[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:
roadtrain99 wrote: btw yg spion utk ctv, ada option retractable mirror.
ternyata value for money nya ctv cukup bagus ya, dpt 4* walaupun merk nya jauh dari kepopularitasan.

iseng2 itung rating...
42ner d4d dpt 23*
everest dpt 20*
ctv dpt 21*
lumayan..mobil rongsokan gw dpt yg tengah... :e-dance:
waktu review itu, harga fortie 2.5d itu msh sktr 300jt, dan harga ctv pun yg skrg 315jt (bukan 324jt, apalg waktu bln jan 09)
cb bandingkan dgn skrg?
Tapi Fortuner tetap menang professional review, bukan ahli brosur seperti anda - kata ANDA Fortie tidak ada keunggulan...gimana tuh? Mau mengakui kesalahan omongan anda? Pasti tidak.

Kalo masalahnya HARGA dan anda tidak mampu beli, ya lain soal - kerja aja lebih keras ok? Tp jangan bilang Fortuner Diesel gak ada keunggulan lagi ya...itu asbun namanya :big_weee:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

mandala1 wrote:
Captivated wrote:buset, cpt bener ni tred larinya.... mesti ngubek2 jauh bnr
Abisnya nungguin nt lama sih om....jadinya om kopat sementara jadi pengisi acara hiburan dulu deh....
ditambah dari ooters macam si jombie, yaaa.....jadi no wonder deh kalo postingannya membludak :upss:
kena lagi gue :e-doh: :big_weee:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Mungkin faktor2 ini yg anda kurang bisa terima dari pertama, sehingga anda bingung, koq mobil 150 hp bisa kalah salesnya dengan 102 hp?
Atau kata lainnya "Koq mobil 102 hp bisa dianggap sama masyarakat luas lebih ber-value (buat masing2 pembelinya) daripada mobil 150 hp", nah jawabannya "Karena masyarakat luas bukan cuma ngeliat dari 102hp vs 150hp seperti anda"......
doh, ngomongin sales lg.... dmn gw ngebahas ttg sales?
Kalo lagi bahas tema "Fortie harga segitu overpriced atau engga?" ATAU "Apakah masyarakat di pasar tsb lebih 'suka' sama fortie atau engga sih?" ATAU yg pertanyaannya mirip2 spt itu, lho koq kita engga mao membahas sales?
Padahal pertanyaannya/topiknya aja udah pertanyaan sales semua (artinya kalo di perusahaan mobil tuh yg tanganin pertanyaan2 kaya gini tuh divisi sales/marketing nya bukan divisi teknis nya).

Kalo cuma ngebahas your words against mine, ya gak kelar2 untuk jawab pertanyaan2 diatas. Lebih baik kita lempar aja pertanyaan2 tsb ke pasar, dan biar mereka sendiri yg jawab: apakah fortuner itu overpriced atau tidak?, apakah merek lebih suka fortuner atau tidak?, dll kan?
Dan market jawabnya gimana? Ya pake figure sales2 tsb.

Karena spt yg saya udah bilang ke GTR, topik ini udah melenceng di tengah2......bukan lagi membahas/mereview 3 merek mobil, melainkan lebih nanyain "apa sih bagusnya fortie koq bisa dibanderol dengan harga segitu dan tetep laku keras?", dan diskusi terus berputar2 di topik tsb.
Dulu sebelum saya tanya "kenapa captiva mobil orang rasional tapi sales tetep kalah?", bro captivated gak pernah komplain padahal udah sama2 ngomongin sales juga (udah keluar juga itu kata2 "overprice", market fortuner gak wise, dll), lho koq sekarang gak mao ngomongin ttg market/sales lagi?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote:Dari kemaren2 bukannya yg kita ngomongin itu memang menyangkut sales?
Bukankah dari kemaren yg kita omongin itu menyangkut ttg "harga fortuner mahal gitu koq tetep dibeli?", ane jawab karena pasar menganggap harga segitu sesuai dengan value yg mereka dapatkan, sedangkan anda bilang sebenernya fortuner itu overprice dan yg beli irrasional semua .......gitu kan?
Pas anda ngomong spt itu, koq gak masalah kita ngomongin sales, tapi pas saya tanya kenapa captiva mobil orang bijak dan value tinggi tetep salesnya rendah? Baru deh anda males ngomongin "sales" :mrgreen:

Padahal kan intinya omongin kita sama aja toh.......
bener fortie 2.5d itu overpriced, dan dan yg beli brg overpriced itu irasional (krn lbh mengutamakan perasaan drpd ratio) karena ga ada alasan fundamental knp fortie bs naek 75jt dlm waktu sesingkat itu
mendingan drpd ga jelas2, tlg cari dmn gw pernah ngebahas komparasi fortie vs ctv vs evie berdasarkan sales
smg anda dpt, spy gw yg mulai pikun ini bs inget lg :drinking:
Coba tolong liat tulisan saya diatas....... :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Gak usah bingung bro :mrgreen: ....kalo anda gak bisa menerima adanya faktor2 "eksternal" spt ini (kan katanya cape de :roll: ), berarti anda bakal selalu kebingungan terus karena kita hidup di dunia yg penjualnya bukan cuma 1 bro.......dan produk juga macem2, dan fenomena ini terjadi di semua bidang kehidupan kita hehehehe.......

Kualitas yg anda sebutkan diatas (yg saya garis bawahi) juga termasuk faktor "ekternal" alias bergantung persepsi masing2 orang ajah, bukan eksak. Kalo anda lebih suka ngomongin kualitas (yg adalah faktor non eksak), berarti anda mustinya ngerti dong apa yg lagi diomongin disini?.......alias gak cuma ngomongin spek teknis doang :mrgreen:
kyknya kita mulai menuju titik yg sama bro.... yak bener, ini adalah fenomena :mrgreen:
busway, spy ga debat kusir tnpa arah, mnrt anda definisi irrational itu apa? definisi fenomena?
spy bs 1 persepsi n ga panjang2 lg argumennya
Intinya kalo rumah yg sama gede/material nya di PI lebih mahal daripada rumah di LB, kita semestinya gak perlu heran.
Atau kalo performance tires nya Pirelli/Bridgestone lebih mahal daripada performance tires nya Good Year (walaupun secara angka2 rating/max speed/angka2 lain yg tertera di dinding ban = SAMA atau LEBIH JELEK punyanya pirelli), kita semestinya gak perlu heran/bingung.

Dan yg beli rumah di PI atau yg beli ban pirelli juga engga bisa kita cap sebagai orang irasional (orang yg mikirnya gak pake rasio = gak pake pemikiran/otak kalo kasarnya)

Dan YA, menurut saya kualitas itu = faktor eksternal (yg erat hub nya dengan persepsi masing2 orang), bukan faktor EKSAK (spt kata anda diatas)
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Kalo Captivated interview semua pembeli fortuner, dan sebagian besar jawaban beli karena gengsi/resale, mungkin pernyataan anda bisa dipertanggung jawabkan, tapi kalo cuma 1-2 orang, ya gimana?
Yg saya tanya tuh mana bukti bahwa pembeli fortuner itu cuma mentingin gengsi dan resale value sehingga anda bisa ngecap mereka itu "pembeli tanpa otak"? metode penelitiannya gimana? tolong dijabarkan :mrgreen:
loh, kmrn kt anda hal itu ga ada... skrg ada tp ga byk? gitu yak..... :mrgreen:
"pembeli tanpa otak"? wooiii.... dmn gw ksh statemnet kyk gitu? fitnes lg nih :frm_bang_head:
Kalo anda ngerti maksud saya, semestinya anda ngerti dong kalo saya lagi gak ngomong ttg tujuan beli mobil per masing2 individu, yg saya lagi bicarakan ini adalah marketnya, bukan masing2 individu.
Makanya saya tanya bagaimana metode penelitian anda, sehingga anda bisa ngecap sebagian besar pembeli (market) nya Fortuner cuma mentingin faktor2 diatas?

Kalo soal "kmrn kt anda hal itu ga ada... skrg ada tp ga byk? gitu yak", saya dari kemaren2 juga udah bilang kalo kasus per kasus ya pasti ada karena namanya orang punya alesan masing2 kenapa dia beli mobil tsb (1001 mcem alesannya), contoh:

Agustus 27, 09
Risol1 wrote:Kalo beli Fortie abis itu 3 hari lagi dijual lagi dgn harga lebih mahal (setelah harga baru naik), ya itu baru spekulan namanya :mrgreen:
Biasanya sih jaraaaanggg sekali orang2 yg berprofesi sbg spekulan mobil karena mobil bukan brg komoditi/saham, melainkan barang konsumsi yg harganya pasti turun.
Atau pas Captivated tanya tanggal Agustus 28, 09:
Risol1 wrote:
Captivated wrote:koreksi gw kl salah... tp ini mmg kenyataan. ada org ngambil fortie disel, sudah tau kelemahan/kekurangannya tp ttp nekat ngambil krn inga2 dgn hal tsb (resale)?
pasti banyak yg begitu bro, karena memang salah satu kekuatan si fortie adalah resale value. Tapi apakah itu yg namanya gak rasional atau gak bijak, atau "ngasi angin"
Sama aja kasusnya kalo ada yg beli captiva diesel cuma karena pengen nikmatin diesel wus wus nya (yg menurut banyak orang adalah kekuatan si ctv), apakah salah?
Atau kalo ada orang yg beli Captiva karena dia cuma suka dengan image Captiva yg berbau amerika dengan bowtie emblemnya (salah satu kekuatan ctv jg)? Apakah orang2 ini salah/irrasional/gak bijak??
Seperti yg saya bilang berulang2, satu dua contoh gak bisa mewakili keseluruhan pasar......

Saya gak tau apa arti irasional di benak anda, tapi yg saya tau irasional artinya orang yg gak berpikir memakai atau sesuai dengan rasio. Atau yg mengambil keputusan tanpa memakai akal sehat.......atau bahasa kasarnya, mengambil keputusan tanpa otak yg sehat....atau gak pake otak........ :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Ya berarti anda mustinya ngerti dong bahwa kenapa fortuner sah2 aja dijual lebih mahal walaupun hp lebih kecil, selama pembelinya masih banyak. Gak perlu selalu hp harus lebih tinggi untuk justifikasi harga yg lebih mahal :mrgreen:
ini namanya "luar biasa" (diluar kebiasaan/common sense)
Sekarang ganti term lagi:
Dari "Gak Wise" ke "Irrasional" ke "Luar Biasa"......banyak kali panggilannya konsumen Fortuner........
Orang2 pembeli Toyota Fortuner (yg rasanya udah "rendah" banget dihadapan anda), gak pernah ngatain pembeli Captiva dengan sebutan apapun :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Kalo pembeli oil futures nya mao bener2 buat hedging apa namanya spekulan juga? Kaya perusahaan2 airline yg hedging oil karena mereka mao pake oilnya?

Inget yg namanya spekulan (di konteks bahasan ini), bukan cuma nebak naik turun harga, tapi spekulan artinya orang2 yg gak perlu barangnya (gak perlu minyaknya), cuma pengen untung dari jual belinya aja, seperti perumpaan anda ttg pembeli forti yg gak pake mobilnya, langsung dibawa ke pedagang mobkas untuk dijual lagi.

Kalo beneran dipake untuk hedging, berarti mereka gak termasuk spekulan dong?

Untuk supaya untung main oil futures, harga gak harus naik. Harga turun pun tetep untung asal posisinya awalnya tepat :mrgreen:
mnrt gw, ttp spekulan bro. krn asas : ga ada yg tau kemana market bergerak. jg ga ada yg tau pasti 100% harga bid-nya kena.
kecuali ada yg bs pastikan 100% yg pasangannya kena, itu br bukan spekulasi
cm kl perusahaan yg maen fisik, spekulasinya terukur... kl yg cm maen kertas, biasanya spekulasi jor2an (bs diblg judi) krn srg bergerak tanpa fundamental
mgkn yg "judi" ini yg bro maksud spekulan, yg "terukur" bukan. tp pd dasarnya semuanya ada faktor spekulasi, tinggal sejauh/sebesar apa nilai ato byknya:
Berarti menurut anda semua pemain saham (yg cuma mao untung cepet, ataupun yg bener2 beli saham untuk investasi jangka panjang) juga spekulan semua dong (kan mereka sama2 nebak harga doang)? Atau orang2 yg beli mata uang asing sbg tabungan jangka panjang adalah spekulan juga dong?
Sebenernya Kalo pas market crash, dan kita mendengar orang2 pada nyalahin "spekulan", spekulan disini tuh adalah orang2 yg cuma jual beli dengan tujuan keuntungan sesaat, bukan semua pemain saham (termasuk investor2nya) yg disalahkan.

Begitu juga dengan kasus minyak, pada waktu orang2 pada ributin ulah "spekulan", yg mereka maksud tuh lebih kepada orang2 yg cuma pengen memanfaatkan market utnuk keuntungan sesaat, bukan seluruh pemainnya. Kalo yg tujuannya hedging (karena produknya mao dipake), itukan real market alias beli untuk dipake, bukan dijual lagi :mrgreen:

Tapi ya, memang definisi spekulan ada di tangan masing2 yg liat lah :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote:
Captivated wrote: zyrex vs acer??? hmmm... krn hanya acer yg punya dedicated vram yg gw mau, vote acer dah. bukan krn merk apalg harga. cm krn vram/layar/hd/memory-nya yg plg ok mnrt gw.
terlebih bukan duid gw yg byr..... hehehehe
tp kl acer vs hp/sony/dell/fujitsu, gw vote acer. nah ini harga jg yg jd pertimbangan :mrgreen: :
Nah itu udah ngerti (garis bawah diatas).....jadi menurut captivated, Acer kasi value lebih kan walaupun mungkin harga lebih mahal? Dan Captivated berani beli atau berani bayar kan, Ya analoginya sama aja dengan pembeli Fortie..... :frm_tumbright: Ya itulah artinya faktor2 "eksternal" :mrgreen:
Yg ane bingung koq kalo di laptop ngerti tapi kalo disoal mobil masih "bingung" :ngacir:
liat dong bro, yg jd patokan gw kan dedicated vram... yg ini eksak : nvidia 8600m gt (upto 1280mb) vs intel 256mb shared
bukan krn merk, gengsi, apalg reliabilitas :mrgreen:
hehehe iya udah diliat, kan selain vram, bro Captivated juga bilang "Menurut saya, layar/hd/memory nya si Acer lebih baik dari si Zyrex", makanya saya berani bayar lebih mahal buat si Acer.....gitu kan? Memangnya Zyrex gak punya layar/hd/memory tsb? :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Gak menimbang produsennya (serta faktor2 "eksternal" lainnyapun), kata siapa Fortuner kalah dengan Captiva?
yg pasti : kalah hp/torsi, material dasbor, t.tronik 5at, dll.... :mrgreen:
Mungkin bener dari kacamata anda, tapi kalo dari kacamata orang lain belum tentu, bisa aja dia bilang: Fortie menang karena ada MID, ada Electric Seat, bangku baris ke-3 bisa muat 3 orang, konstruksi body on frame (sehingga lebih kuat narik trailer jetski saya) , dll......gitu dong?

BUkan ane bilang Captiva kalah dari Fortuner, tapi "hey Captiva gak selalu menang dari Fortuner" even di spek teknisnya......tergantung dari yg liat....gak semuanya menang telak gitu lho.....Tapi nampaknya anda masih belum bisa menerima statement ini.
:mrgreen:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Risol1 wrote:apa sih bagusnya fortie koq bisa dibanderol dengan harga segitu dan tetep laku keras?
Ya memang sudah melenceng kesini, seperti biasa kalo ada Fortuner langsung pada keluar opini2 gak jelas.

Berikut ini adalah klaim si Captivated
1. FORTUNER TIDAK ADA KEUNGGULAN TEKNIS DIBANDINGKAN CAPTIVA, EVEREST
Mari kita merujuk ke professional review
Image
OTOMOTIFNET - Kisah mbah Marijan terpisahkan dari gunung Merapi. Namun banyak kisah heroik kuncen abdi dalem Yogyakarto hadiningrat lain yang tak kalah seru. Kemurkaan Merapi dihadapi kepasrahan mendalam. “Semua berpulang kepada Gusti Allah,” terang Sadji­man, yang dalam KTP keraton dianugerahi nama alias Suraksohaldoko.

Keseharian Sadjiman yang berumur 47 tahun terdengar sepele. Seperti merapikan batu-batu penghalang jalan setapak menuju puncak Merapi. Namun kemampuan jelajahnya, bisa 2-4 jam berjalan kaki dari puncak tertinggi yang bisa dicapai Fortuner, Captiva dan Everest. Kebaikan hatinya bukan cuma menuntun pencinta alam menikmati gunung yang sejak 1548 sudah meletus 68 kali itu, tapi juga membantu ekspedisi trio SUV diesel. Sadjiman membantu melaporkan komparasi tiga SUV diesel dari ketinggian 2.980 m di atas permukaan laut.

Akomodasi
Sama-sama sanggup menampung 7 orang penumpang, hanya sedikit perbedaan antara ketiga kompetitor. Untuk ruang kaki tampaknya Fortuner paling lega. Posisi duduk nyaman dan kaki tidak tertekuk. Everest walau kapasitas bagasi paling luas, tapi ruang kaki tidak selega Fortuner. Sedang Captiva yang memang memiliki ruang kabin terkecil harus rela berada di urutan terakhir.

Beda saat ingin mengangkut barang. Ruang bagasi Everest menjadi paling besar. Apalagi dibantu pelipatan jok yang simpel, cukup lipat sandaran jok ke depan, apabila masih kurang jok masih bisa dilipat mendekati bangku baris kedua. Akan terlihat bagasi simpel dengan daya angkut maksimal.

Sama hal dengan Captiva, membesarkan ruang bagasi cukup hanya dengan melipat sandaran jok, maka tercipta lantai bagasi yang rata. Untuk meletakan barang Captiva memiliki keunggulan sendiri. Kaca belakang bisa dibuka terpisah dengan pintu. Sangat praktis untuk menaruh barang-barang yang tidak terlalu besar.

Fortuner yang banyak makan tempat hanya untuk meletakan jok. Setelah melipat sandaran jok, harus melipat jok kesamping menutupi jendela belakang. Alhasil, ruang bagasi banyak tersita hanya untuk meletakan bangku.

Kesimpulannya, Everest menjadi pemenang untuk daya angkut. Kelegaan ruang dibantu kemudahan sistem pelipatan jok menjadi poin lebih. Sedang Captiva yang memiliki tingkat kepraktisan tinggi, namun dimensi bagasi yang tidak terlalu besar menjadikan nilainya sejajar dengan Fortuner. Sayangnya untuk Fortuner walau memiliki ruang bagasi yang cukup besar namun tersita saat melipat jok baris ketiganya.

Fortuner : ***
Everest : ****
Captiva : **

Performa
Soal performa, Captiva ( 2.000 cc) menghasilkan performa terbaik, daya maksimum 150 dk/4.000 rpm dan torsi puncak 320 Nm/2.000 rpm. Tampak paduan mesin dan transmisi otomatik tiptronik memberikan akselerasi baik layaknya manual, yang menjadi satu-satunya pilihan untuk Fortuner diesel ini. Sementara Everest, belum melengkapi diri dengan fasilitas pada transmisi otomatik seperti Captiva.

Sedangkan antara Everest dan Fortuner (2.500 cc), daya dan torsi puncak Everest yang juga menggunakan variable geometry turbo seperti Captiva (142 dk/3.500 rpm dan 330 Nm/1.800 rpm), jauh lebih besar dari Fortuner, akselerasinya lebih baik, padahal transmisi otomatiknya memiliki respons sedikit lebih lambat dibanding transmisi manual Fortuner. Daya maksimum Toyota Fortuner memang paling rendah (102 dk/3,200 rpm), namum torsi puncak merata (200 Nm/1.400-3.400 rpm). Sehingga pas di segala medan, baik di tol Cipularang, maupun rute naik-turun di sekitar Nagrek, Jabar. Namun kala memanjat kaki gunung Merapi, perlu sedikit ngotot mempertahankan putaran mesin agar Fortuner mampu mengejar laju rival-rivalnya.

Fortuner : **
Everest : ***
Captiva : ****

Konsumsi BBM
Siapapun akan memberikan perhatian lebih soal konsumsi bahan bakar. Baik yang berada dalam ruang sejuk berAC dalam kamar hotel berbintang maupun embusan angin sejuknya di lereng Dieng. Dengan jarak tempuh lebih dari 1.800 km antara Jakarta dan Yogyakarta, hingga ke lereng gunung Merapi, tercatatlah penggunaan bahan bakar solar yang diminum masing-masing SUV ini.

Ada pendapat soal mobil berkapasitas mesin besar otomatis menenggak bahan bakar lebih banyak. Namun jika melihat hasil uji coba ini Chevrolet Captiva agaknya menggeser hal tersebut. Memang SUV dengan kontur membulat ini memiliki performa istimewa, namun soal konsumsi bahan bakar agaknya ia mesti bersaing dengan Toyota Fortuner yang memiliki mesin dengan kapasitas lebih besar.

Tampaknya dapur konsumsi bahan bakar adalah sisi istimewa buat Toyota Fortuner konsumsi solarnya relatif sama dengan Captiva! Sementara Ford Everest memang menunjukkan bahwa mesin bertenaga besar memang lebih haus!

Fortuner : ****
Everest : **
Captiva : ***

Kenyamanan
Menikmati perjalanan di atas SUV ternyata nikmat juga. Secara garis besar, ketiga peminum Solar ini cukup nyaman buat melintas jalur Jakarta-Yogyakarta melalui jalur selatan. Lewat tol tidak diragukan lagi, meski jangkung mereka tetap stabil dan nyaman tanpa banyak goyangan. Asal jangan terlalu ekstrem bermanuver karena body roll bakal sangat terasa.

Melintas jalur Nagrek masih nyaman karena baru diaspal. Namun begitu masuk daerah Majenang, banyak lubang mengadang di jalan. Dengan ban besar dan ground clearance tinggi, jadi pede melibasnya. Toh guncangan tidak terlampau terasa di kabin. Mengutip komentar salah satu kru redaksi, “Jalan kayaknya mulus aja, kok.”

Meski demikian, ada perbedaan karakter dari ketiga SUV. Fortuner menawarkan jok yang lebih nyaman ketimbang Everest dan Captiva. Jok Captiva relatif lebih keras. Sedangkan buat pengemudi, kenyamanan nyetir maksimal disediakan Fortuner dan Captiva dengan setelan ketinggian pada kursinya.

Selain jok, kelembutan suspensi Fortuner pun sudah teruji. Meski masih mengandalkan ladder frame, mobil dengan tenang melibas jalan bergelombang tanpa banyak guncangan. Kondisi jalan buruk pun cukup banyak diredam suspensi Captiva dan Everest. Hanya saja bantingan keduanya relatif lebih keras, terutama suspensi bagian belakang. Hal ini terasa sekali saat melintas polisi tidur. Bagian moncong mobil sudah lewat dengan mulus, namun bagian belakang relatif menyentak.

Iklim kabin pun terjamin pada ketiga SUV. Soalnya semua punya AC dengan sistem double blower. Pengemudi pun masih punya kuasa buat mengaktifkan. Toh kalau tidak ada penumpang enggak perlu hidup bukan? Bedanya, Fortuner dan Everest punya kisi-kisi di atas plafon. Sedangkan Captiva hanya punya satu kisi-kisi di sebelah kiri belakang. Kisi-kisi itu juga dilengkapi dengan pengatur kipas blower.

Fortuner : ****
Everest : ***
Captiva : **

Fitur
Membahas keunggulan fitur di mobil SUV diesel ini benar-benar harus secara detail. Perbedaan fitur standar di mobil membuatnya tergolong sulit untuk memutuskan. Seperti Ford Everest, memiliki banyak cup holder. Baik itu di depan, konsol tengah maupun jok paling belakang sekalipun. Tiap sisinya terdapat lubang untuk menempatkan minuman. Tapi ternyata hal ini tak cukup membuat Everest bisa melenggang puas. Pasalnya Toyota Fortuner juga memiliki banyak cup holder yang masih ditambah dengan folder persis di depan lubang AC sehingga minuman bisa tetap dingin.

Beralih ke kelengkapan lainnya. Seperti lampu sein yang ada di spion, tiap SUV sudah disediakan, namun hanya Everest yang memiliki lampu tersorot ke bawah untuk menyinari sekeliling ketika pintu terbuka, Disini Everest unggul. Masih di spion, Toyota Fortuner unggul karena bisa dilipat secara elektrik, sedang Everest dan Captiva tidak bisa. Sedikit banyak membantu ketika melewati jalan sempit sehingga tangan tak perlu keluar untuk melipat spion.

Fitur sebagai faktor penambah kenyamanan berkendara tergambar di Toyota Fortuner. Dengan display yang cukup imut jika dibanding bodinya, Fortuner memiliki Multi Information Display (MID) yang bisa menampilkan konsumsi solar yang terpakai secara rata-rata dan suhu luar. Ini yang tak dimiliki kedua kompetitornya. Selain itu foglamp sebagai pembantu ketika melewati daerah berkabut ditemui pada Everest dan Fortuner.

Namun untuk urusan in car entertainment Captiva dan Fortuner bisa bersaing. Keduanya sama-sama sudah bisa dijadikan monitor walau di Captiva masih bersifat optional, namun setidaknya unggul dibanding Everest yang hanya bisa cd saja.

Secara keseluruhan, Fortuner menjadi terdepan di soal fitur ini. Karena masih ditambah adanya sensor parkir yang juga ada di Everest. Sayang Fortuner hanya tersedia manual. Sedang rivalnya terdapat otomatis.

Fortuner : ****
Everest : ***
Captiva : ***

Style
Tidak bisa dipungkiri kalau style dari ketiga SUV ini memiliki kekuatan yang sama. Toyota Fortuner dengan bodi besarnya yang sedikit membulat terasa pas dengan bentuk lampu depan yang besar dan sein yang terintergasi di dalam batok. Bagian buritan juga tak membosankan. Dengan lekukannya disamarkan oleh bentuk lampu yang cukup lebar.

Pada SUV diesel yang di test Ford Everest memiliki tampang yang terbilang konservatif. Pasalnya bentuk muka serba kotak seperti mobil bukan pada zamannya. Selain itu masih ditambah pula dengan kap mesin yang benar-benar rata. Hal ini membuat tiap ujung kap mesin bisa terpantau dengan mudahnya sehingga tak perlu ragu ketika membelok. Tak hanya bentuk depan saja yang kotak, samping dan buritan juga sangat kotak.

Sedang untuk Chevrolet Captiva, dimensinya terbilang paling kecil jika dibanding rivalnya. Walau demikian tak lantas membuatnya menjadi kaku. Bentuk depan dan buritan justru paling rounded. Ini justru membuatnya cantik diantara Fortuner dan Everest yang terkesan gagah. Semakin terlihat membulat berkat aplikasi bentuk lampu belakang layaknya telor digoreng ‘mata sapi’. Kesan sport dan suka ‘berlari’ timbul di Captiva berkat hadirnya kedua moncong kanlpot yang bernuansa krom.

Perihal pintu belakang, semuanya memiliki kemudahan ketika memasukkan barang saat ekspedisi Merapi di jalankan. Pintu Everest terbuka dengan lebarnya. Sedang Fortuner dan Captiva pintunya terbuka ke atas. Namun di Captiva, kaca belakang juga bisa terbuka ke atas. Memudahkan menaruh barang. Selain itu, bisa memotret sisi belakang mobil tanpa harus membuka pintu yang kadang kala justru tidak aman.

Lihat aplikasi ini, Everest benar konservatif namun tetap memberi kemudahan bagi siapapun juga.

Fortuner : ***
Everest : ***
Captiva : ***

Value for Money
Menjajaki kota Klaten hingga ke pesisir Parangkusumo, sampai menapaki jalur terjal di lereng gunung Merapi dan mampir sejenak ke dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah, rasanya cukup terakomodir dengan ketiga SUV bermesin diesel dengan torsi besar khas mobil peminum solar. belum lagi bodi jangkung yang paling pas untuk menjelajah hingga berbagai pelosok dengan kondisi jalan kurang ramah untuk dijamah mobil dengan ground clearance rendah.

Bicara banderol retail on the road (OTR)-nya, Ford Everest XLT 2.5L TDCi 4x2 memiliki harga paling rendah (Rp 310,7 juta), tetapi ada keistimewaan tersendiri, yaitu sudah meggunakan transmisi otomatik. selain itu keleluasaan interior juga jadi andalan SUV dengan nama puncak gunung tertinggi di dunia itu. Kapasitas angkut barang dan orang pun jadi keistimewaan. Soal daya tahan? Ford sudah lebih dulu melanglang buana dengan mesin dieselnya, lewat kembaran double cabnya, Ranger.

Sementara posisi tengah diduduki Chevrolet Captiva 2.0 Sport D A/T seharga Rp 324,345 juta yang juga matik dengan kelengkapan triptonik. Boleh dibilang ini merupakan pendatang baru SUV diesel di tanah air, tetapi soal tarikan mesin memang diunggulkan oleh SUV berlogo Bow Tie ini.

Sedangkan Toyota Fortuner 2.5 G merupakan satu-satunya peserta komparasi ini yang hanya dijual dalam versi transmisi manual, merupakan varian SUV diesel dengan harga retail paling tinggi. Tetapi didukung dengan brand image cukup baik dan kelengkapan yang memadai.Tentunya ini cukup sebanding dengan konsumsibahan bakarnya yang cukup irit.

Fortuner : ***
Everest : **
Captiva : ****

Kesimpulan
Fortuner dan Captiva sangat menonjol di komparasi ini. Kaizen Toyota mengisyaratkan platform mesin yang sama seakan inilah Innova diesel versi jangkung. Mesin dan transmisi yang sederhana klop dengan kurva penilaian yang konstan di semua lini.

Hal menonjol dari Fortuner ada pada konsumsi BBM dan kenyamanan yang di atas rata-rata. Selebihnya, hal-hal yang terlihat simpel malah menjadi kekuatan Fortuner.

Hal berbeda dengan Captiva yang terlihat high end. Setidaknya terlihat dari transmisi triptonik yang sangat fun. Begitu juga dengan mesin yang powerful dengan teknologi Variable Geometry Turbo dan harga yang tergolong baik. Pilihan bagus buat Anda yang berani keluar dari pakem yang ada.

Sementara Everest memberikan dinamika dalam komparasi ini. Akomodasinya paling baik dibanding yang lain. Tentunya dengan pengalaman ketangguhan yang sudah disuguhkan sebelumnya.
Jadi claim pertama si Captivated sudah dipatahkan. Coba anda jumlahkan nilai professional review di atas. Kalo Fortuner tidak ada keunggulan, kok bisa menang comparison test ini? Dan harganya yang paling mahal sudah menurunkan poin yg di dapat di review ini...masih menang juga.

Oh, kata si Captivated...karena mahal, therefore overpriced...yang jadi poin ke.2 si Captivated

2. KARENA TIDAK ADA KEUNGGULAN + MAHAL, MAKANYA OVERPRICED
Jadi kita sudah bisa menyimpulkan dari review di atas, bahwa ada (banyak malah) keunggulan Fortuner. Sekarang ke soal uang. Kalau ada Chery Tiggo dijual lebih tinggi dr Captiva, OK saya setuju dengan Captivated. Tapi kalo barangnya MENANG comparison test, dan harganya paling mahal - ya itu namanya classic case of "ada harga ada barang" - atau "harga gak bohong"

Logika si Captivated
Tidak ada keunggulan + Harga paling mahal = Overpriced
Setuju kan mas Captivated? Ini adalah esensi argumen anda. Karena (tidak ada keunggulan) sudah terbukti tidak benar, kita dapatkan:

0 + Harga paling mahal = Overpriced, alias Paling mahal = Overpriced.

Jadi masalah sesungguhnya (buat si Captivated) adalah harga, bukan aspek teknis (bertolak belakang dengan omongan si Captivated). Untuk ini saya sarankan bekerja lebih giat, jangan mencap orang yg membeli barang paling mahal irasional, luar biasa, dll.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

FortunerMan wrote:Jadi masalah sesungguhnya (buat si Captivated) adalah harga, bukan aspek teknis (bertolak belakang dengan omongan si Captivated). Untuk ini saya sarankan bekerja lebih giat, jangan mencap orang yg membeli barang paling mahal irasional, luar biasa, dll.
Mungkin aja yah, secara Captivated juga udah siap cepet mati (karena fortie berbasis body on frame dan gak ada crash testnya) asalkan harganya murah :mrgreen:
:ngacir: .....
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by billyd1773dz »

hohohoho

klw fortuner d4d 360jt di bilang overpriced.

mobil kya defender n wrangler yang 600-1.3M, tpi power window aja ga ada boro2 MID... kualiatas kabin seadanya, pke sasis, teknologi jadul.... peredam kabin seadanya,kadang bocor atw ga pke atep...wrangler maticnya "cuma" 4speed kaga triptonik tenaga jg seadanya defender "cuma" 122hp....... utk mbl >500jt? jgn lupa jg dgn LC70 mobil kerja yg harganya lebih mahal dri prado.....

yg begini d bilangnya apayah?yg beli n atpmnya sinting kli yah?

hehe
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Aseeek........Seru banget!!!!!


And the Winner is...........................



.......... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Abu2 »

the winner is ......SGV...... :e-clap: :e-clap: :ngacir:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

FortunerMan wrote: Tapi Fortuner tetap menang professional review, bukan ahli brosur seperti anda - kata ANDA Fortie tidak ada keunggulan...gimana tuh? Mau mengakui kesalahan omongan anda? Pasti tidak.

Kalo masalahnya HARGA dan anda tidak mampu beli, ya lain soal - kerja aja lebih keras ok? Tp jangan bilang Fortuner Diesel gak ada keunggulan lagi ya...itu asbun namanya :big_weee:
nah ini, fitnes lg fitnes lg :frm_bang_head:
cb cr dmn statement gw yg kyk bgtu
FortunerMan wrote: Ya memang sudah melenceng kesini, seperti biasa kalo ada Fortuner langsung pada keluar opini2 gak jelas.

Berikut ini adalah klaim si Captivated
1. FORTUNER TIDAK ADA KEUNGGULAN TEKNIS DIBANDINGKAN CAPTIVA, EVEREST

Jadi claim pertama si Captivated sudah dipatahkan. Coba anda jumlahkan nilai professional review di atas. Kalo Fortuner tidak ada keunggulan, kok bisa menang comparison test ini? Dan harganya yang paling mahal sudah menurunkan poin yg di dapat di review ini...masih menang juga.

Oh, kata si Captivated...karena mahal, therefore overpriced...yang jadi poin ke.2 si Captivated

2. KARENA TIDAK ADA KEUNGGULAN + MAHAL, MAKANYA OVERPRICED
Jadi kita sudah bisa menyimpulkan dari review di atas, bahwa ada (banyak malah) keunggulan Fortuner. Sekarang ke soal uang. Kalau ada Chery Tiggo dijual lebih tinggi dr Captiva, OK saya setuju dengan Captivated. Tapi kalo barangnya MENANG comparison test, dan harganya paling mahal - ya itu namanya classic case of "ada harga ada barang" - atau "harga gak bohong"

Logika si Captivated
Tidak ada keunggulan + Harga paling mahal = Overpriced
Setuju kan mas Captivated? Ini adalah esensi argumen anda. Karena (tidak ada keunggulan) sudah terbukti tidak benar, kita dapatkan:

0 + Harga paling mahal = Overpriced, alias Paling mahal = Overpriced.

Jadi masalah sesungguhnya (buat si Captivated) adalah harga, bukan aspek teknis (bertolak belakang dengan omongan si Captivated). Untuk ini saya sarankan bekerja lebih giat, jangan mencap orang yg membeli barang paling mahal irasional, luar biasa, dll.
"tdk ada keunggulan"??? jgn keseringan fitnes om, dosa besar tuh. ingat : fitnes lbh kejam drpd push up :mrgreen:
review itu waktu sktr jan 09, perbedaan harga brp om?
anda jg jgn asal sembarangan mencap pabrik tertentu sbg pabrik rongsokan... nah in ga fitnes, ada buktinya... ahahahae

wah review yg itu dibahas, yg ini kok ga http://www.toyota.co.id/company/mediare ... le_id=2676
dr situs toyota pulak.... dan fortie bukanlah no.1 :mrgreen:
dsitu (nov 08) harga fortie 304jt, ctv 313jt... yg menang siapa?
skrg fortie 361jt (udh naik 1jt dibanding agustus, buset dah :e-doh: ), ctv 315 (udh ketambahan fitur2 dibanding prod 08)... yg menang (harusnya) sapa? :e-whistle:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Kalo lagi bahas tema "Fortie harga segitu overpriced atau engga?" ATAU "Apakah masyarakat di pasar tsb lebih 'suka' sama fortie atau engga sih?" ATAU yg pertanyaannya mirip2 spt itu, lho koq kita engga mao membahas sales?
Padahal pertanyaannya/topiknya aja udah pertanyaan sales semua (artinya kalo di perusahaan mobil tuh yg tanganin pertanyaan2 kaya gini tuh divisi sales/marketing nya bukan divisi teknis nya).

Kalo cuma ngebahas your words against mine, ya gak kelar2 untuk jawab pertanyaan2 diatas. Lebih baik kita lempar aja pertanyaan2 tsb ke pasar, dan biar mereka sendiri yg jawab: apakah fortuner itu overpriced atau tidak?, apakah merek lebih suka fortuner atau tidak?, dll kan?
Dan market jawabnya gimana? Ya pake figure sales2 tsb.

Karena spt yg saya udah bilang ke GTR, topik ini udah melenceng di tengah2......bukan lagi membahas/mereview 3 merek mobil, melainkan lebih nanyain "apa sih bagusnya fortie koq bisa dibanderol dengan harga segitu dan tetep laku keras?", dan diskusi terus berputar2 di topik tsb.
Dulu sebelum saya tanya "kenapa captiva mobil orang rasional tapi sales tetep kalah?", bro captivated gak pernah komplain padahal udah sama2 ngomongin sales juga (udah keluar juga itu kata2 "overprice", market fortuner gak wise, dll), lho koq sekarang gak mao ngomongin ttg market/sales lagi?
tp ga ada toh? kpn gw ngabahas komparasi berdasar sales? :e-naughty:
ngapain jg dibahas kl udh ketauan sales fortie yg menang
yg ngebelokin dr komparasi performa/fitur ke sales/merk/resale/pabrik A = pabrik rongsokan/dll itu sapa?
cb baca2 lg ke blkg, anda akan terkejut sapa orgnya :mrgreen:

nah ini yg ditunggu2, review berdasarkan "kualitas" mobil... yuk mang :e-clap:
Risol1 wrote: Intinya kalo rumah yg sama gede/material nya di PI lebih mahal daripada rumah di LB, kita semestinya gak perlu heran.
Atau kalo performance tires nya Pirelli/Bridgestone lebih mahal daripada performance tires nya Good Year (walaupun secara angka2 rating/max speed/angka2 lain yg tertera di dinding ban = SAMA atau LEBIH JELEK punyanya pirelli), kita semestinya gak perlu heran/bingung.

Dan yg beli rumah di PI atau yg beli ban pirelli juga engga bisa kita cap sebagai orang irasional (orang yg mikirnya gak pake rasio = gak pake pemikiran/otak kalo kasarnya)

Dan YA, menurut saya kualitas itu = faktor eksternal (yg erat hub nya dengan persepsi masing2 orang), bukan faktor EKSAK (spt kata anda diatas)
jd kita tdk usah heran dgn "fenomena"? yah kl udh ga mengherankan, ngapain jg disebut fenomena? :mrgreen:

kualitas = faktor eksternal..... maka yg dimaksud faktor internal adalah...???
Last edited by Captivated on Tue Sep 08, 2009 5:45, edited 1 time in total.
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Saya gak tau apa arti irasional di benak anda, tapi yg saya tau irasional artinya orang yg gak berpikir memakai atau sesuai dengan rasio. Atau yg mengambil keputusan tanpa memakai akal sehat.......atau bahasa kasarnya, mengambil keputusan tanpa otak yg sehat....atau gak pake otak........ :mrgreen:
irrational = gak pake otak??? bukan gw yg blg loh :mrgreen:
kl tanpa otak, ntar jd kyk id-nya slh satu sm-er........ JOMBIEEE......... :ngacir:
Risol1 wrote: Sekarang ganti term lagi:
Dari "Gak Wise" ke "Irrasional" ke "Luar Biasa"......banyak kali panggilannya konsumen Fortuner........
Orang2 pembeli Toyota Fortuner (yg rasanya udah "rendah" banget dihadapan anda), gak pernah ngatain pembeli Captiva dengan sebutan apapun :mrgreen:
"Irrationality is cognition, thinking, talking or acting without inclusion of rationality. The term is used, usually pejoratively, to describe thinking and actions that are, or appear to be, less useful or illogical than other more rational alternatives."

ntar ada hubungannya ama fenomena/luar biasa :
- phenomenal : Extraordinary; outstanding
- extraordinary : beyond what is ordinary or usual; highly unusual or exceptional or remarkable

bs liat benang merahnya ??? :mrgreen:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

om captivated, bisa kah om menampilkan data dan fakta perkembangan harga dan data (spesifikasi ga hanya dari sisi teknis tapi juga dari sisi fitur2 kelengkapan) antara captiva, crv, xtrail dan fortuner jika kita membandingkannya dari tahun sekian (saat dimana om bilang fortuner masih 'murah') dan sekarang. jadi kita bisa lihat seberapa besar perubahan harga vs perubahan spec (fitur) dari beberapa produk yang ada dari waktu ke waktu. kalo bisa malah perjalanan perubahan itu sehingga kita bisa melihat trend perubahan harga vs spec/fitur dari suatu range waktu ke range waktu yang lain (ntah triwulan, per bulan, dll., mana yang terbaik dan paling enak buat dibaca dan dimengerti kevalidan perubahannya).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Berarti menurut anda semua pemain saham (yg cuma mao untung cepet, ataupun yg bener2 beli saham untuk investasi jangka panjang) juga spekulan semua dong (kan mereka sama2 nebak harga doang)? Atau orang2 yg beli mata uang asing sbg tabungan jangka panjang adalah spekulan juga dong?
Sebenernya Kalo pas market crash, dan kita mendengar orang2 pada nyalahin "spekulan", spekulan disini tuh adalah orang2 yg cuma jual beli dengan tujuan keuntungan sesaat, bukan semua pemain saham (termasuk investor2nya) yg disalahkan.

Begitu juga dengan kasus minyak, pada waktu orang2 pada ributin ulah "spekulan", yg mereka maksud tuh lebih kepada orang2 yg cuma pengen memanfaatkan market utnuk keuntungan sesaat, bukan seluruh pemainnya. Kalo yg tujuannya hedging (karena produknya mao dipake), itukan real market alias beli untuk dipake, bukan dijual lagi :mrgreen:

Tapi ya, memang definisi spekulan ada di tangan masing2 yg liat lah :mrgreen:
jah.... dibahas lg :e-doh:

definisi spekulan (mnrt ane) = org yg melakukan spekulasi
mau spekol kecil ato gede, ttp spekulan!
mmg ada pergeseran persepsi antara "spekulan" (yg spekol judi/tanpa fundamental) dgn "non spekulan" (yg jg melakukan spekol tp terukur)
ttp pd dasarnya, dua2nya melakukan spekol thus bs disebut spekulan
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: hehehe iya udah diliat, kan selain vram, bro Captivated juga bilang "Menurut saya, layar/hd/memory nya si Acer lebih baik dari si Zyrex", makanya saya berani bayar lebih mahal buat si Acer.....gitu kan? Memangnya Zyrex gak punya layar/hd/memory tsb? :mrgreen:
waks... mesti rinci lg nih

acer vs zyrex... spec waktu gw beli :
layar : 15.4" vs 14.1"
hd : 250gb vs 160gb
memory : 2gb vs 1gb
vram : nvidia 8800gt (upto 1280mb) vs intel 256mb shared

mo pilih yg mana? wajar ga kl gw ambil acer krn ada fundamental tsb?
sekali lg : bukan krn merk, gengsi, reliabilitas, apalg resale value :mrgreen:

Risol1 wrote: Mungkin bener dari kacamata anda, tapi kalo dari kacamata orang lain belum tentu, bisa aja dia bilang: Fortie menang karena ada MID, ada Electric Seat, bangku baris ke-3 bisa muat 3 orang, konstruksi body on frame (sehingga lebih kuat narik trailer jetski saya) , dll......gitu dong?

BUkan ane bilang Captiva kalah dari Fortuner, tapi "hey Captiva gak selalu menang dari Fortuner" even di spek teknisnya......tergantung dari yg liat....gak semuanya menang telak gitu lho.....Tapi nampaknya anda masih belum bisa menerima statement ini.
:mrgreen:
setuju, fortie 2.5d ga kalah di semua segi... n gw ga prnh nulis demikian
tp menangnya ctv lbh byk, di segi2 yg krusial pulak :mrgreen:
mknya gw ambil perbandingan dgn harga2 di negara2 laen, buktinya fortie 2.5d mmg kemahalan di indo...

stoner mode : on
any question?
stoner mode : off
:big_smoking:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

zweifellos wrote:om captivated, bisa kah om menampilkan data dan fakta perkembangan harga dan data (spesifikasi ga hanya dari sisi teknis tapi juga dari sisi fitur2 kelengkapan) antara captiva, crv, xtrail dan fortuner jika kita membandingkannya dari tahun sekian (saat dimana om bilang fortuner masih 'murah') dan sekarang. jadi kita bisa lihat seberapa besar perubahan harga vs perubahan spec (fitur) dari beberapa produk yang ada dari waktu ke waktu. kalo bisa malah perjalanan perubahan itu sehingga kita bisa melihat trend perubahan harga vs spec/fitur dari suatu range waktu ke range waktu yang lain (ntah triwulan, per bulan, dll., mana yang terbaik dan paling enak buat dibaca dan dimengerti kevalidan perubahannya).
good question!

sbnrnya gw dah pernah tulis :

- fortie : sep/okt 08 (285jt), setelah facelift mulai dibandrol di 290jt dan naik2 kepuncak gunung trs sampe skrg di 361jt. total kenaikan fortie 2.5d sejak sep/oct 08 - skrg : 76jt (26%)
tlg fortie expert tambahkan/koreksi

- ctv : sejak rilis dibuka di 289jt. mulai okt/nov 08 naik sampe mar 09 di 310jt. mulai mar/apr 09 kluar ctv 2009 (yg beda : interior jd warna beige, sdh dilengkapi mid/auto ac/audio steering) dibandrol 315jt. sampe skrg blm naek2 tuh setau gw.
total kenaikan ctv 2.0d sejak sep/oct 08 - skrg : 26jt (9%)

kl mbl2 laen, gw krg ngikut. tlg yg laen menambahkan
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by satyr »

klo gw pribadi pilih captiva.. tanpa pertimbangan depresiasi harga 2nd n jaringan servis

captiva diesel ya

sayang fortuner mesin dieselnya agak loyo :D
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:
FortunerMan wrote: Tapi Fortuner tetap menang professional review, bukan ahli brosur seperti anda - kata ANDA Fortie tidak ada keunggulan...gimana tuh? Mau mengakui kesalahan omongan anda? Pasti tidak.

Kalo masalahnya HARGA dan anda tidak mampu beli, ya lain soal - kerja aja lebih keras ok? Tp jangan bilang Fortuner Diesel gak ada keunggulan lagi ya...itu asbun namanya :big_weee:
nah ini, fitnes lg fitnes lg :frm_bang_head:
cb cr dmn statement gw yg kyk bgtu
FortunerMan wrote: Ya memang sudah melenceng kesini, seperti biasa kalo ada Fortuner langsung pada keluar opini2 gak jelas.

Berikut ini adalah klaim si Captivated
1. FORTUNER TIDAK ADA KEUNGGULAN TEKNIS DIBANDINGKAN CAPTIVA, EVEREST

Jadi claim pertama si Captivated sudah dipatahkan. Coba anda jumlahkan nilai professional review di atas. Kalo Fortuner tidak ada keunggulan, kok bisa menang comparison test ini? Dan harganya yang paling mahal sudah menurunkan poin yg di dapat di review ini...masih menang juga.

Oh, kata si Captivated...karena mahal, therefore overpriced...yang jadi poin ke.2 si Captivated

2. KARENA TIDAK ADA KEUNGGULAN + MAHAL, MAKANYA OVERPRICED
Jadi kita sudah bisa menyimpulkan dari review di atas, bahwa ada (banyak malah) keunggulan Fortuner. Sekarang ke soal uang. Kalau ada Chery Tiggo dijual lebih tinggi dr Captiva, OK saya setuju dengan Captivated. Tapi kalo barangnya MENANG comparison test, dan harganya paling mahal - ya itu namanya classic case of "ada harga ada barang" - atau "harga gak bohong"

Logika si Captivated
Tidak ada keunggulan + Harga paling mahal = Overpriced
Setuju kan mas Captivated? Ini adalah esensi argumen anda. Karena (tidak ada keunggulan) sudah terbukti tidak benar, kita dapatkan:

0 + Harga paling mahal = Overpriced, alias Paling mahal = Overpriced.)

Jadi masalah sesungguhnya (buat si Captivated) adalah harga, bukan aspek teknis (bertolak belakang dengan omongan si Captivated). Untuk ini saya sarankan bekerja lebih giat, jangan mencap orang yg membeli barang paling mahal irasional, luar biasa, dll.
"tdk ada keunggulan"??? jgn keseringan fitnes om, dosa besar tuh. ingat : fitnes lbh kejam drpd push up :mrgreen:
review itu waktu sktr jan 09, perbedaan harga brp om?
anda jg jgn asal sembarangan mencap pabrik tertentu sbg pabrik rongsokan... nah in ga fitnes, ada buktinya... ahahahae

wah review yg itu dibahas, yg ini kok ga http://www.toyota.co.id/company/mediare ... le_id=2676
dr situs toyota pulak.... dan fortie bukanlah no.1 :mrgreen:
dsitu (nov 08) harga fortie 304jt, ctv 313jt... yg menang siapa?
skrg fortie 361jt (udh naik 1jt dibanding agustus, buset dah :e-doh: ), ctv 315 (udh ketambahan fitur2 dibanding prod 08)... yg menang (harusnya) sapa? :e-whistle:
Lah katanya Captiva menang telak semua hal teknisnya (performa/fitur/material/encap...ingat?)...malah sudah anda vonis mobil yg mutlak menang segalanya..atau kata anda "terbukti". Sekali lagi kalo soal harga, kerja yg giat - bukan mencap orang lain aneh2. Tahu kan SEMUA Toyota naik harga drastis...dr Corolla sampai Avanza. So you can't afford a Toyota...gpp, terima aja.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:yg ngebelokin dr komparasi performa/fitur ke sales/merk/resale/pabrik A = pabrik rongsokan/dll itu sapa?
cb baca2 lg ke blkg, anda akan terkejut sapa orgnya :mrgreen:
Lah liat aja sejarah Daewoo, apa ada mobilnya yg bagus :mrgreen: Lagian itu kan menurut saya - bebas2 saja toh, dan saya tidak mencap pembeli Daewoo irasional...gak pake otak. Orang mampunya beli Daewoo dan suka modelnya ya silahkan. Saya juga gak mampu beli Range Rover, wong harganya seharga rumah...tp ya santai aja.