enggak ah, jd tukang jaga villa ajah....sjamsul wrote:yah terpaksa deh nt pake lampu senter ato lampu petromak kayak nyang jualan sate, trus nt teriak te..... sateeeeeeeeeeeeeeeee.........nescafe wrote:tp kalau isi kantong kurang menerima penyesuaian..
Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
@esh:
wahai keponakan apakah nt dah dapat klakson nye?.
wahai keponakan apakah nt dah dapat klakson nye?.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
Sekarang penyakitnya sedikit banyak dah terungkap khan.doq wrote:skalian nanya ney oom........apv sy punya penyakit yg "lumayan" aneh.......tiap beberapa waktu head lamp kiri sering mati.....ini terjadi dengan jeda waktu yg cukup lama (hampir 1 th sekali), pada saat d bongkar...sy liat bulb-nya menggembung (mirip2 sama perutnya oom nes kali).....padahal suer, g pernah sy apa2 in tu bohlam.....tapi ko bs hamil gtu ya?kondisi kelistrikan standar dan begitu jg kondisi mobil.
sementara kondisi headlamp kanan sehat wal'afiat....
trus foglight jg mirip2 gitu penyakitnya......bedanya : bulb tdk "bunting", n jeda waktu antara penggantian ke putus cuma berjarak beberapa hari..... sampe bosen sy ganti foglight, akhirnya d biarinin aja ampe skarang.
FYI : audio mobil udah d tambahin 1 subwoofer+2 buah speaker saloon rumahan ditambah power 4 ch @ 100 watt (kerjaan bokap dulu).....pada saat gebukan bass, lampu utama sedikit meredup.....dug......dug......dug.....ky gitu kira2
Mudah2an ntar klo dah dibetulin bunyi jdak jduk duk nye lbh mantap........hehehe........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
hehehehehe.....klo ama mbah aki mah, cukup d liat dah ketauan penyakitnya ya
berarti itu kudu d ganti full relay set + konektor lampu, trus ngambil powernya hrs langsung ke aki ya oom?
btw klo kasus fog lamp mah blom ktauan khan........
berarti itu kudu d ganti full relay set + konektor lampu, trus ngambil powernya hrs langsung ke aki ya oom?
btw klo kasus fog lamp mah blom ktauan khan........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
Kebetulan aja pas keliatan.doq wrote:hehehehehe.....klo ama mbah aki mah, cukup d liat dah ketauan penyakitnya ya
berarti itu kudu d ganti full relay set + konektor lampu, trus ngambil powernya hrs langsung ke aki ya oom?
btw klo kasus fog lamp mah blom ktauan khan........
Klo rly set biasanya dah termasuk soket lampunya n kabel utama buat fuse harus diambil langsung dari aki, spy tidak menggangu kerja hu nya.
Klo fog lamp nampaknya hrs dibongkar dulu trus diliat ada kesalahan pasang apa tidak, nanti klo pas kebetulan lagi dibongkar, tlg kaseh masukan keadaan fog lampnya, sapa tau ane bisa kaseh masukan lagi. ok.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
siaaap
masukan duonk oom damage cost-nya kira2 brapa......hehehehehe
masukan duonk oom damage cost-nya kira2 brapa......hehehehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
Waduh, ntar di darat aja dah, ane khan bukan jualan disene. ok.doq wrote:siaaap
masukan duonk oom damage cost-nya kira2 brapa......hehehehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
PM aja oom, klo ngga ngerepotin.....hehehehehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
@doq:
gimana doq, apakah penyakit di boil nt dah diperbaiki ?.
klo sdh diperbaiki tlg review disene yah...
gimana doq, apakah penyakit di boil nt dah diperbaiki ?.
klo sdh diperbaiki tlg review disene yah...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
blom oom, tar dah......duidnya blom ada hehehehehe
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
12 sampai 14,4volt. kelistrikan mobil umumnya stabil di 14,4volt.sjamsul wrote:melanjutkan cerita kemarin, inilah bagian keduanya:
kalau kelistrikan mbl tidak benar salah satu contohnya adalah terletak pada alternator atau biasa disebut dinamo amper. Sebetulnya antara alternator dan dinamo amper ada perbedaannya, tapi saya tidak bahas disini.
Kalau alternator bermasalah, maka bisa terjadi arus listrik yg disuplai ke aki menjadi berlebihan voltage nya. Saya pernah mendengar dari seorang kawan yg ahli di bidang ini, beliau mengatakan pernah mendapatkan satu kasus dimana tegangan di aki setelah diukur bisa mencapai 17 volt. Bayangkan saja tegangan di aki yg seharusnya antara 12 volt sampai 14,1 volt ini bisa mencapai 17 volt.
....................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
Tergantung ama mblnya sih, klo berdasarkan yg ane pernah ukur pake alat yg disebut tang amper (merk kyoritsu yg menurut tulisan di alatnye itu buatan jepang) , juga bisa ukur volt, hasilnye adalah pada mbl kijang bensin itu maksimal adalah 13,8 volt dg kondisi rpm adalah sekitar 3000 rpm, sedangkan di boil diesel yaitu panther n kijang diesel ane mendapatkan hasil adalah di 14,1 volt. Ini menurut yg terlulis di alat tsb yah.poeticmind wrote:12 sampai 14,4volt. kelistrikan mobil umumnya stabil di 14,4volt.sjamsul wrote:melanjutkan cerita kemarin, inilah bagian keduanya:
kalau kelistrikan mbl tidak benar salah satu contohnya adalah terletak pada alternator atau biasa disebut dinamo amper. Sebetulnya antara alternator dan dinamo amper ada perbedaannya, tapi saya tidak bahas disini.
Kalau alternator bermasalah, maka bisa terjadi arus listrik yg disuplai ke aki menjadi berlebihan voltage nya. Saya pernah mendengar dari seorang kawan yg ahli di bidang ini, beliau mengatakan pernah mendapatkan satu kasus dimana tegangan di aki setelah diukur bisa mencapai 17 volt. Bayangkan saja tegangan di aki yg seharusnya antara 12 volt sampai 14,1 volt ini bisa mencapai 17 volt.
....................
btw selisih volt yg cuma 0,3 sih nampaknya wajar2 aja. Klo pake bahasa dewanye "cing cai lah". hehehe.............
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
haha! iya kalo diukur secara amper meter... ga bisa pas sampai 14,4volt.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
maksud secara amper meter apa yah bro?.poeticmind wrote:haha! iya kalo diukur secara amper meter... ga bisa pas sampai 14,4volt.
klo maksud ane begini neh bro, ane pake alat yg namanya tang amper nyang digital. Nah alat ini selain buat ukur ac juga bisa buat dc, trus bisa juga ukur volt. Jadi fungsinye ada beberapa. Dengan alat ini ane bisa mengetahui berapa besarnya amper yg dipake oleh sebuah komponen, katakanlah lampu. Jadi saat lampu menyala ane bisa ukur beban n voltage saat lampu tsb nyala. Dari sini bisa diketahui bohlam mana yg baik n benar (yg mendekati tulisan di kemasannye).
gitu loh bro, hehehe..................
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
mas sjamsul benar kok... hanya menurut saya voltage kendaraan yg perfect pada waktu berjalan adalah 14,4volt. dibawah itu artinya ada sortage.. tapi sampai 12,XX masih ditolerir (hati2...), 13,XX normal. setiap daerah/negara pada pabrikan otomotifnya tidak sama, ada yg pas 12volt dalam keadaan diam dan bergerak, ada yg seperti di indo... yaitu 12volt(engine off)-14,4volt(engine running) -- idealnya lho...
nah, utk bermain komponen tambahan ini sangat berpengaruh... anggap penggunaan car computer atau audio atau sistem lampu atau di ambulance atau yg lainnya. 14,4volt harus stabil. semendara org menggunakan batcap atau VSS atau sejenisnya utk itu.
dan, ini berpengaruh pada lampu. misalnya sekarang lagi model2nya pake led, orang umumnya membuat rangkaian utk led 12volt. ini salah, seharusnya utk 14,4volt (mendekati). makanya banyak pengunaan led yg cepat putus. berbeda dengan lampu led cabin yg hanya sekali2 dipasang, pasti awet... tapi jika led yg menyala konstan seperti lampu senja, tidak kuat.
ini juga berlaku pada lampu import yg berlabel 12volt, mungkin di negara asal nya tidak masalah...tapi berbeda dengan di indo, bukan 12volt, tapi 14,4volt.
di setiap komponen elektronik tambahan utk kendaraan, selalu disebut voltage 12-14volt (misal head unit), or just 12volt (misal lampu), or 12-24volt (misal charger), or else.
... dan tergantung jenis mobil, pada mobil lama ada pengaturan pengisian dari altenator (ket-out or apa namanya...), pada mobil baru sdh diatur sama komp.
so, menurut saya (rasanya) adalah wajar jika beberapa jenis lampu bisa awet (amin...) atau cepat putus.
maap kalo salah ya, mas... masih belajar.
nah, utk bermain komponen tambahan ini sangat berpengaruh... anggap penggunaan car computer atau audio atau sistem lampu atau di ambulance atau yg lainnya. 14,4volt harus stabil. semendara org menggunakan batcap atau VSS atau sejenisnya utk itu.
dan, ini berpengaruh pada lampu. misalnya sekarang lagi model2nya pake led, orang umumnya membuat rangkaian utk led 12volt. ini salah, seharusnya utk 14,4volt (mendekati). makanya banyak pengunaan led yg cepat putus. berbeda dengan lampu led cabin yg hanya sekali2 dipasang, pasti awet... tapi jika led yg menyala konstan seperti lampu senja, tidak kuat.
ini juga berlaku pada lampu import yg berlabel 12volt, mungkin di negara asal nya tidak masalah...tapi berbeda dengan di indo, bukan 12volt, tapi 14,4volt.
di setiap komponen elektronik tambahan utk kendaraan, selalu disebut voltage 12-14volt (misal head unit), or just 12volt (misal lampu), or 12-24volt (misal charger), or else.
... dan tergantung jenis mobil, pada mobil lama ada pengaturan pengisian dari altenator (ket-out or apa namanya...), pada mobil baru sdh diatur sama komp.
so, menurut saya (rasanya) adalah wajar jika beberapa jenis lampu bisa awet (amin...) atau cepat putus.
maap kalo salah ya, mas... masih belajar.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
blon lama ini klakson yg tiba2 g bsa nyala uda d ganti relaynya.......n tokcer ampe sekarang
trus juga lampu head lamp yg tiba2 mati!!.....malem2 pula!! pas d pake juga!!!!!! setelah d cek sana sini, akhirnya ketauan klo relay nya dah ko'it........ganti baru beres, n untungnya pas kejadian bukan sy yg make hehehehehehehehehehehe
new problem.......setelah d perhatiin, klo tiap mencet klakson......lampu head light jadi meredup.......knapa ya? oya, sekarang sy pk klakson stebel nautilus yg suaranya lumayan cadas hehehehehehehehe
trus juga lampu head lamp yg tiba2 mati!!.....malem2 pula!! pas d pake juga!!!!!! setelah d cek sana sini, akhirnya ketauan klo relay nya dah ko'it........ganti baru beres, n untungnya pas kejadian bukan sy yg make hehehehehehehehehehehe
new problem.......setelah d perhatiin, klo tiap mencet klakson......lampu head light jadi meredup.......knapa ya? oya, sekarang sy pk klakson stebel nautilus yg suaranya lumayan cadas hehehehehehehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
sipp.........doq wrote:blon lama ini klakson yg tiba2 g bsa nyala uda d ganti relaynya.......n tokcer ampe sekarang
trus juga lampu head lamp yg tiba2 mati!!.....malem2 pula!! pas d pake juga!!!!!! setelah d cek sana sini, akhirnya ketauan klo relay nya dah ko'it........ganti baru beres, n untungnya pas kejadian bukan sy yg make hehehehehehehehehehehe
new problem.......setelah d perhatiin, klo tiap mencet klakson......lampu head light jadi meredup.......knapa ya? oya, sekarang sy pk klakson stebel nautilus yg suaranya lumayan cadas hehehehehehehehe
ane ragu neh klo relaynya ampe mati............. klo masih nyimpan rly bekasnya nanti bisa diperiksa..........
khan ane dah pernah bilang klo kabel untuk suplai relaynya dipindahkan, jadi ngambil arusnye langsung dari aki, jangan dari fuse box original itu mbl. Secara analisa ane sih mengatakan demikian, so sebaiknya nt lakukan dulu langkah demikian n dah pasti deh itu problemnya beres.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
ehhh.........iya-ya, lupa saya hehehehehehehe soalnya waktu ganti relay nya bukan sm saya seh oom.......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
maklum krn banyak kerjaan nt jadi lupa........... hehehe....doq wrote:ehhh.........iya-ya, lupa saya hehehehehehehe soalnya waktu ganti relay nya bukan sm saya seh oom.......
btw makasih neh udah diingatkan.................. ........ .....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
kembali kasih oom sjamsul.......
hehehehehe j/k makasih uda d iingetin oom
hehehehehe j/k makasih uda d iingetin oom
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
hehehe.........jk aja kok................doq wrote:kembali kasih oom sjamsul.......
hehehehehe j/k makasih uda d iingetin oom
btw emangnye hari ini nt kaga kerja?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
sepertinya oom doq sudah ada di kantor, pak sjamsul..sjamsul wrote:hehehe.........jk aja kok................doq wrote:kembali kasih oom sjamsul.......
hehehehehe j/k makasih uda d iingetin oom
btw emangnye hari ini nt kaga kerja?
Permisii .............................
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
ada kejadian aneh pagi ini... yg dateng ke garasi...
pencet klakson, lampu nge-beam! kalo ngebeam mobil mati...kayak ACC dimatiin/shut cut off!
wakakakakakakakaka!
pencet klakson, lampu nge-beam! kalo ngebeam mobil mati...kayak ACC dimatiin/shut cut off!
wakakakakakakakaka!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
wahahahahah..........lucu jg tuh, tar klo mencet power window malahan jadi lampu sign nih......kok bsa ya? mobil apaan oom?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
honda, bro... taun lama. well... itu beres ngecat ntah dimana, masang kabel/ngurutnya ga bener, jadinya begitu. ada rencana sih harusnya panggil 911-SJAMSUL.
...
...