HASIL TEST ALAT2 HEMAT BBM
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 07, 2005 4:26
- Location: Jakarta
HASIL TEST ALAT2 HEMAT BBM
Hari ini baca M+, ada hasil komparasi alat2 test BBM.
Kira2 hasil report nya seperti dibawah, dengan menggunakan Shogun 125SP, gress.
KONDISI DIAM, GAS @5000rpm.
Merk % Hemat
Tanpa alat 0%
EFT 10.7%
O-Ring 14.1%
Magic Jet 26.5%
Fitch 35.5%
KONDISI JALAN, BENSIN 200cc.
Merk % Hemat
Tanpa alat 0%
EFT 17.8%
O-Ring 20.7%
Magic Jet 36.6%
Fitch 49.5%
Fitch + Magic Jet 28.7%
Agak sedikit mengherankan buat saya yg awam,... kenapa dengan mengkombinasikan 2 alat penghemat BBM yg paling baik diantara yg lain, malah menghasilkan performa yg lebih jelek dibandingkan dengan menggunakan 1 alat saja. Any comments?
Saya juga jadi tertarik dengan "Fitch" (sekarang bernama SPECTA F5T-1), yg menurut M+ adalah berupa tablet. Ada yg pernah pakai ? Bagaimana dengan tingkat keberhasilannya?
Kira2 bisa ngga ya dipakai di mobil...?
Thanks for the share..
Kira2 hasil report nya seperti dibawah, dengan menggunakan Shogun 125SP, gress.
KONDISI DIAM, GAS @5000rpm.
Merk % Hemat
Tanpa alat 0%
EFT 10.7%
O-Ring 14.1%
Magic Jet 26.5%
Fitch 35.5%
KONDISI JALAN, BENSIN 200cc.
Merk % Hemat
Tanpa alat 0%
EFT 17.8%
O-Ring 20.7%
Magic Jet 36.6%
Fitch 49.5%
Fitch + Magic Jet 28.7%
Agak sedikit mengherankan buat saya yg awam,... kenapa dengan mengkombinasikan 2 alat penghemat BBM yg paling baik diantara yg lain, malah menghasilkan performa yg lebih jelek dibandingkan dengan menggunakan 1 alat saja. Any comments?
Saya juga jadi tertarik dengan "Fitch" (sekarang bernama SPECTA F5T-1), yg menurut M+ adalah berupa tablet. Ada yg pernah pakai ? Bagaimana dengan tingkat keberhasilannya?
Kira2 bisa ngga ya dipakai di mobil...?
Thanks for the share..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 07, 2005 4:26
- Location: Jakarta
seberapa mahal kah bung timtimnugroho? kalo bisa hemat 49% kan lumayan.
Misal tangki jarak tempuh normal 1:40km, peningkatan ambil rata2 40% aja = 16km. Kondisi upgrade => 1:56km.
Jika asumsi kapasitas tanki = 10ltr, maka dalam 1 kali pengisian tanpa alat hanya akan didapat 400km. Jika dengan alat = 560km. Dari hasil itu ada selisih 160km atau kurang lebih 4 liter atau Rp 18.000. Yg jadi pertanyaan adalah,.. berapakah harga/butir pil tsb? Jika harganya 15.000 ya pasti ngga worth to use,.... tapi kalo hanya 5.000?
Apalagi jika pemakaiannya pada mobil, mungkin lebih banyak BBM yg dapat dihemat... CMIIW..
Misal tangki jarak tempuh normal 1:40km, peningkatan ambil rata2 40% aja = 16km. Kondisi upgrade => 1:56km.
Jika asumsi kapasitas tanki = 10ltr, maka dalam 1 kali pengisian tanpa alat hanya akan didapat 400km. Jika dengan alat = 560km. Dari hasil itu ada selisih 160km atau kurang lebih 4 liter atau Rp 18.000. Yg jadi pertanyaan adalah,.. berapakah harga/butir pil tsb? Jika harganya 15.000 ya pasti ngga worth to use,.... tapi kalo hanya 5.000?
Apalagi jika pemakaiannya pada mobil, mungkin lebih banyak BBM yg dapat dihemat... CMIIW..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Sun Aug 14, 2005 14:07
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16
iya, gua juga tertarik banget sama fitch! katanya seh harganya 250rb an dan jangka waktu pemakaiannya (katanya)bisa sampe 400rb km! makanya, jadi tertarik dan katanya rata - rata bisa hemat sampe 30%an! gua sendiri seh blum coba! gatau juga mo bli dimana! ada yang tau bisa beli dimana? keknya fitch ampe sekarang yang paling hemat!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
gue dah pake magic [cencored]...enak kok, mesin langsung langsam begitu dinyalain, enggak perlu nunggu panas, tarikan enak...hemat emang
tapiii/.....setelah pemakaian 2 minggu.....jadi assshoolee...mesin susah langsam...tarikan berkurang...meski masih irit
fitch gimana nih sama broquet bagus mana????!!!!
tapiii/.....setelah pemakaian 2 minggu.....jadi assshoolee...mesin susah langsam...tarikan berkurang...meski masih irit
fitch gimana nih sama broquet bagus mana????!!!!
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Fri Oct 07, 2005 4:26
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
jihad koplo wrote:gue dah pake magic [cencored]...enak kok, mesin langsung langsam begitu dinyalain, enggak perlu nunggu panas, tarikan enak...hemat emang
tapiii/.....setelah pemakaian 2 minggu.....jadi assshoolee...mesin susah langsam...tarikan berkurang...meski masih irit
fitch gimana nih sama broquet bagus mana????!!!!
Coba di-setting ulang aja bro mesinnya, kali2 aja ada yg salah.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
Iye, I know bro.timtimnugroho wrote:Magic jet khan ditaruh di filter tom.... untuk menyaring udara agar bersih.... iya klo' filternya masih standar nah klo' yg udah dicopot ato diganti yg murahan gimana? hehehehe
Kalo motor gw sih masih ada box filternya, kagak boleh dilepas ama mekanik gw, katanya ntar mesin bisa cepat rusak.
Cuman lubang masuk udara ke filter digedein lagi.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
- Location: Jakarta
fitch = spekta
bisa di beli di shop & drive kelapa gading (250rb)
gw pengen pake tapi masih ragu nih....
abis ditestnya RPM idle... gimana kalo keadaan jalan macet yg sering buka tutup gas?
pendapat gw sih... memang sih ada efeknya tapi gak terlalu banyak... bisa irit 49.5% itu kan klaim mereka sendiri untuk menarik konsumen, gimana sama konsumen yg dah pake? perkiraan gw paling bisa irit antara 15-20% aja
bisa di beli di shop & drive kelapa gading (250rb)
gw pengen pake tapi masih ragu nih....
abis ditestnya RPM idle... gimana kalo keadaan jalan macet yg sering buka tutup gas?
pendapat gw sih... memang sih ada efeknya tapi gak terlalu banyak... bisa irit 49.5% itu kan klaim mereka sendiri untuk menarik konsumen, gimana sama konsumen yg dah pake? perkiraan gw paling bisa irit antara 15-20% aja
A/T vehicle.....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
ada lagi nih menghemat dng ganti cdi racing
http://motorplus-online.com/articles.asp?id=7317
http://motorplus-online.com/articles.asp?id=7317
Terbukti dari tes Yamaha Jupiter-Z yang CDI-nya standarnya dilengkapi limiter. Sebagai pembanding, dicomot tiga CDI berbeda. Standar bawaan Jupiter-Z, dari dalam negeri dipilih buatan BRT dan dari luar negeri merek Shindengen dari Thailand tipe C 1742 0.7 131.1 RACE.
..snip..
CDI Standar Jupiter-Z
Dilakukan pada sesi pertama dan mesin dipanaskan lebih dulu. Premium dalam tabung infus yang ditakar 100 cc terisap mesin dalam waktu 7 menit 7,23 detik.
CDI Shindengen Thailand
Pakai CDI impor dari Thailand. Hasilnya mesin dapat hidup selama 8 menit 17,90 detik. Efisiensi Premium yang didapat sebesar 15,55 persen.
CDI BRT Cibinong
Coba dipasang CDI racing bikinan lokal. Buatan BRT atau CDI Cibinong. Mesin dapat hidup selama 9 menit 13,80 detik. Persentasenya dapat mengirit Premium sampai 29,14 persen.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
sejauh yg gw paham, limiter ini hanya prolonging engine lifetime.nichol wrote:ngomong2, apa sih efek negatif pake cdi racing?
Jadi dng limiter, kalau mencapai rpm tinggi, mbrebet, rider pasti pindah gear, otomatis rpm turun lagi dong.
Rpm yang rendah2 bisa ngawetin mesin, tapi ya itu tadi mbrebet jadi bensin gak efisien. Pendapat gw sih ini cari mengawetkan mesin dng memboroskan bensin, hehe.
Di artikel itu bilang:
bisa lebih irit lantaran timing pengapian disesuaikan dengan permintaan mesin dan kondisi bahan bakar. Pakai Premium bisa lebih hemat sebab waktu pengapian diset untuk oktan rendah.
Jadi:
- masa pakai mesin lebih tepat umurnya (gak ditunda2 gak jelas)
- belanja bensin lebih irit
- tenaga lebih ok
Negatifnya ya point ke satu itu, tapi ya tergantung orangnya,
menurut pendapat gw bukan negatif,
dan 2 poin terakhir jelas positif
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Sun Aug 14, 2005 14:07
ini mah efek samping kali...yoyoyo wrote:
bisa lebih irit lantaran timing pengapian disesuaikan dengan permintaan mesin dan kondisi bahan bakar. Pakai Premium bisa lebih hemat sebab waktu pengapian diset untuk oktan rendah.
sebenernye CDI racing kan buat mesin kompresi tinggi.
dengan bensin kualitas seadanya nih CDI malah membantu mnghilangkan detonasi. jadinya irit dah.
2 kali irit karena detonasi ilang dan gak brebet juga biasanya pake pertmax bisa pake premium....
power is nothing without control
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
eyalah, koq efek samping?pbof wrote:ini mah efek samping kali...yoyoyo wrote:
bisa lebih irit lantaran timing pengapian disesuaikan dengan permintaan mesin dan kondisi bahan bakar. Pakai Premium bisa lebih hemat sebab waktu pengapian diset untuk oktan rendah.
sebenernye CDI racing kan buat mesin kompresi tinggi.
dengan bensin kualitas seadanya nih CDI malah membantu mnghilangkan detonasi. jadinya irit dah.
2 kali irit karena detonasi ilang dan gak brebet juga biasanya pake pertmax bisa pake premium....
Gini, yg ditest mplus (lihat reply gw yg sblm2nya) itu adalah Jupiter-Z.
Menurut spek, dia kompresinya 9.3:1.
(Blm masuk tinggi dong aww)
Lalu, cdi cibinong ini timingnya disesuaikan dng spek premium lokal.
Kesimpulan dari test itu kombinasi premium+cdi tepat bisa menghasilkan tenaga optimum dan efisiensi konsumsi bbm.