intinya aja ya, tanpa bubut head-cyl & tanpa PnP (penghalusan & penyesuaian ukuran-aliran saluran intake-exhaust), tanpa turun blok mesin; karena pernah liat cuma ga detail banget sih.
selain tools, siapkan parts:
Packing top-set untuk pengerjaan sektor head-cyl aja, packing full-set kalo untuk sekalian ganti ring-piston. komponen inti packing top-set original adalah gasket head-cyl dan seal klep x 16.
timing-belt & tensioner, kalo diperlukan utk sekalian ganti.
lem gasket utk seal valve cover & gasket karter atau lainnya jika perlu.
grinding paste utk skir klep.
filter oli, oli mesin, gemuk(kalo perlu), coolant, busi, amplas kasar&halus (harus tanya montir), kape (sebutan untuk "mengerok" kerak kepala klep yg membatu/membandel).
lepas terminal2 aki, lepas exhaust manifold (juga intake, yg ini bisa dilepas belakangan), selang2 dan socket2 sekitar head.
buang seluruh coolant, & oli mesin.
lepas noken-as, rocker-arm & head (baut nya rada keras kalo belum pernah bongkar)
lepas semua klep dari kubah ruang bakar.
kerok kerak klep sampai bersih pakai "grinding paste", perhatikan bagian batang klep yg bersinggungan dgn seal-klep jangan sampai baret2 or oli jadi bisa menerobos lewat sini nantinya.
bersihkan juga kerak di head-cyl: pada kubah ruang bakar dan saluran intake - exhaust, bisa pakai amplas.
Copot-ganti seal klep, lumasi pasang lagi klep2 nya, ini yg keliatannya rada susah.
copot-ganti gasket head-cyl dgn yg baru.
Dial crankshaft agar piston #1 & #4 atau #2 & #3 pada TDC (top position), posisi piston ini keliatan dari atas bagian blok mesin yg terbuka.
pasang head-cyl di blok mesin, harusnya pakai urutan prosedur & pengencangan dgn torsi tertentu pada setiap baut.
lumasi, pasang noken-as & rocker-arm pada head-cyl (juga pengencangan dgn torsi tertentu), sesuaikan noken-as dgn posisi nomor2 piston yg mana aja yg pada top position setelah penyesuaian di dial crank tadi.
pasang timing-belt sesuaikan dgn posisi cam, nah ini harus tanya montir nih.
pasang kedua manifold, selang2, socket2 dll.
isi oli mesin, isi coolant.
pasang busi, cover klep, dll
pasang terminal2 aki, start mesin, ini agak susah pada awalnya karena saluran bahan bakar sempat terputus.
kalo mesin udah nyala, agak berasap putih di knalpot bbrp saat, ini wajar karena sebagian sisa pelumas ruang bakar & seal klep tadi yg ikut terbakar sampai habis.
biarkan hidup selama 30-60menit tanpa beban sebelum dijalankan, sambil dengar kenormalan suara mesin.
cmiiw..
kalo dgn ganti piston / ring-piston,mungkin bisa simak disini:
http://saft7.com/?p=282