sofan wrote:JESKONENG wrote:interior luas itu kelebihan Luxio, tidak dipunyai jenis mobil laen... mesin kolong, itu kelemahan LUxio, karena ada kekuatiran :
- mesin cenderung kotor dan utk membersihkan/menjangkau bagian2 mesin
- rawan banjir
- rawan panas mesin terasa sampai ke kabin
- rawan berisik suara mesin terdengar ke kabin
kelemahan no1 memang sy akui om
utk no 2 sy kira engga juga. ground clearence nya cukup jauh kok. kecuali nyemplung ke BKT (naudzubillah...)
no 3 & 4 bisa disiasati om
btw, OOT dikit, pulsar okeh ga om? ane lg mo cari2 kuda sport touring neh...
Jadi tinggal gimana caranya kalok mau rutin mencuci mesin Luxio ? ke dealer ? tentunya mereka yg paling paham cara membersihkan / menjangkau bagian2 mesin kolong... ?
Pulsar ? kalok tertarik, mending ambil yg P180 UG4, karena harga sekitar 18jutaan dibandingkan 21jutaan yg P200, padahal tenaga cuman beda o,5 hp ajah, dan dari segi tampilan cuman beda bentuk knalpot serta tiadanya oil cooler. Kalok hobi modif mesin, P180 baru itu bisa dimodif :
- ganti piston/camshaft/valve milik P200
- leher knalpot & silencer P200
- pasang oil cooler P200 (jalurnya udah ada)
- Jika P220 nanti keluar, bisa adopsi kruk-as (crankshaft) dan con-rod P220, sehingga menjadi 220cc.
- kelebihan P180 = diameter shock depan 37mm (sama dengan N250R) dibandingkan 33mm milik P200, dan stang jepit ala Pulsar, bisa diganti dengan milik N250R.