BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
^^nabung dulu..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Siiiip......segera saya info-ken......gmx wrote:^^hehehehe.. minta info lagi nih om mandala, kalo long tie rod dan tie rod end pajero gw berapaan ya.. kata bengkel resmi sih sedikit oblak, stir rada ke kanan sih udah lama ngga spooring, tp gw pengen coba spooring dulu buat pastiin, kadang2 beres kan maen vonis aja, masalah wpump itu aja awalnya diagnosa beres ada bocor pipa, tapi gw ga percaya gw cek sendiri baru ketauan wpump masalah.. kemaren2 emang gw bawanya bener2 ga kira2, lobang dalem dan poldur juga gw hajar aja ngegas terus ngga pake rem karena kalo ngegas malah ngga pake goyang.. kalo ternyata emang harus diganti sih ntar gw kerjain sendiri aja ngga ke beres, tapi dipake offroad dulu sebelum diganti
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
jadi ga enak ngerepotin mulu.. makasih ya om mandala..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Weleh....sama dong kita. Saya juga lagi ninggalin mobil di bengkel karena tie rod sebelah kanan udah mulai oblak.gmx wrote:^^hehehehe.. minta info lagi nih om mandala, kalo long tie rod dan tie rod end pajero gw berapaan ya.. kata bengkel resmi sih sedikit oblak, stir rada ke kanan sih udah lama ngga spooring, tp gw pengen coba spooring dulu buat pastiin, kadang2 beres kan maen vonis aja, masalah wpump itu aja awalnya diagnosa beres ada bocor pipa, tapi gw ga percaya gw cek sendiri baru ketauan wpump masalah.. kemaren2 emang gw bawanya bener2 ga kira2, lobang dalem dan poldur juga gw hajar aja ngegas terus ngga pake rem karena kalo ngegas malah ngga pake goyang.. kalo ternyata emang harus diganti sih ntar gw kerjain sendiri aja ngga ke beres, tapi dipake offroad dulu sebelum diganti
@ Mandala
Bos, bener nggak kalo tie rod diganti sebelah kanan doang, yg kirinya bisa ikutan jadi cepet rusak? Soalnya yg rusak sekarang cuma sebelah kanan,
Kalo jawaban diatas = Ya, kira2 tahan berapa lama sih? maksud ane kalo yg kiri gak rusak ane gak mao ganti dulu karena emang mobilnya ada rencana mao dijual tapi masih engga atau kapan pastinya.
Thanks om
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Eeeiitss......no problem bro,, anythink 4 U deh.....he...he.....gmx wrote:jadi ga enak ngerepotin mulu.. makasih ya om mandala..
Lagian saya gampang koq tinggal sms in anak buah langsung cepet infonya,, hahaha....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Ga bener itu.....he..he.... kalo tierod mah ga mesti kaya sendal jepit kalo ganti mesti kiri kanan ...Risol1 wrote: @ Mandala
Bos, bener nggak kalo tie rod diganti sebelah kanan doang, yg kirinya bisa ikutan jadi cepet rusak? Soalnya yg rusak sekarang cuma sebelah kanan,
Kalo jawaban diatas = Ya, kira2 tahan berapa lama sih? maksud ane kalo yg kiri gak rusak ane gak mao ganti dulu karena emang mobilnya ada rencana mao dijual tapi masih engga atau kapan pastinya.
Thanks om
Ganti yg rusaknya aja bro.... Nah lain hal kalo shockbreker kalo ganti mending sekalian sepasang,, soalnya kalo ganti sebelah yg baru malah akan lebih cepet rusaknya lagi, gituuu.....he...he...
(pikir2 ane kayak orgil yah...kebanyakan ketawa....) Hahahahaha......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Oh gitu ya Om, kalo gitu saya telp dealer dulu deh minta ganti yg kanan aja....Thanks ya Om.mandala1 wrote:Ga bener itu.....he..he.... kalo tierod mah ga mesti kaya sendal jepit kalo ganti mesti kiri kanan ...Risol1 wrote: @ Mandala
Bos, bener nggak kalo tie rod diganti sebelah kanan doang, yg kirinya bisa ikutan jadi cepet rusak? Soalnya yg rusak sekarang cuma sebelah kanan,
Kalo jawaban diatas = Ya, kira2 tahan berapa lama sih? maksud ane kalo yg kiri gak rusak ane gak mao ganti dulu karena emang mobilnya ada rencana mao dijual tapi masih engga atau kapan pastinya.
Thanks om
Ganti yg rusaknya aja bro.... Nah lain hal kalo shockbreker kalo ganti mending sekalian sepasang,, soalnya kalo ganti sebelah yg baru malah akan lebih cepet rusaknya lagi, gituuu.....he...he...
(pikir2 ane kayak orgil yah...kebanyakan ketawa....) Hahahahaha......
Oh ya satu lagi, kalo abis ganti tie rod, mobil kita perlu di spooring ya Om?
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
^^
klw kta temen2 sih biar nda perlu beli2 tierod lagi(maklum genk boros tirod), tierodnya d ganti pillowball... klw uda mulai bunyi juga bisa langsung d press jadi nyaris lifetime di pkenya... asal nda pecah aja..
klw kta temen2 sih biar nda perlu beli2 tierod lagi(maklum genk boros tirod), tierodnya d ganti pillowball... klw uda mulai bunyi juga bisa langsung d press jadi nyaris lifetime di pkenya... asal nda pecah aja..
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Pajero kuat sih kuat....tapi bukan tank bos , tetap ada limitnya. Kalo goncangan hebat terus menerus yg diterima sama komponen2 mobil ya pastinya akan cepat rusak...mau Pajero mau Landcruiser mau Range Rover. Mobil standar jangan dibawa kaya reli Paris Dakar...itu kan udah heavily modified. Lubang dalem kok malah ngegas!gmx wrote:^^hehehehe.. minta info lagi nih om mandala, kalo long tie rod dan tie rod end pajero gw berapaan ya.. kata bengkel resmi sih sedikit oblak, stir rada ke kanan sih udah lama ngga spooring, tp gw pengen coba spooring dulu buat pastiin, kadang2 beres kan maen vonis aja, masalah wpump itu aja awalnya diagnosa beres ada bocor pipa, tapi gw ga percaya gw cek sendiri baru ketauan wpump masalah.. kemaren2 emang gw bawanya bener2 ga kira2, lobang dalem dan poldur juga gw hajar aja ngegas terus ngga pake rem karena kalo ngegas malah ngga pake goyang.. kalo ternyata emang harus diganti sih ntar gw kerjain sendiri aja ngga ke beres, tapi dipake offroad dulu sebelum diganti
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Ya....betul itu.... sebaiknya di spooring setelah mengganti tierod atau kaki2 lainnya....Risol1 wrote: Oh gitu ya Om, kalo gitu saya telp dealer dulu deh minta ganti yg kanan aja....Thanks ya Om.
Oh ya satu lagi, kalo abis ganti tie rod, mobil kita perlu di spooring ya Om?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Mungkin itu kalo buat yg sering dipakai di trek offroad kali yah bro...billyd1773dz wrote:^^
klw kta temen2 sih biar nda perlu beli2 tierod lagi(maklum genk boros tirod), tierodnya d ganti pillowball... klw uda mulai bunyi juga bisa langsung d press jadi nyaris lifetime di pkenya... asal nda pecah aja..
Kalo cuma buat pemakaian sehari2 normal di jalan aspal, pake yg std pun sudah lumayan bagus dan kuat, asal sering rajin2 periksa kaki2, grease/gemukin tierod, balljoint, cross joint, dll,,
Cuma sayangnya tierod n balljoint ori buat yg mobil2 agak baru sekarang sudah ga disediakan nepel buat gemuk lagi, jadi yah gitu deh......
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
^^
iya om.. tpi logikanya klw bwat oprut kuat dan awet di pke harian kan jadi super awet?
oyah tirod mobil bru uda nda pke nepel? gampang bunyi dan kurang awet dunk? tpi mestinya pabrik uda ngitung2 mungkin ada material baru yg memungkinkan tampa di beri gemuk..
iya om.. tpi logikanya klw bwat oprut kuat dan awet di pke harian kan jadi super awet?
oyah tirod mobil bru uda nda pke nepel? gampang bunyi dan kurang awet dunk? tpi mestinya pabrik uda ngitung2 mungkin ada material baru yg memungkinkan tampa di beri gemuk..
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
ini teh di edit sotosop atw di gantung mobilnya yah??
kok yang blkng nda nijek apa2 nongeng sendiri? hehehehe aneh....
semua mobil rigid bisa kya gtu om...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
pillowball itu apa bill, mahal ngga? kalo mau pake pillowball, ada lagi ngga yang perlu diganti atau dipasang, dengan catatan buat dipake touring biasa aja ya bukan oprut2anbillyd1773dz wrote:^^
klw kta temen2 sih biar nda perlu beli2 tierod lagi(maklum genk boros tirod), tierodnya d ganti pillowball... klw uda mulai bunyi juga bisa langsung d press jadi nyaris lifetime di pkenya... asal nda pecah aja..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Ya, malah kalo dibelah dalemannya, kebanyakan mangkok yg buat tatakan bola nya terbuat dari plastik bukan besi lagi kaya mobil2 dulu,, kalo saya perhatikan skr arahnya tuh lebih ke replacement bukan mantenance ...billyd1773dz wrote:^^
iya om.. tpi logikanya klw bwat oprut kuat dan awet di pke harian kan jadi super awet?
oyah tirod mobil bru uda nda pke nepel? gampang bunyi dan kurang awet dunk? tpi mestinya pabrik uda ngitung2 mungkin ada material baru yg memungkinkan tampa di beri gemuk..
Tapi imbal baliknya yah harga yg ditawarkan jadi relatip lebih murah,, oiya btw harga tierod n long tierod/rellay draglink udah ada nih :
Tierod end MB831043 Rp.460rb, MB831044 Rp.470rb (harga satuan),, rellay MB673021 Rp.965rb,, itu harga berdasarkan dari pricelist dealer aja yah....soalnya kalo ane tulis harga jual (berikut disc 10%) takutnya ntar malah sakit ati sama dealer, udah ga dikasih diskon plus tambah ppn pulak......
Hiahahahahaha...........
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
pillow ball tuh mahluknya kya gini om...gmx wrote:pillowball itu apa bill, mahal ngga? kalo mau pake pillowball, ada lagi ngga yang perlu diganti atau dipasang, dengan catatan buat dipake touring biasa aja ya bukan oprut2anbillyd1773dz wrote:^^
klw kta temen2 sih biar nda perlu beli2 tierod lagi(maklum genk boros tirod), tierodnya d ganti pillowball... klw uda mulai bunyi juga bisa langsung d press jadi nyaris lifetime di pkenya... asal nda pecah aja..
ini di pasang bwat ngeganti bushing lower arm suspensi blkng.
klw bwat ngeganti tierod blm ada potonya uy.. tpi sama bentuknya gini.. ini mobilnya jg jarang bwat oprut kok.. bwat PP ke kampus aja... hehehe
thx
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
@billy : kalo sistem pillow ball ini diaplikasikan ke mobil2 yg buat 'lari' atau mobil khusus jalan tol yg lebih mengutamakan speed, apakah ada pengaruhnya ke-kestabilan atau kenyamanan??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Sekedar nambahin, ini ada photo contoh pillow ball yg diaplikasikan buat pengganti tierod depan :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Cara nunjuknya gimana wan? Jadi binun??? Kan ente ga bisa liat jari ane....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Gini deh....yg paling depan/atas itu tierod, yg dibawah itu arm/sayap yg diujung depan balljoint, yg di belakangnya (ga keliatan di photo) bushing arm,, sebetulnya kalo buat mobil sekarang udah maintanance free, alias nunggu rusak baru ganti
Soalnya ga ada lobang buat grease, kecuali ente nekad nge-bor tierodnya buat pasang nepel gemuk, gitu.......
Soalnya ga ada lobang buat grease, kecuali ente nekad nge-bor tierodnya buat pasang nepel gemuk, gitu.......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
klw di tierod sya blm nyoba... nunggu yang skrng rusak dulu.. hehehemandala1 wrote:@billy : kalo sistem pillow ball ini diaplikasikan ke mobil2 yg buat 'lari' atau mobil khusus jalan tol yg lebih mengutamakan speed, apakah ada pengaruhnya ke-kestabilan atau kenyamanan??
klw di arm sih enak aja om. nda ada bedanya, malah awet bngt.. d rocky sya, arm yg bawah pillow ball yang atas bushing polyurthane (PU), skrng udah lewat 4thn, yang PU mulai bunyi2 dan ktanya udah gepeng, klw yang pillowball, bgtu kerasa bunyi bisa langsung di press.. enak lagi deh seperti baru. hehehe
soal highspeed, mestinya sih tidak ada pengaruh om... sama2 megang spindel dan ngehubungi ke draglink kan fungsinya klw di banding dgn tierod joint sih sama2 kakunya dan mangkuknya jg besi. pillow ball yang bagus juga ada niple bwat gemuknya..
tpi klw di pasang ngeganti bushing di arm suspensi depan baru kerasa nih bedanya dgn bushing karet, lebih keras.. soalnya dia besi kan... dan fungsi arm bwat nahan axle saat nerima benturan energinya pasti langsung di lanjutin ke pillowball ini.. kerjanya jadi pling berat dlm kondisi gini.. klw pke bushing sih setiap abis main mulai kendor dan pecah. klw pke pillowball pling jadi bunyi dan minta di press lgi itu pun setelah beberapa kli turun.. ini uda 5th..
CMIIW yah..
thx
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
@billy : oce deh....thanks infonya... btw kalo semua orang ikutan ganti pillow ball, ane jualan apa? he..he...
@abu2 : nah... Ini baru jelas gambarnya..... Kalo tierod sih dah pasti bisa diganti, kalo bushing arm sih kayaknya ga bisa alias harus assy.....
Btw apa itu photo kaki2 kolong GV ente? Kalo iya berarti ente dah mesti siap2 bobok celengan deh.....
@abu2 : nah... Ini baru jelas gambarnya..... Kalo tierod sih dah pasti bisa diganti, kalo bushing arm sih kayaknya ga bisa alias harus assy.....
Btw apa itu photo kaki2 kolong GV ente? Kalo iya berarti ente dah mesti siap2 bobok celengan deh.....