Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Alow.. bro..
mw tanya nih.. kira2 cara inreyen motor baru yg bener nih.. kyk apa y... ? kebetulan motornya Supra X 125
ummm... truz.. efeknya kl0 inreyen ga bener apa y....?? n kl0 benr efeknya apa y...?
mw tanya nih.. kira2 cara inreyen motor baru yg bener nih.. kyk apa y... ? kebetulan motornya Supra X 125
ummm... truz.. efeknya kl0 inreyen ga bener apa y....?? n kl0 benr efeknya apa y...?
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
cieee......... motor baru nih yeeeee.......................
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Yang bener tuh motor dipanasin dulu sekitar 3 menit, naikin terus geber aja dan jangan lupa isi bensin full tank. Motor baru jaman skrg semakin enak kalo inreyen langsung geber. Motor gw juga gitu, sekarang enak-enak aja...
Safety First
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
@samsul: cieee.......
@danangms: yups.. thankz... . H??? masak lgs digeber bro....??
boleh langsung dibuat boncengan g..???
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
ga boleh buat boncengan .......... klo ga ada joknye......... tp klo ada .... ga masalah sih...........neo88 wrote:
@samsul: cieee.......
@danangms: yups.. thankz... . H??? masak lgs digeber bro....??
boleh langsung dibuat boncengan g..???
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Jaman sekarang untuk motor atao boil baru ..nggak perlu reyen reyenan....tancap teruss....tapi sayang juga dung kalau motor baru .jadi kalau saya banyakan di poles dan di lap..terus kalau jalan pelan pelan..sambil pamer gitu he..he..he
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
aku dulu kalo ngreyennya sambil belajar... pernah sih belajar motor, tp motor laki...
setelah bisa ya akhirnya langsung geber aja, he he he
setelah bisa ya akhirnya langsung geber aja, he he he
...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Dibuat boncengan ga masalah kok. Asal ga boncengan bertiga, naik motor cuma untuk dua orang aja...neo88 wrote:
@samsul: cieee.......
@danangms: yups.. thankz... . H??? masak lgs digeber bro....??
boleh langsung dibuat boncengan g..???
Safety First
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Yang lebih penting lg, servis pada 500km pertama jangan telat.
Safety First
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
yeee.....tetep ajah ga boleh kalo buat nge bonceng spring bed, susah bawa nya.......sjamsul wrote:ga boleh buat boncengan .......... klo ga ada joknye......... tp klo ada .... ga masalah sih...........neo88 wrote:
@samsul: cieee.......
@danangms: yups.. thankz... . H??? masak lgs digeber bro....??
boleh langsung dibuat boncengan g..???
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
^^
spring bed itu orang mana yah dal............. .. (pura2 gebo)...
spring bed itu orang mana yah dal............. .. (pura2 gebo)...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
ntuh.....orang tanjung duren sono'an dikit.......sjamsul wrote:^^
spring bed itu orang mana yah dal............. .. (pura2 gebo)...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Mesin motor jaman sekarang pembuatannya lebih presisi dari jaman dulu sehingga 'inreyen' tidak perlu perlakuan khusus. Pada prinsipnya 'inreyen' itu diperlukan untuk memberikan waktu untuk bagian2 mesin yang bergerak dan yang bergesekan untuk saling menyesuaikan, tidak hanya untuk masalah kurang presisi saja, juga untuk indeks pemuaian bahan yang tidak sama.
Secara umum ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan pada masa 'inreyen' ini yaitu:
1. Saat start awal mesin dari kondisi dingin sebaiknya ditunggu sampai mencapai suhu ideal dengan posisi rpm stasioner. Hal ini bertujuan supaya mesin mempunyai waktu untuk mendapatkan pelumasan secara menyeluruh.
2. Seperti yang sudah disebutkan oleh om danangms, jangan dipakai untuk berboncengan tiga atau membawa beban berlebih, terutama pada periode sebelum 500 km pertama.
3. Jangan sampai terlambat untuk servis di 500 km pertama dan olinya diganti. Sevis tersebut sangat penting untuk menyetel ulang setelah bagian2 bergerak mesin saling menyesuaikan. Oli harus diganti karena sudah terdapat 'serbuk' metal hasil 'penyesuaian' antara bagian2 yang bergesekan.
4. Jangan dengan sengaja menyetel celah klep lebih rapat (dengan tujuan supaya mesin terdengar lebih halus) pada masa 'inreyen'.
5. Jangan lupa melakukan setel ulang jari2 pada velg (untuk yang masih pake velg jari).
6. Jangan membiasakan menggunakan gigi tinggi saat kecepatan rendah.
Kalau masih ada yang kurang bisa ditambahkan. CMIIW
Secara umum ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan pada masa 'inreyen' ini yaitu:
1. Saat start awal mesin dari kondisi dingin sebaiknya ditunggu sampai mencapai suhu ideal dengan posisi rpm stasioner. Hal ini bertujuan supaya mesin mempunyai waktu untuk mendapatkan pelumasan secara menyeluruh.
2. Seperti yang sudah disebutkan oleh om danangms, jangan dipakai untuk berboncengan tiga atau membawa beban berlebih, terutama pada periode sebelum 500 km pertama.
3. Jangan sampai terlambat untuk servis di 500 km pertama dan olinya diganti. Sevis tersebut sangat penting untuk menyetel ulang setelah bagian2 bergerak mesin saling menyesuaikan. Oli harus diganti karena sudah terdapat 'serbuk' metal hasil 'penyesuaian' antara bagian2 yang bergesekan.
4. Jangan dengan sengaja menyetel celah klep lebih rapat (dengan tujuan supaya mesin terdengar lebih halus) pada masa 'inreyen'.
5. Jangan lupa melakukan setel ulang jari2 pada velg (untuk yang masih pake velg jari).
6. Jangan membiasakan menggunakan gigi tinggi saat kecepatan rendah.
Kalau masih ada yang kurang bisa ditambahkan. CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Jaman saya dulu...inreyen kata ortu harus melewati angka 500 km baru di bilang lulus....kalau belon mentok di angka ituh tapi sudah di pakai untuk berboncengan,di percaya motorya nggak awet,alias cepet rusak.
bener nggaknya nggak tahu juga.
bener nggaknya nggak tahu juga.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
esh wrote:......... 3. Jangan sampai terlambat untuk servis di 500 km pertama dan olinya diganti. Sevis tersebut sangat penting untuk menyetel ulang setelah bagian2 bergerak mesin saling menyesuaikan. Oli harus diganti karena sudah terdapat 'serbuk' metal hasil 'penyesuaian' antara bagian2 yang bergesekan.
........... Kalau masih ada yang kurang bisa ditambahkan. CMIIW
sebaiknya pada service pertama, waktu ganti oli - begitu selesai di-tap/dikuras, di-"flush" dulu, baru kemudian diganti dengan oli yg baru.
tujuan flush tsb, untuk membersihkan "serbuk2" logam yg disebutkan mas bro esh diatas, kalau tidak betul2 dibersihkan..... kayak ternak ampril/amplas lhoooh wkwkwkwk CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3454
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Walaupun pembuatan motor sudah lebih presisi dibanding jaman dulu, tapi apa ada jaminan dari pabrikan kalo motor boleh langsung digeber?
Dari pabrikan menyarankan tetap servis pertama setelah 500km pertama artinya pabrikan tetap menyarankan agar setiap motor melalui proses inreyen terlebih dahulu.
Gagal inreyen berarti siap2 motor ngebul lebih cepat.
Dari pabrikan menyarankan tetap servis pertama setelah 500km pertama artinya pabrikan tetap menyarankan agar setiap motor melalui proses inreyen terlebih dahulu.
Gagal inreyen berarti siap2 motor ngebul lebih cepat.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
kalau denger2 siich........ untuk jenis motor trail, tidak perlu inreyen2-an segala yaach... bener apa gak niich?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Aku pernah nonton dokumenter pembuatan motor. Di pabriknya, tuh motor sebelum dilepas ke pasar melalui pengetesan dulu. Cara testnya juga digeber-geber, malah ada yg ditest di track sirkuit pabriknya sebelum dilepas ke konsumen.
Aku ga tau juga kualitasnya motor indonesia di test seperti itu nggak...
Aku ga tau juga kualitasnya motor indonesia di test seperti itu nggak...
Safety First
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Yang saya tahu sendiri di Indo tidak seperti itu. Memang setiap motor yang selesai dirakit dari assembly line akan melalui proses QC terlebih dahulu, melalui beberapa alat penguji kemudian baru ditest jalan di lingkungan pabrik (bukan test track khusus). Karena itu tidak ada motor baru yang odometernya benar2 0.danangms wrote:Aku pernah nonton dokumenter pembuatan motor. Di pabriknya, tuh motor sebelum dilepas ke pasar melalui pengetesan dulu. Cara testnya juga digeber-geber, malah ada yg ditest di track sirkuit pabriknya sebelum dilepas ke konsumen.
Aku ga tau juga kualitasnya motor indonesia di test seperti itu nggak...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Jadi motor baru yang dirakit di indonesia pengujiannya kurang ya? Untung motorku made in india, jadi berani langsung geber...esh wrote:Yang saya tahu sendiri di Indo tidak seperti itu. Memang setiap motor yang selesai dirakit dari assembly line akan melalui proses QC terlebih dahulu, melalui beberapa alat penguji kemudian baru ditest jalan di lingkungan pabrik (bukan test track khusus). Karena itu tidak ada motor baru yang odometernya benar2 0.danangms wrote:Aku pernah nonton dokumenter pembuatan motor. Di pabriknya, tuh motor sebelum dilepas ke pasar melalui pengetesan dulu. Cara testnya juga digeber-geber, malah ada yg ditest di track sirkuit pabriknya sebelum dilepas ke konsumen.
Aku ga tau juga kualitasnya motor indonesia di test seperti itu nggak...
Safety First
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
esh wrote:
6. Jangan membiasakan menggunakan gigi tinggi saat kecepatan rendah.
maksudnya... ???
um.. misal.. neo kan.. jalan.. gigi 1 :0-40, truz... oper gigi 2:50-55 nah... krn.. agak macet.. truz.. neo lepas gas perlahan.. nah... Km/hr nya..kn turun tuh.. dari 55- 35-25 na...h apa neo harus oper gigi 1 at0.. dipertahankan.. aja gigi 2 ????
apa itu yg dimaksud menggunakan.. gigi tinggi saat kecepat rendah ???
krn.. wkatu neo c0ba oper gigi 1 saat dah.. 20 km/hr tuh.. terjadi sentakan.. mesin tapi.. halus sih....??? salah y....??
mohon pencerahan.. bro sekalian....
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- SM Moderator
- Posts: 4427
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Sebenarnya cukup dipakai secara normal. Kalo memang bisa geber sampai 100 km/h ya silakan saja.
@om neo: kalo kecepatan 20 km/h pake gigi 4, nah itu baru gigi tinggi kecepatan rendah. Sebenernya paling enak kalo kecepatan kurang dari 10 km/h baru turun ke gigi 1. Tapi gigi 1 masih enak bwt digeber sampe 20 km/h.
~KebetulanMotornyaSama~
@om neo: kalo kecepatan 20 km/h pake gigi 4, nah itu baru gigi tinggi kecepatan rendah. Sebenernya paling enak kalo kecepatan kurang dari 10 km/h baru turun ke gigi 1. Tapi gigi 1 masih enak bwt digeber sampe 20 km/h.
~KebetulanMotornyaSama~
no signature
-
- SM Moderator
- Posts: 4427
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Tapi bukan berarti dipake tarik2an, ya...Ryan Steele wrote:Sebenarnya cukup dipakai secara normal. Kalo memang bisa geber sampai 100 km/h ya silakan saja.
Selama narik gasnya halus, diurut, kayaknya gpp.
Motor ini gasnya gak bisa disentak, harus diurut biar tenaganya keluar.
no signature
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 771
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
tambahan nih menurut manual motor ane sih..
- rpm sebisa mungkin jangan konstan
- ada limitasi rpm yg musti dijaga, n baru boleh full mpe redline klo dah lewat 1000km
- setiap berkendara 30menit berenti dulu sampai mesin aga dingin
sekian..
- rpm sebisa mungkin jangan konstan
- ada limitasi rpm yg musti dijaga, n baru boleh full mpe redline klo dah lewat 1000km
- setiap berkendara 30menit berenti dulu sampai mesin aga dingin
sekian..
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................