Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41
Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
Sesuai judul nih, Honda Maestro ku limbung kalo melibas speed trap, apalagi kalo yg kena speed trap cuma 1 bagian aja (misal cuma kiri / kanan), dan juga limbung kalo di jalan tol melibas jalan yg bergelombang..bergelombang ini maksudnya jalan tolnya seperti ambles sedikit gara2 truk kelebihan muatan..
pls help SMers..
pls help SMers..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
maaf om.. maksud limbungnya gimana ya? bukannya kalo limbung itu seperti ngebuang di tikungan..
ini jalan lurus yang agak bergelombang.. trus bannya tetap blesek gitu? gak balik lagi?
kalo iya, kemungkinan shock breaker perlu diganti...
apa aja yang sudah dilakukan nih?
ini jalan lurus yang agak bergelombang.. trus bannya tetap blesek gitu? gak balik lagi?
kalo iya, kemungkinan shock breaker perlu diganti...
apa aja yang sudah dilakukan nih?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
maaf omm numpang nanya...pengertian limbung disini apakah mobil ngebuang /berubah arah, oleng/body roll, ayunan suspensi yg berlebihan sehingga terasa goyang atau bagaimana ?karupin wrote:Sesuai judul nih, Honda Maestro ku limbung kalo melibas speed trap, apalagi kalo yg kena speed trap cuma 1 bagian aja (misal cuma kiri / kanan), dan juga limbung kalo di jalan tol melibas jalan yg bergelombang..bergelombang ini maksudnya jalan tolnya seperti ambles sedikit gara2 truk kelebihan muatan..
pls help SMers..
selain itu pengecekan/perbaikan apa saja yang sudah dilakukan ?
di SM banyak expert berkeliaran, mudah2an problem anda bisa detemukan solusinya ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
cerita dari awal ya..
pertama ganti ban dari 205/45/17 ke 215/50/17.. lucunya jarak ban kiri lebih ceper dari kanan ( atau baru perhatiin ), + ban sebelah kiri nggesrot spakbor, sedangkan sebelah kanan tidak (muatan 2 orang di depan).
trus coba akalin skalian cek kaki2..
diakalin pake ganjel per 2 cm ( sudah diukur tinggi ganjelan & tinggi per sama )
cek kaki2 ditemukan masalah shock breaker kanan ternyata mbagel (mungkin mobil lama ga pake kali ya), tapi shock kiri masi lumayan bagus ( shock ini masih bawaan asli mobil )
secara umum kondisi kaki2 masih bagus (bushing2 maksudnya)
anehnya, waktu sudah terpasang ganjelnya, justru sekarang sebelah kanan yg lebih ceper dari kiri ( kebalikan dari kondisi awal ), tapi ban kiri belakang tetep aja nggesrot ke spakbor, sedangkan yg kanan justru tidak nggesrot sama skali ( dari awal jg ga nggesrot )
nggesrot disini bila kabin kiri belakang diisi orang dengan berat +/- 80 kg, depan 2 orang,
tapi bila orang ini pindah ke kanan belakang tidak nggesrot
kejadian limbung ini di jalan tol bila melipas speed trap, terasa sekali apalagi bila bagian kiri saja yg terkena speed trap, setelah terkena speed trap mobil terasa membuang sekali ( sepertinya terasa sekali setelah speed trap kena ban kiri belakang )
bila smua ban terkena speed trap, mobil sedikit terasa membuang, tapi tetap terasa..
kejadian limbung juga terasa waktu di jalan tol yg aspalnya tidak rata, contohnya aspal yg cekung gara2 kena truk muatan berat..
tapi kalo jalan bergelombang sepertinya mobil biasa aja..
pls help SMers
thx SMers
pertama ganti ban dari 205/45/17 ke 215/50/17.. lucunya jarak ban kiri lebih ceper dari kanan ( atau baru perhatiin ), + ban sebelah kiri nggesrot spakbor, sedangkan sebelah kanan tidak (muatan 2 orang di depan).
trus coba akalin skalian cek kaki2..
diakalin pake ganjel per 2 cm ( sudah diukur tinggi ganjelan & tinggi per sama )
cek kaki2 ditemukan masalah shock breaker kanan ternyata mbagel (mungkin mobil lama ga pake kali ya), tapi shock kiri masi lumayan bagus ( shock ini masih bawaan asli mobil )
secara umum kondisi kaki2 masih bagus (bushing2 maksudnya)
anehnya, waktu sudah terpasang ganjelnya, justru sekarang sebelah kanan yg lebih ceper dari kiri ( kebalikan dari kondisi awal ), tapi ban kiri belakang tetep aja nggesrot ke spakbor, sedangkan yg kanan justru tidak nggesrot sama skali ( dari awal jg ga nggesrot )
nggesrot disini bila kabin kiri belakang diisi orang dengan berat +/- 80 kg, depan 2 orang,
tapi bila orang ini pindah ke kanan belakang tidak nggesrot
kejadian limbung ini di jalan tol bila melipas speed trap, terasa sekali apalagi bila bagian kiri saja yg terkena speed trap, setelah terkena speed trap mobil terasa membuang sekali ( sepertinya terasa sekali setelah speed trap kena ban kiri belakang )
bila smua ban terkena speed trap, mobil sedikit terasa membuang, tapi tetap terasa..
kejadian limbung juga terasa waktu di jalan tol yg aspalnya tidak rata, contohnya aspal yg cekung gara2 kena truk muatan berat..
tapi kalo jalan bergelombang sepertinya mobil biasa aja..
pls help SMers
thx SMers
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
hmm..nubie mau belajar menganalisa....
sepertinya gejala ini terjadi di kaki belakang...bener gak ?
kalo analisa saya kenapa limbung, miring dan gesrot sebelah..krn kondisi sokbreker sudah tidak seimbang antara kiri & kanan.... kanan sudah kaku/mbagel sementara yg kiri masih lbh bagus, sehingga redaman tidak seimbang/harmonis... umumnya kalo yg sok belakang dengan kondisi gak seimbang begini dijalan gelombang/keriting terasa ekor mobil seperti kebanting kiri kanan...seperti berubah arah....akibatnya limbung. CMIIW
saran saya lbh baik ganti sokbreker tsb sepasang & kalo bs yg lebih keras supaya gejala gesrot bs dicegah krn ukuran ban sudah lbh besar dibanding semula.CMIIW
pls koreksi kalo ada yg keliru....
sepertinya gejala ini terjadi di kaki belakang...bener gak ?
kalo analisa saya kenapa limbung, miring dan gesrot sebelah..krn kondisi sokbreker sudah tidak seimbang antara kiri & kanan.... kanan sudah kaku/mbagel sementara yg kiri masih lbh bagus, sehingga redaman tidak seimbang/harmonis... umumnya kalo yg sok belakang dengan kondisi gak seimbang begini dijalan gelombang/keriting terasa ekor mobil seperti kebanting kiri kanan...seperti berubah arah....akibatnya limbung. CMIIW
saran saya lbh baik ganti sokbreker tsb sepasang & kalo bs yg lebih keras supaya gejala gesrot bs dicegah krn ukuran ban sudah lbh besar dibanding semula.CMIIW
pls koreksi kalo ada yg keliru....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
ane yang sotoy ikutan nimbrung deh..
iya nih, saran ane sih mending 4-4 nya aja shock yang diganti... trus jangan lupa ganjel per nya dilepas.. karena harusnya jadi bagus lagi..
kalau per sudah lemah, mending ganti juga. tapi jarang sih kasus sampe ganti per..
mohon koreksi dari pakar yang lain..
iya nih, saran ane sih mending 4-4 nya aja shock yang diganti... trus jangan lupa ganjel per nya dilepas.. karena harusnya jadi bagus lagi..
kalau per sudah lemah, mending ganti juga. tapi jarang sih kasus sampe ganti per..
mohon koreksi dari pakar yang lain..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
bayangan gw, limbungnya kalo abis lewatin gelombang, body mobil seperti mingset ke kanan/kiri sebentar...
cek shockbreaker, ganti kalo perlu.
biasanya sih kalo gini, dari shock aja. sekalian cek arm juga.
coba aja dongkrak satu ban, lalu di oblak2in kanan kiri, lalu bagian atas dan bawah ban. kalo ada yg oblak, biasanya arm/batang yg ngikat ban ke body. lupa gw istilahnya.
kalo bushing rusak/retak/kering, biasanya bunyi nya "geluduk" pas jalan yg permukaannya seperti paving, atau ga rata.
cek shockbreaker, ganti kalo perlu.
biasanya sih kalo gini, dari shock aja. sekalian cek arm juga.
coba aja dongkrak satu ban, lalu di oblak2in kanan kiri, lalu bagian atas dan bawah ban. kalo ada yg oblak, biasanya arm/batang yg ngikat ban ke body. lupa gw istilahnya.
kalo bushing rusak/retak/kering, biasanya bunyi nya "geluduk" pas jalan yg permukaannya seperti paving, atau ga rata.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
hehe......nubi mo ngikutan komen tp jawabannya udah d sikat para suhu semua......jd binun nih
anyway setuju sm pendapat rekan2 SMer d atas, kemungkinan problem berasal dr shock yg udh mengalami degradasi performa.....blom pernah d ganti khan oom?rasanya wajar aja mengingat umur komponen yg sdh ckp lama......
kasus ini mirip d baleno sy nih.......bagian kiri lbh rendah(sedikit) dr kanan, dan hanya terasa pd saat capsitas full load........ban kiri mdh sekali gesrot terutama yg belakang.....
tp ya itu.........lg ngumpulin duid bwat ganti shock eeeeehhhh............paking mesin sm seal busi minta d ganti juga...........
anyway setuju sm pendapat rekan2 SMer d atas, kemungkinan problem berasal dr shock yg udh mengalami degradasi performa.....blom pernah d ganti khan oom?rasanya wajar aja mengingat umur komponen yg sdh ckp lama......
kasus ini mirip d baleno sy nih.......bagian kiri lbh rendah(sedikit) dr kanan, dan hanya terasa pd saat capsitas full load........ban kiri mdh sekali gesrot terutama yg belakang.....
tp ya itu.........lg ngumpulin duid bwat ganti shock eeeeehhhh............paking mesin sm seal busi minta d ganti juga...........
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
hehee... mobil kalo udah di atas 5 tahun, mulai minta uang jajan ya om...doq wrote:hehe......nubi mo ngikutan komen tp jawabannya udah d sikat para suhu semua......jd binun nih
anyway setuju sm pendapat rekan2 SMer d atas, kemungkinan problem berasal dr shock yg udh mengalami degradasi performa.....blom pernah d ganti khan oom?rasanya wajar aja mengingat umur komponen yg sdh ckp lama......
kasus ini mirip d baleno sy nih.......bagian kiri lbh rendah(sedikit) dr kanan, dan hanya terasa pd saat capsitas full load........ban kiri mdh sekali gesrot terutama yg belakang.....
tp ya itu.........lg ngumpulin duid bwat ganti shock eeeeehhhh............paking mesin sm seal busi minta d ganti juga...........
tapi ane demen nih miara mobil tua...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
tul pakopat..........
imho entah knapa mobil2 lama designnya lbh timeless deh.....hehehe
sy jg naksir lancer baheula yg d pk reli tapi hihihi......klo g salah lancer ex 2000 ya namanya oom?
imho entah knapa mobil2 lama designnya lbh timeless deh.....hehehe
sy jg naksir lancer baheula yg d pk reli tapi hihihi......klo g salah lancer ex 2000 ya namanya oom?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
cikal bakal evo itu lancer EX 2000.. yang di avatar ane tuh...doq wrote:tul pakopat..........
imho entah knapa mobil2 lama designnya lbh timeless deh.....hehehe
sy jg naksir lancer baheula yg d pk reli tapi hihihi......klo g salah lancer ex 2000 ya namanya oom?
kalo versi kalemnya SL ane...
kalo lancer SL seperti ane, pasarannya sekitar 15-30jt.. bergantung kondisi.. tapi pernah lihat yang bagus banget, masih ori, harganya 25... kalo gak salah di forum sebelah deh...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
huhuhu.......klo d itung2 semenjak dr pegangan saya, si baenol itu jajannya udah bsa kebeli SL neh.....hiks
ngomong2 oom TS dah melakukan tindakan apa nih sm maestronya..........
ngomong2 oom TS dah melakukan tindakan apa nih sm maestronya..........
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
hahaha... jadi malu ditanyain apa yg sudah dilakuin sama maestro gue...
blom ada yg dilakuin bro..
soalnya tunggu petuah dari laoshi2 ( suhu maksudnya ) di SM..
kalo liat dari kesimpulan para suhu SM mestinya ganti shock breaker ya..
so, shock apa yg bagus? lebih keras dikit dari showa.. & harga bersahabat?
kalo bisa recomend tokonya.. hehehe....
ada yg saran merk Lip / Lips (bibir??? ) made in londo alias belanda ktanya SMers ada yg pernah denger kah?
atau tokico?
bingung jadinya...
thx SMers
blom ada yg dilakuin bro..
soalnya tunggu petuah dari laoshi2 ( suhu maksudnya ) di SM..
kalo liat dari kesimpulan para suhu SM mestinya ganti shock breaker ya..
so, shock apa yg bagus? lebih keras dikit dari showa.. & harga bersahabat?
kalo bisa recomend tokonya.. hehehe....
ada yg saran merk Lip / Lips (bibir??? ) made in londo alias belanda ktanya SMers ada yg pernah denger kah?
atau tokico?
bingung jadinya...
thx SMers
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
All Honda lover dimohon mampir kemari... ditunggu rekomendasi buat accord maestro temen kita ini...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
I'm new here.. sekalian mau coba jawab ya.. Kalo boleh saran nih pake shockbreaker standart aja, pernya pake yang aslinya, check balljointnya juga biasanya kalo balljoint kena ga stabil tu setir parahnya bisa miring langsung senderan di per tu ban alias duduk ditempat (pengalaman pribadi)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26980
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
kayanya cuman gara2 shockbreaker yg rusak satu doank sigh kayanya ga ampe bikin parah gt sigh ngebuang nya... dulu di honda ane jg gt, shock depan kiri uda bocor, tapi ane kaga ngerasa waktu nyetir, tau2 nya waktu ane lagi mo nyuci mobil baru kliatan tuh, bocor nya uda parah.... tapi kalo ngeliat history nya TS sigh, menurut ane ga ada salahnya diganti tuh shock 4 4 nya scara mobil nya uda tua, dan lagi coba diliat jg spring nya, siapa tau uda ada yg lemah salah satu... ball joint dkk jg bole diliat...
numpang lewat aja....
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Aug 04, 2015 4:47
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
Maaf sebelumnya bukan maksud unt menaikan thread lama tp kasus om karupin sama persih sama mobil saya mitsubishi galant hiu.karupin wrote:Sesuai judul nih, Honda Maestro ku limbung kalo melibas speed trap, apalagi kalo yg kena speed trap cuma 1 bagian aja (misal cuma kiri / kanan), dan juga limbung kalo di jalan tol melibas jalan yg bergelombang..bergelombang ini maksudnya jalan tolnya seperti ambles sedikit gara2 truk kelebihan muatan..
pls help SMers..
Kalau boleh tau sudah ada ketemu penyakitnya apa kah om?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 193
- Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota F653RM
Re: Honda Maestro limbung.. pls help SMers...
paling gampang, bawa ke bengkel spooring yang reputasi bagus.d4vid wrote:Maaf sebelumnya bukan maksud unt menaikan thread lama tp kasus om karupin sama persih sama mobil saya mitsubishi galant hiu.karupin wrote:Sesuai judul nih, Honda Maestro ku limbung kalo melibas speed trap, apalagi kalo yg kena speed trap cuma 1 bagian aja (misal cuma kiri / kanan), dan juga limbung kalo di jalan tol melibas jalan yg bergelombang..bergelombang ini maksudnya jalan tolnya seperti ambles sedikit gara2 truk kelebihan muatan..
pls help SMers..
Kalau boleh tau sudah ada ketemu penyakitnya apa kah om?
biasanya, mereka bakal cek kaki2 secara detail, kalau ada yang ga beres dikit aja ma komponen kaki2 (entah shock, tie-rod, ball-joint, arm, dll), bakal langsung ditolak spooring, dan dikasi catatan apa ja yang harus dibenerin.