang horisontal. Berbeda dengan rem cakram depan yang selangnya vertikal.
Jadi pada saat turunan, posisi kaliper rem belakang lebih tinggi dari jalur distribusi minyak rem, sehingga minyak remnya tidak bisa mendorong piston secara kuat kalau tuas rem belakang diinjak. Akibatnya kampas rem gak menggigit rem secara kuat, dan rem belakang menjadi blong.
Kalau rem depan khan karena selangnya vertikal, walaupun posisi tanjakan atau turunan, kemiringannya gak sampai menyebabkan posisi kaliper lebih tinggi daripada jalur distribusi minyak remnya.
Makanya untuk medan2 berbukit yang naik-turun, tidak disarankan menggunakan rem cakram belakang. Lebih aman pakai drum brake belakang karena mekanismenya yang menggunakan kabel.
Sorry kalo salah.
Terima kasih mas broblackpit wrote:gw setuju ama bro sjamsul, untuk motor pabrikan jepang semisal ninja, satria fu, ato tiger revo yang roda belakang-nya sudah aplikasi rem cakram semuanya ga ada masalah. biasanya masalah kayak gini itu pada rem cakram rakitan sendiri ama rem cakram bawaan motor cina yang kualitasnya kadang kurang bagus, baik unitnya maupun instalasinya.
sharing aja; dulu pas awal beli, rem cakram belakang mocin gw jg bermasalah, keras dan nggak pakem. tp skrg, setelah beberapa kali modif akhirnya sudah bagus performanya.
dalam kasus motor gw, solusi terbaik gw dapet stlh ganti footstep+tuas rem+master rem dgn punya ninja sementara untuk kaliper, braket dan piringannya pake punya tiger revo (kebetulan pas ama ukuran pelek dan swing arm). alasan gw si, kalo bawaan asli motor jepang pasti lebih bagus kualitasnya daripada produk variasi, tp ya itu...lebih muahal....dan ngga ngaruh ke harga jual motor gw..
Terima kasih mas broblackpit wrote:@wongcilik
wah, gw lupa persisnya abis berapa bro...kalo yang terakhir berhasil sih kira2 1 jtan lebih, ni itemnya:
- 1 set rem belakang tiger revo kw2 (almunium braket+piringan+kaliper+master) = 350rb
- 1 set footstep depan ninja rr (kiri kanan) + master remnya = 800rban
- ongkos pasang + busing = 75rb
kebetulan item2 yg terakhir gw beli itu tinggal pasang semua, jd lebih cepet dan akurat hasilnya.
yang menjadi catatan gw selama proses modif tsb:
- pilih master rem yg bagus kualitasnya (gampangnya cr bawaan pabrik mopang)
- pilih piringan yg masih baru, kemungkinan ga senternya kecil
- ukuran busing yg menghubungkan velg dgn braket dan braket dgn arm sisi kanan (kalo ada) harus pas/persisi panjangnya. jd ketika as roda dikencengin stlh nyetel ketgangan rantai dan kelurusan roda cakram bisa berjalan lancar
- pilih montir yang sudah berpengalaman (biasanya di bengkel modif)
ni hasilnya bro: