Tanya Sedan taun 88-93
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Dec 10, 2008 11:23
Tanya Sedan taun 88-93
Salam Semuanya.....
saya ingin info tentang mobil sedan keluaran 88-93, dan untuk jenisnya saya batasi aja ya
yaitu maestro, grand civic, nova, mazda mx6. karena saya ingin membelinya 1 diantaranya.
Pertanyaan saya :
1. Katanya temen, maestro itu sering overheat, saya sih demen mobil ini. tapi kalo sering overheat kan pusing juga karena maksudnya beli mobil, bisa dibuat luar kota juga.
2. Terus masih di masalah overheat-maestro, bagaimana dengan perbaikannya ? apakah mahal ? apabila pada waktu membeli apa yang harus diperhatikan supaya tidak beli maestro yang overheat ???
3. Apakah masalah overheat juga menjadi masalah grand civic dan nova ???
4. Perbedaan grand civic dengan nova apakah cuma pada body ??? Performance dan perawatan enakan mana ? Apakah untuk model ini sudah pakai komputer ?
5. untuk mazda mx6 gimana nih komentar teman2 ??? apabila dibanding dengan membeli honda dengan 3 tipe diatas ????
6. perawatan untuk mazda mx6 bagaimana ? boros atau nggak ? kalau untuk harga berapaan ya ?
Thanks All.....
Salam
Delmora......
saya ingin info tentang mobil sedan keluaran 88-93, dan untuk jenisnya saya batasi aja ya
yaitu maestro, grand civic, nova, mazda mx6. karena saya ingin membelinya 1 diantaranya.
Pertanyaan saya :
1. Katanya temen, maestro itu sering overheat, saya sih demen mobil ini. tapi kalo sering overheat kan pusing juga karena maksudnya beli mobil, bisa dibuat luar kota juga.
2. Terus masih di masalah overheat-maestro, bagaimana dengan perbaikannya ? apakah mahal ? apabila pada waktu membeli apa yang harus diperhatikan supaya tidak beli maestro yang overheat ???
3. Apakah masalah overheat juga menjadi masalah grand civic dan nova ???
4. Perbedaan grand civic dengan nova apakah cuma pada body ??? Performance dan perawatan enakan mana ? Apakah untuk model ini sudah pakai komputer ?
5. untuk mazda mx6 gimana nih komentar teman2 ??? apabila dibanding dengan membeli honda dengan 3 tipe diatas ????
6. perawatan untuk mazda mx6 bagaimana ? boros atau nggak ? kalau untuk harga berapaan ya ?
Thanks All.....
Salam
Delmora......
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Tanya Sedan taun 88-93
double post om, internetnya lambat trus click 2x ya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tanya Sedan taun 88-93
mobil 2nd sudah lebih dari 15 tahun sudah rentan overheat, ini masalah umum, tapi very annoying. kecuali mobil seumur itu kita yg rawat sejak kondisi baru , maybe fine2 saja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Tanya Sedan taun 88-93
mobil yg udah tua emang butuh modal, tapi kalo udah enak pakenya jg enak. maestro denger2 mesinnya lemah, ga tau lemahnya di mana, knp, denger2 gitu aja.. ga ngerti honda sih
mobil 88-93, gw jg pake eterna buat harian, ini jg dapetnya ancur2an, langsung turun mesin, abis banyak jg, skr jg masih blm beres.. mesin udah enak, udah bisa kenceng lagi seperti eterna seharunsnya, tapi kaki2 & interior masih berantakan, tp itulah seninya, rebuild. pengen jg nyoba dan gan..
kalo dikasih pilihan maestro atau grand civic, gw milih grand civic, katanya kuat, harga juga stabil, udah bertahun2 ngga turun2, genio aja turun mendekati harga grand civic, maestro jg anjlok. harga stabil pasti ada good reasonnya
tapi kalo milih2 grand civic nouva sebaiknya hati2, kebanyakan udah bekas dipake modif balapan
mazda mx6 keren, jarang yg pake.. tapi resiko mobil jarang biasanya sparepartnya juga susah nyarinya
mobil 88-93, gw jg pake eterna buat harian, ini jg dapetnya ancur2an, langsung turun mesin, abis banyak jg, skr jg masih blm beres.. mesin udah enak, udah bisa kenceng lagi seperti eterna seharunsnya, tapi kaki2 & interior masih berantakan, tp itulah seninya, rebuild. pengen jg nyoba dan gan..
kalo dikasih pilihan maestro atau grand civic, gw milih grand civic, katanya kuat, harga juga stabil, udah bertahun2 ngga turun2, genio aja turun mendekati harga grand civic, maestro jg anjlok. harga stabil pasti ada good reasonnya
tapi kalo milih2 grand civic nouva sebaiknya hati2, kebanyakan udah bekas dipake modif balapan
mazda mx6 keren, jarang yg pake.. tapi resiko mobil jarang biasanya sparepartnya juga susah nyarinya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tanya Sedan taun 88-93
sama aja grandcivic tua juga rentan overheat...cuma mesinnya ga terlalu kompleks - juga masih karbu.
secara mesin2 honda mulai grand - maestro dst udah mulai aplikasi alumunium... ga bisa setahan besi seperti di starlet or eterna.
kecuali rawat-pakai dari baru...
secara mesin2 honda mulai grand - maestro dst udah mulai aplikasi alumunium... ga bisa setahan besi seperti di starlet or eterna.
kecuali rawat-pakai dari baru...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Tanya Sedan taun 88-93
kalo twin cam gimana om, besi juga?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Tanya Sedan taun 88-93
bantu dikit kebetulan punya grand civic..
bedanya ama nouva selain body mesin juga..
nouva 1300 cc sedang GC 1500 CC..
review dari mesin:
lumayan bandel..
kenceng boleh, irit juga boleh..
keluarga honda yang ini engine swap ama yang lebih mudaan gampang..
bisa ZC kalo mau tambah kenceng..
body hati2 kalo beli..
namanya juga mobil tua.. kalo repair body ga bener2 ya suka kacau..
bedanya ama nouva selain body mesin juga..
nouva 1300 cc sedang GC 1500 CC..
review dari mesin:
lumayan bandel..
kenceng boleh, irit juga boleh..
keluarga honda yang ini engine swap ama yang lebih mudaan gampang..
bisa ZC kalo mau tambah kenceng..
body hati2 kalo beli..
namanya juga mobil tua.. kalo repair body ga bener2 ya suka kacau..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tanya Sedan taun 88-93
sepertinya twincam dan GTi juga masih pakai besi.
gmx wrote:kalo twin cam gimana om, besi juga?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Tanya Sedan taun 88-93
kendaraan dengan usia udah lebih dari 15th-an sih emang sudah biasa bila sering overheat, emang belinya murah cuman antisipasi biaya rekondisinya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Tanya Sedan taun 88-93
FWD jepang kalo dah tua2 sparepartnya susah jg, harga jg ga selalu murah. untungnya bisa engine swap/singapuran.
bisa jg cari yang RWD sekalian, mark II /tiger/dx misalnya, lebih murah jauh, cenderung lebih kuat.
bisa jg cari yang RWD sekalian, mark II /tiger/dx misalnya, lebih murah jauh, cenderung lebih kuat.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Dec 10, 2008 11:23
Re: Tanya Sedan taun 88-93
GTR:
Berarti saya harus cari yang terawat.. tapi semisal saya beli terus overheat ada yang tau caranya untuk menghilangkannya ???
gmx :
kalao nouva sebenarnya sih body lebih sportif ya... tapi berhubung istri ga suka yang ga punya buntut tuh....
padahal aku juga cocok tapi ingat juga udah ada anak pasti report deh....
Untuk harganya grand civic dengan maestro terpaut sedikit ya...
MX6 disini kok jarang ketemu.... ya bener om GMX ntar sparepart nya report kalau cari....
GTR
r1210g :
berarti nouva lebih irit ya..... oya semua karburator ya ? pake komputer nggak ?
mansetha :
iwang
nanti kalau udah di swap ntar kalau mau jual malah ga laku deh..... takutnya sih.....
Thanks teman2 yang udah ngeliat dan ngejawab ....
Mungkin ada yang lain dong ..... saya lagi cari info2 nih.....
Thanks & Salam
Delmora
Ya itu lah Pak GTR saya kepinginnya maestro, tapi kalau overheat ya susah dong.... tapi masalah overheat ini separah apa ya ? mungkin ada yang punya maestro bisa cerita dong....??mobil 2nd sudah lebih dari 15 tahun sudah rentan overheat, ini masalah umum, tapi very annoying. kecuali mobil seumur itu kita yg rawat sejak kondisi baru , maybe fine2 saja.
Berarti saya harus cari yang terawat.. tapi semisal saya beli terus overheat ada yang tau caranya untuk menghilangkannya ???
gmx :
iya om gmx ga tau tuh kemaren speedynya agak lambatdouble post om, internetnya lambat trus click 2x ya
om gmx, Grand civic saya agak ga suka bentuknya sih... masih terlalu kotak kotak gitu tapi kalau emang maestro ga dapat apa boleh buat deh....mobil yg udah tua emang butuh modal, tapi kalo udah enak pakenya jg enak. maestro denger2 mesinnya lemah, ga tau lemahnya di mana, knp, denger2 gitu aja.. ga ngerti honda sih
mobil 88-93, gw jg pake eterna buat harian, ini jg dapetnya ancur2an, langsung turun mesin, abis banyak jg, skr jg masih blm beres.. mesin udah enak, udah bisa kenceng lagi seperti eterna seharunsnya, tapi kaki2 & interior masih berantakan, tp itulah seninya, rebuild. pengen jg nyoba dan gan..
kalo dikasih pilihan maestro atau grand civic, gw milih grand civic, katanya kuat, harga juga stabil, udah bertahun2 ngga turun2, genio aja turun mendekati harga grand civic, maestro jg anjlok. harga stabil pasti ada good reasonnya
tapi kalo milih2 grand civic nouva sebaiknya hati2, kebanyakan udah bekas dipake modif balapan
mazda mx6 keren, jarang yg pake.. tapi resiko mobil jarang biasanya sparepartnya juga susah nyarinya
kalao nouva sebenarnya sih body lebih sportif ya... tapi berhubung istri ga suka yang ga punya buntut tuh....


Untuk harganya grand civic dengan maestro terpaut sedikit ya...
MX6 disini kok jarang ketemu.... ya bener om GMX ntar sparepart nya report kalau cari....
GTR
Grand civic juga panas ??? lho pake karburator apa hubungannya dengan overheat ?? Gimana nih mas GTR caranya biar antisipasi....sama aja grandcivic tua juga rentan overheat...cuma mesinnya ga terlalu kompleks - juga masih karbu.
secara mesin2 honda mulai grand - maestro dst udah mulai aplikasi alumunium... ga bisa setahan besi seperti di starlet or eterna.
kecuali rawat-pakai dari baru...
r1210g :
Mas r1210g gimana nih... overheat atau nggak ?? kalau misal mobil diajak ke luar kota yang menempuh 8-10 jam perjalanan gimana ???bantu dikit kebetulan punya grand civic..
bedanya ama nouva selain body mesin juga..
nouva 1300 cc sedang GC 1500 CC..
review dari mesin:
lumayan bandel..
kenceng boleh, irit juga boleh..
keluarga honda yang ini engine swap ama yang lebih mudaan gampang..
bisa ZC kalo mau tambah kenceng..
body hati2 kalo beli..
namanya juga mobil tua.. kalo repair body ga bener2 ya suka kacau..
berarti nouva lebih irit ya..... oya semua karburator ya ? pake komputer nggak ?
mansetha :
oya masalah biaya gimana juga tuh .... kira2 habisin berapa untuk mesin doang ??? tolong ada yang tau ???kendaraan dengan usia udah lebih dari 15th-an sih emang sudah biasa bila sering overheat, emang belinya murah cuman antisipasi biaya rekondisinya...
iwang
kalau engine swap apakah surat2 nya mudah membuatnya ???:
FWD jepang kalo dah tua2 sparepartnya susah jg, harga jg ga selalu murah. untungnya bisa engine swap/singapuran.
bisa jg cari yang RWD sekalian, mark II /tiger/dx misalnya, lebih murah jauh, cenderung lebih kuat.
nanti kalau udah di swap ntar kalau mau jual malah ga laku deh..... takutnya sih.....
Thanks teman2 yang udah ngeliat dan ngejawab ....
Mungkin ada yang lain dong ..... saya lagi cari info2 nih.....
Thanks & Salam
Delmora
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tanya Sedan taun 88-93
sering overheat itu cuma berhubungan sama bahan mesin yg alumunium;
cuma aja grandcivic lebih ga rewel karena masih karbu.
overheat nya itu karena internal mesin yg terkikis air-radiator & jadi banyak kerak menyumbat water-jacket mirip kolesterol di pembuluh darah, karena mesin alumunium ini kalo mau awet itu mutlak perawatan coolant periodik sesuai spec; juga jangan diisi air aki kalo gw bilang.
nah cuma aja, siapa pemakai yg terus menerus perhatikan ini dari baru secara pasti udah pindah tangan ke tangan, lain kalo kita yg rawat dari baru.
daripada pusing2 resiko kalo udah overheat, swap ke B18 aja....
cuma aja grandcivic lebih ga rewel karena masih karbu.
overheat nya itu karena internal mesin yg terkikis air-radiator & jadi banyak kerak menyumbat water-jacket mirip kolesterol di pembuluh darah, karena mesin alumunium ini kalo mau awet itu mutlak perawatan coolant periodik sesuai spec; juga jangan diisi air aki kalo gw bilang.
nah cuma aja, siapa pemakai yg terus menerus perhatikan ini dari baru secara pasti udah pindah tangan ke tangan, lain kalo kita yg rawat dari baru.
daripada pusing2 resiko kalo udah overheat, swap ke B18 aja....

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Oct 22, 2008 4:27
Re: Tanya Sedan taun 88-93
boleh melenceng dari range yang dikasih gak ?
Kalau boleh ngusulin tahun 93 bukannya udah bisa dapat Great Corolla ya ? Mesin Twincam EFI 16V, power 120hp, enak buat ngebut, tapi tetap irit. Suspensi goyangnnya aduhai, body dimodifikasi pakai aliran apa aja tetap menawan.
Kalau boleh ngusulin tahun 93 bukannya udah bisa dapat Great Corolla ya ? Mesin Twincam EFI 16V, power 120hp, enak buat ngebut, tapi tetap irit. Suspensi goyangnnya aduhai, body dimodifikasi pakai aliran apa aja tetap menawan.
Gonta ganti mobil sah sah aja, asal jangan gonta ganti pasangan, tetap setia is the best
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Dec 10, 2008 11:23
Re: Tanya Sedan taun 88-93
Bos GTR ,
separah apa ya overheat nya ?? dari indikator di dashboard apakah sampe setengah dari indikator atau lebih parah dan mesti tu mobil harus istirahat dulu sampe mesin siap start lagi ???
apakah injection lebih panas dari karbu ? untuk maestro kan ada yang karbu ya ? taun sebelum 93?
kalau misal karena alumunium, apa bisa diganti dengan yang besi seperti mobil biasanya ?
apakah seluruh mesin terbuat dari alumunium ???
Maksud bos mesin di swap B13 ?? mesin apa ya ?
cairan radiator yang harus dipakai yang coolant warna hijau itu ya ???
Jadi harus itu terus isinya....?
Bos Evath,
untuk great corolla harganya masih 50 jtan keatas atau 40 udah bisa bawa plg ya ?
Ada saran nggak untuk mobil taun segitu yang 30-45 jt enak milih apa??
Salam & Thanks
Delmora
separah apa ya overheat nya ?? dari indikator di dashboard apakah sampe setengah dari indikator atau lebih parah dan mesti tu mobil harus istirahat dulu sampe mesin siap start lagi ???
apakah injection lebih panas dari karbu ? untuk maestro kan ada yang karbu ya ? taun sebelum 93?
kalau misal karena alumunium, apa bisa diganti dengan yang besi seperti mobil biasanya ?
apakah seluruh mesin terbuat dari alumunium ???
Maksud bos mesin di swap B13 ?? mesin apa ya ?
cairan radiator yang harus dipakai yang coolant warna hijau itu ya ???
Jadi harus itu terus isinya....?
Bos Evath,
untuk great corolla harganya masih 50 jtan keatas atau 40 udah bisa bawa plg ya ?
Ada saran nggak untuk mobil taun segitu yang 30-45 jt enak milih apa??
Salam & Thanks
Delmora
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tanya Sedan taun 88-93
overheat yah naik terus bisa sampai mentok kalo lagi kejadian, harus bongkar mesin, rehab lagi semua nya.
maestro yg 90/91 masih karbu.
ga bisa ganti mesin ke besi.
ga seluruh bagian mesin itu alumunium; tapi yg pasti head, & sebagian yang non-moving parts itu alumunium.
j/k koq, B18 itu mesin integra dohc-vtec, he3....
pakai coolant & ganti periodik sesuai spec aja, tapi setelah seluruh sistem pendingin bener2 bebas macet, or malah ga efek.
maestro yg 90/91 masih karbu.
ga bisa ganti mesin ke besi.
ga seluruh bagian mesin itu alumunium; tapi yg pasti head, & sebagian yang non-moving parts itu alumunium.
j/k koq, B18 itu mesin integra dohc-vtec, he3....
pakai coolant & ganti periodik sesuai spec aja, tapi setelah seluruh sistem pendingin bener2 bebas macet, or malah ga efek.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Dec 10, 2008 11:23
Re: Tanya Sedan taun 88-93
GTR :
sampe mentok ???
wah berabe dong.......
Apakah seluruh maestro seperti itu ? maksudnya pastri overheat ??
jadi misal saya mau beli maestro gimana caranya cek tu maestro ga overheat ??? apa aja yang saya harus cek ?
Jadi apakah maestro bisa di bikin untuk keluar kota nih ??? 8 jam perjalanan?? atau dijalan macet berjam2???
Kalau grand civic ??? atau gimana yang nouva ???
atau lebih parah ???
Salam & Thanks
Delmora
ha ????overheat yah naik terus bisa sampai mentok kalo lagi kejadian, harus bongkar mesin, rehab lagi semua nya.
maestro yg 90/91 masih karbu.
ga bisa ganti mesin ke besi.
ga seluruh bagian mesin itu alumunium; tapi yg pasti head, & sebagian yang non-moving parts itu alumunium.
j/k koq, B18 itu mesin integra dohc-vtec, he3....
pakai coolant & ganti periodik sesuai spec aja, tapi setelah seluruh sistem pendingin bener2 bebas macet, or malah ga efek.


wah berabe dong.......
Apakah seluruh maestro seperti itu ? maksudnya pastri overheat ??
jadi misal saya mau beli maestro gimana caranya cek tu maestro ga overheat ??? apa aja yang saya harus cek ?
Jadi apakah maestro bisa di bikin untuk keluar kota nih ??? 8 jam perjalanan?? atau dijalan macet berjam2???
Kalau grand civic ??? atau gimana yang nouva ???
atau lebih parah ???
Salam & Thanks
Delmora
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tanya Sedan taun 88-93
vote for maestro!!!!!!.........naksir bgt bodi nya timeless!! mo di modif model gmana tetep masuk.........
trus tingkat kenyamanan premium d jamannya........
klo mo nge-cek overheatnya seh menurut sy tinggal TD aja waktu jam2 macet, biasanya dari situ gampang ketauan...........dan g smua maestro rentan overheat, bahan almu d mesin khan d gunakan utk mereduksi bobot keseluruhan yg ujung2nya ke performa mesin jg, IMHO lho
pilihan manapun nanti jadinya, yg namanya pilih2 mobkas rada berumur emang harus teliti.......
trus tingkat kenyamanan premium d jamannya........

klo mo nge-cek overheatnya seh menurut sy tinggal TD aja waktu jam2 macet, biasanya dari situ gampang ketauan...........dan g smua maestro rentan overheat, bahan almu d mesin khan d gunakan utk mereduksi bobot keseluruhan yg ujung2nya ke performa mesin jg, IMHO lho


pilihan manapun nanti jadinya, yg namanya pilih2 mobkas rada berumur emang harus teliti.......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Tanya Sedan taun 88-93
Btw utk masalah overheat, jangan takut. Sediain aja air satu jerigen dibagasi. Jadi kalu temperatur udah lewat garis tengah, siap2 minggir aja. Tuang air ke tangki plastik di samping radiator. Trus tunggu sampai agak dingin sebentar. Abis itu ga masalah koq. Yg penting rajin cek air tiap pagi.
Trus kalu baru parkir, perhatikan ada bunyi2 air mendidih dari ruang mesin, atau tetesan air. Kalau ada berarti air radiator sudah mendidih. Diemin aja. Nanti saat mau jalan lagi, cek dulu airnya.
Trus kalu lagi di jalan macet, temperatur rada2 naik, tapi ga bisa minggir, ga usah takut. Segera matikan ac, lalu jalankan mobil pelan. Usahakan gas tidak terlalu diinjak terlalu dalam.
Kalu sempat, mampir ke bengkel, minta dicek kebocoran baik radiator ataupun selang2nya. Soalnya kalu bocor bisa tambah panas.
Ini semua pengalaman gw waktu pakai twincam. Pernah overheat gara2 selang dari ada yang bocor halus. Ga keliatan. Tapi karena butuh kendaraan, gw ajak jalan trus. Memang rada serem, trutama saat macet. Kalu luar kota sepertinya ga ada masalah. Yg penting sering2 intip temperatur aja.
Trus kalu baru parkir, perhatikan ada bunyi2 air mendidih dari ruang mesin, atau tetesan air. Kalau ada berarti air radiator sudah mendidih. Diemin aja. Nanti saat mau jalan lagi, cek dulu airnya.
Trus kalu lagi di jalan macet, temperatur rada2 naik, tapi ga bisa minggir, ga usah takut. Segera matikan ac, lalu jalankan mobil pelan. Usahakan gas tidak terlalu diinjak terlalu dalam.
Kalu sempat, mampir ke bengkel, minta dicek kebocoran baik radiator ataupun selang2nya. Soalnya kalu bocor bisa tambah panas.
Ini semua pengalaman gw waktu pakai twincam. Pernah overheat gara2 selang dari ada yang bocor halus. Ga keliatan. Tapi karena butuh kendaraan, gw ajak jalan trus. Memang rada serem, trutama saat macet. Kalu luar kota sepertinya ga ada masalah. Yg penting sering2 intip temperatur aja.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Tanya Sedan taun 88-93
sepertinya om delmora udah menetapkan hati ke maestro ya, mantep deh, gw juga suka maestro daripada grand civic, lebih besar dan modelnya lebih asik..
sepertinya concern terbesar masalah overheat, jadi penasaran juga, apa overheat ini bener2 umum terjadi di maestro? misalnya mau ambil maestro, mendingan mana, mikirin masalah gimana nanti kalo overheat atau mendingan mikirin gimana nyari maestro yg sehat dari penyakit termasuk overheat
mungkin para sesepuh bisa ngasih wejangan tricks & tips milih maestro sehat.. mending maestro karbu atau PGMFI?
untuk om delmora, berikut beberapa thread mengenai Maestro
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 26&start=0
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 70&start=0
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 16&start=0
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 40&start=0
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=5&t=7029
sepertinya concern terbesar masalah overheat, jadi penasaran juga, apa overheat ini bener2 umum terjadi di maestro? misalnya mau ambil maestro, mendingan mana, mikirin masalah gimana nanti kalo overheat atau mendingan mikirin gimana nyari maestro yg sehat dari penyakit termasuk overheat
mungkin para sesepuh bisa ngasih wejangan tricks & tips milih maestro sehat.. mending maestro karbu atau PGMFI?
untuk om delmora, berikut beberapa thread mengenai Maestro
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 26&start=0
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 70&start=0
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 16&start=0
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 40&start=0
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=5&t=7029
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Tanya Sedan taun 88-93
Kalo ditanya apakah semua Maestro pasti overheat? ya jawabannya enggak.....Tergantung dari cooling system mobil....Kalo cooling systemnya masih bagus ya gak akan overheat selama mesin masih normal.
Makanya kalo bisa budgetnya jangan diabisin untuk beli mobilnya aja, tapi sebaiknya disisakan dikit untuk rekondisi part2 tertentu yg udah jelek.
Bisa ngga mobilnya dibawa ke bengkel/dealer honda, abis itu bayar aja untuk dicek bagian2/part2 mana aja yg harus diganti.....kalo hasilnya udah ketauan, ajak si penjual untuk nego harga, bilang bahwa kita harus keluar duit tambahan untuk rekondisi mbl tsb.
Kalo mobil sehat (maestro, grand) masih kuat untuk diajak jalan 8 jam keluar kota.
Makanya kalo bisa budgetnya jangan diabisin untuk beli mobilnya aja, tapi sebaiknya disisakan dikit untuk rekondisi part2 tertentu yg udah jelek.
Bisa ngga mobilnya dibawa ke bengkel/dealer honda, abis itu bayar aja untuk dicek bagian2/part2 mana aja yg harus diganti.....kalo hasilnya udah ketauan, ajak si penjual untuk nego harga, bilang bahwa kita harus keluar duit tambahan untuk rekondisi mbl tsb.
Kalo mobil sehat (maestro, grand) masih kuat untuk diajak jalan 8 jam keluar kota.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Dec 10, 2008 11:23
Re: Tanya Sedan taun 88-93
Risol1 :
. Kalau sekarang cooling system nya spare part nya harga barunya berapa an ya ?? misal waterpump, radiator, kalau timing belt kemaren saya udah tanya temen katanya 325rb yang kw1, kalau harga kaki kaki sekalian ya kalau ada yang tau....
Bos untuk dibawa ke bengkel honda apa bisa/mau ya sebelum deal ?
Mungkin kalau sistem pendinginnya nggak ada masalah mungkin juga ga masalah ya... dibawa jauh, 8-9 jam... misal dari surabaya ke bali atau jawa tengah ke jakarta ???
gmx :
Lho Bos GMX kan juga sesepuh disini to.... kalau anda gimana cara memilih nya bos ??? Punya maestro juga ??
Sebenernya selain honda ada pilihan lain yaitu toyota greco tapi rasanya harganya lebih mahal ya ??? kalau yang taun 91-92 berapa ya sekarang ??
y_anjasrana :
Ya itu saya perlu tau caranya cek mobil bekas kalau cek cooling system nya gimana ya???
doq :
Oya untuk alumunium itu keluaran taun berapa sih apa dari pertama keluar sampe akhir semua pake alumunium ya ????
Thanks ALL and Best Regards.
Delmora
Bos untung ga semua maestro sakit panas hehehehe masih ada harapan deh.... SEMANGAT LAGIKalo ditanya apakah semua Maestro pasti overheat? ya jawabannya enggak.....Tergantung dari cooling system mobil....Kalo cooling systemnya masih bagus ya gak akan overheat selama mesin masih normal.
Makanya kalo bisa budgetnya jangan diabisin untuk beli mobilnya aja, tapi sebaiknya disisakan dikit untuk rekondisi part2 tertentu yg udah jelek.
Bisa ngga mobilnya dibawa ke bengkel/dealer honda, abis itu bayar aja untuk dicek bagian2/part2 mana aja yg harus diganti.....kalo hasilnya udah ketauan, ajak si penjual untuk nego harga, bilang bahwa kita harus keluar duit tambahan untuk rekondisi mbl tsb.
Kalo mobil sehat (maestro, grand) masih kuat untuk diajak jalan 8 jam keluar kota.

Bos untuk dibawa ke bengkel honda apa bisa/mau ya sebelum deal ?
Mungkin kalau sistem pendinginnya nggak ada masalah mungkin juga ga masalah ya... dibawa jauh, 8-9 jam... misal dari surabaya ke bali atau jawa tengah ke jakarta ???
gmx :
Bos GMX, ya gimana lagi bos kan hari gini semua serba sulit.... milih mobil ya jangan yang ngabisin uang di kantong kan.... jadi mohon maaf kalau saya terbilang cerewet nih... belum beli udah nanya dari A-Z, tapi saya ini pasti beli kok jadi info dari para BOS-BOS yang reply saya tidak akan sia-sia....sepertinya om delmora udah menetapkan hati ke maestro ya, mantep deh, gw juga suka maestro daripada grand civic, lebih besar dan modelnya lebih asik..
sepertinya concern terbesar masalah overheat, jadi penasaran juga, apa overheat ini bener2 umum terjadi di maestro? misalnya mau ambil maestro, mendingan mana, mikirin masalah gimana nanti kalo overheat atau mendingan mikirin gimana nyari maestro yg sehat dari penyakit termasuk overheat
mungkin para sesepuh bisa ngasih wejangan tricks & tips milih maestro sehat.. mending maestro karbu atau PGMFI?
untuk om delmora, berikut beberapa thread mengenai Maestro
viewtopic.php?f=5&t=7326&start=0
viewtopic.php?f=5&t=6470&start=0
viewtopic.php?f=5&t=9216&start=0
viewtopic.php?f=5&t=40&start=0
viewtopic.php?f=5&t=7029


Lho Bos GMX kan juga sesepuh disini to.... kalau anda gimana cara memilih nya bos ??? Punya maestro juga ??
Sebenernya selain honda ada pilihan lain yaitu toyota greco tapi rasanya harganya lebih mahal ya ??? kalau yang taun 91-92 berapa ya sekarang ??
y_anjasrana :
Bos y_anjasrana thanks atas saran dari pengalaman anda. tapi harus membawa air cadangan air itu yang nanti nya jadi masalah deh.... (masalah intern) misal seperti istri... kok beli mobil nggak sehat harus bawa minum kemana-mana?Btw utk masalah overheat, jangan takut. Sediain aja air satu jerigen dibagasi. Jadi kalu temperatur udah lewat garis tengah, siap2 minggir aja. Tuang air ke tangki plastik di samping radiator. Trus tunggu sampai agak dingin sebentar. Abis itu ga masalah koq. Yg penting rajin cek air tiap pagi.
Trus kalu baru parkir, perhatikan ada bunyi2 air mendidih dari ruang mesin, atau tetesan air. Kalau ada berarti air radiator sudah mendidih. Diemin aja. Nanti saat mau jalan lagi, cek dulu airnya.
Trus kalu lagi di jalan macet, temperatur rada2 naik, tapi ga bisa minggir, ga usah takut. Segera matikan ac, lalu jalankan mobil pelan. Usahakan gas tidak terlalu diinjak terlalu dalam.
Kalu sempat, mampir ke bengkel, minta dicek kebocoran baik radiator ataupun selang2nya. Soalnya kalu bocor bisa tambah panas.
Ini semua pengalaman gw waktu pakai twincam. Pernah overheat gara2 selang dari ada yang bocor halus. Ga keliatan. Tapi karena butuh kendaraan, gw ajak jalan trus. Memang rada serem, trutama saat macet. Kalu luar kota sepertinya ga ada masalah. Yg penting sering2 intip temperatur aja.
Ya itu saya perlu tau caranya cek mobil bekas kalau cek cooling system nya gimana ya???
doq :
Bos doq, TD itu apa ya???vote for maestro!!!!!!.........naksir bgt bodi nya timeless!! mo di modif model gmana tetep masuk.........
trus tingkat kenyamanan premium d jamannya........
klo mo nge-cek overheatnya seh menurut sy tinggal TD aja waktu jam2 macet, biasanya dari situ gampang ketauan...........dan g smua maestro rentan overheat, bahan almu d mesin khan d gunakan utk mereduksi bobot keseluruhan yg ujung2nya ke performa mesin jg, IMHO lho
pilihan manapun nanti jadinya, yg namanya pilih2 mobkas rada berumur emang harus teliti.......
Oya untuk alumunium itu keluaran taun berapa sih apa dari pertama keluar sampe akhir semua pake alumunium ya ????
Thanks ALL and Best Regards.
Delmora
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tanya Sedan taun 88-93
belakangan, most mobil global pakai bahan alumunium, karena relatif reduce bobot & sudah makin reliable seiring perkembangan waktu-teknologi yg sudah mature.
cuma aja, saat itu enginnering mesin alumunium masih tergolong baru diperkenalkan di mass-market melalui produk tersebut, maybe belum se-reliable klo dibandingkan perkembangan R&D yg jauh makin mature dgn berjalannya waktu (s/d sekarang ini).
cuma aja, saat itu enginnering mesin alumunium masih tergolong baru diperkenalkan di mass-market melalui produk tersebut, maybe belum se-reliable klo dibandingkan perkembangan R&D yg jauh makin mature dgn berjalannya waktu (s/d sekarang ini).
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Tanya Sedan taun 88-93
yaitu maestro, grand civic, nova, mazda mx6. karena saya ingin membelinya 1 diantaranya
hmm... sorry nih keluar dari batasnya.... dari pada mx6 mending mazda astina, dari pada meastro mending cielo .. th 94 juga sudah murah.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tanya Sedan taun 88-93
kalo udah cielo ambil yg vtec ajah.... soalnya yg non-vtec cape setel klepnya (maestro grand genio juga sih)...
kalo udah berubah menjelang servis lagi, performa rentan drop... lagipula yg nyetel kan susah buat bener2 seragam kencengin clerance ke-16klepnya..kecuali kerjanya ditongkrongin & teliti ga buru2.
btw, cielo non-vtec pun udah out of list topic ini deh...
kalo udah berubah menjelang servis lagi, performa rentan drop... lagipula yg nyetel kan susah buat bener2 seragam kencengin clerance ke-16klepnya..kecuali kerjanya ditongkrongin & teliti ga buru2.
btw, cielo non-vtec pun udah out of list topic ini deh...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tanya Sedan taun 88-93
@delmora: TD = test drive
setau sy maestro emang smuanya bahan almu CMIIW..............n personally sy prefer maestro PGMFI
o iya satu lg, klo nanti saat hunting maestro.........ada satu type maestro yg ke-4 bannya bsa ikut belok..........duh apa namanya ya lupa sy, mungkin oom2 yg laen lebih tau?
konon kabarnya utk type yg ini spare part kaki2nya lebih susah n lebih mahal CMIIW
setau sy maestro emang smuanya bahan almu CMIIW..............n personally sy prefer maestro PGMFI
o iya satu lg, klo nanti saat hunting maestro.........ada satu type maestro yg ke-4 bannya bsa ikut belok..........duh apa namanya ya lupa sy, mungkin oom2 yg laen lebih tau?
konon kabarnya utk type yg ini spare part kaki2nya lebih susah n lebih mahal CMIIW
