fresi wrote:wongcilik wrote:Kemarin siang, akunya service di CS Motor Solo - sekalian pasang duduk-an shock breaker belakang (ini tidak dianjurkan lhoo =
it's not recommended) --- ini terpaksa - karena knalpot dan footstep-nya kena aspal teyhuus (di Tawangmangu dan Sarangan).
Kalau rekan2 ingin ground clearance-nya lebih tinggi, mendingan ganti shock breaker belakang - yg lebih panjang dan "relatif" empuk

--- pasti ada rekan2 yg ber-tanya2 dalam hati, lhaah kenapa kok wongcilik-nya tidak ganti shock breaker saja...? --- ini karena : "aku seneng banget ama shock breaker hadiah-nya mas bro sastroningratan" wakakakak

...... terima kasih yaa mas bro sastroningratan
Lampu sign depan berikut strobo-nya (fog lamp) aku lepas, aku-nya pasang sign baru di stang setirnya (dekat/bawah "hand-put"/holder) ---
pic menyusul - karena motornya belum dicuci, malllhuuu.... niich wakakakak
Kemarin di CS Motor Solo, aku-nya ampe jam 22:10 lhoo....

, Mas Mustaqim-nya "nglembur" ngerja-in Black Kaisar Ruby V250-ku..... hiiik...hiiikz..... ma'kasih ya Mas Taqim
(Kalau Pak Yakub dan Bu Hen****-nya sempat membaca post-ku ini, mas Taqim-nya jangan di-marah-i lhoo yaa

, Mas Taqim itu orangnya baik banget kok

)
master, ni punyaq jg tak tinggikan. utk sok breaker depan 5cm&sok breaker blk 3cm.
yg dpn bikin di tukang bubut, yg blk bli variasi tinggal pasang....
ruby jd tambah gagah, ga kayak dlu yg kesanya cenderung panjang......
trus lg in mission bwt side box & back box dari bahan plat.....
trus skalian mohon pencerahan dari bro smua yg punya info, kmrn kan da yg dah di bore up mpe 350cc ya? mhn info lkp diposting
@bro sastroningratan
kemaren kan bro pny wacana bore up bwt ruby, koq infonya ga dilanjutin???
kayaknya jarang online nih, lg sibuk?
master wong utk acaranya ditunda mpe april kan? jadi pas ntar motorq dah jadi....
info nya aq tunggu............

waduh...
kalo bore up sih biasanya aku cuma yg model ngga mau repot, paling gampang cari yang pin piston sama. Kalau pin sama tinggal ubah tinggi aja sama ganti boring, biasanya malah kalo pin sama tinggi udah sama paling2 kompresinya lain, jadi tinggal ubah boring saja. Semua teknisi motor bengkel resmi juga bisa. Aku bore up dll di bengkel resmi, karena mereka punya pendidikan dasar mekanik yang jelas, jadi ngga resiko.
Kalo pin piston Ruby saya ngga tahu, tapi kalo ukurannya sama dengan honda bebek pasti pin nya ukuran 13mm, nah bisa pake semua seher/piston bebek honda, bebek kawasaki (ini lebih mantep bahannya karena kawasaki konon spare part masih diimpor dari Jepun), dan bebek2 lainnya...
Nah mengenai berapa batas aman untuk bore up kan bisa dilihat dari spesifikasi standardnya:
diameter x langkah : 49 x 66mm x 2 silinder
dari sini berarti mesin over stroke, dan mengejar torsi (tarikan enak) bukan top speed, toh top speed akan didapat juga jika track cukup panjang. Yang jelas akan terlihat pada hasilnya;
daya: 13,2 kw pada 8.000rpm
torsi: 16nm pada 6.000rpm
jika bore (diameter) dibesarkan terlalu over ada kemungkinan torsi akan diperoleh pada rpm yang lebih tinggi, dan hasilnya tentu menyebalkan, suara mesin anda akan berubah seperti kawasaki ninja 250.. Hehehe... bukan ijlig ijlig... ijlig ijlig... tapi brum brum brum... laksana motor tiger balapan liar..
Kita cek spek dari ninja 250:
diameter x langkah: 62 x 41,2 mm x 2 silinder
hehe kayak kebalikannya ya?
daya: 23,4kw pada 11.000rpm
torsi: 20nm pada 9.500rpm
jelas kan? tipe meraung2... hehehe...
masa motor secara bentuk touring kok "roh"nya malah balap?
maka saya sarankan untuk tidak merubah kapasitas terlalu over, jika dirasa masih memuaskan, kenapa kita tidak main yang lain:
1. Pengapian (koil, kabel, busi, CDI)
2. Filter udara
3. Karbu
4. Noken as
5. Per klep
6. Klep
7. Kompresi
8. Kampas kopling
9. Gear rasio
10. Reduksi bobot
11.... dst.... dst...
Masih buanyaaaaaak banget yang bisa diutak atik sebelum sampe ke titik paling vital yaitu bore up dan stroke up.
Bore up dan stroke up itu mirip by pass jantung, bisa jadi sehat banget, bisa malah ngempos abis tenaganya kalo salah itung.
Terus terang, saya main matic, udah sampe habis banyak... dan menurut saya, justru dengan seher standar, hanya rubah CDI, koil, kabel bisu, busi, dan noken as saja sudah sangat mak nyooossss...
Lha larinya udah diatas 120km/jam, apa mau lebih ngga waras lagi? Kan diatas itu kondisi rem, struktur rangka, egronomi pengedara, dll sudah tidak memungkinkan. Bayangkan saja jika anda mengendarai motor sekecil 90kg dgn kecepatan 120km/jam, jauh lebih ngeri dari naik kawasaki ninja lari 140km/jam, karena memang motornya dirancang untuk itu.. Saya rasa Ruby juga ngga dirancang untuk balap kan? Diliat dari setangnya aja udah ngga memungkinkan melibas jalan sempit.. hehe...
So? Bukan lagi matahin semangat... mendingan kita benahi yang kecil2 aja dulu, kalo udah mentok, dan tetep ngga puas monggo kalo ada yang mau bore up, bisa saya bantu... saya juga seneng banget kalo ada yang mau diriset motornya. Kan biasanya cuma mainan matic aja... hehehe...