Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
hansen90 wrote:bro, gue ada masalah ni, masak innova 2005 gue, diisi pertamax plus dari premium malah tambah boros, 1 : 5, malah kurang..., padahal biasanya 1 : 6,4 , itu pake premium loh..
apa kompresinya ya?
biasanya dg pemakaian bahan bakar beroktan tinggi, otomatis respon mesin menjadi lebih baik.....yg jadi pertanyaan: kenapa justru jadi lebih boros? imho dengan respon mesin yg jadi lebih baik, biasanya justru "respon kaki" kita pun jadi lebih baik.....alias lebih demen maenin pedal gas gara2 tarikan yg lebih spontan hehehehehe.
sy jug ngalamin hal yg sama, waktu baleno sy baru d tune-up+carbon clean......wuiiiii tarikan jadi maknyus lah, pedal toel dikit uda ngacir ......sampe akhirnya g kerasa klo kaki kanan jd makin "enteng" maenin gas, yg ujung2nya malah bikin FC jadi lbh boros dari pada sebelom d tune-up
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
hansen90 wrote:bro, gue ada masalah ni, masak innova 2005 gue, diisi pertamax plus dari premium malah tambah boros, 1 : 5, malah kurang..., padahal biasanya 1 : 6,4 , itu pake premium loh..
apa kompresinya ya?
oh..
ok2, jadi kaki ya, bener jg seh, soalnya gue pikir kalo makin tinggi rata2 km/jamnya, jadi makin tinggi jg rata2 km/l nya..
trus gue mo riset ecu hari ni, gimana ya bang?
cabut sekring 15 EFI aja ya?
cabut pasang lagi kan?
hansen90 wrote:bro, gue ada masalah ni, masak innova 2005 gue, diisi pertamax plus dari premium malah tambah boros, 1 : 5, malah kurang..., padahal biasanya 1 : 6,4 , itu pake premium loh..
apa kompresinya ya?
gak cocok kompresi mesinnya tuh...
kemungkinan juga timing/derajat pembakarannya juga kurang tepat.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
ya...yg bisa tahu dan mengotak-atik tentunya di bengkel pak.
Di bengkel nanti kan ditest kompresi mesinnya berapa, trus tar juga dicek derajat/timing pengapiannya.
Trus pak hansen juga harus bilang kalo bbm-nya bakal diisi pertamax+ (ron95) terus, jadi bengkel akan menyetel settingan tersebut sesuai ron bbm-nya supaya lebi optimum pembakarannya.
KONSEKUENSI-nya....kalo mo ganti ke premium biasa lagi (ron 88), otomatis settingan ini juga harus disesuaikan lagi, kira-kira getoh .....
Tapi biasanya kalo mesin modern (thn 2004 keatas), biasanya sdh dilengkapi sensor anti-knocking loh pak...sensor ini yg bertugas mengatur derajat/timing pengapian secara otomatis, setelah "membaca" kualitas (ron) bbm yg masuk ke ruang bakar, tujuannya supaya pembakaran optimum sesuai bbm yg dipakai dan mencegah "ngelitik" (knocking) di mesin karena ron bbm yg dipake tdk sesuai kompresi mesin.
Tapi ya namanya alat, kan ada usia pakainya, jadi mesinnya semisal sudah dirancang dari sono-nya minum ron tinggi, dikasi ron rendah terus...akibatnya sensor ini sudah malfungsi. Jadi begitu dikasi ron tinggi, dia engga "baca" lagi, akhirnya meski dikasi pertamax+, sensor ini tetep memerintahkan ECU melakukan pembakaran dengan settingan bbm oktan rendah (premium)
Hal lain yg menyebabkan boros bbm (settingan di mesin loh...), adalah kurang tepatnya settingan AFR (Air Fuel Ratio) alias lambda. Bisa diperiksakan di bengkel kok, ini yg kita biasa sebut setel CO atau setel lamda, bengkel yg punya alat uji emisi, biasanya bisa setelkan ini.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Kemarin baru ngisi atoz pake pertamax. Langsung berasa pd kecepatan yg sama rpm lebih tinggi dari biasanya. Memang rada sulit memastikan karena di atoz ga ada tachometernya. Tapi perasaan sih gitu.
Btw kalu pagi2 asep yg biasa keluar dari knalpot jadi ilang. Kenapa ya? Apa karena blum cuci mobil ya?
asep apaan...? kalo asep uap air berarti masih sehat kompresinya....
justru kalo pagi hari ato saat dingin dinyalakan (malem ga dihidupin loh...) ga keluar uap airnya, mungkin itu pertanda kompresi mesin-nya mulai bermasalah....(kompresi bocor ato lainnya)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
hansen90 wrote:bro, gue ada masalah ni, masak innova 2005 gue, diisi pertamax plus dari premium malah tambah boros, 1 : 5, malah kurang..., padahal biasanya 1 : 6,4 , itu pake premium loh..
apa kompresinya ya?
Ati2 bro, jangan asal tebak dulu. Coba nt kembalikan spt semula dulu, misalkan pake premium lagi, trus itung lagi FC nya berapa. Klo jadi normal kembali, kemungkinannya adalah saat isi pertamax plus itu ukurannya kurang benar ato nt banyak kena macet saat pake pertamax plus, misalkan pas lagi ujan ada pohon tumbang yg memacetkan lalin n kebetulan saat itu nt lagi pake pertamax plus.
Secara otomatis perhitungan FC jadi berbeda. tul ga?.
Pagi2 lah.. Biasanya pagi2 masih dingin, gw suka nyuci mobil. Alhasil saat dinyalain asepnya makin banyak. Ya asep dari knalpot, plus asep karna air cucian mobil yg menguap. Hehehe...
Btw jumat kemarin gw isi pertamax utk atoz. Biasanya isi 100rb cukup utk 3 hari. Tadi baru ngisi lagi. Berarti 4 hari ya. Tapi hari minggunya gw ga kemana2. Jadi sama aja ya....
3 s/d 5 hari ini (Solo - Jateng) - tidak bisa pilih2, mau pake premium - pertamax - pertamax plus --- lha wong pertamax dan pertamax plus-nya habis/kosong semua wakakakakak .
Mau ngisi premium-pun juga harus antri, kayak antrian minyak tanah
Salam.
Dulu Neobal gue pakein Premium: 35 ltr = 265 km
Terus setelah 5 bulan gue ganti ke Pertamax: 35 ltr = 300 km
Dua bulan terakhir ini gue mulai pake Shell: 35 ltr = 345km
Rute yang gue jalanin setiap hari dari awal gue beli mobil sampe sekarang sama, jadi kesimpulannya paling irit semenjak gue pake Shell.
Btw, gue bukan orang Shell and ini berdasarkan pengalaman pribadi gue sendiri.
imsus2c wrote:
Tapi biasanya kalo mesin modern (thn 2004 keatas), biasanya sdh dilengkapi sensor anti-knocking loh pak...sensor ini yg bertugas mengatur derajat/timing pengapian secara otomatis, setelah "membaca" kualitas (ron) bbm yg masuk ke ruang bakar, tujuannya supaya pembakaran optimum sesuai bbm yg dipakai dan mencegah "ngelitik" (knocking) di mesin karena ron bbm yg dipake tdk sesuai kompresi mesin.
bos imsus stw saya knocking sensor bekerja bukan "membaca" kualitas (RON) BBM, tetapi bekerja saat terjadinya knocking >> "tritktiik" langsung pengapiannya di adjust step by step smpai tidak terjadi knock, dan begitu beban mesih lebih ringan maka pengapian dimajukan secara otomatis ke base point bahkan lebih dari base point bila mesin masih mumpuni, hal ini terjadi secara simultan turun naik terus menerus.
imsus2c wrote:
Tapi biasanya kalo mesin modern (thn 2004 keatas), biasanya sdh dilengkapi sensor anti-knocking loh pak...sensor ini yg bertugas mengatur derajat/timing pengapian secara otomatis, setelah "membaca" kualitas (ron) bbm yg masuk ke ruang bakar, tujuannya supaya pembakaran optimum sesuai bbm yg dipakai dan mencegah "ngelitik" (knocking) di mesin karena ron bbm yg dipake tdk sesuai kompresi mesin.
bos imsus stw saya knocking sensor bekerja bukan "membaca" kualitas (RON) BBM, tetapi bekerja saat terjadinya knocking >> "tritktiik" langsung pengapiannya di adjust step by step smpai tidak terjadi knock, dan begitu beban mesih lebih ringan maka pengapian dimajukan secara otomatis ke base point bahkan lebih dari base point bila mesin masih mumpuni, hal ini terjadi secara simultan turun naik terus menerus.
whooppss.....
my bad...anda benar meneer maxx, terimakasih atas koreksinya
hehehe...ini efek negatif ngejar setoran posting asal tulis aja...yaa...
awalnya sih sy cuman mo dikit ngejelasin ma TS mengenai kemungkinan timing-pengapiannya salah, tapi di boil-nya TS kalo gasalah kan sudah ada sensor yg ngatur ginian...jadi mungkin sensornya lagi trouble...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Dulu Neobal gue pakein Premium: 35 ltr = 265 km
Terus setelah 5 bulan gue ganti ke Pertamax: 35 ltr = 300 km
Dua bulan terakhir ini gue mulai pake Shell: 35 ltr = 345km
Rute yang gue jalanin setiap hari dari awal gue beli mobil sampe sekarang sama, jadi kesimpulannya paling irit semenjak gue pake Shell.
Btw, gue bukan orang Shell and ini berdasarkan pengalaman pribadi gue sendiri.
dari dolo kalo ada yg sharing nikmatnya meneguk shell ato petronas, saya cuman bisa
ayo...kapan nih shell mo buka lapak di daerah-daerah...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
sambil memanfaatkan momentum harga minyak yg turun, belakangan ini saban isi bbm bwat mobil selalu pk pertamax..........or shell super yg harganya = pertamax tp msh plus lap kaca+free angin hehehehehehehe...........
tarikan terasa maknyussssssss
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
Lah untuk stock Jakarta aja mungkin Shel masih ngoo ngosan atau mungkin juga masih jauh di luar target pemasaran,Kalau asumsi keduanya keliru..mengapa nggak ke daerah atau kota metroppolitan selain Jakarta,Surabaya misalnya.