Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

naldo wrote: Gw cuma masih kepikiran pke power plug apa kagak. Abisnya menurut gw tarikkan dibawah 2000rpm masih suka ngelag banget, kurang sip. Sisanya dah ok lah buat perkotaan cukup. Mungkin tunggu double twin pipe exhaust dulu lah.

Filter K&N sudah pasang, tinggal pasang klakson stebel magnum.
bro naldo, aman tidaknya pasang powerplug itu semuanya bergantung dari driving style kita. Kalo driving style om naldo halus / tidak kasar maka pemakaian powerplug aman2 saja, konteks "kasar" di sini contohnya sering geber mesin sampe redline dsb.
Saya sendiri sudah pake powerplug tapi saya bukan tipe speedlover, saya pasang cuma supaya bawa mobilnya jadi enak :upss:

Mengenai kasus oil cooler jebol jika dipanteng di 180 km/h tersebut, perlu diketahui bahwa spesifikasi top speed mobil ini yg tertulis di buku manual adalah 167 km/h untuk PS 2.5 A/T Exceed (2WD & 4WD). Jadi bisa dibayangkan sendiri 180 km/h pasti mesin sudah mendekati atau bahkan menyentuh redline. Semua mobil baik yg bensin Natural Aspirated pun akan "jebol" jika dipanteng di redline terus2an.

Berhubung om naldo sudah ganti downpipe plong dan air filter K&N, maka akan lebih aman jika ingin pasang piggyback.
Mungkin step selanjutnya yg om naldo lakukan adalah :
- Engine oil diesel fully synthetic 5W30
- Pakai "Solar" yg berkualitas
- Mohon suhu diesel menambahkan kalo ada lagi :mrgreen:

Semoga membantu........ :thanks:
Image
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by evolution21 »

pasang power plug itu buka segel di sekitar ecu / tidak?
ntar bermasalah ga dengan garansi?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

nggak om, hanya bypass satu socket. gak ada potong2 kabel, hanya colok2 doank :upss:
Image
naldo

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by naldo »

Hansen wrote:
naldo wrote: Gw cuma masih kepikiran pke power plug apa kagak. Abisnya menurut gw tarikkan dibawah 2000rpm masih suka ngelag banget, kurang sip. Sisanya dah ok lah buat perkotaan cukup. Mungkin tunggu double twin pipe exhaust dulu lah.

Filter K&N sudah pasang, tinggal pasang klakson stebel magnum.
bro naldo, aman tidaknya pasang powerplug itu semuanya bergantung dari driving style kita. Kalo driving style om naldo halus / tidak kasar maka pemakaian powerplug aman2 saja, konteks "kasar" di sini contohnya sering geber mesin sampe redline dsb.
Saya sendiri sudah pake powerplug tapi saya bukan tipe speedlover, saya pasang cuma supaya bawa mobilnya jadi enak :upss:

Mengenai kasus oil cooler jebol jika dipanteng di 180 km/h tersebut, perlu diketahui bahwa spesifikasi top speed mobil ini yg tertulis di buku manual adalah 167 km/h untuk PS 2.5 A/T Exceed (2WD & 4WD). Jadi bisa dibayangkan sendiri 180 km/h pasti mesin sudah mendekati atau bahkan menyentuh redline. Semua mobil baik yg bensin Natural Aspirated pun akan "jebol" jika dipanteng di redline terus2an.

Berhubung om naldo sudah ganti downpipe plong dan air filter K&N, maka akan lebih aman jika ingin pasang piggyback.
Mungkin step selanjutnya yg om naldo lakukan adalah :
- Engine oil diesel fully synthetic 5W30
- Pakai "Solar" yg berkualitas
- Mohon suhu diesel menambahkan kalo ada lagi :mrgreen:

Semoga membantu........ :thanks:
Thanks om Hansen.

Menurut bengkel mitsu suruh tetep pke 40W karena mesinnya kan panas(panas banget malah, baru tadi ganti K&N pas pulang).

Untuk ngebut2, jujur ane sih kagak berani om ngebut2 naek ni mobil. Bisa 140-160 aja udah seneng. Ini jip bukan sedan. hehehe.. Cuma skg standar pke ganti downpipe, koko ane sudah 180 di cipul.

Solar sih sudah pke pertadex, minimum shell. Saya ga suka geber2 kalau emang torsinya sudah tersedia dari bawah.

Coba saya konsider dulu. Melihat harga 3.5juta dengan kenaikkan 60NM di 2500RPM. Thanks
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by poeticmind »

jika dirasa cukup, mengapa harus pake power plug ya? sori ini pertanyaan bodoh, tapi bener kan...?
Image
naldo

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by naldo »

Ya sih om. Cuma merasa kurang di bawah 2000RPM.

Untuk barang yang dibawah 2000RPM naek banyak itu adalah barang Thailand merek Powerlab. Lagi coba tanya2.

Di 2000RPM torsi dia(dyno) kurvanya, maen di 285NM

Abis pke barang dia naek jadi 365NM, kenaikan 25% di torsi segitu. Kalau harga cocok mungkin langsung pasang. Bukan for ngebut2 tapi for narik yang lebih. Kalau ga bokap mau ganti ban kecilan, ban PS terlalu tebel jadi juga berat nariknya, tapi ganti ban kan sayang juga(sebiji berapa duit). hehehe

Thanks
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by maskopat »

itu mesin PS dimodif sampe tenaga meloncat lebih dari 30%, apakah masih aman ya? terutama di sisi gearbox...
soalnya yang ane tahu nih, PS di aussie pake DID+, standarnya 170-an PS... gearboxnya pake yang 5 speed AT, bukan 4 speed AT yang ada di indonesia.
dari sini kalo ane tangkep, gearbox yang ada di PS indonesia tidak cukup "kuat" untuk power yang lebih besar daripada 170-an PS...
cmiiw... :ungg:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by poeticmind »

naldo wrote:Ya sih om. Cuma merasa kurang di bawah 2000RPM.

Untuk barang yang dibawah 2000RPM naek banyak itu adalah barang Thailand merek Powerlab. Lagi coba tanya2.

Di 2000RPM torsi dia(dyno) kurvanya, maen di 285NM

Abis pke barang dia naek jadi 365NM, kenaikan 25% di torsi segitu. Kalau harga cocok mungkin langsung pasang. Bukan for ngebut2 tapi for narik yang lebih. Kalau ga bokap mau ganti ban kecilan, ban PS terlalu tebel jadi juga berat nariknya, tapi ganti ban kan sayang juga(sebiji berapa duit). hehehe

Thanks
oh begitu... oke2 dimengerti. :)
buat gue sih standar PS udah cukup, soal dibawah 2000rpm kurang narik ya toh keatasnya tetep bisa ngejar... kalo gue lebih kepikiran utk 'beresin' kaki2nya biar lebih mantep..soalnya masih agak kurang stabil kalo pas belokan di kecepatan tinggi.
Image
naldo

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by naldo »

Nah kaki2 saya juga setuju om.

Saya lagi nungguin barang prototype juga nih. hehehehe... Buat shocknya..
golfpunk
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Aug 19, 2009 6:57

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by golfpunk »

mau mantep dan ilnagin gejala limbung pas nikung atau manuver zig zag di tol??? pasang FUB dan RUB ...udah proven dan saya pasang di ps...top abizzzzz....tolong testimoni yg laen yang udah saya rekomendasikan dan pasang FUBnya
User avatar
powerplug
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Wed May 19, 2010 7:52

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by powerplug »

Rekan-rekan sekalian mohon ijin urun rembuk dalam diskusi ini....

OIL COOLER
Oil cooler adalah semacam 'radiator' yang dilewati oleh oli. Bisa untuk transmisi, bisa untuk mesin. Tenaga mesin yang semakin besar tidak berarti tekanan oli jadi eksesif, karena tenaga mesin efeknya ke suhu oli. Semakin tenaga meningkat, suhu mesin meningkat (ledakan di ruang bakar lebih hebat), dan akibatnya beban kerja cooling system juga lebih besar.

Radiator asli biasanya cukup aman sampai peningkatan tenaga 50%, apalagi untuk pemakaian harian yang jarang full power.

Oil cooler 'ngerembes' bisa DIPASTIKAN bukan akibat peningkatan tenaga. Mungkin bisa ditinjau dari kualitas oil coolernya sendiri atau pemasangan.

Untuk mobil matik diesel maupun bensin yang tenaganya meningkat jauh, misalnya 50% atau lebih, memang wajib memakai oil cooler. Karena, hampir semua mobil matik modern memiliki safety mode yang akan menurunkan tenaga mesin jika suhu oli tranmisi diatas batas yang ditetapkan pabrik mobil tersebut. Dengan menggunakan oil cooler, modifikasi di mesin anda menjadi bisa dinikmati secara penuh. Oli transmisi akan panas jika bebannya berlebih akibat: akselerasi dari 0 kpj (atau kecepatan sangat rendah) berulang-ulang, melaju top speed dalam waktu lama, menarik gandengan, atau melaju di tanjakan terjal dalam waktu lama.


RPM <2000
Cara kerja turbocharger adalah perlu flow yang cukup dari gas buang untuk memutar turbin cukup kencang untuk menghasilkan tekanan di sisi intake. Saat ini terjadi dikenal sebagai turbo lag.

Pemakaian piggyback harus 'menunggangi' proses pikir ECU aslinya, jadi saat masih dalam turbo lag, peningkatan yang dihasilkan piggyback juga tidak terlalu besar. Tapi setelah turbo menghasilkan tekanan udara yang cukup, fungsi piggyback semakin terasa. Ini sebabnya di Pajero Sport dan semua mobil diesel lainnya (termasuk misalnya BMW X1 yang mesin dieselnya lebih canggih) turbo lag tetap terasa dibawah 2000 rpm.

Khusus untuk Pajero Sport, karakter transmisi INVECS II 4-speed matiknya yang lebih halus juga memperparah efek turbo lag ini. Kalau transmisinya lebih pintar, seharusnya saat mesin bermain dibawah 2000rpm dan pedal gas diinjak 1/3 atau 1/2 (kalau full throttle akan kickdown) dia turun gigi supaya mobil bisa berakselerasi dengan torsi yang padat.

Dibawah ini ada beberapa cara umum untuk meminimalisir 'turbo lag' dengan tingkat kesulitan dan biaya bervariasi:
1) Ganti turbo yang lebih kecil sehingga dengan hembusan gas buang lebih lambat di rpm rendah kipasnya lebih mudah berputar. Namun ini pasti menurunkan boost maksimum di rpm atas. Untuk mengatasinya, bisa dipasang 2 turbo kecil (twin turbo) meski boost di putaran atas tetap terbatas. Banyak produsen atau modifikator kemudian menambah turbo yang besar untuk tetap mendapatkan tenaga di putaran atas. Jadilah mesin twin turbo sequential. EFEK SANGAT BESAR. BIAYA SANGAT BESAR.
2) Menggunakan turbo yang variable vane. Turbo variable vane atau variable geometry turbo, di putaran rendah ada bilah2 kecil yang berdiri supaya kipas lebih mudah 'ditiup' dan berputar. Saat putaran sudah kencang, bilah ini kemudian mengambil posisi tidur yang lebih aerodinamis sehingga membantu kipas berputar lebih kencang. EFEK BESAR. BIAYA BESAR.
3) Ganti down pipe yang free flow. Jika udara yang mengalir lewat turbo terhambat, maka putaran kipas pun tidak bisa bebas. Jika lebih bebas berputar, berarti dengan hembusan gas buang lambat di rpm rendah kipas turbo lebih mudah berputar. Ini sebabnya downpipe lebih besar dan free flow adalah modifikasi wajib mesin turbo/ turbodiesel. EFEK KECIL. BIAYA KECIL.
4) Memperlambat bukaan wastegate (membuat 'boost spike'). Wastegate ada untuk menjaga supaya boost di turbo tidak berlebihan. Tapi cara kerja wastegate adalah jauh sebelum max boost dicapai, dia sudah mulai terbuka perlahan dan menyebabkan 'kebocoran' boost. Wastegate akan terus membuka sampai maksimalnya. Misalnya wastegate untuk max boost 1 bar, biasanya akan mulai terbuka pada 'crack pressure' 0.6 - 0.7 bar dan pada saat boost 1 bar dia terbuka penuh. Jika wastegate bisa dimodifikasi supaya tertutup lebih lama, boost turbo di rpm bawah juga akan lebih tinggi. Ini prinsip kerja dari pemasangan ring wastegate dan selang aftermarket. EFEK KECIL. BIAYA SANGAT KECIL.
5) Boost spike juga bisa didapat dengan penggunaan Electronic Boost Controller. EFEK KECIL (terhadap turbo lag). BIAYA SEDANG.
6) Mengambil intake udara dari sumber yang dingin. Udara yang dingin mengandung molekul oksigen lebih banyak dari udara panas meski volumenya sama. Pembakaran membutuhkan oksigen. Ini sebabnya jika udara luar dingin (misalnya malam hari) mobil kita terasa lebih bertenaga. Sayangnya lay out intake Pajero Sport dirancang lebih untuk siap banjir (tinggi posisinya) dibanding menghasilkan power. EFEK SEDANG. BIAYA SEDANG (tapi untuk Pajero Sport butuh bobok bodi).
7) Electronic Throttle Controller. Meski tidak meningkatkan tenaga atau menghilangkan turbo lag, ETC bisa 'menipu' ECU dan membuat transmisi menjadi lebih responsif untuk downshift sehingga mesin hampir selalu berada di kurva torsi yang padat saat diminta berakselerasi. EFEK SEDANG. BIAYA KECIL.


Salam,
POWERPLUG
Your POWERPLUG Crew
jasken
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Jan 03, 2011 23:46

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by jasken »

powerplug wrote:Rekan-rekan sekalian mohon ijin urun rembuk dalam diskusi ini....

OIL COOLER
Oil cooler adalah semacam 'radiator' yang dilewati oleh oli. Bisa untuk transmisi, bisa untuk mesin. Tenaga mesin yang semakin besar tidak berarti tekanan oli jadi eksesif, karena tenaga mesin efeknya ke suhu oli. Semakin tenaga meningkat, suhu mesin meningkat (ledakan di ruang bakar lebih hebat), dan akibatnya beban kerja cooling system juga lebih besar.

Radiator asli biasanya cukup aman sampai peningkatan tenaga 50%, apalagi untuk pemakaian harian yang jarang full power.

Oil cooler 'ngerembes' bisa DIPASTIKAN bukan akibat peningkatan tenaga. Mungkin bisa ditinjau dari kualitas oil coolernya sendiri atau pemasangan.

Untuk mobil matik diesel maupun bensin yang tenaganya meningkat jauh, misalnya 50% atau lebih, memang wajib memakai oil cooler. Karena, hampir semua mobil matik modern memiliki safety mode yang akan menurunkan tenaga mesin jika suhu oli tranmisi diatas batas yang ditetapkan pabrik mobil tersebut. Dengan menggunakan oil cooler, modifikasi di mesin anda menjadi bisa dinikmati secara penuh. Oli transmisi akan panas jika bebannya berlebih akibat: akselerasi dari 0 kpj (atau kecepatan sangat rendah) berulang-ulang, melaju top speed dalam waktu lama, menarik gandengan, atau melaju di tanjakan terjal dalam waktu lama.


RPM <2000
Cara kerja turbocharger adalah perlu flow yang cukup dari gas buang untuk memutar turbin cukup kencang untuk menghasilkan tekanan di sisi intake. Saat ini terjadi dikenal sebagai turbo lag.

Pemakaian piggyback harus 'menunggangi' proses pikir ECU aslinya, jadi saat masih dalam turbo lag, peningkatan yang dihasilkan piggyback juga tidak terlalu besar. Tapi setelah turbo menghasilkan tekanan udara yang cukup, fungsi piggyback semakin terasa. Ini sebabnya di Pajero Sport dan semua mobil diesel lainnya (termasuk misalnya BMW X1 yang mesin dieselnya lebih canggih) turbo lag tetap terasa dibawah 2000 rpm.

Khusus untuk Pajero Sport, karakter transmisi INVECS II 4-speed matiknya yang lebih halus juga memperparah efek turbo lag ini. Kalau transmisinya lebih pintar, seharusnya saat mesin bermain dibawah 2000rpm dan pedal gas diinjak 1/3 atau 1/2 (kalau full throttle akan kickdown) dia turun gigi supaya mobil bisa berakselerasi dengan torsi yang padat.

Dibawah ini ada beberapa cara umum untuk meminimalisir 'turbo lag' dengan tingkat kesulitan dan biaya bervariasi:
1) Ganti turbo yang lebih kecil sehingga dengan hembusan gas buang lebih lambat di rpm rendah kipasnya lebih mudah berputar. Namun ini pasti menurunkan boost maksimum di rpm atas. Untuk mengatasinya, bisa dipasang 2 turbo kecil (twin turbo) meski boost di putaran atas tetap terbatas. Banyak produsen atau modifikator kemudian menambah turbo yang besar untuk tetap mendapatkan tenaga di putaran atas. Jadilah mesin twin turbo sequential. EFEK SANGAT BESAR. BIAYA SANGAT BESAR.
2) Menggunakan turbo yang variable vane. Turbo variable vane atau variable geometry turbo, di putaran rendah ada bilah2 kecil yang berdiri supaya kipas lebih mudah 'ditiup' dan berputar. Saat putaran sudah kencang, bilah ini kemudian mengambil posisi tidur yang lebih aerodinamis sehingga membantu kipas berputar lebih kencang. EFEK BESAR. BIAYA BESAR.
3) Ganti down pipe yang free flow. Jika udara yang mengalir lewat turbo terhambat, maka putaran kipas pun tidak bisa bebas. Jika lebih bebas berputar, berarti dengan hembusan gas buang lambat di rpm rendah kipas turbo lebih mudah berputar. Ini sebabnya downpipe lebih besar dan free flow adalah modifikasi wajib mesin turbo/ turbodiesel. EFEK KECIL. BIAYA KECIL.
4) Memperlambat bukaan wastegate (membuat 'boost spike'). Wastegate ada untuk menjaga supaya boost di turbo tidak berlebihan. Tapi cara kerja wastegate adalah jauh sebelum max boost dicapai, dia sudah mulai terbuka perlahan dan menyebabkan 'kebocoran' boost. Wastegate akan terus membuka sampai maksimalnya. Misalnya wastegate untuk max boost 1 bar, biasanya akan mulai terbuka pada 'crack pressure' 0.6 - 0.7 bar dan pada saat boost 1 bar dia terbuka penuh. Jika wastegate bisa dimodifikasi supaya tertutup lebih lama, boost turbo di rpm bawah juga akan lebih tinggi. Ini prinsip kerja dari pemasangan ring wastegate dan selang aftermarket. EFEK KECIL. BIAYA SANGAT KECIL.
5) Boost spike juga bisa didapat dengan penggunaan Electronic Boost Controller. EFEK KECIL (terhadap turbo lag). BIAYA SEDANG.
6) Mengambil intake udara dari sumber yang dingin. Udara yang dingin mengandung molekul oksigen lebih banyak dari udara panas meski volumenya sama. Pembakaran membutuhkan oksigen. Ini sebabnya jika udara luar dingin (misalnya malam hari) mobil kita terasa lebih bertenaga. Sayangnya lay out intake Pajero Sport dirancang lebih untuk siap banjir (tinggi posisinya) dibanding menghasilkan power. EFEK SEDANG. BIAYA SEDANG (tapi untuk Pajero Sport butuh bobok bodi).
7) Electronic Throttle Controller. Meski tidak meningkatkan tenaga atau menghilangkan turbo lag, ETC bisa 'menipu' ECU dan membuat transmisi menjadi lebih responsif untuk downshift sehingga mesin hampir selalu berada di kurva torsi yang padat saat diminta berakselerasi. EFEK SEDANG. BIAYA KECIL.


Salam,
POWERPLUG
dimana ya pasang downpipe dan ring wastegate yg murmer daerah jak-bar?..sy uda pake k&n dan sekarang saya lagi pasang full peredam chekmate bongkar dashboard segala....wuihh seremmm liat dashboard trondolll abiss....thanks
jasken
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Jan 03, 2011 23:46

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by jasken »

poeticmind wrote:sewaktu belum pasang kabel gound, mungkin sambil denger music or kaca rapet... setelahnya mungkin saja pas sunyi dan kaca terbuka... wajar lah...
nga sihhh abis psg gw sy tes suaranya lgs dan kedengaran suitan kata yg pasang itu krn spoolnya. dan kemarin sy mau pasang peredam bos nya test bilang kaya ada storingg... thanks ya atas penjelasannya
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

jasken wrote:
poeticmind wrote:sewaktu belum pasang kabel gound, mungkin sambil denger music or kaca rapet... setelahnya mungkin saja pas sunyi dan kaca terbuka... wajar lah...
nga sihhh abis psg gw sy tes suaranya lgs dan kedengaran suitan kata yg pasang itu krn spoolnya. dan kemarin sy mau pasang peredam bos nya test bilang kaya ada storingg... thanks ya atas penjelasannya
bisa jadi storing dari speaker yah om :e-think:
Image
naldo

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by naldo »

Downpipe sih ane pke standar adi kenalpot, kansai.

Udah dari jaman bahala pke nih produk n selalu memuaskan.

Wastegate sih ane ga pasang, biar saja lah, turbonya dah kecil ini. hehehe..

Eniway ngomong2 oil cooler, oil cooler dapet dari mitsu loh, bukan pasang aftermarket. Malah katanya yang suka jebol tuh yang asli bawaan pabrik. Ane sih ngomong ama temen ane yang punya bengkel knalpot. Beberapa kasus sering rembes kalau penambahan chip.

Ya liat nanti deh, gw juga masih mikir2.

@golfpunk

Itu barang apa yah pak ketum? Thanks


Eniway, udah pasang klakson kenceng juga. Sama saya baru sadar kalau saya sudah pasang extra fan, beli tambahan sih. Karena asli bawaan mobil ga ada extra fan. So kayanya ini butuh untuk dinginin mesin.

Thanks
navajo
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue May 01, 2007 15:07

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by navajo »

Bro bro yg terhormat,

noob mau tanya rekomendasi bengkel cat utk "keyed color bumper" daerah klp gdg
berhubung noob pesen warna putih, dan kalo bumpernya warna item jd ilfil :frm_bang_head:
mohon pencerahannya ya thanx a bunch :frm_salut:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by poeticmind »

golfpunk wrote:mau mantep dan ilnagin gejala limbung pas nikung atau manuver zig zag di tol??? pasang FUB dan RUB ...udah proven dan saya pasang di ps...top abizzzzz....tolong testimoni yg laen yang udah saya rekomendasikan dan pasang FUBnya
iya, itu makanya saya lebih berpikir ke kaki2 saja dibanding naekin performa.. karena toh akhirnya kalo bawa keluarga hanya di 100km/jam..
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

poeticmind wrote:
golfpunk wrote:mau mantep dan ilnagin gejala limbung pas nikung atau manuver zig zag di tol??? pasang FUB dan RUB ...udah proven dan saya pasang di ps...top abizzzzz....tolong testimoni yg laen yang udah saya rekomendasikan dan pasang FUBnya
iya, itu makanya saya lebih berpikir ke kaki2 saja dibanding naekin performa.. karena toh akhirnya kalo bawa keluarga hanya di 100km/jam..
udah kalo gitu pasang FUB ama RUB aja rom, modal 1jt an :big_smoking:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by poeticmind »

oya? beli dimana sen? :e-think:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

tuh si golfpunk yg tau rom... :upss:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by poeticmind »

oh oke... elo ga pasang? biar bisa tour sumatera...
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by Hansen »

:big_peace:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by poeticmind »

wkwkwkwkwk! ini ga ada yg uplot foto2 lagi ya...?
Image
balakutax
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Wed Sep 08, 2010 17:28
Location: bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by balakutax »

setelah terdampar di thread sebelah yg perang2an merk, ternyata ini thread aslinya PS yah hehehe..

mo nanya nih masbro...
ada bengkel audio di bandung yg bisa pindahin posisi mid ke bawah?
kayak di artikel ini
http://sanjaya.gramedia-majalah.com/oto ... /1/7/10109
biar bisa pasang double din

info pls :)
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)

Post by poeticmind »

oh ... tanya ke hansen, oom...! dia pasang 2din di PS nya.. :mrgreen:
Image