Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Hallo, salam kenal nih para bos, kebeneran saya punya mitsubishi eterna '90, dulunya juga kaya begitu & bengkel juga bilang bahwa ECU nya bermasalah, eh ternyata ketika saya cek sendiri pake multitester (lihat di IDMOC), ternyata permasalahannya cuma di AFS & Servo.
Multitesternya beli dimana bung Sundiharja ?
gua juga pake eterna DOHC '91, engak ada masalah apa apa ama ECU, mungkin kalo kita rawat dengan baik engak bakal ada apa apa. lagian kan mitsubishi kan bukan merk asal asalan, jadi engak mungkin donk ecunya di bikin ringkih...
Dulu sih emang banyak yang bermasalah, karena konsumen belum ngerti soal perawatannya.
Kelebihannya :
+ Performa dan akselerasinya top banget
+ Sudut pandang pengemudi nyaman (kedua ujung kepalanya kelihatan, mudah mengambil patokan)
+ Interiornya lapang dan posisi duduk nyaman (jarak jok depan dan balakang jauh)
+ Handling mantap (per dan shock diganti dulu)
+ Body kuat
Kekurangannya :
+ Spare part rada mahal
+ Udah berumur jadi kemungkinan kaki2nya rusak (siapkan dana lebih untuk mengganti komponen kaki)
+ Side skirt rata2 udah tidak mulus lagi
kok bensin boros gak disebut bung digigit? kan dibanding sekelasnya, Accord Maestro lebih boros Eterna???
Bensinnya emang boros, sekitar 1:7-8. Kalo bawanya nyantai lumayanlah, cukup irit.
Accord Maestro and Eterna hampir sama koq Mr.WP. Accord Maestro di club mobil gw ada yang karbu sama injection juga mirip2. Yg inject malah kata temen gw lebih boros lagi, ga tau napa.
Tapi dulu saya sempat suka yg limited edition tahun 1994 itu loh, yg cuma 50 unit di Indo..
Nah itu dia yg gw ga tau dan gw mau tau, Mr Digi kan ahli Mitsubishi, mungkin aja tau....
Yg gw tau tuh Eterna cuma diproduksi KTB sebanyak 50 unit aja, dulu saya pernah liat fotonya beberapa taun lalu
di majalah, agak2 lupa sih, tapi kayanya Eterna yg modfel terakhir, yg lampu belakangnya memanjang gitu, bukan yg bertumpuk kaya model '88-'92.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
kalo ga salah yang le mans itu awd deh, ditambah rasio kompresi yang lebih besar karena perbedaan design crankshaft dan piston.......trus ada strutbar yang melintang di ruang mesin
ween wrote:kalo ga salah yang le mans itu awd deh, ditambah rasio kompresi yang lebih besar karena perbedaan design crankshaft dan piston.......trus ada strutbar yang melintang di ruang mesin
hmm, AWD? jadi kaya Galant VR4? YG jadi mobil rally Mitsubishi di awal 1990an ya?
Kalo ada pict-nya donk boss ween...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
ween wrote:kalo ga salah yang le mans itu awd deh, ditambah rasio kompresi yang lebih besar karena perbedaan design crankshaft dan piston.......trus ada strutbar yang melintang di ruang mesin
hmm, AWD? jadi kaya Galant VR4? YG jadi mobil rally Mitsubishi di awal 1990an ya?
Kalo ada pict-nya donk boss ween...
Maksudnya mobil rally WRC seperti ini ya. Eterna WRC
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ween wrote:kalo ga salah yang le mans itu awd deh, ditambah rasio kompresi yang lebih besar karena perbedaan design crankshaft dan piston.......trus ada strutbar yang melintang di ruang mesin
hmm, AWD? jadi kaya Galant VR4? YG jadi mobil rally Mitsubishi di awal 1990an ya?
Kalo ada pict-nya donk boss ween...
hmmm, pict nya saya ga punya....saya pernah punya artikel cetaknya, tapi musti g cari dulu....lupa simpen dimana....seinget saya, ga ada turbo deh...
Kalo pict di atas itu namanya Galant VR4 boss, di luar, nama Eterna cuma dipakai di Jepang, yg saloon namanya tetap Galant, di Jepang nama Eterna dipakai di model liftback Galant...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
Oh berarti dulu Eterna yang masuk tanah air masih CBU dari Jepang ya ? Dan yang di WRC itu namanya Galant VR4. Wah kenapa ya namanya diganti2, sempet bingung dulu. Gw pikir Eterna itu Eternal/Eternity yang istilahnya abadi, jadi the first and the last. Eh taunya masih one family dgn Galant baru. hehe
Bukan, boss... Eterna dulu udah dirakit di sini, cuma di luar juga ada tapi namanya Galant, ada yg VR4 yg AWD juga....
Kenapa namanya diganti??
Well, ada sejarahnya..
Nama itu dipakai karena image Galant saat itu masih belum baik, nama Eterna dipakai Mitsubishi lewat KTB sejak 1984, diharapkan dengan nama baru maka penjualannya akan terangkat. Nyatanya, nama Eterna hanya bertahan selama 2 generasi, dari model
1984-1988 dan 1988-1993 sebelum akhirnya kembali menjadi Galant.
FYI, di Jepang, ada juga kembaran Galant "hiu" yg AWD, Aspire, tetapi walau sama2 AWD dengan Galant VR4, mesinnya lebih kecil, yaitu 4G63 2.0L 145hp, persis Eterna GTI di sini, sedang VR4 2.5L turbo 276hp.
Hmm, boss Digi sangat mengidolakan Eterna ya? sebenernya gw juga.
Segitu kira2 yg gw tau, kalo boss Digi tau lebih banyak bagi2 ya!!
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
Thanks Mr.WP atas infonya. Gw banyak nambah pengetahuan dari WP.
Yup, gw mengidolakan Eterna karena performanya oke bgt. And pandangannya juga enak untuk driver, jadi di jalan macet masih tetep lincah karena driver bisa ambil patokan.