Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ya sama seperti merek lainnya.
Lihat saja ANJ, Yaris. Sudah jelas2 HARUS pake unleaded dan minimal pertamax plus (dilihat dari kompresi rasio diatas 10,1 yaitu 10,5 dan 10,8) tapi akhirnya di minumi premium biasa..
Juga seperti yang bro katakan. Mercy saja diminumi Premium...
Sales2 pasti mengatakan, "Minum Premium bisa..." Memang kenyataannya bisa tapi tidak dikatakan efek selanjutnya yaitu mobil yang tidak bertenaga sebagaimana mestinya, dan lama kelamaan akan merusak piston mesin karena terjadi knocking dan kerak.
Gagal tidaknya Fiesta bukan dilihat dari situ, bro...
Tetapi bagaimana mereka memasarkan produknya dan after sales servicenya..
Secara dilihat dari specs dan harga, Fiesta sudah unggul dibandingkan ANJ, Mazda 2, Yaris.
Tapi Yaris/Vios BISA minum premium (dan nggak ngelitik), Peugeot pun bisa di setel minum premium. Coba kalo kaya Focus ane...dikasi Pertamax/Shell biasa aja ngelitik keras...harus Oktan 95. Gak flexible ama kantong kalo harus Pertamax+ juga, padahal Fiesta kan bukan mobil mewah dan target market utamanya bukan org berlimpah duit.
disini selain tipikal konsumen yang umumnya merasa berat beli bbm berkualitas, juga kondisi di luar kota masih banyak spbu yang cuma menyediakan premium dan solar saja...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
jalu wrote:disini selain tipikal konsumen yang umumnya merasa berat beli bbm berkualitas, juga kondisi di luar kota masih banyak spbu yang cuma menyediakan premium dan solar saja...
Nah betul nih...makanya Pokus ane belon pernah pergi jauh2 - paling Bandung aja. Repot mesti bawa2 oktan booster segala kemana mana.
menanggapin posting bos squall
Gue pribadi punya Yaris, pas tanya sales bilangnya bisa minum premium
tp abis itu gue liat di manual book , minim minumnya pertamax
alhasil gue ngoplos premium dan pertamax plus deh.
Ya emang heran juga ama konsumen indonesia ini
gue pernah liat harier ngisinya premium, dlm ati nyengir gue
mbl dah 500jt++ beda paling 1-2jt seban bulan tp mbl bs lbh awet,tarikan lbh maknyos aja masih sayang
Pertimbangan beli fiesta paling2 ya kembali ke jaringan bengkel dan spare partnya aja plus pelayanan dari dealernya ndiri .
Kl mau yg ndak ribet paling customer ttp aja milih ANJ dan yaris ( apalagi mgkn yaris kluar model br taun dpn since udah dr 2006 trakhir rilis ).
Kalo Harrier yg 2.4 bisa di setel pake premium bro. Mesin 2.4 2AZ-FE yg sama di Camry banyak di setel pake premium, no problem. Vios adik ane udah 100 ribu km dr baru pake premium - no problem di sektor mesin. Tapi ane setuju sih pake Harrier kebangetan masih pake bensin subsidi.
Intinya, seharusnya flexible kalo mobil target marketnya bukan high income individuals. Kalo mau kenceng dan bersih bisa pake bensin mahal...kalo lagi bokek pake premium.
Anyway...back to Fiesta...ane mau main ah ke Ford Kelapa Gading...kok diem2 ada show unit?
Seperti yang saya bilang tadi: BISA minum Premium TAPI tidak menjamin efek selanjutnya yaitu lama kelamaan piston di dalam mesin anda akan jebol karena diisi bahan bakar beroktan rendah (pembakaran tidak sempurna) dan tenaga yang dihasilkan tidak akan maksimal seperti yang tertera dalam specs..
Dan betul.. sales2 di Indonesia benar2 memberikan info yang salah.. Kitanya sendiri harus teliti karena di dalam buku panduan sudah tertera bahwa mobil X harus memakai bahan bakar Unleaded. Dan juga tertera bahwa kompresi rasio nya sekian.
Jadi kalau sampai terjadi hal2 yang tidak diinginkan karena pemakaian bahan bakar yang salah, maka kita tidak bisa menuntut salesnya dengan bilang "Katanya salesnya ndak papa minum premium.." pasti nanti dijawab "Ya memang ndak papa diminumi premium asalkan hanya dalam keadaan terpaksa (semisal lagi berkunjung ke daerah yang tidak memiliki bahan bakar oktan tinggi). TETAPI kita tidak akan memberikan garansi kerusakan yang di akibatkan penggunaan bahan bakar tersebut..."
Mesin2 modern terutama mobil yang diimport dari Thailand dan negara lain, MINIMAL harus unleaded (tanpa timbal) + tergantung dari spesifikasi mesin yaitu dilihat compression ratio nya.. Bahkan sejak New City pertama launching tahun 2004.
Mesin yang memiliki compression ratio LEBIH BESAR sama dengan (>= 10,1), menurut teori HARUS menggunakan bahan bakar MINIMAL beroktan 95 (di Indonesia adalah Pertamax Plus).. kalau dilihat dari specs Thailand dan negara lain, Fiesta memiliki nilai kompresi rasio sebesar 11:1. Oleh sebab itu, aku bilang Fiesta minum Pertamax Plus. Tapi sama sales nya dibilang minimal Pertamax (sama seperti Honda Jazz, Yaris, dll yang SEMESTINYA harus diminumi Pertamax)
Maka dari itu, produk Fuel Catalyst atau Fuel Additive bisa dijadikan alternatif agar mesin kita awet.
Bahan bakar di Indo jelek kualitasnya. kalau ada Shell di kota anda, mending pake Shell.
Lebih mahal dikit tapi kualitas nya beda. Yang membedakan adalah MON nya.
Last edited by squalledd on Wed Apr 14, 2010 6:52, edited 1 time in total.
Ford Focus gak bisa bro di kasi premium...cobain aja - jalan sih jalan, tapi ngelitiknya gila - bener2 kasian mobilnya. Makanya ane bilang kalo Fiesta begini juga...bisa2 nasibnya kaya Focus...alias gak laku. Tapi ane rasa sih mesinnya pasti fleksibel.
Kalo BISA berarti tanpa ngelitik, seperti yg ane tau Vios.
Ane blum pilih warna..tar pas dah launching boleh pilih kok..kan ane nego2 gt..bung squall dapet apaan aj??iy saya bli yg sport..penggunaan maticnye gmn yah??kata temen saya mesti di tarik baru bisa menggunakan transmisi plus minusnya??lebih bagus kan sistem matic seperti ini di banding dengan yaris yg zigzag sama seperti sx4 saya??mohon petunjuk??kata salesnye bisa minum premiun.karena sodaranya aj mazda2 bisa minum premium..tp di saranin pertamax.
charlysx4 wrote:Ane blum pilih warna..tar pas dah launching boleh pilih kok..kan ane nego2 gt..bung squall dapet apaan aj??iy saya bli yg sport..penggunaan maticnye gmn yah??kata temen saya mesti di tarik baru bisa menggunakan transmisi plus minusnya??lebih bagus kan sistem matic seperti ini di banding dengan yaris yg zigzag sama seperti sx4 saya??mohon petunjuk??kata salesnye bisa minum premiun.karena sodaranya aj mazda2 bisa minum premium..tp di saranin pertamax.
nanti kalo ndak milih warna dulu, bisa rebutan lho.. kalo udah DP ya mending pilih warna.
dapatnya cuma kaca film standart dan plat nomer sementara. kamu?
mengenai transmisi dualclutch, informasinya bisa dicari di google, bro..
Seperti yang sudah saya katakan diatas, BISA minum premium tapi resiko mobil gelitik dan power kurang.
Sama seperti mobil ANJ, Yaris, dll yang CBU dari luar negeri (Thailand, dll)
solusi cc kecil... irit FC tp mau power gede... ya kompresi tinggi .. ujungnya musti pakai RON yg tinggi.
Nissan Grand Livina 1.5 kompresi 1:10.5 banyak yg ngisi premium tuh meskipun kerap kali memaksa knocking sensor bekerja dan banyak power loss, bahkan di beres nissan bisa di stel premium agar knocking berkurang, tp ga yakin bisa bener2 hilang, krn GL 1.8 gw 1:9.9 meskipun dah dikasih pertamax kerap kali kondisi tertentu masih terdengar ngelitik halus saat akselerasi spontan... kalo diurut baru ga ngelitik
anyhow... tuh Nissan GL 1.5 tetap banyak yg pakai tuh dan diisi premium
nubie dr tenda numpang tanya....fiesta ini switch lampu sein nya di kiri atau kanan ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
maxx wrote:solusi cc kecil... irit FC tp mau power gede... ya kompresi tinggi .. ujungnya musti pakai RON yg tinggi.
Nissan Grand Livina 1.5 kompresi 1:10.5 banyak yg ngisi premium tuh meskipun kerap kali memaksa knocking sensor bekerja dan banyak power loss, bahkan di beres nissan bisa di stel premium agar knocking berkurang, tp ga yakin bisa bener2 hilang, krn GL 1.8 gw 1:9.9 meskipun dah dikasih pertamax kerap kali kondisi tertentu masih terdengar ngelitik halus saat akselerasi spontan... kalo diurut baru ga ngelitik
anyhow... tuh Nissan GL 1.5 tetap banyak yg pakai tuh dan diisi premium
Betul... Knocking sensor itu bukan jaminan nanti mobilnya ndak akan knocking kalo diisi bahan bakar yang RON nya lebih rendah.
Aku lihat di internet, sepertinya ada knocking sensor karena Ford jual spareparts knocking sensor untuk Fiesta.
Yah.. begitulah kelakuan orang Indonesia. Hemat tapi ndak mikir kalo itu bisa membayakan mesin mobilnya dan powernya jadi ndak maksimal.
Semestinya kalo mampu beli mobil sekelas seperti ini ya mesti siap pakai BBM non subsidi.
Power loss sih pasti, tapi perbedaannya tidak berarti kalo hanya nyetir biasa2 saja (daily driving). Kalo setiap nyetir balapan sama mobil sebelah ya berasa, setiap lampu ijo gas pol...ya lain cerita.
Berbahaya ke mesin? Saya rasa ini juga mitos saja. Vios adik saya (mesin sama dgn Yaris) dari baru pake premium, sedikit pun tidak ngelitik. Skrg sudah 100 ribu km tidak ada masalah di mesin. Mesin lebih kotor betul, sekali2 bersihin pake engine flush.
Yg tidak boleh - mobil minta unleaded dikasi leaded...nah premium skrg semua sudah tanpa timbal.
FortunerMan wrote:Power loss sih pasti, tapi perbedaannya tidak berarti kalo hanya nyetir biasa2 saja (daily driving). Kalo setiap nyetir balapan sama mobil sebelah ya berasa, setiap lampu ijo gas pol...ya lain cerita.
Berbahaya ke mesin? Saya rasa ini juga mitos saja. Vios adik saya (mesin sama dgn Yaris) dari baru pake premium, sedikit pun tidak ngelitik. Skrg sudah 100 ribu km tidak ada masalah di mesin. Mesin lebih kotor betul, sekali2 bersihin pake engine flush.
Yg tidak boleh - mobil minta unleaded dikasi leaded...nah premium skrg semua sudah tanpa timbal.
kalau artikel diatas itu membedakan fuel premium (beda dengan premium di kita lho) dengan regular yang ada di pasar AS. Keliatannya kurang pas untuk dibandingkan dengan perbandingan bbm yang ada di kita. Kita tuh ron bbm generik nya cuma 88, mungkin hanya kita di asean yang masih menjual bbm dengan ron serendah itu. malaysia aja kalau gak salah bbm yang dijual ron nya kelas 91 dan 97 (cmiiw).
Kalo di Amerika, Premium = bensin mahal, regular = bensin biasa. Indonesia aja yg salah kaprah namain bensin murah/biasanya.
Sudah terbukti banyak mobil modern sliweran di jalanan Indonesia pake premium, tanpa ngelitik. Saya sendiri juga sudah buktikan, Vios adik saya dr baru pake premium sampe 100 ribu km gak ada masalah. Masalahnya cuman nggak sekenceng kalo pake Pertamax...kalo gak tukang ngebut...no problem. Sebelum itu mobilnya Honda City, pake premium juga - no problem sampe 105 ribu...trus di jual. Altis 2009 aja pake premium dibawa ke daerah santai aja.
Intinya, di Indonesia, kalo bukan mobil mahal - harus bisa adjust dgn bensin biasa. Kalo nggak, susah laku - apalagi di daerah.
Contohnya Focus ane...dikasi dibawah oktan 95 ngelitik keras..padahal bukan mobil mewah.
ford ranger/everest sendiri bisa sukses disini selain kualitas dan ketangguhan juga ditunjang mesinnya yang msh bisa tahan solar busuk. ini kan bs menjadi bukti bahwa jika suatu mesin bs lbh fleksibel untuk memakai bbm yg tersedia disini akan menunjang minat konsumen untuk membelinya
disini serba salah, lalu lintas perkotaan yg macet, stop n go membuat mesin lbh sering idle, untuk beberapa user jadinya tidak merasakan benefit dr bbm mahal, malah bisa2 yg terpikir oleh mereka suatu pemborosan (untuk jangka pendek tentunya), akhirnya pada ngotot pake premium
sebaliknya, saat keluar kota dimana lalu lintas lbh lancar disitulah kt bs merasakan benefit bbm mahal, mesin lbh optimal kinerjanya efisiensi jg membaik, namun apa yg terjadi saat harus mengisi kembali, spbu diluar kota masih banyak yang cuma menjual premium n solar aja.....no choice ya isi premium
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
@Fortunerman+Jalu:
Setuju.. SANGAT SETUJU kalo mesin Fiesta nantinya bisa minum Premium (Masa iya semua PREMIUM di seluruh wilayah INDONESIA tidak bertimbal???)