Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
haniefsn wrote:salam, betul bro...dulu saya pernah nanya2 santi juga............wah,...punya saya agak mendingan nih...masih 75 ribu. .....km...tapi hbs ini juga nambah banyak...soalnya bakal sering dipake ke pamulang-bandung.......... ....bengkel di seputaran jakarta selatan yang biasa disamperin temen2 apa yah........tks
bro haniefsn di pamulang ya
kalo saya di bengkel gaplek
tapi kata bro kuruma lebih baik di BERES saja
mungkin itu suatu masukan yang baik
Kalo BERES di JakSel
di Cilandak sebelum Giant Lebak Bulus
haniefsn wrote:salam, betul bro...dulu saya pernah nanya2 santi juga............wah,...punya saya agak mendingan nih...masih 75 ribu. .....km...tapi hbs ini juga nambah banyak...soalnya bakal sering dipake ke pamulang-bandung.......... ....bengkel di seputaran jakarta selatan yang biasa disamperin temen2 apa yah........tks
Bro Hanie, 75k km ya odonya ...wah kalo gito odo ane yang plg kecil nech baru 65k km an... sama bro ane juga dapetnya di stenly tapi yang di PMK.. untuk bengkel yg ane kunjungin ntar ane PM ya bro....!!
Btw, si-santi masih mulus tuh bro...and warna hitam sekarang udh nambah dua lagee nich....!!
@Bro Agus : salam kenal kembali, santinya warna apa bro, udh km berapa dan gimana pengguna santi di lampung.
@Bro Abu2 : Ladangnya udh panen, sekarang lagi merintis nanam yg baru lageeee....
wah ada kawan baru neh seneng sekali
ternyata para pemilik santi belum jauh neh KM nya, abis 1 frt ownernya sayang jadi km pada rendah
punya ane warna gols 2002 baru 70.000, abis paling s seneng dibawa jalan2
sebaiknya emang ke bERES aja sebab ane pernah 2 kali kecewa, sb boil ini khan jarang jadi sedikit yg tahu karakternya, walopun bekas mekanik hyundai yg buka benkel sendiri kec yg pernah training ke korea.
di bdg ane kecewa 2 kali makanya klo mesin mending ke beres klo kaki2 yaaa ada yg ahli tapi sebaiknya juga ke beres pasti beres dan ongkosnya jelas kok, kita bisa2 tanya dan ngobrol ama mekaniknya dll jd nambah ilmu jg.
tuk pemilik baru met datang skali lagi deh
bro kuruma : emang gi nanem kurma lagi tpi di jambi di ladang minyak haa..... apa tumbuh gitu kurma di tnh sumantra haa.... kurma2 an kali yaaaa
dear all, sekedar berbagi pengalaman punya santi selama hampir tiga bulan...tapi sudah mencatat lebih dari 5000 km jam terbang...(termasuk dua kali accident)
untuk santy saya saat baru beli diperiksa oleh temen sendiri yang tehnisi hyundai/kia lulusan korea (setahun disana..merakit mobil dari komponen sampai jadi dn merawatnya)
yang dia periksa sesuai SOP hyundai (dia punya manual pemeriksaan mobil-mobil Hyundai/Kia termasuk Santa Fe)
katanya yang paling penting jika kaki-kaki sudah ok, mesin,kabel busi, busi, radiator, alternator,setting mesin dan timing belt adalah membersihkan " Filter merangkap Pompa" bahan bakar yang letaknya di tangki BBM, ini yang "tidak akan diperiksa" oleh tehnisi di BERES Hyundai karena memang merupakan item yang direncanakan harus diganti (seperti timing belat) bila pompa bermasalah karena filter kotor....biasanya kotoran timbul kalau BBM kotor atau dicampur premium....ini yang kata dia menjadi sebab ada santy yang suka mogok tiba-tiba kehilangan power, namun setelah berhenti dan distrat lagi jadi lancar lagi, karena kotoran sudah luruh.. pompa/filter santy saya memang kotor sekali, meskipun saya yakin selalu memakai bensin pertamax/super sebelumnya
selain itu hati-hati dengan aki yang mungkin harus dikuras secara berkala agar performancenya fit, karena mesin dan ac santy membutuhkan listrik yang besar..
bila aki agak soak pasti mesin akan ndut-ndutan...kekurangan pasokan listrik..apalagi jika pakai ac..
beli spares lampu dll sebaiknya jangan terpaku pada BERES atau toko yang memakai buku resmi Hyundai...karena ternyata importir spares mempunyai dua harga untuk barang yang sama..ada toko yang sudah berani stok barang sehingga m,endapatkan harga lebih murah (60 %)...namun yang buka buku resmi hyundai akan pakai harga resmi dikurangi diskon 10 % (trik bisnis)....
Untuk barang yang sama (headlamp Santa Fe) yang di toko dengan harga resmi berlabel 1.300 ribuan setelah diskon, ternyata bisa didapat dari toko tanpa buku harga resmi dengan harga 750-800 ribuan, padahal berasal dari importir yang sama
hati-hati terpaku pada kata ke aslian, semuanya asli, cuma yang agak mahal itu stok lama untuk versi Amerika serikat (pabrik Santa Fe di Alabama USA, diekspor ke Korea untuk di reekspor ke negara lain)...sedangkan yang dijual sekarang dengan harga mahal (BERES) dan agak murah memang merupakan produk spares buatan baru
headlamp 800 ribuan saya cukup kinclong dan membuat mobil nampak baru...seolah baru keluar dari dealer
untuk ac sebaiknya di modifikasi pakai kompresor ND (denso) type 17....karena harga kompresor asli santa Fe cukup mahal dan kurang handal....apalagi yang second hand
akhirnya untuk membuat Santa Fe nampak lebih berkelas tentunya roda (ban) harus gagah juga, saya tetap pakai velg lama yang dicat lagi, ban gunakan agak besar, dengan ukuran R 15/75/255 agar lebih tinggi sekitar 2-3 cm dari roda 225-235
juga per roda ditambah dengan ganjal karet sehingga jarak roda dengan body yang semula 7 cm menjadi 12 cm (empat jari jadi 7 jari)...dan ini tetap stabil lho..
terus bisa ditambah roof rack serta tanduk baby fortuner
rasanya jadi seperti naik toyota harrier....
silahkan di coba...untuk ban pakai bridgestone desert dueller A/T, tidak berisik ..
konsumsi bensin jarak jauh bagaimana ?..rata-rata 9-10 km/lt...bahkan bila jarang ngerem dan ngebut terus dengan Rpm konstan 2000-2500 (100-140 km/jam) bisa mencapai lebih dari 13 km/jam (route tegal-pancoran)...saya catat dengan lengkap mulai dari perjalanan dari jakarta-madiun-bali-madiun-jakarta)....
kesimpulan saya santa Fe lebih boros kalau mesin idle dibandingkan lari 120 km/jam...
mengenai ujung-ujung hidung yang remuk setelah accident di tegal dan probolinggo sudah pulih tuh...dengan headlamp baru kembali kinclong....pantas menyandang nama "The Raptor"....yang gagah, tinggi dan macho (ini perasaan saya dan istri)..
untuk check up dan ganti timing belt lain kali saya akan beli semua spares sesuai dengan manual maintenance Santa Fe...dan dikerjakan oleh teman saya..harga spares bisa setengahnya...kualitas kerja bisa lebih baik karena diawasi sendiri di rumah
biaya tehnisi tak akan semahal di BERES...
santa Fe saya sudah 170.000 km tapi boleh diadu dengan yang baru karena hampir semua terawat baik (diganti bila harus) dan mesin sudah di standardkan lagi (turun mesin)...
ditambah wood panel..yang kata temen-temen sangat jarang ada...
pokoknya belum pernah saya se exciting ini punya mobil..setara dengan mengurus mobil willyz 46 saya yang masih ditinggal di madiun...
sorry nulisnya agak semangat...maklum baru sempet buka situs per dua minggu
peace
sharky wrote:dear all, sekedar berbagi pengalaman punya santi selama hampir tiga bulan...tapi sudah mencatat lebih dari 5000 km jam terbang...(termasuk dua kali accident)
untuk santy saya saat baru beli diperiksa oleh temen sendiri yang tehnisi hyundai/kia lulusan korea (setahun disana..merakit mobil dari komponen sampai jadi dn merawatnya)
yang dia periksa sesuai SOP hyundai (dia punya manual pemeriksaan mobil-mobil Hyundai/Kia termasuk Santa Fe)
katanya yang paling penting jika kaki-kaki sudah ok, mesin,kabel busi, busi, radiator, alternator,setting mesin dan timing belt adalah membersihkan " Filter merangkap Pompa" bahan bakar yang letaknya di tangki BBM, ini yang "tidak akan diperiksa" oleh tehnisi di BERES Hyundai karena memang merupakan item yang direncanakan harus diganti (seperti timing belat) bila pompa bermasalah karena filter kotor....biasanya kotoran timbul kalau BBM kotor atau dicampur premium....ini yang kata dia menjadi sebab ada santy yang suka mogok tiba-tiba kehilangan power, namun setelah berhenti dan distrat lagi jadi lancar lagi, karena kotoran sudah luruh.. pompa/filter santy saya memang kotor sekali, meskipun saya yakin selalu memakai bensin pertamax/super sebelumnya
selain itu hati-hati dengan aki yang mungkin harus dikuras secara berkala agar performancenya fit, karena mesin dan ac santy membutuhkan listrik yang besar..
bila aki agak soak pasti mesin akan ndut-ndutan...kekurangan pasokan listrik..apalagi jika pakai ac..
beli spares lampu dll sebaiknya jangan terpaku pada BERES atau toko yang memakai buku resmi Hyundai...karena ternyata importir spares mempunyai dua harga untuk barang yang sama..ada toko yang sudah berani stok barang sehingga m,endapatkan harga lebih murah (60 %)...namun yang buka buku resmi hyundai akan pakai harga resmi dikurangi diskon 10 % (trik bisnis)....
Untuk barang yang sama (headlamp Santa Fe) yang di toko dengan harga resmi berlabel 1.300 ribuan setelah diskon, ternyata bisa didapat dari toko tanpa buku harga resmi dengan harga 750-800 ribuan, padahal berasal dari importir yang sama
hati-hati terpaku pada kata ke aslian, semuanya asli, cuma yang agak mahal itu stok lama untuk versi Amerika serikat (pabrik Santa Fe di Alabama USA, diekspor ke Korea untuk di reekspor ke negara lain)...sedangkan yang dijual sekarang dengan harga mahal (BERES) dan agak murah memang merupakan produk spares buatan baru
headlamp 800 ribuan saya cukup kinclong dan membuat mobil nampak baru...seolah baru keluar dari dealer
untuk ac sebaiknya di modifikasi pakai kompresor ND (denso) type 17....karena harga kompresor asli santa Fe cukup mahal dan kurang handal....apalagi yang second hand
akhirnya untuk membuat Santa Fe nampak lebih berkelas tentunya roda (ban) harus gagah juga, saya tetap pakai velg lama yang dicat lagi, ban gunakan agak besar, dengan ukuran R 15/75/255 agar lebih tinggi sekitar 2-3 cm dari roda 225-235
juga per roda ditambah dengan ganjal karet sehingga jarak roda dengan body yang semula 7 cm menjadi 12 cm (empat jari jadi 7 jari)...dan ini tetap stabil lho..
terus bisa ditambah roof rack serta tanduk baby fortuner
rasanya jadi seperti naik toyota harrier....
silahkan di coba...untuk ban pakai bridgestone desert dueller A/T, tidak berisik ..
konsumsi bensin jarak jauh bagaimana ?..rata-rata 9-10 km/lt...bahkan bila jarang ngerem dan ngebut terus dengan Rpm konstan 2000-2500 (100-140 km/jam) bisa mencapai lebih dari 13 km/jam (route tegal-pancoran)...saya catat dengan lengkap mulai dari perjalanan dari jakarta-madiun-bali-madiun-jakarta)....
kesimpulan saya santa Fe lebih boros kalau mesin idle dibandingkan lari 120 km/jam...
mengenai ujung-ujung hidung yang remuk setelah accident di tegal dan probolinggo sudah pulih tuh...dengan headlamp baru kembali kinclong....pantas menyandang nama "The Raptor"....yang gagah, tinggi dan macho (ini perasaan saya dan istri)..
untuk check up dan ganti timing belt lain kali saya akan beli semua spares sesuai dengan manual maintenance Santa Fe...dan dikerjakan oleh teman saya..harga spares bisa setengahnya...kualitas kerja bisa lebih baik karena diawasi sendiri di rumah
biaya tehnisi tak akan semahal di BERES...
santa Fe saya sudah 170.000 km tapi boleh diadu dengan yang baru karena hampir semua terawat baik (diganti bila harus) dan mesin sudah di standardkan lagi (turun mesin)...
ditambah wood panel..yang kata temen-temen sangat jarang ada...
pokoknya belum pernah saya se exciting ini punya mobil..setara dengan mengurus mobil willyz 46 saya yang masih ditinggal di madiun...
sorry nulisnya agak semangat...maklum baru sempet buka situs per dua minggu
peace
BRo Sharky bole juga nih rekomendasi montirnya? Lokasi dimana nih?pengen dicekin dengan harga murah ni...
Trus tentang tanduk Baby Fortunernya itu py rush kan?
dirubah kaki2-nya tidak? apa tinggal Plug Play aja tuh
Ini Bri si santiku. KM nya amit amit dehh...udah 224856 KM. Tp part engine udh di up grade smua oleh pmilik lama. Kmrn ane abis kena masalah di IC alternatornya Broo...Tp untung bs di pakai milik IC mitsu L300 cuman 265 ribu. Ngacir lagi deehh....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
katanya yang paling penting jika kaki-kaki sudah ok, mesin,kabel busi, busi, radiator, alternator,setting mesin dan timing belt adalah membersihkan " Filter merangkap Pompa" bahan bakar yang letaknya di tangki BBM, ini yang "tidak akan diperiksa" oleh tehnisi di BERES Hyundai karena memang merupakan item yang direncanakan harus diganti (seperti timing belat) bila pompa bermasalah karena filter kotor....biasanya kotoran timbul kalau BBM kotor atau dicampur premium....ini yang kata dia menjadi sebab ada santy yang suka mogok tiba-tiba kehilangan power, namun setelah berhenti dan distrat lagi jadi lancar lagi, karena kotoran sudah luruh.. pompa/filter santy saya memang kotor sekali, meskipun saya yakin selalu memakai bensin pertamax/super sebelumnya
@Bro Sharky & Bro Agus, Thanks untuk sharingnya...!!
Walupun santi ane belum ada masalah dengan performa namun ane khawatir juga dgn usia boil yg udh 7 tahun, ke khawatiran itu terutama Pompa bensin yang ada di tanki, perlu dikuras nich kayaknya tanki atau ada campuran khusus untuk membuat kotoran didalam tanki menjadi bersih, please deh oum/teman2 SM sharingnya kalo udh pernah menggunakan campuran khusus untuk membersihkan kotoran didalam tanki...
Kmrn ane abis kena masalah di IC alternatornya Broo...Tp untung bs di pakai milik IC mitsu L300 cuman 265 ribu. Ngacir lagi deehh....
Nah yang kedua juga dgn alternator : ada dua hal di alternator ini yang pertama ya carbon brushnya dan yang kedua di IC regulatronya, dua hal ini yang ane khawatirkan, ane baru tahu nich kalo IC regulator untuk Santi bisa menggunakan IC Mitsu L300
@Bro Agus....sptnya Odonya paling tinggi nich dari semua pengguna santi disini
wah bro shaky bkin ngiler aja neh
bro agus : klo spion di kaca blakang tuh bisa dibeli dimana yaaa ? minat euy, ato yg bagus pake sensor parking yaaaa, gmn pendapat para suhu neh.
ane sih sudah dua kali bersiin saringan / filter BBm yg letaknya di tanki BBM, emang gejalanya dulu suka endut2 an,
yaaa seperti banyak keras gitu, diangkat trus disemprot pake angin, pasang lagi yaaa langsung ngacir
santi ane ada gejala getar mesin pas distarter dan pas matiin mesin, katanya seh ada engine mounting yg sdh aus dan perlu diganti. yang lain masih normal
bro sharky klo semepet ke toko tanyaiin dong kampas rem depan dan blakang brp harganya ?> baik yg ori atao yang KW1.
Bro...,
1. Talang air si santi bisa adopsi kok miliknya toyota kijang kapsul untuk pintu depan dan milik new panther untuk pintu tengah. emang sih tidak 100% sama persis tapi ane bisa jamin 80% aja dehhh......! pasangnya jangan di bor kasihan si santi mending di lem dan klem aja. Jika di lihat dari jarak 50 meter hampir tak klihatan deh bedanya......., tapi jangan lupa tutup tuh tulisan di talang air brand kijang dan new panthernya, malu atuh ntar klihatan....
2. Bro..., spion kaca belakang banyak tuh di jual di toko accesories. warna pilihan kbanyakan silver,item dan chrome aja. cuman 250 ribuan. Ada pilihan 2 tiang dan 1 tiang tp ane pilih yang 1 tiang aja kayaknya sih lebih macho....
3. Odo santiku emang pemecah rekor Broooo..., maklum dulu bekas milik dokter spesialis sering bepergian metro - bandar jaya - lampung pp (+/-100 km/hari). Tapi si dokter rajin tuh krn hampir 80% part engine baru smua jd skrng sama sprti bayi baru lahir lagi.
4. Ane heran di lampung tuhh..., owners santi di lampung hanya skitar 8 unit aja (info hyundai lampung) jarang skali pminat. Sampe ane jual xenia hanya karena jatuh cinta ama si santi. nggak kalah tuh desainnya di banding CRV, terrano, XL-7. Ada apa ya Bro...dengan si santi shg banyak yang kurang minat ?
Agus Winaryo wrote:Bro...,
1. Talang air si santi bisa adopsi kok miliknya toyota kijang kapsul untuk pintu depan dan milik new panther untuk pintu tengah. emang sih tidak 100% sama persis tapi ane bisa jamin 80% aja dehhh......! pasangnya jangan di bor kasihan si santi mending di lem dan klem aja. Jika di lihat dari jarak 50 meter hampir tak klihatan deh bedanya......., tapi jangan lupa tutup tuh tulisan di talang air brand kijang dan new panthernya, malu atuh ntar klihatan....
2. Bro..., spion kaca belakang banyak tuh di jual di toko accesories. warna pilihan kbanyakan silver,item dan chrome aja. cuman 250 ribuan. Ada pilihan 2 tiang dan 1 tiang tp ane pilih yang 1 tiang aja kayaknya sih lebih macho....
3. Odo santiku emang pemecah rekor Broooo..., maklum dulu bekas milik dokter spesialis sering bepergian metro - bandar jaya - lampung pp (+/-100 km/hari). Tapi si dokter rajin tuh krn hampir 80% part engine baru smua jd skrng sama sprti bayi baru lahir lagi.
4. Ane heran di lampung tuhh..., owners santi di lampung hanya skitar 8 unit aja (info hyundai lampung) jarang skali pminat. Sampe ane jual xenia hanya karena jatuh cinta ama si santi. nggak kalah tuh desainnya di banding CRV, terrano, XL-7. Ada apa ya Bro...dengan si santi shg banyak yang kurang minat ?
Kurang peminatnya karena Branded mindset aja bro, secara orang2 masih nganggap barangnya gak bermutu, ringkih, gak awet, hayo coba bandingin dengan bekas Xenia Bro, enakkan mana? secara fisik bodynya juga beda banget, secara harga bagusan mana?
Orang indonesia emang gila merk bukan gila fungsi ama harga. Beli mobil kok spt beli merk bukannya beli kenyamanan.
maaf nih, blom bisa posting2 dulu....maklum barusan balik kantor dan online, jadi musti ngerjain kerjaan dulu
jadi sekarang cuman numpang absen dulu ya....
tar balik OL lagi ke SM kalo dah lega
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Hyundai is giving its Santa Fe a new lease of life in Europe thanks to new powertrains and a lightly refreshed interior and exterior. As with the Korean market model, the European Santa Fe gets a new three-slatted body-colored grille, restyled bumper, tweaked headlamps and fog lights up front, while new tail lamp crystals, a revised bumper and twin exhausts sum up the changes at the rear. The 2010 model also features new alloy wheel designs, and redesigned side sills and roof rails.
Hyundai has paid more attention under the skin as the refreshed Santa Fe will benefit from the presentation of at least two new powertrain options including the 2.4-liter 4-cylinder Theta II gasoline engine that produces 175HP at 6,000 rpm and 168 lb-ft at 4,000 rpm. The second-generation Theta engine that can be mated to a five-speed manual or automatic transmission has already been confirmed for the U.S. market. Up until now, the Santa Fe was offered in the States only with a 2.7-liter V6 and 3.3-liter V6.
Revisions to the interior are even more subtle and are limited to what Hyundai describes as "a new Supervision instrument gauge cluster", a built-in navigation system, an optional rear view camera and refreshed trim.
The most important upgrades are hidden under the bonnet as the 2010 model year benefits from the introduction of a new 2.2-liter turbo diesel engine, which produces an output of 197 horsepower and peak torque of 422Nm (311 lb-ft) between 1,800 and 2,500 rpm.
Though not officially confirmed, Carscoop's sources state that in the USA, Hyundai will replace the current 242HP 3.3-liter V6 with the Korean firm's new 3.5-liter V6 engine producing 277HP and 335 Nm or 247 lbs/ft of torque.
GTR wrote:
2.4-liter 4-cylinder Theta II gasoline engine that produces 175HP at 6,000 rpm and 168 lb-ft at 4,000 rpm. The second-generation Theta engine that can be mated to a five-speed manual or automatic transmission has already been confirmed for the U.S. market. Up until now, the Santa Fe was offered in the States only with a 2.7-liter V6 and
Theta engine, salah satu kebanggaan hyundai, karena murni dikembangkan oleh engineer mereka tanpa bantuan dari pihak luar, seperti di masa-masa awal hyundai mulai bikin mesin. Konon, menurut rumor, Daimler/Mercedes dan Mitsubishi tertarik untuk pakai theta engine ini untuk beberapa line up mereka
Apalagi kalau pakai Tau engine...kebanggaan terbesar Hyundai saat ini, masuk salah satu daftar Ward's 10 best engine of the world
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
pak kuruma, bener seperti itu MAF santi saya yg error,
ini saya sudah ambil fotonya
buat rekan2 santier, saya butuh barang ini tahun depan, tolong dibantu dicarikan kalo saya susah mendapatkannya ditempat saya ya....
bagian depan
bagian belakang
bagian dalam
nampak yg dibagian dalam, ada bekas sealant merah... itu bekas usaha para mekanik bengkel langganan untuk perbaikin MAF yg error, cuman mereka ga bisa garansi daya tahannya setelah direparasi, rekomendasi mereka tetap..... GANTI SESEGERA MUNGKIN
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
kalau ada yg bilang part hyundai ini (terutama MAF ini) cepet rusak karena barang korea....hmmmm....patut dicurigai orangnya pasti BUTA HURUF
jelas tercetak disana: BOSCH Durchfluss, MADE IN GERMANY .....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
dan ini penampakan businya setelah MAF-nya error...
saya biasa copot+bersihkan busi sendiri tiap 1000KM
Businya Denso Iridium IW16
Busi ini sudah saya pakai kira-kira hampir 50.000Km dengan gaya nyetir semi-ngawur, dan nampaknya cukup bagus, elektrodanya masih utuh dan isolator keramiknya juga belum bocor
Recommended
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
sedangkan ini gambar filter udara...biasanya juga saya bersihkan sendiri setiap 1000Km
filter ini sudah saya pakai kira-kira 20.000-25.000Km, dan nampaknya juga mesti segera diganti
bagian luar bagian dalam
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
GTR wrote:
2.4-liter 4-cylinder Theta II gasoline engine that produces 175HP at 6,000 rpm and 168 lb-ft at 4,000 rpm. The second-generation Theta engine that can be mated to a five-speed manual or automatic transmission has already been confirmed for the U.S. market. Up until now, the Santa Fe was offered in the States only with a 2.7-liter V6 and
Theta engine, salah satu kebanggaan hyundai, karena murni dikembangkan oleh engineer mereka tanpa bantuan dari pihak luar, seperti di masa-masa awal hyundai mulai bikin mesin. Konon, menurut rumor, Daimler/Mercedes dan Mitsubishi tertarik untuk pakai theta engine ini untuk beberapa line up mereka
Apalagi kalau pakai Tau engine...kebanggaan terbesar Hyundai saat ini, masuk salah satu daftar Ward's 10 best engine of the world
ogut awalnya kirain mesin ini refinement aja, masih pake basis eterna luar jaman dulu nyang 2.4L..
GTR wrote:
2.4-liter 4-cylinder Theta II gasoline engine that produces 175HP at 6,000 rpm and 168 lb-ft at 4,000 rpm. The second-generation Theta engine that can be mated to a five-speed manual or automatic transmission has already been confirmed for the U.S. market. Up until now, the Santa Fe was offered in the States only with a 2.7-liter V6 and
Theta engine, salah satu kebanggaan hyundai, karena murni dikembangkan oleh engineer mereka tanpa bantuan dari pihak luar, seperti di masa-masa awal hyundai mulai bikin mesin. Konon, menurut rumor, Daimler/Mercedes dan Mitsubishi tertarik untuk pakai theta engine ini untuk beberapa line up mereka
Apalagi kalau pakai Tau engine...kebanggaan terbesar Hyundai saat ini, masuk salah satu daftar Ward's 10 best engine of the world
ogut awalnya kirain mesin ini refinement aja, masih pake basis eterna luar jaman dulu nyang 2.4L..
bukan pak...kalo hyundai jadul memang masih "pinjam-pakai" buatan orang, termasuk yg dipakai di santi generasi 1
Until 1991, when we developed our first engine, we had no technology; we relied totally on Mitsubishi.
The tables have turned on its relationship with Mitsubishi, as Hyundai now supplies technology for the 2.0-liter and 2.4-liter Theta engines for both Mitsubishi and Chrysler. Some 1.9 million of them were built in 2007. And at this year's Beijing auto show, Lee recalled, "Dr. Dieter Zetsche [head of Mercedes-Benz] announced that he would like to partner with Hyundai for four-cylinder engines."
Here was the man who developed a simple, four-cylinder engine to relieve his company of its reliance on one of Japan's second-tier automakers, now able to entertain offers from the world's most prestigious automaker for an engine-sharing deal
kelak....mungkin saya mau swap ke Theta atau Tau sekalian ......masih mimpi sih....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
weh bro imsus suhu santi sdh bicara ane jadi lenger2 aja
dan bro GTR terima ksih pencerahananya, makin mantaf ane dan sayang aja ama santi dan produk hyundai
makanya klo dah ada yg pas kita bisa swp engine spt bro imsus mimpikan
tapi kayaknya lebih baik ganti STNK aja bro imsus haa...... lebih gampang drpd swap mesin
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking