roadtrain99 wrote:billyd1773dz wrote:roadtrain99 wrote:sepertinya sering sekali diulas tentang ladder dan monokok ini itu...ketangguhan, badak, heavy duty ini itu..dll..
apa iya non ladder suv selemah yg sering dikatakan? krn ada beberapa pendapat bhw s/cuv non ladder mudah patah/rusak. terus terang kayaknya pendapat begitu agak berlebihan.
kalo sepemahaman gw, kekuatan suatu mobil bukan cuma karena sasis aja, tp ada faktor2 lain juga.
beban apa yg dimaksud di sm ini, sehingga spt nya mobil non ladder frame spt lemah utk beban?
gw ada mobil ladder dan jg monokok. gw mau tau opinions dari yg ahli2 disini...
skrng sih jarak ladder n monokok sudah tidak significan om.. apa lgi sama2 dpke wira-wiri di kota sampai hanya ngelewati jalan bolong2 yg selama masih d bilang "jalan" ..... dan selama masih berbentuk SUV bawaannya tentu tdk bisa terlalau berat, tdk akan terasa perbedaannya... pling yg kerasa yg fiss kaki2nya cepet gegeludukan/bunyi yg ifs masih lebih diem.... pa lgi rigid+leaf ntah gimn sya suka heran sendiri klw pke suv jadul ntah itu taft rigid, fj40 yg sudah berumur, tpi kaki2nya masih diem... walau goyangnya seadanya aja....
klw tow capacity liat2 d situs oz n za...
keluarga ladder
vx200 3.5T
patrol 3.5T
prado 2.5T
fortuner 1.5T
keluarga reinforced monokok(?)
grandcherokee WK 3.5T
Comandder XK 3.5T
grandcherokee WJ 3T
pajero 3T
Cherokee/Liberty KK 2.25T
Cherokee XJ 2.25T
JK 4door 2.3T
JK 2door 1.6T
keluarga monokok(?)
touareg 3.5T
Q7 3.2T
Xtrail 2T
Rav4 1.9T
GV 1.85T
escape 1T
well..... tdk semua monokok punya tow capacity buruk.. tdk semua ladder punya towcapacity baik...
dulu sih memang ladder paling kuat,
tp sekarang jaraknya makin sempit dan sdh tdk mengikat.
mungkin tinggal spesialis angkutan barang berat,and easy maintenace aja kli yah yg masih di kuasai ladder...
oyah dri sisi pabrik jg ladder jd lebih mudah n murah bwat dikembangin jd beragam mobil.
thx

thx utk penjelasannya, ternyata pemahaman kita sealiran.
pengertian gw tentang beban terhadap mobil passenger juga palingan sekitar penumpang dan barang2 sewajarnya. Maka itu gw pikir pernyataan seperti mobil suv ladder lebih superior dan non ladder lemah, buat gw..kayaknya terlalu dibesar2kan.
gw setuju yg billy bilang, faktor2 kaki2 jg patut diperhitungkan utk kuat ga nya di medan offroad, bukan sekedar flexibilitas sasis aja.
utk specialist angkutan berat, selain kuat, tentunya lebih praktis dgn ladder, krn bisa lebih mudah mendesign box, bak, dan apalagi seperti truk container.
selain itu, mobil sasis ladder, sasis nya bs di"urut" kalo rusak krn tabrakan, sedangkan klo non ladder lebih sulit. Dan mobil bersasis ladder juga lebih enak utk dirombak2 atau dibangun ulang.
btw gw masih lieur ni istilah ifs, fiss dll..mohon dibantu hehehe.
utk captiva capacity tow nya sanggup 2ton.
hebat gr crq sanggup 3ton wih wih wih...
ow captiva jg 2T yah? wah gede juga yah...
klw XJ yg std cuma bisa 1,5T, tpi ada opsi paket tow package isinya ngereplace axle blkng dana35 27spline jdi dana44 30splineyg lebih gede n kuat dan ratio 1:4.11 yg lebih rendah langsung capacitynya loncat k 2.25T... kyanya tow capacity ada hubungannya jg dgn axle nih..
klw kaki d oprut.. stw sya sih om, selain mesti tahan banting, point lain yg gak kalah penting tu flex/artikulasi suspensinya, sejauh mana suspensi bisa beradaptasi dgn kontur tanah dan bisa terus berpijak sehingga bisa terus dapat traksi, dan mencegah mobil agar tdk mudah terbalik. nah hal ini yang sulit di tandingi oleh kaki2 independen.
klw kekuatan dlm nahan beban dan daya angkut independen bisa aja lebih baik dari rigid asal material dan konstruksinya tdk sembarangan(biasanya SUV muahall), karena struktur independen mirip dgn axle FULL Floating. sehingga as roda hanya diberi beban untuk memajukan kendaraan, dan tdk dpt beban dari muatan/bobot kendaraan, mungkin contohnya touareg yg bisa punya tow 3.5T. beban kendaraan sepenuhnya d tahan oleh suspensi yg bertumpu ke roda.
saingannya tentu rigid axle yg FULLFLOATING jg biasanya dpakai d truk dri colt diesel sampai fuso yg paling besar, dan SUV PickUp seperti LC70 atw nissan patrol, jeep dan landrover punya ini sebagai opsional. rigid fullfloating ini enaknya saat mengganti asroda, ban tdk perlu di lepas.. klw axle non fullfloating, as roda juga menerima beban tumpuan dari suspensi yg berasal dr muatan+body mobil, selain itu bertugas juga untuk mendorong maju kendaraan, kebayang kan beratnya tugas axle biasa?
itu soal angkut-mengangkut... tpi beda lg klw urusan oprut berat, yg mendewakan kesederhanaan dan less componen less trouble.. rigid tetap jd andalan apa lgi rigid fullfloating... komponen lebih dikit, axle d bangun dalam 1 kesatuan yg solid bandingkan dgn independen yg d bangun dari beberapa komponen dan sendi2 CV joint asroda yg terpisah dlm beberapa bagian dan selalu bergerak,yg membuatnya memiliki kemungkinan rusak karena d paksa kerja keras lebih tinggi, sedangkan rigid umumnya hanya terdiri dari 1 bagian dan hanya berputar tdk bergerak naik turun per bagian seperti independen.maka kemungkinan rusak rigid jd lebih kecil.
klw d onroad sepertinya d luar goyang dan stabilitas, suspensi independen memiliki banyak arm n komponen bergerak yg kemungkinan aus lalu menimbulkan bunyi, atau sekedar bushing pecah sehinga muncul suara "guguludakan" dari kolong mobil. rigid + leaf biasanya malah yg paling minim bunyi2 dan suspensi coil dgn arm semakin dikit maka semakin dkit juga bushing yg bisa jadi sumber suara.
klw goyangnya d onroad sih tentu independen pling enak.. rigid bru nikmat klw uda ketemu lubang2 dlam sampai 1/3 ban kya meteor dan libas dgn kecepatan tinggi with confident.. klw jalan ga rata at lubang2 kecil + kecepatan rendah biasanya malah g enak. tpi tergantung pilihan pershok jg sih..
cmiiw........
