Grand Livina Users..! - PART 04

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Hansen »

budiharjono wrote:@DOHC, betul bro.. ha-ha sudah 1 tahunan lebih ga baca2 di SM. Ini baca2 lagi, masih saja ada yang 1 Liter : 11 -13km jadi masih ga percaya kalau didasarkan atas pengalaman sendiri

@abrof, Thanks bro, mungkin saja ada cacat di mesin. Tapi kalau memang cacat, apakah tidak ada penyelesaian dari pihak Nissan? apa mungkin tidak termasuk kasus berat? cuma anehnya, kalau sy pakai premium bisa 9.x, kalau pertamax 7.97 - 8.x ... Aneh ya? Cara bawa? sama saja kalau gunakan premium dan pertamax, kalau petronas pernah juga, hasilnya seperti pertamax, cuma kalau petronas, entah mengapa kok setelah diisi, dan beberapa hari kemudian tenaganya kok kurang, seperti menggunakan bensin. Sedangkan pertamax, makin hari, makin oke.

Masalah saya yang lain adalah, kondisi setir yang masih duk-duk, walau sudah diklaim dan diganti 2x, tapi hasilnya selalu begitu, kenapa ya? terus terang beberapa hari ini sy lagi melirik Grandis GT. Jatuh cinta sy dengan model sporty ini. Mending cc yang gede boros, daripada cc yang 1500 tapi tetap 1 liter 8 km.
udah pernah disetel belum settingan ECUnya waktu di beres bro? mungkin saja settingan default GLnya itu mode FC "boros" tp tenaga oke

btw horass :upss:
Image
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by aldy »

budiharjono wrote:@DOHC, betul bro.. ha-ha sudah 1 tahunan lebih ga baca2 di SM. Ini baca2 lagi, masih saja ada yang 1 Liter : 11 -13km jadi masih ga percaya kalau didasarkan atas pengalaman sendiri

@abrof, Thanks bro, mungkin saja ada cacat di mesin. Tapi kalau memang cacat, apakah tidak ada penyelesaian dari pihak Nissan? apa mungkin tidak termasuk kasus berat? cuma anehnya, kalau sy pakai premium bisa 9.x, kalau pertamax 7.97 - 8.x ... Aneh ya? Cara bawa? sama saja kalau gunakan premium dan pertamax, kalau petronas pernah juga, hasilnya seperti pertamax, cuma kalau petronas, entah mengapa kok setelah diisi, dan beberapa hari kemudian tenaganya kok kurang, seperti menggunakan bensin. Sedangkan pertamax, makin hari, makin oke.

Masalah saya yang lain adalah, kondisi setir yang masih duk-duk, walau sudah diklaim dan diganti 2x, tapi hasilnya selalu begitu, kenapa ya? terus terang beberapa hari ini sy lagi melirik Grandis GT. Jatuh cinta sy dengan model sporty ini. Mending cc yang gede boros, daripada cc yang 1500 tapi tetap 1 liter 8 km.
Wakakakak iyalah om kalo 1500cc tapi selalu dibawah 1:10 mending ganti BPKB :big_peace: :big_peace: Peace om budi just kidding.. :mrgreen: atau masih ada alternatif deh om coba pinjem (tukeran) mobil sodara or temen yg sejenis GL 1.5 manual coba om pinjem 2 hari aja terus test FCnya gmana hasilnya.. :frm_tumbright: :frm_tumbright: just my opinion
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by maskopat »

budiharjono wrote:@maskopat, cara hitungnya.. sudah pernah sy share sih,
Saya isi di Gas Station A, reset ke 0, muter muter, KIra2 sudah setengah, isi kembali ke Gas Station yang sama, Nilai Km / Nilai liter itulah hasilnya. Bener kan bro?
isi sampe full kan? kalo iya, udah bener sih om...
nah, SPBU nya terpercaya kah? maksudnya, bisa jadi meterannya gak bener...

satu lagi om, ban kondisi standar? sudah dicek dengan GPS misalnya, atau dengan patok km di tol, kira2 sama gak?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by asudarsono »

Kalau Livina boros, agak aneh tuh. Tapi solusinya gimana, aku juga gak tahu. Maaf.
Ready to Race
budiharjono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Tue Jul 07, 2009 15:59

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by budiharjono »

SPBU yang di merak jingga, Pertamina Pasti Pas, betul SPBU yang sama. Tekanan ban diisi Nitro 35 depan, 36 belakang. ECU sudah diset entah berapa kali mungkin sudah ada 6x. Betul bro isi sampai full dong, kalau ga gimana hitungnya. Tapi sudahlah seperti kemarin2 bosen juga ke bengkel. Dibawa asik saja sih. Oya lupa, tekanan ban selalu dicek dan diisi ulang 2 minggu sekali.

Ada 1 yang ingin sy tanyakan, apa cairan radiator coolant itu harus menggunakan yang Nissan dan tidak bisa dengan merk lain, mengingat harga dari Nissan 250.000 sedangkan Megakool 50.000? saya baru ingat, saya belum pernah menggantinya, terakhir service 20.000 mungkin baru diganti, tapi disi ulang gitu, biasanya sy mengisi ulang dengan air putih biasa. Baru minggu lalu karena mau ke Prapat, saya buang dan isi ulang.. mohon sarannya.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Hansen »

SPBU Coco merak jingga? hmmm dulu waktu ane ngisi di sana rasanya gimanaaa gituu :mrgreen:

coba isi yg di putri hijau atau singapore station aja bro
Image
mclaren77
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Mar 07, 2011 8:50

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by mclaren77 »

Halo para master & bro yg biasa nongkrong disini, salam kenal.
Saya newbie di forum ini. Sering si baca2, tp baru kali ini bisa join.
Cuma mo sharing pengalaman saya pake GL XV 1.5 AT.

Saya beli yang batch awal, tahun 2007. Sempet Test Drive juga, akhirnya ambil yg warna hitam.
Selama kira2 1,5-2 tahun saya selalu isi BBM pake Premium & gak pernah ada masalah.
No mesin sendat2 & irit banget. Waktu itu sampe gak percaya Nissan bisa desain mesin yg irit, powerful & bisa minum Premium.
Saya bilang irit, dalkot bisa 1:10 & luar kota irit mampus! Tarikan luar biasa kenceng (jd penasaran gimana yang 1.8).
Cuma catatan saya: Aneh ada mobil tanpa indikatir temperatur.
That was the good part. And now, the story continues.

Memasuki tahun ketiga, masa bulan madu selesai.
Mesin mulai nglitik & gak sembuh2. Tarikan berat & lelet banget. Sudah gitu, boros pula, hiks...
Sudah coba minumin Pertamax+, service di bengkel resmi (bersihkan injector tiap tune up), masih juga gak berubah.
Tiap kali dengerin suara mesin ngelitik, hati jadi kaya diiris2 sembilu (lebay.com).
Akhirnya saya bawa ke bengkel luar yg bisa tuning mesin, ketemu juga. Saran Head Technician, engine tune-up plus Carbon Cleaning karena indikasi karbon sudah numpuk di ruang bakar & piston bagian atas.
Jreeng..... Mesin jadi enak, tarikan mantap & gejala ngelitik berkurang jauh (belum hilang 100%, perlu waktu katanya).
Saran dia, Livina (dan hampir semua mobil) bisa pake Premium. Asal rajin Carbon Clean aja tiap 10rb km. Biayanya jg gak berat.
Liat prestasi & reputasinya, saya percaya sama ni bengkel. Jauh lebih percaya daripada bengkel resmi yg mengecewakan!

Cuma konsumsi BBM aja yg masih bikin pusing. Setelah saya amati & googling, ternyata masalahnya ada di indikator BBM yg ngaco. Pantesan saya coba isi full-tank tp jarum indikator gak pernah mentok. Ternyata banyak juga user GL yg alami problem serupa. Solusinya (terpaksa) mau dibawa ke bengkel resmi untuk benerin. Katanya ini sudah jadi issue tapi gak diungkapkan secara terbuka. Mudah2an aja beres.

Oh ya, saya juga ada beberapa catatan:
1. GL saya cukup "sadis" sama Accu. Setaun bisa makan 2 Accu. Soalnya Air Accu cepet banget habisnya (kl di-compare sama mobil2 lain yg pernah saya rawat). Analisa saya, air cepet habis karena mesin GL lebih panas (emang karakternya kali-bukan kelainan lho) dibanding mesin2 mobil lain. Makanya harus rajin2 cek Accu, minimal tiap minggu. (Info saja, mobil saya yg lain oke2 aja kalo ceknya sebulan sekali, itupun gak mesti nambah).
2. Saya 2 kali ganti kampas rem di bengkel resmi & 2 kali juga cakram harus dibubut! Gila gak tuh! Saya tanya ke Service Advisornya, apa saya telat ganti kampasnya (keburu abis kampas jadi besi makan besi)? Kata SA, kampasnya benernya masih ada, tapi cakramnya kalah duluan! Lah, saya protes, gimana Nissa desainnya? Masa cakram lebih 'lunak' daripada kampas? Aneh kan? Udah gitu masa bubutnya 2 kali berturut2? Lama2 harus ganti cakram donk, bisa jebol kantong ni. (Catatan: saya pernah discuss dengan SA Auto2000, bubut cakram gak recomended karena cakram itu didesain keras di permukaan. Jadi kalo udh kemakan tapi blm lewat batas, silahkan pake kalo mau pake, paling suara agak berisik. Tp not recomended dibubut!)

Kesimpulan (Opini pribadi) saya: kalo mau rawat GL, harus mau repot sedikit & pilih bengkel yg bagus (yg ironisnya jelas2 bukan bengkel resmi).

Info tambahan: Saya pernah 'pelihara' Nissan X-Trail & Terrano, jadi saya tau masalah kualitas produk & layanan Nissan.

Mudah2an bisa berguna buat bro2 yg lain. Mohon maaf kl ada kata2 yg tidak berkenan.
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by aldy »

Iya om dimaklumi aja emang itu salah satu masalah2 yg beredar buat GL batch2 awal.. :big_peace: Ane juga ngalamin kecuali masalah rem sama aki yg sering habis.. :mrgreen:
Emang mesin GL itu tipe LEAN burn*CMIIW (pernah baca tapi lupa dmana :e-doh: ) + sebagian blok mesin dari alumunium (cepet nglepas panas)..Jadi efeknya panas bgt..Tapi FC bisa luar biasa (kalo jalan konstan) :mrgreen:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Jerome »

aldy wrote:Iya om dimaklumi aja emang itu salah satu masalah2 yg beredar buat GL batch2 awal.. :big_peace: Ane juga ngalamin kecuali masalah rem sama aki yg sering habis.. :mrgreen:
Emang mesin GL itu tipe LEAN burn*CMIIW (pernah baca tapi lupa dmana :e-doh: ) + sebagian blok mesin dari alumunium (cepet nglepas panas)..Jadi efeknya panas bgt..Tapi FC bisa luar biasa (kalo jalan konstan) :mrgreen:
soal accu ane jg ngalamin, setahun ganti 2x pdhal gk ada modif ato tambahan electrical (lampu, sound system) pas ditanya SA nya diblg emg umur accu itu 6 cm bln :off_no:
akhirnya yg ke 2 ganti dgn accu kering di shop n drive yg malah lbh murah dr accu std di Beres plus garansi

soal panas, apa mungkin krn kipas Livina cm 1 (dgn 3 speed) ?
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by aldy »

Ahh ga juga loh om tergantung medan yg dilalui dan perawatan record umur accu ane malah dimobil nissan GL ini..Bayangkan aja beli GL 2007 oktober dipake sampe 2010 akhir lupa bulannya..(pokoknya 2,5 tahun lebih deh) :off_good_job: ane juga kaget sih.. :frm_tumbright: mobil ane skrg hampir 80k KM..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

uda perna perhatikan selang2 bensin ga om, sambungan2 pipa pengisian bensin yg masuk ke tangki bensin di bagian spakbor... bibir pengisian corong bensin nya jg ada karat ga.... ntah knapa nissan yg bloon desain nya atau apa... tapi sambungan2 di bagian dalam spakbor itu rentan kali kendur atau copot, apalagi kalo terkena tekanan uap bensin yg ckup tinggi di tangki nya...

utk radiator sehh, ga usa pake nissan jg gpp om... dulu di GL ane pake prestone yg long life coolant (warna merah) pake 3 taon ga ada masalah, plg garansi mesin jd gugur.... skrg di nissan XR ane pake prestone yg warna ijo jg ga ada masalah... ga ada overheat atau apa gt.... saran ane sehh pake yg agak bagusan aja.... btw mahal amat tuh di megacool, perasaan di toda aja cuman 30an rebu tuh segalon...
budiharjono wrote:SPBU yang di merak jingga, Pertamina Pasti Pas, betul SPBU yang sama. Tekanan ban diisi Nitro 35 depan, 36 belakang. ECU sudah diset entah berapa kali mungkin sudah ada 6x. Betul bro isi sampai full dong, kalau ga gimana hitungnya. Tapi sudahlah seperti kemarin2 bosen juga ke bengkel. Dibawa asik saja sih. Oya lupa, tekanan ban selalu dicek dan diisi ulang 2 minggu sekali.

Ada 1 yang ingin sy tanyakan, apa cairan radiator coolant itu harus menggunakan yang Nissan dan tidak bisa dengan merk lain, mengingat harga dari Nissan 250.000 sedangkan Megakool 50.000? saya baru ingat, saya belum pernah menggantinya, terakhir service 20.000 mungkin baru diganti, tapi disi ulang gitu, biasanya sy mengisi ulang dengan air putih biasa. Baru minggu lalu karena mau ke Prapat, saya buang dan isi ulang.. mohon sarannya.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4619
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Profith83 »

Saya pemakai GL dari batch awal (October 2007), aki sampai sekarang belum pernah ganti ... tetapi memang harus sering isi air tambahan. KM 30.000 alias jarang pakai

Yang saya rasakan sekarang :
Shockbeker lebih keras ... entah ini karena Tier Road ataukah Shockbeker ataukah PER nya yang sudah terlalu lembek.
ATAU malah semua harus diganti ...
Apakah ada yang mengalamai hal yang sama seperti saya dan apa aja yang diganti ? hasilnya apa memuaskan ?
Oh iya sepertinya bodi belakang sekarang lebih rendah mungkin karena PER nya sudah lembek ? atau cuma perasaan saya ?

Jika ada yang pernah ganti Tier Road atau shockbeker atau PER bisa share info
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Hansen »

buritan jadi makin rendah itu menurut om lapchiong krn shockbreakernya udah mulai lemah buat nopang body sehingga keliatan ambles om :e-think:
Image
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by evolution21 »

setuju ama um hansen
kalo per kemungkinannya kecil
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

coba aja di ganti shock blakang nya... pake kayaba xcel G.... sepasang kira2 470an rebu...

biasanya sehhh kalo mo denger shock uda rusak, coba aja pas lewatin jalan jelek, itu shock nya ada kedengeran suara kaya "cess cess " gt ga... kaya suara angin bertekanan lg lewat suatu celah gt... yahh pokok nya kalo lwatin jalan jelek kedengeran gt bunyi cuss atau cess cess gt dari shock nya... scara shock gl kann nancep ke body... gampang kedengeran ketimbang mobil2 ladder frame...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

btw kalo yg ane rasain sehh... kalo di gl itu kalo shock nya uda lemah... yg ada mobil nya jadi empuk cenderung mengayun tuh... malah kalo shock nya masi baru, bantingan jadi cukup keras dan firm...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4619
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Profith83 »

Yang pasti buritan belakang turun dan kalau kena lobang dulu kan tidak bunyi, sekarang bunyi gredek.. gredek

Kalau ke BeRes yang ditakutkan kan mereka tinggal bilang memang sudah waktu 3 tahun kalau mau enak ganti Shock misalnya terus dah diganti eh bunyi masih tidak hilang dan buritan belakang masih rendah ... jadinya kan gerutu
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by evolution21 »

dari segi KM 30rb shock rusak rasanya memang terlalu cepat
tapi tidak tertutup kemungkinannya jg
tergantung gimana pemakaian
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ak4ng »

kalo dipake ngangkut BADAK ya lgsg ruksak,,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

kayanya kalo shock breaker selaen faktor km.... faktor usia jg pengaruh dehh... scara dia kan 24 jam 365 hari non stop menahan beban terus... mau jalan atau diem kek... dulu GL ane jg pas 3 taon uda celup parah blakang nya... skrg si XR jg sama... malah lebi parah, uda bunyi nya gredek2, cuss2 ga karuan... kalo lari di tol berasa ga stabil bgt pantat nya...

@ profith : pertama yg kena emang biasanya shock tsb... cuman kalo uda mati trus nt biarin dalam jangka waktu yg lama... lama2 per nya jg ikut kena... kalo uda gini yah biar kata ganti shock yahh tetep agak celup dikit bagian blakang nya... btw yg nt maksud itu shock depan atau blakang nehh yg rusak... kalo shock depan sehh setau ane lebi kuat dari yg blakang yahh... scara umur jg rata2 model shock yg depan gt lebi awet.. yahh 4-5 taon pemakaian normal musti nya masi bisa... tapi kalo yg blakang kayanya lumrah tuh rusak... apalagi pantat GL gede berat gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

kalo mo ngecek yg tie rod atau tie rod end uda kena atau belom... coba ban di belok in penuh... lalu pake tangan coba gerak2 in paksa, tarik maju mundur ntuh batang tie rod... kalo masi bagus biasanya tetep aja ga ada bunyi klek2 alias kaga bisa digerakin sama skali... tapi kalo uda mulai rusak, biasanya bisa digerakin atau ada bunyi2 an... cmiiw
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Hansen »

supaya pembahasan lebih menarik, bisa coba tampilkan foto buritan GL yg telah turun/ambles tsb..... :e-dance:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

dah keburu dijual ane punya siong.... mungkin bro profith bisa post...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

btw shock nya t31 ama t30 nt mereknya apa siong ?? :e-think: :e-think: :e-think: :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Hansen »

waduhh... ane belom pernah ngecek chiong.. emang punya GL merk apa? :e-think: :e-think: :e-think:
Image