Kalo ngga ada shift-lock keliatannya ga bisa didorong. Tp gw penasaran nanti mau coba posisi gear di N terus kunci dicabut (di mobil yg ngga ada shift-locknya).So Mr. Datsu apa betul yg u maksud semua mobil matic diparkir pararel itu gak bisa di dorong gitu?
Belta (Yaris sedan) goes global
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Itu juga yg gw rasakan, mobil kecil matic emang ngga fun 2 drive, mau nyalip2 di tol ngga semudah yang manual (apalagi efek engine brakenya sedikit, jadi saat nyalip terus injek rem and langsung gas lagi rada telat. Kalau sedan gw biasanya saat nyalip2 gw tahan di gear 3 ato 4, ngga perlu injek rem ketika nyalip2 dan cukup pake engine brakenya, udah gitu langsung gas lagi tenaga tetap nyentak). Tp di saat macet, matic memberikan kenyamanan lebih. Manual bikin kaki pegel. Emang nothing is perfect, pasti ada lebih dan kurangnya.Terus terang kalo saya mungkin juga pilih manual, abis biasanya mobil kecil kalo matic rada2 bikin frustasi kalo diajak ngebut.....
boil kecil manual kayanya lebih fun to drive.....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Mobil manual bisa didorong...dan bisa diderek kalo mogok... Tinggal lepas rem tangan gigi netral... Haven't U drive any manual car Mr.Herry??Herry wrote:Mr. Datsu, apa maksudnya mobil manual masih bisa di parkir pararel? Maksudnya saat parkir pararel mobil manual masih bisa didorong gitu???
Kalo soal shiftlock saya gak ngerti..kalo emang bener saya mau tanya, X-Trail pake shiftlock gak? Soalnya saya sempet ngobrol ama mobil itu di manga dua (X-Trail) untung pake supir.. Dia akhirnya parkir paralel di depan mobil saya trus dia nunggu di situ..saya tanya koq gak keluar...trus dia bilang gini... "nanti kalo ada yang mau keluar, mobil ini gak bisa didorong"..trus saya tanya kenapa dia jawab "Kalo di posisi P, kunci kontak bisa ditarik keluar tapi mobil gak bisa didorong..tapi kalo di posisi N mobil bisa didorong tapi kunci kontak gak bisa dicabut.." Nah..dr kasus baru saya setengah percaya kata2 tetangga2 saya kalo mobil matik gak bisa didorong... Selama ini justru saya ngira memang bukankah bisa aja matik didorong asal di posisi netral..taunya di kasus X-Trail kalo di N kunci kontak gak bisa dicabut...
Berarti mungkin seharusnya pernyataan saya diganti jadi "mobil matic tanpa shiftlock tidak bisa diparkir paralel, sedangkan yang pake shiftlock bisa"..benar begitukah??
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Ya, ini benar.datsu wrote:Berarti mungkin seharusnya pernyataan saya diganti jadi "mobil matic tanpa shiftlock tidak bisa diparkir paralel, sedangkan yang pake shiftlock bisa"..benar begitukah??
Yang ini, juga benar.datsu wrote:Kalo soal shiftlock saya gak ngerti..kalo emang bener saya mau tanya, X-Trail pake shiftlock gak? Soalnya saya sempet ngobrol ama mobil itu di manga dua (X-Trail) untung pake supir.. Dia akhirnya parkir paralel di depan mobil saya trus dia nunggu di situ..saya tanya koq gak keluar...trus dia bilang gini... "nanti kalo ada yang mau keluar, mobil ini gak bisa didorong"..trus saya tanya kenapa dia jawab "Kalo di posisi P, kunci kontak bisa ditarik keluar tapi mobil gak bisa didorong..tapi kalo di posisi N mobil bisa didorong tapi kunci kontak gak bisa dicabut.." Nah..dr kasus baru saya setengah percaya kata2 tetangga2 saya kalo mobil matik gak bisa didorong... Selama ini justru saya ngira memang bukankah bisa aja matik didorong asal di posisi netral..taunya di kasus X-Trail kalo di N kunci kontak gak bisa dicabut...
Kalau di N, kunci memang gak bisa dicabut.
Jadi mesti di P dulu, lalu cabut kunci, setelah itu tekan shiftlock dan rubah tongkat transmisi dari P ke N.
Mobil A/T juga bida diderek bung datsu, tapi kalau FWD, roda depannya harus diangkat, sedang RWD, roda belakangnya yang diangkat.datsu wrote:Mobil manual bisa didorong...dan bisa diderek kalo mogok... Tinggal lepas rem tangan gigi netral...
Namun kalau sangat terpaksa, bisa kok diderek tanpa diangkat rodanya, posisikan saja di N, tapi hanya untuk jarak dekat saja kurang lebih 1 km, itupun dengan kecepatan max 20 km/jam.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
Wah maaf Mr. Datsu ini bukan kesengajaan, ternyata pertanyaan gue yg salah, maksud gue apa benar mobil matic itu gak bisa didorong kalo parkir pararel.datsu wrote:Mobil manual bisa didorong...dan bisa diderek kalo mogok... Tinggal lepas rem tangan gigi netral... Haven't U drive any manual car Mr.Herry??Herry wrote:Mr. Datsu, apa maksudnya mobil manual masih bisa di parkir pararel? Maksudnya saat parkir pararel mobil manual masih bisa didorong gitu???
Tentu saja gue pernah pake manual, karena sampai skrg gue masih punya kijang kapsul manual.
Gue cuman mau luruskan pernyataan u, bahwa emang mobil matic tanpa shiftlock itu gak bisa didorong dan ini emang terbukti ada. Gue masih ingat kalo gak salah kantor gue dulu pernah punya mobil matic toyota tercel yang gak ada shiftlock, ternyata sama sekali gak bisa didorong mobilnya.
Tapi skrg rasanya semua mobil matic sudah dilengkapi shiftlock.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
Learn as if you were to live forever.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
Banyak bengkel2 disini bilang menderek mobil matic tanpa mengangkat roda2nya, atau hanya merubah ke posisi N, sangat sangat tidak dianjurkan. Karena akan merusak system transmisi matic-nya. Kecuali kalo hanya untuk mendorong dekat tidak masalah kalo diposisikan di N.hdrw wrote: Namun kalau sangat terpaksa, bisa kok diderek tanpa diangkat rodanya, posisikan saja di N, tapi hanya untuk jarak dekat saja kurang lebih 1 km, itupun dengan kecepatan max 20 km/jam.
Ditaiwan, semua mobil matic yg mau diderek harus diangkat semua rodanya, sepasang roda dikerek keatas dan sepasang roda yg lain ditaruh diatas roda2 kecil (macam sepatu roda buat mobil).
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
Learn as if you were to live forever.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Nih, saya ada cerita tentang City matic yg parkir paralel....
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 3&start=40
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 3&start=40
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Bung Herry, sayakan bilang kalau "Sangat Terpaksa Sekali", dan saya setuju ini 'Sangat Tidak Dianjurkan".Herry wrote:Banyak bengkel2 disini bilang menderek mobil matic tanpa mengangkat roda2nya, atau hanya merubah ke posisi N, sangat sangat tidak dianjurkan. Karena akan merusak system transmisi matic-nya. Kecuali kalo hanya untuk mendorong dekat tidak masalah kalo diposisikan di N.hdrw wrote: Namun kalau sangat terpaksa, bisa kok diderek tanpa diangkat rodanya, posisikan saja di N, tapi hanya untuk jarak dekat saja kurang lebih 1 km, itupun dengan kecepatan max 20 km/jam.
Saya bisa ngomong begini, karena saya sudah pernah ngalamin ditarik taxi kurang lebih 1 km dan jalan pelan2, gearbox maticnya gak rusak sama sekali.
Memang sih paling baik mobil A/T yang mogok itu dinaikkan kemobil truk gendong, tapi MINIMAL dengan diangkat ke 2 roda penggeraknya dan lepas rem tangan, sudah bisa diderek.