Suzuki Swift!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
Suzuki Swift!
Suzuki Swift: racikan Jepang rasa Eropa
Rumor masuknya Toyota Yaris/Vitz ke Indonesia untuk bertarung dengan Honda Jazz makin kencang, meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Toyota Astra Motor. Permainan bakal lebih seru bila Suzuki Motor Corp. lalu ikut bermain lewat Swift. Bila generasi kedua Yaris/Vitz baru dirilis akhir tahun ini, Suzuki meluncurkan all-new Swift pertengahan April lalu.
Menurut Suzuki, Swift baru mengawinkan tampilan memikat, kualitas Jepang, driving dynamic ala Eropa plus irit bahan bakar. Tersedia mesin 1.3 liter dan 1.5 liter dengan transmisi 5-speed manual dan 4-speed matik. Tampilan yang 'beda' dengan interior lega di sempurnakan dengan spesifikasi yang komprehensif. Semua model dibekali dengan front, side dan curtain airbag, radio/CD player, remote central locking dan immobilizer, electric front windows, steering wheel mounted audio control dan tinted glass.
Pada versi GLX yang lebih mahal, ditambah dengan keyless entry, AC, alloy wheels dan lampu kabut. Dengan keyless entry, sepanjang anda membawa kartu itu di kantong atau ditas, sistem akan menyadari kehadiran anda dan secara otomatis membuka kunci pintu. Anda cukup menekan tombol untuk masuk. Untuk menghidupkan mesin cukup dengan memutas rumah key ignition. Bila anda meninggalkan mobil, sistem akan mendeteksi ketidakhadiran anda, secara otomotis pintu dikunci dan di immobilized.
Dan yang menarik, mulai September, Swift juga menyiapkan varian diesel 1.3DDi. Toyota juga menyiapkan mesin diesel untuk Yaris/Vitz yang akan datang, varian yang belum dimiliki Honda Jazz. Tahun depan Suzuki Swift meluaskan pilihanya dengan varian cabriolet dengan atap logam dan yang paling hot 1.6 liter GTi. Dan Swift bakal terlibat dalam Junior World Rally Championship.
Didisain untuk lebih banyak menghabiskan waktunya di lingkungan kota, dua mesin bensin 1.3 liter berdaya 92 hp dan 1.5 ltier 105hp dipilih karena peforma yang kuat di putaran mesin rendah dan menengah. Mesin 1.5 liter dilengkapi dengan advanced variable valve timing untuk memaksimalkan torsi dan daya di setiap putaran mesin. Torsi maksimal masing-masing mesin adalah 114Nm/4200 rpm dan 133Nm/4100rpm. Kedua mesin ini menghasilkan karakter pengendaraan yang nyaman, dimana Swift 1.3 liter berakselerasi dari 0 - 100km/jam dalam 11 detik, 1.5 manual satu detik leblih cepat dan top speed-nya masing-masing 174.4 km/jam dan 184 km/jam. Sementara konsumsi bahan bakarnya pada semua model lebih dari 40mpg, yaitu 45.6mpg untuk 1.3 liter dan 43.5mpg untuk 1.5 manual. Transmisi manual 5-speed berpindah gigi tanpa sentakan. Versi matiknya dilengkapi dengan gated shift lever hingga pengemudi bisa menggeser tuas, sesuatu yang jarang ditemukan di segmen ini.
Didisain di Eropa
Swift akan diproduksi di Jepang, Hungaria, China dan India. Soal disainnya, Suzuki tidak sekedar menyerap keinginan dan selera pasar Eropa, tapi lebih dari itu. Mereka membangun base untuk disain di Eropa sehingga mereka bisa mendapatkan masukan nilai-nilai berharga dari benak dan cara pikir orang Eropa dan mencari inspirasi dari lingkungan Eropa. Dan sebagian besar dari program pengembangan sasis dan penyempurnaannya didadapt pengujian intensif di jalanan dan sirkuit di seantero Eropa. Hasilnya adalah model yang inovatif, sporty, elegan, penuh daya tarik.
Tampilan bonnet yang khas, berotot, rumah roda gembung, roda yang didorong ketiap sudut dan bahu lebar yang mengalir terus hingga ke lampu belakang mengesankan stabilitas dan daya tarik dinamik. Lekuk-lengkung moncongnya dengan spoiler dan grille kawat mempertegas posisinya. Dan dengan menghitamkan pilar A dan B menghasilkan kesan interior dibungkus kaca. Garis disain lampu depan seperti mengalir hingga bertautan dengan ujung atas lampu belakang.Bagian belakang dirancang untuk mendapatkan keuntungan aerodinamis dan menghasilkan kesan kokoh. Bagian atas tailgate dibentuk agar berfungsi seperti spoiler.
Dengan ukuran 1690, Swinft menjadi salah satu yang terlebar di kelasnya. Dengan wheelbase yang juga panjang, dihasilkan interior lega yang memungkinkan fleksibilitas pengaturan penumpang dan barang. Tim disainer menggunakan aksen aluminum untuk menegaskan kesan sophisticated. Kualitas material dan pengerjaannya yang halus meningkatkan kualitas interiornya. Namun dengan lebar seperti itu, Swift tetap lincah bermanuver, dengan radius putar 9.4m
Radio/CD player menyatu di central fascia yang dioperasikan dengan kontrol tombol satu sentuhan atau lewat kontrol pada palang roda kemudi. Tempat penyimpanan untuk CD dan keperluan lain yang biasa diperlukan diperjalanan tersebar di sekujur kabin, termasuk kompartemen di instumen panel, glove box, front and rear cup holder, kantong dibalik sandaran kursi hingga laci di bawah kursi penumpang depan. Bagasi dapat menampung 213 liter yang dapat mencapai 562 liter bila kursi belakang dilipat.
Swift mendapat rating bintang empat dari Euro NCAP, dilengkapi denganfront, side dan curtain airbags, front-seatbelt pre-tensioners danforce limiters, three point ELR seatbelts dan child seat ISOFIX di kursi belakang. Setiap kursi juga memiliki sandaran kepala dan yang belakang dirancang untuk tidak menggangu pandangan pengemudi ke belakang. Euro NCAP memberti rating 3 bintang untuk perlindungan pedestrian. Sistem pengeremannya didukung ABS, EBD dan Brake Assist.
Rumor masuknya Toyota Yaris/Vitz ke Indonesia untuk bertarung dengan Honda Jazz makin kencang, meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Toyota Astra Motor. Permainan bakal lebih seru bila Suzuki Motor Corp. lalu ikut bermain lewat Swift. Bila generasi kedua Yaris/Vitz baru dirilis akhir tahun ini, Suzuki meluncurkan all-new Swift pertengahan April lalu.
Menurut Suzuki, Swift baru mengawinkan tampilan memikat, kualitas Jepang, driving dynamic ala Eropa plus irit bahan bakar. Tersedia mesin 1.3 liter dan 1.5 liter dengan transmisi 5-speed manual dan 4-speed matik. Tampilan yang 'beda' dengan interior lega di sempurnakan dengan spesifikasi yang komprehensif. Semua model dibekali dengan front, side dan curtain airbag, radio/CD player, remote central locking dan immobilizer, electric front windows, steering wheel mounted audio control dan tinted glass.
Pada versi GLX yang lebih mahal, ditambah dengan keyless entry, AC, alloy wheels dan lampu kabut. Dengan keyless entry, sepanjang anda membawa kartu itu di kantong atau ditas, sistem akan menyadari kehadiran anda dan secara otomatis membuka kunci pintu. Anda cukup menekan tombol untuk masuk. Untuk menghidupkan mesin cukup dengan memutas rumah key ignition. Bila anda meninggalkan mobil, sistem akan mendeteksi ketidakhadiran anda, secara otomotis pintu dikunci dan di immobilized.
Dan yang menarik, mulai September, Swift juga menyiapkan varian diesel 1.3DDi. Toyota juga menyiapkan mesin diesel untuk Yaris/Vitz yang akan datang, varian yang belum dimiliki Honda Jazz. Tahun depan Suzuki Swift meluaskan pilihanya dengan varian cabriolet dengan atap logam dan yang paling hot 1.6 liter GTi. Dan Swift bakal terlibat dalam Junior World Rally Championship.
Didisain untuk lebih banyak menghabiskan waktunya di lingkungan kota, dua mesin bensin 1.3 liter berdaya 92 hp dan 1.5 ltier 105hp dipilih karena peforma yang kuat di putaran mesin rendah dan menengah. Mesin 1.5 liter dilengkapi dengan advanced variable valve timing untuk memaksimalkan torsi dan daya di setiap putaran mesin. Torsi maksimal masing-masing mesin adalah 114Nm/4200 rpm dan 133Nm/4100rpm. Kedua mesin ini menghasilkan karakter pengendaraan yang nyaman, dimana Swift 1.3 liter berakselerasi dari 0 - 100km/jam dalam 11 detik, 1.5 manual satu detik leblih cepat dan top speed-nya masing-masing 174.4 km/jam dan 184 km/jam. Sementara konsumsi bahan bakarnya pada semua model lebih dari 40mpg, yaitu 45.6mpg untuk 1.3 liter dan 43.5mpg untuk 1.5 manual. Transmisi manual 5-speed berpindah gigi tanpa sentakan. Versi matiknya dilengkapi dengan gated shift lever hingga pengemudi bisa menggeser tuas, sesuatu yang jarang ditemukan di segmen ini.
Didisain di Eropa
Swift akan diproduksi di Jepang, Hungaria, China dan India. Soal disainnya, Suzuki tidak sekedar menyerap keinginan dan selera pasar Eropa, tapi lebih dari itu. Mereka membangun base untuk disain di Eropa sehingga mereka bisa mendapatkan masukan nilai-nilai berharga dari benak dan cara pikir orang Eropa dan mencari inspirasi dari lingkungan Eropa. Dan sebagian besar dari program pengembangan sasis dan penyempurnaannya didadapt pengujian intensif di jalanan dan sirkuit di seantero Eropa. Hasilnya adalah model yang inovatif, sporty, elegan, penuh daya tarik.
Tampilan bonnet yang khas, berotot, rumah roda gembung, roda yang didorong ketiap sudut dan bahu lebar yang mengalir terus hingga ke lampu belakang mengesankan stabilitas dan daya tarik dinamik. Lekuk-lengkung moncongnya dengan spoiler dan grille kawat mempertegas posisinya. Dan dengan menghitamkan pilar A dan B menghasilkan kesan interior dibungkus kaca. Garis disain lampu depan seperti mengalir hingga bertautan dengan ujung atas lampu belakang.Bagian belakang dirancang untuk mendapatkan keuntungan aerodinamis dan menghasilkan kesan kokoh. Bagian atas tailgate dibentuk agar berfungsi seperti spoiler.
Dengan ukuran 1690, Swinft menjadi salah satu yang terlebar di kelasnya. Dengan wheelbase yang juga panjang, dihasilkan interior lega yang memungkinkan fleksibilitas pengaturan penumpang dan barang. Tim disainer menggunakan aksen aluminum untuk menegaskan kesan sophisticated. Kualitas material dan pengerjaannya yang halus meningkatkan kualitas interiornya. Namun dengan lebar seperti itu, Swift tetap lincah bermanuver, dengan radius putar 9.4m
Radio/CD player menyatu di central fascia yang dioperasikan dengan kontrol tombol satu sentuhan atau lewat kontrol pada palang roda kemudi. Tempat penyimpanan untuk CD dan keperluan lain yang biasa diperlukan diperjalanan tersebar di sekujur kabin, termasuk kompartemen di instumen panel, glove box, front and rear cup holder, kantong dibalik sandaran kursi hingga laci di bawah kursi penumpang depan. Bagasi dapat menampung 213 liter yang dapat mencapai 562 liter bila kursi belakang dilipat.
Swift mendapat rating bintang empat dari Euro NCAP, dilengkapi denganfront, side dan curtain airbags, front-seatbelt pre-tensioners danforce limiters, three point ELR seatbelts dan child seat ISOFIX di kursi belakang. Setiap kursi juga memiliki sandaran kepala dan yang belakang dirancang untuk tidak menggangu pandangan pengemudi ke belakang. Euro NCAP memberti rating 3 bintang untuk perlindungan pedestrian. Sistem pengeremannya didukung ABS, EBD dan Brake Assist.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 738
- Joined: Sun Nov 14, 2004 4:16
- Location: Near......
Jujur aja, image merk pada mobil ukuran kecil tidak sepenting image merk kalau kita mau beli mobil diatas 200 jtan toh. Jadi basicnya kalau suzuki bisa masukin swift dengan mesin 1.5 trus dengan kelengkapan diatas city ( airbag, abs, dsb ) dan price nya ngga diatas Jazz yang palling mahal, prospeknya menurut saya sangat SANGAT bagus. mobil itu desainnya ga jelek sama sekali lo, terbaik malah yang dirancang Suzuki kalo dibandingkan dengan produk2 Suzuki lainya satu dekade terakhir. I even like the design better than jazz, karena ada warna" Ist pada Swift. buritannya mungkin....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sun May 25, 2003 2:03
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 873
- Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sun May 25, 2003 2:03
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
saya rasa juga begitu Pak Herry...seperti kasus pada baleno th 96 yang super lengkap kalo dari negara asalnya, ada 2 airbag, heater di kursi penumpang dan sopir, AC di belakang, ABS, electric seat...bla...bka... sampai di indo dipretelin semua....untuk menekan harga yang sampai dibawah starlet.. padahal ccnya saja sdh 1600cc, starlet cuma 1300cc.Herry wrote:Bagus kog swift ini, tapi itu semua feature yg ada di versi eropa. Sayang kalo masuk Indo gue yakin sekali pasti banyak feature yg dihilangkan (downgrade), supaya dapat nekan harga dan bersaing dgn jazz/vitz.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Jun 13, 2005 10:47
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Thu Jun 10, 2004 3:52
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Sat May 07, 2005 18:15
- Location: Sby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 873
- Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Sat May 07, 2005 18:15
- Location: Sby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
kalo dari style nya sih mungkin jazz bisa jadi kalah up to date, namun kalo dari performance saya kira belum bisa match ke jazz VTEC ya..... tenaga nya cuma 74kW, dibanding jazz vtec 81 kW, sedangkan torsi 133Nm dibanding jazz 143Nm, spek ini versi australia, sudah dengan 1.5 VVT, engine. yang mungkin bisa mengalahkan atau paling tidak mencuri angka penjualan jazz saya kira adalah harganya yang murah, di aust cuma dijual mulai dari AUD$16,000 sedangkan jazz mulai dari AUD 19,000. apalagi disini pasti dipretelin tuh perlengkapannya.... bisa lebih murah lagi mungkin
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
ya betul, mestinya indomobil juga mementingkan image yah, masukin barang yang berkelas dikit napa? harga disamain jazz VTEC, mesin 1.5 VVT, ABS, EBD,dual SRS Airbag. meskipun mungkin masih kalah image dibanding honda, namun setidaknya bikin honda 'punya' saingan sepadan... saat ini hampir gak ada yang ngrecokin sih.... kalo perlu Hyundai Getz upgrade ke 1500cc juga tuh, style nya udah bejaban koq ama jazz... supaya pasar nya makin kompetitif..... akhirnya konsumen jua yang di untungkan... ya gak? meskipun gua udah terima jazz VTEC, tetep aja penasaran jika keluar Suzuki Swift.... karena pada dasarnya gua suka produk suzuki... sejak dahulu gak pernah pake motor/mobil selain suzy.... dari RC100, satria F, Escudo, karimun, GSX 1400... semua produk suzuki pokoknya.....jazz vtec adalah selingkuhan pertama...... dan keliatannya cukup memuaskan meski mesin VTEC nya kurang begitu kerasa karena pake matic...hehehehe
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Thu Jun 10, 2004 3:52
- Location: Jakarta
Sebenarnya produk Suzuki tuh tangguh lagi. gak kalah ama Honda atau Nissan. Cuma bingung aja di indo kok pada milih produk Honda/Nissan untuk harga yang di atas Rp 130 juta an.
Mungkin produk Suzuki di indo di downgrade abis2an, sedangkan merk lain spek nya di indo tidak gitu berbeda sama produk LN.
Mungkin produk Suzuki di indo di downgrade abis2an, sedangkan merk lain spek nya di indo tidak gitu berbeda sama produk LN.
Yeah yeah yeah ! ! !
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
kocak yaa bentuknya
Emang model yang lagi "in" skrng teh emang yang kotak kotak yaa, kyk zaman Mr. Bean?? Gua mikir, nee mobil klo di modif jadi kyk gimana yaa??
Soalnya yang saya lihat dari Honda Jazz, people doesn't really look into the engine, or the airbag and so on, and so on,, soalnya emang Jazz menarik untuk dilihat dan menarik untuk dimodifikasi..
Well that's only my opinion though..
Emang model yang lagi "in" skrng teh emang yang kotak kotak yaa, kyk zaman Mr. Bean?? Gua mikir, nee mobil klo di modif jadi kyk gimana yaa??
Soalnya yang saya lihat dari Honda Jazz, people doesn't really look into the engine, or the airbag and so on, and so on,, soalnya emang Jazz menarik untuk dilihat dan menarik untuk dimodifikasi..
Well that's only my opinion though..
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
kayaknya harga malahan lebih mahal dibanding jazz nih menurut otomotif online:
Walau Soebronto tidak menyebutkan berapa harga pastinya, sang sumber menyebut Swift akan dijual dengan banderol Rp 140 juta. Sayangnya ia tidak menyebutkan apakah harga itu on atau off the road. Sementara, saat peluncuran di Malaysia, harga yang dipatok 78-85 ribu ringgit atau sekitar Rp 195-212,5 juta. Pj
Warte nur Balde
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
Rahasia Penampilan Suzuki Swift
--------------------------------------------------------------------------------
Hingga hari ke 4, Suzuki Swift telah menggaet hati 79 orang penggemarnya. Angka ini merupakan rekor tersendiri bagi Suzuki yang mengambil stand pameran di Assembly Hall, JCC pada GAE 2005. Lalu apa rahasia kesuksesan Suzuki Swift itu?
Menurut pengamatan kami, salah satu rahasia keberhasilan Swift meluluhkan hati pengunjung GAE adalah penampilannya aduhai. Dibalik desain body nya yang sudah trendy itu, ternyata PT. Indomobil Niaga International sebagai ATPM mobil Suzuki di Indonesia mampu memberikan sentuhan lebih menarik lagi. "Suzuki Genuine Accesories telah mendandani Swift jadi lebih menarik," tutur Priyo Kurnianto, Public Relation Dept Head Suzuki 4W.
Sentuhan menarik itu diperlihatkan dengan body kit dan aplikasi kaki-kaki bergaya sporty. Kedua komponen pendongkrak penampilan itu sudah tersedia di Suzuki Genuine Accessories. "Nanti kalau customer membutuhkan body kit Swift seperti yang ada di stand kami, semua telah tersedia di Suzuki Genuine Accessories," jelas Priyo.
Khusus untuk kaki-kaki, pihak Suzuki menyodorkan beberapa pilihan. Diantaranya velg dengan diameter 18 – 19. Harga satu set velg berikut bannya juga ditawarkan dengan bervariasi. Untuk paket kaki-kaki yang digunakan pada Swift yang di display di bawah, harganya berkisar Rp. 28 juta. Sedang kaki-kaki yang dicangkok pada Swift yang didisplay di atas sekitar Rp. 20 juta.
--------------------------------------------------------------------------------
Hingga hari ke 4, Suzuki Swift telah menggaet hati 79 orang penggemarnya. Angka ini merupakan rekor tersendiri bagi Suzuki yang mengambil stand pameran di Assembly Hall, JCC pada GAE 2005. Lalu apa rahasia kesuksesan Suzuki Swift itu?
Menurut pengamatan kami, salah satu rahasia keberhasilan Swift meluluhkan hati pengunjung GAE adalah penampilannya aduhai. Dibalik desain body nya yang sudah trendy itu, ternyata PT. Indomobil Niaga International sebagai ATPM mobil Suzuki di Indonesia mampu memberikan sentuhan lebih menarik lagi. "Suzuki Genuine Accesories telah mendandani Swift jadi lebih menarik," tutur Priyo Kurnianto, Public Relation Dept Head Suzuki 4W.
Sentuhan menarik itu diperlihatkan dengan body kit dan aplikasi kaki-kaki bergaya sporty. Kedua komponen pendongkrak penampilan itu sudah tersedia di Suzuki Genuine Accessories. "Nanti kalau customer membutuhkan body kit Swift seperti yang ada di stand kami, semua telah tersedia di Suzuki Genuine Accessories," jelas Priyo.
Khusus untuk kaki-kaki, pihak Suzuki menyodorkan beberapa pilihan. Diantaranya velg dengan diameter 18 – 19. Harga satu set velg berikut bannya juga ditawarkan dengan bervariasi. Untuk paket kaki-kaki yang digunakan pada Swift yang di display di bawah, harganya berkisar Rp. 28 juta. Sedang kaki-kaki yang dicangkok pada Swift yang didisplay di atas sekitar Rp. 20 juta.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Thu Jun 10, 2004 3:52
- Location: Jakarta