BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
klo boil 4wd gitu, sekali2 harus dimain tuh tuas handle nya, supaya jeroan 4wd nya istilahnya agak dianggap lah hehehe...
boil 4wd a/t yg setau gw sejak vxr80, mau 4w tinggal prettt..pencet hehehe..
gw lupa nih klo yg m/t, masih pake handle deh klo ga salah..vx80 utk pilih 2h, 2L?, 4H, 4L.
boil 4wd a/t yg setau gw sejak vxr80, mau 4w tinggal prettt..pencet hehehe..
gw lupa nih klo yg m/t, masih pake handle deh klo ga salah..vx80 utk pilih 2h, 2L?, 4H, 4L.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
iya om, pake handle, di pajero m/t '97 ada 2H, 4H, 4HLc, 4LLc. kemaren dipake dari tol lenteng agung ke pondok aren, perginya pake 4H, pulangnya pake 4HLc, api pake Lc ga berani kenceng2, max 100 aja. 4LLcnya blm sempet pake
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
HLC dan LLC utk apa tuh? ada c nya...
seinget gw kalo L ga boleh lebih dari 40 atau 60 di tyt, ga tau klo mitsu..harusnya sama ya...
seinget gw kalo L ga boleh lebih dari 40 atau 60 di tyt, ga tau klo mitsu..harusnya sama ya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
billy yg lebih tau nih, gw coba jawab deh, kalo salah tolong dikoreksi yah
HLc - High Gear Differential Lock
LLc - Low Gear Differential Lock
itu ada rear differential lock sama central differential lock bedanya apa ya? aplikasinya untuk apa?
HLc - High Gear Differential Lock
LLc - Low Gear Differential Lock
itu ada rear differential lock sama central differential lock bedanya apa ya? aplikasinya untuk apa?
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
^^
yupp.. bener om...
klw rear difflok, fungsinya nguci diff axle blkng, kanan dan kiri agar selalau berputar sama, gunanya bwat di medan esktrim atw, iseng2 mw coba driffting d aspal hehehe...
klw center diff lok, gunanya ngunci diff d transmisi, jadi putaran ke axle dpn dan blkng selalu sama. istilahnya partime. saat tdk di kunci putaran depan blkng bisa beda. istilahnya fulltime.
oke om?
thx

yupp.. bener om...


klw rear difflok, fungsinya nguci diff axle blkng, kanan dan kiri agar selalau berputar sama, gunanya bwat di medan esktrim atw, iseng2 mw coba driffting d aspal hehehe...
klw center diff lok, gunanya ngunci diff d transmisi, jadi putaran ke axle dpn dan blkng selalu sama. istilahnya partime. saat tdk di kunci putaran depan blkng bisa beda. istilahnya fulltime.
oke om?

thx

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
- Location: jakarta
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Hoooi GILA ! baca manualnya dong, lihat warning sticker yg ditempel di pintu kanan supir. U 4HLc, 4LLc TIDAK BOLEH DI PAKAI U KEC TINGGI SEPERTI DI JALAN RAYA . Perbandingan giginya tinggi banget dari suara putaran mesin tinggi dan jalan yang berat, stir kaku kalau belok pasti kerasa ngak enak masak sih ditancap ampe 100 Kpj bisa rontok gardannya. Yang boleh u jalan raya, salju, pasir lembut, lumpur tipis hanya 2H dan 4H ! Waduh, itu pun kayak memperkosa mobilnya.gmx wrote:iya om, pake handle, di pajero m/t '97 ada 2H, 4H, 4HLc, 4LLc. kemaren dipake dari tol lenteng agung ke pondok aren, perginya pake 4H, pulangnya pake 4HLc, api pake Lc ga berani kenceng2, max 100 aja. 4LLcnya blm sempet pake
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
- Location: jakarta
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
4HLc boleh boleh saja di pakai u kecepatan sedang2 /tinggi dikit kalau di jalan sepi dan jadi berbahaya sekali kalau dipakai di jalan raya/ramai. hal ini di karenakan putaran gardan depan dan belakang sama karena dikunci dimana kalau belok / muterin stir banyakan sulit sekali, seakan2 stirnya ngelawan dan maunya lurus, ini akan berbahaya kalau ada mobil lawan datang cepat dari depan pas di belokan lagi atau lagi mau menghindari sesuatu didepan mobil. Lagian kalau sudah diff lock kemampuan rem turun dibandingkan 2H, kecuali di pajero gen3 sudah ada multimode ABS yang banyak membantu saat 4H/ 4HLC/4LLC aktif .mdid wrote:Hoooi GILA ! baca manualnya dong, lihat warning sticker yg ditempel di pintu kanan supir. U 4HLc, 4LLc TIDAK BOLEH DI PAKAI U KEC TINGGI SEPERTI DI JALAN RAYA . Perbandingan giginya tinggi banget dari suara putaran mesin tinggi dan jalan yang berat, stir kaku kalau belok pasti kerasa ngak enak masak sih ditancap ampe 100 Kpj bisa rontok gardannya. Yang boleh u jalan raya, salju, pasir lembut, lumpur tipis hanya 2H dan 4H ! Waduh, itu pun kayak memperkosa mobilnya.gmx wrote:iya om, pake handle, di pajero m/t '97 ada 2H, 4H, 4HLc, 4LLc. kemaren dipake dari tol lenteng agung ke pondok aren, perginya pake 4H, pulangnya pake 4HLc, api pake Lc ga berani kenceng2, max 100 aja. 4LLcnya blm sempet pake
4LLc fungsinya sama dengan 4HLc hanya perbandingan gigi lebih tinggi, gambarannya kurang lebih 4LLc adalah gigi 1 dan 4HLc adalah gigi 3atau 4. Jadi 4LLC dipakai u medan berat seperti tanjakan terjal sekali, lumpur tebal, atau butuh engine brake di penurunan terjal dan licin. Sedangkan 4HLc untuk keadaan yang lebih ringan dari 4LLc tapi mobil bisa jalan normal kecepatan lebih tinggi.
Makanya buruan praktek di Pondok cabe atau sentul deh.

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
^^
hehehehe.....
klw d aspal selama itu lurus atau d jalan tol 4HLc juga ok kok, asal tdk ketemu belok patah sja,
bener skeli kta om mdid, resikonya klw 4HLc klw d belokin paksa, memang kaya ada yang nahan, di paksain terus, ada 2 kemungkinan, bannya slip/gripnya yg kalah atau as roda/komponen kaki2 yg kalah, karena terus di paksain belok walau udah nahan, sedangkan jalan aspalnya kering memiliki grip yg bagus...
makanya di saran kan d pke di tanah juga karena d tanah gripnya buruk saat belok nekuk tidak akan terasa gejala nahan, karena bannya yg hilang grip.
nah klw pajero kan ada 4H(fulltimenya) mending untuk olah raga, masukin sja di 4H, toh komponen yg mutar sama dengan 4HLc hanya, diff tengah tidak ngunci yg artinya lebih bnyk gerakan.
nah klw 4H ini baru aman, mw di kebut gmn juga.. justru kecepatan tinggi, mending di aktifkan saja.. gripnya jadi kya sedan AWD.
wah sya kurang tahu, klw di mode 4HLc memperburuk pengereman, sya justru klw lgi ngebut 80kmh gtu, tau2 di depan ada yang ngalangin, sya pencet tombol 4H terus masukin gigi serendah mungkin sukur2 gigi 1 ..... engine brakenya jadi sangat mantap, klw di 2H klw d turunin giginya, lalu d lepas kopling sekaligus enginebrake ban pasti slip kan? dgn grip 4H jadi kya ABS.
hehehe maklum pke taft kan kaga ada ABSnya..
klw 4LLc cara terbaik "olah raganya" yak main2 aja ke poncab atw sentul hehehe....
thx

hehehehe.....
klw d aspal selama itu lurus atau d jalan tol 4HLc juga ok kok, asal tdk ketemu belok patah sja,
bener skeli kta om mdid, resikonya klw 4HLc klw d belokin paksa, memang kaya ada yang nahan, di paksain terus, ada 2 kemungkinan, bannya slip/gripnya yg kalah atau as roda/komponen kaki2 yg kalah, karena terus di paksain belok walau udah nahan, sedangkan jalan aspalnya kering memiliki grip yg bagus...
makanya di saran kan d pke di tanah juga karena d tanah gripnya buruk saat belok nekuk tidak akan terasa gejala nahan, karena bannya yg hilang grip.
nah klw pajero kan ada 4H(fulltimenya) mending untuk olah raga, masukin sja di 4H, toh komponen yg mutar sama dengan 4HLc hanya, diff tengah tidak ngunci yg artinya lebih bnyk gerakan.
nah klw 4H ini baru aman, mw di kebut gmn juga.. justru kecepatan tinggi, mending di aktifkan saja.. gripnya jadi kya sedan AWD.
wah sya kurang tahu, klw di mode 4HLc memperburuk pengereman, sya justru klw lgi ngebut 80kmh gtu, tau2 di depan ada yang ngalangin, sya pencet tombol 4H terus masukin gigi serendah mungkin sukur2 gigi 1 ..... engine brakenya jadi sangat mantap, klw di 2H klw d turunin giginya, lalu d lepas kopling sekaligus enginebrake ban pasti slip kan? dgn grip 4H jadi kya ABS.
hehehe maklum pke taft kan kaga ada ABSnya..
klw 4LLc cara terbaik "olah raganya" yak main2 aja ke poncab atw sentul hehehe....
thx

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
saya sampai rumah langsung baca manual book nih, Alhamdulillah speed limit 4HLc sama dengan 2H dan 4H, di gigi 4 speed limitnya 170kmph, tapi di bawah tabelnya ada tulisan tebal "Perhatian, jangan mengemudikan kendaraan anda pada posisi 4LLc atau 4HLc di jalan raya".. ngga lagi2 deh om, terima kasih diingetin, nanti2 kalo mau olah raga 4WD kalo ngantor aja di jalan macet..
kemarin pake 4HLc itu di jalan tol JORR dari pondok aren sampai lenteng agung, jadi ngga ada belok patah
..... kapan ya ke pondok cabe atau sentul....
kemarin pake 4HLc itu di jalan tol JORR dari pondok aren sampai lenteng agung, jadi ngga ada belok patah
..... kapan ya ke pondok cabe atau sentul....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
om, kalo masih nyari, di poskota 21jan09mdid wrote: Maksudnya nambah unit pajero 2nd bukan yang baru. Gmx beruntung sekali bisa dapat yg bagus dan jarang dipakai, mungkin kalau sudah bosan boleh info.
Sebenaranya ada 3 alasan mau pajero lagi
- berpegian dari satu kota ke kota lain dengan Pajero tidak begitu capai dan lega dibandingkan kebanyakan SUV/ Dcab.
- mesin, transmisi, suspensi dan lain secara keseluruhan awet, bandel dan mudah dirawat di mana2. --pengalaman yang sudah setelah 5 tahun keatas paling ganti shockbreaker, bushing2 karet itupun kalau sering lewat jalan rusak.
- harga nya lebih terjangkau, terutama unit 2nd yang terdepresiasi banyak karena pasar
Nyarinya gen3, tapi kalo gen2 yg masih bagus juga mau meski jarang sekali ada, kalaupun ada kebanyakan jam terbang sudah sangat tinggi. FYI, pajero gen2 Gmx, asset bagus tuh, peminatnya di sumatra masih banyak.
Tutup radiator udah diganti belom ?
Mitsubishi Pajero Th'95 Putih Two Tone top kondisi 98jt
kalo mau kontaknya nanti saya PM, ga etis rasanya nyebarin no orang tanpa ijin orangnya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
keknye klo 4h setau gout di tyt masih oke utk lari agak kencengan. Cuma emang iye bener, stir jadi rada kaku, terus torsi nya jadi lebih rapet rasanye. gout pernah pk 4h sampe lari 100an dah.
kalo yg belakangnya huruf L mah jgn dipake buat kenceng.
bener tuh klo masih pake hub lock..kadang2 kudu dipake sebulan sekali.
kalo yg belakangnya huruf L mah jgn dipake buat kenceng.
bener tuh klo masih pake hub lock..kadang2 kudu dipake sebulan sekali.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
kalo 4H memang boleh dibawa kenceng layaknya 2WD (atau 2H)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Wuiih.. capek jg baca 9 halaman.. jadi ikut tegang..
tapi mana nih foto Pajeronya Pak MDid.. lebih asik pas di Kebon..
udah 9 halaman masak seperti baca novel doang.. gak ada gambarnya...
Ayo.. lanjut.. lanjutt.. gw terangsang ney...
Pak Gmx foto pajeronya dimana ?
tapi mana nih foto Pajeronya Pak MDid.. lebih asik pas di Kebon..

Ayo.. lanjut.. lanjutt.. gw terangsang ney...

Pak Gmx foto pajeronya dimana ?
Lagi nginjek rem..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
ada di thread PHOTO Mobil SMers - Part 02 halaman 4 omMitshuToyo wrote:
Pak Gmx foto pajeronya dimana ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
cm hati2 pas u-turn, agak beda. nikung attittude jg beda hehehe...Risol1 wrote:kalo 4H memang boleh dibawa kenceng layaknya 2WD (atau 2H)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
dulu gw demen bgt ngeliat pajero yg di up sama gmx, kesannya serba keren dan muahal.. eh sekarang gw jd ga gitu horny lg sampe serie terbaru sekalipun *no offense*, bukan berarti pajero nya jelek lho...masalah selera aja kali...
woi, mana nih beda Hl dgn Hlc, LL dgn LLc? blm ngerti tuh yg ada tambahan c..
woi, mana nih beda Hl dgn Hlc, LL dgn LLc? blm ngerti tuh yg ada tambahan c..
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
^^
uda maju jamannya kli ya om? dulu jg bokap pingin pajero gen 2 nda kesampaian akhirnya beli mitsu kuda diesel.... potonganya "aga" mirip.. dikit lah.. hehehe
di pajero ,fortuner pattern transfercasenya gini
2H-4H-4HLc-N-4LLc
klw forti minus 2H.
di 2 SUV ini penambahan "Lc" artinya center diffloknya ngunci atau masuk ke parttime.
oyah ada kerancuan disini, 4H di sini beda dgn 4H d SUV konvensional.
4H d pajero, bearti 4Fulltime, sedangkan d SUV konvensional 4H bearti 4partime
ok om?
thx

uda maju jamannya kli ya om? dulu jg bokap pingin pajero gen 2 nda kesampaian akhirnya beli mitsu kuda diesel.... potonganya "aga" mirip.. dikit lah.. hehehe
di pajero ,fortuner pattern transfercasenya gini
2H-4H-4HLc-N-4LLc
klw forti minus 2H.
di 2 SUV ini penambahan "Lc" artinya center diffloknya ngunci atau masuk ke parttime.
oyah ada kerancuan disini, 4H di sini beda dgn 4H d SUV konvensional.
4H d pajero, bearti 4Fulltime, sedangkan d SUV konvensional 4H bearti 4partime
ok om?
thx

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
^
he? 4h di pajero full time? lah..berarti ga pk transfer case lagi dong? klo full time kaga pk hlc atau llc gitu lagi..lansung aja awd.
wah..bokap lo salah pilih bil, mestinya panther, ada yang mirip bgt dgn pajero hahieiha...
he? 4h di pajero full time? lah..berarti ga pk transfer case lagi dong? klo full time kaga pk hlc atau llc gitu lagi..lansung aja awd.
wah..bokap lo salah pilih bil, mestinya panther, ada yang mirip bgt dgn pajero hahieiha...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
panther bravo pajero V9 2500
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
^^
heheheehe bravo pajero sih.... kya pajero abis di tonjokin.... kacaw amet bentuknya full dempulan lagi........ klw kuda minimal lambangnya sama deh....
4H d pajero = fulltime atau AWD.
tpi di pajero selain memiliki pilihan Fulltime/AWD juga ada 4HLc(partme) dan 4LLc(low partime)
dan sedan AWD sekalipun tetep ada transfercasenya...
thx

heheheehe bravo pajero sih.... kya pajero abis di tonjokin.... kacaw amet bentuknya full dempulan lagi........ klw kuda minimal lambangnya sama deh....
4H d pajero = fulltime atau AWD.
tpi di pajero selain memiliki pilihan Fulltime/AWD juga ada 4HLc(partme) dan 4LLc(low partime)
dan sedan AWD sekalipun tetep ada transfercasenya...
thx

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
kkekeke..iye..eh betulan tuh, ade yg mirip ama pajero, kreatip bener dah itu yg buat karoseri...gout pernah liat kirain pajero..tau2nye panther.
gout demen ama pajero yg baruan yang bagian depan grill ajeh, klo gelembung2nye yg fender depan sama belakang, gout kurang demen. Kalo interior, liat nye sekilas aje.
ngomong2 neh, maap neh numpang oot, kijang bensin ama kuda bensin kenceng mane ye? yang solar juga kenceng mane? yg gout tau, dieselnye kencengan kuda. harusnye kencengan kuda ye, kan kuda, kijang kan lebih kecil kekekeke...
gout demen ama pajero yg baruan yang bagian depan grill ajeh, klo gelembung2nye yg fender depan sama belakang, gout kurang demen. Kalo interior, liat nye sekilas aje.
ngomong2 neh, maap neh numpang oot, kijang bensin ama kuda bensin kenceng mane ye? yang solar juga kenceng mane? yg gout tau, dieselnye kencengan kuda. harusnye kencengan kuda ye, kan kuda, kijang kan lebih kecil kekekeke...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
kaga nape cuy, kan alirannye S&M kekekeke...doyan perkaosan hihihihimdid wrote: Waduh, itu pun kayak memperkosa mobilnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
tebak.. panther apa pajero..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
^
PANTHER SERI PAJERO huauhakahak..persis banget, kalo misalnya panther gini nabrak lari, bisa2 saksi nya bilang pajero ahahakakhak ancur ancur...
tapi klo perhatiin bener sampingnya dan bumpernya..jelas bukan pajero lah...
PANTHER SERI PAJERO huauhakahak..persis banget, kalo misalnya panther gini nabrak lari, bisa2 saksi nya bilang pajero ahahakakhak ancur ancur...
tapi klo perhatiin bener sampingnya dan bumpernya..jelas bukan pajero lah...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
phanter gini ada yang model VITARA loh...
trus kijang kapsul rover juga mirip TLC jadi2an...
trus kijang kapsul rover juga mirip TLC jadi2an...