wah tebakan saya kurang jitu nih heheArdianz wrote:Salam kenal juga Bro...santafejkt wrote:bro ardianz belinya di autosafe ya? kalo gk salah di pondok indah ada yang warna silver thn 2001? hahaha salam kenal juga nih bro,jadi tambah banyak nih yg punya santiArdianz wrote:Salam Kenal...
Saya dari Pekalongan pemake Santi 2001. Baru 3 mingguan.
Beli Santi di Jakarta, dan sebelum dibawa ke Pekalongan, ditune up dulu di Beres Pondok Indah.
Disana divonis katanya MAF bermasalah.
Di Pekalongan dicek lagi di bengkel non resmi, setelah discan hasilnya juga sama, di layar scanner tertera MAF malfunction.
MAF Santi saya dg P/N28164-38210 merek BOSCH.
Kayaknya sih MAF belom pernah diganti, jadi mungkin ga kalo Santi 2001 memang pake MAF dg P/N itu? Soalnya dari Beres Pondok Indah bilang kalo MAF dg PN 28164-38080 itu buat Santi 2700cc(4WD).
Dan saya terlanjur udah inden MAF dg P/N 28164-38210 di Hyundai Santosa Semarang.
Mohon Pencerahannya... Trims...
Tebakannya salah nih... aku beli ama pemilik langsung. Memang selisih satu minggu setelahnya, di Autosafe Pondok Indah ada Santi 2001 dijual.
(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Sun May 30, 2010 14:11
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Sesuai dengan janji ane kemaren, setelah ane check P/N MAF di santi ane adalah 28164-38210 ( 2002 DOHC ), dan ada temabahan, karena menurut bro Imsus MAF ane ini sdh mulai bermasalah, maka ane coba untak membuang screen ( sarang tawon ) yg ada didalam sensor MAF....karena ada beberapa temen yg udh membuang sarang tawon itu di milis tetangga....ane pikir memang fungsinya untuk menangkap material halus yang lolos dari filter udara...jadi kalau filter udara bekerja dengan baik maka ngak perlu lagi itu sarang tawon....hasilnya masih ane amati ....!!Besok ane pastiin lagi deh P/Nnya santi ane th 2002 apakah P/N : 28164-38210 atau 28164-38080....!! kita telusuri yach MAF ini ....buat teman2 yg laen juga ditunggu reportnya....kalau semua bisa pake yg 28164-2810 yg ebih murah sih, kenapa tidak....???
Mungkin dalam hal ini saran bro Imsus untuk Tukar pake MAF dengan P/N : 28164-38210 vs 28164-38080 perlu dicoba sepertinya....
Ntar photonya nyusul deh......
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
semogaGundala08 wrote:no problem pak...silakan email atau PM saya, nanti saya akan info orang/toko tempat saya beli dulu... moga2 belum naik...imsus2c wrote:mudah-mudahan sih P/N nya berbeda karena lokasi produksi yang berbedaGundala08 wrote: betul pak, yg santi 2001, P/N-nya 28164-38080, BOSCH dan tulisannya Made In Germany
harganya memang 2x lipatnya MAF untuk santi 2002 keatas...sampai saat ini saya sendiri juga ga tau penjelasan teknisnya kenapa beda...
yg 2001 -> 5,762 juta
yg 2002 up --> 2,813 juta
saya akhirnya beli ga lewat jalur resmi, kena 2.5juta, sampe sekarang sih masih ok
tapi klo memang musti diganti, saya nanti minta tolong sama Bro Imsus untuk lokasi tempat jual yang gak resminya yah..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Salam kenal Bro.
waktu ke hyundai pondok indah ngantri gak bro ?. kemarin saya kesana, rencana mo general cek-up seperti saran dari kawan-kawan disini tapi akhirnya gak jadi. ngantrinya panjang banget. rencana sabtu mau nyoba lagi.
BTW Bro sekalian. semenjak kemarin saya susah banget masukin porsneling ke gigi mundur. tadi pagi malah hampir gak bisa. sarannya donk klo ada kawan-kawan yang pernah mengalami hal yang sama
belum bisa dipastiin kampas kompling ya bro?. klo gigi majunya sih aman bro, belum ada gejala slip. hanya gigi mundurnya aja yang susah di masukin dan tuas porsnelingnya musti di sentak dulu baru mau masuk.inoz wrote: bro gundala
masalah itu kayaknya sdh aus kampas koplingnya, jadi gak mau masuk persneling mundurnya, ane pernah di kijang begitu... klo
emang dolo sebelum diganti suka gitu slip... kadang klo maju juga gak masuk2...ke gigi berikutnya..
oli transmisi baru diganti bro. kemarin pake shell type lupa type nya. klo di inepin kasian bro. nanti klo bobo yg selimutin si santi siapa donk..Kuruma wrote: Dulu ane juga kayak gitu bro....setelah ganti olie perseneling ... lumayan tuh bagus...dan memang narik tuasnya harus perlahan2, jangan terlalu dipaksa....!!
Sudah pasti nginep bro, apalagi hari libur...saran ane jumat...sisanti dititipin...sabtu baru ambil dan konsultasi....tapi coba hub SA PI Pak Andri 72895555..untuk konfirmasi booking atau saat yg tepat untuk kesana, sekalian konsultasi masalah...!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Sesuai dengan janji ane kemaren, setelah ane check P/N MAF di santi ane adalah 28164-38210 ( 2002 DOHC ), dan ada temabahan, karena menurut bro Imsus MAF ane ini sdh mulai bermasalah, maka ane coba untak membuang screen ( sarang tawon ) yg ada didalam sensor MAF....karena ada beberapa temen yg udh membuang sarang tawon itu di milis tetangga....ane pikir memang fungsinya untuk menangkap material halus yang lolos dari filter udara...jadi kalau filter udara bekerja dengan baik maka ngak perlu lagi itu sarang tawon....hasilnya masih ane amati ....!!
Mungkin dalam hal ini saran bro Imsus untuk Tukar pake MAF dengan P/N : 28164-38210 vs 28164-38080 perlu dicoba sepertinya....
Ntar photonya nyusul deh......
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Halahhh...ga bisa di edit lagi.....jadinya tumpang tindih tuh MAF.....!!
Om Momod tulung di editin ntu MAF kok jadi tumpang tindih seh...???
Om Momod tulung di editin ntu MAF kok jadi tumpang tindih seh...???
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Om Momod tulung di editin ntu MAF kok jadi tumpang tindih seh...?
Thanks ya Om Momod...atas editan photonya.....
Nah Ntu dia temen2 santier....MAF di santi ane ternyata pake yang P/N : 28164-38210, sama dengan yang Kang Inoz punya....dan karena sekalian aja ane buang sarang tawonnya....mudah2an setelah dibuang aliran udaranya menjadi bebas hambatan...dan yang pasti saat idle sekarang rpm menjadi 800 rpm, sebelummnya di posisi 1000 rpm....dan yang pasti suaranya menjadi labih halus....dan saat ac dihidupin speed rpm sempat turun dan setelah itu kembali ke 800 rpm lagi.....!!!
Untuk Bro Gundala...jangan khawatir bro sensor ini ada banyak tinggal kita minta aja yang Mobis, ntar dikasih deh sama toko langganan kita....!!
Kalau soal sisanti nginep...jangan khawatir lah...aman disana dan mereka juga menjaga image untuk senantiasa memuaskan pelanggan....apalagi kita punya komunitas yang solid, maka setiap keluhan akan diperhatikan oleh petugas SAnya......apa lagi kita punya embel2 Sticker.....wah akan menjadi perhatian tentunya....soalnya kalo kita komplent mereka khawatir komplen itu akan menyebar.....sok lah kita bikin sticker yuck....!!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
betul pak...test interchangeable part , silakan cross check MAF masing2...trus janjian kopdar ke BeRes untuk ditukar-pakai dan ditest... daripada beli buat ditest, mahal sekali kanKuruma wrote:Sesuai dengan janji ane kemaren, setelah ane check P/N MAF di santi ane adalah 28164-38210 ( 2002 DOHC ), dan ada temabahan, karena menurut bro Imsus MAF ane ini sdh mulai bermasalah, maka ane coba untak membuang screen ( sarang tawon ) yg ada didalam sensor MAF....karena ada beberapa temen yg udh membuang sarang tawon itu di milis tetangga....ane pikir memang fungsinya untuk menangkap material halus yang lolos dari filter udara...jadi kalau filter udara bekerja dengan baik maka ngak perlu lagi itu sarang tawon....hasilnya masih ane amati ....!!Besok ane pastiin lagi deh P/Nnya santi ane th 2002 apakah P/N : 28164-38210 atau 28164-38080....!! kita telusuri yach MAF ini ....buat teman2 yg laen juga ditunggu reportnya....kalau semua bisa pake yg 28164-2810 yg ebih murah sih, kenapa tidak....???
Mungkin dalam hal ini saran bro Imsus untuk Tukar pake MAF dengan P/N : 28164-38210 vs 28164-38080 perlu dicoba sepertinya....
Ntar photonya nyusul deh......
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
otak-atik MAF (seandainya MAF-nya memang sudah error), memang "agak" untung2an.... terkadang hasilnya baik, kadang memble...Kuruma wrote:Om Momod tulung di editin ntu MAF kok jadi tumpang tindih seh...?
Thanks ya Om Momod...atas editan photonya.....
Nah Ntu dia temen2 santier....MAF di santi ane ternyata pake yang P/N : 28164-38210, sama dengan yang Kang Inoz punya....dan karena sekalian aja ane buang sarang tawonnya....mudah2an setelah dibuang aliran udaranya menjadi bebas hambatan...dan yang pasti saat idle sekarang rpm menjadi 800 rpm, sebelummnya di posisi 1000 rpm....dan yang pasti suaranya menjadi labih halus....dan saat ac dihidupin speed rpm sempat turun dan setelah itu kembali ke 800 rpm lagi.....!!!
Untuk Bro Gundala...jangan khawatir bro sensor ini ada banyak tinggal kita minta aja yang Mobis, ntar dikasih deh sama toko langganan kita....!!
Kalau soal sisanti nginep...jangan khawatir lah...aman disana dan mereka juga menjaga image untuk senantiasa memuaskan pelanggan....apalagi kita punya komunitas yang solid, maka setiap keluhan akan diperhatikan oleh petugas SAnya......apa lagi kita punya embel2 Sticker.....wah akan menjadi perhatian tentunya....soalnya kalo kita komplent mereka khawatir komplen itu akan menyebar.....sok lah kita bikin sticker yuck....!!!
yang jelas, jika memang sudah error dan kita coba otak atik...pasti ada yg terkompensasi
saya dulu saat awal2 merasa hasilnya baik, tapi setelah dimintakan pendapat di bengkel dan di test/scan, ternyata ada yg "berubah"
terakhir dulu saya otak-atik, output putaran bawah ngisi, tapi begitu masuk putaran atas agak kosong...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
beberapa link video youtube mengenai MAF, salah satunya:
http://www.youtube.com/watch?v=NRIDW0xRmYo
http://www.youtube.com/watch?v=NRIDW0xRmYo
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
nanti kalo ke Bengkel, sekalian diperiksakan pak...Gundala08 wrote:Salam kenal Bro.
waktu ke hyundai pondok indah ngantri gak bro ?. kemarin saya kesana, rencana mo general cek-up seperti saran dari kawan-kawan disini tapi akhirnya gak jadi. ngantrinya panjang banget. rencana sabtu mau nyoba lagi.
BTW Bro sekalian. semenjak kemarin saya susah banget masukin porsneling ke gigi mundur. tadi pagi malah hampir gak bisa. sarannya donk klo ada kawan-kawan yang pernah mengalami hal yang samabelum bisa dipastiin kampas kompling ya bro?. klo gigi majunya sih aman bro, belum ada gejala slip. hanya gigi mundurnya aja yang susah di masukin dan tuas porsnelingnya musti di sentak dulu baru mau masuk.inoz wrote: bro gundala
masalah itu kayaknya sdh aus kampas koplingnya, jadi gak mau masuk persneling mundurnya, ane pernah di kijang begitu... klo
emang dolo sebelum diganti suka gitu slip... kadang klo maju juga gak masuk2...ke gigi berikutnya..oli transmisi baru diganti bro. kemarin pake shell type lupa type nya. klo di inepin kasian bro. nanti klo bobo yg selimutin si santi siapa donk..Kuruma wrote: Dulu ane juga kayak gitu bro....setelah ganti olie perseneling ... lumayan tuh bagus...dan memang narik tuasnya harus perlahan2, jangan terlalu dipaksa....!!
Sudah pasti nginep bro, apalagi hari libur...saran ane jumat...sisanti dititipin...sabtu baru ambil dan konsultasi....tapi coba hub SA PI Pak Andri 72895555..untuk konfirmasi booking atau saat yg tepat untuk kesana, sekalian konsultasi masalah...!!
tapi...analisa global aja:
- kalau terdengar suara mendengung dan berat oper, oli transmisinya jelek dan mgkn ga cocok viskositasnya, untuk santi, pakai 75/90 atau lihat manual, dulu pernah pake yg 90, giginya susah masuk, dan di gigi tertentu ada suara mendengung...
- kemungkinan tuas dan mekanisme penggeraknyanya bermasalah...ini termasuk masalah ringan
- matahari dan koplingnya aus...tapi kalo ini, biasanya bermasalah di semua gigi
- fork-nya juga bermasalah...
nah....ini worst scenario-nya
- sinkromesh-nya (syncromesh) kena... gejala lain kalo syncromesh-nya kena, kalau oper gigi dan posisinya ga masuk "sempurna", bisa bikin gigi lompat sendiri ke netral...
- gear/mata di gigi yg bersangkutan (di kasus ini gigi mundur) sudah aus/ompong..
kalau syncromesh-nya kena, barangnya sih (relatif) murah....tapi.... kalau mau pasang itu musti turunin dan bongkar transmisi, jadi, harganya bisa imbang dengan ongkos kerjanya
tips supaya awet:
- ganti teratur oli transmisi (santi saya tiap 2x ganti oli mesin, jadi sekitar 10.000 km sekali ganti oli transmisi)
- pakai oli bermutu, dan yg jelas, speknya cocok (terutama visko-nya)
- saat oper gigi, lepaskan pedal gas dan injak penuh sampe mentok pedal koplingnya...lepas perlahan lahan tapi jangan ditahan..
- pastikan operan gigi masuk "penuh"... karakter santi, tuas main persnelingnya jauh, misalkan dibanding kijang... jadi kalo biasa nyetir kijang, pertama bakal agak kagok dgn jarak main tuas gigi santi
- saat oper maju ke mundur atau sebaliknya, pastikan mobil berhenti dulu 1-3 detik, dan pastikan tuas mampir di posisi netral selama 1 detikan (posisi kopling diinjak)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Gundala08 wrote: BTW Bro sekalian. semenjak kemarin saya susah banget masukin porsneling ke gigi mundur. tadi pagi malah hampir gak bisa. sarannya donk klo ada kawan-kawan yang pernah mengalami hal yang samabelum bisa dipastiin kampas kompling ya bro?. klo gigi majunya sih aman bro, belum ada gejala slip. hanya gigi mundurnya aja yang susah di masukin dan tuas porsnelingnya musti di sentak dulu baru mau masuk.inoz wrote:bro gundala
masalah itu kayaknya sdh aus kampas koplingnya, jadi gak mau masuk persneling mundurnya, ane pernah di kijang begitu... klo
emang dolo sebelum diganti suka gitu slip... kadang klo maju juga gak masuk2...ke gigi berikutnya..Kuruma wrote:Dulu ane juga kayak gitu bro....setelah ganti olie perseneling ... lumayan tuh bagus...dan memang narik tuasnya harus perlahan2, jangan terlalu dipaksa....!!Thank bro Imsus,bro Kuruma & bro Inoz.imsus2c wrote:nanti kalo ke Bengkel, sekalian diperiksakan pak...
tapi...analisa global aja:
- kalau terdengar suara mendengung dan berat oper, oli transmisinya jelek dan mgkn ga cocok viskositasnya, untuk santi, pakai 75/90 atau lihat manual, dulu pernah pake yg 90, giginya susah masuk, dan di gigi tertentu ada suara mendengung...
- kemungkinan tuas dan mekanisme penggeraknyanya bermasalah...ini termasuk masalah ringan
- matahari dan koplingnya aus...tapi kalo ini, biasanya bermasalah di semua gigi
- fork-nya juga bermasalah...
tadi saya lihat invoicenya ternyata oli untuk transmisi menggunakan shell spirax 75-90 sebanyak 2,5L.
masalahnya hanya untuk gigi mundur aja Bro Imsus. untuk gigi lainnya oke.
fork yang mana ya bro?klo posisi giginya lompat ke netral belum terjadi Bro. klo gigi aus/ompong kayaknya ke bengkel ya Bro, apa bisa di ketahui dengan gejala-gejala khusus?imsus2c wrote:nah....ini worst scenario-nya
- sinkromesh-nya (syncromesh) kena... gejala lain kalo syncromesh-nya kena, kalau oper gigi dan posisinya ga masuk "sempurna", bisa bikin gigi lompat sendiri ke netral...
- gear/mata di gigi yg bersangkutan (di kasus ini gigi mundur) sudah aus/ompong..
kalau syncromesh-nya kena, barangnya sih (relatif) murah....tapi.... kalau mau pasang itu musti turunin dan bongkar transmisi, jadi, harganya bisa imbang dengan ongkos kerjanyaimsus2c wrote: tips supaya awet:
- ganti teratur oli transmisi (santi saya tiap 2x ganti oli mesin, jadi sekitar 10.000 km sekali ganti oli transmisi)
- pakai oli bermutu, dan yg jelas, speknya cocok (terutama visko-nya)
- saat oper gigi, lepaskan pedal gas dan injak penuh sampe mentok pedal koplingnya...lepas perlahan lahan tapi jangan ditahan..
- pastikan operan gigi masuk "penuh"... karakter santi, tuas main persnelingnya jauh, misalkan dibanding kijang... jadi kalo biasa nyetir kijang, pertama bakal agak kagok dgn jarak main tuas gigi santi
- saat oper maju ke mundur atau sebaliknya, pastikan mobil berhenti dulu 1-3 detik, dan pastikan tuas mampir di posisi netral selama 1 detikan (posisi kopling diinjak)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah...agak susah ngejelasinnya, lagipula, posisinya ada di dalam transmisi, ga kelihatan...makanya saya bilang itu adalah salah satu kondisi terburuknyaGundala08 wrote: Thank bro Imsus,bro Kuruma & bro Inoz.
tadi saya lihat invoicenya ternyata oli untuk transmisi menggunakan shell spirax 75-90 sebanyak 2,5L.
masalahnya hanya untuk gigi mundur aja Bro Imsus. untuk gigi lainnya oke.
fork yang mana ya bro?
fungsi utama fork/garpu ini adalah "menggeser" posisi slider ke gigi yg akan dipakai, dimana pergerakannya mengikuti pergerakan tuas transmisi, yaa...anggap aja media pemindah posisi gigi mengikuti posisi tuas transmisi
silakan ketik: tranmsission forks atau syncromesh di google
contoh gambar:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
btw...itu visko olinya sudah pas...
salah satu penyebab sinkromesh dan garpu/fork ini aus (rusak);
- sering masukkin gigi-nya ga sempurna
- saat gigi masuk (engaged) alias lagi jalan, secara tidak sadar kita sering menyandarkan tangan (tangan kiri) kita ke tuas transmisi...biasanya kalo lagi nyetir santai/cruising, atau lagi ngebut salip-salip, dimana tangan kanan pegang setir, tangan kirinya sudah "stand by" pegang tuas transmisi... ini kebiasaan yg bisa bikin transmisi manual bermasalah...
saya barusan cari-cari postingan lama di SM ini, ada sedikit kasus yang mirip, silakan dibaca-baca pak, bisa buat nambah referensi
ini link-nya: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =4&t=11342
salah satu penyebab sinkromesh dan garpu/fork ini aus (rusak);
- sering masukkin gigi-nya ga sempurna
- saat gigi masuk (engaged) alias lagi jalan, secara tidak sadar kita sering menyandarkan tangan (tangan kiri) kita ke tuas transmisi...biasanya kalo lagi nyetir santai/cruising, atau lagi ngebut salip-salip, dimana tangan kanan pegang setir, tangan kirinya sudah "stand by" pegang tuas transmisi... ini kebiasaan yg bisa bikin transmisi manual bermasalah...
saya barusan cari-cari postingan lama di SM ini, ada sedikit kasus yang mirip, silakan dibaca-baca pak, bisa buat nambah referensi
ini link-nya: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =4&t=11342
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Thank bro Imsus,bro Kuruma & bro Inoz.
tadi saya lihat invoicenya ternyata oli untuk transmisi menggunakan shell spirax 75-90 sebanyak 2,5L.
masalahnya hanya untuk gigi mundur aja Bro Imsus. untuk gigi lainnya oke.
fork yang mana ya bro?
WAH kalo santi ane kemaren ganti oli transmisi di beres, jd pake oie hyundai yg 65W-85 GL4 kira2 3 literan, cost rp 168k
saya barusan cari-cari postingan lama di SM ini, ada sedikit kasus yang mirip, silakan dibaca-baca pak, bisa buat nambah referensi
ini link-nya: viewtopic.php?f=4&t=11342
Thanks Bro Imsus untuk gambar dan crosslinknya...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Mon Apr 12, 2010 10:55
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
bro Imsus gak ada duanya..Kuruma wrote:Thank bro Imsus,bro Kuruma & bro Inoz.
tadi saya lihat invoicenya ternyata oli untuk transmisi menggunakan shell spirax 75-90 sebanyak 2,5L.
masalahnya hanya untuk gigi mundur aja Bro Imsus. untuk gigi lainnya oke.
fork yang mana ya bro?
WAH kalo santi ane kemaren ganti oli transmisi di beres, jd pake oie hyundai yg 65W-85 GL4 kira2 3 literan, cost rp 168k
saya barusan cari-cari postingan lama di SM ini, ada sedikit kasus yang mirip, silakan dibaca-baca pak, bisa buat nambah referensi
ini link-nya: viewtopic.php?f=4&t=11342
Thanks Bro Imsus untuk gambar dan crosslinknya...
bro Kuruma. jangan-jangan karena saya pake yang 75-90 ya? soalnya yang sebelumnya saya gak tau pake yang mana jadi saya minta saran dari teknisi di Sh..&Dr...
untuk yang MAF klo yang ini pendapat rekan-rekan gimana http://cgi.ebay.com/ebaymotors/ws/eBayI ... TORS:1123
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
pake 75w-90 saya rasa masih OK... saya sendiri pakai itu, Mobil1 75w-90Gundala08 wrote: bro Kuruma. jangan-jangan karena saya pake yang 75-90 ya? soalnya yang sebelumnya saya gak tau pake yang mana jadi saya minta saran dari teknisi di Sh..&Dr...
atau silakan cross check ke manual book-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
yg ini juga masih OK... toh dari 65w-85 ke 70w-90 beda visko-nya tipiiisssss...Kuruma wrote:WAH kalo santi ane kemaren ganti oli transmisi di beres, jd pake oie hyundai yg 65W-85 GL4 kira2 3 literan, cost rp 168k
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah MAF nya bisa dibuka yaa sarang tawonnya... ane sih masih ori dan belum pernah buka2 sebab tuk sementara masih gak ada masalah
klo oli persneling ana pake dan ganti di beres spt punya bro kuruma..
oli mesin ane juga pake yg dari beres... lupa lagi tiper ada,
ane bandingin ama pake cstrol magnetg yg ini kurang bagus suara masin masih agak kasar
ana pake cstrol magneteg lebih halus suara mesinya...
bro kuruma
klo di toko langganan bisa pilih yaaa part yg mo dibeli, pake asli hyundai or mobis, apa kliatan bedanya di kotaknya
jangan2 ane bayar ori tapi dikasih mobis bilang ada potongan... sebab pernah ane tanya klo harga sesuai rpice list hyundai dan dikorting 10% langsung, trus toko dpt untung dari mana aku tanya gak dijawab...
klo oli persneling ana pake dan ganti di beres spt punya bro kuruma..
oli mesin ane juga pake yg dari beres... lupa lagi tiper ada,
ane bandingin ama pake cstrol magnetg yg ini kurang bagus suara masin masih agak kasar
ana pake cstrol magneteg lebih halus suara mesinya...
bro kuruma
klo di toko langganan bisa pilih yaaa part yg mo dibeli, pake asli hyundai or mobis, apa kliatan bedanya di kotaknya
jangan2 ane bayar ori tapi dikasih mobis bilang ada potongan... sebab pernah ane tanya klo harga sesuai rpice list hyundai dan dikorting 10% langsung, trus toko dpt untung dari mana aku tanya gak dijawab...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
saya juga sudah lama pake Castrol Magnatec 10w-40 kok kalo gear-nya pake mobil1 75w-90inoz wrote:wah MAF nya bisa dibuka yaa sarang tawonnya... ane sih masih ori dan belum pernah buka2 sebab tuk sementara masih gak ada masalah
klo oli persneling ana pake dan ganti di beres spt punya bro kuruma..
oli mesin ane juga pake yg dari beres... lupa lagi tiper ada,
ane bandingin ama pake cstrol magnetg yg ini kurang bagus suara masin masih agak kasar
ana pake cstrol magneteg lebih halus suara mesinya...
dulu....BeRes Hyundai kalo gasalah pake Repsol Multivalvulas 10w-40, ini juga oli bagus dan selevel dgn castrol magnatec
berhubung ga pernah apel lagi ke BeRes, saya jadi ga tau skrg dikasi oli apa buat mesin...tapi dengar2 sih dikasi Idemitsu... cmiiw
untuk oli mesin, cari yg visko-nya mirip2 dengan 10w-40... misalnya 15w-40...
tidak dianjurkan lebih kental atau terlalu encer...
kalau terlalu kental, bisa mengganggu kinerja katup HLA-nya, secara mesin santi memakai katup HLA
kalau terlalu encer, dikarenakan teknologi dan usia mesinnya, takutnya clearance-nya sudah agak longgar...jadi pelumasan kurang sempurna dan resiko oli masuk ke ruang bakar
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
kalo ga salah... ada stempel mobis di part-nya atau pake sticker hologram mobisinoz wrote: bro kuruma
klo di toko langganan bisa pilih yaaa part yg mo dibeli, pake asli hyundai or mobis, apa kliatan bedanya di kotaknya
jangan2 ane bayar ori tapi dikasih mobis bilang ada potongan... sebab pernah ane tanya klo harga sesuai rpice list hyundai dan dikorting 10% langsung, trus toko dpt untung dari mana aku tanya gak dijawab...
waktu saya ganti engine mounting, ada sticker hologramnya yg tulisannya mobis, tapi dari kotaknya dan tulisannya sih tetap Hyundai Genuine Parts
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
bro kuruma
klo di toko langganan bisa pilih yaaa part yg mo dibeli, pake asli hyundai or mobis, apa kliatan bedanya di kotaknya
jangan2 ane bayar ori tapi dikasih mobis bilang ada potongan... sebab pernah ane tanya klo harga sesuai rpice list hyundai dan dikorting 10% langsung, trus toko dpt untung dari mana aku tanya gak dijawab...
Bener kang Inoz, ada bedanya di kotak ada hologram mobisnya...rata2 mereka kasih harga tinggi diawal dan setelah itu dpt discont 10-30%, ga tau deh apa memang mereka sepakat seperti itu....AFAIK, kalo kita minta mobis biasanya mereka mereka kasih referensi yg biasa supply mobis.....ria jaya dan SKI ngak nyediain mobis adanya cuma genuine....!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah MAF nya bisa dibuka yaa sarang tawonnya... ane sih masih ori dan belum pernah buka2 sebab tuk sementara masih gak ada masalah
Bisa Kang, tapi dari arah dalem ...disayat perlahan pake cutter dan harus hati2....terus pin socket ane semprot sama contact cleaner....ada perubahan yg signifikan tuh...setelah ane lepas setia tekan gas kok langsung narik gitu ya...sehingga terasa ada tenaga awal yg lumayan besar....jadi kaki kanan harus adaptasi lagi neh, hal seperti ini pernah ane alami sama seperti ketika ane abis cleaning injector 2th lalu kalo ga salah.....!!!
Wah lumayan murah tuh, bisa dicoba bro Gun....kalau berhasil bisa order juga ane kesana....kalo dirupiahkan kira2 rp 650k....pan lumayan tuh, cost savingnya....untuk yang MAF klo yang ini pendapat rekan-rekan gimana http://cgi.ebay.com/ebaymotors/ws/eBayI ... TORS:1123
saya juga sudah lama pake Castrol Magnatec 10w-40 kok kalo gear-nya pake mobil1 75w-90
dulu....BeRes Hyundai kalo gasalah pake Repsol Multivalvulas 10w-40, ini juga oli bagus dan selevel dgn castrol magnatec
berhubung ga pernah apel lagi ke BeRes, saya jadi ga tau skrg dikasi oli apa buat mesin...tapi dengar2 sih dikasi Idemitsu
Bener Bro Imsus...sampe sekarang ane masih pake olie repsol 10w-40, dan ane gantinya di S&D seperti bro Gun. kalo ganti olie di Beres sekarang olie mesin pake HGO ( Hyundai Genuine Oil )...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
nah itu dia... konon katanya, HGO ini dibikin sama Idemitsu...tapi entah deh saya belum tau pastinyaKuruma wrote: Bener Bro Imsus...sampe sekarang ane masih pake olie repsol 10w-40, dan ane gantinya di S&D seperti bro Gun. kalo ganti olie di Beres sekarang olie mesin pake HGO ( Hyundai Genuine Oil )...
sekarang sih rasanya masih tetep cocok pake Castrol Magnatec aja
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
betul tuh ane ganti di beres sebab skalian ganti oli filternya, sb gak tahu hrs diganti pake punya mbl apa, makanya ke beres
betul oli nya pake HGO, tapi agak kesel juga sebab bukan dari kotak yg 4 literan tapi seperti oli curah gitu diambil dari drum trus dimasukin ke mbotol 4 literan, agak aneh aku pikir, makanya mo ganti lagi ntar pake castrol magnetec lah, spt ebelumnya, dimana suara mesin halus.
demikian pula oli persneling ane ganti di beres sebab di S&D waktu itu gak tahu gimana cara ngetapnya...
yg bener ganti oli persneling itu setiap 10.000 km yaa... aku seh ganti tiap 15 rb skalian ganti filter olinya...
betul oli nya pake HGO, tapi agak kesel juga sebab bukan dari kotak yg 4 literan tapi seperti oli curah gitu diambil dari drum trus dimasukin ke mbotol 4 literan, agak aneh aku pikir, makanya mo ganti lagi ntar pake castrol magnetec lah, spt ebelumnya, dimana suara mesin halus.
demikian pula oli persneling ane ganti di beres sebab di S&D waktu itu gak tahu gimana cara ngetapnya...
yg bener ganti oli persneling itu setiap 10.000 km yaa... aku seh ganti tiap 15 rb skalian ganti filter olinya...