Inden Fortuner Capai 1000 unit !

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

datsu wrote:Huhu.. ngebandingin performa fortuner jangan ama innova biasa... harus yang 2.7 juga...

Btw.. dah pada liat show unit fortuner yang di gaikindo kan?? Dari yang saya liat sama mata kepala saya sendiri aja deh... Dashboard innova ama fortuner sama kualitasnya.. ane curiga jangan2 yang punya innova itu impor dr thailand..soalnya banyak kompinen innova yang made in thai.. Kalo pada terlena dengan kemewahan fortuner yang melebihi innova such as control di stirnya, coba liat dudukan tangan di pintu..masih sistem tempel kaya kijang kapsul..padahal yang innova udah nyatu ama pintunya lho..
Wah saya gak perhatiin yang bagian itu, yang saya kaget waktu saya buka sun visornya, dibaliknya memang ada kaca sih tapi bok yah mobil 300 juta kaca kecilnya dikasih tutupan kek atau lampu gitu kaya BMW masa cuma polos begitu
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

datsu wrote:Huhu.. ngebandingin performa fortuner jangan ama innova biasa... harus yang 2.7 juga...

Btw.. dah pada liat show unit fortuner yang di gaikindo kan?? Dari yang saya liat sama mata kepala saya sendiri aja deh... Dashboard innova ama fortuner sama kualitasnya.. ane curiga jangan2 yang punya innova itu impor dr thailand..soalnya banyak kompinen innova yang made in thai.. Kalo pada terlena dengan kemewahan fortuner yang melebihi innova such as control di stirnya, coba liat dudukan tangan di pintu..masih sistem tempel kaya kijang kapsul..padahal yang innova udah nyatu ama pintunya lho..
kalo saya sih liat di majalah2 dashboard nya ngak jauh beda ama innova,cuman beda layout nya doang.
dan punya nya fortuner persis sama kayak hilux vigo.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

jeremyray wrote:
datsu wrote:Huhu.. ngebandingin performa fortuner jangan ama innova biasa... harus yang 2.7 juga...

Btw.. dah pada liat show unit fortuner yang di gaikindo kan?? Dari yang saya liat sama mata kepala saya sendiri aja deh... Dashboard innova ama fortuner sama kualitasnya.. ane curiga jangan2 yang punya innova itu impor dr thailand..soalnya banyak kompinen innova yang made in thai.. Kalo pada terlena dengan kemewahan fortuner yang melebihi innova such as control di stirnya, coba liat dudukan tangan di pintu..masih sistem tempel kaya kijang kapsul..padahal yang innova udah nyatu ama pintunya lho..
Wah saya gak perhatiin yang bagian itu, yang saya kaget waktu saya buka sun visornya, dibaliknya memang ada kaca sih tapi bok yah mobil 300 juta kaca kecilnya dikasih tutupan kek atau lampu gitu kaya BMW masa cuma polos begitu
biar irit kaleeeeee,ingat penghematan yang di dengungkan pak sby,mungkin itu juga yang di ikut in toyota
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

wahaha.. bung mpoezz bisa aja..

Saya malah gak merhatiin sun visornya fortuner.. mungkin kalo yang udah tau bisa sharing kesini..apa sun visornya setipis yang di innova?? Innova yang di rumah saya di jakarta sun visornya tipis abis, kaya cuman karton dilapisin kaen doang.. kaya gak pake busa..beda banget ama yang punya vios yang lumayan tebel..

Iya ya.. kenapa fortuner dan innova visornya gak dikasi tutupan yak.. padahal vios(sori ngebandingin lg..) ditutup lho cermin yang di sun visornya..
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

datsu wrote:
Saya malah gak merhatiin sun visornya fortuner.. mungkin kalo yang udah tau bisa sharing kesini..apa sun visornya setipis yang di innova?? Innova yang di rumah saya di jakarta sun visornya tipis abis, kaya cuman karton dilapisin kaen doang.. kaya gak pake busa..beda banget ama yang punya vios yang lumayan tebel..

Iya ya.. kenapa fortuner dan innova visornya gak dikasi tutupan yak.. padahal vios(sori ngebandingin lg..) ditutup lho cermin yang di sun visornya..
iya bener banget,kwalitas mobil sekarang jauh banget ama mobil dulu,innova saya juga sunvisor nya tipis banget.

dashboard dan pintu nya juga plastik gitu,dibandingkan ama great tahun 95 yang vinil (ngak tau nulis nya lupa) masih mending great.
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

Yah itu lah yang saya sesalkan disini, kualitas makin menurun tapi untung mau banyak, apalagi pengalaman pahit saya beli CRV waktu taon 2002, harga 248 juta tapi tidak sebanding dengan apa yang saya dapatkan, kualitasnya buruk sekali itu mobil sangat terlihat di sambungan2 dashboardnya serta bahan2 yang digunakan pada interiornya, saya bandingkan dengan CRV teman saya yang masih CBU jepang bedanya jauh bener
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Biasanya kualitas produksi atau perakitan di kawasan Asia untuk merk mobil apapun emang menurun, dan itu juga dikompensasi di harga jual yg juga lebih murah (selain faktor bahan baku dan biaya tenaga kerja) dibanding perakitan di negara asal.

Kalo dirunut dari yg teratas (setau gue lho), perakitan/produksi yg terbaik untuk kawasan Asia adalah:
1. Jepang.
2. Korea/Taiwan.
3. Thailand.
4. Indonesia, Philippine, Malaysia, China.

Sebagai contoh: Harga MB CBU Thailand dgn spek yg sama bisa lebih murah dari CBU German.

Oh ya, tentu saja beda lokasi (negara) perakitan kebanyakan beda material yg digunakan, itu sebabnya kualitas interior bisa jauh beda antara CBU Jepang atau CBU Thailand apalagi produksi Indo.
Trus soal kualitas penyambungan untuk kerangka mobil, skrg udah ada perbaikan yg significant itu terutama dari pabrikan besar spt Toyota Thailand dan Indo yg telah menggunakan robot sbg tukangnya.
Tapi untuk perakitan interior sih masih gunakan tenaga human yg kadang sering error, dan lagian pekerja2 Thai atau Indo pengerjaannya masih gak bisa serapi dan sebagus hasil pekerja Jepang, Korea dan Taiwan.

So guys, jadi harap maklum, harga murah ya pasti ada faktor yg jadi korbannya. Kalo mau harapkan perfect quality, ya ambil CBU Jepang lgsg. :lol:
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Bicara soal kualitas udah pasti buatan Thailand atau Indonesia tidak sebaik Jepang atau Eropa.

Dengan budget terbatas tp anda ingin punya mobil seperti Harrier kan ngga mungkin. Jadi alternatif lainnya adalah Fortuner, tentu dengan kualitas dibawah Harrier. Dan tidak ada alternatif lain yang lebih better dr Fortuner.
ktaufik
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: Mon Jul 19, 2004 11:03

Post by ktaufik »

Herry wrote:Biasanya kualitas produksi atau perakitan di kawasan Asia untuk merk mobil apapun emang menurun, dan itu juga dikompensasi di harga jual yg juga lebih murah (selain faktor bahan baku dan biaya tenaga kerja) dibanding perakitan di negara asal.

Kalo dirunut dari yg teratas (setau gue lho), perakitan/produksi yg terbaik untuk kawasan Asia adalah:
1. Jepang.
2. Korea/Taiwan.
3. Thailand.
4. Indonesia, Philippine, Malaysia, China.

Sebagai contoh: Harga MB CBU Thailand dgn spek yg sama bisa lebih murah dari CBU German.

Oh ya, tentu saja beda lokasi (negara) perakitan kebanyakan beda material yg digunakan, itu sebabnya kualitas interior bisa jauh beda antara CBU Jepang atau CBU Thailand apalagi produksi Indo.
Trus soal kualitas penyambungan untuk kerangka mobil, skrg udah ada perbaikan yg significant itu terutama dari pabrikan besar spt Toyota Thailand dan Indo yg telah menggunakan robot sbg tukangnya.
Tapi untuk perakitan interior sih masih gunakan tenaga human yg kadang sering error, dan lagian pekerja2 Thai atau Indo pengerjaannya masih gak bisa serapi dan sebagus hasil pekerja Jepang, Korea dan Taiwan.

So guys, jadi harap maklum, harga murah ya pasti ada faktor yg jadi korbannya. Kalo mau harapkan perfect quality, ya ambil CBU Jepang lgsg. :lol:
Ini harus dikaitkan dengan skema AFTA mas Herry :-)
--------------------------------------------------------
Indonesia Ku !!!
http://www.mobilindo.com
http://www.propertyindo.com
--------------------------------------------------------
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kemaren ini, hari Minggu 14/8 gw maen ke Plaza Senayan. Di hall utamanya ada pameran tunggal Toyota Fortuner. Ada 3 unit yg di display (2 standar dan 1 udah full modified : velg, front bar dan multimedia). And tebak, pamerannya sangat ramai akan pengunjung ditambah lagi acara nyanyi dan laennya. Pengunjung sangat antusias utk mencoba duduk di dalamnya atau sekedar melihat lebih dekat dan mengambil brosur. Satu kata : HEBOH !

Rasanya tidak susah bagi TAM untuk menuai sukses dalam segmen SUV terbarunya ini ! Dan dalam pameran2 mobil tunggal sebelumnya yang pernah gw liat di PS ngga pernah serame ini.
aidan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Sun Jul 17, 2005 11:00
Location: Jakarta

Post by aidan »

Hmm... sekarang kalo indent udah berapa lama ya..?

Teman2 ada yang punya info?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Keliatannya sih cukup lama, bisa sampe Oktober - November. Ingat, di Thailand sendiri dimana SUV Toyota ini diproduksi juga banyak pembelinya. Jadi Fortuner yang dikirim ke Indonesia dijatah 500 unit / bulan (berdasarkan info yg gw dapat). Tinggal itung antrian yang ada di tanah air.
User avatar
Chalupa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1664
Joined: Mon May 10, 2004 7:22
Location: Taco Bell

Post by Chalupa »

Ngomong-ngomong tentang Fortuner, apa ada anggota SM disini yg juga sudah indent utk beli Fortuner?
"Who bothers to cook TV dinners? I suck them frozen." ~ Woody Allen
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Saya sudah indent tipe G sejak bulan Mei, dan mungkin akan dapat unitnya pada bulan Sep. Tapi ada kemungkinan saya mau lepas unit ini, apakah ada teman yang mau??
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

loh kenapa dilepas pak observer........?...mau ganti cygnus.....

gua beberapa hari yang lalu liat cygnus isi premium di pom bensin dekat kuburan kedoya...... :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: .....bener2 mantap deh.............
Image
aidan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Sun Jul 17, 2005 11:00
Location: Jakarta

Post by aidan »

handling wrote:loh kenapa dilepas pak observer........?...mau ganti cygnus.....

gua beberapa hari yang lalu liat cygnus isi premium di pom bensin dekat kuburan kedoya...... :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: .....bener2 mantap deh.............
Wah.. kalo udah mampu beli Cygnus ya jangan isi premium dong... Kasian rakyat kecil/miskin yang harusnya terima subsidi, malah yang punya Cygnus yang ngerasain dapat subsidi..

MERDEKA... :D
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah iya tuh pak observer kok dilepas fortuner nya,kecewa yah
aidan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Sun Jul 17, 2005 11:00
Location: Jakarta

Post by aidan »

Chalupa wrote:Ngomong-ngomong tentang Fortuner, apa ada anggota SM disini yg juga sudah indent utk beli Fortuner?
Saya indent sejak Gaikindo... Dapatnya di Desember/Januari 06
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Hey hey, kecewa sih ngak. Apalagi ganti Cygnus, mana dapat duitnya?!!

Persoalannya untuk modalin Fortuner, gue mesti lepasin Serena yang baru setahun, dan kerugiannya lumayan hampir 40 juta!! Sebaliknya, kalau lepasin Fortuner, gue malah bisa 'cuang' berapa juta. Hiks hiks, memang dilema man :e-doh:
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

observer wrote:Hey hey, kecewa sih ngak. Apalagi ganti Cygnus, mana dapat duitnya?!!

Persoalannya untuk modalin Fortuner, gue mesti lepasin Serena yang baru setahun, dan kerugiannya lumayan hampir 40 juta!! Sebaliknya, kalau lepasin Fortuner, gue malah bisa 'cuang' berapa juta. Hiks hiks, memang dilema man :e-doh:
Oh. Lame.
I thought you were going to upgrade it to the mouth-watering, 343 Nm AWD, D4D version, with PertaDEX diesel now already available... :mrgreen: :mrgreen:
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Jangan bilang anda Mr Obs. Saat lihat Fortuner di pameran mana pun, saya sadar ini mobil JAGO berenang nanti.

Satu kap mesinnya lebih tinggi dikit banding even guys like the Mitsubishi Strada double cabin pickup !

Dua, tinggi knalpot Fortuner dari lantai juga lebih tinggi dari Terrano !

Sampai saya mau lipat bangku baris 3 to test cargo configuration saja ngak nyampai, sangking tingginya rear bumper dari lantai ! Harus seluruh badan duduk di dalam Fortuner baru bisa utak atik bangkunya. And I am 171 cm tall !

So this car saya yakin lewat 70 cm air NO problem. Cuman yaitu, 3rd row headroom sempit, due to high chassis.

For a few fleeting moments, saya sempat pikir, apakah ganti c24 dengan Fortuner ini.

Tapi akhirnya I forget it. Serena's meskipun depresiasinya lumayan fair, sekitar 10-15% a year lihat harga di tawar pemilik Serena yang mau jual di Kompas, tapi namanya mobil sekitar 240-280 juta, 13% of 282 is still a loss of 36 juta. Dan sekarang beli mobil bekas harus balik nama, orang akan tekan harga lebih dalam lagi.

So I calculate, kalau tukar c24 with Fortuner, sudah harus telan depresiasi c24 first year, dan harus lagi nombok 50 juta lagi untuk Fortuner.

Dan juga lihat Autobild, pajak PPnBM di atas 2500 cc sampai ke 3000 cc (petrol) naik ke sekitar 40%, vs 20% for 1500-2500 cc.

Pantesan Fortuner mahal, ngak bisa 250 juta, pajaknya saja beda jauh !

Dan yang 3.0 diesel kena PPNBM 75%, so saya rasa TAM mungkin enggan keluarin. Bisa berapa duit tuh mobil ?

So I forget abt Fortuner till duitnya lebih banyak lagi. Too expensive, too much tax loss. Anyway, AUV still waiting 1-2 more years. Promised price less than 200 juta.

Mobil kan depresiasi tahun pertama, ke dua dan ketiga paling pahit. So Mr. Obs, anjuran saya keep the Serena for a bit longer and wait and see. Unless money is not a problem for U. The financial difference is considerable ! Beda Serena standard ama Fortuner standard saja sudah 50 jutaan !

Fortuner is a good car, but its no longer the cheap and cheerful Toyotas like Kijang anymore. the Fortuner is a full blooded SUV that demands considerable financial commitment to own her. She does not come cheap.

Tapi banding Harrier ya very value for money lah ! Finishing kasar dikit so what ! Lebih gagah, besar, dan lebih pandai berenang. Hemat 300 juta lagih ! Bayangkan. Harrier, se halusnya konstruksi, bisa beli 2 unit Fortuner. Gila dak !
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Post by jeremyray »

Betul sih soal harga kalau dibanding harrier, tadinya saya mau indent juga karena saya juga suka SUV selain sedan, tapi setelah dipikir pikir lagi saya jadi kepikiran untuk konsumsi bahan bakarnya, mesin 2700cc dengan body dan ban sebesar itu? Gak kebayangan borosnya gimana dan juga kenyamanannya saya ragu dengan body setinggi itu, dengan harga 300 jutaan saya pikir lebih baik saya ambil 318i taon 2004
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

318i tahun 2004?? Itu ma bukan perbandingannya dong.

Mau juga X5 tahun 2001 (masih hampir 500juta), atau Harrier tahun 2003 (sekitar 400jutaan). Tapi diantara pilihan2 itu, tetap Fortuner yang paling value for money.

Sekalipun dicompare dengan 318i tahun 2004, katakanlah harga belinya sama, sekitar 300jutaan. Tapi saya yakin setelah dipakai 5 tahun, dilepas lagi pasti harga Fortuner lebih tinggi, betul gak??

Mr. Szli, welcome back after your long absence! Btw, I have a good news and a bad news for you. Good news is: pedagang2 mobil masih mengira the new Serena (C25) adalah facelift dari C24. Bad news: harga C24 sudah jatuh lumayan, hampir 40 juta untuk yang standar, mungkin lebih untuk highway star. Sedangkan Innova paling cuma rugi 10 juta. Sigh........... :cry:

Mr. Conan, saya sampai sekarang belum tahu diesel DEX bisa dibeli dimana. Katanya ada satu di Kebon Jeruk, tapi saya masih belum ketemu. Lagipula masak di seluruh Jakarta cuma ada 3-4 SPBU yang punya DEX, sama aja boong dong!!
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

For me, 40 juta untuk standar artinya depresiasi sekitar 15% setahun, tahun pertama masih fair. Dan because dari base price saja c24 at 242 juta sudah 60 juta di atas Innova G. And a percentage of a bigger number will always result in greater loss than a smaller number. Its just mathematics.

At least ngak sampai mobil Korea yang bisa 25% or more setahun. 15% a year is reasonable, meskipun ngak hebat banget memang. For Nissan yang dulu lebih parah lagi, 15% is a fair figure.

As for why anyone will want to buy a used 1 year old Innova for only 10 juta difference beats me. Terus terang, dengan risiko mobil bekas, I will NEVER NEVER buy a used 1 year old car for only 10 juta lower.

Look. Kalau mobil bekas itu ada apa apa, biaya benerinnya bisa saja hapus all savings itu. I don't know abt you guys. Anyone of U willing a buy a used 1 year old car for only 10 juta lower ?

Memang pasti orang sini yakin ama Kijang. Betul, the car itself pasti have Toyota's good build quality, tapi we are talking about a USED car here. Syukur kalau dapat Innova bekas yang pemiliknya tipe pembosan. Kalau gitu masih OK. What if mobilnya bekas apa, atau mobil culikan etc. ?

Anyway, dari hasil Kompas yang saya monitor, harga jual Serena HS 1 year old sekitar 245-255 juta. Thats 10-almost 15% drop. Kalau bilang 40 juta drop untuk standar, anda pasti dapat berita dari pedagang mobil. Mr. Obs did U get that 40 juta figure from a Serena OWNER ?

Semua pedagang gila deh ! Dulu mau tanya harga jual Honda Stream juga 1 tahun dari 211 juta langsung ke 180 juta. Thats 15% drop too a year. Nah ! Ini Honda loh, bukan Nissan. Kok juga hampir 40 juta ? Itulah pedagang.

Tapi kalau mental orang sini tetap judge a car by brand and not by how good the car is, DAN jika penjualnya juga ikut panic dan juga lepas harga dengan rendah, ya harga mobil itu pasti jatuh !

So for me, if anyone wants to buy my Serena for bigger than 10% a year, I will say " Pls look elsewhere ! " I will refuse to sell a car yang ngak ada problem for a ridiculous price.

Anyway, for me, saya beli mobil bukan untuk dagang. Untuk menikmati mobil itu. So what if Serena resale valuenya say 5% or a bit more worse than Innova or whatever. Its perfectly OK with me. Let other people buy as if they are trading their cars very often.

Anyway, kasus Kijang itu seperti cerita Hans Christian Anderson's " The Emperor have no clothes ". Jika cukup banyak orang pikirannya sama, or they think the others will think this way and they follow the line, all of them will behave irrationally, yet uniformly.

Once again saya ngak jelekin Kijang. Just that for me, harus keluar uang say 170 juta for a 1 year old Innova bekas when I could cough up just 10 juta untuk dapat unit BARU, sounds like crazy to me. I will demand at least 20 juta difference, thats 10% at least for RISK PREMIUM ! Setuju ? Yes ?, No ??
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Oh, katanya mau beli DEX ada di Pom bensin dekat BIMOLI dekat Pluit. Belum saya lihat sudah buka belum, tapi di sign boardnya sudah ada DEX.

If I am an Innova D4D, I will try this one, and check the fuel ratio. Siapa tau naik tajam ? If yes, then its worth it. The 6000 Rp price tag.