Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please help .
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Jan 19, 2011 21:43
- Location: Samarinda - Kaltim
Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please help .
Boil vitara 93, kondisi mesin OK tenan, cuma ada sedikit masalah mengenai lampu mundur ( maklum , boil sudah uzur dan gonta-ganti user ). Lampu mundur matot, jadi ane mulai diagnosa mulai dari switch back tail di daerah gear box / transmisi. Setelah dicek pake Ohm meter, dipastikan switchnya rusak , terus diganti baru. Setelah dipasang ternyata kebalik sistem ON-OFF nya ( CMIIW ya.. )
Ketika posisi gigi netral dan gigi 1 - 5 , switch tersebut menunjukkan ON ( koneksinya menandakan "terhubung" ) . dan ketika posisi gigi mundur , koneksinya menjadi OFF ( atau terputus ). Benarkah sistem saklar mundur nya seperti itu ? Berkebalikan dengan saklar stop/rem. Jika saklar rem kondisi normal , adalah OFF ( terputus ) dan jika pedal rem ditekan , saklar rem akan ON / terhubung.
( tolong CMIIW lagi ya .. )
Ane berencana mengganti sistem lampu mundur dengan wiring & fuse yang baru, supaya menjamin bahwa arus / tegangan ke lampu mundur bisa mencapai 100 % ( mengurangi hambatan yang mungkin ada mengingat boil sudah tuwek.
Mohon bantuan master2 , suhu2 , sesepuh2 SM mengenai rangkaian lampu mundur tersebut mengingat IMHO saklar mundur berkebalikan dengan prinsip saklar pada umumnya . ( kalau ada di lampirkan gambar / link rangkaian lampu mundur tersebut )
Ketika posisi gigi netral dan gigi 1 - 5 , switch tersebut menunjukkan ON ( koneksinya menandakan "terhubung" ) . dan ketika posisi gigi mundur , koneksinya menjadi OFF ( atau terputus ). Benarkah sistem saklar mundur nya seperti itu ? Berkebalikan dengan saklar stop/rem. Jika saklar rem kondisi normal , adalah OFF ( terputus ) dan jika pedal rem ditekan , saklar rem akan ON / terhubung.
( tolong CMIIW lagi ya .. )
Ane berencana mengganti sistem lampu mundur dengan wiring & fuse yang baru, supaya menjamin bahwa arus / tegangan ke lampu mundur bisa mencapai 100 % ( mengurangi hambatan yang mungkin ada mengingat boil sudah tuwek.
Mohon bantuan master2 , suhu2 , sesepuh2 SM mengenai rangkaian lampu mundur tersebut mengingat IMHO saklar mundur berkebalikan dengan prinsip saklar pada umumnya . ( kalau ada di lampirkan gambar / link rangkaian lampu mundur tersebut )
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
ane kurang ngerti nih ama permasalahanya. yang ane tangkep.
lampu mundur semula mati total, kemudian diganti switch lampu mundur yang di tansmisi, lampu menyala tapi kalau gigi Netral dan 1-5, sedangkan kalo posisi R lampu mundur malah mati.
kalo mengenai lampu rem yang di injak akan on dan kalau normal akan off itu ane setuju.
hmm apa mungkin masang kabelnya kebalik ya???
lampu mundur semula mati total, kemudian diganti switch lampu mundur yang di tansmisi, lampu menyala tapi kalau gigi Netral dan 1-5, sedangkan kalo posisi R lampu mundur malah mati.
kalo mengenai lampu rem yang di injak akan on dan kalau normal akan off itu ane setuju.
hmm apa mungkin masang kabelnya kebalik ya???
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Jan 19, 2011 21:43
- Location: Samarinda - Kaltim
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
makasih om replynya,
saklar baru dipasang ke transmisinya, tapi koneksi kabelnya masih belum tersambung dengan existing, jadi ane ngeceknya pake ohm meter ke saklar baru yang terpasang tersebut. kedua kabel yang di saklar baru , ditempel ke kedua kaki ohm meter, kemudian jika posisi gigi netral dan gigi 1-5, indikasi Ohm meter menunjuk 0 ohm , yang artinya terhubung. JIka posisi gigi mundur , indikasi ohm meter menunjukkan terputus diantara kedua kabel saklar tersebut. Test ini dilakukan ketika mesin mobil mati / kunci mobil posisi OFF
Ane blum nge test jika posisi kabel saklar terhubung dengan existing , takut konslet ( koneksi kabel ke lampu mundur juga sudah amburadul ).
Hal yang sama terjadi ketika ngutak-atik sistem klakson, ketika sudah berjalan sekian lama, lampu rem ikutan nggak berfungsi . Ternyata kabel sistem klakson dan kabel sistem rem menjadi satu fuse. Fuse nya OKe , tapi kedua sistem tersebut masih nggak berfungsi , mumet kan ? . Akhirnya di lay out kabel baru di masing2 sistem.
saklar baru dipasang ke transmisinya, tapi koneksi kabelnya masih belum tersambung dengan existing, jadi ane ngeceknya pake ohm meter ke saklar baru yang terpasang tersebut. kedua kabel yang di saklar baru , ditempel ke kedua kaki ohm meter, kemudian jika posisi gigi netral dan gigi 1-5, indikasi Ohm meter menunjuk 0 ohm , yang artinya terhubung. JIka posisi gigi mundur , indikasi ohm meter menunjukkan terputus diantara kedua kabel saklar tersebut. Test ini dilakukan ketika mesin mobil mati / kunci mobil posisi OFF
Ane blum nge test jika posisi kabel saklar terhubung dengan existing , takut konslet ( koneksi kabel ke lampu mundur juga sudah amburadul ).
Hal yang sama terjadi ketika ngutak-atik sistem klakson, ketika sudah berjalan sekian lama, lampu rem ikutan nggak berfungsi . Ternyata kabel sistem klakson dan kabel sistem rem menjadi satu fuse. Fuse nya OKe , tapi kedua sistem tersebut masih nggak berfungsi , mumet kan ? . Akhirnya di lay out kabel baru di masing2 sistem.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
hmmm.. ane gk gitu perhatiin ohm meter.afiqafif wrote:makasih om replynya,
saklar baru dipasang ke transmisinya, tapi koneksi kabelnya masih belum tersambung dengan existing, jadi ane ngeceknya pake ohm meter ke saklar baru yang terpasang tersebut. kedua kabel yang di saklar baru , ditempel ke kedua kaki ohm meter, kemudian jika posisi gigi netral dan gigi 1-5, indikasi Ohm meter menunjuk 0 ohm , yang artinya terhubung. JIka posisi gigi mundur , indikasi ohm meter menunjukkan terputus diantara kedua kabel saklar tersebut. Test ini dilakukan ketika mesin mobil mati / kunci mobil posisi OFF
Ane blum nge test jika posisi kabel saklar terhubung dengan existing , takut konslet ( koneksi kabel ke lampu mundur juga sudah amburadul ).
Hal yang sama terjadi ketika ngutak-atik sistem klakson, ketika sudah berjalan sekian lama, lampu rem ikutan nggak berfungsi . Ternyata kabel sistem klakson dan kabel sistem rem menjadi satu fuse. Fuse nya OKe , tapi kedua sistem tersebut masih nggak berfungsi , mumet kan ? . Akhirnya di lay out kabel baru di masing2 sistem.
tapi yg pasti kalo ane make multi tester kalo set di OHM kalo nyambung jarum bergerak kalo terputus jarum diem. nah kira2 yg sama ama penjelasan ente yg mana ya??
CMIIW
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
udah ada kesimpulan belum sih?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
sebenernya kan mudah, tinggal mengikuti jalur saklar sebelumnya? setelah disambung, dan ditest nyala... baru mengganti semua kabel dengan mengurut mengikuti kabel lama... soal mana plus atau minus rasanya ga mungkin terbalik, karena itu bukan plus minus rasanya, tapi sistemnya switch on-off.
soal klakson dan rem, caranya pisahkan saja... jadi fuse yang ada sekarang digunakan buat rem, sedangkan klakson dibuatkan jaringan kabel+relay baru... jika susah membuat sistem relay klakson, beli saja yg sudah jadi..banyak yg jual sekarang, tinggal sambung sesuai denah nya...
btw, ini mobil apa ya? tahun berapa?
soal klakson dan rem, caranya pisahkan saja... jadi fuse yang ada sekarang digunakan buat rem, sedangkan klakson dibuatkan jaringan kabel+relay baru... jika susah membuat sistem relay klakson, beli saja yg sudah jadi..banyak yg jual sekarang, tinggal sambung sesuai denah nya...
btw, ini mobil apa ya? tahun berapa?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
suzuki vitara 1993 pakpoeticmind wrote:sebenernya kan mudah, tinggal mengikuti jalur saklar sebelumnya? setelah disambung, dan ditest nyala... baru mengganti semua kabel dengan mengurut mengikuti kabel lama... soal mana plus atau minus rasanya ga mungkin terbalik, karena itu bukan plus minus rasanya, tapi sistemnya switch on-off.
soal klakson dan rem, caranya pisahkan saja... jadi fuse yang ada sekarang digunakan buat rem, sedangkan klakson dibuatkan jaringan kabel+relay baru... jika susah membuat sistem relay klakson, beli saja yg sudah jadi..banyak yg jual sekarang, tinggal sambung sesuai denah nya...
btw, ini mobil apa ya? tahun berapa?
Permisii .............................
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
oh... wajar...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
Kalau saklar rem honda city , civic accord , justru saat rusak ( dol ) , lampu remnya nyala terus saat rem tidak diinjak.
Kalau saklarnya dibenerin , lampu rem mati saat rem tidak diinjak.
Jadi saat rem tidak diinjak , saklar akan terdorong keatas , sehingga posisi OFF.
Saat rem diinjak , otomatis saklar tidak terdorong , jadi posisi ON
Kalau saklarnya dibenerin , lampu rem mati saat rem tidak diinjak.
Jadi saat rem tidak diinjak , saklar akan terdorong keatas , sehingga posisi OFF.
Saat rem diinjak , otomatis saklar tidak terdorong , jadi posisi ON
afiqafif wrote:Boil vitara 93, kondisi mesin OK tenan, cuma ada sedikit masalah mengenai lampu mundur ( maklum , boil sudah uzur dan gonta-ganti user ). Lampu mundur matot, jadi ane mulai diagnosa mulai dari switch back tail di daerah gear box / transmisi. Setelah dicek pake Ohm meter, dipastikan switchnya rusak , terus diganti baru. Setelah dipasang ternyata kebalik sistem ON-OFF nya ( CMIIW ya.. )
Ketika posisi gigi netral dan gigi 1 - 5 , switch tersebut menunjukkan ON ( koneksinya menandakan "terhubung" ) . dan ketika posisi gigi mundur , koneksinya menjadi OFF ( atau terputus ). Benarkah sistem saklar mundur nya seperti itu ? Berkebalikan dengan saklar stop/rem. Jika saklar rem kondisi normal , adalah OFF ( terputus ) dan jika pedal rem ditekan , saklar rem akan ON / terhubung.
( tolong CMIIW lagi ya .. )
Ane berencana mengganti sistem lampu mundur dengan wiring & fuse yang baru, supaya menjamin bahwa arus / tegangan ke lampu mundur bisa mencapai 100 % ( mengurangi hambatan yang mungkin ada mengingat boil sudah tuwek.
Mohon bantuan master2 , suhu2 , sesepuh2 SM mengenai rangkaian lampu mundur tersebut mengingat IMHO saklar mundur berkebalikan dengan prinsip saklar pada umumnya . ( kalau ada di lampirkan gambar / link rangkaian lampu mundur tersebut )
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
m4rio wrote:hmmm.. ane gk gitu perhatiin ohm meter.afiqafif wrote:makasih om replynya,
saklar baru dipasang ke transmisinya, tapi koneksi kabelnya masih belum tersambung dengan existing, jadi ane ngeceknya pake ohm meter ke saklar baru yang terpasang tersebut. kedua kabel yang di saklar baru , ditempel ke kedua kaki ohm meter, kemudian jika posisi gigi netral dan gigi 1-5, indikasi Ohm meter menunjuk 0 ohm , yang artinya terhubung. JIka posisi gigi mundur , indikasi ohm meter menunjukkan terputus diantara kedua kabel saklar tersebut. Test ini dilakukan ketika mesin mobil mati / kunci mobil posisi OFF
Ane blum nge test jika posisi kabel saklar terhubung dengan existing , takut konslet ( koneksi kabel ke lampu mundur juga sudah amburadul ).
Hal yang sama terjadi ketika ngutak-atik sistem klakson, ketika sudah berjalan sekian lama, lampu rem ikutan nggak berfungsi . Ternyata kabel sistem klakson dan kabel sistem rem menjadi satu fuse. Fuse nya OKe , tapi kedua sistem tersebut masih nggak berfungsi , mumet kan ? . Akhirnya di lay out kabel baru di masing2 sistem.
tapi yg pasti kalo ane make multi tester kalo set di OHM kalo nyambung jarum bergerak kalo terputus jarum diem. nah kira2 yg sama ama penjelasan ente yg mana ya??
CMIIW
PADA OHM GAUGE :
Saat jarum berada pada posisi paling kiri = Tahanannya Infinite ~
Saat jarum berada pada posisi paling kanan = tananan = 0 ( Material konduktor / terhubung )
Terjawab ??
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
Diagnosa ane terhadap masalah bro afif:
Saklar gigi mundur memiliki cara kerja yang sama dengan rem , berkebalikan dengan saklar pada umumnya yaitu:
saat saklar ditekan = posisi OF
Saat saklar dilepas = posisi ON
Jadi. Pada saat tuas persnelling di posisi 1 s/d 5 , saklar tertekan sehingga switch OFF.
Saat tuas persnelling di posisi mundur : saklar terlepas sehingga switch On , dan lampu backtail menyala.
Kalau saklar diganti dengan saklar pada umumnya , maka lampu backtail menyala secara terbalik.
Yaitu : saat tual persnelling diposisi 1 sd 5 , lampu menyala.
dan sebaliknya
Apakah begitu bro ???
Saklar gigi mundur memiliki cara kerja yang sama dengan rem , berkebalikan dengan saklar pada umumnya yaitu:
saat saklar ditekan = posisi OF
Saat saklar dilepas = posisi ON
Jadi. Pada saat tuas persnelling di posisi 1 s/d 5 , saklar tertekan sehingga switch OFF.
Saat tuas persnelling di posisi mundur : saklar terlepas sehingga switch On , dan lampu backtail menyala.
Kalau saklar diganti dengan saklar pada umumnya , maka lampu backtail menyala secara terbalik.
Yaitu : saat tual persnelling diposisi 1 sd 5 , lampu menyala.
dan sebaliknya
Apakah begitu bro ???
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
nescafe wrote:suzuki vitara 1993 pakpoeticmind wrote:btw, ini mobil apa ya? tahun berapa?afiqafif wrote:Boil vitara 93, kondisi mesin OK tenan, cuma ada sedikit masalah mengenai lampu mundur
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
sygnya TS nya dah gak tengok kesini lg ya.afiqafif wrote: Ketika posisi gigi netral dan gigi 1 - 5 , switch tersebut menunjukkan ON ( koneksinya menandakan "terhubung" ) . dan ketika posisi gigi mundur , koneksinya menjadi OFF ( atau terputus ). Benarkah sistem saklar mundur nya seperti itu ? Berkebalikan dengan saklar stop/rem. Jika saklar rem kondisi normal , adalah OFF ( terputus ) dan jika pedal rem ditekan , saklar rem akan ON / terhubung.
( tolong CMIIW lagi ya .. )
pdhl itu switch yg baru ya....yakin itu mmg switch utk lampu atret Viatara?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
spt ini switch vitara escudo sidekick
standar 2 kabel
jd harusnya gak aneh2
.
sumber foto: SugiartoBlog
http://sugiarto.webmuapp.com/Lampu_mund ... udo?home=1
standar 2 kabel
jd harusnya gak aneh2
.
sumber foto: SugiartoBlog
http://sugiarto.webmuapp.com/Lampu_mund ... udo?home=1
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: Cara kerja saklar mundur ( back tail switch ), please he
Mungkin saklar replacementnya nggak sesuai. cara kerjanya terbalik bro...