sjamsul wrote:DOHC wrote:om pramuka dan om meong, emang ntuh ball bearing dan roller bearing buat apa sigh... bedanya apa.. terangin donk..
DOHC wrote:hiks hiks... pertanyaan ane yg soal ball bearing blom dijawab...
maksud nt pertanyaan itu ya.......

....
mungkin terlewat nih ama dik mandala.............jadi belon terjawab deh........

saya coba bantu jawab dgn ala kadarnya yaa...

sorry kalo mgkn ga ada hubungannya dgn otomotif, secara pengetahuan teknis saya banyak diluar otomotif
Ball Bearing (kugellager/kogellager --> makanya disini banyak yg bilang lager/laher/laker),
Dari namanya, bantalan pelurunya berbentuk bulat penuh, dari konstruksinya dia punya keunggulan di minimnya gesekan/friksi. Banyak diaplikasikan untuk low speed maupun high speed. Dari konstruksinya, dia sanggup menahan beban lateral/axial dan radial, hanya saja beban yg dimaksud disini termasuk ringan s.d. sedang.
Jika peluncur (ring) bagian dalam dan luar sudah tdk 100% aligned/sejajar, bearing ini masih bisa bekerja dengan cukup baik
Roller Bearing (rollenlager)
Bantalan pelurunya berbentuk silinder, dari sini kelihatan friksinya masih kalah dibanding ball bearing, jarang dipakai di high speed. Keunggulan utamanya ada di daya tahan beban radial-nya tetapi tidak punya daya tahan di arah lateral/axial. Jika peluncurnya sudah tidak aligned, bearing model ini langsung ngedrop habis performanya
Dari kedua sistem diatas, dikembangkan beberapa tipe bearing lagi yg intinya meminimalkan tipikal kekurangan masing-masing dan lebih mengoptimalkan keunggulannya.
Makanya ada yg disebut
- Thrust Bearing
- Tappered Roller Bearing
- Spherical Roller Bearing
- Needle Roller Bearing (atau yg biasa disembut Bearing/laker Bambu)
Masing2 punya keunggulan tipikal sendiri2, tinggal disesuaikan kebutuhannya, mau daya tahan di friksi putaran tinggi, suhu tinggi, akurasi, kekakuan beban puntir, dsb, dsb, dsb......
bearing-bearing yg dipakai di dunia otomotif, sepengetahuan saya masih mengutamakan kekuatan radial, belum ke taraf low friction, high speed dan high accuracy....entah kalo buat yg balapan...cmiiw
Monggo ditambahi dari yg lebih ahli
Kalau untuk penggunaan di dunia otomotif, meneer mandala saya rasa jauh lebih kompeten daripada saya....
