BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

sting wrote:Laporan senior2, besok mo nyoba touring ke Bandung, jd tadi pagi ke bengkel spooring langganan.
Waduh ternyata u spooring Pajero lebih mahal sedikit dari Escape, kerna Pajero Did kedua roda belakng juga perlu disetel. Padahal umumnya yg spooring belakang sedan. Kecuali sekarang untuk New CRV 2007, New Xtrail 2008, Bmw X5. Pantesan waktu diangkat u cuci, ban belakang kiri kanan Pajero menekuk kesisi dalam banyak jadi aneh banget keliatannya.
jadi tambah salute dah ama Pajero, 10 tahun lalu udah pake multilink depan belakang.

Hidup Pajero !

Yth Bang Billy, Om Abu2, Om Gmx, Om Risol1 and om senior laennya.
mo nanya dgn suspensi multilink kayak sedan, bukannya rentan rusak dan butuh maintenance. Kok di SUV tertentu pakai dan Suv lain tidak dipakai, emang kalo di SUV apa ngak cepet rusak ? Kalo cepet rusak, gw kawatir nih pajero lewat jalan jelek terus, tp di service record pajero ini, gw lihat belum pernah ganti apa2 di kaki2nya dan kemarin2 lewat lubang jelek, poldur ngak ada bunyi2 dari sistim kaki2. thx
om, klw pajero did dgn escape 3ltr om, tarikanya asik mana? 165psvs203ps?351nm VS 265Nm?

klw suspensi.. om jgn kawatir mungkin systemnya sama2 multilink tpi material yang di pakai jelas sangat beda...dan oleh pabriknya sudah di perhitungkan untuk heavy use apalgi untuk mobil sekelas pajero. selain itu, suspensi blkng pajero itu multilink dobel wishbone with coil.. setw sih dobel wishbone itu koinstruksi independen yang pling kuat.. karena di tahan oleh 4 arm yg membentuk segitiga di atas dan bawah, dan di hubungkan balljoint ke spindelnya, sehinga harus di spooring juga..lalu yg bikin ditambahakn nama multilink,karna salah satu armnya ada yg beda panjang fungsinya utk membantu artikulasi suspensi, sangat cocok untuk oprut, pajero sih mending xtrail, CRV, blkngnya pke macpherson, dgn arm lebih sedikit dan kurus2 suspensi juga kaku bngt, riskan nih
durabilitasnya pasti di atas mobil lain apa lgi sedan, tpi inget ini tetep FIss jd jgn terlalu sadis...

pic suspensi pajero gen3
Image

thx
:beer
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by sting »

billyd1773dz wrote:
om, klw pajero did dgn escape 3ltr om, tarikanya asik mana? 165psvs203ps?351nm VS 265Nm?

:beer
Sementara hasil pengendaraan 1 minggu
kalo narik dari O km/h : Escape
Tapi kalo narik dari tengah, dari 60 - 100 km/h, atau 80 km/h -120 km/h : Pajero
Mo nanya, apakah peranan dorongan turbo yg mulai Rpm 2000 keatas , atau peranan torsi besar atau peran A/T 5 speed vs A/T 4 speed ??
Thanks
Last edited by sting on Mon Jun 08, 2009 11:29, edited 1 time in total.
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by sting »

billyd1773dz wrote:
klw suspensi.. om jgn kawatir mungkin systemnya sama2 multilink tpi material yang di pakai jelas sangat beda...dan oleh pabriknya sudah di perhitungkan untuk heavy use apalgi untuk mobil sekelas pajero. selain itu, suspensi blkng pajero itu multilink dobel wishbone with coil.. setw sih dobel wishbone itu koinstruksi independen yang pling kuat.. karena di tahan oleh 4 arm yg membentuk segitiga di atas dan bawah, dan di hubungkan balljoint ke spindelnya, sehinga harus di spooring juga..lalu yg bikin ditambahakn nama multilink,karna salah satu armnya ada yg beda panjang fungsinya utk membantu artikulasi suspensi, sangat cocok untuk oprut, pajero sih mending xtrail, CRV, blkngnya pke macpherson, dgn arm lebih sedikit dan kurus2 suspensi juga kaku bngt, riskan nih
durabilitasnya pasti di atas mobil lain apa lgi sedan, tpi inget ini tetep FIss jd jgn terlalu sadis...

pic suspensi pajero gen3
Image

thx
:beer
Thanks Om Billy, mo nanya lagi ya. Dibandingkan bawa Escape saat melewati jalan keriting yang lubang2 ex ban container, stir Pajero tidak bergerak bebas banyak dan Pajero masuk keluar lobang2 tsb dgn gampang dan lebih nyaman. Apakah hal ini disebabkan sistim suspensi di keempat roda nya seperti yg dijelaskan diatas ?? just for info ukuran ban pajero dan escape selisih sedikit, dan sama2 mengunakan velg 16.
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by sting »

gmx wrote:
sting wrote:
Om, ada yg ngak ngerti tulisannya, kalimat terakhir dibawah "inverter ngak ada" itu inverter apaannya ?
inverter itu converter listrik DC ke AC, di gen 3 ada converter 130 watt, jadi bisa buat alat2 listrik yang pake power AC, bisa buat TV, Kulkas, Rice cooker, blender, mixer, microwave oven, pompa air jet pump, pasang lampu TL juga bisa... kalo cukup itu juga 130 watt.. minimal bisa buat laptop lah..
wakakakaa , lucu kali bang Gmx :big_peace: sebenarnya asyik tuh inverter nya. cuma sayang semuanya ngak kepake. Kalo bisa ane mau pake powernya mesin las ato mesin bubut sekalian :shrug:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

sting wrote:
billyd1773dz wrote:
klw suspensi.. om jgn kawatir mungkin systemnya sama2 multilink tpi material yang di pakai jelas sangat beda...dan oleh pabriknya sudah di perhitungkan untuk heavy use apalgi untuk mobil sekelas pajero. selain itu, suspensi blkng pajero itu multilink dobel wishbone with coil.. setw sih dobel wishbone itu koinstruksi independen yang pling kuat.. karena di tahan oleh 4 arm yg membentuk segitiga di atas dan bawah, dan di hubungkan balljoint ke spindelnya, sehinga harus di spooring juga..lalu yg bikin ditambahakn nama multilink,karna salah satu armnya ada yg beda panjang fungsinya utk membantu artikulasi suspensi, sangat cocok untuk oprut, pajero sih mending xtrail, CRV, blkngnya pke macpherson, dgn arm lebih sedikit dan kurus2 suspensi juga kaku bngt, riskan nih
durabilitasnya pasti di atas mobil lain apa lgi sedan, tpi inget ini tetep FIss jd jgn terlalu sadis...

pic suspensi pajero gen3
Image

thx
:beer
Thanks Om Billy, mo nanya lagi ya. Dibandingkan bawa Escape saat melewati jalan keriting yang lubang2 ex ban container, stir Pajero tidak bergerak bebas banyak dan Pajero masuk keluar lobang2 tsb dgn gampang dan lebih nyaman. Apakah hal ini disebabkan sistim suspensi di keempat roda nya seperti yg dijelaskan diatas ?? just for info ukuran ban pajero dan escape selisih sedikit, dan sama2 mengunakan velg 16.
klw stw sya sih, klw getaran di setir hubungannya ke steering systemnya om.. klw mobil konvensional biasanya di tambah shock stir atw steering dumper agar ngeredam gerakan stir akibat benturan di roda.. tpi klw mobilnya uda canggih ntah gmn caranya.. tidak pke shock stir atw pke shock stir bawaan pabrik juga udah diam tu stirnya,

terus klw mobil biasa, di tambah shock stir yg bagus gmn jga sulit nyamain yg udah canggih... contohnya taft IFS sya pke shock stir yg yg aga lumayan toughdog 4way RTC.. tetep aja masih ngebanting2 klw kena batu atw di jalan gravel.. tpi klw XJ kondisi std aja di geber di jalan batu atw gravel benar2 tetep diem tu stirnya kya tidak kena benturan aja... apalgi pke 4way....

kyanya ini kenyamanan yg tidak bisa atau sulit untuk di modifikasi kec dgn mengganti total steering systemnya.

klw guncangan sih, tentu berhubungan dgn suspensinya, dan jgn di bandingin dgn escape dunk... kastanya beda pajerokan termasuk SUV mewah, klw escape small SUV biasa, dan klw udah masalah kasta tidak ada hubunganya dgn bentuk sistem suspensi.. karena yang bicara uda material dan skill enginernya sendiri, secara teori ga mungkin kan Fullrigid bisa lebih nyaman dri FISS tpi kenyataanya Xj, grandcherokee atw landy discovery 2 bisa lebih nyaman dri CRV/Xtrail/escape dkk kan?

CMIIW

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

sting wrote:
gmx wrote:
sting wrote:
Om, ada yg ngak ngerti tulisannya, kalimat terakhir dibawah "inverter ngak ada" itu inverter apaannya ?
inverter itu converter listrik DC ke AC, di gen 3 ada converter 130 watt, jadi bisa buat alat2 listrik yang pake power AC, bisa buat TV, Kulkas, Rice cooker, blender, mixer, microwave oven, pompa air jet pump, pasang lampu TL juga bisa... kalo cukup itu juga 130 watt.. minimal bisa buat laptop lah..
wakakakaa , lucu kali bang Gmx :big_peace: sebenarnya asyik tuh inverter nya. cuma sayang semuanya ngak kepake. Kalo bisa ane mau pake powernya mesin las ato mesin bubut sekalian :shrug:
inverter kan ada yg jual om di ace hardware?
hehehe klw seneng pergi2 turing, kemping dll berguna bngt tuh.. bwat ngecharge.. masak dispenser lampu dll... hehehe

dulu belinya nda ngitung2 dulu pertama kli beli yg 150watt, rupanya cuma kuat ngechare batre ajah.... laptop udah kepayahan..
terus beli 500watt rada lumayan laptop kuat tpi bgtu mau masak nasi pke rice cooker cuma bisa ngangetin aja... klw di mode "cook" langsung teriak tu inverternya...
baru pke 1000watt maknyuss... tpi accunya jadi dobel hehehe biar bisa masak dgn mesin di matiin...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by sting »

billyd1773dz wrote:
klw stw sya sih, klw getaran di setir hubungannya ke steering systemnya om.. klw mobil konvensional biasanya di tambah shock stir atw steering dumper agar ngeredam gerakan stir akibat benturan di roda.. tpi klw mobilnya uda canggih ntah gmn caranya.. tidak pke shock stir atw pke shock stir bawaan pabrik juga udah diam tu stirnya,

terus klw mobil biasa, di tambah shock stir yg bagus gmn jga sulit nyamain yg udah canggih... contohnya taft IFS sya pke shock stir yg yg aga lumayan toughdog 4way RTC.. tetep aja masih ngebanting2 klw kena batu atw di jalan gravel.. tpi klw XJ kondisi std aja di geber di jalan batu atw gravel benar2 tetep diem tu stirnya kya tidak kena benturan aja... apalgi pke 4way....

kyanya ini kenyamanan yg tidak bisa atau sulit untuk di modifikasi kec dgn mengganti total steering systemnya.

klw guncangan sih, tentu berhubungan dgn suspensinya, dan jgn di bandingin dgn escape dunk... kastanya beda pajerokan termasuk SUV mewah, klw escape small SUV biasa, dan klw udah masalah kasta tidak ada hubunganya dgn bentuk sistem suspensi.. karena yang bicara uda material dan skill enginernya sendiri, secara teori ga mungkin kan Fullrigid bisa lebih nyaman dri FISS tpi kenyataanya Xj, grandcherokee atw landy discovery 2 bisa lebih nyaman dri CRV/Xtrail/escape dkk kan?

CMIIW

thx
:beer:
Om Billy dan Om2 laennya, ane baru terbuka matanya. Selama ini kirain semua mobil relatif sama khususnya Suv, ane kira cuma mobil yg di tinggi-in dan dikasih CC gede, pokoknya kolong bawah ngak kepentok, terjang genangan air aman. Eh ternyata tidak sesimple itu dan masih ada lagi, dan semuanya ternyata melibatkan banyak teknologi dan hasilnya alias kenyamanannya pun berbeda. Ane kira mobil SUV kayak LC, Rangie, Pajero, Cherokee itu mahal karena pajaknya doang, ternyata selain itu juga mahal diteknologinya, benar ngak Om Billy.
Dulu waktu bawa honda stream kalo lewat jalan jelek gampang kepentok dan serasa keempat roda mo copot padahal udah jalan pelan ampe mobil belakang klakson terus :2gunfire: , lalu dengan Escape semua tinggal kenangan. :e-snooty: Lalu dengan Pajero lebhi berbeda lagi, jalan jelek yg harus dilalui sekarang jadi NIKMAT :e-whistle: ,SUMPAH !!!
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

^^
hehehe btul om... sebelnya bnyk nilai + , yg tdk kelihat atw di tulis di brosur... gaungnya kalah sama embel2 macam "XEnon headlamp,immobilzer, keyless entry dkk" fitur lain yg kasat mata.. padahal kenyamanan handling dri kemampuan enginer yg hebat ini yg ga bisa di beli kepisah...


nah skrng giliran om yg ngelaksonin mobil dpan klw ada yg pelan2 lewat jalan jelek.. wkekeke

:beer:
Last edited by billyd1773dz on Mon Jun 08, 2009 15:09, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

Inilah jeleknya pajero om, kalo biasa pake mobil "biasa", naek pajero jd berasa nyaman bgt, tp kalo biasa naek pajero, kenyamanan pajero jd terasa biasa, dan mobil "biasa" jd berasa ga nyaman, makanya buat harian gw downgrade pake eterna, biar kalo week end jalan pake pajero jd kerasa nyaman..


Sekarang muncul masalah baru, hari2 pake eterna yg tarikannya enak, begitu pake pajero berasa lemot, padahal pajero V6 3000cc bensin sebenernya tarikannya juga wuenakk..
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by sting »

billyd1773dz wrote: klw guncangan sih, tentu berhubungan dgn suspensinya, dan jgn di bandingin dgn escape dunk... kastanya beda pajerokan termasuk SUV mewah, klw escape small SUV biasa, dan klw udah masalah kasta tidak ada hubunganya dgn bentuk sistem suspensi.. karena yang bicara uda material dan skill enginernya sendiri, secara teori ga mungkin kan Fullrigid bisa lebih nyaman dri FISS tpi kenyataanya Xj, grandcherokee atw landy discovery 2 bisa lebih nyaman dri CRV/Xtrail/escape dkk kan?

CMIIW

thx
:beer:
Om Billy, escape ngak sejelek itu ahh. Dulu sebelum beli escape taon 2003, udah bandingin ke CRV, Xtrail dan Escudo dan kesimpulan saat itu Escape paling bagus. Dan emang hasilnya temen2 yg bawa CRV,Xtrail pd rajin gantiin bushing2 dan bagian kaki.
Kalo dikomparasi ke pajero, escape ngak apple to apple, yang sekelas dari Ford harusnya explorer atau kalo u kondisi jalan di kawasan Pulogadung harusnya ford everest.
Tapi sekarang ane baru ngerti, di Pulogadung ada 2 Grand Cherokee 4.7 yg dipake oleh bule, pasti mereka ENJOY banget dgn kondisi jalan setiap kali PP. Ane yang telat baru tahu, hiks hiks . Saat itu cuma kepikir, ah si bule pasti bensin dibayarin kantor masa setiap hari lewat jalanan jelek dan macet gitu bawa jeriken bocor eh salah Cherokee.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

sting wrote:
billyd1773dz wrote: klw guncangan sih, tentu berhubungan dgn suspensinya, dan jgn di bandingin dgn escape dunk... kastanya beda pajerokan termasuk SUV mewah, klw escape small SUV biasa, dan klw udah masalah kasta tidak ada hubunganya dgn bentuk sistem suspensi.. karena yang bicara uda material dan skill enginernya sendiri, secara teori ga mungkin kan Fullrigid bisa lebih nyaman dri FISS tpi kenyataanya Xj, grandcherokee atw landy discovery 2 bisa lebih nyaman dri CRV/Xtrail/escape dkk kan?

CMIIW

thx
:beer:
Om Billy, escape ngak sejelek itu ahh. Dulu sebelum beli escape taon 2003, udah bandingin ke CRV, Xtrail dan Escudo dan kesimpulan saat itu Escape paling bagus. Dan emang hasilnya temen2 yg bawa CRV,Xtrail pd rajin gantiin bushing2 dan bagian kaki.
Kalo dikomparasi ke pajero, escape ngak apple to apple, yang sekelas dari Ford harusnya explorer atau kalo u kondisi jalan di kawasan Pulogadung harusnya ford everest.
Tapi sekarang ane baru ngerti, di Pulogadung ada 2 Grand Cherokee 4.7 yg dipake oleh bule, pasti mereka ENJOY banget dgn kondisi jalan setiap kali PP. Ane yang telat baru tahu, hiks hiks . Saat itu cuma kepikir, ah si bule pasti bensin dibayarin kantor masa setiap hari lewat jalanan jelek dan macet gitu bawa jeriken bocor eh salah Cherokee.
hehehe escape nda jelek kok om... gw jg demen bngt.. klw di suruh milih CRV xtrail GV dkk.. ane pasti ambil escape 3ltr 4x4... hehehe.. beberapa kli ampir beli.. tpi nda jadi mulu.. hehehe soalnya ntar masa punya 2 mobil tukang minum semua....
btw ane pernah nanya ke om, escapenya dgn pajero tarikannya enak mana yah?

keluarga jeep sih minusnya cuma FCnya ajah... ketanguhan, kenyamanan,handling, safety power, sparepart dll maknyuss... klw yg CRD 3ltr sih.. nah loh....

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by sting »

gmx wrote:Inilah jeleknya pajero om, kalo biasa pake mobil "biasa", naek pajero jd berasa nyaman bgt, tp kalo biasa naek pajero, kenyamanan pajero jd terasa biasa, dan mobil "biasa" jd berasa ga nyaman, makanya buat harian gw downgrade pake eterna, biar kalo week end jalan pake pajero jd kerasa nyaman..


Sekarang muncul masalah baru, hari2 pake eterna yg tarikannya enak, begitu pake pajero berasa lemot, padahal pajero V6 3000cc bensin sebenernya tarikannya juga wuenakk..
Wah Om Gmx curang baru kasih tahu sekarang :big_peace: . Kalo tahu gini mestinya dari dulu belinya. Tapi thanks to om Mdid, Om Gmx dan Om Billy dan om2 laennya. Berkat baca forum ini ampe berkali2 ,ane yg ngak pernah tahu apalagi naek Pajero jadi keracunan dan berani beli nih mobil. Padahal waktu mau jadi transaksi beli, bini nanyain terus, ngak salah nih bang, kok belinya mobil yg lebih tua dari boil sekarang dan malah nambah banyak duit lagi.
Tahu ngak, sekarang malah dia yang demen bawa Pajero. Kemana mana bawa Pajero, nganter anak sekolah PP dia pun bawa pajero dan ane disuruh balik pake Escape. Katanya dia sih ngak keberatan kalo escape ngak cepat laku kejual. :big_slap:

Ternyata, ane sama menderita kayak Om Gmx juga . Pajero membuat kita mendapat masalah (enak) ya.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

Gw jg senasib om, saya disuruh pake eterna, pajero ditinggal di rumah buat dipake nyokap kalo mau pergi.. Emang sih beli mobil tua taruhannya tinggi, gw dan om sting amat sangat beruntung dapet mobil tua yg kondisinya nyaris seperti baru.. Jd kapan berangkat ke bali? Jgn lupa foto2
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by sting »

billyd1773dz wrote: hehehe escape nda jelek kok om... gw jg demen bngt.. klw di suruh milih CRV xtrail GV dkk.. ane pasti ambil escape 3ltr 4x4... hehehe.. beberapa kli ampir beli.. tpi nda jadi mulu.. hehehe soalnya ntar masa punya 2 mobil tukang minum semua....
btw ane pernah nanya ke om, escapenya dgn pajero tarikannya enak mana yah?

:beer:
Om udah jawab kan untuk tarikannya sebelumnya, kalo start dari diam kayak di lampu merah enakan escape, tapi kalo sdh jalan dan narik misalnya saat mo overtaking mobil depan Pajero lebih unggul ,ato maksudnya pertanyaan bukan itu ?
Ane tambahin, kalo di jalan aspal atau mulus tarikan enakan Escape tp ada jeleknya nih mobil kalo di tol kec cepek-an suara angin masuk dari kaca samping, dan udeh rahasia umum, beres cuma bilang itu kelebihan dari escape gratis suara angin :2gunfire: :frm_bang_head: Sebenarnya dulu ambil escape, ngak ada forum ginian, lah beli nya karena demen modelnya, harganya aje lebih mahal dari CRV dan xtrail St. Om Billy kan pake cherokee, pasti sama seleranya, demen jg kan pantatnya escape :mrgreen:

escape 3.0 4x4 nya kan ngak low gear, hanya ada diff. lock, apa ngak salah nih bang Billy mo yang ini ? Ane yg terpaksa oprut jalanan pulogadung-cilincing aja udah 1/2 hidup apalagi oprut beneran ? ane ngak yakin bang. belum lagi kaki2 bisa beli part 1/2 losin sekalian.
Kalo bensin sama bang, mau 4x2 ato 4x4 katanya beda tipis. Mungkin GC lebih sadis lagi ya negak bensinnya, escape yg cuma 3.0 dalkot bisa 1:5 :mad:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by maskopat »

sting wrote: Om udah jawab kan untuk tarikannya sebelumnya, kalo start dari diam kayak di lampu merah enakan escape, tapi kalo sdh jalan dan narik misalnya saat mo overtaking mobil depan Pajero lebih unggul ,ato maksudnya pertanyaan bukan itu ?
kayaknya tarikan tengah yang maknyus, emang ciri khas mitsu deh.. kecuali di seri evo nya ya..
tarikan awal rada berat... tapi kalo overtaking, rpm udah di 2000-3000rpm, mau dihajar sampe 5000rpm hayoh aja.. tenaga gak ada habisnya di putaran menengah ke atas...

dan mungkin juga, dengan bobot yang lebih berat daripada escape, pajero om sting lambat di tarikan dari 0kph...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by sting »

gmx wrote:Gw jg senasib om, saya disuruh pake eterna, pajero ditinggal di rumah buat dipake nyokap kalo mau pergi.. Emang sih beli mobil tua taruhannya tinggi, gw dan om sting amat sangat beruntung dapet mobil tua yg kondisinya nyaris seperti baru.. Jd kapan berangkat ke bali? Jgn lupa foto2
Om Gmx kita memang beruntung dapat mobil bagus. Tapi kalo dibilang mobil tua, jujur ane ngak merasaken sama sekali loh, bangga malah iya. Kalo ngak melihat STNK ini mobil , temen2 kantor, tetanga ampe mertua yg pernah punya LC VRX 97, lihat pajero ini ngak nyangka atau ngak percaya kalo ini mobil produksi taon 2000, alias 9 taon silam.

Ane baru tahu lagi ini Pajero AC nya selain autoclimate jg dual zone. hebat kan, mboil baru sekarnng saja belum tentu selengkap ini.

Om, "taruhannya tinggi" itu apa ya, apa maksudnya ini mobil gampang atau sewaktu2 lagi jalan tahu2 rusak ? gitu ya ? waktu dirumah pemilik lama, dia cerita sebelum LC 200 nya keluar, terakhir taon 2008, dia masih bawa itu pajero sampe ke Jambi - sumatra. dan total ini pajero sdh 12 x sumatra dan 3 x jawa-lombok. maslah yg paling serius cuma ban pecah dan kehabisan solar. belum pernah namanya mogok apalagoi engine malfuntion dan berenti mendadak. kalo bagian mesin katanya pernah radiator bocor, dan hebatnya dengan kondisi radiator bocor, jarum suhu udah 3/4 merah ini mobil masih bisa jalan sampe kebengkel +/- 60 km. tidak ada overheat, piston jammed dll, yg ada ganti selang pipa bawah yg sobek seharga rp 150 ribu.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by gmx »

Taruhan tinggi kalo dapet mobil yg kondisinya ngga bagus, kurang dirawat oleh pemilik sebelumnya.. Sebenernya kalo untuk kelas pajero, lc, dan lainnya yg sekelas, umur 10 tahun msh bisa dibilang "remaja", liat aja hardtop msh banyak di jalan
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by sting »

maskopat wrote:
sting wrote: Om udah jawab kan untuk tarikannya sebelumnya, kalo start dari diam kayak di lampu merah enakan escape, tapi kalo sdh jalan dan narik misalnya saat mo overtaking mobil depan Pajero lebih unggul ,ato maksudnya pertanyaan bukan itu ?
kayaknya tarikan tengah yang maknyus, emang ciri khas mitsu deh.. kecuali di seri evo nya ya..
tarikan awal rada berat... tapi kalo overtaking, rpm udah di 2000-3000rpm, mau dihajar sampe 5000rpm hayoh aja.. tenaga gak ada habisnya di putaran menengah ke atas...

dan mungkin juga, dengan bobot yang lebih berat daripada escape, pajero om sting lambat di tarikan dari 0kph...
Om Pat, keliatan pakar dan tau banyak mitsu ya. Mo nanya, ini pajero katanya ECU ngelock top speed di 165 KPJ, bisa di unlock ngak ya dan dimana. Dan nambahin, ini pajero diesel rada gila juga, meski matic tapi itu RPM bisa ditarik terus ampe tembus beneran redline nya lalu secara otomatis pindah ke gigi tinggi lainnya.
Tambah asyik lagi di dashboar tdk ada PRNDdN atau PRND3,2danL tapi lansung 5,4,3,2,1 jadi kalo dia lagi bolak balik gigi maen gigi ato nahan di gigi 2 ato 3 keliatan lansung.
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by sting »

gmx wrote:Taruhan tinggi kalo dapet mobil yg kondisinya ngga bagus, kurang dirawat oleh pemilik sebelumnya.. Sebenernya kalo untuk kelas pajero, lc, dan lainnya yg sekelas, umur 10 tahun msh bisa dibilang "remaja", liat aja hardtop msh banyak di jalan
SETUJU !
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by maskopat »

sting wrote:
maskopat wrote:
sting wrote: Om udah jawab kan untuk tarikannya sebelumnya, kalo start dari diam kayak di lampu merah enakan escape, tapi kalo sdh jalan dan narik misalnya saat mo overtaking mobil depan Pajero lebih unggul ,ato maksudnya pertanyaan bukan itu ?
kayaknya tarikan tengah yang maknyus, emang ciri khas mitsu deh.. kecuali di seri evo nya ya..
tarikan awal rada berat... tapi kalo overtaking, rpm udah di 2000-3000rpm, mau dihajar sampe 5000rpm hayoh aja.. tenaga gak ada habisnya di putaran menengah ke atas...

dan mungkin juga, dengan bobot yang lebih berat daripada escape, pajero om sting lambat di tarikan dari 0kph...
Om Pat, keliatan pakar dan tau banyak mitsu ya. Mo nanya, ini pajero katanya ECU ngelock top speed di 165 KPJ, bisa di unlock ngak ya dan dimana. Dan nambahin, ini pajero diesel rada gila juga, meski matic tapi itu RPM bisa ditarik terus ampe tembus beneran redline nya lalu secara otomatis pindah ke gigi tinggi lainnya.
Tambah asyik lagi di dashboar tdk ada PRNDdN atau PRND3,2danL tapi lansung 5,4,3,2,1 jadi kalo dia lagi bolak balik gigi maen gigi ato nahan di gigi 2 ato 3 keliatan lansung.
ane emang mitsu lovers... tapi kalo ente tanya unlock ginian, kurang ngerti juga... pajero om Sting versi JDM ya.. makanya dilock di kec segitu..
mungkin temen2 lain bisa bantu...

wah, emang oke ya featurenya.. kalo di mobil ane, transmisinya kagak pake tuas tapi pencet tombol... dan di layarnya (bukan LCD) ada tulisan N, D1, D2, D3, dst...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sting
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Sun May 03, 2009 7:09
Location: MINE IS TWO !

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by sting »

maskopat wrote:
ane emang mitsu lovers... tapi kalo ente tanya unlock ginian, kurang ngerti juga... pajero om Sting versi JDM ya.. makanya dilock di kec segitu..
mungkin temen2 lain bisa bantu...

wah, emang oke ya featurenya.. kalo di mobil ane, transmisinya kagak pake tuas tapi pencet tombol... dan di layarnya (bukan LCD) ada tulisan N, D1, D2, D3, dst...
Kayaknya pajero nya versi Jepang, di mobil masih ada sticker dan keterangan dalam bahasa kanji. Gara2 pajero ane ikutan jadi mitsu lover. Padahal dari dulu ngak pusing merk mobil mo apaaan, semua disamain. Tapi rada aneh ini mitsubishi or KTB nya, mobil2 nya bagus kok ngak keliatan genderangnya apalagi gaung nya ya .
Om2 ,ada yang bisa rekomend dimana unlock top speed ngak ? thanks in advance.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

sting wrote:
billyd1773dz wrote: hehehe escape nda jelek kok om... gw jg demen bngt.. klw di suruh milih CRV xtrail GV dkk.. ane pasti ambil escape 3ltr 4x4... hehehe.. beberapa kli ampir beli.. tpi nda jadi mulu.. hehehe soalnya ntar masa punya 2 mobil tukang minum semua....
btw ane pernah nanya ke om, escapenya dgn pajero tarikannya enak mana yah?

:beer:
Om udah jawab kan untuk tarikannya sebelumnya, kalo start dari diam kayak di lampu merah enakan escape, tapi kalo sdh jalan dan narik misalnya saat mo overtaking mobil depan Pajero lebih unggul ,ato maksudnya pertanyaan bukan itu ?
Ane tambahin, kalo di jalan aspal atau mulus tarikan enakan Escape tp ada jeleknya nih mobil kalo di tol kec cepek-an suara angin masuk dari kaca samping, dan udeh rahasia umum, beres cuma bilang itu kelebihan dari escape gratis suara angin :2gunfire: :frm_bang_head: Sebenarnya dulu ambil escape, ngak ada forum ginian, lah beli nya karena demen modelnya, harganya aje lebih mahal dari CRV dan xtrail St. Om Billy kan pake cherokee, pasti sama seleranya, demen jg kan pantatnya escape :mrgreen:

escape 3.0 4x4 nya kan ngak low gear, hanya ada diff. lock, apa ngak salah nih bang Billy mo yang ini ? Ane yg terpaksa oprut jalanan pulogadung-cilincing aja udah 1/2 hidup apalagi oprut beneran ? ane ngak yakin bang. belum lagi kaki2 bisa beli part 1/2 losin sekalian.
Kalo bensin sama bang, mau 4x2 ato 4x4 katanya beda tipis. Mungkin GC lebih sadis lagi ya negak bensinnya, escape yg cuma 3.0 dalkot bisa 1:5 :mad:
ow gtu yah.. hehehe bearti sperti yg di bayangkan, torque is rule!...
tarikan bawahnya berat sya kira itu khasnya turbo diesel om... saat awal narik kan turbonya blm ngeboost rpm juga masih rendah jd terasa telat.. tpi klw uda jalan turbonya uda jeritt.. ya gud bye deh bensin... hehehe

coba saat start awal Rem+gas gigi1 sampe kedenger suara turbonya teruss lepas ajah.. mestinya lebih keceng tu aksel awalna om.. atw bisa ngeburnout tu..
wah kok mobil baru gtu bisa ada suara anginnya sih? hmmm.. kualiatas mobil baru skrng aga meragukan nih.. mending beli SUV mewah bekas aja deh... kya pajero GC dll... hehehe kualiatasnya terjamin...

hehehe iya demen desainya.. apa lgi yg 08 american ver mantep uy.. syang yg di indo jd jelek....
selain itu... engine 203psnya jg bikin ngilerr..
sebenernya sih suka freelander dulu, tpi mahal uy ngerwatnya jg susah.. terus keluar escape depanya mirip dgn freely, lihat dri berbagia majalah ktanya 4x4 cukup mumpuni. dan memang lebih lentur kaki2nya dibanding xtrail 4x4, okelah niatnya di pakai bwat harian dan keluar kota pastinya bukan bwat oprut beneran dunk om.. klw masih di jalan yg statusnya ancur akibat truk dan pernah di aspal sih masih terlalu dini bwat di sebut oprut hehehe.... toh 4x2 masih lewat kan?

dan pastinya d jalur dmn 4x2 tidak bisa lewat nda di niatin bener2 mw oprut pke escape om... pling jd service car,ngebwa barang yg lain yg turun... atau saat liburan kepantai escapenya bisa ikut turun main air di pantai hehehe... lgi main keluar kota sama keluarga ada kebon pinus, bisa masuk n piknik aga d dalem utan.. lengkep rasanya lburan klw ada 4x4.. nda tw nih skrng klw kmn2 kendaraannya nda 4x4 kya kurang apa gtu... hehehe klw ntar uda kenal dgn 4x4 nikmatnya jauh lebih luas dri sekedar aman di jalan ancur aja
:big_peace:

alesan g jd ambil escape lainya, dgn range harga bekas escape 4x4 165-200jt kok lebih worthit grandcherokee WJ V8 yah?jauh lebih mewah, material lebih baik, dan pastinya it's a "jeep". yup btul alesan lainya, nda yakin sama kaki2 FISS escape... klw GC kan full rigid axle dgn dpn quadra coil dan A-arm coil blkng, jaminan ketangguhan dan kenyamanan nih.. di jalan kya meteor jg nda perlu angkat gas...

soal FC sih ya nikmatin ajah... toh di pkenya sekali-kali aja hehehehe seengaknya input outputnya sebanding... klw di web jeepnya sih oktan minimalnya 87 witch is premium ready tu klw nda malu ngisi GC pke premium sih :D :D klw escape kan mesti pertamax?


CMIIW yah

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by Risol1 »

billyd1773dz wrote:soal FC sih ya nikmatin ajah... toh di pkenya sekali-kali aja hehehehe seengaknya input outputnya sebanding... klw di web jeepnya sih oktan minimalnya 87 witch is premium ready tu klw nda malu ngisi GC pke premium sih :D :D klw escape kan mesti pertamax?
Kalo liat dari webnya US, oktan 87 di US itu equivalen dengan RON91/92 (pertamax). Kalo premium kan RON 88, bukan oktan 88.
Karena Oktan sama RON itu beda. :mrgreen:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by billyd1773dz »

^^
hehehe iya uda tak duga gtu..... :D :D thx om...

tpi kemarin sma temen gw bisa di oprek kok om.. di bongkar tu mesinya terus di apain gtu.. d turunin gtu kompresinya kemarin di coba d wrangler yang sebelumnya selalu ngelitik pke premium(wrangler dan country pertamax, XJ limited premium), setelah itu jadi bener2 ngacir walau pke premium juga... tpi ya mesti mw di bongkar mesinya...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0

Post by roadtrain99 »

mo nanya nih sama yg pengalaman pajero

turbo di pajero diesel, suara "suitan" turbo nya terdengar jelas spt di LC ga?
kalo di nissan, *lupa2 inget* kayaknya ga kedengeran, sama kayak navara gitu. captiva jg ngga.


eniwei..

dulu pk xj krn di trans sumatra jarang ada premix, jd terpaksa premium, wkt itu ga bermasalah.