Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008 - Part 02
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
@shadowchan: coffee shop udah buka? gratisannya mana? huehehe..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 348
- Joined: Mon May 19, 2008 4:17
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Masih dalam tahap training n kontruksi, tapi segera buka datdatsu wrote:@shadowchan: coffee shop udah buka? gratisannya mana? huehehe..

Abis Lebaran, kira2 awal2 Oktober, mulai buka, ntar dah buka gw umumkan di sini dan jangan lupa datang..he he

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 342
- Joined: Mon Sep 15, 2008 4:34
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Halo rekan-rekan SM;
Liburan lebaran ini saya pake untuk ngebaca 53 halaman tret ini. Soalnya lagi mau nentuin mobil buat bini. Dianya sih terserah aja, ntar kalo udah ditentuin baru minta dia test drive.
Opsi sih memang city car Yaris, New Jazz, Swift, Latio, Aveo.
Cuman kalo harga memang Latio di luar group ini ya. Dan Jazz juga tinggi tuh harga hanya karena mengusung nama Honda.
Pemakaian sih paling juga buat jark-jarak dekat (sehari = 10 km) Paling weekend dia pengen jalan ama temennya.
Speed is not the main issue here. Safety dan kenyamanan berkendara yang penting. Om Nescafe dan Om Paddock bisa ngasi masukan?
Trims sebelumnya.
Liburan lebaran ini saya pake untuk ngebaca 53 halaman tret ini. Soalnya lagi mau nentuin mobil buat bini. Dianya sih terserah aja, ntar kalo udah ditentuin baru minta dia test drive.
Opsi sih memang city car Yaris, New Jazz, Swift, Latio, Aveo.
Cuman kalo harga memang Latio di luar group ini ya. Dan Jazz juga tinggi tuh harga hanya karena mengusung nama Honda.
Pemakaian sih paling juga buat jark-jarak dekat (sehari = 10 km) Paling weekend dia pengen jalan ama temennya.
Speed is not the main issue here. Safety dan kenyamanan berkendara yang penting. Om Nescafe dan Om Paddock bisa ngasi masukan?
Trims sebelumnya.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Wed Jun 18, 2008 12:37
- Location: Kampungnya Rambo
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Yaris kalau gitu murah meriah type E dah dapet air bag, abs & edb.
Sisa duit misal dengan jazz bisa 30 jutaan lebih mayan bisa buat isi bensin bertahun2.
Di bandingkan iritnya jazz gak sebanding dengan harganya misal yaris dalam kota 1:10, jazz baru 1:11 tetapi kita bisa hemat 30 jutaan lebih. CMIIW

Sisa duit misal dengan jazz bisa 30 jutaan lebih mayan bisa buat isi bensin bertahun2.
Di bandingkan iritnya jazz gak sebanding dengan harganya misal yaris dalam kota 1:10, jazz baru 1:11 tetapi kita bisa hemat 30 jutaan lebih. CMIIW

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 342
- Joined: Mon Sep 15, 2008 4:34
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Yaris E udah ada side-impact beam juga gak, Rambo?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Wed Jun 18, 2008 12:37
- Location: Kampungnya Rambo
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Ude kayanya om Stalin, yang tipe J aja dah ada kalau side impact beam mah.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
hmm.. kalau safety untuk new jazz, ada ABS,EBD, dan BA di keempat rodanya, pedestrian protection, side impact beam, airbag (untuk tipe RS), neck shock mitigation seat, selain itu jg dilengkapi oleh immobilizer dan keyles entry (tipe RS..)Stalin1901 wrote:Halo rekan-rekan SM;
Liburan lebaran ini saya pake untuk ngebaca 53 halaman tret ini. Soalnya lagi mau nentuin mobil buat bini. Dianya sih terserah aja, ntar kalo udah ditentuin baru minta dia test drive.
Opsi sih memang city car Yaris, New Jazz, Swift, Latio, Aveo.
Cuman kalo harga memang Latio di luar group ini ya. Dan Jazz juga tinggi tuh harga hanya karena mengusung nama Honda.
Pemakaian sih paling juga buat jark-jarak dekat (sehari = 10 km) Paling weekend dia pengen jalan ama temennya.
Speed is not the main issue here. Safety dan kenyamanan berkendara yang penting. Om Nescafe dan Om Paddock bisa ngasi masukan?
Trims sebelumnya.
nissan latio, menurut gw, jg punya piranti safety yg OK..

cuman kalau meninmbang2 harga dengan fitur dan perangkat safety yg diperoleh, gw setuju dengan pak rambo..

Permisii
............................. 


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Thu Dec 27, 2007 7:38
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Kenapa gak SX4 aja bos? Masih dalam rentang harga city car kok. Kelengkapan safety ABS + airbag. Kecepatan bukan masalah? No problem, emang mobilnya juga gak kenceng2 amet... 100ps dan berat pula. Kalau liat di halaman2 depan kayaknya gw pernah taro foto hasil tes tabrakan depan SX4 deh, hasilnya memuaskan.Stalin1901 wrote: Pemakaian sih paling juga buat jark-jarak dekat (sehari = 10 km) Paling weekend dia pengen jalan ama temennya.
Speed is not the main issue here. Safety dan kenyamanan berkendara yang penting. Om Nescafe dan Om Paddock bisa ngasi masukan?
Untuk pengendaraan, posisi duduk tinggi, jadi kalau istrinya pendek bisa lebih nyaman liat jalan. Ground clearance tinggi, jadi gak terlalu repot kalau jalanan berlubang, maksudnya gak perlu takut gesrot karena jalan terlalu cepat. Setir juga ringan, jadi gak perlu risau dengan manuver sigap, pasti bisa! Tapi radius putar agak jelek, berasanya kalau ditempat sempit, tapi kalau jarang main di parkiran pasar kayak gw sih pasti gak masalah.
Pendapat pribadi sih, secara gw pake SX4.
Untuk harganya Yaris E udah bagus deh. Lengkap keamanannya segala macem, mesin juga oke. Modelnya juga cocok buat cewe, imut. Kalau Jazz baru mirip ninja gitu, jadi gak imut kayak generasi lawas.
Tapi kalau soal harga... Swift. Cuma kalau mau ajak temen jalan... Masih bisa sih, tapi kalau temennya suruh duduk belakang mungkin agak kurang.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Sat Oct 07, 2006 9:19
- Location: jakbar
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
sx4 aja bos.lebih garang.mobil yang gede n garang tapi seharga city car lain nya
jaul parfum murah bermerek dengan kualitas yang bagus,bersegel,wangi sama,botol sama,bersegel dengan harga 30 ribu- 45 ribu
http://www.parfum-murah.blogspot.com
http://www.parfum-murah.blogspot.com
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Dec 26, 2008 3:36
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Wah ini topik dari taun 2007 ya..?? kebetulan saya pemakai SX4 CBU A/T sebelumnya jazz manual v-tec 2005..
kalo menurut saya (note: yg senang jalan2 ke luar kota, bukan orang kantoran--> jadi gaya nyetir cenderung santai):
Kelebihan Jazz dibanding SX4: bagasi dan cabin lebih luas dari SX4(bagasi lebih luas dai sx4). khusus jazz model 2008 saya tidak suka bentuknya, saya lebih suka bentuk model ekterior jazz yg lama(lebih bagus dari sx4).pelayanan honda cukup baik (kerusakan dan asuransi resmihonda), kualitas suara audio lebih bagus dari sx4,
mencuci lebih enteng karena lebih pendek/kecil
yg tidak disukai dari jazz: ground clearance pendek(pengalaman melewati jalan rusak)--> kalo jalan kita seperti diluar negeri mungkin oke2 aja ya..??, sparepart +dll lebih mahal
Kelebihan SX4 dibanding Jazz: ground clearance tinggi + ban yg besar sehingga buat saya yg senang jalan2 jadi lebih nyaman. pengendalian juga oke (mungkin karena yang matik ya?), ada MID(digital information),lebih merasa aman karena ada airbag(dibanding jazz 2005)
yg tidak disukai: bagasi dan cabin terasa sekali lebih kecil dari jazz 2005 terutama bila dipakai maen ke luar kota, pelayanan suzuki untuk service dll just moderate aja..
Dari pengalaman saya (gaya nyetir santai karena bawa keluarga+enjoy bro soalnya baru punya mobil,hehe..), di toll dari jakarta-bogor sx4 bisa mencapai 21 km/lt. kalau dalam kota memang jadi boros sekitar 1:9 sampai 1:10..
Senang sekali pas beli majalah autobild sx4--> car of the year 2008.. berarti kagak salah gw beli ini..
hampir saja saya jual gara2 kurang uang buat bangun rumah, mudah2an ada rejeki lagi biar ngga jadi dijual nih..hehe..
Mudah2an berguna bagi yg mau beli..
Top! SX4 Mobil Paling Aman
Birkoff
INILAH.COM, New York - Mobil kecil masih banyak yang mencibir tentang tingkat keamananan saat melindungi dari berbagai benturan. Badan independen dari Amerika yang peduli terhadap keselamatan mengujinya.
Mobil terbaru Suzuki SX4 dan Toyota Matrix dan Pontiac Vibe (kembaran Matrix) menjadi yang terbaik dalam uji benturan. Kabar gembira ini dirilis oleh badan independen Amerika yang peduli terhadap keselamatan, Insurance Institue for Highway Safety (IIHS), pada 17 Desember 2008.
Mendapatkan hasil terbaik tersebut SX4 dan Matrix melewati beragam uji benturan yakni dari depan, samping dan belakang. IIHS juga melakukan hal serupa pada Chevrolet HHR, Chrysler PT Cruiser, Ford Focus, Hyundai Elantra dan Saturn Astra.
Dikabarkan IIHS bahwa ketujuh kendaraan tersebut mendapat nilai bagus saat uji tabrakan dari depan. Namun hanya SX4, Matrix dan Vibe yang mencatatkan hasil terbaik saat uji benturan samping. “Manufaktur telah membuat banyak penyempurnaan pada kendaraan kecil untuk melindungi penumpang saat taabrakan depan,†ungkap Vice President IIHS Joe Nolan. “Mereka telah merancang struktur yang kuat dan perlengkapan standar pelindung benturan kepala berupa side-airbag. Padahal ini adalah kendaraan kecil dan ringan,†tambahnya.
Mobil kecil memang saat ini menjadi banyak pilihan masyarakat di Amerika dengan alasasn mobil yang sangat ekonomis dan praktis. Sementara itu menurut www.ocregister.com penjualan SX4 kurun waktu diperkenalkan tahun 2006 hingga sekarang angka penjualannya naik 120 persen, dengan 28.366 unit terjual bulan November 2008. [O1]
kalo menurut saya (note: yg senang jalan2 ke luar kota, bukan orang kantoran--> jadi gaya nyetir cenderung santai):
Kelebihan Jazz dibanding SX4: bagasi dan cabin lebih luas dari SX4(bagasi lebih luas dai sx4). khusus jazz model 2008 saya tidak suka bentuknya, saya lebih suka bentuk model ekterior jazz yg lama(lebih bagus dari sx4).pelayanan honda cukup baik (kerusakan dan asuransi resmihonda), kualitas suara audio lebih bagus dari sx4,
mencuci lebih enteng karena lebih pendek/kecil
yg tidak disukai dari jazz: ground clearance pendek(pengalaman melewati jalan rusak)--> kalo jalan kita seperti diluar negeri mungkin oke2 aja ya..??, sparepart +dll lebih mahal
Kelebihan SX4 dibanding Jazz: ground clearance tinggi + ban yg besar sehingga buat saya yg senang jalan2 jadi lebih nyaman. pengendalian juga oke (mungkin karena yang matik ya?), ada MID(digital information),lebih merasa aman karena ada airbag(dibanding jazz 2005)
yg tidak disukai: bagasi dan cabin terasa sekali lebih kecil dari jazz 2005 terutama bila dipakai maen ke luar kota, pelayanan suzuki untuk service dll just moderate aja..
Dari pengalaman saya (gaya nyetir santai karena bawa keluarga+enjoy bro soalnya baru punya mobil,hehe..), di toll dari jakarta-bogor sx4 bisa mencapai 21 km/lt. kalau dalam kota memang jadi boros sekitar 1:9 sampai 1:10..
Senang sekali pas beli majalah autobild sx4--> car of the year 2008.. berarti kagak salah gw beli ini..
hampir saja saya jual gara2 kurang uang buat bangun rumah, mudah2an ada rejeki lagi biar ngga jadi dijual nih..hehe..
Mudah2an berguna bagi yg mau beli..
Top! SX4 Mobil Paling Aman
Birkoff
INILAH.COM, New York - Mobil kecil masih banyak yang mencibir tentang tingkat keamananan saat melindungi dari berbagai benturan. Badan independen dari Amerika yang peduli terhadap keselamatan mengujinya.
Mobil terbaru Suzuki SX4 dan Toyota Matrix dan Pontiac Vibe (kembaran Matrix) menjadi yang terbaik dalam uji benturan. Kabar gembira ini dirilis oleh badan independen Amerika yang peduli terhadap keselamatan, Insurance Institue for Highway Safety (IIHS), pada 17 Desember 2008.
Mendapatkan hasil terbaik tersebut SX4 dan Matrix melewati beragam uji benturan yakni dari depan, samping dan belakang. IIHS juga melakukan hal serupa pada Chevrolet HHR, Chrysler PT Cruiser, Ford Focus, Hyundai Elantra dan Saturn Astra.
Dikabarkan IIHS bahwa ketujuh kendaraan tersebut mendapat nilai bagus saat uji tabrakan dari depan. Namun hanya SX4, Matrix dan Vibe yang mencatatkan hasil terbaik saat uji benturan samping. “Manufaktur telah membuat banyak penyempurnaan pada kendaraan kecil untuk melindungi penumpang saat taabrakan depan,†ungkap Vice President IIHS Joe Nolan. “Mereka telah merancang struktur yang kuat dan perlengkapan standar pelindung benturan kepala berupa side-airbag. Padahal ini adalah kendaraan kecil dan ringan,†tambahnya.
Mobil kecil memang saat ini menjadi banyak pilihan masyarakat di Amerika dengan alasasn mobil yang sangat ekonomis dan praktis. Sementara itu menurut www.ocregister.com penjualan SX4 kurun waktu diperkenalkan tahun 2006 hingga sekarang angka penjualannya naik 120 persen, dengan 28.366 unit terjual bulan November 2008. [O1]

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
sx4 di amerika emang bisa dibilang produk bagus
tapi setelah dijual di indo, yg dipretelin isinya, especially for the safety equipment, blom lagi penggunaan plat yg speknya dijamin beda jauh sama di sono (sorry to say, sometimes ago i was working on that manufacture, jadi plg nggak tau apa yg dikurangin kualitasnya sama yg cbu), bersukurlah yg masih punya cbu, jgn dijual deh, barangnya 180 derajat bedanya ama yg bikinan lokal!!!
jadi apa produk IM masih bisa disejajarkan sama dgn yg di US?
tapi setelah dijual di indo, yg dipretelin isinya, especially for the safety equipment, blom lagi penggunaan plat yg speknya dijamin beda jauh sama di sono (sorry to say, sometimes ago i was working on that manufacture, jadi plg nggak tau apa yg dikurangin kualitasnya sama yg cbu), bersukurlah yg masih punya cbu, jgn dijual deh, barangnya 180 derajat bedanya ama yg bikinan lokal!!!
jadi apa produk IM masih bisa disejajarkan sama dgn yg di US?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Yang bener bro? SX4 rakitan tambun gw... Umm.. Gak tau juga ya, gak pernah ngejajalin untuk ditabrakin sama versi CBU sih...hery_jul wrote:sx4 di amerika emang bisa dibilang produk bagus
tapi setelah dijual di indo, yg dipretelin isinya, especially for the safety equipment, blom lagi penggunaan plat yg speknya dijamin beda jauh sama di sono (sorry to say, sometimes ago i was working on that manufacture, jadi plg nggak tau apa yg dikurangin kualitasnya sama yg cbu), bersukurlah yg masih punya cbu, jgn dijual deh, barangnya 180 derajat bedanya ama yg bikinan lokal!!!
Selain masalah steering rack bunyi2, ac ventilasi depan bocor dan getaran sporadis kalau stasioner, secara fisik si kontet baik2 aja. Penggunaan pelat yang lebih rendah kualitasnya itu given, gak usah ditanya kalau mobil rakitan lokal nasibnya gimana, tapi kan cuma "skin deep", yang emang tipis juga. Soalnya buat gw yang penting struktur rangka, asal udah sesuai standar, ya udah... Pelat tipis gak masalah yang penting gak disilet sobek aja. Kalau tabrakan kan yang penting rangkanya... Kecuali rangkanya disolder pake timah nah, langsung gw jual besok si kontet!
No problem lah kalau ketebalan pelat, yang penting quality control... Yang mana ini PR Suzuki Indonesia yang belum beres2 dari kapan2.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Dec 26, 2008 3:36
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
"sx4 di amerika emang bisa dibilang produk bagus
tapi setelah dijual di indo, yg dipretelin isinya, especially for the safety equipment, blom lagi penggunaan plat yg speknya dijamin beda jauh sama di sono (sorry to say, sometimes ago i was working on that manufacture, jadi plg nggak tau apa yg dikurangin kualitasnya sama yg cbu), bersukurlah yg masih punya cbu, jgn dijual deh, barangnya 180 derajat bedanya ama yg bikinan lokal!!!
jadi apa produk IM masih bisa disejajarkan sama dgn yg di US?"
Awas lho kena kasus kaya ndorokakung trans7,hehe.. peace2
... wah iya kayanya yg gw alamin (sx4)semuanya serba enak2 aja, mungkin gara2 cbu atau baru 2-3 taun punya mobil,hehe..
ada lagi nih yg jadi ganjalan...
1. yg gw kan tipe AT, kira2 tahan berapa tahun ya sampai mobilnya rewel?
2. Untuk urusan service gw ikutin km bukan setiap 6bulan, biasa lebih ngirit karena cuma dipake deket2 aja..apa garansinya(yg 3taun) gugur apa ngga ya? mana lebih bagus ya ikutin km atau bulan (kalo tanya dealer/suzuki pasti jawabnya bulan-lah)
tengkiu ya..
tapi setelah dijual di indo, yg dipretelin isinya, especially for the safety equipment, blom lagi penggunaan plat yg speknya dijamin beda jauh sama di sono (sorry to say, sometimes ago i was working on that manufacture, jadi plg nggak tau apa yg dikurangin kualitasnya sama yg cbu), bersukurlah yg masih punya cbu, jgn dijual deh, barangnya 180 derajat bedanya ama yg bikinan lokal!!!
jadi apa produk IM masih bisa disejajarkan sama dgn yg di US?"
Awas lho kena kasus kaya ndorokakung trans7,hehe.. peace2

ada lagi nih yg jadi ganjalan...
1. yg gw kan tipe AT, kira2 tahan berapa tahun ya sampai mobilnya rewel?
2. Untuk urusan service gw ikutin km bukan setiap 6bulan, biasa lebih ngirit karena cuma dipake deket2 aja..apa garansinya(yg 3taun) gugur apa ngga ya? mana lebih bagus ya ikutin km atau bulan (kalo tanya dealer/suzuki pasti jawabnya bulan-lah)
tengkiu ya..

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Tue Sep 23, 2008 14:12
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
kalau yg CBU itu 4WD ya??
skrg yg CBU masih dijual ga??
enak juga kalau 4WD
bisa perang di medan menantang
jazz bagus sich cuma dalam kota doank
kalau luar kota sayang juga mobil mahal sich
ground clearence rendah sehingga tdk bisa perang di medan menantang
skrg yg CBU masih dijual ga??
enak juga kalau 4WD
bisa perang di medan menantang
jazz bagus sich cuma dalam kota doank
kalau luar kota sayang juga mobil mahal sich
ground clearence rendah sehingga tdk bisa perang di medan menantang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
wah kalo soal beda produk luar dan Indo, hrs tanya pemerhati2 otomotif sm sini yg sering ke luar juga kali ya, secara ga ada (at least belum ada yg share) ukuran baku buat hal2 ini biar kontras, khususntya plat.
tapi klo gw perhatiin dari sisi lain dari foto2 aja, bbrp produk USDM punya malah agak "jelek" yah dibanding produk yg sama di indo, seperti lis2 krom kadang ga ada, juga sen-spion, malah ada yg belum di-cat full-bumper pula klo ga salah.
klo soal airbags, memang lebih populer di luar, juga fitur stability-control or euro4/5 or PZEV dll, tapi ini karena standar regulasi safety dari pemerintahnya setempat hrsnya.
kalo plat relatif makin tipis tapi sejauh seiring perkembangan jaman/generasi-ke-generasi, ini gw setuju; ini akan kontras kalo kita bandingkan misalnya (contoh aja) plat kijang "doyok" dengan kijang super ke kapsul s/d ke innova. tapi ini berlaku buat semua merk, termasuk mercy jadul dgn mercy sekarang.
tapi klo gw perhatiin dari sisi lain dari foto2 aja, bbrp produk USDM punya malah agak "jelek" yah dibanding produk yg sama di indo, seperti lis2 krom kadang ga ada, juga sen-spion, malah ada yg belum di-cat full-bumper pula klo ga salah.
klo soal airbags, memang lebih populer di luar, juga fitur stability-control or euro4/5 or PZEV dll, tapi ini karena standar regulasi safety dari pemerintahnya setempat hrsnya.
kalo plat relatif makin tipis tapi sejauh seiring perkembangan jaman/generasi-ke-generasi, ini gw setuju; ini akan kontras kalo kita bandingkan misalnya (contoh aja) plat kijang "doyok" dengan kijang super ke kapsul s/d ke innova. tapi ini berlaku buat semua merk, termasuk mercy jadul dgn mercy sekarang.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
yg CBU 2wd (fwd).
IMHO, kalo GC tinggi bukannya malah cocok di dalkot ya secara lebih pas buat ngadepin medan2 jalan dalkot sehari2 seperti poldur, jalan berlubang...(kalo banjir sih percuma klo beda GC cuma bbrp sentimeter).
soalnya kalo keluar kota, secara mostly masih di aspal yg lebih beradab malah jarang ketemu medan jalan seperti kondisi jalan2 tikus di jakarta misalnya.
IMHO, kalo GC tinggi bukannya malah cocok di dalkot ya secara lebih pas buat ngadepin medan2 jalan dalkot sehari2 seperti poldur, jalan berlubang...(kalo banjir sih percuma klo beda GC cuma bbrp sentimeter).
soalnya kalo keluar kota, secara mostly masih di aspal yg lebih beradab malah jarang ketemu medan jalan seperti kondisi jalan2 tikus di jakarta misalnya.
bernard wrote:kalau yg CBU itu 4WD ya??
skrg yg CBU masih dijual ga??
enak juga kalau 4WD
bisa perang di medan menantang
jazz bagus sich cuma dalam kota doank
kalau luar kota sayang juga mobil mahal sich
ground clearence rendah sehingga tdk bisa perang di medan menantang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Oh ya... Jangan pada salah persepsi dengan SX4 ya... Ini mobil gak cocok untuk dibawa ke medan kasar... Jargon X-Over di mobil ini itu mobil kompak + 4WD, yang mana udah dicopot di Indonesia, alhasil SX4 lokal = mobil kompak dengan ground clearance tinggi.
Definisi medan menantang sangat luas, tapi perhatikan fisik SX4 juga. SX4 ground clearance cukup tinggi, tapi angle of approach sangat landai karena overhang atau bagian ujung bemper agak menjorok kedepan jauh dari ban.

Sudut angle of approach dan angle of departure bisa dilihat di bagian depan dan belakang roda
Coba dilihat tampak samping SX4...

Gw udah ukur langsung di mobil gw sudut aOa SX4 cuma 18 derajat, dengan deviasi sekitar 1-2 derajat... Ngukurnya gampang, taro aja busur di tanah depan roda terus tarik meteran baju, tempelin di titik terdepan bawah bemper terus tarik garis lurus sampai ban.
Sebagai rujukan... Suzuki Jimny yang ada di avatar gw itu aOa-nya 37 derajat.
Jadi ya agak serem aja kalau lagi lewat turunan curam, bukan gesrot bawahnya karena gak mungkin... Tapi takut idungnya gesrot duluan karena terlalu mancung.
Jadi medan menantangnya kalau bisa jangan tanjakan atau turunan curam, kecuali mau bemper SX4nya ledes.
Definisi medan menantang sangat luas, tapi perhatikan fisik SX4 juga. SX4 ground clearance cukup tinggi, tapi angle of approach sangat landai karena overhang atau bagian ujung bemper agak menjorok kedepan jauh dari ban.

Sudut angle of approach dan angle of departure bisa dilihat di bagian depan dan belakang roda
Coba dilihat tampak samping SX4...

Gw udah ukur langsung di mobil gw sudut aOa SX4 cuma 18 derajat, dengan deviasi sekitar 1-2 derajat... Ngukurnya gampang, taro aja busur di tanah depan roda terus tarik meteran baju, tempelin di titik terdepan bawah bemper terus tarik garis lurus sampai ban.
Sebagai rujukan... Suzuki Jimny yang ada di avatar gw itu aOa-nya 37 derajat.
Jadi ya agak serem aja kalau lagi lewat turunan curam, bukan gesrot bawahnya karena gak mungkin... Tapi takut idungnya gesrot duluan karena terlalu mancung.
Jadi medan menantangnya kalau bisa jangan tanjakan atau turunan curam, kecuali mau bemper SX4nya ledes.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Tue Sep 23, 2008 14:12
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
maksudnya ya medan batu2an yg membutuhkan ground clearence lebih tinggi
kalau jazz jalan dibatu2an banyak gitu kan ya pasti gresotnya
kalau jazz jalan dibatu2an banyak gitu kan ya pasti gresotnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
setuju ama midiAmp.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
safety nya bukannya sama ama CBU punya? airbag gak dikurangin, secara yang masuk indo versi CBU memang gak pakai airbag samping.... abs masih.... apa lagi? tebel plat? AFAIK sih SX4 CKD 80% komponen masih impor lho.....hery_jul wrote:sx4 di amerika emang bisa dibilang produk bagus
tapi setelah dijual di indo, yg dipretelin isinya, especially for the safety equipment, blom lagi penggunaan plat yg speknya dijamin beda jauh sama di sono (sorry to say, sometimes ago i was working on that manufacture, jadi plg nggak tau apa yg dikurangin kualitasnya sama yg cbu), bersukurlah yg masih punya cbu, jgn dijual deh, barangnya 180 derajat bedanya ama yg bikinan lokal!!!
jadi apa produk IM masih bisa disejajarkan sama dgn yg di US?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Wah nih thread emang 99% pro SX4 qiqiqiqiq kaboooor



RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
mau kaboor kemana? kejer pake sx4......




-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Ya emang kurang tepat sih perbandingan-nya yah, beda segment... SX-4 itu mustinya Vs Livina X-Gear
ibarat Apel vs Jeruk hehehe........
ibarat Apel vs Jeruk hehehe........

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Re: Suzuki SX4 Vs All new jazz 2008
Mungkin lebih tepatnya jalanan berlubang, kalau cuma ground clearance, jalan berbatu kayaknya gak masalah untuk mobil sekelas Yaris, Swift, dan Jazz. Jalanan berlubang pun kalau dilalui dengan pelan2 juga gak akan gesrotin mobil ceper karena suspensi masih menahan bobot mobil sehingga tidak bottom out.bernard wrote:maksudnya ya medan batu2an yg membutuhkan ground clearence lebih tinggi
kalau jazz jalan dibatu2an banyak gitu kan ya pasti gresotnya
Seperti bro Gemeli bilang... Perbandingan SX4 Vs Jazz itu kayak Apel Vs Jeruk.
Tapi apel dan jeruk sama2 sehat...
Ikutan
