ini untuk di chassis atau di plat body ya?maxx wrote:bahasa marketing tingkat tinggi u/ menyampaikan meskipun plat tipissssss kek kaleng krupuk tp kuat, agar diterima oleh konsumen kalo plat body tipissss... >> ha ha ha... boong banget ya.. tetap aja lebih kuat yg lebih tebal meskipun lebih tebalnya cuma 0.2mmmaskopat wrote: high tensile ini maksudinya apa ya?
Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
nah kalo ngomong2 soal safety2an nehh.... kalo mobil pesek macam granmax, kan platnya jg ajubileh tipis nyeee.... nahh kalo tabrakan gmana tuh, uda bukan crumple zone lagi tuh kayanya, tapi penumpang uda masuk krupuk zone kali tuh.... jadi sebenernya plat tipis ("so called high tensile") itu buat apa yah, safety atau neken biaya produksi nehh... wis ora ngerti aku......



numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
trus kalo soal tebal pelat gt, bearti proton kaga seaman mobil2 jepang lain nya donk yah, scara proton pake pelat tebel tuh, 0,7 atau 0,8 mm gt lupa ane.....



numpang lewat aja....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova 2015
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
hemmm...gua kurang sependapat nih. Maaf yaa....Sebenernya teori cat baru itu butuh 1-2 minggu sampe "mateng" baru bisa sama warnanya dengan body asli.. Perbedaan warnanya bisa jadi karena : (CMIIW)

Cat mobil secara umum kudu di "curing" dengan suhu tinggi (60 - 70 derajat celcius) dan tidak perlu berhari2 untuk membuat lapisan filmnya set. Biasanya proses ini kita sebut di oven.
Namun beberapa jenis cat mobil bisa "cure" disuhu ruang tetapi waktu yang diperlukan lebih lama dibandingkan tanpa treatment suhu. Dan biasanya kekerasan lapisan film hasil "heat treatment" pakai oven jauh lebih baik dan impactnya cat lebih terlihat glossy (baca: kinclong).
Adapun pengecatan ulang mobil akibat laka lantas, ini memerlukan keahlian dan kejelian yang tinggi dari si tukang cat. Semakin ahli si tukang cat maka hasil catnya akan semakin baik dan hasil cat barunya mirip dengan keadaan cat mobil saat itu.
Yang perlu diingat, secara teoritis tidak mungkin cat lama akan sama persis dengan cat koreksi walaupun merk dan kode warna catnya sama. Apalagi cat2 khusus seperti metalic.
Hal ini disebabkan antara lain:
1. Kondisi warna cat lama sedikit/banyak akan pudar seiring "UV attack" dari matahari.
2. Sudut jatuh material waktu cat dispray oleh tukang cat yang berbeda antara tukang cat di pabrik dan tukang cat waktu koreksi dilakukan. Hal ini akan mempengaruhi sebaran partikel/material pengisi cat dipermukaan bidang yang akan dicat. Hal ini akan berpengaruh pula pada refleksi sinar matahari dibidang tsb.
3. Kebersihan alat yang digunakan. Dibengkel cat biasanya sprayer dipakai bersama2 untuk mengecat berbagai jenis cat dan juga berbagai warna. Kalo kebersihan tdk terjaga maka cat akan terkontaminasi.
4. Substrate yang akan dicat. Walaupun mobil baru dari pabrik sekalipun jika diperhatikan dengan seksama maka akan jelas terlihat perbedaan shading pada bidang terbuat dari plastik dan bidang dari metal. Beda material tentu beda pula hasil pantulan cahaya dibidang tsb.
5. Penggunaan jenis dan tipe solvent. Pastinya berpengaruh pada hasil akhir.
6. Viscositas cat pada saat penyemprotan.
7. wuidiihh... cape gua nulisnya.... karena masih banyak banget faktor yang mempengaruhi hasil akhir dari pengecatan.
Intinya emang kita kudu nyari tukang cat yang piawai. Bagaimana dia meracik warna agar warna cat koreksi semirip mungkin dengan aslinya. Bagaimana dia mengatur kekentalan cat, bagaimana dia mengatur sudut penyemprotan, jarak penyemprotan, dll. sedemikian rupa sehingga hasil akhirnya cat koreksi tsb. mirip dengan keadaan cat mobil pada saat itu. Sehingga orang awam akan sepintas melihat tidak ada perbedaan antara cat lama dan cat barunya.
Demikian tambahan dari saya semoga bisa membantu.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova 2015
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
xixixixixixixi....
ini subjectnya tentang Honda freed....tapi topicnya udah melebar kemana2 nihh...
Sampe2 sekarang lagi bicarain cat mobil dan tebal plat body mobil.
Om moderator... apa gak sebaiknya dibikit tread baru aja nih...
ini subjectnya tentang Honda freed....tapi topicnya udah melebar kemana2 nihh...
Sampe2 sekarang lagi bicarain cat mobil dan tebal plat body mobil.
Om moderator... apa gak sebaiknya dibikit tread baru aja nih...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova 2015
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Dear All,
Kalo gitu gua mau tanya KHUSUS kepada para pemilik yang sehari2 sudah mengendarai ini Freed.
Berapa sih konsumsi BBM nya? Dalam kota, luar kota, tol dalam kota, tol luar kota, dst... hehehehehe
Berapapun angkanya emang tergantung cara pembawaannya masing2. Ada yang seneng geber2an ada yang kalem. Ada yang nyetir sendiri atau berdua supir atau berdua pasangan atau ada juga yang jalan2 dengan muatan full.
Semuanya gak masalah, karena akhirnya semua informasi dari anda akan mengerucut ke range angka tertentu pastinya.
Terima kasih sebelumnya...![]()
Hiks..hiks...
pertanyaan gua kagak ada yang ngejawab....

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Saya pake angka ekstrim untuk meneruskan logika bro maxx aja. Kalo cuman pake patokan ketebalan plat, ngapain pake crash test - ukur aja tebel bodinya, saya juga bisa nentukan mana yg safe mana yg tidak. Tidak segampang itu, ada engineeringnya.maxx wrote:Ya pokoke... gw yakin banget kalo plat body setidaknya 0.8-0.9mm lebih bagus dari pada yg 0.6mm, .. ga perlu bicara extreme sampai 2cm, kita omong realita aja... mobil2 <thn 2000 plat bodynya masih tebal2 0.8-0.9mm, makanya yg dulu2 lebih tahan benjut dan bukan berarti mobil2 thn 2000 ga safety kan dibanding yg sekarang dg plat tipis kan? .. sekarang hampir semua mobil japz.. pakai plat 0.6mm .. ketoel stang motor aja dah dekok dalem....FortunerMan wrote:Makanya saya bilang kenapa gak 2cm aja? Kenapa ada magic number 0,5? Kan secara logika makin tebal makin bagus. Toh tidak ada pertimbangan apa2 lagi (di dunia awang2 mana nih, gak ada pertimbangan harga, FC, performance, dllmaxx wrote: Buset.. kalo pake plat tebel 2cm... << ini body tank kalah tebel neh .. ha ha ha ha... bisa aja nih si bos 42nerman
Bener banget yg dibilang.. Secara realita jaman sekarang ini >>> agar dapat menggunakan mesin kecil 1500cc, menekan cost of production (bukan harga jual, tau sendiri untungnya honda kan?) dan power to weight ratio lebih besar.. maka digunakan plat body seringan mungkin yg tentunya tetap mempertimbangkan safety pengemudi dan penumpang yg optimum, .. TAPIII... tetap saja secara logika kalau saja freed dg konstruksi yg sama dimana plat bodynya lebih tebal 0.3mm dan plat chasis lebih tebal 0.5mm ... harusnya bisa lebih rigid dan kokoh, << ini diluar bicara soal FC, cost of production dan power to weight ratio.)?
Faktanya yg ada Freed crash test resultsnya bagus, ntah berapapun tebal bodinya itu urusan insinyurnya. Kalo bisa aman dengan ketebalan X untuk mencapai target price Y, kenapa di pertebal lagi? Makin tebal makin berat...konsumen yg rugi bensin, konsumen yg rugi performa. Makin tebal makin tinggi ongkos produksi...konsumen yang rugi harga (org dagang mana mau rugi).
Kalo cuman ketebalan bodi, LC jadul lawan LC jaman sekarang ringsek LC barunya. Kalau kecepatan rendah, betul LC baru akan ringsek karena bumper aja plastik. Tapi kalo kecepatan sedang/tinggi penumpang LC jadul kemungkinan besar akan mati duluan

Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Ya tergantung engineeringnya - kalo besi tebel doang tapi engineering amburadul, akan kalah dgn besi tipis tapi pake perhitungan penyebaran force...crumple zone, dll.DOHC wrote:trus kalo soal tebal pelat gt, bearti proton kaga seaman mobil2 jepang lain nya donk yah, scara proton pake pelat tebel tuh, 0,7 atau 0,8 mm gt lupa ane.....![]()
Seperti contoh saya halaman depan, 1959 Bel Air yg besinya tebel lawan mobil modern 2009 yg besi tipis. Besi tebel (tapi teknologi primitip) lawan besi tipis (tapi pake hitung2an modern engineering). Hasilnya ringsek si besi tebel sampe ke kabin penumpang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
bel air produksi bener2 1959 ato produksi 2009? trus test crash di tahun 1959 ato 2009? kalo produksi 1959 trus di tes di 2009 (umur barang dah 50 thn), ada ngaruh gak sih umur suatu bahan terhadap hasil test?FortunerMan wrote:Ya tergantung engineeringnya - kalo besi tebel doang tapi engineering amburadul, akan kalah dgn besi tipis tapi pake perhitungan penyebaran force...crumple zone, dll.DOHC wrote:trus kalo soal tebal pelat gt, bearti proton kaga seaman mobil2 jepang lain nya donk yah, scara proton pake pelat tebel tuh, 0,7 atau 0,8 mm gt lupa ane.....![]()
Seperti contoh saya halaman depan, 1959 Bel Air yg besinya tebel lawan mobil modern 2009 yg besi tipis. Besi tebel (tapi teknologi primitip) lawan besi tipis (tapi pake hitung2an modern engineering). Hasilnya ringsek si besi tebel sampe ke kabin penumpang.
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Ya tergantung perawatan besinya...kalo udah karatan keropos ya pasti caur. Tapi yg bikin ini lembaga Amerika yg terpercaya lah. Crash test itu untuk merayakan kemajuan teknologi safety selama 50 thn.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
pertanyaan ane belum dijawab, kalo bel air diadu dengan freed, siapa yang bakal parah penumpangnya? 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Berat dan ukuran lebih besar akan menang. Makanya yg diadu yg ukurannya mirip2. Kalo Freed lawan Fuso pasti tewas Freed...biarpun Fuso gak pake crash test2an...maskopat wrote:pertanyaan ane belum dijawab, kalo bel air diadu dengan freed, siapa yang bakal parah penumpangnya?
Ada juga crash test Accord baru vs Jazz baru. Sama2 bagus crash testnya, tapi pas di adu kambing...ringsek si Jazz. http://www.youtube.com/watch?v=NLfK35O91gE
Atau mau Camry vs Vios...lebih lucu lagi http://www.youtube.com/watch?v=vcTf78b8WfY
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
yg penting bro...bodi tipis kaya kaleng sekarang lebih menguntungkan..
buat car maker ----> semakin menekan material cost & lebih ringan -->irit mesin cc bisa kecil
buat pemilik/pedagang ---> bodi kaleng lebih mahal dibanding bodi tebel alias dempul

buat car maker ----> semakin menekan material cost & lebih ringan -->irit mesin cc bisa kecil
buat pemilik/pedagang ---> bodi kaleng lebih mahal dibanding bodi tebel alias dempul

-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Ini pemikiran yg bener.bisti wrote:yg penting bro...bodi tipis kaya kaleng sekarang lebih menguntungkan..
buat car maker ----> semakin menekan material cost & lebih ringan -->irit mesin cc bisa kecil
buat pemilik/pedagang ---> bodi kaleng lebih mahal dibanding bodi tebel alias dempul
Pemakaian plat body 0.6mm spt yg diterapkan di mobil japz sekarang ... ujung2nya ga jauh spt yg jg sudah dipaparkan pd hal. sebelumnya.
Gw yakin dg penerapan teknologi konstruksi yg sama (crumple zone, etc..etc) .. dan menggunakan plat yg lebih tebal spt 0.8-0.9mm tidak membuat safety lebih buruk dibanding menggunakan 0.6mm >>> justru menguntungkan konsumen krn plat body lebih tahan benjut, ... memang tidak dipungkiri plat 0.8-0.9mm bisa membuat FC lebih boros krn bobot mobil bertambah, mesin terasa sedikit lebih bolot krn power to weigt ratio lebih kecil..... TAPIII gw pribadi kalau saat beli mobil u/ merk dan type yg sama ... ada option pilihan plat body 0.6mm atau 0.8mm .. gw pilih yg 0.8mm llahhh.. meskipun FC lebih boros dan juga sedikit lebih bolot.
Well mau dikata apa... toh kebanyakan mobil japz (hampir semua) yg di suguhin cuma ada yg 0.6mm
@DOHC: Plat body mobil proton tebalnya 0.9mm .. spt mobil2 BMW <thn 2000 awal .. bunyinya mantab kalo di ketok2
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
dari awal rasanya gw ga omongin soal dg atau tanpa teknologi konstruksi crumple zone, etc..etc..FortunerMan wrote:Saya pake angka ekstrim untuk meneruskan logika bro maxx aja. Kalo cuman pake patokan ketebalan plat, ngapain pake crash test - ukur aja tebel bodinya, saya juga bisa nentukan mana yg safe mana yg tidak. Tidak segampang itu, ada engineeringnya.maxx wrote:
Ya pokoke... gw yakin banget kalo plat body setidaknya 0.8-0.9mm lebih bagus dari pada yg 0.6mm, .. ga perlu bicara extreme sampai 2cm, kita omong realita aja... mobil2 <thn 2000 plat bodynya masih tebal2 0.8-0.9mm, makanya yg dulu2 lebih tahan benjut dan bukan berarti mobil2 thn 2000 ga safety kan dibanding yg sekarang dg plat tipis kan? .. sekarang hampir semua mobil japz.. pakai plat 0.6mm .. ketoel stang motor aja dah dekok dalem....
Kalo cuman ketebalan bodi, LC jadul lawan LC jaman sekarang ringsek LC barunya. Kalau kecepatan rendah, betul LC baru akan ringsek karena bumper aja plastik. Tapi kalo kecepatan sedang/tinggi penumpang LC jadul kemungkinan besar akan mati duluanItulah modern auto engineering...selamat nyawa dan lingkungan, bukan selamat bodi mobil.

yg gw ingin kemukakan adalah... dg teknologi konsktruksi yg sama, pemakaian plat lebih tebal e.a: 0.8-0.9mm, lebih baik dari pada yg 0.6mm dan menguntungkan bagi owner mobil dari sisi durability body terhadap benjut (*diluar konteks FC, performa mesin, etc) ... itu aja ... gw yakin ini bukan pemikiran yg salah.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
kita bicara dalam konteks keamanan kalau terjadi tabrakan ya? kalau untuk penumpang dalam mobilnya mungkin iya. lebih aman. tapi kurang tahu juga apakah benar2 pasti lebih aman. karena dengan bobot yang lebih berat, ketika terjadi benturan bisa menimbulkan gaya yang lebih besar...maxx wrote: dari awal rasanya gw ga omongin soal dg atau tanpa teknologi konstruksi crumple zone, etc..etc..![]()
yg gw ingin kemukakan adalah... dg teknologi konsktruksi yg sama, pemakaian plat lebih tebal e.a: 0.8-0.9mm, lebih baik dari pada yg 0.6mm dan menguntungkan bagi owner mobil dari sisi durability body terhadap benjut (*diluar konteks FC, performa mesin, etc) ... itu aja ... gw yakin ini bukan pemikiran yg salah.
dengan plat yang lebih tebal, menurut ane lebih "tidak aman" bagi pedestrian atau pengendara motor.
kalo pernah lihat tabrakan new civic vs motor (lupa motornya), andaikan tuh new civic pake plat yang lebih tebal, mungkin si motor bisa lebih parah ketika terjadi benturan. mengingat 2 hal, plat yang tebal dan bobot yang lebih berat.
peace dulu ah...

maaf kalo ane salah, ane cuman mengingat2 pelajaran SMA tentang persamaan momentum...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Besi biasa vs Besi high strength yg lebih tipis jelas lebih baik besi yg tipis. Mobil jadi ringan tapi kekuatan sama (dan efeknya ke perfomance/handling banyak). Jadi ketebalan saja bukan satu2nya patokan.maxx wrote:dari awal rasanya gw ga omongin soal dg atau tanpa teknologi konstruksi crumple zone, etc..etc..FortunerMan wrote:Saya pake angka ekstrim untuk meneruskan logika bro maxx aja. Kalo cuman pake patokan ketebalan plat, ngapain pake crash test - ukur aja tebel bodinya, saya juga bisa nentukan mana yg safe mana yg tidak. Tidak segampang itu, ada engineeringnya.maxx wrote:
Ya pokoke... gw yakin banget kalo plat body setidaknya 0.8-0.9mm lebih bagus dari pada yg 0.6mm, .. ga perlu bicara extreme sampai 2cm, kita omong realita aja... mobil2 <thn 2000 plat bodynya masih tebal2 0.8-0.9mm, makanya yg dulu2 lebih tahan benjut dan bukan berarti mobil2 thn 2000 ga safety kan dibanding yg sekarang dg plat tipis kan? .. sekarang hampir semua mobil japz.. pakai plat 0.6mm .. ketoel stang motor aja dah dekok dalem....
Kalo cuman ketebalan bodi, LC jadul lawan LC jaman sekarang ringsek LC barunya. Kalau kecepatan rendah, betul LC baru akan ringsek karena bumper aja plastik. Tapi kalo kecepatan sedang/tinggi penumpang LC jadul kemungkinan besar akan mati duluanItulah modern auto engineering...selamat nyawa dan lingkungan, bukan selamat bodi mobil.
![]()
yg gw ingin kemukakan adalah... dg teknologi konsktruksi yg sama, pemakaian plat lebih tebal e.a: 0.8-0.9mm, lebih baik dari pada yg 0.6mm dan menguntungkan bagi owner mobil dari sisi durability body terhadap benjut (*diluar konteks FC, performa mesin, etc) ... itu aja ... gw yakin ini bukan pemikiran yg salah.
Kalo semua diambil di luar konteks realita (harga, FC, performance), pake bahan mobil F-1 atau pesawat F-16 pasti lebih manteb lagi. Kalo mau berbicara realita, dengan konstruksi yg sama pake plat lebih tebal akan menambah harga, memperburuk FC, memperburuk performance dan handling. Dimana untungnya owner?
Yg dipermasalahkan itu apa sebenernya...Freed tidak aman atau gimana? Faktanya hasil crash test Freed bagus (6 stars JNCAP), pasti lebih bagus safetynya dr mobil sekelas thn 90an, 80an - itu sudah pasti. Tapi disalahin juga

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
btw, kalo soal safety2an.... euroNCAP itu kayanya liris statement kalo crash test itu biasanya optimal di 64 km/h, karena kalo lebi dari itu, mo mobil apapun jg kalo tabrakan, pasti resiko kematian nya ampir 100 persen...
numpang lewat aja....


Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Pastinya. Dan tergantung yg dilabrak juga, kalo lawan lebih berat/besar...habis juga si kecil. Makanya usahakan jangan nabrak diatas kecepatan optimal diatas, soalnya ilmu insinyurnya belon nyampe situDOHC wrote:btw, kalo soal safety2an.... euroNCAP itu kayanya liris statement kalo crash test itu biasanya optimal di 64 km/h, karena kalo lebi dari itu, mo mobil apapun jg kalo tabrakan, pasti resiko kematian nya ampir 100 persen...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Aku pikir ada benernya juga sih, pelat tipis tidak mengurangi keselamatan
1. Terhadap penumpang dan orang lain
Dengan teknologi crumple zone terjadi absorbsi energi oleh mobil, sehingga penumpang tidak menerima shock langsung hasil tabrakan. Bedakan dengan mobil jaman dulu yang mobilnya utuh tapi orangnya pendarahan dalam, atau malah kelempar lewat kaca depan.
Terhadap orang lain juga shocknya tidak tajam, bahkan kalau bisa bagai ditabrak pakai bantal. Pun kalau kita menabrak tembok, temboknya nggak rusak. Ini lumayan bermanfaat kalau garasi kita pas panjangnya, sehingga tiap hari mobil masuk dijedutin tembok terus.
2. Terhadap materi
a. Pada saat kecelakaan
Walau pelat tipis, tapi bisa dibentuk berlapis2 sehingga membentuk roll cage. Makanya mobil modern walau kalau dicetok motor dikit aja udah penyok, tapi kalau ngguling malah gak apa2. Pengamanan setempat dengan materi yang minim lebih baik daripada kuat di mana2.
Dengan teknologi dan pemilihan bahan, crumple zone bisa dibikin lunak tapi tidak gampang rusak. Contohnya bemper Livina aku, udah 5 kali ditabrak ampe penyok, tapi karena terbuat dari plastik campur karet, ya tinggal ditekan dari dalam, bisa balik normal lagi. Bajanya Peugeot juga sama, rada mentul gitu. Beda ama baja Timor jaman dulu. Itu disenderin aja penyok krn bajanya "getas"
b. Pada saat tidak kecelakaan
Walau pun bajanya tipis, tapi kekuatan tariknya lebih baik dari baja zaman dulu. Juga sifat tahan karatnya jauh lebih baik. Kalau baja sama dibikin 0,8 dan 0,6 ya emang kuat yg 0,8 mm. Tapi krn bajanya lain, belum tentu yg 0,6 mm kalah.
1. Terhadap penumpang dan orang lain
Dengan teknologi crumple zone terjadi absorbsi energi oleh mobil, sehingga penumpang tidak menerima shock langsung hasil tabrakan. Bedakan dengan mobil jaman dulu yang mobilnya utuh tapi orangnya pendarahan dalam, atau malah kelempar lewat kaca depan.
Terhadap orang lain juga shocknya tidak tajam, bahkan kalau bisa bagai ditabrak pakai bantal. Pun kalau kita menabrak tembok, temboknya nggak rusak. Ini lumayan bermanfaat kalau garasi kita pas panjangnya, sehingga tiap hari mobil masuk dijedutin tembok terus.
2. Terhadap materi
a. Pada saat kecelakaan
Walau pelat tipis, tapi bisa dibentuk berlapis2 sehingga membentuk roll cage. Makanya mobil modern walau kalau dicetok motor dikit aja udah penyok, tapi kalau ngguling malah gak apa2. Pengamanan setempat dengan materi yang minim lebih baik daripada kuat di mana2.
Dengan teknologi dan pemilihan bahan, crumple zone bisa dibikin lunak tapi tidak gampang rusak. Contohnya bemper Livina aku, udah 5 kali ditabrak ampe penyok, tapi karena terbuat dari plastik campur karet, ya tinggal ditekan dari dalam, bisa balik normal lagi. Bajanya Peugeot juga sama, rada mentul gitu. Beda ama baja Timor jaman dulu. Itu disenderin aja penyok krn bajanya "getas"
b. Pada saat tidak kecelakaan
Walau pun bajanya tipis, tapi kekuatan tariknya lebih baik dari baja zaman dulu. Juga sifat tahan karatnya jauh lebih baik. Kalau baja sama dibikin 0,8 dan 0,6 ya emang kuat yg 0,8 mm. Tapi krn bajanya lain, belum tentu yg 0,6 mm kalah.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
ada beberapa issue di plat yang tipis itu.. okelah dia pake yang kuat. kuat di sini kan untuk beban searah plat, bukan beban melintang plat. kalo melintang plat, ketebalan akan lebih berpengaruh lebih dari 2x-nya...
maksudnya gini, plat dengan kekuatan 4000kg/cm2 dengan tebal 0.3mm akan lebih gampang penyok terhadap beban melintang dibanding plat yang kekuatan 2000kg/cm2 dengan tebal 0.6.. karena untuk penyok atau tidaknya, ketebalan plat berpengaruh sangat besar dibanding kekuatan plat itu sendiri. yang nantinya kita akan ketemu dengan stabilitas struktur.. stabilitas dan kekuatan adalah hal yang berbeda dalam analisis struktur..
gitu yang pernah ane baca2 tentang analisis struktur...
*catatan, kekuatan 4000kg/cm2 dan 2000kg/cm2 hanya perumpaan untuk menentukan tegangan maksimum yang dapat diterima oleh plat.
maksudnya gini, plat dengan kekuatan 4000kg/cm2 dengan tebal 0.3mm akan lebih gampang penyok terhadap beban melintang dibanding plat yang kekuatan 2000kg/cm2 dengan tebal 0.6.. karena untuk penyok atau tidaknya, ketebalan plat berpengaruh sangat besar dibanding kekuatan plat itu sendiri. yang nantinya kita akan ketemu dengan stabilitas struktur.. stabilitas dan kekuatan adalah hal yang berbeda dalam analisis struktur..
gitu yang pernah ane baca2 tentang analisis struktur...
*catatan, kekuatan 4000kg/cm2 dan 2000kg/cm2 hanya perumpaan untuk menentukan tegangan maksimum yang dapat diterima oleh plat.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
crumple zone sebenernya adalah daerah yang diizinkan boleh hancur ketika terjadi benturan melebihi benturan rencana.. energi benturan ini harus diserap oleh chassis mobil tapi dengan catatan penumpang harus tetap aman..asudarsono wrote:Aku pikir ada benernya juga sih, pelat tipis tidak mengurangi keselamatan
1. Terhadap penumpang dan orang lain
Dengan teknologi crumple zone terjadi absorbsi energi oleh mobil, sehingga penumpang tidak menerima shock langsung hasil tabrakan. Bedakan dengan mobil jaman dulu yang mobilnya utuh tapi orangnya pendarahan dalam, atau malah kelempar lewat kaca depan.
Terhadap orang lain juga shocknya tidak tajam, bahkan kalau bisa bagai ditabrak pakai bantal. Pun kalau kita menabrak tembok, temboknya nggak rusak. Ini lumayan bermanfaat kalau garasi kita pas panjangnya, sehingga tiap hari mobil masuk dijedutin tembok terus.
2. Terhadap materi
a. Pada saat kecelakaan
Walau pelat tipis, tapi bisa dibentuk berlapis2 sehingga membentuk roll cage. Makanya mobil modern walau kalau dicetok motor dikit aja udah penyok, tapi kalau ngguling malah gak apa2. Pengamanan setempat dengan materi yang minim lebih baik daripada kuat di mana2.
Dengan teknologi dan pemilihan bahan, crumple zone bisa dibikin lunak tapi tidak gampang rusak. Contohnya bemper Livina aku, udah 5 kali ditabrak ampe penyok, tapi karena terbuat dari plastik campur karet, ya tinggal ditekan dari dalam, bisa balik normal lagi. Bajanya Peugeot juga sama, rada mentul gitu. Beda ama baja Timor jaman dulu. Itu disenderin aja penyok krn bajanya "getas"
b. Pada saat tidak kecelakaan
Walau pun bajanya tipis, tapi kekuatan tariknya lebih baik dari baja zaman dulu. Juga sifat tahan karatnya jauh lebih baik. Kalau baja sama dibikin 0,8 dan 0,6 ya emang kuat yg 0,8 mm. Tapi krn bajanya lain, belum tentu yg 0,6 mm kalah.
tentang baja yang lebih kuat, setahu ane baja itu makin kuat makin getas.. kurang tahu apakah hal ini sudah bisa diatasi.. yang pakar material monggo dijelaskan..
kalo terhadap tarik, mungkin bisa lebih kuat yang tipis dengan kemampuan tarik yang lebih kuat, tapi kalo terhadap beban melintang plat, seperti kesenggol motor, yang tipis akan lebih gampang penyok walau memiliki kemampuan tarik yang lebih besar.. seperti yang ane jelasin di atas..
duuh ane lupa istilah2nya... maaf kalo salah ngejelasin...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
setuju.. mangkanya jangan bawa mobil sampe 220kpj seperti momod kita di tret sebelah..FortunerMan wrote:Pastinya. Dan tergantung yg dilabrak juga, kalo lawan lebih berat/besar...habis juga si kecil. Makanya usahakan jangan nabrak diatas kecepatan optimal diatas, soalnya ilmu insinyurnya belon nyampe situDOHC wrote:btw, kalo soal safety2an.... euroNCAP itu kayanya liris statement kalo crash test itu biasanya optimal di 64 km/h, karena kalo lebi dari itu, mo mobil apapun jg kalo tabrakan, pasti resiko kematian nya ampir 100 persen...

tapi kalo masalah ilmu insinyur, udah nyampe sih.. tapi ilmu ekonominya yang belum nyampe... soalnya kalo mau bikin mobil yang tahan terhadap benturan pada kecepatan 200kpj, jadi deh mobil dengan struktur seperti F1...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Ora opo2 mas.. makasih koreksinya..Debiyarto wrote: hemmm...gua kurang sependapat nih. Maaf yaa....![]()
Yang perlu diingat, secara teoritis tidak mungkin cat lama akan sama persis dengan cat koreksi walaupun merk dan kode warna catnya sama. Apalagi cat2 khusus seperti metalic.
Hal ini disebabkan antara lain:
1. Kondisi warna cat lama sedikit/banyak akan pudar seiring "UV attack" dari matahari.
Demikian tambahan dari saya semoga bisa membantu.

Tapi sepengalaman saya ya, kalau aplikasinya bener, cat itu bener2 bisa miriip banget sama cat asli, baru keliatan agak beda kalau tertimpa cahaya tertentu dari angle tertentu...
Sebenernya cat asli mobil yang warna terang (putih) semuanya juga ga ada yang sama kok.. perhatiin aja dari angle hampir 180 derajat..
Maaf OOT

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
widih... serem banget... atap vios sampe ketekuk ke dalem gitu... padahal ini pada kecepatan 40mph (64kpj)... kecepatan wajar pada saat jalan santai...FortunerMan wrote:Berat dan ukuran lebih besar akan menang. Makanya yg diadu yg ukurannya mirip2. Kalo Freed lawan Fuso pasti tewas Freed...biarpun Fuso gak pake crash test2an...maskopat wrote:pertanyaan ane belum dijawab, kalo bel air diadu dengan freed, siapa yang bakal parah penumpangnya?
Ada juga crash test Accord baru vs Jazz baru. Sama2 bagus crash testnya, tapi pas di adu kambing...ringsek si Jazz. http://www.youtube.com/watch?v=NLfK35O91gE
Atau mau Camry vs Vios...lebih lucu lagi http://www.youtube.com/watch?v=vcTf78b8WfY
fit sepertinya lebih kokoh.. apakah ini karena bentuk mobilnya yang berbeda? satu hatchback (fit) yang satu lagi sedan (vios)?
setelah lihat ini, mari kita mengemudi dengan aman... safety first..

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green