ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14
ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
hallo semua.. saya mau tanya.. proxima turbojet vs unchip dastek Q+ mendingan pilih yang mana ya??? soalnya dilihat dari harga nya ada di rentang yg enggak jauh beda.. mohon bantuan masukannya bagi yang udah pernah mencoba kedua produk tersebut.. dah kalau bisa plus minus kedua barang tersebut .. oh ia mobil saya grand vitara 2.0 tahun 2008 .. thanks
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
IMHO:kiddy wrote:hallo semua.. saya mau tanya.. proxima turbojet vs unchip dastek Q+ mendingan pilih yang mana ya??? soalnya dilihat dari harga nya ada di rentang yg enggak jauh beda.. mohon bantuan masukannya bagi yang udah pernah mencoba kedua produk tersebut.. dah kalau bisa plus minus kedua barang tersebut .. oh ia mobil saya grand vitara 2.0 tahun 2008 .. thanks
Kalau saya pribadi sih pilih yang jelas-jelas aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Tue Jan 25, 2011 5:51
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
sekalian numpang nanya dunk...unichip itu apa sih?apakah sama dgn turbocharger?
bisa g turbo n unichip di pasang 2-2nya?
maap...nubi nih...
bisa g turbo n unichip di pasang 2-2nya?
maap...nubi nih...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
seperti yang dibilang sama om Turboman, pilihlah yang jelas2 saja. Lihat saja dari fungsinya mana yang lebih pasti meningkatkan performa serta dapat diukur kenaikan hp dan torsinya.kiddy wrote:hallo semua.. saya mau tanya.. proxima turbojet vs unchip dastek Q+ mendingan pilih yang mana ya??? soalnya dilihat dari harga nya ada di rentang yg enggak jauh beda.. mohon bantuan masukannya bagi yang udah pernah mencoba kedua produk tersebut.. dah kalau bisa plus minus kedua barang tersebut .. oh ia mobil saya grand vitara 2.0 tahun 2008 .. thanks

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
berarti un chip ya hahahahhaa
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
Okelah daripada jawab setengah-setengah, sebenernya kegunaan 2 alat ini cukup menarik untuk dibahas..
Saya coba untuk sedikit memberi penjelasan sejauh yang saya ketahui ya...
Proxima Turbojet
Disamping segala klaim yang diberikan oleh proxima, secara teori cara kerjanya persis sama dengan Torque Boost Resonator milik mesin i-VTEC Honda yang telah digunakan pada varian Accord 3.5 L, Civic, CR-V, All New Jazz, dan All New City.
Klaim proxima:
1. Hemat BBM
2. Cukup dengan Premium
3. Besar Tenaganya
4. Tidak ngegelitik
5. Mengikis tumpukan karbon
6. Ramah lingkungan
7. Anggap seperti investasi, alat ini dapat dipindahkan ke mobil lain jika anda berniat mengganti kendaraan
Cara kerja yang sebenarnya adalah : mengubah aliran udara yang tersedot oleh air intake menjadi udara bertekanan (lebih) tinggi. Aliran campuran udara dan bahan bakar berkecepatan tinggi itu menciptakan gerakan udara berputar seperti layaknya efek angin tornado (densitasnya menjadi lebih tinggi).
Efek tersebut menghasilkan tekanan tinggi pada langkah kompresi untuk memberikan torsi dan tenaga kuda yang lebih maksimal.
Negatifnya adalah, belum tentu penggunaan proxima ini cocok di semua jenis mobil karena konfigurasi intake-header-exhaust yang berbeda bawaannya.. bisa jadi mobil menjadi lebih berat tarikannya atau malah ga ngaruh sama sekali setelah pasang... (sisanya hanya sugesti saja...)
Pada mobil modern sekarang, banyak pada saluran parts di bagian mesinnya diberi alur seperti tornado atau barrel hand gun yang seperti alur skrup... tujuan utama memang menambah densitas udara+bbm yang terolah sehingga lebih efisien... Jadi, menurut hemat saya sih... Terutama untuk mesin i-VTEC.. Proxima (terlalu) gak ngaruh.
CMIIW.
Saya coba untuk sedikit memberi penjelasan sejauh yang saya ketahui ya...
Proxima Turbojet
Disamping segala klaim yang diberikan oleh proxima, secara teori cara kerjanya persis sama dengan Torque Boost Resonator milik mesin i-VTEC Honda yang telah digunakan pada varian Accord 3.5 L, Civic, CR-V, All New Jazz, dan All New City.
Klaim proxima:
1. Hemat BBM
2. Cukup dengan Premium
3. Besar Tenaganya
4. Tidak ngegelitik
5. Mengikis tumpukan karbon
6. Ramah lingkungan
7. Anggap seperti investasi, alat ini dapat dipindahkan ke mobil lain jika anda berniat mengganti kendaraan
Cara kerja yang sebenarnya adalah : mengubah aliran udara yang tersedot oleh air intake menjadi udara bertekanan (lebih) tinggi. Aliran campuran udara dan bahan bakar berkecepatan tinggi itu menciptakan gerakan udara berputar seperti layaknya efek angin tornado (densitasnya menjadi lebih tinggi).
Efek tersebut menghasilkan tekanan tinggi pada langkah kompresi untuk memberikan torsi dan tenaga kuda yang lebih maksimal.
Negatifnya adalah, belum tentu penggunaan proxima ini cocok di semua jenis mobil karena konfigurasi intake-header-exhaust yang berbeda bawaannya.. bisa jadi mobil menjadi lebih berat tarikannya atau malah ga ngaruh sama sekali setelah pasang... (sisanya hanya sugesti saja...)
Pada mobil modern sekarang, banyak pada saluran parts di bagian mesinnya diberi alur seperti tornado atau barrel hand gun yang seperti alur skrup... tujuan utama memang menambah densitas udara+bbm yang terolah sehingga lebih efisien... Jadi, menurut hemat saya sih... Terutama untuk mesin i-VTEC.. Proxima (terlalu) gak ngaruh.
CMIIW.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
Unichip Dastek Q+freezemourne wrote:sekalian numpang nanya dunk...unichip itu apa sih?apakah sama dgn turbocharger?
bisa g turbo n unichip di pasang 2-2nya?
maap...nubi nih...
Unichip itu sebenernya nama dagang, nama yang sebenernya dari jenis alat seperti ini adalah PIGGYBACK.
Piggyback adalah sebuah micro computer yang mampu mengakses data-data ECU pada mobil yang sudah memiliki ECU dan mampu memanipulasinya. Piggyback mampu memanipulasi besaran yang dibutuhkan untuk dapat mengoptimalkan kinerja mesin.
Cara kerja piggyback secara umum adalah “memanipulasi†data-data yang masuk ke ECU yang selanjutnya akan diproses menuju injector, gear box, dan lain-lain, lalu piggyback juga bisa menyesuaikan waktu campuran udara dan bahan bakar pada proses pembakaran menjadi jauh lebih optimal dibanding versi pabrikan. Hal ini membuat mobil menjadi lebih "hemat bahan bakar", yang sebenernya adalah mengefisienkan kinerja mesin mobil.
Piggy back tipe terbaru yang akhir2 ini keluar seperti Unichip Q memiliki kelebihan yaitu mempunyai kemampuan lengkap yang dapat mengakses ratio gear box matic yang kini memang sudah diatur oleh ECU. Selain campuran bensin akan bisa menjadi lebih optimal, harusnya tarikan dan akselerasi juga meningkat. Istilahnya sederhananya.... Dengan Remapping ECU menggunakan Piggyback, bisa menyesuaikan kinerja mesin sehingga lebih merata pada semua lini.
Hal ini juga menjawab pertanyaan bro freeze bahwa Unichip itu bukan turbocharge dan bisa digunakan bersamaan dengan proxima, dan pertanyaan bro kiddy bahwa piggyback bisa dipastikan lebih ngaruh dari gimmick semacam intake2-an.
Dibawah adalah skema fungsi dasar Piggyback dengan merk Unichip, untuk yang Q+ lebih lengkap lagi fiturnya Sorry before nggak ada maksud apa2 ya...
CMIIW

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
mantabs bro adijaya.. tks pencerahannya..
aku masih gal suka tambah2 alat.. nikmati yg ada aja..sdh cukup..

aku masih gal suka tambah2 alat.. nikmati yg ada aja..sdh cukup..
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
Sama oom.. Saya sudah capek ketipu-tipu alat yg sering pasang iklan disana sini.. He he he..inoz wrote:mantabs bro adijaya.. tks pencerahannya..![]()
aku masih gal suka tambah2 alat.. nikmati yg ada aja..sdh cukup..
Skrg cuma pake alat seperti grounding dan volt stabilizer.. Biar yg penting tetep awet dan tetep orisinil...
Oya.. Perhatikan juga pemasangan alat2 macam proxima dan unichip menggugurkan garansi mobil lho yaa
Cmiiw..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
Mantab nih penjelasan dari om AD74YA, lengkap, jelas dan terperinci



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
luar biasa



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
skedar nambahin penjelasan soal Unichip Dastek Piggyback :
aku pernah pake yg seri Q di Jazz Vtec Matic 05, pasangnya th 07. Bener, Unichip bisa diprogram sehingga didapatkan nilai AFR (air to fuel ratio), ignition timing, dan limiter putaran mesin, sesuai keinginan kita. Mapping dan setting Unichip biasanya sekaligus sambil melakukan dynotest sehingga bisa diketaui dan didapatkan settingan paling maknyus, dan kita bisa tau berapa besar peningkatan engine output power setelah menggunakan Unichip. Kelebihan seri Q, antara lain kita bisa menyimpan beberapa mapping/settingan dalam 5 program pilihan (bisa pake switch potensio utk memilih program sesuai kondisi jalan/mutu bbm) misalnya :
program 1 = utk kondisi stop n go, butuh akselerasi pendek2 dng bbm pertamax
program 2 = utk kondisi di jalan tol, akselerasi panjang2
program 3 = utk bbm oktan rendah (spy tenaga gak drop banget)
program 4 = utk bbm "racing fuel" dan rpm tinggi terus
program 5 = limiter putaran mesin diset ke 500 rpm aja, sebagai pengaman anti maling.
Kondisi sbelum pasang Unichip, tenaga mesin cuma skitar 105-110 hp. Setlah pake header 5zigen titanium, muffler Spoon N-1, Port n Polish, modified throttle body, dan Unichip, maka hasil dyno mencatat 138 hp
intinya, Unichip digunakan utk memanipulasi data2 utk diproses oleh ECU :
- ignition timing (timing pengapian bisa dibikin retard atau advance)
- AFR (air to fuel ratio) bisa mengatur bnyaknya campuran udara dan bbm
- mengatur limiter putaran mesin spy tidak terjadi over-rev
aku pernah pake yg seri Q di Jazz Vtec Matic 05, pasangnya th 07. Bener, Unichip bisa diprogram sehingga didapatkan nilai AFR (air to fuel ratio), ignition timing, dan limiter putaran mesin, sesuai keinginan kita. Mapping dan setting Unichip biasanya sekaligus sambil melakukan dynotest sehingga bisa diketaui dan didapatkan settingan paling maknyus, dan kita bisa tau berapa besar peningkatan engine output power setelah menggunakan Unichip. Kelebihan seri Q, antara lain kita bisa menyimpan beberapa mapping/settingan dalam 5 program pilihan (bisa pake switch potensio utk memilih program sesuai kondisi jalan/mutu bbm) misalnya :
program 1 = utk kondisi stop n go, butuh akselerasi pendek2 dng bbm pertamax
program 2 = utk kondisi di jalan tol, akselerasi panjang2
program 3 = utk bbm oktan rendah (spy tenaga gak drop banget)
program 4 = utk bbm "racing fuel" dan rpm tinggi terus
program 5 = limiter putaran mesin diset ke 500 rpm aja, sebagai pengaman anti maling.
Kondisi sbelum pasang Unichip, tenaga mesin cuma skitar 105-110 hp. Setlah pake header 5zigen titanium, muffler Spoon N-1, Port n Polish, modified throttle body, dan Unichip, maka hasil dyno mencatat 138 hp
intinya, Unichip digunakan utk memanipulasi data2 utk diproses oleh ECU :
- ignition timing (timing pengapian bisa dibikin retard atau advance)
- AFR (air to fuel ratio) bisa mengatur bnyaknya campuran udara dan bbm
- mengatur limiter putaran mesin spy tidak terjadi over-rev
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
- Location: Where the sunshine on me...
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
nubie ikut nambahin yah,,,,
mnurut ane, kl mobil standar, mending modif basic dl,, macem ganti air filter,, kalo masih kurang, coba ganti knalpot full set,, kl masih kurang bisa melakukan PnP, baru deh pasang piggyback,, kalo mobil standar pasang pigy mnurut gw kenaikannya kurang oke,, dengan harga X lo cuma naek dikit,, tp kalo melakukan modif2 basic spt yg saya bilang tadi, harga dibawah X tp kenaikan signifikan,, baru akhirnya pake piggyback,,,
mnurut ane, kl mobil standar, mending modif basic dl,, macem ganti air filter,, kalo masih kurang, coba ganti knalpot full set,, kl masih kurang bisa melakukan PnP, baru deh pasang piggyback,, kalo mobil standar pasang pigy mnurut gw kenaikannya kurang oke,, dengan harga X lo cuma naek dikit,, tp kalo melakukan modif2 basic spt yg saya bilang tadi, harga dibawah X tp kenaikan signifikan,, baru akhirnya pake piggyback,,,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
bener banget.. mending mulai dari ganti air filter dng element yg lebih mengalirkan udara atau model open filter, pasang header, muffler tengah dan blakang, lalu porting & polishing.. terakhir barulah piggyback...KIOS3R wrote:nubie ikut nambahin yah,,,,
mnurut ane, kl mobil standar, mending modif basic dl,, macem ganti air filter,, kalo masih kurang, coba ganti knalpot full set,, kl masih kurang bisa melakukan PnP, baru deh pasang piggyback,, kalo mobil standar pasang pigy mnurut gw kenaikannya kurang oke,, dengan harga X lo cuma naek dikit,, tp kalo melakukan modif2 basic spt yg saya bilang tadi, harga dibawah X tp kenaikan signifikan,, baru akhirnya pake piggyback,,,
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
Kalau yang saya lakukan di Luxio aliran super standar yaitu pasang Volt Stabilizer merk EXR dan Simota Cyclone3 2 biji, budget di 1.5 jutaan.
Efek dari pasang VS tarikan lebih berasa ringan akibat pengapian lebih baik, efek pasang Cyclone3 tarikan lebih bertenaga terutama di rpm bawah akibat aliran udara dibuat berpusar.
Efek dari pasang VS tarikan lebih berasa ringan akibat pengapian lebih baik, efek pasang Cyclone3 tarikan lebih bertenaga terutama di rpm bawah akibat aliran udara dibuat berpusar.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
ngeri... master engine dateng semua.... saat nya ane




Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
Om AD mau ke mana? Aku baru tiba nih.
Kalau saya menggunakan urutan ini :
A. Port and polish
B. Balance drive train... Reduce weight 20%
C. Pasang karbu weber Tipe DAR
D. Pasang hi compression piston dan con rod
E. Pengapian MSD (kabel busi, coil botol, AL6)
F. Pasang LSD (ini bukan buat kenceng tapi untuk gravel sih)
G. Pasang free flow cold air filter
H. Apa lagi ya?
Kalau mobil Eropa exhaustnya udah segede gaban, gak perlu dimodif. Masang header 4 - 1 adalah kesalahan, cukup pakai 4-2-1 asli, modif cuma bikin berisik aja.
Dari 70 BHP bisa dapat 80 BHP. Kelas 18 detikan, 123 kpj.
Kalau saya menggunakan urutan ini :
A. Port and polish
B. Balance drive train... Reduce weight 20%
C. Pasang karbu weber Tipe DAR
D. Pasang hi compression piston dan con rod
E. Pengapian MSD (kabel busi, coil botol, AL6)
F. Pasang LSD (ini bukan buat kenceng tapi untuk gravel sih)
G. Pasang free flow cold air filter
H. Apa lagi ya?
Kalau mobil Eropa exhaustnya udah segede gaban, gak perlu dimodif. Masang header 4 - 1 adalah kesalahan, cukup pakai 4-2-1 asli, modif cuma bikin berisik aja.
Dari 70 BHP bisa dapat 80 BHP. Kelas 18 detikan, 123 kpj.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
Sebetulnya kalau mau lebih bebas, bisa pakai haltec Ecu yang stand alone. Kalau pakai piggy back sedikit banyak tergantung settingan standard Haltec. Kalau stand alone bisa atur lebih bebas, sampai aliran NoS, turbo timer, komplet.
Tapi kalau jeroan standard sih, tanpa forced induction, maka pakai piggyback juga udah cukup. Pemakaian sehari2 ini.
Mengenai turbojet sih, kalau mobilnya pakai karburator, atau jeroan dimodif, malah bisa negatif efek...... Kalau mesin masih standard efeknya aku nggak tahu.
Tapi kalau jeroan standard sih, tanpa forced induction, maka pakai piggyback juga udah cukup. Pemakaian sehari2 ini.
Mengenai turbojet sih, kalau mobilnya pakai karburator, atau jeroan dimodif, malah bisa negatif efek...... Kalau mesin masih standard efeknya aku nggak tahu.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
mangstabb oom ... btw mau tnya.. oot dikit, klu mesin standar dngn kompresi standard mau diganti sistem pengapianya (koil, busi, kabel busi), dngn merek yng mngkin ga wah wah banget kyak koil quantum, kabel busi blue fire, prtanyaan : kira2 dngn settingan kyk gitu bia buat piston jebol ga ya ?? trims before ...asudarsono wrote:Om AD mau ke mana? Aku baru tiba nih.
Kalau saya menggunakan urutan ini :
A. Port and polish
B. Balance drive train... Reduce weight 20%
C. Pasang karbu weber Tipe DAR
D. Pasang hi compression piston dan con rod
E. Pengapian MSD (kabel busi, coil botol, AL6)
F. Pasang LSD (ini bukan buat kenceng tapi untuk gravel sih)
G. Pasang free flow cold air filter
H. Apa lagi ya?
Kalau mobil Eropa exhaustnya udah segede gaban, gak perlu dimodif. Masang header 4 - 1 adalah kesalahan, cukup pakai 4-2-1 asli, modif cuma bikin berisik aja.
Dari 70 BHP bisa dapat 80 BHP. Kelas 18 detikan, 123 kpj.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
oom kapsul msh berkutat dg keragu2an.............

ga bakal jebol piston oom, hanya imho efeknya kurang signifikan aja
btw..........klo oom kapsul mau tau efek yg signifikan dr upgrade system pengapian setelah pnp bsa kontek2 ane nih klo deket
.................................


ga bakal jebol piston oom, hanya imho efeknya kurang signifikan aja

btw..........klo oom kapsul mau tau efek yg signifikan dr upgrade system pengapian setelah pnp bsa kontek2 ane nih klo deket

.................................

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
Iya, scoring akibat korosi listrik jarang terjadi, walau itu tergantung bahan pistonnya sih. Dalam hal ini, yang salah bukan sistem pengapiannya, tapi bahan mesinnya. Waktu itu piston 504 saya kena scoring setelah saya papras untuk mendapat hi-compression. Setelah diganti piston high comp asli, sampai sekarang tidak ada masalah.
Dalam mengganti sistem ignition, perlu dipelajari karena banyak beredar mitos2. Mana yg bener dan mana yg tipu2, aku gak mau jabarkan di sini, takut ada FPI tersinggung...... Yang mahal banyak, yang murah banyak, tapi yang bener cuma sedikit.
Yang sering terjadi adalah fuel starvation. Yaitu, campuran udara - bahan bakar menjadi terlalu lean. Dalam kondisi ini mesin akan panas sekali dan jeroannya akan meleleh. Kondisi ini umum terjadi di mesin jadul yang karbunya diganti karbu kijang. Yang bener adalah mobil di atas 1800 cc jangan diganti mesin kijang 1500 cc, tapi diganti karbu weber setipe bekasnya FIAT
Masalah ini juga terjadi pada beberapa mesin Toyota 2ZZ, bila dipakai ditrack dengan bahan bakar kurang dari setengah tangki.
Dalam mengganti sistem ignition, perlu dipelajari karena banyak beredar mitos2. Mana yg bener dan mana yg tipu2, aku gak mau jabarkan di sini, takut ada FPI tersinggung...... Yang mahal banyak, yang murah banyak, tapi yang bener cuma sedikit.
Yang sering terjadi adalah fuel starvation. Yaitu, campuran udara - bahan bakar menjadi terlalu lean. Dalam kondisi ini mesin akan panas sekali dan jeroannya akan meleleh. Kondisi ini umum terjadi di mesin jadul yang karbunya diganti karbu kijang. Yang bener adalah mobil di atas 1800 cc jangan diganti mesin kijang 1500 cc, tapi diganti karbu weber setipe bekasnya FIAT
Masalah ini juga terjadi pada beberapa mesin Toyota 2ZZ, bila dipakai ditrack dengan bahan bakar kurang dari setengah tangki.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
maksud oom doq abis upgrade pengapian trus di pnp ...doq wrote:oom kapsul msh berkutat dg keragu2an.............![]()
ga bakal jebol piston oom, hanya imho efeknya kurang signifikan aja
btw..........klo oom kapsul mau tau efek yg signifikan dr upgrade system pengapian setelah pnp bsa kontek2 ane nih klo deket
.................................
upgrde pengapiannya pake apa aja oom...?
trus pnp nya dmana ...?
total biaya brpa ya om ... ?
ane di bekasi oom.. si om dmana?
PM ya oom semua pertnyaan diatas, klu emang deket bolehlah kita mampir.. btw mobil nya tokisul jga ... ? trim ...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: ask proxima turbojet vs unchip dastek Q+
mas doq itu pake mobil yg merupakan salah satu mobil yg termasuk melegenda di SM.kapsul 97 wrote:maksud oom doq abis upgrade pengapian trus di pnp ...doq wrote:oom kapsul msh berkutat dg keragu2an.............![]()
ga bakal jebol piston oom, hanya imho efeknya kurang signifikan aja
btw..........klo oom kapsul mau tau efek yg signifikan dr upgrade system pengapian setelah pnp bsa kontek2 ane nih klo deket
.................................
upgrde pengapiannya pake apa aja oom...?
trus pnp nya dmana ...?
total biaya brpa ya om ... ?
ane di bekasi oom.. si om dmana?
PM ya oom semua pertnyaan diatas, klu emang deket bolehlah kita mampir.. btw mobil nya tokisul jga ... ? trim ...

