fresi wrote:master, ni punyaq jg tak tinggikan. utk sok breaker depan 5cm&sok breaker blk 3cm.![]()
yg dpn bikin di tukang bubut, yg blk bli variasi tinggal pasang....
ruby jd tambah gagah, ga kayak dlu yg kesanya cenderung panjang......![]()
trus lg in mission bwt side box & back box dari bahan plat.....
trus skalian mohon pencerahan dari bro smua yg punya info, kmrn kan da yg dah di bore up mpe 350cc ya? mhn info lkp diposting![]()
@bro sastroningratan
kemaren kan bro pny wacana bore up bwt ruby, koq infonya ga dilanjutin???
kayaknya jarang online nih, lg sibuk?
master wong utk acaranya ditunda mpe april kan? jadi pas ntar motorq dah jadi....
info nya aq tunggu............![]()
Weleeeeh2..... professor-nya udah turun tangan niich wakakakak....sastroningratan wrote:waduh...
kalo bore up sih biasanya aku cuma yg model ngga mau repot, paling gampang cari yang pin piston sama. Kalau pin sama tinggal ubah tinggi aja sama ganti boring, biasanya malah kalo pin sama tinggi udah sama paling2 kompresinya lain, jadi tinggal ubah boring saja. Semua teknisi motor bengkel resmi juga bisa. Aku bore up dll di bengkel resmi, karena mereka punya pendidikan dasar mekanik yang jelas, jadi ngga resiko.
Kalo pin piston Ruby saya ngga tahu, tapi kalo ukurannya sama dengan honda bebek pasti pin nya ukuran 13mm, nah bisa pake semua seher/piston bebek honda, bebek kawasaki (ini lebih mantep bahannya karena kawasaki konon spare part masih diimpor dari Jepun), dan bebek2 lainnya...
Nah mengenai berapa batas aman untuk bore up kan bisa dilihat dari spesifikasi standardnya:
diameter x langkah : 49 x 66mm x 2 silinder
dari sini berarti mesin over stroke, dan mengejar torsi (tarikan enak) bukan top speed, toh top speed akan didapat juga jika track cukup panjang. Yang jelas akan terlihat pada hasilnya;
daya: 13,2 kw pada 8.000rpm
torsi: 16nm pada 6.000rpm
jika bore (diameter) dibesarkan terlalu over ada kemungkinan torsi akan diperoleh pada rpm yang lebih tinggi, dan hasilnya tentu menyebalkan, suara mesin anda akan berubah seperti kawasaki ninja 250.. Hehehe... bukan ijlig ijlig... ijlig ijlig... tapi brum brum brum... laksana motor tiger balapan liar..
Kita cek spek dari ninja 250:
diameter x langkah: 62 x 41,2 mm x 2 silinder
hehe kayak kebalikannya ya?
daya: 23,4kw pada 11.000rpm
torsi: 20nm pada 9.500rpm
jelas kan? tipe meraung2... hehehe...
masa motor secara bentuk touring kok "roh"nya malah balap?
maka saya sarankan untuk tidak merubah kapasitas terlalu over, jika dirasa masih memuaskan, kenapa kita tidak main yang lain:
1. Pengapian (koil, kabel, busi, CDI)
2. Filter udara
3. Karbu
4. Noken as
5. Per klep
6. Klep
7. Kompresi
8. Kampas kopling
9. Gear rasio
10. Reduksi bobot
11.... dst.... dst...
Masih buanyaaaaaak banget yang bisa diutak atik sebelum sampe ke titik paling vital yaitu bore up dan stroke up.
Bore up dan stroke up itu mirip by pass jantung, bisa jadi sehat banget, bisa malah ngempos abis tenaganya kalo salah itung.
Terus terang, saya main matic, udah sampe habis banyak... dan menurut saya, justru dengan seher standar, hanya rubah CDI, koil, kabel bisu, busi, dan noken as saja sudah sangat mak nyooossss...
Lha larinya udah diatas 120km/jam, apa mau lebih ngga waras lagi? Kan diatas itu kondisi rem, struktur rangka, egronomi pengedara, dll sudah tidak memungkinkan. Bayangkan saja jika anda mengendarai motor sekecil 90kg dgn kecepatan 120km/jam, jauh lebih ngeri dari naik kawasaki ninja lari 140km/jam, karena memang motornya dirancang untuk itu.. Saya rasa Ruby juga ngga dirancang untuk balap kan? Diliat dari setangnya aja udah ngga memungkinkan melibas jalan sempit.. hehe...
So? Bukan lagi matahin semangat... mendingan kita benahi yang kecil2 aja dulu, kalo udah mentok, dan tetep ngga puas monggo kalo ada yang mau bore up, bisa saya bantu... saya juga seneng banget kalo ada yang mau diriset motornya. Kan biasanya cuma mainan matic aja... hehehe...




Saat ini mas bro sastroningratan sekeluarga baru sakit muntaber, semoga beliau sekeluarga bisa segera sehat/sembuh secepatnya



Tadi siang aku sempatkan tlp dan memberi tahu mas bro sastroningratan, bahwa mas bro fresi-nya ada pertanyaan yg harus dijawab --- walaupun sakit - beliau menyempatkan diri untuk online dan menjawab pertanyaan mas bro fresi tsb.
Kabar gembira : mas bro sastroningratan-nya jadi gabung dengan Kaisar, beliau sudah memutuskan untuk membeli 1 unit - untuk eksperimen di jadikan "bobber".
Cepat sembuh mas bro





