Hemat Bensin lewat Pemurnian Udara
PEMBAKARAN sempurna pada mesin mobil memang menjadi harapan si pemilik. Sebab, hal itu akan membuat mesin efisiensi yang pada akhirnya hemat konsumsi bahan bakar minyak.
Rumusan untuk mencapai kondisi yang maksimal dalam pembakaran adalah menciptakan air fuel ratio (AFR) atau perbandingan udara yang masuk dengan bahan bakar minyak secara tepat.
Idealnya, perbandingan AFR adalah 14,7 : 1, di mana 14,7 bagian udara bisa bercampur dengan satu bagian bahan bakar. Dengan demikian, proses pembakaran mencapai titik optimum, di mana campuran bensin dan udara dapat terbakar habis. Hasilnya, mesin pun akan bekerja maksimal dengan konsumsi bensin yang minimal, alias lebih irit.
Namun nyatanya, kondisi di atas sangat sulit dicapai oleh mesin mobil. Karena itu, tak heran jika banyak sekali komponen pendongkrak kinerja pembakaran yang beredar di pasar. Mulai alat ionisasi bensin dengan tarikan daya magnet untuk mengubah suhu bahan bakar sebelum bercampur dengan udara dan masuk ke ruang bakar, hingga alat semacam kincir turbin untuk memperbanyak dan mempercepat aliran udara yang masuk ke ruang bakar.
Kalau dicermati, maraknya alat ionisasi bensin dengan magnet ini memang bukan tanpa alasan, mengingat kualitas bensin di Tanah Air saat ini tergolong jauh dari standar yang disyaratkan produsen mobil. Karena itu, dengan asumsi rumusan AFR, dengan meningkatkan kualitas bensin maka kinerja mesin semakin efisien dan optimal.
Lantas bagaimana dengan komposisi udara sebagai unsur terbesar dalam AFR (14,7 bagian)? Untuk urusan meningkatkan kualitas pasokan udara ini memang terbilang jarang. Kalaupun ada mungkin hanya untuk meningkatkan kuantitas atau jumlah udara yang akan dialirkan ke dalam ruang bakar, seperti produk kincir turbin yang dipasang pada saluran udara.
Tentu saja komponen yang membuat efek pusaran pengatur turbulensi atau pengatur efek vakum sebelum masuk ke ruang bakar ini mengabaikan masalah kualitas udara yang dibutuhkan. Padahal, udara bebas yang terserap itu mengandung unsur-unsur yang justru meminimalkan proses pembakaran, seperti uap air atau partikel bebas lainnya.
Melihat kondisi ini, Walbrick Development Ltd yang bermarkas di Amerika Serikat menciptakan teknologi untuk meningkatkan kualitas udara sebelum bercampur dengan bensin.
Alat berupa lempengan ini mengandung campuran titanium, aluminium, dan unsur-unsur alami lainnya agar mampu menciptakan efek radiasi infra merah, medan magnet dan efek ionisasi udara. Dengan demikian, alat yang diberi label Magic Jet ini mampu mengurangi partikel bebas yang tidak diperlukan dan menekan kelembapan udara.
Pemurnian udara
Berkat kemampuan secara kimia menyerap uap air dan ion udara yang tidak diperlukan, udara yang akan masuk ke ruang bakar menjadi lebih murni. Ini berarti proses bercampurnya bensin dengan udara yang lebih bersih membuat proses pembakaran semakin sempurna.
Kondisi ini diyakini membuat mesin mobil menjadi lebih hemat dalam mengonsumsi bahan bakar, di samping mendongkrak tenaga. "Hasil uji efisiensi penggunaan alat ini mampu menghemat konsumsi bensin antara 10% hingga 15%," kata Presiden Direktur PT Performa Auto Teknologi (PAT) Hartomo Alamsyahrir di Jakarta, kemarin.
Selain menghemat konsumsi bahan bakar, penggunaan Magic Jet berdasarkan uji yang dilakukan Balai Termodinamika, Mesin dan Propulsi (BTMP) Badan Pengembangan dan Pengkajian Teknologi (BPPT), Serpong, Tangerang, mencatat alat ini juga mampu menekan emisi gas buang kendaraan.
Pemurnian udara yang dilakukan Magic Jet ini mampu menurunkan kadar karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) atau gas sisa pembakaran, bertambahnya energi yang terbakar (CO2), serta rasio udara dan bahan bakar yang mendekati angka 1 (lamda). "Kemampuan alat ini bisa menekan emisi gas buang menjadi hanya 0,10% saja," tambah Hartomo.
Di tengah semakin mahalnya harga bahan bakar dan turunnya kualitas udara, alat-alat tambahan seperti ini memang menjadi alternatif penjaga agar dompet tidak bobol karena mobil boros.
Hemat Bensin lewat Pemurnian Udara
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Mon Dec 13, 2004 10:32
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
- Location: carstensz